28 September 2017

AV-8 Gempita Sedang Diuji Nilai di Timur Tengah

28 September 2017


AV-8 Gempita saat uji coba di Timur Tengah (photo : MMP)

Deftech dan FNSS telah pun berberapa bulan menghantar Gempita untuk menjalani trial di padang pasir.

Tersebar di Internet sebuah Gempita dengan warna Desert sedang diuji nilai. AV-8 ini pernah di pertontonkan dalam barisan varian keluarga Gempita sebelum ini.

Uji nilai ini belum tentu menghasilkan jualan tetapi pada MMP ini membuktikan AV-8 Gempita mampu dieksport keluar oleh Deftech dan FNSS.

(MMP)

37 komentar:

  1. Bujet muka kok disensor bendera.

    BalasHapus
  2. haha... itu rahsia negara :P

    BalasHapus
  3. Masih sering bingung mbedain Gempita sama Pars 8x8 nya Turki. Duluan mana sih lahirnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan sampeyan insyaf mbah...mbah... :p

      Hapus
    2. biarin aja deh...om daru lagi ngayal tuch..sukhoi 35 nga kunjung2 tiba..

      Hapus
  4. Masih sering bingung mbedain Gempita sama Pars 8x8 nya Turki. Duluan mana sih lahirnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo bro, pars 8x8 is original from turki but not much variant.
      tahun 2011 Deftech dapat lisen kerjasama untuk membina sendiri av8 di malaysia with 12 variant type.
      so clear??

      Hapus
    2. @mirul..tak yah susah2 jawab la bro..buat penat jer...

      Hapus
    3. Mirip Anoa Pindad saat buat panser yg awalnya dari model VAB dong ya berarti ? Dari model yg sudah ada sebelumnya baru dikembangkan lagi. Mungkin beda dgn Tank Kaplan yg sebelumnya belum ada purwarupanya maksutnya mulai dikembangkan dari awal ? Imho cmiiw

      Hapus
    4. Vab 6x6 indonesia gak kemana mana masih level 3 masih tahun 70an Kasihan.
      Vab 6x6 asli dari perancis sudah level 4, lebih maju dari indonesia, majukan dulu plat baja vab 6x6 anoa kamu dulu,

      Brazil bina apc 6x6 sudah level 4.

      Dari segi teknologi Indonesia masih ketinggalan.

      Tank Tank Kaplan bukan desing indonesia, indonesia hanya tukar conon 30mm kepada conon 105. Gak Ada varsi baru dibuat di Indonesia itu

      Hapus
    5. 8x8 pindad sudah mou kerjasama dengan tata motors india mulai dari nol, untuk tahap awal pindad belajar merakit dari polandia dengan merakit pandur 8x8 tenang aja industri pertahanan indonesia terbuka, kalo merakit pasti mereka bilang merakit dan di masa datang akan di usahakan mandiri dengan meningkatkan TKDN sampai 60% tidak ada di dunia ini dapat lisensi tapi mengklaim bisa buat sendiri 100% gimana gak bikin kaget dunia persilatan lah barangnya aja gak laku , gak ada yang mau beli

      Prototype awal medium tank di buat di turki hully / bodi tank dan untuk turret + canon di buat di pindad kerjasama dengan belgia, nanti setelah prototype pertama lolos uji blasting test baru pindad buat seluruh bodi tank , turret + canon masih kerjasama dengan negara lain, pihak pindad mengakui untuk lokal conten masih 40% dan akan di tingkatkan menjadi 60%, ini gaya orang indonesia jujur bicara apa adanya tidak mengklaim buatan sendiri 100%, menuju proses dalam kemandirian itu butuh belajar panjang, pt.pal merakit pkr dan kapal selam sampai mengirim ratusan insinyur engeneer ke belanda dan korsel untuk apa ? mereka itu belajar ilmu agar mampu menyerap ilmu dari belanda yaitu PKR dan dari korsel yaitu kapal selam tapi pihak pt.pal mengakui lokal content masih di bawa 60% nanti TKDN akan terus di tingkatkan dengan angka minimal, ini kadang2 bikin lucu tiba2 klaim ini buatan tempatan 100% di mana negara lain mau percaya lah produksi aja dapat lisensi dari negara penjual

      Hapus
    6. superstar...klu malaysia "gak bisa apa2" dlm industri militer..bukan kah itu kesempatan baik buat pemain industri militer indonesia??

      ini kesempatan utk indonesia investasi ke malaysia dlm industri militer..bukan sekadar alutsita..rifle,seragam,helm & rompi anti-peluru aja malaysia masih beli dari luar kok...ayuh lah bro..ini kesempatan baik buat indonesia..

      pemerintah malaysia juga sudah sering mengajak pemain industri indonesia menanamkan investasi ke malaysia..biar imbang investasinya..bukan cuma malaysia doang yg invest ke indonesia..

      kami juga nantinya bisa belajar bagaimana pemain industri militer indonesia survive dlm iklim industri militer malaysia yg serba kecil..

      klu pemain industri dari malaysia kaya Deftech,Boustead,TH masing2 survive kerana terlebih dulu bermain di industri lain..

      Hapus
    7. Doni@ lahh kenapa? C295 kok bisa jadi CN295
      Lalu kenapa superpuma bell 412 di akuin buatan dalam negeri...hihihihi

      Hapus
    8. Yang teriak buatan dalam negeri itu media karena keluar dari pt.DI pesawatnya, kalo dari pt.di sendiri kita masih merakit dan ada juga yang kerjasama pembuatan semisal heli

      Hapus
    9. @doni..jiahhhh...aku fikir anda tak tau soal itu..ternyata anda juga ya..jadi teringat kata2 pak karni...sesama penyolong,jangan saling mendahului...

      Hapus
    10. Eeiitt media kok disalahken!
      Artinya si doi blom liat wawancara pejabat fetedei yg baru lengser itu wkt masuk tipi nasional promosi ttg cn295..upps c295 mksdnye, om z haha!

      Antara bo'ong & ngibul beda tipis haha!

      pantesan bos2 au lintas generasi pengen mentung arogansi pejabat fetedei haha!

      Hapus
    11. Mahathir@ deftech cuma merakit dan dapat lesen dari FNSS kau tuh sudah bangga Wkwkwk....emang otak cem toilet cem tuhlah bangga sangat dapat lesen Wkwkwk...hull,RCWS,tyre,communication equipment,canon,armour dan semua2nya dari gempita adalah binaan dari luar malaysia,tak de satupun local content buatan malaysia Wkwkwk...malaysia cuma merakit,screw n painting sahaje Wkwkwk....beza dgn anoa local content sudah lebih dari 60%,tyre,hull,communication equipment,battle management system,GPS,IFF,gun 12,7mm indonesia sudah mampu bina,sementara gempita 100% local contentnya binaan negara luar

      Hapus
    12. Mahathir@ jika tak tau cerita tank kaplan kerjasama pindad dgn turkey,jgn suka koar2 pakcik,malu kita nanti Wkwkwk
      Tank hasil kerjasama pindad dgn Turkey tuh akan mengeluarkan 2 prototype,1 untuk Turkey dan 1 untuk indonesia,nah tank kaplan tuh yg buat Turkey,sementara tank untuk indonesia sendiri akan dikerjakan di kilang pindad sendiri,jadi paham tak

      Hapus
    13. Om pit, Die bilang hanya tuker kanon 30mm ke 105mm, lah artinye die gak tau cockerill 3105 itu multi turet haha!
      Trs blng bukan disain kita, wah kudet pula dia haha!

      Dasar maha nyinyir!

      Hapus
    14. Ya mas... saya sih bermaksud sekedar comparasi, kalau memang Gempita adalah Turunan dari PARS 8x8 yang sudah ada sebelumnya artinya mirip dengan Anoa 6X6 punya Indonesia, hanya meminjam desain dan mengembangkan lebih lanjut.
      Untuk Tank Kaplan saya masih belum punya referensi kalau Tank ini sudah ada purwarupa sebelumnya artinya saya asumsikan benar2 sesuatu yang baru dimulai dari nol dengan binaan kedua belah Negara (utk case ini Turki dan Indonesia)persis sama dengan project KFX / IFX, dari yang tadinya belum ada dibuat menjadi ada start dari nol.

      Harus diakui mungkin Anoa 6x6 tidak segahar pendahulunya VAB yang menurut comment diatas sudah stage 4 sementara Anoa baru stage 3. Saya pikir itu hal yang wajar yaa.. namanya juga meminjam basis model dari negara asal rasanya kurang etis bila hasil repro nya malah lebih unggul dari original producernya...? pasti sudah ada "rambu2nya" dari VAB agar spec Anoa tidak atau "belum boleh" lebih advance dari VAB. Tapi untuk kedepannya siapa tahu diperbolehkan karena kalau masalah ketebalan baja saya yakin PT KS sudah bisa membuat baja dengan kualitas dan ketebalan yang mumpuni.

      Untuk Pandur II bila nantinya jadi diakuisi dan kerja sama dgn ceko agar boleh diproduksi Indonesia itu casenya bakalan mirip dengan Gempita versi Deftech FNSS. Membuat alutsista dari varian yg sudah ada sebelumnya.

      So clear ya mas bedanya ?

      Untuk project bilateral lainnya seperti rencana pembuatan Heli Gandiwa, saya pikir PT DI bisa mengcopy paste Heli Tiger (airbus) atau mungkin Heli ATAK (turki) atau Heli China terbaru agar projectnya lebih cepat terealisasi. Malaysia andai berminat mungkin bisa diajak kerjasama dengan Indonesia dan mitra luar negeri untuk bersama sama membuat Heli tempur ini.

      -just thought-

      Hapus
    15. Soal kasel, bkn tak bole kerja di korea.
      Tp dilanjutkan kerja praktek di fasilitas pt pal yg baru khusus kapal selam yg tidak dipunyai negara muh haha!
      Buktinya kasel 405 lg dibikin disini.
      Terbukti ente kudet mahanyinyir. Makanya baca poskota donk, jgn liberty haha!malu2 ompol biji sazalah ente

      Hapus
    16. Tenang...Pkr buatan PT Pal...wlaupun blok diimport dari Belanda..

      Steel cutting? Kalo steel cutting di Jepang maka itu buatan Jepang? Kalo steel cutting di Belanda maka buatan Belanda?

      Mau tnya..apa mesin steel cutting di PT Pal itu buatan Indonesia 100%?

      Hapus
    17. Soal vab, anoa pindad itu proyek lbh dari 10 tahun lalu.spertinya yg pertama utk model 6x6.

      Jaman segitu stagnag lvl 3 uda keren. Guwe yakin vab yg dipake prancis skrg masi sama trutama utk edisi lawas.
      Ini hy soal upgrade armor,tak masalah, paket add on armor kan ada.

      Jd kalo ada yg membandingken teknologi masa lalu ama skrg itu org kudu diupgrade jg dgn cara di tung tung tung jidatnya haha!

      Tul gak om anakerokan haha!

      Hapus
    18. Superstar@ Gempita itu beza dgn anoa mas,gempita bkn turunan dari AV8 pars FNSS Turkey,emang gempita itu beneran panser Pars buatan FNSS Turkey,cuma malaysia sahaje yg ganti nama AV8 Pars itu menjd gempita,pihak FNSS membuat 255 biji pars untuk malaysia dgn imbalan untuk pembuatan pars selanjutnya pihak FNSS Turkey memberikan lesen kpd Deftech malaysia,kl lesen manalah boleh di jual ke luar negeri kerana 100% hak paten gempita itu adalah kepunyaan FNSS Turkey,mengenai gempita yg di uji coba di timur tengah adalah panser AV8 Pars buatan FNSS TURKEY,mengenai foto gempita dgn latar belakang orang dgn bendera malaysia itu cuma akal2an admin MMP saja melalui photoshop,kl dihilangkan bendera malaysia itu pasti kelihatan orang yg berdiri di depan panser itu orang Turkey yg masih ada keturunan bulenya Wkwkwk

      Hapus
    19. Ahaaa..si mamad iqram kam bek,
      Soal ntu tanye sajelah pada kompatriotmuh mahanyinyir diatas.
      kerna dia bilang fasiliti di malaysia cukup, fasilitas kami tidak. Maka guwe pun bertanye?
      kalo lengkap kok steel cuttingnya kapalmuh kok di negara lain.

      Pdhl kami yg punya sendiri, uda brp tuch yg jadi kapal apapun jenisnya.
      Jd disini fasilitas siapa yg tak lengkap sebenarnya mamad, coba jelaskan.
      Gak perlu bias ke lainnya yg gak perlu, soalnye luh salah nangkep arah pembicaraan awal haha!

      Sama sperti avatar yg luh pasang, katanya tentara, padahal 1 indonesia jg tau itu anak haiskull Mad mad...haha!

      Hapus
    20. Siyap om pit.
      Byk informasi tak jelas dilahap cem menu hoaks pun nikmat disantap haha!
      Betewe dpt kabar di cilegon uda mulai yach pameran alutsista ama alutbrader..haha!

      Hapus
    21. Doni@ https://nasional.tempo.co/read/725059/pt-dirgantara-klaim-helikopter-ec725-teruji-di-segala-medan ini

      Palu@ ea begitu...lagian media..nulis apa yang di omongan sumber

      Hapus
    22. Alutsista yang udah diparkiran liat langsung sih Pandur dan Arisgator mas... Kaplan lom liat langsung, mungkin sedang dikirim... Heli Apache juga katanya mau tampil tapi kok belum keliatan batang hidungnya ?..:-)

      Infonya LVTP, Arisgator, Pandur, BTR mau atraksi nyemplung laut bareng mas...

      Hapus
    23. Paling tidak yang perlu kita apresiasi dari gembita.malaysia berkomitment membeli 200an lebih,..
      Di kita baru anoa sudah banyak,sisa masih lebih banyak prototipe,.
      Badak saja masih proses sertifikasi

      Hapus
    24. doni sugara ..yg selalu claim 100% buatan tempatan itu org2 dari indonesia, dan orang indonesia jujur bicaranya tu amatlah langka untuk ditemukan,mybe kamu salah seorang dri yg sedikit itu.. !!

      Hapus
  5. Semua info dari suwandaru betul....sila tepuk tangan kepada org indonesia ini...

    BalasHapus
  6. Selamat Malaysia... Mudah2an suatu saat bisa bekerjasama dg Indonesia...

    BalasHapus
  7. @superstar , kaplan tank sudah tiba di pelabuhan indah kiat cilegon, di jkgr fotoy ada lagi di pasir pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas... besok kalo sempet mau lihat langsung hehehehe

      Hapus
    2. Siap mas... besok kalo sempet mau lihat langsung hehehehe

      Hapus
  8. Itu gempita memang kelas dunia.

    BalasHapus
  9. Itu gempita memang kelas dunia.

    BalasHapus