30 September 2017

Sejumlah Alutsitsa Terbaru TNI AD Dipersiapkan untuk HUT TNI ke-72

30 September 2017
Tank Medium Pindad sudah menggunakan camo TNI AD (photo : defence.pk)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kini sibuk mempersiapkan diri untuk peringatan HUT ke-72 yang rencananya digelar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Tempat ini dipilih karena relatif dekat dengan Jakarta serta dapat dipakai untuk melakukan parade angkatan darat, laut, udara dan marinir. Parade alutsista ini tidak dilakukan setiap tahun dan tahun terakhir dilaksanakan adalah pada 2015 saat HUT TNI ke-70.


Howitzer gerak sendiri M109A4 (photo : defence.pk)

Sebelumnya Panglima TNI menyampaikan bahwa kegiatan HUT ke-72 TNI bukan hanya kegiatan seremonial tahunan namun sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban kepada Presiden RI selaku Panglima Tertinggi dan seluruh masyarakat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat secara langsung kekuatan TNI saat ini.


Howitzer gerak sendiri M109A4 (photo : defence.pk)

Pada peringatan kali ini TNI akan mengerahkan seluruh kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Korps Marinir yang diaplikasikan dalam bentuk demonstrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan keterampilan prajurit TNI.

Arisgator - varian amfibi rantsi M113 (photo : defence.pk)

Adapun untuk TNI Angkatan Darat, alutsista yang baru datang dan belum pernah ikut parade atau muncul ke publik adalah tank Leopard 2 RI, tank medium Pindad, Arisgator, howitzer M109, kendaraan lapis baja Pandur II, sistem rudal Starstreak dan helikopter ringan Fennec.

Arisgator latihan berenang (photo : defence.pk)

TNI AD memiliki 103 tank tempur utama Leopard 2 yang dibeli dari Jerman, MBT ini datang dalam 2 tipe yaitu 61 unit Leopard 2 Revolution (Leopard 2 RI) dan 42 unit Leopard 2 A4. Pada parade 2015 lalu yang tampil adalah Leopard 2A4, kali ini Leopard 2RI akan turut  ditampilkan.

Pandur II 8x8 varian dengan meriam 105 mm (photo : defence.pk)

Howitzer yang baru bergabung di TNI AD adalah howitzer swagerak beroda rantai jenis M109 Paladin yang telah datang sebanyak 18 unit. Kendaraan tempur howitzer dengan kaliber 155mm buatan AS ini diperoleh dari Angkatan Darat Belgia dengan jenis M109A4.

Pandur II 8x8 varian IFV latihan berenang (photo : defence.pk)

Kendaraan taktsi Arisgator yang merupakan varian amfibi dari M-113 juga dipastikan akan mengikuti parade kali ini. Rantis yang modifikasinya dilakukan oleh perusahaan Italia yang  baru datang 5 unit ini sekarang sedang berlatih untuk berenang karena akan bertugas di Batalyon Infanteri Mekanis khusus untuk penugasan di Ralasuntai (rawa, laut, sungai dan pantai).  

Helikopter AS550 Fennec (photo : aswin mochamad)

Kendaraan lapis baja lainnya adalah Pandur II, kendaraan beroda 8x8 buatan Ceko ini akan dipakai oleh Batalyon Kavaleri (dengan kanon 105mm) dan Infanteri Mekanis (dengan kanon 30mm). Kendaraan yang baru datang 4 unit ini mempunyai kemampuan amfibi dan menjelang upacara kendaraan ini juga berlatih untuk berenang.

Sistem rudal pertahanan udara Startreak (photo : Restu Tri)

Untuk satuan arileri pertahanan udara (Arhanud) alutsista terbarunya tidak lain adalah sistem rudal Starstreak buatan Inggris. Rudal berpemandu laser ini akan melengkapi Batalyon Arhanudse (artileri pertahanan udara sedang) TNI AD. Versi mobile sitem ini menggunakan platform kendaraan Land Rover dan Uro Vamtac. Beberapa waktu yang lalu sistem rudal ini diuji coba di pantai selatan Jawa.

Tank tempur utama Leopard 2 RI (photo : Yonkav8)

Satuan Penerbad tidak ketinggalan akan tampil dengan helikopter terbarunya yaitu AS550 Fennec. 12 heli intai dan serang ringan ini telah dibeli untuk TNI AD dan akan disebar ke 3 skuadron Penerbad. Heli AH-64E Apache Guardian meskipun sudah tes terbang beberapa bulan lalu namun belum dapat bergabung pada parade kali ini.


P6 all terrain attack vehicle (photo : Gemuk)

Alusista yang baru dari Kopassus adalah kendaraan taktis P-6 ATAV buatan PT SSE dan Sanca buatan Pindad. Kendaraan MRAP Sanca ini pernah ditampilkan pada HUT yang lalu walaupun masih build up buatan Thales Australia. Mungkin saja ada kejutan kendaraan taktis lain dalam parade kali ini, kita tunggu saja.


(Defense Studies)

36 komentar:

  1. Hari ini gak liat Kaplan.. tapi di atas udara Merak terlihat 1 Blackhawk dan 4 buah APACHE.. !!!! HORREEEEE....

    BalasHapus
  2. Hari ini gak liat Kaplan.. tapi di atas udara Merak terlihat 1 Blackhawk dan 4 buah APACHE.. !!!! HORREEEEE....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda termasuk yang beruntung bisa menyaksikan black dan apache di pelabuhan indah kiat, ini baru mef I, apalgi nanti mef III insa alloh destro masuk karena ancaman nyata china

      Hapus
    2. Makanya agak galau juga mas abis baca tulisan admin kalau Apache kali ini gak ikut parade ? Apa sy yg salah lihat yaa ? Maklum tadi lagi di dalam kendaraan. Kalau pagi tadi sih sy lihat Fennec 5 buah sudah mulai latihan terbang formasi bolak balik 3 kali.

      Sebenarnya sy berharap team aerobatik heli Pegasus yg turun besok tgl 5 oom.. udah lihat videonya di yutub ? Bagus banget gak kalah sama team heli rusia Berkut oom ;-)

      Mudah2an MEF 3 TNI bisa akuisisi heli Tiger supaya makin variatif koleksinya. Amin

      Hapus
    3. Di urutan parade Apache & Blackhawk US ikut.
      Heli Tiger? Kemampuan apa di Tiger yg gak bisa dilakukan oleh Apache, sehingga (masih) perlu beli Tiger?

      Hapus
    4. Doni@ ngimpi? Beli Destro...
      Sumber dong?

      Hapus
    5. kalo sampai destro sepertinya tidak, tapi kalo sekelas frigate Admiral gorskov atau iver huidfeld mungkin, itupun pengadaan paling banter 2 sampai 4 unit, pemerintahan sekarang lebih banyak meneruskan pemerintahan sebelumnya, memperbanyak order ke industri pertahanan dalam negeri, contoh dari kapal patroli yang diperbanyak karena ancaman sekarang yang masih kepada nelayan asing...

      Hapus
    6. @zaka, sumber ? kan udah ada oasis, tunggu aja sabar semuay butuh proses, untuk destro lagi di tumpuk di meja menhan, bahkan bisa pengadaan di percepat mef II bisa pula pengadaan y tetap di mef III, alasany tergantung ancaman, china adalah ancaman terbesar kita di natuna itu tidak bisa di hindari

      Hapus
    7. Doni@ yang saya tanyakan sumber ente bilang begitu...disini bukan JKGR jadi biasakan pakai sumber...

      Hapus
    8. Cari di jkgr kalo saya dapat sumber dari situ, nanti kamu saksikan pengadaan destro,jangan lupa itu untuk tahuny saya tidak tahu persis bisa di percepat bisa di mef III, intiy tergantung perubahan geopolitik di laut natuna utara, ancaman nyata kedaulatan kita itu china titik

      Hapus
  3. prediksi apache sama black hawk pasti nongol dan kte panglima akan ada kejutan di hut tni ke 72
    dr pd bli tiger mending viper atau havoc

    BalasHapus
  4. Buset deh..mau tiger..mau havoc..mau bikin showroom..percuma banyak macam..ngk bisa operasional dg baik..

    Mimpi itu di MEF 3 bisa naikin jumlah Apache jadi minimum 32..MI35 tuker aha dg tsmbahsn MI17..percuma tuh MI35..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul juga bung. Keep Apache aja yaa..

      Hapus
    2. Betul juga bung. Keep Apache aja yaa..

      Hapus
    3. Setalah itu orang logistik stress gara2 mikirin part-nya...😂

      Hapus
    4. Apache itu maksimal sampai 40 unit pengadaany, itu maksimal Lo ya kalo minimaly berarti 1 skuadron serbu

      Hapus
    5. Doni@ aaahh sok tau ente...
      Orang Cilangkap aja gak pernah bahas itu...

      Hapus
  5. black hawk gak bakal muncul, yg jelas nanti mesti ada apache dan mi-35

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih tadi yakin liatnya BlackHawk oom.. tapi mungkin saya bisa salah lihat soalnya posisinya masih terbang di udara. Tapi 51 persen sy yakin yg saya lihat tadi siang itu Blackhawk

      Hapus
    2. itu jenis bell mungkin....

      Hapus
  6. Kok si cantik awewe101 gak disebut min haha!👻👻👻👻👻👻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu enaknya Awewe dijual lagi apa dipake dines ya mas ? Cuma satu biji doang idealnya dipake buat event heli tamu kepresidenan saja

      Hapus
    2. Bagusnya dicari pasangannya, smg bisa branak pinak haha!
      Salam super om.

      Tentu heli bagus om z, tanya aja jeung kelin, eh jeung koni.
      Baling2nya tigo katonyo, guwe puter2, prasaan cuman dua..apa kyk cowok aja, dielus2 ada kaki ketiga, ciyeee ahay haha!

      Hapus
  7. sayang g bisa upload gambar klu bisa gue kasih jadwal susunan acarax klu dr daftar tsb black hawk ikt fly pass sama apache trz pandur jg ikt demo nembak yg apc amfibi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah Blackhawk itu satu paket pengadaan dengan Apache mas ? Bagaimana dgn Chinook ? Jadi akuisisi kah ? Kepake banget buat heli spesial keadaan darurat bencana alam

      Hapus
  8. tidak Apache itu pengadaan mef 1 klu black hawk mef 11 mmg dr dlu puspernebad mengidamkan km trio ABC dan prediksi yg diambil bukan uh 60 tp yg s70i dr Poland ...klu Chinook blom ad kbr lg..
    soalx pengadaan alutsista mef 2 banyak yg g dipublikasikan ....

    BalasHapus
  9. Jangan2 Apache siang tadi lewat merak tuh masih punya amerika ya mas yg abis latihan bareng TNI di Sukabumi ?

    Masih belum ada info resmi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha,ya memang punya US. Latihan CARAT, baru tau mas? :p
      Punya kita baru datang November ntar.. :p

      Hapus
    2. Siap mas hehehehe... soale kok dari sukabumi muter jalurnya liwat dermaga indah kiat Merak yg lagi ngadain gladi resik.. kan jadi kepo ? Hahahahaha

      Hapus
    3. Siap mas hehehehe... soale kok dari sukabumi muter jalurnya liwat dermaga indah kiat Merak yg lagi ngadain gladi resik.. kan jadi kepo ? Hahahahaha

      Hapus
    4. Tolong dong mas S kalo di pelabuhan indah kiat cilegon banten lihat medium tank pindad - turki jangan lupa bawa gunting ya, tolong guntingan

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Zara, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Zaradam@yahoo.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus