25 September 2017

Skadron Teknik 022 Mendapat Peralatan Baru dan Canggih

25 September 2017


Peralatan baru di Skadron Teknik 22 Malang (photo : TNI AU)

Penlanud Abd - Skadron Teknik 022 Lanud Abd Saleh satuan pemeliharaan di lembah bromo dan bersemboyan “ Kami anak anak Gamel tak pernah berkata tidak bisa, beri kesempatan akan kami kerjakan” telah menerima kedatangan dua peralatan baru yang sangat canggih dan ditempatkan dibawah Bengharpes (Bengkel Pemeliharaan Pesawat) berupa Fuel Nozle Tester dan Ultrasonic Cleaner yang digunakan untuk mendukung kegiatan pemeliharaan pesawat EMB-314 Super Tucano, C-212 Casa dan C-130 Hercules. 

Peralatan baru ini telah dilaksanakan pemeriksaan dan uji fungsi pada tanggal 19 September oleh Team Mabesau sebanyak 7 Personel dan diketuai oleh Kolonel Tek Nyoman Suryaman. Tim dari Mabesau melihat secara langsung proses uji fungsi kedua peralatan tersebut.(20/9)

Fuel Nozle Tester yang diterima oleh Skatek 022 merupakan salah satu Test bench yang diproduksi oleh pabrikan Stanley dari USA dan digunakan untuk melaksanakan pengetesan Fuel Nozle yang merupakan bagian dari komponen system pembakaran pada engine pesawat terbang. 

Instalasi Peralatan Fuel Nozzle sejenis yang berada di Skadron Teknik 043 Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto (photo : TNI AU)

Fuel Nozzle ini sudah menggunakan system komputerisasi dan digital sehingga data yang dihasilkan pada saat pengetesan sangat actual  dan detail sehingga akan meningkatkan kualitas hasil sifatnya universal tester yang dapat digunakan untuk mengetest fuel nozzle seluruh jenis pesawat terbang. 

Sedangkan ultra sonic cleaner merupakan salah satu peralatan buatan pabrikan Hankuuk dari Korea Selatan berfungsi untuk menggosok atau membersikan kotoran yang menempel pada komponen barang yang sulit dibersihkan , alat ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan beberapa komponen pesawat seperti Fuel Nozle element, Bearing dan lain-lain.

Dengan kedatangan dua peralatan baru ini, diharapkan kualitas hasil pemeliharaan dari Skatek 022 semakin meningkat dan impian para teknisi lembah Bromo ini dalam mengembangkan kemampuan dan menjadi salah satu satuan pemeliharaan yang terdepan dalam mendukung kesiapan operasional Skadron Udara di Lanud Abd Saleh dapat terwujud, tegas Danskatek 022  Letkol Tek Y. Sidik Dhani Broto N., S.T., M.M., M.A.P. 

(TNI AU)

2 komentar:

  1. lanud yg dklilingi byk gunung, kren bgt pas mendarat pagi2. Ini skatek22 sebla mana yak, kok ga kliatan.pgn liat tukino & herki

    BalasHapus
  2. Wah copas dari komennya berita harian nih

    BalasHapus