18 Agustus 2018

Marinir TNI AL dan USMC Berlatih di Jawa Timur

18 Agustus 2018

Pendaratan pasukan Marinir (photo : Korps Marinir)

Marinir TNI AL dan USMC Mendarat di Pantai Banongan

Dispen Kormar (Surabaya). Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corps (USMC) kesekian kalinya melaksanakan Latihan Bersama (Latma), Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Tahun 2018 Latma ini dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (15/08/2018).

Latma CARAT 2018 ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus s.d 18 Agustus 2018, Latihan bersama dimulai dengan serangkaian pelatihan Lintas Laut (Linla), oleh KRI Banda Aceh, KRI Iskandar Muda Serta Kapal Perang Amerika USS Rushmore (LSD) Landing Ship Dock dengan Nomor Lambung 47, menampilkan latihan persenjataan serta operasi patroli laut.

Korps Marinir dan USMC tergabung dalam Landing Operation Working Group CARAT 2018, melaksanakan pendaratan bersama di Pantai Banongan pada tgl 15 Agustus 2018, dengan Komposisi satgas Amfibi Regu Komando Kompi (Rukoki) 2, Peleton 1 Regu Tonban Pasrat Korps Marinir di KRI Banda Aceh, serta1 Peleton dan 1 Regu Tonban Pasrat Korps Marinir di Kapal Perang USS Rushmore.

Pasalnya, Latma Carat ini melibatkan 3 kapal perang,terdiri dari 2 Kapal Perang Milik Indonesia dan 1 Kapal Perang Milik Amerika, 1 helikopter, 15 Amphibious Assault Vehicle (AAV) USMC, 2 LCU USS Rushmore dan 2 LCU KRI Banda Aceh, Tim Kesehatan dan Medis Serta Tim Komunikasi dari Korps Marinir.

Dalam Latma Carat 2018, dengan skenario latihan untuk melaksanakan operasi pengembalian Kedaulatan Pemerintah Negara Republik Blambangan (Negara fiktif) atas mandat Dewan Keamanan PBB, setelah wilayah ibukota Negara Blambangan di Banyuwangi diserang dan dikuasai oleh pasukan negara Buleleng (negara fiktif) yg melaksanakan agresi militer untuk menguasai wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Latihan Latma Carat 2018 Kali ini dipimpin Oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Letkol Marinir Didik Iwan Supriyanto yang sehari - hari menjabat Komandan Batalion - 4 Marinir, dan Perwira Operasi (Pasiops) Mayor Marinir Ringga Pratama Widiyatama serta Kapten Marinir Bagus Sutrisno (Korps Marinir Head Of Exercise Staff Planner). (Marinir)

Penyerbuan pasukan Marinir (photo : Marinir)

Bukit Baluran Diserbu Pasukan LATMA CARAT 2018

Dispen Kormar (Banyuwangi). Sebanyak 430 Pasukan gabungan Korps Marinir TNI dan USMC mengikuti Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) Tahun 2018, melaksanakan Latihan perang Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) dibukit Mangga Dua Karang Teko Banyuwangi Surabaya Jawa Timur, Kamis (16/08/18).

Latihan perang ini dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Letkol Marinir Didik Iwan Supriyanto yang sehari - hari menjabat Komandan Batalion - 4 Marinir, dan Perwira Operasi (Pasiops) Mayor Marinir Ringga Pratama Widiyatama serta Kapten Marinir Bagus Sutrisno (Korps Marinir Head Of Exercise Staff Planner). Latihan ini merupakan program pelaksanaan Latma Carat tahun 2018 dengan tujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik maupun taktis satuan setingkat kompi dalam operasi darat.

Serangan gabungan antara Marinir TNI dan USMC ini yang dilatihkan meliputi pemberian perintah operasi, sarana kendali serangan, perebutan sasaran, prosedur permintaan bantuan tembakan, konsolidasi, reorganisasi dan perpindahan posko.

Selain materi serangan, juga dilatihkan beberapa materi lainnya seperti GMUK (Gerak Maju Untuk Kontak), pertahanan, patroli tempur, dan Long Marc sejauh 30 km dari daerah persiapan (DP) Hutan Kecil Asem Bagus ke Bukit Mangga Dua Karang Teko Baluran. (Marinir)

11 komentar:

  1. latihan terus keren marinir, kali ini di markas latihan pasmar 1 hore haha!😊😊😊

    barang ruski & sopiet turun laut gak nich haha!🀠🀠🀠

    yg dihawaii apa kabarrrnyaahh haha!😊😊😊

    BalasHapus
  2. Di latihan ini, marinir kita pake BMP-3F jg ga ya? 😁😁

    BalasHapus
  3. ciyeee jadi gak nich kira2, smoga yak haha!😎😎😎

    cn235 haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
    https://defence.pk/pdf/proxy.php?image=https%3A%2F%2Fpbs.twimg.com%2Fmedia%2FDiXhaP7VQAARO3d.jpg&hash=a683ad6b6a38eafaac06b46c20e54ebb

    BalasHapus
  4. Latihan kok sama usmc siy, apa ga takut kalo mereka diam2 memetakan dasar laut kita, ngapalin gang2 dipulau2 besar kita, dsb-dsb....begitu keluhan para fansboy tertentu😒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... pokoke anti aseng (china) anti asing (yues) anti bahaya komunis (rusia yg udah sosialis) dll pokoke anti semuanya ? Lha terus Indonesia mau suruh hidup sendiri gitu ? Kenthir tenan..πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Hahaha..
      Para fansboy itu pernah ga, main pokemon go?

      Dan nyadar ga, pengguna pokemom go, live upstream data.
      Google view di G-map skrg jg makin update sampe ke gang" kecil.

      Diakui ato ga, urusan serbu pantai dan menduduki pulau, yu es yg paling pengalaman sejak WW2, spt penyerbuan di Normandia, sampai pulau2 di pasifik..di vietnam, di korea, di kwait jg.

      Teknik dan strategi ini yg perlu dipelajari marinir kita.

      Hapus
  5. Kesian malon tak de marine corps

    BalasHapus
  6. Sekali kali latihan di amerika jangan di indonesia terus, gantian

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah tni al kirim 2 kapal perang ke rimpac 2018 di hawaiiyy buat 3 bulan latgab.

      emangnye mo ngapaen, leha2 dipantai gt? haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      hallloowww, siapa dimana, kudet jugak mahluk ini haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus