22 Agustus 2021

Ancaman Penurunan Anggaran Pertahanan Republik Indonesia

22 Agustus 2021

Rudal pertahanan udara jarak sedang tahap ke-2 ditengarai akan terkena pengurangan anggaran (photo : kariuomene)

Anggaran pertahanan Indonesia dalam RAPBN 2022 yang diajukan oleh pemerintah kepada DPR RI senilai Rp 133,9 triliun mengalami penurunan dibandingkan alokasi pada APBN 2021 sebesar Rp 137 triliun. Kendati belum angka final lantaran masih akan dibahas antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan DPR, ancaman penurunan anggaran pertahanan dalam RAPBN 2022 tidak mengejutkan karena telah diramalkan (forecast) oleh Janes yang memproyeksikan anggaran pertahanan Indonesia sebesar US$ 9,240 miliar (Rp 133 triliun) pada tahun tersebut. Janes memproyeksikan penurunan akan terus terjadi setidaknya hingga tahun fiskal 2025. Kondisi demikian tidak menggembirakan di saat Indonesia sedang menyelesaikan fase terakhir Minimum Essential Force (MEF) di mana hingga Desember 2020 pencapaiannya baru 62,31% dari target 100% pada Desember 2024.

Lalu seberapa besar pengaruh ancaman penurunan anggaran pertahanan yang diproyeksikan akan terus terjadi hingga 2025 terhadap MEF? Bagaimana proyeksi pembangunan kekuatan pertahanan pasca MEF? Artikel ini mencoba memberikan jawaban atas kedua pertanyaan itu berdasarkan data-data empiris yang tersedia saat ini.

Pertama, pembangunan kekuatan pertahanan hingga 2024. Acuan pencapaian MEF adalah pengadaan sistem senjata yang telah ditetapkan oleh Kemenhan dan pendanaannya disetujui oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pembelian sistem senjata hingga 2024 mengandalkan pada tiga skema pendanaan APBN, yaitu Rupiah Murni (RM), Pinjaman Luar Negeri (PLN) dan Pinjaman Dalam Negeri (PDN). Belum diketahui apakah alokasi RM RAPBN 2022 untuk Kemenhan akan mengalami penurunan dibandingkan tahun anggaran 2021 sebesar Rp 9,3 trilun atau tidak.

Pada RAPBN 2022, pemerintah merencanakan PLN (neto) senilai Rp 19,4 triliun, namun belum diketahui berapa alokasi untuk Kemenhan. Tidak diketahui pula berapa alokasi PLN untuk kementerian ini pada tahun fiskal 2021 karena DIPA tidak dapat diakses. Namun mengacu pada Buku III Himpunan RKA K/L TA 2021 diproyeksikan alokasi PLN sebesar Rp 7,3 triliun di saat target penarikan PLN (neto) memiliki outlook Rp 33,1 triliun. Mengutip Buku III Himpunan RKA K/L TA 2021, Rp 2,6 triliun PDN dianggarkan bagi Kemenhan, namun berapa rilnya tidak diketahui karena DIPA tidak dapat diakses. Dalam RAPBN 2022, secara total pemerintah menargetkan PDN (neto) sebesar Rp 1,7 triliun, sedangkan outlook PDN (neto) 2021 adalah Rp 978,3 miliar.

Mengacu pada data tersebut, terdapat kecenderungan PLN dan PDN mengalami penurunan pada RAPBN 2022 sehingga sedikit banyak akan berkonsekuensi pada besaran PLN dan PDN untuk Kemenhan. Apalagi dalam Buku II Nota Keuangan Beserta RAPBN TA 2022 dinyatakan bahwa PDN difokuskan pada upaya untuk pemberdayaan industri dalam negeri untuk pengadaan alutsista. Akan tetapi perlu dicatat bahwa semua angka PLN dan PDN baru usulan pemerintah yang memerlukan pembahasan dengan DPR sebelum angka final disepakati bersama oleh kedua cabang kekuasaan tersebut untuk kemudian ditetapkan dalam UU.

Apabila pengurangan masih berlanjut, jumlah anggaran pengadaan kapal selam ditengarai juga akan terkena pengurangan  (photo : Naval Group)

Postur APBN untuk tahun fiskal 2023 dan 2024, termasuk juga alokasi RM, PLN dan PDN bagi Kemenhan, belum diketahui. Namun mengutip forecast Janes, pada 2023 dan 2024 anggaran pertahanan Indonesia diproyeksikan masing-masing sebesar US$ 8,857 miliar (Rp 127,62 triliun) dan US$ 8,461 miliar (Rp 121,92 triliun) atau mengalami penurunan sebagai akibat kondisi ekonomi Indonesia yang tertekan pandemi Covid-19. Perlu diperhatikan pula bahwa mulai tahun anggaran 2023 defisit anggaran pemerintah kembali ke angka 3%.

Kedua, pembangunan kekuatan pertahanan pasca 2024. Pembangunan kekuatan pasca 2024 diharapkan berlangsung dalam periode 2025-2044 yang secara resmi dikenal sebagai Essential Force (EF). Kinerja ekonomi merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruh pembangunan EF ke depan. Saat ini, Kemenhan memproyeksikan dalam EF anggaran pertahanan tetap 0,8% GDP dengan asumsi apabila pertumbuhan ekonomi Indonesia tinggi maka niscaya besar pula nilai anggaran pertahanan nantinya. Pertanyaannya adalah bagaimana indikator ekonomi Indonesia berikut alokasi anggaran pertahanan pasca 2024?

Janes memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia setiap tahun dalam jangka panjang akan berkisar rata-rata 4% dan 5%. Adapun forecast anggaran pertahanan baru tersedia hingga tahun fiskal 2025, yaitu senilai US$ 8,425 miliar (Rp 121,4 triliun). Bagaimana proyeksi anggaran pertahanan pasca 2025 akan tergantung pada kinerja ekonomi Indonesia mulai 2022 dan seterusnya. Kalau berpegang pada proyeksi pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia, diprediksi hingga 2029 kapasitas pemerintah menyediakan anggaran pertahanan tidak akan jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Kinerja ekonomi Indonesia pasca 2024 setidaknya akan ditentukan dua faktor internal, yaitu bagaimana pengendalian pandemi Covid-19 oleh pemerintah saat ini dan bagaimana kebijakan ekonomi presiden baru yang dilantik pada 20 Oktober 2024.

Memperhatikan data RAPBN 2022 dan proyeksi Janes terhadap anggaran pertahanan hingga 2024, nampaknya sulit bahwa target MEF akan dicapai 100% pada Desember 2024. Ancaman penurunan anggaran pertahanan adalah hal nyata ditinjau dari sisi kalkulasi ekonomi, meskipun besaran final anggaran pertahanan APBN 2022 akan ditentukan oleh hasil pembahasan DPR dan pemerintah.

Sedangkan untuk pembiayaan EF sampai saat ini masih sulit untuk diprediksi, kecuali proyeksi bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh rata-rata 4% dan 5% dalam jangka panjang. Pembiayaan EF akan sangat tergantung kebijakan ekonomi pemerintahan baru pada 20 Oktober 2024, akan tetapi dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata 4% dan 5%, sulit untuk mengharapkan adanya peningkatan drastis anggaran pertahanan setidaknya hingga 2029.

199 komentar:

  1. Balasan
    1. ...taruh lagi ach...melawan LUPA, untuk Alutsista AU Indonesia dari tahun 2021 s/d 2030...setelah The Check Mate terlahir ;


      ...MILITER GAHAR INDONESIA

      04 SATELIT MILITER
      32 RADAR UTAMA
      20 Su-57 Felon
      32 Su-35 Flanker E
      16 Su-27/30 Flanker D
      36 Dassault Rafale
      16 F-15 EX
      48 IFX
      48 F-16 Falcon/Viper <----- ( diganti The Check Mate )
      16 Super Tucano
      20 T50 G. Eagle
      20 Yak-130
















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Dah siap bayar hutang bulanan?

      Hapus
    3. Terlalu tinggi mengkhayal, tidak realistis

      Hapus
    4. 10 F16 Viper + 20 F16 gurun upgrade, 3 PKR lanjutan, 3 changbogo... info A1

      Hapus
  2. Alhamdulillah Gempur ternyata buta ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menduga gempur matanya minus atau silinder

      Hapus
    2. Mungkin buta artikel๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Typical spesies beruk yg suka baca judul tapi tak baca isinya, komentarnya pun bodoh merata ๐Ÿ˜

      Hapus
  3. SELAMAT DATANG
    RAFALE
    F 15EX
    FREMM
    SCORPONE
    INDONESIA MAKIN KUAT, KARENA ANGGARAN PERTAHANAN TIAP TAHUN MAKIN BESAR,
    GEMPUR MANA GEMPUR

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAPIER BACA BAIK2 ARTIKEL DI ATAS, ANGGARAN PERTAHANAN RI NAIK DARI 137T KE 134T.

      Hapus
    2. Ente kan ketum FPI ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  4. Nasams 2 jadi korban ๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ฐ

    Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    3 Agt
    Due to economic situation, Indonesia likely will cut about US$450 million of PSP approval for defense acquisition this year. Land based medium range air defense missile may become victim. The program will be killed. It's means there will be no repeat order of NASAMS by Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak lah, indon tu kaya raya, cut tu hoax kih kih

      Hapus
    2. Iskandar pasti kehabisan nasi kotak ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Sudah kuduga pasti ga jadi tambah

      Hapus
    4. SPESIES ASUWANDARU BRO ๐Ÿ˜

      Hapus
  5. Huh..kabar buruk..akibat corona..ayolah rakyat indonesia..segera vaksinasi..biar keadaan normal๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜ท

    BalasHapus
  6. Kah kah indon sememangnya mudah digondolin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruw...ruw...ruw...sego bungkuse wes entek kari ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ gelem ta...nyoh๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. SPESIES ๐Ÿ– ASUWANDARU BRO ๐Ÿ˜

      Hapus
  7. Masa depan Indonesia terutama penguatan militer indonesia dari artikel ini bisa disimpulkan dipengaruhi 2 hal :
    01. Bagaimana penanganan pandemi Covid-19 saat ini.
    02. Bagaimana kebijakan presiden baru Indonesia 2024.

    Melihata fakta kebijakan MENHANKAM saat ini yg melakukan tour rencana belanja alutsista berkelas dunia dan semuanya harus mendapat persetujuan presiden / menkeu.

    Sudah pasti kedepannya kita disuguhkan perdebatan 2 kubu yg membela idolanya menyongsong PILPRES 2024.( Semoga tdk terjadi )

    Kubu yg satunya menyebut diri sebagai pihak yg berniat membuat Indonesia disegani dgn kekuatan militer yg mumpuni tapi tidak didukung oleh presiden / menkeu.

    Kubu yg lain mempunya alasan tdk menyetujui semua rencana pembelian alutsista krn pertumbuhan ekonomi , keuangan terbatas serta prioritas utk penanganan Covid-19.

    Rencana penguatan alutsista MENHANKAM saat ini patut kita hargai demi martabat bangsa tapi kita juga harus berpikir rasional dgn kondisi keuangan negara serta pandemi covid-19 saat ini.

    Seharusnya bagi kita yg berpikir utk kemajuan bangsa dan berpikir waras serta melihat analisa pengamat militer maupun ekonomi yg tercantum dalam artikel ini.

    SUDAH PASTI tdk semua rencana MENHANKAM terwujud dan ini harusnya TIDAK dijadikan bahan polemik utk kepentingan politik menjelang 2024.

    Jayalah Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah bantu pedagang kecil yg bangkrut?

      Hapus
    2. Mabok nasi kotak iskandar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  8. Don't worry, indon ade 11.000 triliun muahahahaha

    BalasHapus
  9. Cut budget tu hoax jer, indon teramat kaya, pindah ibukota, shopping alutsista and 6 bulan gaji relawan covid tak bayar... Wkwk ekekeke

    BalasHapus
  10. Indon siap pon beli 30 kapal carrier... Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruw...ruw...ruw...sego bungkuse wes entek kari ������������ gelem ta...nyoh����������������������������

      Hapus
    2. Sini ndar saya bagi nasi kotak๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Aamiin kan saja om.. ๐Ÿ™

      Hapus
    4. Kalau dibilang Iskandar ini sudah gak bisa diselamatkan otaknya,tapi dagingnya lumayan buat makan anjing ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  11. Indon nak beli separuh alutsista America, mudah jer, kaya rayaaaaaaaaa

    BalasHapus
  12. Rafale pon dalam diam indon beli 250, siap datang tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ kebanyakan tidur di baliho ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  13. Sing diperlokne ki "belanja cerdas"......dudu "belanja beringas" ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Leres om smiling xaxaxaxaxaxaxaxa opo meneh pas tanggal nom bagi2 gajian nggo blonjo mbo wek karo mbok nom, uen ora pinter mbagi lan nyimpen iso2 ora kumanan lek arep nraktir rondo sebelah omah kae xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿ’จ๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿ’จ๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿ’จ

      Hapus
    2. Yo kui karepku......๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  14. Indon beli 30000 rudal.... Rudal Ariel peterpan... W kekekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibilang Iskandar ini sudah gak bisa diselamatkan otaknya,tapi dagingnya lumayan buat makan anjing ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  15. F15 pon siap datang bulan ini, datang dulu cat dan stiker dulu... Wkwkwkwke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadal gurun enaknya dikasih makan ke anjing kali ya๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  16. Nasib kerena tak dapat bayaran, hasil menjadi hayal... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak dapat bayaran nasi kotak๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ besok jadi CEO PA 212๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  17. Cukup sudah impian Kita, terima kenyataan sj. Maksimalkan yg ada, krn memang Pandemi memukul byk sektor. Kesehatan mesti yg Utama. Refurbished Alutsista yg ada. Lengkapi persenjataan made in dalam negeri saja.

    BalasHapus
  18. Anggaran 2021 aja yg lebih besar anggaranya tidak menghasilkan kontrak yg besar, apalgi 2022 yg lebih kecil anggaranya, ga byk berharap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus berharap, indon tu mudah jer kena tipu wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Aaahhhhh maca cih emang om sdh tahu tahun 2021 kontrak pembelian senjata apa saja???? Xaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    3. Baru perkiraan untuk TA 2022 ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” untuk saat ini sudah ada 31 kontrak yang disetujui menkeu untuk ditandatangani di 2021

      Hapus
    4. Gak semua kontrak alusista yg deal atau sedang berjalan di publish ke media

      Hapus
    5. Betol, alasan paling best kalau tak de wang sememangnya macam tu, rahasia.. Wkwkwkw

      Hapus
  19. Kontan. Co id... Ekonomi indef cakap hutang teramat besar Indonesia bukanlah untuk infrastruktur tapi 106% untuk bayar cicilan hutang, hutang di keluarkan infrastruktur cuma 21%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iskandar the real abu lahab chuaakssssszzzz๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  20. Ruw...ruw...ruw...sego bungkuse wes entek kari ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ gelem ta...nyoh๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  21. Kompas... PLN menanggung beban 500 triliun hutang

    BalasHapus
    Balasan
    1. CNN Iskandar dilarang masuk monas ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  22. Ini estimasi,kemungkinan buruk,namanya planing...haduhhh g usah panik,terutama sapir dan kroni,dari awal RI 1 tetep follow up rencana kemenhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya ancaman ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tapi syukur kemarin naik 7% Ekonominya

      Hapus
    2. Mana ade buruk.. Indon kaya pon 11.0000 triliun

      Hapus
    3. Kalau dijaman Nabi udah mati dipenggal kau Iskandar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Kasih popor ss2 aja biar giginya ompong

      Hapus
  23. Xavier

    Moga aja orang tua gak kena covid,klo kena covid ortu nnti pasti kmu gak bisa fokus lagi ngeluh2 disini.
    Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ya Allah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ sekalian biar mati kayak Abu Lahab bro

      Hapus
  24. Detik. Com. Menteri sri mulyani tahun depan hanya dapat injek 30 triliun untuk BUMN yg banyak kolaps... Injek APBN.... APBN di injek dari pajak rakyat, dan naik harga,.. Komisaris BUMN orang partai... Songlap terstruktur..
    Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Pembawa Kayu Bakar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Kah..kah..kah..makan nasi bungkus dulu...biar waras otaknya..

      Hapus
    3. Nyeeeet sehat???

      Wkwkkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwwkkwkwkkwwkwkkkwkkkwkwkkw

      Hapus
  25. Kemarin pak menhan juga udah nawarin tuh buat dipotong anggaran nya buat tangani covid.tp presiden nolak kan.
    .makanya buruan di vaksin.
    Buat Xvier gak usah di vaksin biar klo kena covid,megap2 di jalan

    ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apasal potong potong tu.. Korang ni masih ragukan kaya rayanya indon yg 11.000 triliun ke

      Hapus
    2. Kemana aja ente sibuk cari nasi bungkus ya,

      Hapus
  26. Arab Saudi melarang indon haji kerena gunakan vaksin sinovac yg tak de quality.. Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu sndri masih takut jarum ya?
      Ruw.

      Hapus
    2. Nyeeet mamak kamu masih mangkal??

      Wkwkwwkwkwkwkkwkkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkk

      Hapus
    3. Arab Saudi aja pakai Sinovac ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Pemfitnah Tanah Suci layak mati ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  27. Biarkan indon hayal kat sini, biarkan, diorang sememangnya lawak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu aja lawak takut jarum suntik hahah

      Hapus
    2. Bilangin sama mamakmu nyeeet..hati2 kena razia

      Wkwkwkwkkwkwkwkwkwwwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkkkkwkwkwkwkwwkwkwkwkwwk

      Hapus
    3. Pemfitnah dan Penkhianat disarankan dihukum mati ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  28. @XAVIER...MAMAKMU OMSET MENURUN Y NYET??...BERAS KEBELI G NYEEET??


    WKWKWKWKWKWWKKWWKKWWKKWKKWKKWKWKKWKKKWKKWKWKKWKKKWKWKKWKWKWKKWWKWKKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu iskandar coy ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Iy bro..emang onyet penghianat

      Wkwkkwkwkwkkwkwkkkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkkwkkkkkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Iskandar bunuh aja chuaakkkss ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  29. Entahlah, indon sememangnya sakit mental, punya 11.000 triliun tak bahagia... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Y jelas mamakmu tak bahagialah nyet..tiap malam d gilir terus..

      Wkkwkkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwwkwkkwkkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Emaknya Iskandar tenryata PSK

      Hapus
  30. Kedepan ekonomi kita masih labil,tetapi progres kearah perbaikan dan penguatan,efek Corona luar biasa memang,tapi jempol,luar biasa buat Menkeu,dicibir,dicaci,tpi planing beliau dan tim akan membuat ekonomi Indonesia melompat seperti mendapat jackpot dan sceter serta atok merah yang luar biasa,fundamental ekonomi kita da bagus,walaupun kiri kanan byk yg nyinyir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tu hayal, labil ape.. Indon kukuh ekonomi, 11.000 triliun dalam pocket, don't worry

      Hapus
    2. Suntik dulu lah kamu ruw biar kamu sehat

      Hapus
  31. Balasan
    1. Mamakmu 100.000 aja nyet..11.000 trilyun kemahalan


      Wkwkwkwkwkwkkwkkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkkwkwwkkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. 1 juta malam mamakmu boleh gak ndar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ tenang kubikin dia senang dia tiap malam

      Hapus
  32. 133 triliun itu masih lumayan karena menurut pusat kajian anggaran dpr tadinya diprediksi hanya 125,8 triliun saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak wat naik gaji,operational, shoping sikit jer

      Hapus
    2. Terus kau ngapain nyewa PSK ndar ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  33. YANG JELAS...HARUS TETAP D SYUKURI..KLO D BANDING MALON ANGGARAN KITA MASIH JAUH LEBIH BESAR

    NGOMONG2 HELI AYAM KFC SUDAH DATANG BELUM????..SUDAH 22 OGOS NI WOOOOOY!!!!!



    WKWKKWKWKWWKKWKWKKWKKWKKWKWKWKKKWKKWKWKWKKKWKKWKWKWKWKWKKWKWWKKWKKWKWKKKWKWKWKWKKWKKWWKKKWWKKWKWKKWWKKWKWKKKWKKKWKWK

    BalasHapus
  34. Kejap kejap, indon aneh punya 11.000 triliun still marah marah... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. GImana mamakmu tak marah2 nyet..habis d gangbang..bayaran cuman bisa kebeli beras 1 liter..

      Wkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkkwkwkwkwkkkwkkwkwkwkkwkwkkwwk

      Hapus
    2. Anaknya pencari nasi kotak ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Weeeh Vier nongol..hore sdh jimat vier kah wkwkwkkkkk

      Hapus
  35. Njur jajaran armada : FREMM, MOGAMI, SCORPENE, OSPRET, RAFALE dan F-15 EX arep dibayari ngangge opo.......eta terangkeunlah pak bowo ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorpene dan Osprey ngapain dimasukin๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Yg pnting jgn dibayar pakai janda๐Ÿ˜‡

      Hapus
    3. Lha wong semua diincer.....ntah dapat ilham darimana, asal bisa ngacak-acak perencanaan sebelumnya ๐Ÿ˜ต

      Hapus
    4. Kalo kita nyimak pertarungan tender fregat di yunani, tyt fregat Maestralle class pun ditawarkan sbg pelengkap FREMM....buat jaga-jaga kalo penawaran disini mleset ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


      Dan belanda menawarkan 4 unit fregat M class (2 milik belgia) senilai 200 Juta euro.......200 juta euro dapat 4 fregat M class ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
    5. Tentu saja ke 4 unit fregat M class senilai 200 juta euro ini sbg pemanis jika yunani jadi beli fregat SIGMA 11515HN ๐Ÿคท

      Hapus
    6. Dulu kita incar Bremen Class bekas,eh jerman malah batalin pensiunnya Bremen Class๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

      F-15EX,Osprey dan Mogami yang kurang meyakinkan bakal kontrak tahun ini. F-15EX udah jelas susah dapetin izin konggres apalagi rudal jelajahnya๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚. Osprey jelas spek dewa plus kemahalan. Mogami juga kurang bersahabat apalagi kalau harus pakai jeroan amerika yang ribet.

      Rafale dan FREMM rencananya mau direalisasikan bareng KTT G-20 di Italia. Kasel kemungkinan juga ikut kontrak tapi belum tahu siapa yang terpilih.

      Hapus
    7. Itu kalo ga keburu kesikut "resuffle bulan oktober"......๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

      Hapus
  36. Ada yang punya nomor WA bu sri menkeu atau pak Prabowo ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujung-ujunge kebeli Viper jugak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Saya seh iyes aja dpt viper,realistis

      Hapus
    3. Viper mau dikasih apa coy, JASSM juga gak bakal dikasih sama mamarika

      Hapus
    4. Dgn syarat amerika mau keluarkan caatsa waiver.klo f15 ditolak.
      Plus kasih ijin pembelian rudal anti kapal AGM 84L-1 untuk Viper.

      Hapus
    5. VIPER......dipasangin sama NSM dong cooooooy ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    6. Viper belum kompatibel sama NSM coy, F-35 aja masih nunggu block 4

      Hapus
    7. Masih bagusan JASSM dan Storm Shadow,inget China punya type 055 dan type 052 bisa rontokin pespur dari 400 km,kalau Viper kita cuma bawa Harpoon ya sama aja bunuh diri������

      Hapus
    8. NSM udah diuji coba diluncurkan dari F 16 norway......ke Viper mah soal mudah ๐Ÿคท

      Lah biar kata JASSM dan strom shadow lebih bagus tapi kalo ga boleh dibeli ngapain "bucin" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    9. Kalo kemenangan dalam berperang hanya diukur dg "mengadu spek"......mungkin ga pernah ada Indonesia ๐Ÿค”

      Hapus
    10. Dan taliban ga bakalan menang lawan pemerintah afganistan dukungan amrik ๐Ÿค—

      Hapus
  37. 01. Salam bina Monumen Candi LCS Maharogolela Replika Kapal SALAH POTONG tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan Allien tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual ke gelly cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA MAS LIMA
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO MAEROD lembab cem siput hanya ahli salfie dan cuci steam
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD530 tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI untuk wang Kopi
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP ke Uruguay untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai Peliharaan british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL Gentting Highland daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas di acara LIMA
    31. Salam tak punya MARINIR,Kapal HOSPITAL,LPD,LST, HELI ATTACK,HELLI ASW,UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Hutang Rm 1 Trilloiun Kumpul koin, Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN A4 Skyhawk hilang setengah di parkiran
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan
    39. Salam CCG kekal 289 hari pertahun kat betting Ali, CCG sudah makan tido berak sedot ikan sedot minyak, Askar tak berani usir
    40. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN penyelundup Perlis
    41. Salam heli telur SEWA, bot pemintas SEWA, ATV dan Motosikal SEWA
    42. Salam MERIAM TARIK LEMBU camo Digital, lembu hasil curian
    43. Salam Tampal Sticker Batik, Reog, Wayang, Rendang, Anklung, kuda lumping
    44. Salam 9 APC Guardian di tolak PBB tiada RCWS hendak prank PBB dengan harga komplite RCWS
    45. Salam SEDEKAH wang Convert CN235 basic ke MSA dri US di PT DI
    46. Salam UCAV drone DJI di tempel dua senapan M4 untuk menakuti Kelalawar
    47. Salam di bully bekas Provinsi, bayar air murah, di ceroboh Apache, di ambil batu puteh, bayar denda kereta Cepat
    48. Salam SEDEKAH merdeka semu 999 tahun bayar UPEPTI
    49. Salam HMAV 4X4 TARANTULA satu unit, Tempel Sticker Hizir Turki
    50. Salam RADAR IMPOTEN tak bisa kesan MH370, terbang ke segitiga bermuda menurut BASKOM AIR Tok Bomoh
    51. Salam satu satunya LST KD Sri Idrapura Terbakar tiada ganti, angkut Tank guna Tongkang
    52. Salam latihan SEDEKAH MINYAK dan MELAMBAI di laut
    53. Salam pesawat intai ISRAEL kencing di langit Ibu negara Putra Jaya tak takut di salvo Jernas Lapook
    54. Salam 16 PESAWAT Abang Besar komunis ceroboh langit betting ali, hanya di sambut selfie dengan 1 ekor HAWK Lapook

    Salam terlemah ASEAN
    Salam SEWA ASEAN
    Salam GFP Rank 44 di bawah kaki Myanmar
    Salam Budget di bawah kaki philipine

    BalasHapus
  38. Kalopun benar Anggaran Menham turun nantinya, toh tetap ada pembelian alutsista baru. Mgkn jenis dan jumlahnya yg berkurang ,,, bukannya rencana pembelian tsb dibatalkan semuanya kan. Jd tenang saja ,,, toh belum ketok palu. ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘

    BalasHapus
  39. Breaking News Akhirnya Heli impian Gempur MDG530 sudah tiba di KL.
    Congrats pur

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4678051748906690&id=137531102958800

    BalasHapus
  40. KASIHAN.....

    kena POTONG anggaran ke guys.....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  41. Bye...Bye.... Rafale.....wkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasams 2 jadi korban bukan Rafale ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Alman Helvas
      @AHelvas
      ·
      3 Agt
      Due to economic situation, Indonesia likely will cut about US$450 million of PSP approval for defense acquisition this year. Land based medium range air defense missile may become victim. The program will be killed. It's means there will be no repeat order of NASAMS by Indonesia.

      Hapus
    2. Aaaaahhhhh......si mister PSP rupanya ๐Ÿ˜ฃ

      Dia sendiri sampai bingung udah berapa kali ngedarin PSP......mirip kaya yg menciptakan ilmu "mari berhitung" ......๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    3. giliran berita ginian gempur keluar ,kemaran pas berita KRI GOLOK dia pura2 buta huruf hahahahahaha.... tipikal malonte GILAA

      Hapus
  42. kasihan di PANGKAS guys.....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  43. Rafale Konon....

    apa Fremm....??? patut la bila ditanya hal PEMBAYARAN DIAM je....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa apa..ogos ogos
      Tender konon

      Hapus
    2. Tunggu KTT G-20 Italia Pur nanti Prabowo juga ikut kok ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ

      Hapus
  44. Maklum sebelah cuma bisa tender
    Tak jelas

    BalasHapus
  45. Insentif NAKES je NUNGGAK bayaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa bro gempur tak berani bahas militer๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  46. ehhhh... Cuba kira berapa heli MD530G MALAYSIA didalam Foto tersebut....JANGAN DENGKI ye....wkwkwkwkw


    https://www.facebook.com/panggilanpertiwi/photos/3862275823863132

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma 6 dan murah
      Biasa aja tak ade level

      Hapus
    2. Harganya murah bener cuma 70 juta untuk 6 unit,pasti kopong kayak LMS ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  47. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4678051748906690&id=137531102958800

    Heli MDG sudah datang aseekkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga main2.. US langsung kasih MDG versi Stealth.. edun om.. wakakakak

      Hapus
  48. Heli comel sudah datang guys

    Tapi..fotonyaa aja
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  49. Kasihan geng PEMBUAL.... tau tau Anggaran pertahanan di PANGKAS....wkwwkwkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepotong tapi lebih besar dari sebelah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  50. Tp anggaran kami besar dprd sebelah hahha

    BalasHapus
  51. wkwkwkwkwkwk.... Foto Heli MD530G terbukti sudah siap ya... bukan seperti SU35 versi GHOIB....wkwkwkwkwkw

    jangankan sampai fotonya pun takde....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70 juta untuk 6 Heli ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ kopong kayak LMS

      Hapus
    2. Heli tonggos cuma foto nya aja pur wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    3. Apache punya tak Askar Malon?

      Hapus
  52. Bual bual udah akhir OGOS

    Krik krik

    BalasHapus
  53. Kadi foto lbh gerun dprd aslinya

    Hahaha..komen konyol apalagi

    BalasHapus
  54. ehhhh...mana ada murah...heli MD530G versi baru lain la kalau beli versi lama kan....wkwkwkwkwkw

    sekurang kurangnya asetnya nampak tak macam MEMBUAL kononnya sudah beli Osprey....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70 juta untuk 6 Heli ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃkopong kayak LMS

      Hapus
    2. Iye hanya itu aja kan,itupun pengadaan lama.

      Hapus
    3. 22 Ogos..Heli Kecik tak hantar ke hadapan keh?

      Hapus
  55. kasihan di PANGKAS tinggal separuh ke tu....??? wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok tak bahas Rafale dan FREMM๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Mata ko di pangkas pur wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    3. Tapi tetap lebih besar dari budget ATM di RMK 12 dan 13 kehadapan....,hureee ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Budget kepolisian Ri pun lebih tinggi daripada budget pertahanan malon,u gila ya

      Hapus
  56. Sebelah cuma bisa sewa,
    Yg lain ganti aset
    Malysia ganti2 PM

    Wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa heli pengganti Nuri pun batal karena budget Malondog memang tiris, hureee...๐Ÿ˜€

      Hapus
  57. Anggran kami lbh besar drpd malon

    Yg hanya bisa sewa
    Betol kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa heli pengganti Nuri pun batal karena budget Malondog memang tiris, hureee...๐Ÿ˜€

      Mobil polisi Malon pon sewa bro.

      Hapus
  58. Kasihan seekelas Grade A cuma bisa beli heli Kecik murah

    Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Refleksi dari miskinnya budget militer Malon tak bisa tertutupi di kalangan angkatan tentara antar bangsa.

      Hapus
  59. Pesawat tempur apa yang harganya 97 juta dollar atau 1,4 Triliun rupiah???

    https://www.instagram.com/p/CJaBdCmhcL-/?utm_medium=copy_link

    BalasHapus
  60. Tetep aja anggaran nya paling besar..... Apalagi kalo di banding anggaran askar beruk malaya hehehe hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATM sampai di ketawain angkatan tentara Singapura yg dulu unity, haha....

      Hapus
  61. Mau dipotong pun masih jauh diatas malon, gitu aja kok repot, malon mah biasa cuman mampu mencibir krn mereka kan miskin ahahahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget pertahanan Malon plus polis hanya seujung kuku jari manis berbanding budget pertahanan dan kepolisian Indonesia. Haha....๐Ÿ˜

      Hapus
  62. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan DPR, ancaman penurunan anggaran pertahanan dalam RAPBN 2022 tidak mengejutkan karena telah diramalkan (forecast) oleh Janes yang memproyeksikan anggaran pertahanan Indonesia sebesar US$ 9,240 miliar (Rp 133 triliun) pada tahun tersebut.

    ---------------------------

    wuii US$ 9,240 miliar (Rp 133 triliun) tertinggi nich haha! ๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    kesian WARGANYET KL : KETINGGALAAN LAGIII

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya seujung jari dari Indonesia ompal ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. anggaran KL ama polisi kite aje KLewat jauuhhh haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Anggaran KL selevel sm anggaran SatPol PP kita bro

      Hapus
    4. Anggara KL selevel dg anggaran SatPol PP kita Bro

      Hapus
  63. md530 boiled eggs...sangat mudah di tembak jatuh dengan senapan serbu 5.56mm saja....pintu pilotnya saja terbuka...KAH.. KAH.. kah

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. GEMPURWIRA22 Agustus 2021 21.05
    wkwkwkwkwkwk.... Foto Heli MD530G terbukti sudah siap ya... bukan seperti SU35 versi GHOIB....wkwkwkwkwkw

    jangankan sampai fotonya pun takde....wkwkwkwkkwkw..APACHE PUNYA TAK ASKAR BERUK..HELI KECIK SEMBANG LAWAAAK GUUYS๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. 11 hari lagi slamat tinggal OGOS haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  66. Waktu kapal selam nanggala tenggelam kemarin katanya mau gencar perbarui alutsista baru. Eh begitu kapal selam nanggala tenggelam sudah ga trending malah dipotong belanja alutsisnya.. alamak.. mau nunggu kecelakaan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa mbok di pikir dulu bro, kalau g ada covid sdh deal semua, krn pandemi semua negara d dunia harus mengatur ulang segala sesuatunya, terutama belanja2 ke luar atau import xaxaxaxaxaxaxaxaxxa apalagi pandemi masih berlanjut tanpa ada tanda2 menurun, malah eropa n amerika mulai naik lagi kasusnya xaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  67. Raih profit setiap saat dengan berdagang di broker forex terbaik di asia. (Forex, Bitcoin ,Saham)
    Kelebihan Trading di meefx :
    1. Bonus 5 usd,Tanpa melakukan deposit
    2. 0 Biaya Swap
    3. 0 Komisi
    4. Deposit Minimal 5 usd
    5. Deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal Indonesia
    6. 45 USD /Lot Untuk Mitra
    ............................
    Info lengkap langsung kunjungi website kami : https://meefxid.org

    BalasHapus