18 Agustus 2021

Memacu Industri Alat Pertahanan dan Keamanan Indonesia "Go ASEAN"

18 Agustus 2021

Proses pembuatan pesawat CN 235 (photo : PTDI)

Jakarta (ANTARA) - Sudah saatnya Indonesia melihat industri alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) di Tanah Air menjadi potensi perdagangan global. 

Beberapa langkah pemerintah dimulai dalam pemenuhan kebutuhan global dalam penyediaan perlengkapan dan penyediaan bahan sebagai konsentrasi pada industri alpahankam. 

Pemerintah juga menempuh beberapa hal untuk meningkatkan nilai jual dan standard kualitas industri pertahanan dengan salah satunya memberikan sertfisikasi penggunaan komponen dan kualitas dalam negeri. 

Dalam perdagangan global setidaknya Indonesia menargetkan dari negara tetangga terdekat khususnya pasar ASEAN. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu peningkatan kemampuan industri tersebut. Global Firepower menyebutkan, dalam hal anggaran belanja militer, Indonesia mengeluarkan 6,9 miliar dolar AS atau setara Rp98 triliun. 

Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara dengan nilai anggaran militer terbesar kedua setelah Singapura yang memiliki anggaran 9,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp135 triliun.

Saat ini, pangsa pasar ekspor industri ketahanan Indonesia sudah menjangkau negara-negara di kawasan ASEAN di antaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Myanmar. Bahkan telah mencapai beberapa negara di benua Afrika. 

"Kemenperin mengawal proses produksi di industri, serta berupaya menciptakan pasar bagi produk-produk tersebut,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. 

TKDN kapal LPD buatan PT PAL (image : PAL)

Untuk mendukung kemandirian industri pertahanan, Kemenperin memberikan fasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai kepastian legalitas terkait kandungan nilai produk dalam negeri. 

Kepala Pusat Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemenperin Nila Kumalasari mengatakan, produk dalam negeri yang layak diberi preferensi adalah yang memiliki nilai TKDN ditambah nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) minimal 40 persen. 

TKDN akan memiliki nilai yang lebih tinggi jika material dan tenaga kerja berasal dari produk dalam negeri. 

"Sertifikasi TKDN barang memiliki masa berlaku selama tiga tahun, sehingga diharapkan para perusahaan yang bergerak di industri pertahanan, baik BUMN maupun BUMS segera mensertifikasi produk-produknya yang belum tersertifikasi,” imbuhnya. 

Beberapa produk alpalhankam yang sudah memenuhi kriteria tersebut antara lain jenis senapan mesin kaliber 5,56-7,62 milimeter produksi PT Pindad dengan TKDN antara 87,71-91,12 persen. 

Selanjutnya, senapan petembak runduk kaliber 7,62 milimeter-388 inch (81,69 - 89,36 persen), senapan antiriot kaliber 38 milimeter (67,91-95,14 persen), serta pesawat mortir kaliber 60-81 milimeter (52,75-85,58 persen). 

Seluruhnya merupakan senjata ringan dan diproduksi Pindad di Provinsi Jawa Barat.


Belum lama ini, Pindad memperkenalkan kendaraan taktis atau rantis terbaru bernama MV2 4x4. Kendaraan ini ditargetkan dapat menembus pasar industri pertahanan ASEAN. 

Secara bertahap, Pindad meningkatkan nilai TKDN MV2. MV2 merupakan kendaraan 4x4 pengembangan terbaru yang siap melibas semua medan dengan tampilan desain dan interior yang modern, antara lain baris belakang lebih lega, atap hardtop dengan kanopi yang bisa dilepas pasang menjadi kendaraan double cabin, serta dilengkapi footstep samping. 

Kendaraan MV2 dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern dan memungkinkan memenuhi pasar lain selain militer. 

Kemampuan manuver yang dimiliki gesit dan andal sebab dilengkapi suspensi yang nyaman digunakan, baik di medan on road maupun off road. 

Contoh lain dari produk alpalhankam unggulan yang telah berhasil dikembangkan di dalam negeri antara lain bom militer produksi PT Dahana dengan TKDN sebesar 82,94 persen. 

Kepala SBU Perdagangan Industri dan Kelautan PT Sucofindo, Supriyanto menjelaskan, perusahaan tersebut telah melakukan sertifikasi TKDN terhadap PT Dahana untuk produk bom militer P-250L di tahun 2019 dan bom P-100L sasaran anti peluru di tahun 2021. 

Selanjutnya terdapat kapal cepat rudal (KCR) 60 meter yang dikenal sebagai KRI Kerambit, produksi PT. PAL Indonesia. Kapal tersebut sebagian besar komponennya memiliki unsur TKDN dan merupakan andalan TNI AL untuk mengawal wilayah pantai Indonesia.

TKDN pesawat N219 (image : PTDI)

Kapasitas produksi ​​​​Pemerintah memberikan perlindungan dalam perluasan usaha dan peningkatan kapasitas produksi industri pertahanan. 

Untuk itu, industri pertahanan berhak memperoleh insentif fiskal, termasuk pembebasan bea masuk dan pajak, jaminan, pendanaan, dan/atau pembiayaan industri pertahanan atas pertimbangan Komite Kebijakan Industri Pertahanan Indonesia (KKIP). 

Selanjutnya, salah satu langkah yang dilakukan untuk meningkatkan TKDN industri pertahanan adalah dengan membentuk holding klaster industri pertahanan dan keamanan nasional. 

Langkah ini mendorong semakin bertumbuhnya industri di dalam negeri yang berdampak pada peningkatan ekonomi nasional. 

Hal tersebut juga sejalan dengan strategi peningkatan pertumbuhan industri pertahanan yang disusun Kemenperin. 

Strategi tersebut juga meliputi reformasi rantai suplai dan pengembangan industri lokal sebagai industri pendukung. Kemudian, meningkatkan pangsa industri dalam negeri dalam perawatan alpalhankam. 

Proses pembuatan panser Anoa 6x6 (photo : The Jakarta Post)

Kemenperin juga mendorong optimalisasi kebijakan Imbal Dagang, Kandungan Lokal, dan Offset (IDKLO) untuk pengembangan kapabilitas industri hulu dalam memasok kebutuhan industri pertahanan. 

Selanjutnya, mengembangkan formula perhitungan TKDN khusus produk alpalhankam untuk memaksimalkan pengadaan, penggunaan, dan pengembangan produk alpalhankam buatan dalam negeri. 

Target penurunan impor sebesar 35 persen pada 2022 dinilai sejalan dengan upaya memacu pada industri alpahankam. 

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan penggunaan komponen dalam negeri dapat meningkatkan kegiatan perekonomian yang membantu peningkatan. ekonomi dalam negeri. 

Sehingga roda ekonomi nasional dapat selaras dengan penjajakan target go global dari berbagai sektor industri di Indonesia. 

Industri alat pertahanan dan keamanan memiliki potensi besar dalam pasar global, sehingga sertifikasi TKDN dapat memberikan manfaat dalam pengembangan industri dalam negeri.

171 komentar:

  1. Balasan
    1. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5686958/canggih-tahun-2023-ri-bakal-punya-satelit-terbesar-di-asia

      Hapus
    2. "Waooooow, pastinya satelit ini punya antena yg jembar dan lapang sekali dalamnya ...๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ"

      https://youtu.be/-N0m2_i6eIY

      Hapus
    3. KRI GOLOK 688

      Siap Meluncur...

      Hapus
    4. Dari sumber berikut, terlihat dokumen peluncuran KRI Klewang 2 atau yang saat ini, berganti nama menjadi KRI Golok 688.
      Sumber :https://twitter.com/LembagaKERIS/status/1427853008755257344?s=20

      Hapus
    5. • 2 Kapal Fregat Iver Huitfeldt indonesia. Yang akan di bangun di PT Pal akan di upgrade menjadi destroyer.
      Sumber :https://youtu.be/Muue5g2AWlg

      • Perusahaan asal Turki siap gandeng perusahaan indonesia dalam membangun senjata laser anti rudal.
      Sumber : https://youtu.be/qzazF3uTrJA

      Hapus
  2. Balasan
    1. Beda satu hela nafas aj brother,Lo salip ditikungan pertamax

      Hapus
    2. Sampeyan jih nom ning napase ngos-ngosan kok mas....mulo kesalib terus ๐Ÿ˜ฃ

      Hapus
  3. Fokus Ekspor InHan kita memang harusnya ke ASEAN dan Afrika..karna kalau diluar itu pasarnya sudah dikuasai USA, RUSIA,China dan Eropa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. US dan Eropah import peluru dan seragam tentara dari Indonesia bro...Rusia jg import peluru dan seragam tentara dari Indonesia jg

      Hapus
    2. Rusia jg import boat X-18 PT Lundin

      Hapus
  4. Haha jadi opv 60 meter with lontong. Kcr 40 jadikan kal aja deh, nanggung spek nya

    BalasHapus
  5. produk indonesia nyata dan di akui dunia.beza sama sebelah yang cuma sembang dan bual je.

    malon sungguh tak de kepakaran.

    BalasHapus
  6. ...taruh lagi ach...melawan LUPA, untuk Alutsista AU Indonesia dari tahun 2021 s/d 2030...setelah The Check Mate terlahir ;


    ...MILITER GAHAR INDONESIA

    04 SATELIT MILITER
    32 RADAR UTAMA
    20 Su-57 Felon
    32 Su-35 Flanker E
    16 Su-27/30 Flanker D
    36 Dassault Rafale
    16 F-15 EX
    48 IFX
    48 F-16 Falcon/Viper <----- ( diganti The Check Mate )
    16 Super Tucano
    20 T50 G. Eagle
    20 Yak-130
















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...ini untuk menghalau si Chinoooooooooong ;

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      36 Dassault Rafale
      16 F-15 EX
      48 IFX






















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ...ini untuk membungkam si US ASUrika dan FPDA ;

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      20 Su-57 Felon
      32 Su-35 Flanker E
      16 Su-27/30 Flanker D
      48 F-16 Falcon/Viper <----- ( diganti The Check Mate )


















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
  7. KCR 60 ini favorit bung MM. Apalagi kalau format persenjataan lengkap. Menggerunkan ketar ketir.

    BalasHapus
  8. Pelan pelan asal kelakon,InHan kita terus berkembang maju.
    GO ASEAN,

    BalasHapus
  9. Pur ko tengok itu proses bina CN235

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. "Tepi sikit kat tandas" udah aq patenkan bro...kl bro pake sila bayar royaltinya wkwkwk

      Hapus
  11. ...alon alon asal klakon, ben uripe...geureunah meureunah tur tumaninah
















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  12. Lanjut Jilid 2 Kolab lagi FNSS & Pindad Kaplan IFV

    https://www.facebook.com/groups/183021936698489/permalink/351652653168749/?app=fbl

    BalasHapus
  13. ...

    " hidup berdasarkan KEMAMPUAN akan terasa lebih mudah daripada hidup berdasarkan KEINGINAN, tapi terkadang manusia membutuhkan tantangan untuk mengetahui dan meningkatkan kualitas / kemampuan diri "

    by Akang Civil, yang tampan dan kalem











    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok ni kalimat buat si gempurgila dan cs sannya wk wk

      Hapus
  14. Min coba sekali2 bahas "Pesawat Stealth PTM-15 gen 6 Malonyet"

    Cemana nasib nya kini..krik..krik..krik

    BalasHapus
  15. Produk Grade A paling pintar di rantau dan top university?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Product Sawit merekapun levelnya msh jauh dibawah Product Sawit kita bro @UN

      Hapus
    2. Yup Vita birahi dah di eksport ke planet namex wkwkwk

      Hapus
  16. Jiran sebelah makin iri lah tuh๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri? Coba tengok sekejap

      Vita berapi telah berjaya di ekspor Kat planet namex 100000 bijik

      PTM gen6 sangat halimun bahkan tak sanggup buat dilihat

      Drone nyamok kami pon mampu terbang keliling planet bumi

      Masih kurang apa?

      Hapus
  17. ...kemarin Quisnya nggak ada yang MENANG, jadi hadiahnya disimpan lagi

















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  18. Liat link IG AIRSPACE REVIEW

    KRI GOLOK 688 dah mau keluar Kepala negara

    Min UP bertahan nih min....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi proses mau cecah air dulu

      Hapus
    2. Nyusul adiknya yg sdh cerca Air..kl inget yg cerca air, jd inget LCA Halimun yg sembang mendunia Product negara grade A dg 8000 Engineernya yg terGoblok Sedunia๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  19. Bina zlatan militer akhir duit kena songlap partai jugak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heli kecik 6 unitpun tak datang²..Songlap oh Songlap

      Hapus
  20. Balasan
    1. Konon Grade A & Kaya Raya upgrade MSApun harap Derma US

      Hapus
    2. Lawak keh keh keh๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  21. Kesian Indon rakyat menderita kena gondol ini partai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian Malon diTipu British takde Merdeka yg ada Hanya Otonom Khusus dan diRasuah Oleh Genk UMNO daulat dubor yg dipertuan Agong

      Hapus
    2. Taman Makam Pahlawan saja enggak ada....wkwkwk. Makam Mat Puteh british banyak

      Hapus
    3. #TAPIR KURAP

      BAPAK KAU KASIAN,TENGOK MAMAK KAU DIROGOL BERAMAI-RAMAI OLEH ORANG UTAN plus ATM tukang Rogol

      Hapus
    4. @MERINDING ganti akun @XAVIER KW..


      Niat banget.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  22. Global Firepower menyebutkan, dalam hal anggaran belanja militer, Indonesia mengeluarkan 6,9 miliar dolar AS atau setara Rp98 triliun.

    -------------------------

    gombal firepawer lageee...haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  23. https://www.youtube.com/watch?v=b9Bnh2jh2sc

    Demo kuasa tembak ATM yang paling menggerunkan ... Dengan melihat ini tampaknya HJarimau, Leopard, Anoa milik Indon akan hancur lebur jika berhadap[an dengan ATM..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAH takut sangat lah HARIMAU, LEO 2,n ANOA INDO dengan tank TUA BANGKA TUH...

      Takut klw tank ntuh tak sampe berhadapan dengan HARIMAU,LEO 2 n ANOA karena keburu JADI AYAM PANGGANG dihajar disalvo udara pdari jarak 8 KM oleh AH-64E, MI-35P,CH-4B ... Diluar jangkauan AIR DEFENSE maLONTEsya yg mentok 7 km... HHAHAHAHA

      Hapus
    2. Berapa hektare kebon pisang milik tok dalang yg diratakan ?

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Tank PT-91 flying turret tuh zaman WW II,perang di Syria PT-91 jadi kambing guling kena ATGM wkwkwk

      Hapus
    4. PT-91T ( Tetanus )
      Wakakakaka...barang lapuk

      Hapus
    5. Pendek Ar cuma gede Drum bensin saja apa yang dibanggakan sama Malon sekali Tembak tuh Drum sama SPR2 .. boom jadi kaleng-kaleng ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  24. hanya indonesia dan singapura yg mempunyai industri pertahanan

    BalasHapus
  25. terGoblok Sedunia๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ


    XAVIER18 Agustus 2021 18.03
    Hull je isi tak de


    Kau pikir kapal baru mau LAUNCHING dah ade MISSILE,ARTILERI, CIWS dll... Tulah ketengokan BODOH NYE KAU NIE... Sekelas Amerika je klw baru launching DESTROYER n LCS yg dipasang BARU MAIN Guns yg lain nyusul setelah sea trials...

    Klw semua dah dekat senjata... Waktu ST klw ada sedikit masalah dan harus diperbaiki diDRY DOCK harus dibongkar lagi tuh ARMAMENTSnya selsai perbaikan pasang lagi gitu MAKSUD loe... Ditambah jlw ade kecelakaan sperti terbakar HABIS dah tuh MISSILE,TOROEDO, MAIN GUNS, CIWS, AUTOCANNON dll kebakar api hahahahah BODOH... BODOH... BODOH... STUPID... IDIOT... MALASya

    BalasHapus
  26. Geng INDON KOYAK guys....wkwkkwkwkwkwkw

    Rileks la...tau la akibat di PRANK terus....wkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok koyak lon,malah malon banyak import senjata buatan Indonesia wkwkwkwk

      Hapus
    2. Malon Koyak Bual n khayal krn diTipu Majikan British Guuuuys

      Hapus
    3. Koyak nya si gempur sakit jiwa Kat tandas meratapi 6 heli Kecik nan comel tak datang-datang...akibat di PRANK sama Najib wkwwk.. Geng Gempur Sakit Jiwa and the gang KOYAK

      Hapus
  27. Indon kerena depresion rajin kena tipu partai menjadi gila hayal

    BalasHapus
    Balasan
    1. MALON Bual & MengKhayal krn Keena Tipu Majikan British Guuuys

      Hapus
  28. menhan KL yg baruw kira2 siapa?

    klo opa mat sabu, uda pasti dikensel ituw heli kecik haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    menhan KL sebut tentera tak mau...

    BalasHapus
  29. Key point Indon always tertinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engineer Beruk takde kepakaran, kerajaan pun tak percaya sm aircroot krn takde kepakaran dlm memelihara herky..one hercules 3year guys lawak sangat..BNS pun sama sj 10Biliion for LCA darat Lawaak Guuuuys๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Suka suka kaulah xavier KW yg pentingbhr ini kau tak dpt nasi bungkus xixixixix

      Hapus
    3. Key Point Malon selalu terbelakang otak dan IQ nya .. cam salah potong nggak jelas Lon Malon sehat tak??

      Hapus
  30. beda pesawat intai

    MSA-> intai & SAR
    MSA varian sipil non-kombatan

    MPA->intai, SAR, peperangan kapal permukaan ASW & ASuW
    MPA varian militer, kombatan

    kesian yg gak punya MPA gaesz, merungut rungut iba haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata gempurgila MSA itu sama dgn MPA ompal wkwkwk

      Hapus
    2. Ibarat Gempur disuruh Berak sambil Lari Om @Pit

      Hapus
    3. suru lanjut sekolah lagi ke london tuw om pit haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹


      Hapus
    4. Saking kepepet bodohnya @om pit biar gk kliatan malunya MSA atau MPA xaxaxaxxa

      Hapus
  31. AirCrooot mana Bs Bikin Pesawat dan Maintance, tuk perawatan Herky Askar Beruk sj kerajaan n Mindef Malon gk Percaya sm airCrooot๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa apa semua kilang Malon .. karena diisi oleh orang-orang idiot dan super bego .. cuma bisa bina Nasi Lemak saja

      Hapus
  32. XAVIER18 Agustus 2021 18.52
    Key point Malon always tertinggal krn Fact Mereka Dungu Idiot & Moron

    BalasHapus
  33. Selamat Datang .. SElamat Bertugas kepada

    PM Malayia ke 9 ... Pemimpin Besar REvolusi ... Pengemban Amanah Hati NUrani Rakyat ... Palnglima Besar Revolusi menuju nmegra dan bangsa Malaysia yang adil, Makmur, Bekeadilan sosial dan pengemban kemerdekaan dan perdamaian Dunia

    Selamat kepada BUNG IBRAHIM ANWAR

    BUNG KARNO of MALAYSIA

    TAHNIAH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak gak ada manusia aja
      Kenapa gak sekalian Raja mu Jadi PM drpd tidor aja

      Hapus
    2. Raja kami adalah wakil Allah SWT di muka bumi .. mereka adalah pemimp9n moral seluruh umat manusia .. semua kaum .. semua agama .. Baginda Raja adalah mercu suar ...tempat dimana kami semua berpandu melangkah ke depan memnghndari kesilapan-kesilapan ...

      Hapus
    3. Saya ketawa aja deh.
      Awokawok

      Hapus
    4. Hari gini Malon masih menyembah seorang Raja atau Manusia .. seperti jaman FIRAUN saja .. apa Kata Dunia Lon Malon ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Kayaknya sakit semua rakyat malon..!! Kesian sekali.. Omongannya kaya org gokil

      Hapus
  34. KESIAN WARGANYET KL ngarep heli kecik,

    tp user tak mao...

    heli kecik pon tak diminati ada apa gerangan,

    demikian kt menhan mat sabu

    tentara KL ogah heli kecik 40 menit doank,
    baruw naik, minta turun...haha!


    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    "bole dihantar, tapi pihak tentera darat "ENGGAN" menggunakan helikopter ini,

    cekidot ๐Ÿ‘‡
    menhan mat sabu menit. 18:00
    BERITA 585 | GEMPAR! MAT SABU AKAN BAWA KES KE MAHKAMAH?
    https://www.youtube.com/watch?v=SqXLWktS3xc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar si Gempur yang pake oom..

      40 miniiit x 6 bijik = 240 minit = 4 jam...

      Mayaaaan..

      Wakakakakakakakakakk

      Hapus
  35. JALUR GEMILANG DAN NEGARAKU BERKUMANDANG DI LAPANGAN MERDEKA ...

    https://www.youtube.com/watch?v=j7fnBytMgCg

    Demi Malaysia.. Demi Negaraku ... Jiwa dan Ragaku Untokmu Malaysia

    Salam Hari Merdeka dari Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam 999 Tahun sampai Merdeka yang sebenarnya ๐Ÿค”

      Hapus
    2. Emang malon.MERDEKA dari mana..?? Malon.msh jd BUDAK dan BABU Mama Eli....msh 999 thn lg..malon.msh numpang hidup...31 agustus cuma LATIHAN.PERAYAAN KEMERDEKAAN....malon diboongin mama eli mau aja...
      Looon....malooon...
      ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง

      Hapus
  36. http://garudamiliter.blogspot.com/2021/08/global-turki-menjadi-pemain-global.html?m=1

    Tempel terus Turki.

    BalasHapus
  37. KOIR KEBANGSAAN MALAYSIA- 4th BICF 2015 Mixed Choir Overall Champion and GOLD (JONG JONG INAI)

    Number ONE Mengalahkan dan mempermalukan Team Koir Indon di depan publiknya sendiri ketika berlumba di Bali .. ..

    youtube.com/watch?v=96U3BXjmZfc

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAU SEMBANG????
      INDO LEBIH BANYAK DOOOONG..

      https://m.mediaindonesia.com/internasional/272498/paduan-suara-indonesia-menangi-kompetisi-tingkat-dunia

      https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/07/160710_trensosial_paduan_suara.amp

      https://www.kompas.id/baca/utama/2018/04/23/trcc-indonesia-kor-terbaik-dunia/


      https://m.metrotvnews.com/play/kpLCowRo-indonesia-juara-dunia-lomba-paduan-suara-di-swedia


      https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/amp/pr-01296287/resonanz-children-s-choir-harumkan-indonesia-di-kompetisi-paduan-suara

      https://www.idntimes.com/hype/viral/amp/harambe-haramjadah/membanggakan-paduan-suara-anak-indonesia-raih-juara-dunia-di-slovenia-c1c2


      KL= KALAH LAGI...


      WKWKWWKWWKKWKWKKWWWKWWKWKKKWWKWWKKWKWKWKWKWWKWWKWKWKWKWWKWWKWKWWKKWKWWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWWKWWK

      Hapus
    2. Baru sekali Menang Sombong nya Amazing ...Cuma itu Lon Malon yang kau banggakan.

      Hapus
  38. Ternyata eh ternyata.....radius tempur F-16 Viper sebanding dg SU-30 para pemirsah (1350 Km) ๐Ÿคท

    Dengan biaya operasional yg jauh lebih rendah, kesiapan operasi yg tinggi dan kecanggihan radar aesa serta kemampuan surveillance dan smart bombing, gak usah mudik buat melakukan perawatan membuat primadona dari timur kian terrrrrr........asudahlah ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ternyatah pulak......diam-diam india sedang serius mengevaluasi performa dan teknologi F-15 lewat tangan israel ☝️

      Akankah ini artinya .........๐Ÿค”

      Hapus
    2. Ini beneran lho, bukan fake .....mau link nya pun ada ๐Ÿคท

      Hapus
    3. Kalo ttg radius tempur F-16 V sudah ada disini .....di artikel ttg F-16 V yg bisa patroli PP : madiun~natuna ๐Ÿคท

      Hapus
    4. Ngapain jauh jauh madiun~natuna, wong ada Ska-16..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Kuwi rak sakumpomo......ko nek skenarione : patrolo PP madiun~ambalat, ono sing keloro-loro njur ra gelem dolan mrene neh ๐Ÿคท

      Hapus
  39. https://www.youtube.com/watch?v=vQOQh3ihSGE

    Tanah Pusaha
    https://www.youtube.com/watch?v=kvZfkiGRLEc

    Layarlah Kembali
    https://www.youtube.com/watch?v=r39mOUaOrfg





    Malaysian Patrioticcs Songs ... Tetapi amat disayangkan banyak lagu patriotic Malaysia yang dicipta oleh pencip[ta lagu Malaysia banyak diciplak mentah-mentah dan diklaim sebagai lagu patriotic Indon .. dan lebih gilanya mereka nyanyikan di hari merddeka 17 Ogos di Istana...

    Betol-betol provokasi yang sudah melewati batas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkwkwkkwkwwkwkwkwwkwkwkkwwkkwwkwkwkwkwkkwkwkkwwkkwwkwkkwkwkwk

      GW IYAIN AJA DEH NYET..



      Wkwkkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwwkkwkwkwwkwkwkwkwwkwkwk

      Hapus
    2. Unknown Warga Malondog sering HALU kebanyakan Hisap Dadah dan Hisap Rudal Mat Bangla.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Raja mu yg km bilang wakil Allah suruh aja jdi PM biar gak tidor makan aja

      Hapus
    4. Yang d atas tu MALON KW tukang adu domba,anak haram yg otaknya sudah sungsang..


      Wkwkwkkkwkkwkwkkwkwkwkwwkwkwkkkkwkkwkkwkkwkkwkkwwkkwwkkwkwkwkwk

      Hapus
  40. *https://subsidikuota.xyz?v=105GigaBytes*

    KEMENDIKBUD
    Program kuota beblajar pulsa 200RB dan kuota 50GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pelajaran jarak jauh periode bulan Juli - Desember!*

    BalasHapus
  41. Balasan
    1. MAlon tak de kepakaran..selevel dengan ZIMBABWE


      Wkwkwkwkkwkwkwkkwwkkwkwwkkwkwkkwkwkkwkkwkkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwwk

      Hapus
    2. Hehehehe ... Pengembangan industri pertahanan jelas berbeza strateginya dengan apa yang dilakukan Indon yang miskin dan X ada wang ....

      Ingat kami mempunyai Lembaga Tabung Negara Khazanah (sama persis dengan Holding Temasek dari Singapore) ...Jika Indon bertumpu kepada ToT .. maka kami (mella Khazanah) lebih bertumpu kepada strategi akuisisi atau take over coropration (beli saham majority, lakukan merge dengan corporate Malaysia milik negara + jika sudah established kemudian pindahkan semua facility kilangnya ke Malaysia ...

      Ingat strategi hanya dapat dilakukan oleh negara-negara yang mempunyai back up dana tabung yang besar saja ... yang pasti Indon X mampu melakukannya ...

      Jadi kangan heran jika 10 - 20 tahun hadapan ...,, abnda boleh melihat kilang Airbus, Boeing, Lockheed Martin, GE, Roll Royce, Finacinteiri, Naval, Dasault etc etc semuanya ada di negara kami ...dimiliki dan dinamage of bangsa Malaysia ...

      Hapus
    3. Ya ya...hebat wow
      Sampai2 Aircrod pun tercanggih tak bisa upggrade sndri Cn235.

      Hapus
    4. Jadi teringat BNS yg buat kapal salah potong,sama senapan Vita berapi jadi dgn tema UFO KILLER

      Hapus
  42. SAUFUL BACHRI .. PENCIPTA DAN PENULIS LIRIK LAGU NEGARAKU

    Pernah dengar nama ini .. Yup .. Beliau adalah Indon yang berhijrah ke Malaysia ...


    https://www.thepatriots.asia/saiful-bahri-penulis-lirik-lagu-negaraku/

    BalasHapus
    Balasan
    1. TETAP KALAH D BANDING BANG HAJI RHOMA NYET...

      Wkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkkkkkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Tak tanya,gak butuh info juga.

      Hapus
    3. #UNKNOW aka BABI

      VAGINA MAMAK KAU DILANCAP BABI, VAGINA MAMAK KAU DI ROGOL ANJENG

      Hapus
    4. Unknown Warga Malondog.. Suka HALU kebanyakan Hisap Dadah dan Hisap Rudal Mat Bangla.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    5. NEGARAKU cam sial lagu kebangsaan Malon jiplak Terang Bulan ...dalam lyric saja masih menyembah Raja dan Sultan .. woii bangun para Malonsia-sia jangan lah kau sembah Raja seorang Manusia ..

      Hapus
  43. https://www.youtube.com/watch?v=vQOQh3ihSGE

    Tanah Pusaha
    https://www.youtube.com/watch?v=kvZfkiGRLEc

    Layarlah Kembali
    https://www.youtube.com/watch?v=r39mOUaOrfg





    Malaysian Patrioticcs Songs ... Tetapi amat disayangkan banyak lagu patriotic Malaysia yang dicipta oleh pencip[ta lagu Malaysia banyak diciplak mentah-mentah dan diklaim sebagai lagu patriotic Indon .. dan lebih gilanya mereka nyanyikan di hari merddeka 17 Ogos di Istana...

    Betol-betol provokasi yang sudah melewati batas ...


    BAPAK KAU ANJENG MAMAK KAU BABI PELACUR... YG KAWEN DENGAN ANJENG

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAGU MALON LEWAT NYET SAMA CACA HANDIKA..

      WKWKWWKWKKKWKWKWWKKKWKWKWKWKWKWKKWWKKWKWWWKWKWKWKKWKWKKWKKKWWKWK


      Angka satu
      https://m.youtube.com/watch?v=yYtRSm-4Yg4

      Hapus
  44. Rombongan pro Malaysia g usah di komentator,autis akut sindrom kekurangan cairan sperma kronis diajak debat g bakal nyambung,HIRAUKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dah kalah atau tertinggal spt inhan urusan aset militer
      Mereka psti ngmngin PAti,yg gak nyambung

      Hapus
  45. Hahahahah ini orang tersebut BODOH sejagat... Hahhahahaha

    Unknown18 Agustus 2021 19.53
    https://www.youtube.com/watch?v=vQOQh3ihSGE

    Tanah Pusaha
    https://www.youtube.com/watch?v=kvZfkiGRLEc

    Layarlah Kembali
    https://www.youtube.com/watch?v=r39mOUaOrfg





    Malaysian Patrioticcs Songs ... Tetapi amat disayangkan banyak lagu patriotic Malaysia yang dicipta oleh pencip[ta lagu Malaysia banyak diciplak mentah-mentah dan diklaim sebagai lagu patriotic Indon .. dan lebih gilanya mereka nyanyikan di hari merddeka 17 Ogos di Istana...

    Betol-betol provokasi yang sudah melewati batas ...


    ntu lagu KORANG yg jiplak...

    "TANAH AIRKU" di ciptakan tahun 1945 oleh ibu SUD nama aslinya Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan nama Ibu Soed (lahir di Sukabumi, 26 Maret 1908 – meninggal di Jakarta, 26 Mei 1993 pada umur 85 tahun) nih lahir 1908

    Dia meciptakan lagu tahu 45 lah korang masih BELUM ADE tahun segitu hahahahaha

    Loe pikiran ntu lagu diciptakan tahun 2020 atw 2018

    TOLOL... BENGAK... BODOH
    BODOH... BODOH... BODOH...!!!

    SALAM DARI BUMI SRIWIJAYA, aku ORANG MELAYU PALEMBANG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ngaku² orang Palembang lah..tidak ada wong kito cakap mengkarut macam kau...kau itu melayu kw...tidak punya maruah ๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ

      Hampir semua melayu semenanjung berasal dari Sumatra....melayu bumiputra keturunan suku Semang hidupnyq diatas pohon macam๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ™ˆ

      Hapus
    2. @Meneer aku orang Palembang bro.. Lebih tepat tinggal di LUBUK LINGGAU... SMP n SMA XAVERIUS ya...

      Yg aku KARUTIN ntu sih UNKNOW aka ASUKUNYUK kata atas... FRIENDLY FIRE BRO MENEER

      Hapus
    3. Coy Gelut yu..ibarat org jawa timur Carok yuk

      Hapus
    4. Saya wong Kito Galo lu @Unknown 20.55 penjilat Malon Tengik jangan coba - coba mengaku wong Kito Galo kalau tabiat dan bacot kau menjelekan NKRI dan jangan buat malu wong palembang belum Kena sepak kau rupanya .. sejak kapan Malon Merdeka mencipta lagu Patriotik, Malon saja menjiplak Terang Bulan sebagai Negaraku.. Hari gini masih menyembah Raja dan Sultan apa kata Dunia Molonsia-sia ..bahasa Malon saja bahasa aneh dan Teruk ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž BODOH bin Bego kau..jangan di pelihara.

      Hapus
    5. @manakutahu...
      Bro... Bro... Perhatian kata-kata yg AKU TULIS ya biar kagak FRIENDLY FIRE...

      AKU ORANG SUMSEL... Tepatnya di KOTA LUBUK LINGGAU...untuk sejarah aku tahu(walaupun buka PROFESOR SEJARAWAN)... AKU TAHU RAJA2 SRIWIJAYA,MAJAPAHIT,SINGHASARI, MATARAM KUNO,DEMAK, PAJANG, MATARAM ISLAM...

      dari RAKAI MATARAM SANGAT RATU SANJAYA sampai Sultan SYARIF KASIM 2...dari KERAJAAN KADIS di RIAU abad 1 SM sampai SIAK SRI INDRAPURA...

      dari PINDAD APR-1 sampai HARIMAU MMWT...

      Pahami ya kata perkataan AKU diatas... Seharusnya paham ya BRO MANAKUTAHU,MENERR,XAVIER disana sudah aku tulis yo CEK

      "TANAH AIRKU" di ciptakan tahun 1945 oleh ibu SUD nama aslinya Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan nama Ibu Soed (lahir di Sukabumi, 26 Maret 1908 – meninggal di Jakarta, 26 Mei 1993 pada umur 85 tahun) nih lahir 1908

      Dia meciptakan lagu tahun 45 lah korang masih BELUM ADE tahun segitu hahahahaha"

      Seharusnya paham yo... PEMPEK PAK JO lemak nian yo... Salam paten lempah tempoyak...

      Hapus
  46. Lagu² patriotik maliangsial tidak ada rasa patriotiknya (merdeka saja giveaway)...macam lagu pop..lyric dan nadanya aneh..tidak bermutu. Lagu K3vangsaannya saja plagiat dari lagu Terang Bulan


    Wakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. YOI bro... Lah lgu patriotik kita aja di buat tahun 45an tagun segitu mana ada sih GRED A


      BTW

      Loe FRIENDLY FIRE ke aku diatas ๐Ÿ‘☝๐Ÿ‘☝๐Ÿ‘†๐Ÿ‘☝๐Ÿ‘†๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  47. Berdasarkan ketentuan kontrak dengan FNSS, pabrikan Indonesia PT Pindad akan memproduksi sebagian besar medium tank Harimau di bawah lisensi.

    Indonesia nantinya akan menerima gelombang pertama sebanyak 18 unit pada akhir tahun 2021.

    Sebanyak 52 lagi akan diadakan pada tahun 2022, diikuti oleh 19 pada tahun 2023 dan 17 pada tahun 2024.

    http://garudamiliter.blogspot.com/2021/08/fnss-tampilkan-mt-harimau.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaplan/kapla itu klo bahasa Indonesia nya Harimau di turki namanya Kaplan.
      Dan Siyah artinya Hitam
      Jdi Harimau hitam bhs turki artinya Kaplan Siyah.

      Hapus
    2. Dr segi Engeneering Kaplan aka Harimau Hitam 2 lbh yahuuu om @Garuda..perubahan bukannya hanya tampilan saja, sampai daleman dilakukan setelah dpt masukan dr TNI AD khususnya sebagai Calon User..Jiran Sebalah yg Goblok Makin Nyinyir๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Daleman nya dah komputerisasi ya heehee.

      Hapus
    4. Liat spec terbaru Harimau Hitam 2, hari ini kita semua senang liat Klewang 2 aka KRI GOLOK keluar jg..siap maen air bareng Adiknya AntanSena๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Ž

      Hapus
  48. Ah lihat foto CN235 yang sedang dalam pembangunan di atas aku jadi kepingin Indonesia punya :

    CN235 MPA 18 unit
    CN235 gunship 12 unit
    CN235 military transport 24 unit

    18 + 12 + 24 = 54

    Total minimal 54 unit CN235 untuk 3 varian di atas.

    Paling tidak diupayakan dulu punya sepertiga atau separuh dari jumlah itu agar industri penerbangan kita jadi sangat sibuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasido mundut poseedan po mas.......po wes jeleh ngramal mleset ae ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Yang saya nantikan dri PTDi CN235 gunship om@TuTung.
      Apalgi klo bisa gotong rudal jelajah sekelas AGM Harpoon(klo dikasih ijin..?))

      Hapus
    3. Lho piye ta mas Smili iki?

      Poseidon ya tetep ta ya.

      6-8 unit poseidon wae wis cukup kok ora perlu 14 unit kaya Australi.

      Hapus
    4. Kalau kami X muluk-muluk .. cukup punya 6 unit P-8 Poseidon .. 3 ditempatkan di Malaysia Barat dan 3 unit lainnya di Sabah + Sarawak ...

      Ingat X serakah seperti Indon .. Kami cukup 6 unit itu saja ... OH ya lupa.. 3 unit CN 235 MSA itu hanya kami pakai sementara hingga P-8 Poseidon pesanan kami tiba di Malaysia ...

      Hapus
    5. ^ Poseidon konon, kih kih

      WKWKWK

      Hapus
  49. 18 Ogos Pur, tak ade kabar kapan Heli Kecik 40 minit nongol? 2016-2021 tuk 6 Unit Heli Kecik saja? Lawak aka Bual aka Khayal๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  50. menurut Menteri Pertahanan Mohamad Sabu di-ground. Dia mengatakan di Parlemen bahwa meskipun suku cadang sudah tersedia, helikopter telah terlibat dalam berbagai kecelakaan dan cukup tua.

    Dia mengatakan kementerian sedang mempercepat proses penyewaan helikopter pengganti untuk memungkinkan operasi dari transportasi pasukan dan lainnya dilakukan, sebelum pembelian helikopter baru untuk RMAF..LAWAAAAAAAK GUUUYS

    BalasHapus
  51. Mengapa pindad licenci tank harimau oleh turki padahal di kembangkan secara bersama,ada pencerahan dr suhu"..

    BalasHapus
  52. *MANDI SUNNAH MALAM ASYURO*

    Seperti dituturkan dalam kitab Lathoifuth Thoharoh Karya KH Sholeh Darat, di halaman 82 :
    Lan sapa wonge adus ingdalem yauma asyura kelawan niat nolak bala' maka ora lara ingdalem iku tahun anging maradlul maut.
    ---------------------------------------------

    Sebagian Guru menjelaskan :
    Adus 10 Muharram iku pas kenthong maghrib , Adus sunnah kanti Niat : Nyuwun ngapura dosane lan dosa wongtuane , Nyuwun diparingi panjang umur fi thoatillah adoh bala' lan mushibah , Nyuwun ajeg jaya , Terusna jaluk sengga cecek nguntal klapa ,
    Nyuwuna marang Gusti Allah , Wong donga iku ana Sing nampani.

    Dawuh dari Syaikhina KH Soleh Darat : Barang siapa mandi sunnah di hari 'Asyuro , dengan niatan menolak bencana , maka akan di anugerahi kesehatan pada sepanjang tahun ini , kecuali sakit yang menjadi sebab datangnya maut .

    Asyuro itu 10 Muharrom .
    Penjelasan dari sebagian guru :

    Mandi sunnah hari 10 muharrom itu dilakukan saat datang waktu maghrib , kebiasaan di indonesia di tandai dengan ditabuhnya kenthongan pada masjid atau musolla ,
    Adapun dalam melaksanakan mandi sunnah, niatkanlah niat mandi sunnah, dengan menyertakan harapan memohon di ampuni dosa2nya juga dosa orang tuanya , memohon dipanjangkan umurnya dalam ketaatan kepada Alloh , dijauhkan dari marabahaya dan musibah,memohon istiqomah dan kejayaan.
    memohon dan berdoalah hingga memohon seekor cicak bisa memakan buah kelapa sekalipun (yg mustahil) tanpa batas dalam berdoa, karena sesungguhnya berdoa itu memohon pada Dzat yang menyembahdani segala kebutuhan mahlukNya .

    Resep Menangkal Segala Penyakit :

    ูˆู…ู† ุฃุฎุฐ ููŠ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ุดูŠุฆุง ู…ู† ู…ุงุก ุงู„ูˆุฑْุฏ ูˆู‚ุฑุฃ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ูุงุชุญุฉَ ุณุจุนุง ุซู…ّ ูŠู…ุณَุญ ุฑุฃุณَู‡ ูˆุฌุจู‡ุชَู‡، ูˆูŠูุนَู„ ุฐู„ูƒ ุจู…ู† ูŠุญุจّ ู…ِู† ุฃู‡ู„ู‡ ูˆ ูˆู„ุฏِู‡ ูุฅู†ّ ุฐู„ูƒ ุญูุธٌ ู„ู‡ ู…ู† ุฌู…ูŠุน ุงู„ุนู„ู„ ูˆุงู„ุฃุณู‚ุงู… ุงู„ู‰ ู…ุซู„ ุฐู„ูƒ ุงู„ูŠูˆู… ู…ู† ุงู„ุนุงู… ุงู„ู‚ุงุจู„.
    ( ู…ู†ุงู‡ูŠุฌ ุงู„ุฅู…ุฏุงุฏ ุดุฑุญ ุงุฑุดุงุฏ ุงู„ุนุจุงุฏ ู„ู„ุดูŠุฎ ุงุญุณุงู† ุฏุฎู„ุงู† ุฌุงู…ูุณ ูƒุฏูŠุฑูŠ ، ุฌ ูก ، ุต ؛ ูฅูขูข )

    Barang siapa ketika hari Asyuro mengambil air mawar. Dia bacakan Al-Fatihah 7x Lalu dia mengusap di kepala serta dahinya. Dia pun melaksanakan hal tersebut kepada seseorang yang dicintai-nya dari keluarga dan anaknya. Maka hal tersebut akan menjadi penjaga, tameng dari segala penyakit sampai Asyuro’ tahun berikutnya.
    ๐Ÿ“š~ Minhajul imdad Syarah irsyadul ibad hal.522 juz 1. (Syekh ihsan bin dahlan jampes kediri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...10 Muharram adalah hari semua Umat Manusia bukan hanya umat Islam saja

      karena hari dan tanggal itu adalah hari terbunuhnya cucu kesayangan Rasulullah SAW...Al Husain dengan terpenggal kepalanya

      yang mana Darah mengalahkan PEDANG dan dahaga mengalahkan AIR

      " Assalamualaika ya Husain ya Syahid "

















      ...hmmmmmmmmm ๐Ÿ˜ด

      Hapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. ...pengadaan 36 unit Dassault Rafale dan 8 unit F-15 EX ditargetkan tuntas s/d tahun 2024

    asyiiiiiiiiiiiik plus penambahan Su-35 Flanker E dan SIGN kontrak Su-57 Felon pastinya

    The Check Mate targetnya tahun 2028





















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Vietnam sudah siap2 mengakuisisi Su-57 Felon

















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ...daripada harus nunggu 10 tahun dan Singapura pun baru akan punya tahun 2026

      maka si F-35 Kalkun Panggang buang ajach ke COMBERAN
















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
  55. Product berqualitas dengan standard,itulah alutsista Made in RI, tingkatkan & pertahankan ciri khas RI itu.

    JAMINAN MUTU !

    BalasHapus
  56. Yang tak punya MPA macam malaydog minggir sikit ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

    BalasHapus