08 Agustus 2021

KRI Pollux-935 Tambah Daftar Kapal Perang TNI AL

08 Agustus 2021

KRI Pollux 935 dilengkapi kanon 30mm MSI Defence Seahawk (photo : TNI AL)

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut segera mempunyai kapal perang baru bernama KRI Pollux-935.

Kapal yang diproduksi PT Karimun Anugerah Sejati itu telah melalui proses penamaan dan pengiriman yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Galangan PT Karimun Anugerah Sejati, Batam, Kepualauan Riau, Kamis (5/8/2021).

Dengan demikian, KRI Pollux-935 akan menambah deretan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL. 

Setelah melalui prosesi penamaan dan pengiriman, Yudo langsung mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy, alumni Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan ke-10 Tahun 2003 sebagai komandan KRI Pollux-935 yang akan bertugas di bawah Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

KRI Pollux 935 (infographic : Sindonews)

"Kapal ini nantinya akan dioperasikan Pushidrosal sebagai unsur bantu Hidro Oseanografi (BHO) sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geopasial Kelautan Indonesia," ujar Yudo dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Kamis.

Ia berharap kehadiran kapal perang ini menambah motivasi prajurit TNI AL dalam mengemban tugas.

"Semoga kehadiran KRI ini dapat menambah semangat dan menajamkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas-tugas survei dan pemetaan laut," kata Yudo.

Yudo menilai pembangunan kapal tersebut memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional.

Di mana PT Karimun Anugrah Sejati telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain dalam pengadaan alutsista TNI AL di masa mendatang.

KRI Pollux 935 kapal PC-40 sebagai unsur bantu hidro oseanografi (photo : TNI AL)

Terkhusus, kata Yudo, kapal-kapal BHO yang selama ini pengadaan dan pembangunannya dilakukan galangan kapal luar negeri.

Menurut Yudo, industri pertahanan dalam negeri telah mampu menciptakan inovasi baru dan meningkatkan kemampuannya agar dapat berkompetisi di pasar global.

Hal itu dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kapasitas produksi, manajemen, dan teknologi modern agar mampu bersaing dengan kompetitor dari luar negeri.

"Kita tunjukkan kepada bangsa lain bahwa kita mampu berdiri di atas kaki sendiri sambil terus mengejar ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini," tegas dia.

"Bangsa Indonesia harus menjadi kompetitif dan mampu bersaing ditataran Internasional, termasuk dalam industri perkapalan," sambung mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I tersebut.

KRI Pollux-935 tampak belakang (photo : GM)

KRI Pollux-935 merupakan jenis kapal patroli cepat (PC) 40 meter yang memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 4,25 meter dan draft 2,20 meter dengan bobot 220 ton.

Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 27 knots, kecepatan jelajah 20 knots dan kecepatan ekonomis 15 knots.

Kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm, meriam 12,7 mm dan mampu mengangkut 37 ABK.

Adapun pemberian nama kapal ini berdasarkan nama bintang yang paling terang dan paling mudah dikenali dalam rasi bintang gemini yang juga merupakan salah satu dari 20 bintang paling terang di langit.

110 komentar:

  1. Balasan
    1. Kesian indon halu propaganda pertumbuhan 7%....wkwkwkwk

      Hapus
    2. Min angkat dong berita Pinhantanas mendapatkan 11 Letter Of Intens dari sembilan negara produsen senjata terkemuka yang mau investasi di Indonesia dengan nilai 11 miliar us$.

      https://elshinta.com/news/242372/2021/08/08/pinhantanas-dapatkan-11-letter-of-intent-dari-sembilan-negara

      Hapus
    3. Jangan jenderal nanti negara tetangga yg iri hati bisa mati berdiri...

      Hapus
  2. Pertamax lagi, rejeki. Thx agan agan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bo'ong ☝️......ga ada gambarnya πŸ™Š

      Hapus
    2. Rakyat kibar bendera putih puan pasang baliho dimana mana, kesian indon.... Wkwkwkwkw

      Hapus
  3. Pur gempur, galangan tempatan sudah kaya ternak aja ni capability nya. Lahir terus....😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah tipu tak hari ni? Pertumbuhan 7 % reality bangkrat kat mana mana..... Wkwkwkwkw

      Hapus
  4. Selamt datang dan bertugas KRI Pollux
    935
    πŸ™…

    BalasHapus
  5. Bingung sama prioritas persenjataan di kapal baru. Ada yang langsung pasang, ada yang pasang belakangan. Pollux sbg unsur bantu malah langsung install

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Dibawah KCR 60 dialihkan jadi KAL aja deh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAL itu Hanya ditugaskan Di Disekitar perairan LANTAMAL saja untuk Mencegah Perompakan, Penyelundupan dan pencurian ikan oleh nelayan asing berbeda dengan KRI yang mana bisa ditugaskan Di seluruh wilayah perairan kedaulatan Indonesia

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. ...sebagai negara Maritim yang mempunyai laut LUAS dan STRATEGIS, maka

    750 unit KRI permukaan adalah hal masuk Akal yang terdiri dari ;

    Kapal Submarine Rescue, Kapal Survei Hidrografi, Kapal Rumah Sakit, Korvet, Frigat, Destroyer...dll.


















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dalam LIST yang pernah Ane tulis,...yaitu 750 unit KRI untuk TNI AL dengan berbagai Varian





















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
  10. Makin sepi aja ni blog,biasanya komentar ada 200lebih,tadi saya scroll sampai bawah komenya gk sampai 100

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi pada nonton Garuda ShieldπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Garuda@ saya malah lg nonton Garuda Shield Martapura Sumatra Selatan πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. males sama fansboy yg suka nyampah

      Hapus
  11. MANTAP mainan baru lagi Dan kapal PC 40 KRI Pollux 935 ini bisa digunakan untuk 2 misi yaitu Patroli dan survey serta Pemetaan laut

    BalasHapus
  12. 42 teknisi TNI AU lulus pendidikan Su-27/30 dan familiarisasi T-50i

    https://www.airspace-review.com/2021/08/08/42-teknisi-tni-au-lulus-pendidikan-su-27-30-dan-familiarisasi-t-50i/

    BalasHapus
  13. Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    6h
    Indonesian local OPV program undertake on a private shipbuilder. It's a fit for but not with program since budget only for the platform. Ministry of Defense expected to acquire weapon systems soon thanks to Ministry of Finance budget approval. See which country will supply it.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OPVnya mau pakai rudal seperti di video???

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Dari bahasa AH sepertinya untuk anggaran pengadaan senjatanya (Rudal) sudah disetujui Kemenkeu.

      Rudal seperti yg di video yg mana nich?Minta dong videonya..

      Hapus
    4. Lupa bro dimana tempatnya, senjatanya sama persis dengan Martadinata Class bro. Kemungkinan ya biar logistiknya tidak susah.

      Hapus
    5. Nih linknya

      https://youtu.be/MVM2wPWi8Y0

      Hapus
    6. Design Opv DRU jg bgus persis PKR martarinata classπŸ˜€

      Hapus
    7. Lumayan kalau bawa rudal Exocet dan VL-Mica. Apalagi sebelah takda rudal πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. 》》Persenjataan utama OPV 90 meter desain dari PT DRU kemungkinan adalah meriam utama Oto Melara 76 mm Super-Rapid gun, rudal anti kapal Exocet MM40 Block 3, dan canon otomatis Millenium kaliber 35 mm

      Hapus
  14. Lah ternyata kapal sebelah pun ompong.... Wkwkkwkwkwkw


    JOM NGUTANG sambil MEMBUAL.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca dulu jgn pura2 dunguπŸ˜…

      Hapus
    2. Top 5 university ASEAN konon tapi tak tau bezakan kapal oseanografi dgn kapal combat wkwkwk...gempurgila tak concern kerana kelaparan tak dapat bantuan beras dari kerajaan wkwkwk

      Hapus
    3. Kan memang dia dungu om garudaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, udah jelas ada senjatanya dan ini juga buat penelitian bukan buat perang πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Senjata yang digunakan sebagai senjata utama adalah Seahawk LW30M A1 adalah produksi MSI Defence (MSI-DS) buatan Inggris. Sedangkan PC 40 TNI AL banyak menggunkan kanon Marlin WS (Modular Advanced Remotely controlled Lightweight Naval Weapon Station) kaliber 30 mm buatan Italia.

      Hapus
    5. Mana yang ompong ? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Itu 30mm dan 12.7mm sudah terinstall. Yang kamu tengok itu maharajalela ya.

      Hapus
    6. Maharajelela guna NSM
      Tapi PrankπŸ€—

      Hapus
    7. Merajalela guna Tomahawk
      Tapi Ntah bila2 wkwkwk

      Hapus
    8. Heli kecik comel cem boot KFC dah datang pur? πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
      Dah tanggal 8 ogos nich pur. Korang kata Heli kecik nich kan datang bulan ogos tapi tak de berita sana kali pur juga alutsusta lainnya yang kurang sembang sana sini cem kolor mungkin sedang kebakaran πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
      Makanya jangan kebanyakan halu pur nantinya otak kau yang idiot.tambah idiot lagi pur πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
  15. KD mutiara kapal oseanografi lapok malon cem mana kabarnya wkwkwk

    BalasHapus
  16. BERKURUNGLAH Purr...beli alutsista tidak...atm berlatih pon tidak...hanya di negara malon berbulan² lockdown...kasus bukannya turun malah melonjak...wakakakak

    https://www.facebook.com/157851205951/posts/10158051850490952/


    BERKURUNG LAH...πŸ˜…πŸ€£

    BalasHapus
  17. Pakek senjata made inggris purr jangan bandingkan dengan punyak kapal LeMeS lho ya hahahaha..

    BalasHapus
  18. https://www.instagram.com/p/CSIwuAsIBLW/?utm_medium=copy_link

    India pun akan latihan dengan negara ASEAN Tapi GAK SAMA MALON! WKWK
    Indonesia, Singapura, Vietnam & Filipina saja jadi ada apa dengan MALON yang terbully dari Asing?

    BalasHapus
  19. Kalau ada KRI Pollux, seharusnya juga ada KRI Castor sebagai kembarannya. Apakah sudah ada dalam tahap pembangunan?

    BalasHapus
  20. Alatan oseanografi pada kapal nih sengaja dirahsiakan TNI-AL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pastinya ROV/AUV berukuran kecil, sekelas REMUS atau Klein.....πŸ€”

      Hapus
    3. Ini kapal suport saja, buat kri rigel dan spica. Nggak akan dipasangi aneh aneh. Paling pendamping/pengawal.

      Hapus
    4. Karena jenisnya kapal bantu HBO dan patroli yg pasti peralatan Pollux tidak sekomplit Rigel dan Spica.

      Hapus
    5. Mbok dilihat itu di buritnya ada hoist utk mengakomodasi ROV/AUV ukuran kecik ......🀷

      Hapus
  21. "Duet Pollux sama Castor..........dahsyat men 😎😎😎"

    https://youtu.be/5Q8rFqCEruI

    BalasHapus
  22. Indon terus menuju negara gagal, hutang menumpuk besar tapi cakap pertumbuhan 7%...relaity everything bangkrap kat mana mana.... Wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. MEMBUAL INDON... Wkwkwkw zaman siapa tu indon makin mundur kesian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman siapa ni Indon mundur gagal? Malaysia masih bagi rakyat beras pon

      Hapus
    2. Selain pemerintah byk solidaritas2 komunitas yg bagi2 sembako

      Hapus
  24. Balasan
    1. Kah kah letter of tertarik.... Tak de ke letter sign contract?.... Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Klo ade kamu rela diciduk gak

      Hapus
  25. Bansos pon kena songlap kat mana mana.... Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kamu sibuk apa dsini pake akun orang lain,

      Hapus
    2. Orang indonesia kok hina indonesia, tau ga bahasa malasyah itu ga enak bgt di bacanya apalagi ngedengernya...
      Blepetan

      Hapus
    3. Purr kw...yg penting Indonesia sudah keluar dari resesi dan ekonomi tumbuh 7% dr GDP....

      Gimana dengan negara MALING...?? Ekonomi sudah meroket yaah..Bursa Saham Malon salah satu dari 5 bursa terpuruk ,terbawah di dunia...selevel dengan Venezuela....tingkat hutang sudah 65% dari GDP...pelabur asing sudah kabur dari malon....itu yg kau sebut ekonomi meroket....YasalaaamπŸ˜…πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    4. Kah kah tipu lar, propaganda murah, cem mana cakap 7 peratus ketika hotel, pariwisata, mall, UMKM tutup kerena bangkrap?... Saat normal jer capai pertumbuhan hanya kurang 4% ... Indon tipu dah diajarkan partai

      Hapus
  26. VOA... Krisis ekonomi Indonesia 2021 teramat sangat parah,.. Cem mana ni, America VOA dah bagi analisa ekonomi, terus cakap pertumbuhan 7% tu tipu kah? Indon dan tipu berpisah tiada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya gak tipu2 kyk kamu pake akun nama oramg lain

      Idih memalukan 😁

      Hapus
    2. Ahh itu kn cuma analisa media aja purr, berbeda sama knyataan di lapangan....

      Hapus
    3. Kesian semua jiran dah letter of contract sign.. Ni baru surat tertarik.... Wkwkwkkw

      Hapus
    4. Orang liat dri negatifnya tp gak dri positifnya.

      Hapus
    5. Buat beruk apapun juga ngga bakalan dibaca, ini buah dari kerja keras kita. Sekarang malon sdh ngga menarik buat investasi

      Hapus
  27. Buat beruk malon ngga pakai banyak omong Industri Pertahanan Indonesia bakalan dapat 11M us$ dari sembilan negara produsen senjata terkemuka dunia.

    Min angkat dong berita Pinhantanas mendapatkan 11 Letter Of Intens dari sembilan negara produsen senjata terkemuka yang mau investasi di Indonesia dengan nilai 11 miliar us$.

    https://elshinta.com/news/242372/2021/08/08/pinhantanas-dapatkan-11-letter-of-intent-dari-sembilan-negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada malon RFI-Test-Batal, RFI-Tender-Batal atau RFI-Tender-Batal 35%-Barang Ngga Jelas

      Hapus
  28. Kesian indon, mundur segala bidang, maju hal menipu data, songlapπŸ˜₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu jg menipu pake akun fake
      🀣🀣

      Hapus
    2. Daruw lapar ngga ada nasi bungkus lagi.... Mau makan di warteg belum bayar hutang

      Hapus
  29. Harap PBB segera bantu rakyat indon yg kesian kena tipu partai tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap bohir-bohir bantu daruw sedang kelaparan karena ngga ada logistik nasi bungkus

      Hapus
    2. Ngaca nyet..KERAJAAN BANGKRUP, RAKYAT KELAPARAN KIBAR BENDERA PUTIH, MENGHARAP DERMA DR BRITISH & ELDERBROTHER🀣🀣🀣..ASKAR MALON ANJING PENJAGA BUCKINGHAM PALACE N ZHONGNANHAI PALACE🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Negara Malasyah Gila lagi susah Covid dia mau ganti PM .. πŸ€”πŸ€” kena tipu kau sama UMN*

      Hapus
  30. Indon indon pertumbuhan 7%🀣...lulus sekolah kat mana tu? Radio ke?..... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang asli mana pernah pakai emot πŸ˜‚

      Hapus
    2. Pertumbuhan gizi daruw terganggu karena ngga ada pasokan nasi bungkus

      Hapus
  31. Oke indon teruskan lah halu korang, saye nak makan nasi lemak dulu... Ni reality tak halu macam korang... Tak kenyang pon hayal macam ko🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga gak kesedak tulang
      πŸ₯°

      Hapus
    2. Kerajaan kacau dalam politik dalaman dan PKP memanjang sememang bikin rakyat nya koyak mental dan koyak kantong 😁

      Hapus
    3. Palingan makan nasi bungkus buat isoman. Daruw ngaku sebagai isoman buat dapat nasi bungkus

      Hapus
    4. Kembaran dari gempurwaria Malon 😁

      Hapus
    5. Nah ini Asuwandaru aka Unknown..katanya maen tumbuk2 sm gw, golongan petamburan ya yg mau mati konyol ky yg diToll, dibabat abis gk diksh ampun🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Lu pakai racun makan nasi lemak yah Gempur idiot biar cepat mati .. Reality Halu mau barang super dapatnay si LeMeS peti sejuk πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
  32. Mana Daruw aka Unknown yg nantangin gw maen tumbuk²kan..mau ilang satu keluarga lo nyet!!!

    BalasHapus
  33. Tambah lagi kapal TNIAL.
    Lanjut terus yg kri 40-60m 27/28 knot.
    Kalo dah banyak, jika terjadi konflik, bisa dimobilisasi jadi kapal KCR.

    🦈🦈🦈....

    BalasHapus
  34. Gempurwaria KW ..gayanya makan nasi lemak....dapet nasbung isinya tempe orek + telor bulet juga sudah makan mewah loe..wakakakak

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Liat speknya ini kapal hidros terkencang dan py senjata termoderen yg guwe tau

    Seahawk men kapal KL sekelas si LeMeS mana punyak senjata mahal bemerek kyk ini haha!😜😜😜

    BalasHapus
  37. Tambah terus ud terinstal senjata 30 mm dan 12,7 mm mantab. Opvnya kapan ya di buat.

    BalasHapus
  38. Opv pt.pal, opv pt.dru, opv pt.tesco, opv pt.citra shipyard. Sebenarnya kita sdh mampu membuatnya asalkan di beri kepercayaan.

    BalasHapus
  39. Nyywun sewu sekedar ilmu prediksi Jawi:
    *Satu Windu ada 8 tahun*
    *Windu dibagi 4*
    *1.Windu Adi*
    *2.Windu Kuntoro*
    *3.Windu Sengoro*
    *4.Windu Sancahya*
    Sejak tahun *2013 s/d 2021 masuk windu sengoro*.
    *Windu Sengoro berahir tgl 10 agustus atau 1 suro atau tahun baru islam.*
    *Arti sengoro = full musibah.*
    *Jadi setelah 1 suro / tahun baru islam atau tgl 10 agustus 2021, Kita memasuki Windu sancahya / bersinar*
    Mugi2 dang luwar saking pandemi Corona.............
    .Aamiin Aamiin Aamiin YRA.
    πŸ™πŸ™

    BalasHapus