07 September 2018

Presiden akan Hadiri Peluncuran Kapal Selam PT PAL

07 September 2018


Kapal selam KRI 405 yang dirakit di PT PAL  (photo : PAL)

Tim Kedeputian V Kantor Staf Presiden yang terdiri dari Theofransus Litaay (Tenaga Ahli Utama), Akbar Fajri (Tenaga Ahli Muda), dan Catur Aryanto (Tenaga Ahli Muda) melaksanakan verifikasi lapangan bidang industri pertahanan ke PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Jawa Timur. Verifikasi ini ditujukan untuk memantau program/kegiatan prioritas nasional yang dilaksanakan oleh PT. PAL yang menjadi pantauan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia melalui Sistem Pemantauan (SISPAN).

Selaras dengan janji Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, kekuatan laut mutlak menjadi syarat utama. Oleh karena itu, pengembangan industri pertahanan khususnya bidang perkapalan merupakan salah satu unsur esensial yang harus dikawal. Selain memproduksi kapal niaga, PT PAL juga memproduksi kapal perang. Saat ini, PT PAL tengah dalam proses produksi jenis kapal landing platform dock (LPD) yang dipesan khusus oleh TNI AL.

Permintaan produksi kapal perang kepada PT. PAL terus meningkat setelah sebelumnya pada 2016 PT.PAL berhasil memproduksi dua kapal jenis strategic sealift vessel (SSV) pesanan Filipina dengan kisaran harga antara 45 – 50 juta dolar AS. Salah satu di antaranya adalah  pesanan dari Senegal yang berupa kapal tanker dan kargo seberat 18.500 ton. Di samping itu, Senegal juga mengutarakan minatnya untuk membeli dua unit kapal patrol ukuran 60 meter.

“Verifikasi dan kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan kemampuan produksi alutsista sektor laut yang dilaksanakan oleh PT. PAL. Progres yang ditunjukkan oleh PT. PAL menunjukkan performa yang sangat baik dalam perakitan kapal selam, pembangunan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter dan kapal LDP pesanan TNI AL. Korea Selatan sebagai negara mitra kerja sama dalam pembuatan kapal selam ini mengakui bahwa hasil pengelasan dan perakitan kapal selam di Indonesia adalah yang paling sempurna dari pengelasan dan perakitan kapal selam yang juga dilakukan oleh negeri gingseng itu. Kita harus bangga akan pencapaian kerja anak bangsa ini,” tukas Theofransus Litaay.

Direksi PT PAL mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan KSP untuk meninjau langsung PT.PAL. “Kami sangat senang dengan adanya kunjungan dari KSP ini karena kami bisa langsung mendiskusikan kegiatan prioritas yang dilaksanakan oleh PT PAL dalam rangka mendukung Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Selain itu, kami juga ikut bertanggung jawab dalam memenuhi alutsista untuk menjaga keamanan laut” ujar Turitan Indaryo, Direktur Pembangunan Kapal PT PAL.

Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh, menutup pertemuan dengan KSP dengan menyatakan harapan Presiden Jokowi dapat hadir dalam waktu dekat ke PT. PAL dalam rangka peresmian beberapa agenda di antaranya penamaan hangar kapal selam, pengiriman KCR 60, peluncuran kapal selam dan pengiriman LPD pesanan TNI AL.

(KSP)

83 komentar:

  1. Wow.. Tahniah TNI AL 😍 Indonesia sangat mengerunkan, have 5 submarines, patutlah marwah TNI rank 1 in ASEAN versi GFP, tak seperti malon clain paling jaguh se ASEAN versi mimpi basah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalem brooo...dia senggol langsung BACOK

      Hapus
    2. Saya percaya yang koment di atas menginginkan Indonesia ribut dg Malaysia. ( adu domba).
      Lihat penulisan, sepertinya orang asing. Banya yg ga kita mengerti.

      Hapus
    3. bapak itu bukan orang asing. kemana² bawa celurit

      Hapus
  2. Semoga beneran panjang ny beda sndri 😁😁😁

    BalasHapus
  3. Dengan demikian habis lah riwayat KILO di negeri Ini..semua Ka-Sel kedepan harus dikeriakan di PAL until meningkatkan TKDN Dan mengurangi penggunaan VALAS..

    BalasHapus
  4. Berharap kontrak kasel ke 6-8 segera diteken. Jangan sampe lama2 nganggur tu dock kasel PAL. Sayang waktunya..buat kasel makan waktu lama

    BalasHapus
  5. Siiiplah belajar terus lanjut bikin tabung vls nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah belajar, ada pertanyaan super o'on ttg kapal selam.

      1. Tekanan air di palung Mariana, 1.5 juta kg/cm2.
      Tapi, ikan disitu kulitnya tipis2 aja.
      - Kenapa tdk org yg bikin pabrik kasel utk tahan 1.5 jt kg/cm2, yah?
      (Ledakan nuclear, jika tanpa radiasi, hanya 350 kg/cm2)

      2. Kasel expedisi utk masuk palung Mariana, malah dr bahan transparent!
      (Mungkin super fiber)
      - Kenapa tdk ada org yg bikin Kasel pake jendela, yah?

      3. Logikanya, jika Kasel bisa tahan masuk sampai dasar palung Mariana, harusnya tahan tekanan torpedo permukaan. Benar Kan?

      4. Ikan paus bisa selam sampai 3000m dan pakai hidung utk atur tekanan.
      Kulitnya jg cuma daging empuk bs dimakan, hehehe :)
      - kenapa tdk ada org yg buat Kasel dg mekanisme kayak ikan paus, yah?

      Atau mungkin, semua org sdh ikut mainstream aja dg standard USA, Germany, Russia.

      -- edisi pertanyaan o'on, jgn diambil serious, hehehe :)

      Hapus
    2. Mungkin ini jawaban oon hehe....mungkin manusia belum bisa membuat mekanisme hidup dari sel sel hidup untuk ruang lingkup yg ekstrim untuk tujuan militer hehe

      Hapus
    3. Sesuatu yg elastis misal karet apa bisa ya????

      Hapus
    4. ini jawaban ter oon mohon maaf oom.

      mungkin mudah kalo fokus mencari bahan yang bisa menyesuaikan diri terhadap tekanan.
      tapi masalah adalah muatannya itu yang tak tahan tekanan. membuat dinding sangat tebal pun mengurangi tenaga gerak kapal dan mengurangi kapasitas barang bawaan. cmiiw

      Hapus
    5. Mungkin benar juga bung @SiTua

      Tapi, Kasel ekpedisi ke dasar palung Mariana jg dimuatin orang.

      Mungkin arahnya pake karet bung @Jalak.

      US Navy mengembangkan lapisan hexagon utk menyerap & distribusi tekanan kejut dg gaya terpusat (kayak struktur honeycomb/sarang lebah yg diposting bung @Superstar).
      Tapi skalanya sampai super kecil milimicron tiap hexagon.

      - aplikasi industry yg ada, struktur honeycomb bs dibuat material bangunan tahan gempa.
      Daerah California jg sering gempa kayak lombok.

      Kayaknya duit tabungan mau tak pakai bikin riset2 kecil mencari jawaban pertanyaan o'on.

      Daripada mengganjal di kepala, hehehe ^_^

      Hapus
  6. Jadi Senegal pesen KCR 60 mtr 2 unit ?
    Rudalnya apa yaa ? C705 kah ?
    LPD TNI infonya November ini mau lauch ya yang baru ? Klewang piye Klewang ?

    BTW, Congrats PT.PAL udah bisa buat Kapal Perang, LPD sekaligus Kapal Selam.
    Sekaligus sinergi saling menguatkan kemampuan bangsa dengan PT.PINDAD yang sudah bisa buat APC, Amunisi dan Tank. Plus dengan PT.DI yang sudah bisa membuat/merakit pesawat, Heli dan project IFX.

    Jangan lupakan PT.Dahana dan ratusan industri support persenjataan dan alutsista, software systems dan perkapalan lainnya.

    Proud.

    BalasHapus
  7. Bangga menjadi Warga Negara Indonesia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga liat yang pada kerja bener & ada hasil.😎

      Bangga liat yang pada kerja gak bener diproses beneran ke bui.

      Hapus
    2. 🏃🏃🏃...bangganya disayang istri tetangga

      Hapus
  8. Bentar lagi ada yang sirik dari sebelah 👹👹👹

    BalasHapus
  9. Off topic.

    Boustead having difficulties with the Gowind project.

    "I am told that the schedule will be kept but its disconserting to hear talks around the industry that BNS was having difficulties with the project."

    http://www.malaysiandefence.com/walk-like-an-egyptian-part-2/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau dah sebelah tuh apees terus. itu heli mungil pun tidak jelas siapa pabrikannya. konflik. dari dulu ruweeeet saja projeknya

      Hapus
    2. gpp om pedang, cuman kala cepet aja bikin gowind. pdhl galangan kapal punya tetangga kesayangan duluan mulai, 4 bln haha!😀😀😀

      Hapus
    3. diadu ama kolibri kita aja mana lbh mungil haha!😂😂😂

      waks gowind kedua mesir uda loncing lg, 2:0 dach haha!😅😅😅



      Hapus
    4. Makanya saya bingung itu kapal lcs udah cat anti fouling tapi nggak turun ke laut juga. Sementara expire anti fouling itu cuma hitungan bulan. Pasti ada masalah yg ditutupi

      Hapus
  10. ini baru awal, klo liat diagram kerjasama kemaren butuh 9 kapal selam buat bner2 mandiri, artinya sisa 6 kasel.
    jalan masi panjang, mungkin makan wkt 10-15 thn lg tp gak ampe 37 taon gaes haha!🤧🤧🤧

    pertanyaannya apakah tot dengan korsel buat 6 kasel sisa ituw harus tipe CBG ato bisa tipe laennya, nach ini kudu jd bahan pembicaraan lbh lanjut haha!💂‍♂️💂‍♂️💂‍♂️

    sperti byaza, kite kan orgnya rada gak sabar & bosenan. makanya isi showroom kite macem2 haha!🎃🎃🎃

    soalnye ada tawaran kerjasama ama negeri laen, utk tipe yg berbeza yg spertinya menjanjiken.
    bagus sich biar ada pembanding, jd ada nilai tawar buat proyek slanzutnye, namun guwe kwatir aza, beda guru beda ilmu. yg ada gak kelar2 urusannya nech haha!😏😏😏

    berkaca pada indihe"lagi". skorpin mrk habis brp, prasaan gak molor molo, 1 yg barusan aktip haha!😂😂😂
    taon 2005 $3milyar/bilyun utk 6 kasel. gak jelas juga tot apaan sich yg mrk dpt.

    korsel jg perna kerja sama ama jermin dan turki, yunani jugak utk masing2 tipe 209/214. prasaan gak ribet kyk indihe dech haha!😆😆😆

    nach kembali lagi bila kita minat kasel laen yg di tot, apakah pt pal mampu & negara jg mampu sedia dana. soalnya 2 proyek nich, satu aja blom kelar uda mo loncat, dasar hawa nepsong haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya mesti U series..titik.😣


      Kilo : U..kkk
      Scorpene : U..kkk
      214 : U..kkk
      A26 : U...kkk

      (baca U nya english yaaak)

      Qiqiqiqiiqi..😂

      Hapus
    2. setujuuuuu.. U series harga mati.. 😀😀. Jumlahnya ikut sama dengan korsel U-209 9 unit... U-214 12 unit.. mantuulll.. mantaapp betuuull.. xixi.

      Sekarang korsel sedang mengembangkan KSS-III panjang 70 meter, berat 2500-3000 ton yg akan diluncurkan september 2019.

      Hapus

    3. yuuk maree haha!😂😂😂

      Hapus
    4. Buat aja lg yg model cbg 209 2 bijik biar mandiri + sekalian ngerjain 214 4 bijik biar joss.

      Hapus
  11. https://www.kemhan.go.id/2018/09/04/menhan-ri-terima-kunjungan-delegasi-industri-pertahanan-turki.html

    delegasi industri pertahanan Turki dan Jerman mengunjungi kemenhan.. bahas U-214 kah..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane aminin mas, secara pas Jumat juga..😊

      Hapus
    2. Ane juga amin mas.. 😃😃 kalau memang jadi akuisisi U-214 dari Turki dan Jerman. Prosesnya harus seperti saat pengadaan 3 unit changbogo. Lewat proses ToT,. 1 unit dibuat disana, 1 unit dibuat disana tpi insinyur kita diikut sertakan , kemudian 1 unit lagi dibuat/dirakit di indonesia.

      Btw.. mungkin sama ya cara ngelas U-209 dengan U-214..?? kan masih satu ibu.. haha.

      Hapus
    3. Beda mas amrie...

      U-214 kemampuan nyelamnya kan lebih dalam dibanding u-209, maka dibutuhkan teknik penjelasan yg berbeda karena makin dalam kalsel nyelam....makin gede juga tekanan air laut dikedalaman tsb

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. lah turkiye bawak gurunya, krng pede kayaknya haha!😂😂😂

      Hapus
    6. Turki kan udah dapet lisensi ngelas...tapi kalo soal aip kendalinya masih dipegang sama hdw

      Hapus
    7. macacih lbh dalam 214 om smiling?cbg konon dites ampe 500m haha!😆😆😆

      Hapus
    8. Kalo "konon" susah ngebahasnya....coba baca aja speknya

      Hapus
    9. Gw kok masih yakin ini strategi PAL ya genks... nerima delegasi Jerman dan Turkey biar ada nilai tawar dari Korsel terkait kasel teknologi terbaru korsel.

      Indonesia sudah invest banyak alat2 pembuatan kasel dan beberapa part machines dedicated buat bogo class.. kayane belum balik modal kalau langsung loncat ke German series dan musti invest alat2 baru lagi.

      Feeling gw tetep ama Korsel dengan skenario luluhnya Korsel untuk ngasih TOT AIP ke Indonesia dan harga menarik... setelah khatam buat 3 biji lagi baru deh ilmu Kasel terserap sempurna oleh Indonesia dan siap kerjasama dengan German.

      Korsel itu sebetulnya ada "mind race" dengan Jepun dan China... mereka kerjasama dengan Indonesia itu bagaikan mencapai (rebutan) pengaruh yang tinggi untuk compete dengan 2 negara tsb, nasionalisme Korsel juga sama tingginya dengan Jepang dan China. Nanti Thn 2019 awal saja ada info kalau Korsel akan invest kurleb 100 Trilyun untuk perluasan pabrik baja nya dan pabrik kimia baru di ujung barat pulau jawa. Lumayan buat bawa balik dollar dari luar ke Indonesia.

      Hapus
    10. Kalo dg korea bukan TOT aip mase...tapi TOT mendesain hull orisinal cbg-1400 yg disisipkan modul aip.

      Kalo teknologi aip nya masih dipegang oleh masing2 pemegang merek, spt hdw atau kockum

      Hapus
    11. gimana kalau sama2 jalannya mas super..?? U-209 jalan.. U-214 jalan.. 😃😃 keknya dock kapal selam PT PAL mampu untuk melayani pembangunan 2-4 unit kasel sekaligus. 😱😱

      Kalau seandainya U-214 jadi deal prosesnya sama seperti U-209 changbogo selama 4-5 tahun dengan pembayaran multiyears.. selama itulah PT PAL bisa memproduksi U-209 untuk TNI.. mungkin 2 unit dulu cukup.. begitu kura2.. haha.

      Btw berapa ya harga 1 unit changbogo.??

      Hapus
    12. Perakitan kapal selam 405 butuh waktu 2 tahun (komponen pertama datang Maret 2017, target selesai akhir 2018 atau awal 2019).

      Nah kalo kapal selam ke-4 dan ke-5 dirakit lagi di PT PAL diperkirakan butuh waktu 2 x 2 tahun = 4 tahun lagi dengan asumsi minimal berturut2 1 unit CBG yang dibangun di hangar dan bukan 2 unit sekaligus karena keterbatasan jumlah tenaga trampil yg sudah dilatih.

      2019 + 4 = 2023

      Jadi pada 2023 itu baru ada 5 cbg.

      Sedang pada 2023 kemungkinan 2 kasel tua akan dipensiunkan atau dijadikan kasel latih saja.

      Sedangkan revisi target jumlah kapal selam yg baru adalah 8 kapal selam.

      8 - 5 = 3 unit lagi.

      Kemungkinan yg 3 unit ini akan segera diambil jatahnya oleh U214, supaya bisa kejar target tahun 2023 selesai.

      Kalau untuk midget lokal jangan diomongin dulu karena barangnya masih berbentuk model dalam kotak kaca.

      Hapus
    13. CBG ke-6 yang akan full dibuat sendiri dan prediksi selesai pada 2026-2027.

      Hapus
    14. Bagus begitu model cbg u 209 prosesnya berlanjut...model u 214 juga mulai proses jalan...karena bentar lagi cakra & nenggala sudah sepuh jadi U 214 cocok lah buat gantiin...ibarat sekali belajar ngelas 2 type KS terlampaui...wkwkwkkwkk..kalau buat U 209 sudah khatam bisa buat di eksproot..xxixixiiii

      Hapus
  12. PT PAL harus berani improve kasel ke lebih baik, minimal hrs bisa AIP utk menambah jarak tempuh dan mematikan, klau blum punya kemampuan harap menjalin kerjasama dg negara yg mau memberikan tekhnologi AIP,Semoga kedepannya PT PAL bisa tetap jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nnnaaaahh itu U-214.. ?? kan masih satu turunan U-209 milik kita.

      Hapus
    2. http://smallshipyard.blogspot.com/2011/07/kapal-selam-type-u-209.html?m=1

      Hapus
  13. ...mau berapa pun TNI AL beli kapal selam dari PT PAL, tetap harus juga beli dari Russia ( Kilo Class terbaru dan Amur atau juga yang lainya )...supaya BALANCE dan Efek gentarnya lebih dahsyaaaaaat




    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. balance apanya..?? malah pening ngrawatnya paaakk.. sudah benar kita menggunakan U series saja.

      Hapus
    2. ...misalkan, ( 2 Kapal Selam lama sudah pensiun )


      TNI AL punya 25 Kapal Selam, rinciannya ;

      - 12 unit Nagapasa Class

      - 8 unit Kilo Class terbaru

      - 5 unit Amur Class / yang lainnya



      ...membingungkan lawan, mana yang akan dihadapi





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. laaaahh.. amur saja masih bingung pakai AIP.. Rusia saja ngk mau pakai, kok bisa2nya kamu suruh Indonesia pakai.. gilee lu ndroo.??? nyawa awak kapal lebih berharga dripada KS abal-abal.. xixi..

      Hapus
    4. ...BALANCE punya kapal selamnya,



      ngerawat berbagai macam JENIS pesawat tempur aja nggak PENING, apalagi cuma ngerawat 2 atau 3 type kapal selam saja




      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    5. ...kan disitu tertulis " / yang lainnya "


      ...berarti nggak harus Amur Class kan ???




      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    6. No Russian subs will be bought.

      Kilo hanya imajinasi si akang saja.

      Xixixixi

      Hapus
    7. "Si akang teh kayaknya harus didoktrin lagi tentang yg ini..."

      https://jakartagreater.com/china-sesumbar-j-10c-unggul-dari-su-35sk/

      Hapus
    8. ...gkgkgkgkgkgkgk



      kumpulin aja terus NEWS nya dari ;


      - IndoMiliter

      - JakartaGreater

      - JejakTapak

      - MiliterMeter

      - dll...




      ...bro TN dan Smile :D

      Hapus
    9. sdh mnding akusisi U series aj, u214 atau u212 sklian. selain awak tni al udh familiar, galangan pt.pal pasti jg terbuka untuk kesempatan memproduksi suku cadang ny

      Hapus
    10. Om bagas rusia kapal selamnya ndak perlu aip...mereka baru menemukan kapal selam nuklir abadi....ndak perlu ganti ulang isi....klo kapal selam nuklir yg lalu 5 ampe 10 tahun harus ganti nuklir baru

      Hapus
    11. Kapal selam nuklir dan diesel jelas beda kang jalak.

      Lagipula biarpun betul rusia sudah berhasil dg teknologi nuklir abadi, tapi kan awak kaselnya tetap butuh makan, minum dan udara segar....mosok abk nya mo makan lumut apa sisa debu radioaktif😂

      Hapus
    12. Trus emnagnya kalo pake tenaga nuklir abadi abk nya gak kangen sama keluarga dirumah....bang toyeb aja air sekrang udah insyaf kang

      Hapus
    13. Hahahaha....om smiling kayak emak emak yg ndak dapet arisan....kabuuuuurrrrr

      Hapus
  14. Kalau di negara maju hukum nya kuat mengutamakan real data sesuai kebutuhan bukan koar koar doang faktanya di lapangan sebaliknya belli pistol junga enggak broo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...borokokok silaing teh...euy



      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. ...tak sumpel cocot kowe, karo kacet wadon sing mambuuuuu teleeek




      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. kalo pistol malah sudah ekspor KEN

      Hapus
  15. ...untuk urusan Kapal Selam, Jerman dan Russia sangat mumpuni...maka rinciannya boleh seperti ini ;

    - 12 unit Nagapasa Class Indonesia

    - 8 unit Kilo Class New Russia

    - 5 unit Kilo Class U212 Jerman



    ...karena kalau TNI AL cuma menggunakan kapal selam Nagapasa Class donk, terasa hampa dan merana hidup ini




    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah ada kenarok yg nemani...dia ac/dc lho, setrumannya bikin keriting

      Hapus
    2. Ini sih judulnya bukan minimum tapi maksimal essensial force ya aa..heehee

      Hapus
  16. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Destroyer memang dibutuhkan, tapi Kapal Selam perannya sangat PENTING...makanya diutamakan dulu



      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  17. PT PALs soon customers are Philipine, Singapore, Malaysia, African state, Colombo, Thailand and Brunei.

    Congrats PT PAL proud proud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reqlistically, I don't think Singapore will be part of the list, as they also eager to develop their own technology..

      Hapus
  18. Cbg ke 4 masih pake hull dari korsel dan sudah pake AIP, baru yg ke 5 dan 6 full buatan PT. PAL. Tinggal nunggu joint dengan Turki untuk U214.
    2 jempol untuk PT. PAL, lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modules yg dari DSME rencananya cuma yg depan..yg tengah Dan belakang rencananya dari PAL.
      Modules AIP masih dibicarakan..belum jelas pasti.. Katanya AIP modules yg dibicarakan itu sebenarnya brg 214 yg harus dicoba ke modules 209..

      Hapus
  19. Balasan
    1. Jokowi mesti tinggalkan jejak pesan U214 3 unit plus tot dr Turki dan German sembari sempurnakan tot U209 dari Turki German. Jadi gak dikira tukang klaim kayak negars malon !

      Hapus
  20. ayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
    buruan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay

    SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » BOLATANGKAS
    » TEXAS POKER
    » POKER ONLINE
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  21. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus