27 September 2018

Singapore Unveils New Littoral Mission Vessel Simulation Centre

27 September 2018


Bridge, combat, and engineering functions are fully replicated at the RSN's new LMV SIMCEN. (photo : Jane's)

The Republic of Singapore Navy (RSN) has inaugurated a dedicated simulation centre designed to provide nearly the full spectrum of instruction, from operator component training to full-mission rehearsals, to crews assigned to its Independence-class Littoral Mission Vessels (LMVs).

The new LMV Simulation Centre (SIMCEN) is operated by 182 Squadron – an operational component of the Singapore Armed Forces’ Maritime Security Task Force (MSTF) – and has been christened RSS Daring, a name that had earlier been assigned to a Fearless-class patrol vessel that was decommissioned on 19 July after 21 years of service.

The LMV SIMCEN is located at the western Tuas Naval Base, where the LMVs are also homeported, and has been jointly developed by the RSN and the Defence Science and Technology Agency (DSTA). It features a tension fabric structure that measures 80 m long and 30 m wide, and houses an instructor operation centre, two full-scale LMV Integrated Command Centre- (ICC) simulation halls, and several briefing rooms.

The facility is the first of its kind to be developed for the RSN and is currently managed by a commanding officer and five instructors, who are augmented by artificial intelligence (AI)-assisted systems that enable a single instructor to manage an entire training session.

Each ICC simulator replicates the exact functions aboard an LMV’s ICC, which integrates a traditionally separated bridge, combat information centre (CIC), and machinery control room (MCR) functions into a single shared space for increased situational awareness and operating efficiencies in congested littoral environments.

Similar to the ICC aboard the LMVs, both simulators comprise seven crew stations – or Κ»clusters’ – with engineering and navigation functions located towards the forward section of the ICC, followed by the command cluster where the commanding officer and principal warfare officer are positioned; the surveillance and weapons clusters are situated immediately to the rear of the command cluster.

(Jane's)

103 komentar:

  1. BREAKING NEWS !!!!

    Ternyata PASKAL TLDM Malon pernah dilatih KOPASKA TNI-AL...harap jiran jgn stroke bila baca maklumat ini wkwkwk...cekidot : www.malaysiaflyingherald.wordpress.com/Paskal: Operasi Gonzales/23-09-2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi simulator yg ada dijiran...made in indonesia, banyaakkk om pit haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      sapa yg mao linknya hayoo haha!😎😎😎

      Hapus
    2. scantut dach kapok, lenyap die rata bumi haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    3. Percuma sahaje di hantar linknya ompal,bila pun dibaca,mereka pura2 bodoh wkwkwk

      Hapus
    4. Wow..from the beginning indon komando defeated by Malay..two times KKO defeated by Malay army..read this

      https://www.google.com/amp/s/mytldm.wordpress.com/2013/10/23/konfrontasi-tldm-kekang-kemaraan-kko/amp/

      https://www.google.com/amp/s/mytldm.wordpress.com/2013/07/24/24-julai-1964-antara-hero-dan-zero/amp/

      www.militaryofmalaysia.net/2008/11/konfrantasi/

      Hapus
    5. This is offocial statememt from OFFICIAL Malausian navy website..I repeat..OFFICIAL..read the title under Pencerobohan Tentera Indonesia

      www.navy.mil.my/index.php/visi-dan-misi/itemlist/user/923-akmal?start=50

      Hapus
    6. Unknown@ link terpercaya please kopaska ditangkap polis malon wkwkwk...bila tak de sama sahaje dgn hoax wkwkwk

      Hapus
    7. Unknown# cem media jane's nih hantar berita punya simulator kapal,aq percaya sangat sama Janes nih,mereka bkn media bual cem media malon wkwkwk

      Hapus
    8. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1476342952388716&substory_index=0&id=108351972521161

      Hapus
    9. Satu lagi kisah pertempuran di laut Kali ini kapal KD Sri Perak bertempur dan bunuh 12 anggota KKO dan tawan 16


      KD Sri Perak bunuh 12 KKO Indonesia dan tawan 16

      KD Sri Perak vs KKO
      Selepas pertempuran berdarah antara KD Sri Selangor dan KKO Indonesia sekitar kawasan Rumah Api Raffles, KD Sri Perak ditugaskan meronda di Selat Melaka sebelum merentas Laut China Selatan untuk meneruskan rondaan di perairan Sabah dan Sarawak.

      Semasa menyambut ulangtahun pertama pembentukan Persekutuan Malaysia, KD Sri Perak berada di perairan Sabah - meronda tanpa henti.

      Peristiwa berdarah Kalabakan pada 29 Disember 1963 dan KD Sri Selangor pada 24 Julai 1964 masih segar dalam ingatan. Berbekalkan pengalaman pahit teman-teman seperjuangan, kami di laut begitu gigih menjalankan tugas memeriksa (boarding) setiap bot dan tongkang yang mencurigakan.

      Kalau di Selat Singapura dan Selat Melaka, kami hanya berhadapan dengan musuh dari sebuah negara - Indonesia - tapi di Perairan Sabah kami terpaksa berhadapan dengan dua kemungkinan…satu dari negara yang menentang pembentukan Malaysia (Indonesia) dan satu lagi dari negara yang menuntut kedaulatan Sabah (Filipina).

      Setelah dua bulan meronda, dan lebih seratus kali mebuat boarding, kami kembali ke pangkalan di Woodlands.

      Zaman konfrontasi, kapal tidak diberi masa lama untuk bertambat di Ruthenia Jetty. Selepas dua hari, kami sudah kembali meronda Perairan Selat Melaka.

      Dalam salah satu siri rondaan di Selat Melaka, kami mengalami insiden serupa yang pernah menimpa KD Sri Selangor beberapa bulan sebelumnya. Apa yang membezakan antara dua peristiwa ini hanyalah korban jiwa yang mungkin menjadi punca kenapa kegemilangan KD Sri Perak tidak ternukil dalam lipatan sejarah TLDM.

      Seperti yang kita semua maklum, KD Sri Perak hanya dikaitkan dengan tragedi di laut China Selatan hampir dua dekad kemudian.

      Memandangkan tidak ramai yang mengetahui betapa gentingnya keadaan kami dimalam itu, maka saya terpanggil untuk berkongsi cerita semoga dapat dijadikan iktibar kepada generasi hari ini.
      Selama ini, kita hanya mengetahui cerita bagaimana KD Sri Selangor pernah mematahkan cubaan KKO Indonesia menyeludup masuk ke negara kita.

      Hapus
    10. Unknown @ Wkwkwk...unknown makin tersudut setelah tak kuasa jawab cabaran aq wkwkwk...terserah ko hantar link apapun selama ko tak menjawab cabaranku berarti ko tuh looser lon wkwkwk

      Hapus
    11. Unknown is a looser raja link zaman jepun wkwkwk

      Hapus
    12. anggota kopaska frogman indonesia mengeluh tentang kualiti askar malon paskal yang rendah dan otak yang susah belajar. jadi melatih askar malon adalah menurunkan derajad kopaska kerana askar malon iaoah tidak ada kualiti.
      perut banyak buncit tak berani berenang di lautan. jadi memalukan sebenarnya melatih askar malon yang agak agak pondan tu

      Hapus

    13. 12 orang musuh Kor Komando Operasi Indonesia (KKO) berjaya dibunuh, manakala 16 lagi ditawan.”
      Oleh itu, sebagai krew yang terlibat dalam kejadian, yang melihat sendiri ledakan meriam ‘A’ dan ‘Y’ gun serta tembakan musuh.

      Petikan dari NST:
      Awal Februari 196.KD Sri Perak di bawah kendalian Lt Cdr B.E. Ibrahim Hydesmith ditugaskan meronda antara One Fathom Bankdan Tanjong Keling Melaka dalam operasi mencegah penyusupan KKO dari Indonesia.

      Seminggu berlalu, namun tidak ada tanda-tanda percubaan KKO menyusp masuk ke Semenanjung.

      Mengikut perkiraan, bot KKO itu tenggelam pada kedudukan Latitude 02˚ 21΄North, Longtitude 101˚ 44΄ East – 6 batu nautika dari Rumah Api Tanjung Tuan.

      Setelah bot musuh tenggelam lebih kurang jam 0130, operasi mencari dan menyelamat di gerakan. Saya turun dari chart house dan pergi kequarterdeck untuk memberi bantuan bersama pasukan pertolongan cemas (First Aid) yang diketuai oleh LR Steward Harun dan ODCK Mohd Noor.

      Dalam operasi itu kami berjaya menyelamatkan 10 orang. 9 orang dari Regiment KKO di mana dua dari mereka cedera parah, dan seorang bangsa Tionghua yang dipercayai adalah tekong bot tunda yang telah dirampas dan dilarikan ke Pulau Medang oleh KKO tempoh hari.

      KKO yang terselamat diikat dengan heaving lines dalam keadaan berangkai dan di tutup dengan oil skin rain coat untuk melindungi mereka dari kesejukan. Pagi esoknya, mereka diserahkan kepada bot ronda Polis Merin off Tanjung Keling.

      Dari maklumat soal siasat, seramai 41 anggota Regiment KKO dengan 3 anak kapal bot tunda berlepas dari Pulau Medang Sumatera lebih kurang jam 1900 hrs. Jarak antara Tanjung Medang ke Tanjung Tuan hanya lebih kurang 22 batu nautika. Saya berpendapat bot tunda yang dinaiki KKO mengambil masa lebih kurang tiga setengah jam untuk masuk ke perairan Malaysia. Dengan berpandukan Rumah Api Cape Rachado yang boleh dilihat sejauh 23 batu nautika, mereka cuba mendarat di pantai dengan tujuan yang sudah dirancang.

      Keesokan harinya, KD Sri Perlis mengambil alih tugas pembersihan. Difahamkan, mereka berjaya menemui berberapa mayat KKO terapong di laut sekitar kawasan pertempuran.

      Setelah berjaya mematahkan percubaan penyusupan KKO, KD Sri Perak kembali ke pangkalan di Woodlands sebagai wira Royal Malaysian Navy. Ketibaan kami disambut oleh pancaragam Royal Marines.

      Pagi berikutnya, CPOERA Habarjan Singh memaklumkan kepada CO tentang beberapa kesan tembakan di sebelah starboard engine room(sebelah kanan bilik jentera).


      Gambar Anggota KKO Indonesia yang cedera dan di tawan

      Hapus
    14. There was a statement from official malayaian navy websites..poor indon..the weak komando in world is indon

      Hapus
    15. 2 orang kko yang terombang ambing vs kapal perang malonπŸ˜† kko masih bisa menewaskan 1 orang pelaut Malon walau 1 kko hilang.. 1 kko selamat WTF itu hasil yang sangat noob buat Malon πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. When indon involves in real war they will lost due to impotent and weak army..just good in parade and tournament..a lot of history shows that malaysia already defeated indon in special force and army comparison..

      Hapus
    17. Unknown@ cem mana pula ATM malon tercirit2 tak de kuasa digondolin nelayan cina wkwkwk...kl indonesia menghadapi ausy n british saat ganyang malon wajar banyak tentara indonesia yg tewas,itu sebuah kehormatan bagi tentara,SAS britishpun banyak yg tewas dibunuh TNI...bila nak hadapi nelayan cina tak de weapon ATM tak de kuasa tercirit2 mau di taruh di mana maruah malon,taruh di dubor mahathir sahaje wkwkwk...melawan nelayan cina sahajepun ATM takut konon pula nak tewaskan TNI wkwkwk

      Hapus
    18. Kopaska already defeated by malaysian,kko already defeated by malaysia..in asean malaysia commando is the best compared to indon..this is because recently there was alot of failed in imdon commando operation like sinar kudus,opm,busted by malaysian

      Hapus
    19. komentar unknown hanya menjadi lawak saja lebih baik ko masuk kandang british lagi 😁😁😁

      Hapus
    20. atm malon hanya jadi tukang masak makanan di pasukan gabungan internasional. tak ada kepakaran perang jadi kesian tak di akui oleh tentera lain.

      Hapus
    21. Hahaha hebatnya paskal, bagaimana sudah ada cerita tentara china yg bebas jalan ke james shoal dibunuh paskal belum? Malaysian brain is full of shit and sperm hahaha

      Hapus
    22. Malaysian people already know all the stories about the failed operation by indon army and commando..the weakness and old of indon asets and the coward of your army during operation...thats why when there is news or argument about indon army automatically will come in malaysian mind that kopaska busted by pdrm and kko defeated by atm..how ashamed that..opm still cant settle..indon..from before,nowadays and until the next day or future..you always defeated by us and always under malaysian foot and you can surpass us malaysian as a peacefull and strong country.

      Hapus
    23. penuh taik busuk otak malon makanannya berita hoaks tipu tipu

      Hapus
    24. Unknown# semua dunia tahu peranan british dan australia paling besar saat malon diganyang wkwkwk...SAS british pun mengakuinya,ATM saat ganyang malon hanya berada di garis belakang wkwkwk...Yg ada front di depan SAS British beserta askar gurkha british jgn ko nafikan tuh lon wkwkwk

      Hapus
    25. *indon cant surpass malaysian

      Hapus
    26. malaysia is strong country? what the fuck?

      malaysia is stupid i agree

      Hapus
    27. Please all of you...where is the fact..lets make a good discusion here..after 'mati kutu' by my link you can only insult me?how pathetic..like your indon army..defeated before war even start.

      Hapus
    28. jet banyak rusak. kapal busuk besi tua asal enjin terdengar sedap masih dipakai

      jual saja lah jet pejuang kalau tak ada uang. buat bayar hutang masih kurang juga

      Hapus
    29. History? When beruk malon Defeated indonesia?😁in the reality in confrontation period britsh has fought not noob Malon.
      a lot of history shows that indonesia already defeated beruk malon in special force and army comparison.. not surprise MAT sabu exspose Malon armed forces the weakest armed forces in asean πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    30. link berita malasnya adalah kumpulan hoaks dan taik untuk menghibur malon yang suka melancap. malasnya digondolin british kekal hahaha

      Hapus
    31. Hahaha enough nonsense from malaysian trash...

      Hapus
    32. bodoh sombong ya unknown satu ini. yang senior sudah sadar nah ini barang rusak ada lagi

      Hapus
    33. mana ada askar malon. tni pun perang dengan british dan australia. askar malon hanya jadi hamba british saja

      Hapus
    34. Didikan FORUM MMP dan MDR Malon ya begitu.. hasil cuci otak admin nya menjadikan beruk Malon gemar melancap otak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    35. Like I said..this is official statement from PDRM and Royal Malaysian Navy (RMN)..I challenge you indon to give me official statement from your army or police about the success of your operation..none right..hahaha.
      and the name and the person that involves is Malaysian people plus at this rate there already Malaysian Army form by Malaya..so you defeated by us Malaysian..dont lied the history because it cant be change and dont entertaint yourself by idiot comment because cant accept this facts..cheerss

      Hapus
    36. Poor to you..all of you must mad and hot right now..be patient..the best and brave day will come to your army..ohh before i forget..at the time failed operation 'ganyang malaysia' by coward indon army..it shows that the real fact that indon is the most weak and coward army..first because indon only brave to attack the country that just want to be form..second indon at that time have the best army at 'belahan timur' but still can defeat malaysia..and third from that time until now indon army always busted by malaysian authorities including kopaska and kko..

      Hapus
    37. Unknown beruk dah mati kutu aq buat wkwkwk...dia cakap kopaska pernah ditangkap polis malon,sourcenya MMP,MDR dan facebook,terus aq pun ketawa gelak lihat sourcenya wkwkwk...moso MMP,MDR dan facebook dijadikan rujukan berita itu wkwkwk...terus aq cakap pemerintahnya selalu tipu2 rakyat,konon pula pemerintahnya tdk tipu2 dunia,unknown pun terdiam seribu bahasa,mati kutu wkwkwk...terus aq cabar mana link dunia terpercaya cem Janes,army recognition dll yg beritakan kopaska ditangkap polis malon,unknown pun mati kutu tak de kuasa beri link terpercaya dunia itu wkwkwk...kl tak de link terpercaya dunia tuh berarti unknown cuma besar mulot dan hoax

      Hapus
    38. @mul yono

      Like I said,it came from official statement of PDRM and Royal Malaysian Navy (RMN)..any comment about that?ohh you must be mati kutu because you know official statement from government and military authorities is original,authentic and not hoax.

      Cheerss..may you army become more strong and brave and can surpass and be the best like malaysia (imposible)

      Hapus
    39. And rip to the kopaska and kko that busted by malaysian

      Hapus
    40. Hahaha your hoax is noob beruk Malon .
      We have history about some many operasion againts local insurgent and independence war and we win so your knowledge very weak Malon idiot.. when your war against colonialist and independence your country so your noob army history no match againts Indonesia 😁😁😁😁

      Hapus
    41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    42. Bahkan Malon belum punya spesial force masa konfrontasi bagaimana dia mengklaim paling hebat.. spesial force Indonesia sudah di uji dalam perang antar negara melawan Inggris Belanda Aussie new Zealand bahkan memadamkan pemberontakan keras macam permesta yang di bantu Amerika sekalipun.. itulah akibat brainwash beruk malon
      dari Forum MMP dan MDR yang hanya memperbodohkan rakyat nya sendiri 😁😁😁😁

      Hapus
    43. Yg poor tuh cem malon punya utang 70% terhadap PDB,dan shopping mesti tunggu thn 2055 dan 95% rakyat miskin malon ialah bumiputera wkwkwk...jd buat unknown be patient ya kalo ko sementara ini makan dedak,sedangkan mahathir n the gank makan steak wkwkwk

      Hapus
    44. Mulyono@ beruk unknown terlalu berhalusinasi dan bermimpi kerana sering melancap wkwkwk...sejak bila askar spesial forcenya berhadapan dgn kopassus dan kko bila dulu ATMnya pun belum permanen wkwkwk...

      Hapus
    45. Wei wei wei.korg bergaduh apa ni.bnyk aku ketinggalan.kalau pasal kegagalan memalukan tni mmg lama dah aku ungkit kat sini.abis kebakaran jenggot semua.tp kisah kopaska ditangkap polis malaysia dgn kko ditawan tu mmg hot kat malaysia sbb ada penghargaan sendiri dr polis dan atm.official bos.sbb tu smpai ke hari ni forumer malaysia sentiasa memandang hina kpd tni yg banci sbb dah ada bnyk bukti.haahaha.πŸ˜„πŸ˜„
      Nah aku tambah lg kegagalan lain:

      1)Kegagalan ops sinar kudus-komando indon g makan angin je.bercuti naik kapal tua yg lembab.😁😁

      2)Tercirit di bawean-indon g cegat tp f16 ompong takde rudal dan radar moden.jd mintak ampun kat f18 us jgn kasi tembak.😯😯

      3)Kabur naik teksi di pbn-dah hot sedunia.tak payah hurai.πŸ˜‚πŸ˜‚

      4)Kegagalan dlm krisis opm/papua-bnym tni mati katak🐸🐸

      5)aset bnyk usanh,ompong takde radar dan misil-wajib bg indon dgn ompong,tak payah hurai dah.hahaπŸ—πŸ—

      6)sipadan ligitan-hahahahahaahahahahahahhaahahahahahahhaahahhaahahahahahhπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      7)black flight di ruang udara indon
      πŸ˜‡
      8)sukhoi di lock misterius
      πŸ”«
      9)di-spy negara asing
      😐
      10)insiden Laut Natuna (26 Maret 2013, 2010, 2011)
      😯
      11)TNI gugur di Anambas, Natuna (Maret 2014)

      πŸ˜‚πŸ˜‚

      https://www.kompasiana.com/penduduk/54f415ce745513a02b6c85f3/kegagalan-kegagalan-tni-yang-memalukan-dan-alternatif-solusi?page=all

      Hapus
    46. Mak rempit iya askar malon masa konfrontasi hanya askar banti cuci angkut dan penjaga garis belakang yang berperang sevenar nya britsh aussie dan newzaland bahkan malon menutupi bahwa GGK juga merupakan anak didik kopassus.. para Malon banyak yang menimba ilmu di batu jajar😁 bahkan kopashanda juga membantu mengirim personil untuk memadamkan pemberontakan komunis di Malaysia tapi beruk Malon ini benar2 sudah terkena brainwash.. mereka menutupi andil kopassus dan indonesia pada khususnya dalam perkembangan tentara mereka 😁😁😁😁

      Hapus
    47. Tengok ini lon Ini baru real aset ompong lapuk dan tentara paling noob seasean

      Kapal LCS Malon tanpa sensor dan senjata😁
      http://www.malaysiandefence.com/broken-record/
      Bandingkan dengan bung Tomo yang baru datang saja sudah tes missileπŸ™† 😁
      https://www.indomiliter.com/exocet-mm40-block-3-rudal-anti-kapal-high-subsonic-andalan-korvet-tni-al/

      Beli LMS kapal hutang China ompong pula tak punya missile πŸ˜‚
      http://www.defenseworld.net/news/18786/Chinese_Firm_Details_Littoral_Mission_Ship_Configuration_For_Malaysian_Navy#.W6yRKBQxc0M

      Aset lapuk dedahkan Malon dalam bahaya😁
      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2017/03/17/aset-lapuk-milik-tudm-mendedahkan-malaysia-pada-bahaya/

      Miris nya hanya 4 Sukhoi dapat terbangπŸ˜†
      https://international.sindonews.com/read/1327299/40/malaysia-dari-28-jet-tempur-buatan-rusia-hanya-4-bisa-terbang-1533259269

      MAT Sabu sampai dedahkan Askar Malon paling noob seasean Tentera laut Malon kalah dengan Indonesia πŸ˜€
      https://siakapkeli.my/2018/08/09/angkatan-tentera-malaysia-paling-lemah-di-asia-tenggara-menteri/

      Hanya di bentak 2 TNI di ambalat Askar Malon lari tercirit dan itu pun di konfirm pelaut Malon sendiriπŸ˜‚
      https://m.youtube.com/watch?v=-7DNPwRWD3Q&t=6s

      Pooorr Malon 😁😁😁😁😁

      Hapus
    48. Hahaha askar maid of london acting like they are the strongest army in asean...vietnam, Philippine, cambodia, laos, indonesia ,myanmar have they own story of war for independence which malaysia hadn't...typical malaysian trash

      Hapus
    49. How pathetic...Indon insulted by Malaysian here..your country name right now like a shit.

      -DISCLAIMER-
      *WARNING,DO NOT OPEN TO THOSE HAS HEART ATTACK*

      https://www.facebook.com/331481044571/posts/10158650350439572/

      Hapus
    50. Dont worry only a week.. let's see malon 2 red card in 2 gameplay nak main kungfu kah?😁 very sad Malon loser lost by Japan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    51. Hahaha malaysian imbicile trash...i'm done....(just wonder, why all malaysians forumer are stupid idiots...)

      Hapus
    52. Mau lihat jendral Malon didikan kopassus di batu jajar lihat ya jangan HEART ATTACK ya lon malon πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      https://www.7rangers.com/2007/06/book-review-little-iban-warrior.html?m=1

      Hapus
    53. Mulyono@ beruk unknown tak terima hakikat Paskal malon pernah dilatih kopaska sehingga unknown jadi panas hingga hantar link hoax kopaska di tangkap polis malon...terus unknown cakap beritanya dari statement polis official malon...siapa yg nak percaya polis zaman achmad badawi dan polis zaman najib yg penuh retorika dan suka bohongi rakyatnya sendiri wkwkwk

      Hapus
    54. Unknown@ link dunia percaya please,kl statement polis officialmu siapa yg nak percaya lon wkwkwk...government zaman achmad badawi dan zaman najib suka tipu2 rakyatnya termasuk polisnya wkwkwk...kl dah sering tipu rakyatnya konon pula government tak pernah tipu dunia wkwkwk

      Hapus
    55. Mak rempit pada kenyataan mereka Butt hurd karena hanya 2 Kopaska bisa mengusir armada Malon di ambalat 😁 seorang pelaut TLDM Malon yang bercerita di Forum MPP (ane masih simpen screenshot posting nyaπŸ˜‚)dia kena timpuk Kopaska Sampai bocor dan Kopaska dengan berani naik kapal lalu mengusir semau armada Malon itu. Kehebatan kopaska Itu baru cerita real.. bukan hoax sok jaguh seperti
      Cerita beruk Malon 😁😁😁😁

      Hapus
    56. Mulyono@ bila ada screenshotnya diposting aja di mari biar para beruk2 itu gk songong dan bangang lg bro wkwkwk...dia dah kalah debat dgn aq td di artikel bawah bro,mati kutu dia aq buat wkwkwk...aq td komen kl aq dulu pertama gk percaya askar malon takut sama nelayan cina,masa ATM yg konon punya weapon paling canggih dikawasan bisa takut menghadapi sipil tak bersenjata cem nelayan cina,setelah aq baca link2 dunia terpercaya cem BBC NEWS,ABC NEWS AUSTRALIA,CNN dll baru aq percaya ATM takut sama nelayan cina...terus aq tantang dia bila link2 dunia yg terpercaya itu cem CNN,ABC NEWS Australia,FOX,NHK JEPUN,BBC LONDON memuat berita Kopaska indonesia ditangkap polis malon baru aq percaya,aq tak percaya statement polis malon,berita MMP,facebook media malon di zaman rezim achmad badawi n rezim najib yg suka bohongi rakyatnya,rakyatnya aja dibohongi pemerintah malon apalagi dunia wkwkwk

      Hapus
    57. Sayang nya fitur gambar belum ada forum ini Mak rempit 😁

      Hapus
    58. Mulyono@ begitulah tipikal rakyat malon bro suka digondolin dan di bohongi polis dan governmentnya supaya tampak governmentnya punya wibawa di mata rakyatnya padahal governmentnya tin kosong wkwkwk

      Hapus
    59. Begitulah makrempit keinginan selalu jaguh tapi power tak ada jadi nya melancap otak terus Malon Malon itu πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus

  2. Nikmati sensasi bermain dalam meja VIP seperti di Las Vegas

    Promo Bonus 100% deposit dan 20% Cashback untuk New Member

    Satu ID pada website kami dapat digunakan untuk bermain:
    Sportsbook (Bursa Bola)
    Live Casino
    Slot Games
    Tembak Ikan
    Lottery/Toto
    Poker
    Racing

    CHIP368 - Situs Judi Online Terpercaya
    WA: +855 96 206 1990

    BalasHapus
  3. tahniah singapur, negerinya om ben dpt maenan baruw lagi nich haha!🀠🀠🀠

    salam shopping 3 MATRA tempur se ASEAN:Vietnam, Indonesia, Myanmar, Singapur, Filipin buat thailand Xlalu okeh oceh πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
  4. kita pon ada simulator kapal perang, hore haha!😎😎😎

    https://lancercell.wordpress.com/2016/05/23/bagaimana-kondisi-di-dalam-simulator-kapal-perang-tni/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar scantut pura2 bodoh tuh om,bsk pun dia dah cakap kapal indonesia ompong tiada missile dan tiada simulator wkwkwk

      Hapus
    2. nyoih om pit, pada tiarap takut dicyiduk menhannya haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Mat Sabu: menit ke 4. ingat 10 taon lagi mao dikirim kesini tuch, pasukan cuci gosoookkk dari jiran cuy haha!🀣🀣🀣

      https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4
      Hapus

      Hapus
  5. simulator kapal selam ada bosssss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    http://defense-studies.blogspot.com/2015/07/tni-al-kini-miliki-simulator-kapal-selam.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scantut makin stroke bila lihat ini ompal wkwkwk

      Hapus
    2. nyoih om pit, netes2 ituw iler hhaha!🀀🀀🀀

      "Tribunjatim.com dengan judul Praktikkan Ilmu Dari Jerman, 18 Prajurit Koarmatim Surabaya Simulasi Pengoperasian Kapal Selam"

      http://jatim.tribunnews.com/2017/03/10/praktikkan-ilmu-dari-jerman-18-marinir-koarmatim-surabaya-simulasi-pengoperasian-kapal-selam

      Hapus
  6. oh majunya negerikuh, dpt pelanggan tetangga kesayangan cupp ccupp chuupp haha!πŸ’‹πŸ’‹πŸ’‹

    "Sejumlah simulator telah berhasil dikembangkan oleh perusahan ini. Seperti simulator Hawk untuk Malaysia dan TNI AU. Simulator CN-235 untuk Malaysia, simulator tank ACV 300 5 buah untuk Malaysia. Simulator untuk TNI AU lainnya yang telah dibuat PT TES adalah Super Puma, Heli Bell."

    http://defense-studies.blogspot.com/2015/04/pabrik-simulator-militer-kelas-dunia.html#comment-form

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...om scantut bakalan stroke bila baca link ini ompal

      Hapus
  7. buat unknown319, punya simulator f-16 gak?
    pasti gak punyak...emang luh kira ini taemjon haha!🀣🀣🀣

    http://4.bp.blogspot.com/_En-sxfOkXP8/SmSLpTBkRsI/AAAAAAAACks/K7b1Yrc8AVQ/s400/SIMULATOR-1.jpg

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Off topic.

    Is Indonesia planning to buy also the T129 ATAK attack helicopter?

    Instagram pic the Commander of Skadron 11/Serbu (Apaches Squadron) with TAI officials in front of the ATAK:

    https://www.instagram.com/p/BoNyePeHk5S/

    On the pic says "Will it be Apache's brother?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah jadi showroom lagi...adeh..

      Hapus
    2. Ra sah aneh2 wahyu...
      buat apa koleksi banyak heli serbu???

      Malah jadi masalah logistik

      Hapus
    3. Ra sah aneh2 wahyu...
      buat apa koleksi banyak heli serbu???

      Malah jadi masalah logistik

      Hapus
    4. Ra sah aneh2 wahyu...
      buat apa koleksi banyak heli serbu???

      Malah jadi masalah logistik

      Hapus
  10. ...pelatih Iran dan Vietnam berharap laga antara


    GOYANG INDIHE ...vs... GOYANG DUMANG


    ...tidak CURAAAAANG alias main mata, karena hanya membutuhkan hasil seri saja




    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  11. helikopter ATAK??? kenapa tidak??? kita punya pengembangan helikopter serang gandiwa yg belum jelas perkembangannya, kalau turki mau transfer ilmu teknologi kita harus pertimbangkan tawaran ini sebab helikopter ATAK termaksud KW nya apache tp meski pun KW pengembangan ATAK dibantu amerika,,aku rasa kalau kita menerima tawaran ini akan menguntungkan, selain lebih murah kita bisa dapat ilmunya,,,saat kita berusaha mandiri mungkin kita harus sedikit melupakan kwalitas yg penting dapat ilmunya dulu, setelah dapat kedepannya kita bisa berusaha untuk membuat yg berkualitas untuk kita.

    BalasHapus
  12. Its a real happening that in Singapore most Female Indons Slaves are for sale just like candy. What a hillarious happening. Do you agree Indons people that your women was abuse by Singaporean?

    Here in KL we treated well your women who work as helper. We give them all per our labor code. So you must be thankful to us instead.

    BalasHapus
    Balasan
    1. State your evidence. The events, timeline/period of events both Malaysia and Singapore for such cases.
      I am alsi sure that u r smart enough to know that the law in Singapore is strict. We are well known for being very stringent. If such abuse cases were to occur note that abusers will face chargers. Even if criminals try to corrupt our civil servants, it will not work on them as we have zero tolerance for that. We go by law and justice. What about u? R ur people suffering in ur very own country? Every country has their own suffering and pains make no mistake we will do our best to solve it to the best of our abilities but there is one things for sure and that is you have people who do not do that.

      Hapus
    2. Dont get into his trap mr.Ben, he's just tryin to provoke both countries.. Singapore was part of Malaysia Federation.. lookin on how strong your country for now surely will hauntin him for the rest of his life. Simply unacceptable for them. But dats life... what will be will be..

      Have a good night mr.Ben.

      Hapus
    3. Well the link below on the news on maids shows another fact that such incident happened in Malaysia before. So then what is this appraisal of yours on the Malaysia then? Obviously that renders your praise void. Yes?

      Besides you just shot yourself in the foot congratulations. In the article, the passage states
      "many of whom come from Indonesia to the wealthy city-state to earn higher salaries. Singapore's tight regulations mean that working conditions are considered better THAN in Malaysia or the Middle East"

      So what you have mentioned is not as true as what you claim to be.

      If there is one thing you will LEARN today that is to know how to JUDGE properly. You do not judge a country based on a few black sheeps.Every nation has their share of black sheeps that does no good image to their nation. It is like blaming everyone in the country for something which they were not involved in. You judge this way i bet i can judge a lot more crap on yours. That is not fair. Am i right to say that? That's just plain outrageous and silly. Right?
      Im not here to pick a fight and get a comment war going which u see above(the very first comment in this post) and i am sure u aren't as well but there is a need for clarity on your part. I'm sure you are better than that.

      Hapus
    4. @BEN saying your country is strict? In what form?

      Dont be so good on this issue since this is already confirm in most reliable media. Your government is hiding behind this issue which is truly shown the color of Singapore.

      Hapus
    5. U claim that malaysia is better when that very article says otherwise. What a twist! Let me said it again, you shot yourself in the foot! A link you provided as a news source ended up countering your stance. Period. You CANNOT deny that. This shows your true color as being delusional. One who cannot accept FACTS. period. I was hoping that you were better than this but you proved yourself to not be.

      Hapus
    6. Says my country is strict in what form you ask? Heard of the term Law? Perhaps i should repeat again, we are well known for it. The west does not like it when we punish their people hard and tough. Of course sharia law in Ache is much tougher. No denying about that since it is religious. My government is hiding? HAHAHA! Perhaps you did not read your very own source? Either you are the type of person who reads the headlines and not the article or the guy who reads everything without understanding or just plain silly. Or perhaps you have a forgetful mind. Then i must be understanding. Here is the link again and read again carefully....

      https://www.dw.com/en/singapore-maids-for-sale-ad-sparks-investigation/a-45615280

      In this passage it says
      "On Wednesday last week, Singapore's labor ministry, the Ministry of Manpower (MOM), suspended the maid employment agency's license and are conducting an investigation into "inappropriate marketing" of maids on online marketplaces."

      What hiding nonsense are you talking about? They are investigating, not denying, hiding or avoiding. Do you understand?

      I bet in your country, all it takes is money and it will be hidden. Right? ;)
      You help me i help you lah! ;)

      Hapus
    7. Get the refrence?(corruption),(lack of self control), (Discipline), (Rule of Law)

      Perhaps you don't since you can't even understand your own sources?

      These practices are what we do which your very own fail to achieve with diligence.

      Make no mistake we do our best to achieve it with the highest disintion but no nation is 100% perfect and no individual is 100% perfect. Not me and defitnely not you. These are values we try to uphold to the best of our abilities. Why else would we be where we are today? These are the work of values, mindsets, attitudes and character. See it for yourselve. It's all there. Don't be silly Unknown. You know that is true. Dont lie to yourselve.

      Hapus
  13. Semua pemula Indon sini harus membaca berita ini di seluruh dunia:

    https://www.dw.com/en/singapore-maids-for-sale-ad-sparks-investigation/a-45615280

    BalasHapus
    Balasan
    1. 95% rakyat miskin malon ialah bumiputera wkwkwk

      Hapus
    2. INDONESIA lolos ke fase knock-out AFC CUP U-16... tuan rumah Malon kok nyungsep ya... Wkwkwkwk

      Selangkah lagi menuju world cup U-17 😊😊

      Hapus
  14. Bukan bermental hibahan lovers,
    Tp seandainya victory class spore di pensiunkan,.berharap di hibah kesini.
    Lumayan tu barang,.buatan dekade 95, radar 3D, main gun otmel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. It will be old by then and not fit for naval operations. Perhaps even seaworthy. Know when is the time to let go (retire) dragging own an old platform could result in deadly consequences. An example would be the recent fire outbreak on one of the old ships by the Indonesian Navy.

      Hapus
  15. @malon aka beruk aka lutung

    Wes rasah kakean cangkem, yen nggono perang wae...rasah kesuwen, jokno rondo telu ,tak tandhangane dewe 😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. #rondo telu sing paling ayu tur semlohay...ning ojo sing sinting lho😀

      Hapus
    2. Om hari apa isih kuat.... Rondo 3?

      Hapus
    3. Hadeh...sapa nech anak ingusan ikut campur urusan orang dewasa 😀

      Tak ndhani yo le...yen "tekenmu" wes ra kuat, slirane rak isih due ilat lan driji to πŸ€—

      #ndhadak ditrening neng tlogo biru cah iki...😏

      Hapus
    4. Kalau mas PS ra doyan rondo mas.. doyane maen nang jeding karo "TanTe"..


      * Tangan Tengen

      Hapus
    5. Hadeh....bubrah negoroku, ora mergo dijajah aseng, ning mergo nom-noamne ra tau numpaki ron*o 😣

      Hapus
  16. UNTUK SEMUA BERUK MALON:
    - apa pun yg kalian katakan tak akan merubah nasib negaramu yg udah bangkrap
    - apa pun yg kalian katakan tak akan membuat kalian mampu membuat sesuatu yg membuktikan kwaliti manusia2 beruk malon, yg ada cuman tampal sticker.
    - apa pun yg kalian katakan tetep saja kalian harus menunggu tahun 2055 untuk peremajaan alutsista kalian
    - apa pun yg kalian katakan tetep saja indonesialah yg punya pengaruh kuat di asia tenggara dan ini bukan keluar dr mulut kami tp pengakuan jujur dr negara2 yg berani jujur.
    - apa pun yg kalian katakan tetep saja my CONTRY IS THE BEST di asia tenggara.

    BalasHapus
  17. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus