25 September 2018

TNI AU akan Bangun Pangkalan di Batam

26 September 2018

TNI AU akan menempatkan 1 flight berisi empat pesawat tempur di Batam (photo : Antara)

Batam: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan menempatkan satu flight di kawasan Bandara Hang Nadim Batam. Penempatan tersebut untuk menunjang pembangunan Batam sebagai kawasan ekonomi dan menjaga wilayah perbatasan dari ancaman dan gangguan keamanan. 

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan satu flight tersebut diisi empat pesawat tempur.

"Hal ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi perkembangan yang ada. Selain itu, perkembangan ekonomi, juga dari segi geostrategis dan geopolitik. Kami memandang perlu menempatkan pesawat sebagai efek tangkal," kata Yuyu di Aula Gedung Marketing BP Batam, Selasa, 25 September 2018.

Menurutnya, TNI AU tidak bermaksud membangun pangkalan militer dan menempatkan skuadron secara permamen di Hang Nadim Batam. Pangkalan yang dibutuhkan TNI AU hanya pangkalan kecil untuk aktivitas dan lalu lintas pesawat tempur.       

"Jadi sifatnya temporary. Pesawat tempur disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan," jelas Sutisna.

Sutisna mengatakan TNI AU sudah sering menyiagakan pesawat tempur di Hang Nadim, seperti jenis Sukhoi, F16, Hercules, dan lainnya. 

Namun hal itu dirasa kurang efektif karena pergerakan pesawat tempur TNI AU dapat mengganggu lalu lintas pesawat komersial Bandara Hang Nadim Batam.

"Hasil diskusi bersama Kepala BP Batam, kami berharap diberi tempat (lahan) membangun pangkalan kecil supaya lebih private dan tidak mengganggu yang lain," ungkap Sutisna.

Meski telah menemukan kata sepakat dengan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Sutisna mengatakan pengajuan lahan pembangunan pangkalan TNI AU tersebut akan dibawa ke tingkat Dewan Kawasan untuk dibahas. "Pengajuan izinnya akan dibawa ke atas (pusat) untuk mendapatkan persetujuan," kata  Sutisna. 

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyambut baik rencana ini. Batam sebagai kawasan ekonomi strategis, menurut Lukita, perlu didukung dengan sistem keamanan yang baik.

"Kami apresiasi kedatangan KSAU yang menyampaikan langsung rencana tersebut sehingga informasinya tidak bias. Bahwa yang dibangun bukan pangkalan militer, melainkan pangkalan kecil. Prinsipnya kami sangat mendukung rencana tersebut," ujar Lukita. 

Mantan Sesmenko Perekonomian ini menambahkan izin pembangunan pangkalan kecil TNI AU tersebut segera disampaikan ke Dewan Kawasan. Lukita berharap pembangunan tersebut bisa segera dilakukan dan disetujui Dewan Kawasan.

"Saya kita, bagaimana pun pembangunan ekonomi Batam harus ada dukungan security (keamanan). Bentuknya seperti apa, salah satunya tadi sudah disampaikan oleh KSAU," kata Lukita.

44 komentar:

  1. Baguslah untuk mengawasi kelakuan si Upil yang dijadikan tempat persembunyian Garong-Garong Aseng yang merampok kekayaan rakyat NKRI

    BalasHapus
  2. Sebenarnya dari dulu sudah sangat dibutuhkan tapi ada pertimbangan lainnya seperti FIR yang masih dikuasai Singapure dan hal itu akan menyulitkan pergerakan pespur dari Batam.
    Masak jika F16 mau take off dari Batam harus minta izin Otoritas Singapure dulu . Jadi selama FIR (Flight Information Region ) masih belum berhasil direbut Indonesia maka hal itu akan menyulitkan aktifitas pespur di Batam..

    BalasHapus
  3. itu menunjukkan singapura dibawah perlindungan inggris dengan tutup melindungi penerbangan komersial. negeri sebesar kampung mirip pulau buatan cina di spratly. identitas sebenarnya ialah kepentingan asing di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya kuasai FIR Natuna terlebih dahulu baru bicara bikin pangkalan. Pemerintah serius nggak sih mau merebut FIR dari Singapure ?
      https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180504142439-20-295716/menhan-janji-indonesia-perlahan-ambil-alih-fir-dari-singapura

      Kasau Marsekal Yuyu Sutisna juga mendukung agar pengambil alihan pengelolaan ruang udara atau flight information region (FIR) atas wilayah Batam, Tanjungpinang, dan Natuna dari Singapura. Salah satunya, membangun pangkalan TNI AU di Batam.
      Sudah pasti Singapure akan berusaha mati matian mempertahankan . Kalau lewat diplomatik saja akan sulit berhasil harus di sertai dengan tekanan ekonomi seperti pelarangan Singapure sebagai tempat transit barang dari dan ke Indonesia. Maksimalkan Pelabuhan kita sendiri atau kalo perlu pindahkan ke Pelabuhan Malaysia buat sementara waktu.
      Menurut amanat UU No 1 Tahun 2009, FIR harus diambil alih dari Singapura pada tahun 2024.Namun sesuai perintah Presiden RI melalui Instruksi Presiden pada 18 September 2015, Jokowi memerintahkan percepatan pengambilalihan FIR atas wilayah Batam hingga Natuna, termasuk sebagian Pekanbaru dari tangan Singapura.Presiden memerintahkan dipercepat yakni pada tahun 2019. Semua tim sudah bergerak. Dan harapan kita agar pengambilalihan ini sesuai dengan rencana.Semua itu tak kan berhasil tanpa ditambah dengan tekanan ekonomi ...

      Hapus
  4. Dgn adanya 1 flight jet pejuang di batam akan membuat malon dan singaporn terkepung dari semua arah,di riau ada 2 skuadron jet pejuang,di natuna bakal ditempatkan 1 skuadron jet pejuang,di palembang jg bakal ditempatkan 1 skuadron jet pejuang,di aceh jg akan ditempatkan 1 skuadron jet pejuang,di pontianak bakal ditambah 1 skuadron jet pejuang sehingga di pontianak bakal ada 2 skuadron jet pejuang,demikian jg di kalimantan utara bakal ditempatkan 1 skuadron jet pejuang,jd untuk mengganyang malon bakalan gampang wkwkwk

    BalasHapus
  5. Gaenek Sing Bahas S 300 to iki? kok ndek kulon kono podo wedi mbe S 300,

    umpomo tuku sak baterai di deleh natuna ngono kepriye ya ? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki mas :

      Sedangkan Rudal S 300 Suriah buatan Rusia   mempunyai jarak tembak di atas 150 km dengan kecepatan 4 Mach. Rudal pintar ini mampu menyergap benda yang terbang rendah maupun tinggi (25M- 25KM). Rudal anti serangan udara ini mampu mendeteksi, menyergap dan menghancurkan: Pesawat, Helikopter, Drone, Roket Balistik, serta Peluru Kendali semacam Rudal Patriot.

      Hapus
    2. Mulo musuhe ra kalah pinter....tekone karo mabur endek ben ra keconangan😎

      Hapus
    3. Lha itu bisa scan 25 meter katane mas

      Hapus
    4. Halah....buktine rudal s-400 sing neng heymeimim be ra weruh le teko jet tempure israel kok πŸ˜‚

      Hapus
    5. Kt siapa mase... lha wong evaluasi terahir justru dri rekaman radar s400 kok. Makane rusia nekat kirim s300 salah jijine krwna isrohell g mau ngakuin kesalahane.

      Hapus
    6. Iya mas...makane saya bilang, radar s-400 gak liat 4 jet rusia pas mereka datang.

      Itu screenshotnya kan pas perjalanan pulang πŸ€—

      Hapus
    7. Tur argumene rusia masih bisa diperdebatkan lagi....😎

      Hapus
    8. Mosok mesti d screnshot semua kejadian to mase...kan jd banyakan gambare πŸ˜€...ambil kesimpulane aj. Inga inga kesimoulan sudah menvakup semua isi buku ting ting. πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
    9. Mengkene mas...

      Ground base radar itu kemampuannya melihat obyek yg terbang rendah (+/- 50 m) terbatas oleh jangkauan horizonnya, yaitu kurleb 30 mil.

      Apalagi rombongan set sistim radar s-400 rak guedem-guedem, jadi sudah diletakkan ditower yg tinggi utk meningkatkan jangkauan deteksi horizonnya.

      Paling banter, dasarnya s-400 pertama kali mendeteksi jet israel ketika mereka "pop up", menanjak act mendadak keketinggian 5000 kaki sebelum mulai melepas bom/rudal.

      Hapus
    10. Dan buktinya sudah banyak to mas, seperti kemarin waktu nganter kado buat tim pantsyr...😎

      Mak bedunduk...tau-tau udah dideketnya 😱😱

      Hapus
    11. 😭😭...mbalah ditinggal turu

      Hapus
    12. ahh teori...emang om smiling bisa baca radar apeh haha!🀣🀣🀣

      ehh..walopun nongol objek diradar, dr mane cara tau itu pespur f16 ape bukan hayo, coba trangken sejelas2 mungkin haha!😱😱😱

      oh buat impormasi bandara Hmeymim gak ekslusif dipake militer ruski. tp dipake jugak oleh penerbangan sipil, repot ada yg lalu lalang haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      tamba lagi grup f16 ituw kan awalnya terbang di perairan netral yg "tiba2 nyerang masuk suriah" haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      pertanyaannye, emang bole tembakin rudal ke arah pesawat apapun diatas perairan netral? om smiling coba bisa jawab, pake pasal yg lengkap yak haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      perluw diketahui jugak, isroil & ruski tidak sedang berperang. mereka punya perjanjian bilateral sedjak taon 2015.
      jadi mana bole asal serang, begithcu haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      nah soal peringatan dr isroil, ada, tp dibuat tak jelas & waktunya mepet..jd bikin bingung ruski.
      buat operator radar militer & pertahanan udara pasti rumit dibuatnye.
      antara mo nyerang tp ada standar ops. mana alutsista sgde bagong gt ada ritualnya kan.

      perlu inpo lagi, historis ruski pasang triumf. buat ngadepin turki yg ngembat su24 dolo haha!😊😊😊

      Hapus
    13. oiye segra dijawab yoo om smiling, klo gak bisuk tak rudal fentung lho haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
    14. Om Smillinghari mungkin lagi merenung mas,kalau menurut saya ,gampang saja karena ada introgator IFF yang ada di darat maupun pesawat. Setelah di endus radar maka tugas IFF melakukan introgasi apa ini kawan atau lawan.

      http://www.academia.edu/27168136/Perbandingan_Performansi_Sistem_Identifikasi_Pesawat_Menggunakan_Jaringan_Syaraf_Tiruan_Mode_Adaptive_Resonance_Theory_1_dan_2

      http://www.leonardocompany.com/en/-/sit434ci-iff-interrogator

      Hapus
    15. Enggak uda komerat...aku malah ga ngerti blas, @palugada komen apa?

      Bahasanya ga jelas...ntah pake EYD edisi kapan πŸ€”

      Hapus
    16. Mas smile...jgn lupa seluruh eropa sam timteng sudah masuk dlm jaringan radar jarak jauh rusia klo g salah namanya veronezh. Ingat waktu nato n yues ngegangbang syria pke ratusan rudal itu orang rusia bisa ngitung dri 1 sampe ratusan rudal yg d luncurkan plus dri platform apa sj...uedan tenan.
      blm lagi AWACS mereka yg stay d syria...rusia jg klaim bs menutup semua akses isroil jk perlu untuk bs masuk k syria...sooo sy kok haqul yakin bahkan sejak f16 isrohell take off rusia pun sudah tau semua (semua yg terbang d langit timteng mereka tau) itu d luar satelit militer mereka ya...😨😨😨😨

      Hapus
  6. India juga mau buat pangkalan tuh deket Aceh buat intercept pengaruh China.

    Berharap di Batam ditaruk pespur stealth idola kita semua, sutuc πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ben ra sutuc mbok gilok-gilok dolan neng pangkalan 12_cileungsi...ben enthing neng sirah πŸ€—

      Hapus
    2. Ajako Ken mas... bayari sisan mengko tak ganti duite... senengane seng lemu rodhok mecotot koyone arek kuwi mas.. cekelane mantep jarene...

      Hapus
    3. Lha ken ko di jak to...

      Paling pas naik tangga pesawat sendale d copot kyok meh melebu masjid...pas mendarat ngamuk2 kok sendalku ilang...td tu d tinggal disini ngunu...coba wae d jak lak malah geger nang bandara.

      πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  7. Silakan letak apa saja sekalipun... kerana aset indo tiada rudal dan radar, tidak memberi efek gentar apapun! Maklum aja jet indo hanya sekadar buat parade... sambil bawa rudal dummy! Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian anak jalang, Iki hasil dari perkawinan asu lan munyuk Yo koyo ngene Iki wujud watake.hahahaha

      Hapus
    2. Bedes ngomong ora usah ditanggepi

      Hapus
    3. 4 ekor Su-30MKM memberi efek gentar pada musuh wkwkwk

      Hapus
    4. ..gentar : geli bentar, mat..? 😊

      Hapus
  8. Kenapa harus di bangun dgn skala kecil? Apa ada rasa sungkan dgn negara sputsran? @ lady boy bidadari, orang pribumipun jg banyak yg jadi garong uang negara, penggelapan pajak dsb ngapain elu ga kecam? Mahzab kebenciann dan sara jadi junjunganmu bro...

    BalasHapus
  9. ini brita taon 2010, tni au uda kepinginnya dr taon 2004, kebayang kan molor brp taon haha!😎😎😎 uda hampir mirip ama pondok duyung 13 taon akhiranye kelar 2 tahun laluw hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    "Menurut Panglima Komando Operasi TNI AU I, kebutuhan tersebut sudah dituangkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara dalam keputusannya pada tahun 2004 silam dan belum terealisai sampai saat ini."

    TNI AU Perlu Pangkalan di Batam
    http://defense-studies.blogspot.com/2010/07/tni-au-perlu-pangkalan-di-batam.html

    Laluw knp Batam? padahal diseblahnya ada pulau Tj pinang, yg daerahnya gak kalah luwas haha!😎😎😎
    TNI AU Bangun Hanggar Pesawat di Batam
    http://defense-studies.blogspot.com/2017/05/tni-au-bangun-hanggar-pesawat-di-batam.html

    jawabannya adalah, kerna di bintan sudah ada Lanudal Tanjugpinang milik TNI AL, yg tahun ini naik jadi tipe A, ajieepp khan haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    kebayang pada masa jaya2nya dolo, tni al punyak Ilyushin Il-28, jet pembom haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    suatu saat tni al bakalan punyak jet2 tempur lagi keknya nich, gimana sukhoi33, mig35 ape lgs f35c haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/7/70/Il-28.jpg

    http://defense-studies.blogspot.com/2018/04/lanudal-tanjugpinang-akan-naik-menjadi.html

    BalasHapus
  10. sudah selaknya Batam diberi perlindungan yg lebih.. mengingat letaknya yg strategis dan menjadi salah satu daerah yg perkembangannya pesat sekali dibidang ekonomi. Mungkin 8-15 tahun lagi Batam akan menjadi kota megapolitan seperti jakarta sekarang.

    Betul kata om palu.. Tanjung pinang akan menjadi basis pesawat TNI AL semoga poseidon.. haha.. sedangkan Lanud Batam akan dihuni Gripen/viper. πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  11. Ya ia sesuai untuk menanam lebih banyak pokok kelapa sawit,pisang dan getah yang kemudiannya untuk pembayaran dalam perolehan ketenteraan.Kakitangan indonya terlatih dalam menanam pokok-pokok tersebut.xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu terlatih donk, tentera Indonesia kan punya dwi fungsi. Kalo Malon cuma show doang di depan ramai sok gagah, padahal fizik dan moral tempurnya lemah. Bukan tentera dgn mental petarung. Ini pendapat pribadi marinir yues lho.kehkehkeh....

      Hapus
    2. Aset ATM hanya dipakai untuk parade sahaje,bila perang aset ATM banyak yg lapok dan tak layak perang wkwkwk

      Hapus
    3. As per Indons Government, this will be the future site of Kite Flying Festival which will attract more foreigner for their tourism program.

      Hapus
    4. lebik bagus daripada jet malon membusuk kat hanggar dan dijual sebagai besi buruk

      Hapus
    5. Wkwkwk...beruk unknown tak sedar 4 ekor Su-30mkm malon beserta 2 ekor Su-30MKI indihe yg di sewa malon beraksi saat 31 august wkwkwk

      Hapus
  12. Cocok nih kalau Indonesia beli Viper Block 70.. pas momentnya πŸ˜…πŸ˜…

    https://m.detik.com/news/berita/4229221/jelang-70-tahun-hubungan-ri-as-jk-temui-mike-pence-di-new-york

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😨😨....waduh, sing ono momen neng endi mas? Kamongko sim ku mati je...πŸ˜₯

      Hapus
  13. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus