12 September 2018

TNI AL Jelaskan Kronologi Terbakarnya KRI Rencong-622 di Sorong

12 September 2018

KRI Rencong 622 (photo : Wiki)

TEMPO.CO, Jakarta - TNI AL menjelaskan urutan dan upaya penanggulangan KRI Rencong-622 yang terbakar dan tenggelam di perairan Sorong, Papua Barat, Selasa, 11 September 2018. Kapal perang kelas kapal cepat berpeluru kendali itu tak bisa diselamatkan, namun seluruh awak kapal berhasil dievakuasi.

Pada saat kejadian, cuaca cerah dan gelombang laut dalam kondisi landai. Kebakaran berujung pada kapal perang tenggelam ini terjadi hanya sehari setelah TNI AL menggelar upacara peringatan HUT Ke-73 TNI AL di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara pada Minggu, 9 September 2018.

Dinas Penerangan TNI AL, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa, 11 September 2018, menyatakan, kapal tersebut dalam status bawah kendali operasi Gugus Keamanan Laut Armada III. Kapal ini memiliki kelengkapan senjata utama sistem peluru kendali permukaan ke permukaan dan permukaan ke udara MM-39 Exocet buatan Aerospatiale, Prancis.

Kebakaran terjadi pada saat KRI Rencong-622 bergerak dari laut menuju dermaga umum Sorong untuk melaksanakan bekal ulang air tawar di Pelabuhan Sorong. Sekitar pukul 07.00 WIT, kapal melaksanakan pemanasan turbin gas, dimulai dengan start sistem unit pendukung daya tambahan (APU) turbin gas sebagai bagian dari sistem propulsi utamanya.

Turbin gas mesin kapal perang buatan Korea Selatan itu sempat hidup dan kemudian mati. Pada saat diperiska bagian panel kendali turbin gas, indikator tidak menunjukkan ada kelainan fungsi. Namun ketika dicek ke ruang turbin gas, tiba-tiba muncul api.

Menanggapi kondisi itu, personel langsung melaksanakan "peran kebakaran" (perintah aksi penanggulangan kebakaran) karena api terus membesar.  Komandan kapal lantas mengarahkan kemudi mendekat ke daratan terdekat dan melego jangkar dekat Pulau Yefdoif, di Perairan Sorong.

Kobaran api semakin membesar dan semua aliran listrik kapal putus.  Api pun merambat mendekati gudang amunisi kapal. Guna menghindari korban jiwa --karena rawan terjadi ledakan amunisi-- komandan KRI Rencong-622 memutuskan untuk melaksanakan "peran peninggalan" (perintah aksi meninggalkan kapal) kepada semua personel yang ada di KRI Rencong-622.

Menurut keterangan Dinas Penerangan TNI AL itu, komandan KRI Rencong-622 sudah berupaya melaksanakan penyelamatan kapal sesuai prosedur.  Komandan kapal juga melaporkan dan berkordinasi terus tentang kondisi yang dihadapi di lapangan. Kapal tenggelam pada posisi lego jangkar dekat Pulau Yefdoif di Perairan Sorong.

Seluruh awak KRI Rencong-622 selamat telah dievakuasi ke Pangkalan Armada III TNI AL di Sorong. Beberapa peralatan penting ikut diselamatkan. TNI AL akan membentuk tim investigasi untuk mencari penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Diharapkan dari hasil investigasi ini dapat dijadikan bahan evaluasi guna mengantisipasi kejadian serupa.

(TNI AL)

49 komentar:

  1. Inikapal buatan Korea dan bermesin turbin gas ,kita punya punya 3 buah lagi dari jenis yang sama.
    Semoga cepat keluar hasil investigasi yang murni sehingga kita penyebab sebenarnya agar tak merembet ke kapal lain.
    Disini sering masalah karena setiap orang akan mencoba mengelak dari tanggung jawabnya sehingga sulit mencari sebab yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  2. Setelah kejadian ini saya jadi berpikir kalau betapa menyeluruhnya keadilan Allah....seperti yang kita ketahui kita sama Malaysia suka ejek-ejekan hina-menghina tapi setelah ini saya jadi berpikir kalo hinaan ini semuanya balik ke negara masing" contoh :

    1. Orang Malaysia suka ngejelekin Indonesia karena alutsistanya ketinggalan,anggaran terbatas,dsb....tapi keadaan Militer Malaysia sekarang seperti Indonesia 10-15 tahun yang lalu yang anggarannya pas-pasan mau modernisasipun susah.
    2. Kita ngejek Malaysia yang kapal KD Sri Indrapura-nya kebakaran sekarang malah KRI Rencong yang kebakar.
    3. Kita ngejekin panser Malaysia terguling kemaren gantian Panser Tarantula kita yang terguling.

    No Offense ini cuma opini pribadi dan semoga ini bisa jadi bahan renungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, baiknya gak usah saling mencela lagi kedepannya.. Gak elok dibacanya juga

      Hapus
    2. Iya bro seharusx teman2 yg lain jg bisa intropeksi diri.. Lupakan Lah perselisihan masa lalu. sekarang Mari kita Maju kedepan Jgn menengok lagi kebelakan.

      Hapus
    3. Tak ada asap maka tak akan ada api bro,siapa yg dulu mencela indonesia zaman alutsista kita lg terpuruk...think smart bro,banyak2 baca supaya bisa paham dan mengerti keadaan zaman dulu dan zaman now...zaman now,pinoy lg terpuruk alutsistanya kita tak pernah bully karna karakter indonesia tak pernah mencela bangsa lain,justru kita mensupport pinoy supaya memodernkan alutsistanya,kl malon mah beda bro,tabiatnya merendahkan dan mencela bangsa lain dah diwariskan oleh majikannya british

      Hapus
    4. Ya kalau masalah musibah kita harus sama2 simpati ataupun turut berduka cita/salam takziah...tapi kalau lawan berita hoaxnya lanjut x jangan kasih kendor.

      Hapus
    5. Benda ni start dari zaman konfrontasi malaysia/indonesia, jadi siapa yang startkan dulu??? Akibat sikap paranoid pemimpin sesebuah negara

      Hapus
    6. Tak de hubungan dgn konfrontasi dulu,malon diajarkan british bhw mereka adalah bangsa yg paling superior dibandingkan indonesia,pinoy,thailand dan vietnam

      Hapus
    7. Zaman tu mana ada internet, nak hina indon macam mana, tunjukkan keratan akhbar malaysia yang menghina indon zaman tu, malaysia baru je lepas merdeka, tiba2 indon nak claim tanah melayu nak wujudkan indonesia raya, tanah punyalah besar ngan taraf hidup rakyat yang daif ada hati nak tanah baru

      Hapus
    8. Yang lalu sudahlah, biarlah berlalu. Buat pelajaran berharga utk masa depan yg lebih baik.

      Hapus
    9. @Eligo, baca sejarah yang sebenar ,cari sumber yang credible baik diluar maupun dalam negri ,baru boleh simpulkan ...

      Hapus
    10. sian tgk mat rempit.. asyik dia je melalak lebih2... :) tu la banyak sangat minum kopi taik musang..otak pun dah penuh dgn taikk....kwkwkwkwk

      Hapus
    11. Intinya Sukarno ingin membubarkan negara boneka Malon yang buatan britsh menjadi malon yang merdeka seutuh nya dari imprialis.. yang perang pun di konfrontasi bukan Malon tapi britsh.. buat apa rayakan hari kemerdekaan lonπŸ˜†.. mana penjajahnya? Malon udah merdeka apa belum? πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  3. Ambil hikmahnya. . Mungkin kru kapal pingin kapal baru..., kapal FAC 622 ini sudah uzur..., buatan Daewoo shipyard taon 1984...32 taon mengabdi..., gantinya pun telah disiapkan.. KCR 60, mudah mudahan klo ada asuransi siap di claim.. .buat beli PKR.. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya bro,maslahnya bodynya dari aluminium,titik leburnya rendah ,pada suhu 600 derjat Celcius sudah melebur.maka kalo kebakar sangat sulit untuk menghentikannya.

      Hapus
  4. Dunia ibarat roda sekejap diatas dan sekejap dibawah.....

    BalasHapus
  5. Tak nak komen panjang berkaitan isu ini... Tumpang Simpati atas kejadian yang menimpa...

    BalasHapus
  6. Kapalnya mungkin waktunya istirahat...gpp...yg penting awaknya alhamdulillah selamat.

    BalasHapus
  7. INDONESIA DARURAT KAPAL DESTROYER!!

    BalasHapus
  8. Maaf beribu ribu kata maaf
    Klik di kapal kargo itu di lengkapi dgn alarm api / panas dan jg di lengkapi dgn alat pemadam otomatis.
    Dan jg handel penyetopan aliran BBM

    Maaf bila saya kurang sopan dlm berkomentar. Salam sesama pelaut

    BalasHapus
  9. Kalo kapal malaysia yg terbakar,udah tentu ratusan komentar muncul.

    BalasHapus
  10. Kapal buruk low quality buatan korea pantas saja terbakar... belum perang sudah terbakar🀣 indo dan malay suka beli aset low quality asalkan boleh guna🀣 maklum saja negara miskin...

    BalasHapus
  11. muke gileee malon lagi2x ngajagk ribut http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/04/samuel-empat-wilayah-lumbis-ogong-masih-tetap-ikut-diklaim-malaysia

    BalasHapus
  12. Nah...berita yang kaya gini ni yang bikin adem...
    https://jakartagreater.com/pangdam-mulawarman-buka-latihan-bersama-tni-tdm/
    Salam damai....

    BalasHapus
  13. Tni ma tdm aja nongkrong bareng...lah kalian kya bocah sma doyannya tawuran melulu...

    BalasHapus
  14. ...bocah ngapa yach...bocah ngapa yach


    MalaSsia Beruk tetaplah MalaSsia Beruk, sifat ASLI nya akan muncul sewaktu-waktu


    ...old, now and forever





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kaitan malaysia dgn kejadian sehingga ko marah benar ni.. wkwkwkwk..banyak minum air kopi taik musang ke.. tu otak penuh dgn taikk :)

      Hapus
  15. Bukti cinta tanah air dan bangsa bukan dengan cara merendahkan bangsa lain bro

    BalasHapus
  16. tak pe tak pe...terbakar satu...PT PAL nak bina 10....bukan macam bousted dengan gowind.,,,,tak de wang,tak de skill.,,tempek stiker .....kapal tak pernah wujud

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Jiran tertangga,

    Alhamdulillah tiada kemalangan jiwa, semoga incident ini menjadi satu ikitbar buat Malaysia juga dimana TLDM masih menguna kapal2 yang berumur lebih 30 tahun akibat kekangan kewangan buat masa kini.

    BalasHapus
  18. turut bersimpati kejadian ini dari ane..sukur gak ada kehilangan nyawa..alutsista bisa dibuat/dibeli tapi nyawa prajurit gak ada galang ganti nya..

    BalasHapus
  19. Yang penting prajuritnya selamat dulu.

    Tinggal ganti itu kapal tua bobrok. Dari designnya saja kurang sreg untuk kondisi sekarang.
    Apalagi senjatanya pakai buatan cina. Buang saja ke laut.

    Ganti yang baru dari galangan nasional dan pakai senjata yang sudah battle proven jangan pakai senjata KW dari si aseng

    BalasHapus
  20. Musibah kapal tua rentan terbakar sudah takdir yg penting prajurit tni al selamat dan sudah waktunya belli kapal perang baru sigma class frigates monggo di lanjut kan kembali broo .

    BalasHapus
  21. maklum sudah tua 38 tahun lebih, barang tua harus lebih sering dirawat

    BalasHapus
  22. https://www.janes.com/article/76931/indonesia-s-lead-kcr-60m-craft-loses-missile-attack-capabilities

    BalasHapus
  23. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus