27 September 2018

TNI AL Luncurkan Kapal Tanker KRI Bontang 907

27 September 2018


KRI Bontang 907 (photo : MetroNews)

Perkuat Pertahanan Laut, TNI AL Luncurkan KRI Bontang

Batam: TNI Angkatan Laut meluncurkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang di kawasan industri galangan kapal, Batamec Shipyard, Kota Batam, Rabu, 26 September 2018. KRI jenis kapal bantu cair minyak ini dioperasikan untuk mendukung formasi kapal tempur TNI AL di laut. 

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, pembangunan KRI Bontang adalah suatu program pembangunan kekuatan TNI yang telah dirancang dalam program lima tahunan. Program tersebut dirancang sampai tahun 2019 mendatang.

"Sebuah kebanggaan bagi kita, KRI Bontang resmi diluncurkan untuk mendukung dan memperkuat operasi pertahanan laut NKRI. Kapal ini akan membantu operasi kapal-kapal tempur TNI AL dalam setiap operasi di wilayah perairan Indonesia," kata Sukma Adji di Batamec Shipyard, Kota Batam.

Teknisnya, kata Sukma Adji, KRI Bontang akan membantu ketahanan kapal-kapal TNI AL yang sedang beroperasi di laut. Jika selama ini KRI yang beroperasi kembali dulu ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar dan mengangkut kebutuhan lain, kini dengan adanya KRI Bontang, kapal-kapal TNI AL tersebut bisa tetap berada di laut. 

"KRI Bontang yang akan membantu untuk menyuplai bahan bakar minyak. Sehingga operasi pertahanan wilayah oleh kapal-kapal TNI AL dapat bertahan lebih lama di laut," ungkap Sukma Adji.

Terkait dengan penugasannya, perwira tinggi TNI AL yang resmi menjabat Kasal pada 23 Mei 2018 ini, mengatakan, disesuaikan dengan proyeksi eskalasi operasi di laut.


KRI Bontang 907 (photo : Inspiras1)

Wilayah penugasannya selain di perairan Natuna, Provinsi Kepri, juga bisa dikerahkan untuk operasi di Samudera Indonesia maupun Samudera Pasifik. Sekadar diketahui, panjang kapal ini mencapai 125,5 meter dan tinggi 30 meter. Adapun kapasitas minyak yakni 5.500 kubik atau meter persegi. 

Kelebihan lain yang dimiliki kapal ini yakni kemampuan daya jelajah mencapai 30 hari non-stop, dengan daya tampung kru dan personel mencapai 109 orang. Kapal ini terbuat dari baja yang sebagian besar komponennya berasa dari dalam negeri.   

Direktur Batamec Shipyard, Mulyono Adi  mengapresiasi peluncuran KRI Bontang ini. Pembangunan KRI Bontang dimulai pada tahun 2017 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018.

Mulyono optimis jika KRI Bontang bisa sangat bermanfaat dan membantu pengamanan wilayah perairan NKRI.

"Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami mampu membangun dan memproduksi kapal di dalam negeri, salah satunya KRI Bontang untuk memperkuat operasi pertahanan laut di wilayah NKRI," jelas Mulyono. 

Mulyono menjelaskan, pembangunan kapal ini sekaligus momentum strategis bagi Batamec sebagai perusahaan industri galangan kapal di Indonesia. "Ini menunjukkan bahwa anak bangsa mampu menghasilkan karya yang dapat bersaing dengan dunia internasional dalam industri pertahanan," pungkas Mulyono.

133 komentar:

  1. Balasan
    1. smilinghari21224 September 2018 10.44
      Maaf mas G...kalo anda belum paham SOP pertamax disini:

      3 baris pertama diperuntukkan untuk: manula, jomblo merana serta penyandang masalah sosial...kalo mase tidak termasuk dari ketiganya, silahkan geser 3 baris kebawah😎

      Copas coment nya um smiling 😂😂😂✌️✌️✌️

      Hapus
    2. Wakakakaka gara2 ini gw gak berani komen lagi buat pertamini bro.. nunggu rada sepi aja dibawah lapaknya 😅😅

      Hapus
    3. Saran ane : hibahin 3 baris itu buat yang 'kepo'..😂
      Lalu isi baris ke 4 dan selanjutnya tanpa membahas 3 baris sebelumnya.

      😂😂😂😂

      Hapus
    4. Hahahah...ngih mas lali aku...qiqiqqiqiqi

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Dibawah akan muncul komen2 dari jiran yg bangang dan iri hati...sila dimulakan lon wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. good news for Indonesians means bad news for malons as british slaves...sampai bila..?

      Hapus
    2. Sampai iri hati mereka hilang bro wkwkwk

      Hapus
  4. Bagi indo sebagai negara arcchipelago itu suatu keharusan. Bagi negara non arcchipelago yg mengklaim dirinya sbg negara kepulauan di SEA ga usah ikut2 an.ckup pake yg lama aja tankernya.

    BalasHapus
  5. Hehehe

    Tiga teratas dinyatakan sudah tua oleh mas Smili.

    Welcome mas Didi dan Mat Rempit, welcome to K4 (Klub Kumpulan Kakek-Kakek). Dengan Ketua mas Smili, sekretaris dan bendahara mas PS (harusnya gue tapi gue sering kabuuuur dari tugas buat ngejar woof-woof yg lepas).

    🏃🏃🏃🏃🏃🏃 kabuuuuuuurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... sampean kan dulu raja nya pertamax di JKGR bung . Bersaing ma bung ruskye😀😀

      Hapus
    2. Wkwkwk...huaasemm iki om TN wkwkwk

      Hapus
    3. kalo om woof kabur2an gpplah, yg fenting pr-nya dach selesai toh haha!😉😉😉
      klo kaka tertuwir kan laen, milipir2 trs kabuuurrr..lufa haha!🤸‍♂️🤸‍🤸‍♂️

      Hapus
    4. Lha mohon dimaklumi kalau kaka tertuwir itu sering lupa. Maklum udah fikun, semua hal dia lupa kecuali satu soal yaitu janda.

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    5. ho'ohh, fantesan wkt guwe setor tangan pertama DINGIN om woo2.
      mungkin kudu coba nyetor JDAM keknya lgs BANYUMAS: BAru NYiUm lgs leMAS haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  6. wooowww baruw lagii..warbyazahh haha!👍👍👍

    KRI 594 Semarang
    https://www.youtube.com/watch?v=8l5XsIOKw54

    salam shopping 3 MATRA tempur se ASEAN:Vietnam, Indonesia, Myanmar, Singapur, Filipin buat thailand Xlalu okeh oceh 👌👌👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi ompal,emang warbiasaahh...blm lg bln oktober Kasel CBG ke-3 akan meluncur om,dahsyyyaaat om...

      Hapus
    2. abis LPD ke 6 ini, lanjut lagi LPD ke 7, kapal komando bok, tak putus putus shoping soping teruusss haha!🤣🤣🤣

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/09/indonesian-navy-outlines-specifications.html


      kesian yg "tak punye" LPD baruw, dibuai mimpi burok tiep malem jumet "kliwon"..waaah ntar malem donk hiiih ceyemm haha!👻👻👻

      Hapus
    3. nyoih om pit, semakin "Banyak" semakin "Lengkap" dan satu lagi yg buatan Indonesia makin banyak, yg artinya takkan masuk SIPRI bkn SUPRI laa yawww haha!👍👍👍

      pokonya bikin merinding dach postur TNI AL kita, bikin pasukan itu kejang2 tak shoping soping diwaktu musim semi haha!💀💀💀

      Hapus
    4. Ya iya dong ompal,moso yo buatan tempatan indonesia masuk SIPRI,gak banget lah tuh om...beza dgn jiran sebelah om dgn bangganya mempersembahkan weapon yg masuk list SIPRI dikatakan 100% buatan tempatan wkwkwk....aje gile benar tuh jiran sebelah ompal wkwkwk

      Hapus
    5. jiran mana, oh yg lg ngamuk pake link jebot disebelah ituw, balik kanan bubar jalan itu mach om pit haha!🤣🤣🤣

      ngelas aja gak beres2, mana impor pulak haha!😋😋😋



      Hapus
    6. Yoi ompal,siapa lg kl bkn si kolektor link zaman jepun itu wkwkwk

      Hapus
    7. kesian doi kalah mlolo kita hajar pake link jaman now anti huks haha!🤗🤗🤗

      Hapus
  7. Kalau baca di timeline schedule sih bakalan tiap bulan akan meluncur kapal2 baru bro sampai akhir 2019 buah dari pembuatan sejak 2017. Yah mudah2an lancar jaya terutama informasi akhir 2018 akan keluar LPD dan Klewang trimaran ver 2.0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LPD baru nomor 594 sudah diluncurkan bulan kemarin, tapi belum commisioning di ALRI.

      Yg mau meluncur lagi :
      Klewang 1 unit
      LST 3 unit
      OPV Bakamla 3 unit
      KCR 60 3 unit
      Kapal selam 1 unit
      Beberapa PC 40 dan PC 28.

      Itu yg masih jelas terlihat.

      Hapus
    2. om super... jngan terlalu jujur gitu.. nanti beruk2 malons panas hati soalnya mereka baru shopiing2 seperti Indonesia menunggu tahun 2055. kahkah.. 😅😅😅😅😅😅

      Gitu kok masih ada beruk malons yg goblok, katanya AL Indonesia sudah tertinggal jauh dari askar bersarong malon.. Apa ngk kebolak tuh otaknya..?? xixixi.. #Efek digondolin UMNO puluhan tahun kali yak..?? 😂😂😂

      Hapus
    3. LST,LPD,KCR60,KCR/PC40,BCM => dah rutin 😎
      PKR,OPV,KS => spesial. 😁

      CN series => rutin.

      Anoa => rutin.
      MMWT => akan rutin.

      Baca komen akting => rutin 😂😂😂

      Hapus
    4. haha.. bener kata mas ngitung.. itu yg jelas terlihat. Yg tidak terlihat dan ujug2 meluncur seperti kapal latih 40 meter yg kemarin meluncur.

      Nanti tiba2 kita meluncurkan LHD gimna coba..?? bisa hariki (bunuh diri) massal tuh maloners.. wkwkwkwk.. soalnya galangan kapal/shipyard kita tersebar dari sabang sampai merauke, dari pulau miangas sampai pulau rote.. ciyeeeee.. 😅😅

      Hapus
    5. MMWT apaan sich mase....apakah Mamah Muda Wutuh Tatih Tayang 🤔

      Hapus
    6. Kalo harakiri masal sih enggaklah mas bagaz....paling banter nanti kalo dilihat dari satelit, tampak kebon pisang yg pada dirubuhin pohonnya 😂

      Hapus
    7. Bagaz@ yg lebih parah lg bro kapal perang dikatain lapok dan ompong sama beruk malon wkwkwk....tuh beruk percuma saja pantauin terus update berita militer indonesia karna di otaknya rasa iri hati dan dengki dah mendarah daging wkwkwk

      Hapus
    8. Bagaz@ ralat# kapal perang indonesia dikatain...

      Hapus
    9. wkwkwk.. betul juga tuh om smili.. 😂😂😂😂😂😂👍👍👍👍

      Hapus
    10. makanya om pit.. kan saya bilang diatas.. mungkin efek digondolin UMNO puluhan tahun membuat beruk2 malons otaknya kebolak.. wkwkwkkwk..

      Hapus
  8. woooowww.. woooooowww... sudah nyata indonesia mampu memproduksi berbagai jenis kapal militer dari LPD, LST, BCM, KCR, OPV, kapal patroli, Fregat SIGMA, Cost guard, next kapal selam dan LHD. haibat Indonesia..!! 💪💪💪💪💪😄😄

    Laaaahhh.. malon kok masih bangga jadi tukang tampal stiker ya..?? dan bangga menjadi pusat produksi dadah/narkoba terbesar di Asia.. xixixi..

    Rusak parah mentality budak2 malons gara2 puluhan tahun dibohongi UMNO. 😂😂😂😂😂😂😂😂..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu beruk otaknya dah sengklek semua bro,malah kapal perang indonesia dikatain ompong dan lapok sama mereka wkwkwk...semua beruk malon percuma baca update militer indonesia di sini bro soalnya otak mereka dah dipenuhi kedengkian wkwkwk

      Hapus
    2. otak malon pada ikut tergadai hutang hahaha

      Hapus
  9. malaysie dah bina macam nie 60 bijik

    BalasHapus
  10. berbeda pendapat sah2 aja, demi satu alasan yaitu terbaik untuk indonesia,,,budget yg seadaanya harus dimanfaatkan untuk mendapatkan efesiensi kwaliti dan kwantitas dalam pengadaan alutsista, gk perduli itu produk blok mana yg penting itu bermanfaat dalam segala hal untuk kepentingan pertahanan indonesia dan kemajuan ilmu teknologi indonesia, pro kontra adalah hal yg wajar dalam hidup.

    BalasHapus
  11. Wow. Cute ships. Big ships to accommodate cows, goat, rice, corn, cereals, logs, coconut trees to feed their poor people. I dont think if Pigs are allowed to transport in this cute ships as prohibited in their culture.xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...ada beruk malon iri hati masuk perangkap aq wkwkwk

      Hapus
    2. iye lahh.. horang kayaa,. emang lo kacung british, dah lah miskin, bangang pulaa.

      Hapus
    3. 😮😮😮...katjung to jebule, lagake wae wes koyo juragane 😌.

      Tiwas tak kiro juragane ki humble...rilo panas-panasan among tamu neng ngarep buckingham...jebul katjunge 😂😂😂

      Hapus
    4. malon memang bangga jadi kacung (babu, budak, pembantu,minah) british om smili.. wkwkwk.. mentality low memang begitu.. 😂😂

      Hapus
    5. malon satu ini asli dari kandang british.
      malu memakai bahasa melayu.

      Hapus
    6. well it would be better to be used crushing commie fisherman militias
      troll harder qiaowu in the end no maritime asean country willing to side with you
      better petting and preserve your "Friendly muslim" country which is Pakistan

      Hapus
  12. BREAKING NEWS !!!

    Ternyata PASKAL TLDM Malon pernah di didik dan dilatih KOPASKA TNI-AL...buat para maloners jgn stroke bila baca maklumat ini wkwkwk...cekidot : www.malaysiaflyingherald.wordpress.com/#Paskal : Operasi Gonzales/23-09-2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada tiarap om pit haha!💀💀💀

      Hapus
    2. No matter what, Indons will never win in a war bro. You know what? Your mostly low IQ people and belongs in 3rd world country.Those countries who buy your plastics ships and plane are not satisfied and will no longer buy again your low quality products. And besides you build your boats not 100% on your own just a body itself but the systems are outsource from other country thats why you have difficulty in providing customer support. Your government waste a lot of money to spend in your non sense military hardware creation. Instead your money should pour in your most poor people who could no longer afford to eat food in a day. I see a lot of your female slaves who work here in KL and even our slaves here is Indon. In fairness we treated our Indons slaves here as our family too. We feed them as person.
      So dont be too proud of any Mr. MAT RUMPET all I can say that Indons suffer poverty. My recommendation to your Government that you give attention and pour money to your poor people instead of wasting money to non sense military.ok

      Hapus
    3. uhuukk uhukkk..kita mah dach sering menang, beda ama yg kena invasi tentara aseng haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Unknown@ ohh yeah wkwkwk...malon must take a mirror n how ugly malon its in the mirror wkwkwk...let's take a look,cekidot : www.freemalaysiatoday.com/perkasa: lebih 95% rakyat miskin malaysia ialah bumiputera/19-11-2017

      Hapus
    5. Eat shit unknown malon.. ..!!! Hahaha

      Hapus
    6. Palu@ yoihh ompal,kalo soal perang mah indonesia juaranya,gk perang aja pun TNI selalu jd juara,tuh di AASAM ompal...jiran cuma juara terbelakang di AASAM,satu lagi ompal,TNI tak tercirit2 lari ketika digondolin nelayan cina wkwkwk

      Hapus
    7. Actually Kopaska was the most weakest apecial force in the world,already busted by PDRM.

      Breaking News

      Kuala Lumpur,2001:
      PENGLIBATAN UNIT TINDAKHAS DALAM OPERASI-OPERASI DILAUT.

      OPERASI PAGANG

      Sekitar tahun 1997 hingga tahun 2000 berlaku peningkatan kes kejadian rompakan keatas kapal-kapal dagang yang melalui Selat Melaka terutamanya di Perairan Negeri Sembilan,Melaka dan Johor.

      Ini Membimbangkan PDRM terutama Jabatan Marin.Sehubungan dengan itu sekitar tahun 2000 sehingga 2002 satu operasi khas telah dilancarkan oleh Pihak Polis Marin Wilayah Selatan bagi membendung kegiatan ini dari terus berleluasa.

      Operasi ini dinamakan Ops Pagang dan ia adalah singkatan bagi nama `Operasi Kapal Dagang’.Pihak Unit Tindakhas Bukit Aman telah dipanggil bagi membantu Cawangan Polis Marin Wilayah selatan sepanjang operasi ini dijalankan.

      Operasi ini melibatkan kerjasama yang sangat rapat antara Pasukan Polis Marin dan Pasukan Gerakan Khas (UTK) sehingga Berjaya mencipta banyak kejayaan besar dan melakukan beberapa rampasan barang rompakan dan juga beberapa laras senjata api berbahaya.Beberapa buah bot dagang (barter trade) juga Berjaya diselamatkan ketika sedang disamun oleh para perompak laut yang kebanyakkannya datang dari Negara jiran.

      Jarak yang dekat antara Negara jiran dengan perairan Malaysia memboleh para perompak laut keluar dan masuk untuk melakukan jenayah rentas sempadan dalam masa yang singkat ditambah pula dengan keupayaan bot laju mereka yang sangat pantas namun hasil gabungan pengalaman luas anggota-anggota Cawangan Marin Selatan dan kemahiran tinggi anggota-anggota Unit Tindakhas Berjaya mematahkan banyak aktiviti-aktiviti penjenayah rentas sempadan dan perompak laut tersebut.

      Salah satu kejayaan operasi ini adalah kejayaan pasukan rondaan yang terdiri dari 3x anggota Polis Marin Wilayah Selatan,1x Pegawai Selam Tempur UTK dan 2x Anggota Tim Selam Tempur UTK Berjaya menawan dan menahan sebuah bot tempur Komando Pasukan Katak Negara jiran yang sedang melakukan rompakan keatas 2 buah bot dagang (barter trade) diperairan Tanjung Piai pada awal tahun 2001.

      Hapus
    8. Pada Bulan April 2001 Dalam satu rondaan biasa waktu malam sebuah bot tempur RHIB dengan kekuatan 1x pegawai dan dan 5x anggota.(3 Marin dan 3 UTK) dalam kegelapan malam telah terserempak dengan sebuah bot laju yang dalam keadaan mencurigakan telah menyusup masuk jauh kedalam perairan Malaysia di Tanjung Piai.

      Pasukan khas gabungan Marin dan UTK ini telah mengekori dan memantau dari jauh melalui teropong malam.Bot laju yang disyaki telah merapat dan disyaki melakukan samun keatas bot barter trade dari Indonesia yang sedang berada didalam perairan Malaysia.

      Ketika Penjenayah sedang melakukan samun keatas bot yang ke 3 Pasukan Khas dengan pantas merapat dan menyerbu mereka.Salah seorang anggota UTK dengan ganas dan tangkas terus melompat kedalam bot musuh dan melepaskan tembakan amaran serta mengarahkan mereka agar tidak melawan. Manakala anggota lain memberi perlindungan.Musuh tergamam dan tidak sempat bertindak.

      Anggota UTK dengan pantas merampas semua senjata api yang ada pada musuh namun tidak sempat digunakan.Ada senjata yang cuba disembunyikan namun dalam pengelidahan teliti Berjaya menemui sepucuk pistol Sig Sauer.

      Siasatan mendapati 4 orang adalah anggota Komando Pasukan Katak manakala 2 lagi adalah orang awam yang bertindak sebagai penunjuk arah kawasan perairan Malaysia.

      Berjaya dirampas didalam kejayaan ini adalah sebuah bot berkuasa tinggi bertulis ‘KOPASKA’,2 laras senjata tempur SS1 buatan Indonesia yang menggunakan peluru 5.56 yang sama seperti digunakan untuk senjata M16,satu laras SMG MP5,sepucuk pistol Sig Sauer dan sejumlah 205 butir peluru 5.56 dan 9mm.

      Selain dari senjata,turut dirampas adalah hasil rompakan berjumlah beberapa Juta Rupiah serta sejumlah matawang asing.
      (Rujukan kes Permas Rpt:260/2001)

      Maklumat-maklumat yang diterima sebelum ini melalui risikan yang dilakukan mendapati memang terdapat sekumpulan lelaki bersenjata berat sering melakukan rompakan didalam kawasan perairan Malaysia kadang kala sehingga keKuala Sungai Batu Pahat


      Operasi Pagang telah Berjaya mengekang hampir 95 peratus kejadian rompakan dilaut dikawasan perairan Johor,Melaka dan Negeri Sembilan oleh Lanun dari Negara jiran.

      Pegawai danAnggota UTK terlibat dalam menawan Komando Pasukan Katak adalah

      Insp.Muhamad Abdul Halim (Tim Selam Tempur)
      (Sekarang ACP dan bertugas di ESCOMM)

      Kpl Fauzi Othman (Tim Selam Tempur)
      (Sekarang Sjn Masih bertugas di UTK)

      Kpl Jamaludin Ahmad Tinggal (Tim Selam Tempur)
      (Bersara pada 2008 ceburi selam Professional Minyak & Gas).

      TANGKAS BANTERAS GANAS.

      Foto kredit Malaysian Defence and Security Community

      Hapus
    9. Unknown@ malaysian defence media UMNO yg penuh bual dan penuh halusinasi wkwkwk...siapa yg nak percaya pada media propaganda UMNO wkwkwk...aq tak percayalah wkwkwk...sama cem malaysian defence beritakan gempita,lipan bara buatan tempatan cem tuh lah bualan media malon nih wkwkwk...kl beritanya kopaska ditangkap polis ko tuh ada di Janes,SIPRI,army recognition ect barulah aq percaya wkwkwk...kl berita sampah dan hoax media propaganda UMNO cem tuh cuma 30 juta rakyat malonlah yg percaya wkwkwk...bila berita kopaska indonesia benar ditangkap polis malon pastilah beritanya ada di indonesia dan jadi trending topic,dari thn 2001 sampe sekarang tak de ada aq lihat berita kopaska indonesia ditangkap polis malon ada di media indonesia dan media terpercaya dunia,media UMNO cipta berita cem tuh biar pemerintahan UMNO nampak gagah dan Menggerunkan padahal semua itu bual dan hoax wkwkwk

      Hapus
    10. Baca sejarah indonesia jangan pake dengkul lon , inggris jepang dan belanda udah merasakan betul betapa heroik dan super gigih nya bangsa indonesia dalam berperang dan gen pejuang tersebut turun temurun sampai ini dalam diri orang2 indonesia , malaysia apa coba , perang apa yg sudag di lakoni malaysia

      Hapus
    11. Sumber

      https://m.facebook.com/MDSCTERBAIK/photos/a.166716386867181/737128203159327/?type=3

      Hapus
    12. https://m.facebook.com/MDSCTERBAIK/photos/a.166716386867181/737128293159318/?type=3

      Hapus
    13. https://m.facebook.com/MDSCTERBAIK/photos/a.166716386867181/737128383159309/?type=3

      Hapus
    14. Dont be mad...it is the truth that already viral in malaysia

      Hapus
    15. Unknown@ wkwkwk...Akun Facebook lg,aq pun boleh buat bualan di facebookku bila polis indonesia telah berjaya tangkap anggota NAVY SEAL wkwkwk

      Hapus
    16. As I know the history also indicated that indonesia army was very coward...bullying the country that just want to ne form uet they still unable to win..plus history also show us that you army also cowars in a lot of real battelfield..in UN battlefield you force run away with taxi.

      Hapus
    17. Mat rumpet.look closer to the photos..yes the link from facebook account but that facebook account just upload the real newspaper story (2001) and the real pdrm certificate so the story is real.

      Hapus
    18. How you want said that is 'tipu'since it was from PDRM and Newspaper?

      Hapus
    19. Unknown@ wkwkwk...viral yg direka2 UMNO wkwkwk...aq cabar minta bukti dari link terpercaya dunia,kl media malon siapa yg nak percaya wkwkwk...cem scorpene rasuah malon tak boleh selam aq percaya kerana ia diberitakan Wall journal street,di CNN,di ABC australia,di Janes jadi aq percaya,ini beritanya di malaysian defence media yg penuh bual itu wkwkwk

      Hapus
    20. Sorry dude...it is the reality..no need from bbc or cnn or what so ever because ot is authentic from PDRM where when the police of the country release the statement it is the real...it is very funny to see you still denied thw fact even you know it is the real from the police statement and newspaper

      Hapus
    21. Di facebookku,aq pun boleh foto pelancong western di bali gunakan uniform NAVY SEAL dan aq suruh polis indonesia tangkap pelancong yg guna uniform NAVY SEAL tuh,than aq take many pictures all of them wkwkwk...Link terpercaya dunia please wkwkwk

      Hapus
    22. For you imformation statement and certificate from police can't be creat or hoax..learn that

      Hapus
    23. Sorry dude,i can't believe in Ur media yg penuh bualan dan reka2 itu wkwkwk...Link terpercaya dunia please wkwkwk

      Hapus
    24. No no no..it is not about the photo of bali tourist or what so ever it is about the nesw from newspaper and authentic certidicaye from pdrm..how you want to denied that..admit it even its hard.

      Hapus
    25. And again ots not about the media..its about the police certiicate..from the beginning we talk about this you dont say anything about the police certificate..because what..because you know the police certificate cant be hoax...so it is the real

      Hapus
    26. It's no difficult,aq pun boleh sewa orang awam indonesia n than ia gunakan uniform polis indonesia n than catch pelancong western yg guna uniform NAVY SEAL wkwkwk..than aq take picture wkwkwk...simple,link terpercaya dunia please wkwkwk

      Hapus
    27. So the real is..ues..kopaska already BUSTED by pdrm..sorry dude..your army bery weak

      Hapus
    28. I dont know you realy dumb or just pretend to be dumb due to ashame about kopaska..I repeate it is not about the people but again it is about the organisation which is PDRM in this matter that release the certificate for the real history as a 'penghargaan'to the personel that catch the kopaska..like black hawk down certificate that release by is governmwnt to malaysia..jow cant it be hoax.it is from truth organisation not people.so mu advice just accept it ok

      Hapus
    29. Typo*
      Black hawk down certificate release by US government

      Hapus
    30. The same case with Ur scorpene,aq dulu tak percaya bila scorpene ko tuh tak boleh selam,than setelah aq baca berita media terpercaya dunia barulah aq percaya,aq baca wall journal street USA,aq baca CNN,aq baca ABC NEWS australia,aq baca media france barulah aq percaya bila scorpene ko tuh dibeli dgn cara rasuah dan tak boleh selam,cem itulah strategi kita untuk mempercayai suatu berita,dari 10 media dunia,9 media yg beritakan yg benar,satu yg hoax,manalah yg ko percaya...think smart wkwkwk

      Hapus
    31. Link terpercaya dunia please !!!

      Hapus
    32. Sama cem case ATM malon digondolin nelayan cina di sabah,pertama aq tak percaya bila tentara takut sama civil society cem nelayan cina,setelah aq baca ABC NEWS,CNN,ASIAN DEFENCE,NHK JEPUN etc barulah aq percaya bila ATM tuh tak de kuasa nak halau nelayan cina

      Hapus
    33. Yg dumb tuh media yg buat hoax dan suka mereka2 berita wkwkwk...sila hantar link terpercaya dunia kopaska ditangkap polis malon wkwkwk...no link terpercaya dunia itu sama sahaje dgn hoax wkwkwk

      Hapus
    34. Jangankan polis,government ko pun sering tipu2 rakyatnya,example : hissamuddin ex menhan ko sering cakap readiness jet sukhoi ko hampir 100%,semua cakap yg haibat2 dan menggerunkan pasal ATM,tiba masa mat sabu jadi menteri pertahanan,mat sabu said cuma 4 ekor Su-30mkm je yg boleh terbang dari semua jet pejuang rusia yg di beli,than sabu said pertahanan malon paling rendah di ASEAN,cakap mat sabulah yg membuat korang semua tersedar wkwkwk...dulu percaya sangat sama kebohongan hissamuddin,sekarang baru korang semua rasakan wkwkwk...government ko sahaje sering tipu2 rakyatnya apalagi menipu dunia wkwkwk

      Hapus
    35. Itu baru sikit pasal kebohongan government ko yg baru angkat,belum lg pasal MRO ASTC dan lain2,bila aq angkat berita pasal kebohongan government yg lain sampe akhir tahun tak habis2 beritanya,wassalam

      Hapus
    36. Haha si @unknown agen UMNO, takde dengan lah Kopaska kena tangkap polisi,, media UMNO senang tipu rakyatnya yg bodoh tuh

      ko tengok tuh bukti surat Najib yg menyatakan bahwa Najib dapat wang bukan kerana korupsi melainkan hadiah dari kerajaan Saudi?? Korang percaya tak?? Sedangkan kerajaan Saudi tolak klaim Najib tuh!!

      Bodoh memang rakyat MALASSIAL senang kena tipu UMNO hahaha

      Hapus
    37. Itukan cerita Hoax malon dari Forum MMP apapun di karang adminnya untuk beruk Malon terlihat selalu jaguh.. maklum pengadaan aset lagi ngga ada ..jadi admin nya harus cari bahan agar para beruk Malon bisa terus melancap 😁😁😁😁

      Hapus
    38. @mul yono ,dulu saya sering menghantam GaGak di MMP ,saya pake nick name unknow..disana saya terus menyudutkan GaGak MMP yang selalu membanggakan ATM secara berlebihan bahkan sering tak masuk akal tapi bodohnya lagi di percayai para Maloners .Tujuan saya biar terbuka pikirannya bahwa ATM tak sehebat ulasan GaGak dan pengasuk Blok militer Malaysia lainnya. Saya selalu bantah dengan data mereka tak berkutik , bahwa mereka tu sebenarnya tin kosong je ,sombong selangit tapi tiada bukti ,ketika di bantah mereka tiarap semua...
      Akhirnya saya di black list oleh GaGak mmp ..ha..haa,nggak bisa koment lagi,tapi tujuan saya sudah tercapai karena tak ada lagi bahasa menyombongkan diri dengan semua "ter" nya di kawasan .Padahal sebelumnya sering dia tulis malaysia atau ATM selalu ter baik,terhebat,tercanggih dan ter-ter lainnya di kawasan asean.

      Hapus
    39. Yang di FB lebih parah bro macam forum MDR juga .. dia bloked forumer yang dari Indonesia.. mereka sering mempengaruhi forumer nya untuk menginferiorkan Indonesia lewat info karangan mereka entah masalah alutsista dan apapun.
      Kalo mau liat forum FB itu Bisa pakai aplikasi VPN biar nggak kena block. 😁😁😁😁

      Hapus
    40. @mul yono, nantilah tak coba..
      Sekirar 2 tahun lalu itu MMP ,sepi yang koment nggak sampai 10 tapi setelah saya masuk jadi rame ..komen bisa sampai 100 ,tapi setelah saya tinggal kembali lagi sepi sampai sekarang...Maloners paling benci bila saya nulis disitu ha.haa.Yang agak berbobot disana dulu Scan,melayu,shed anuar,shafiq gahani,

      Hapus
    41. Silakan bro hajar.. 😁😁😁😁

      Hapus
    42. unknown dari kandang british inilah peliharaan ratu elisabeth yang malu memakai bahasa melayu. puas ditipu british sampai kiamat

      Hapus
    43. Umno ancen asu
      elit2 dia pake politik populis anti cina utk politik dlm negeri malay sementara bersekutu dgn taipan2 komunis china

      sakit hati ya taktikmu yg meniru dinasti ming 500 tahun lalu utk menjegal pengaruh majapahit dulu di malaka akhirnya tumbang akibat terpilihnya mahathir

      Hapus
    44. trolling here wont help indonesia moving closer to your country influence though.



      utk netizen indo banyak Qiaowu2 atau troll internet yg lagi dari negara Orang Kaya Baru yg di tugaskan ngetroll di forum2 diskusi baik dlm negeri Indo maupun luar negeri, strategi mereka biasanya menyamar jadi orang luar utk menciptakan persepsi bahwa negaramu budayamu dan negaramu dibenci orang2 luar negeri sebagai slah satu alat propagandis pasif mereka yg anti barat dan anti jepang dan merenggangkan hubungan sosial antar negara asean

      Hapus
    45. Mulyono,siTua n Komerat@ sekarang link GaGak MMP dan akun2 facebook militer lainnya dah mati suri jarang tayang kerana sekarang maloners sekarang dah tersedar akan ucapan mat sabu wkwkwk

      Hapus
    46. unknown yang cerita diatas kurang lengkap, nih gue tambahan. "hingga kuterbangun dan semuanya hanyalah mimpi" :D

      Hapus
    47. lah om kamerat itu om unknow jugak toh, lejen disini juga kok, om anony uda kangen tuch haha!😊😊😊

      Hapus
  13. Manusia jaman flinstone blm keluar dari gua bro, masih ngatur napas tuk posting di forum yg cetar membahana ini.hahahaha

    BalasHapus
  14. Wis, omongane tangga sing iri, dengki, srei kuwi ora usah digagas.

    Mbo'o diomongin kanggo angkut ternak lan beras yo ora opo-opo, lha memang iki fungsine kanggo kapal logistik.

    Mbo'o diomongin ompong yo ora opo, sing penting dibangun dhisik platforme, senjatane dituku lan kudu nunggu proses nggawene yo ora opo, mengko khan nek wis teko senjatane iso dipasang to ?

    Sing penting kita nek ngluncurke kapal gak nganggo diganduli balon kuning cacah telu barang merga wedi klelep.

    Nek kita ngluncurke kapal, kita yakin nek kapal gaweyan kita iso digunakke sesuai fungsine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha masih ngebayangin betapa proudnya yg bisa beli a400m dipake parade dan dielus2 tiap hari. Lha kalau dimari mau beli a400m buat dipake angkut semen dan sembako. Disono dianggep barang wah dimarih cuma sekedar alat transportasi sahaja... 😅😅😅😅

      Hapus
    2. Wkwkwk...hahaha...kah kah kah....ane ngakak benar baca komen senior2 ane om TN dan om super,ane gk kuat bacanya sampe ngakak bila A400 di jiran sebelah selalu dielus2,di lap terus menerus supaya kinclong saat dipakai parade kemerdekaan 31 august,lha di indonesia A-400 pesawat mahal seperti itu dipakai untuk angkut semen dan sembako wkwkwk...gile loe ndro,ehhh gile loe indonesia wkwkwk

      Hapus
    3. teko analaisis ku dewe bung seng tak cerna lewat komen2e iki curut2 malah 70% dudu melayu malaysia Troll army malah

      Hapus
  15. Negara kau udah bangkrup , tak usah omong besarlah. Mudah bagi indo tuk mengalahkan negara kau dri berbagai sisi, palagi klo sudah di mobilisasi, paling merengek minta bantuan FPDA....uhuuuy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya yakin anggota FPDA yang lain mau bantu ?

      Melihat hubungan mesra AURI dan RSAF dan RAAF serta hubungan mesra di bidang ekonomi Singapore, Australia dan Indonesia, mereka bisa bilang "Yo kuwi salahmu dhewe Lon, Lon. Ben kowe belajar tanggungjawab, ojo sithik-sithik njaluk dibantu."

      Hapus
    2. betul sekali om ngitung.. Australia dan Singapura tidak akan gegabah memusuhi Indonesia. Australia takut kalau kita mengizinkan china mendirikan pangkalan di Timor-leste, sedangkan Singapura takut kalau kita membakar lahan gambut di Sumatera. wkwkwk.. 😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Unknown,om TN & Bagaz@ Yoi bro2 sekalian,saat ATM malon digondolin nelayan cina di sabah,FPDA pura2 dungu dan pura2 tidur tuh wkwkwk

      Hapus
    4. Menurut gw FPDA udh nggk relevan. Inggris sbg kepala sukunya udh nggk memiliki kekuatan utk projeksi kekuatan militernya ke luar secara cepat & besar.
      New zealand udh loyo, mindset ausie & spore sekarang lbh baik rangkul kerjasama ekonomi dgn indo yg jauh lebih menguntungkan.

      Klo indo crash dgn malon mereka paling cuma ngasi teguran2 diplomatis aja. Nggk akan ada pengerahan militer

      Hapus
    5. Kok masih pada ngayal perang ama tetangga ya..?😁

      Kalo kuat-kuatan otot paling sebatas binaraga, ga mungkin sampek tinju..rugi bror, sama nyonyornya..😁

      Hapus
    6. Bayu@ Yoi bro,ausy,british n singapura akan berpikir 1000x bila mau perang dgn indonesia,faktor perut yaitu ekonomilah yg membuat mereka berpikir 1000x soalnya indonesia adalah salah satu pasar terbesar di dunia

      Hapus
  16. OOT...

    Harusnya mas Hari diajakin nih,
    Lokasinya ideal... :-D

    https://jakartagreater.com/pangdam-iskandar-muda-kunjungi-satgas-pamtas-pulau-rondo/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Golek rondo kok adoh-adoh...yen lagi melintas jalan raya cileungsi-narogong, timbang pegel kene macet luwung singgah neng pangkalan 12...ngopi-ngopi sembari pijat kaki 😎

      Hapus
    2. Ning yen mas superstar nggowo rombongan : mas boy, mas PS lan master ngitung, kejadiane ora sido "pijat kaki"....ning malah dadi "pijat aki-aki" 😂😂....🏃🏃🏃🏃🏃

      Hapus
    3. Asem... Tilis Ketep tenan komenmu mas..
      Bwakakakakakaka

      Hapus
    4. Mengko yen nengkono rasah do rebutan antrian yo...cukup baris urut sesuai tanggal kelahiran sing tercantum neng ktp 🤗

      Hapus
  17. Rondo Ning pulau Endi mas? Lor pulau Madura po?

    BalasHapus
  18. ...SELAMAAAAAAT !!!...dari AFC U 16 laga ketiga group A ;


    MalaSsia Beruk ( 0 ) vs ( 2 ) Jepang



    ...dan MalaSsia Beruk pun resmi TERSINGKIR





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  19. Pengganti KRI Sungai Gerong (Sungai Pakning Class) 1963

    BalasHapus
  20. Indo banyak betul kapal nya...apa perlu di hibahkan ke malon 1 bijik apa....wkkwkkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hibah aje 2 bijik lgs bisa om tupz...tp ambil sendiri didasar laut ada tuch, lengkap ama rudalnye haha!😆😆😆

      Hapus
  21. So you accept that Female Indon Slaves are for sale in Singapore? In short our neighbor never give respect to your female slaves, unlike here in KL we treated Indons Slaves as part of our family given an equal oppurtunity.

    Better for you MAT RUMPET to thanks us in giving respect to your women who work here us a house helper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown loose wkwkwk...ko jawab cabaran aq di atas wkwkwk

      Hapus
    2. Ketenteraan Malaysia paling lemah di rantau ini, kata menhan loh haha!😂😂😂
      https://m.malaysiakini.com/news/438100

      Hapus

  22. Nikmati sensasi bermain dalam meja VIP seperti di Las Vegas

    Promo Bonus 100% deposit dan 20% Cashback untuk New Member

    Satu ID pada website kami dapat digunakan untuk bermain:
    Sportsbook (Bursa Bola)
    Live Casino
    Slot Games
    Tembak Ikan
    Lottery/Toto
    Poker
    Racing

    CHIP368 - Situs Judi Online Terpercaya
    WA: +855 96 206 1990

    BalasHapus
  23. nasib malasya yang menjadi sampah di asean terpuruk karena butang tak mampu membayar bunga hutang akan terus memburuk sampai malon sadar nanti semua negerinya sudah terjual kepada asing

    BalasHapus
  24. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  25. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus