01 Oktober 2023

Australia Akui Kehandalan Heli SAR TNI AU: Latihan Elang Ausindo 2023 Sukses dengan Dukungan Heli SAR NAS-332 Super Puma TNI AU

01 Oktober 2023

Heli CSAR NAS-332 Super Puma TNI AU yang turut serta dalam Latihan Elang Ausindo 2023 (all photos : TNI AU)

Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 yang melibatkan Pesawat F-16 TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara) dan F-35 RAAF (Royal Australian Air Force) yang berlangsung di Lanud Sam Ratulangi Manado sejak tanggal 18 s.d. 26 September 2023 berhasil dilaksanakan dengan sukses berkat dukungan penting dari Heli SAR NAS-332 Super Puma Tail Number H-3214 yang dioperasikan oleh Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Kolaborasi antara dua negara dalam latihan penerbangan ini menunjukkan tingkat kesiapan dan kerja sama yang tinggi dalam menghadapi berbagai skenario darurat. Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF termasuk dua dari pesawat tempur canggih di dunia, bekerja bersama-sama untuk menguji keterampilan penerbangan dan strategi pertahanan udara.


Namun, salah satu komponen kunci kesuksesan latihan ini adalah kehadiran Heli SAR dari TNI AU. Heli ini siap untuk tindakan darurat jika sewaktu-waktu terjadi situasi kritis selama latihan. Dipiloti oleh Kapten Pnb Eddo M. Angkasa dan Lettu Pnb Dwipa Putra, Heli Standby SAR NAS-332 Super Puma H-3214 seolah menjadi penjaga keselamatan saat memerlukan pencarian, pertolongan, dan evakuasi bagi seluruh peserta latihan yang terkait.

"Kami sangat menghargai peran penting Heli Standby SAR dalam menjaga keselamatan selama latihan ini berlangsung. Tanpa dukungan Heli SAR, penerbangan latihan ini tidak dapat dilaksanakan dengan aman," kata beberapa penerbang F-35 RAAF dan F-16 TNI AU saat diwawancarai secara terpisah.

Dalam latihan semacam ini, kecepatan reaksi dan respon terhadap situasi darurat menjadi kunci utama. Keberadaan Heli Standby SAR adalah langkah proaktif dalam memastikan bahwa setiap kemungkinan situasi darurat dapat ditangani dengan cepat dan efektif.


"Kami berkomitmen untuk selalu siap sedia mendukung latihan yang sedang dilaksanakan. Dalam dunia penerbangan, keselamatan adalah prioritas utama," ungkap Kapten Pnb Eddo M. Angkasa dan Lettu Pnb Dwipa Putra.

Dengan berakhirnya Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 yang sukses, kedua negara dapat menilai dan meningkatkan kemampuan pertahanan udara mereka serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Dukungan dari Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor melalui Heli Standby SAR telah membuktikan dirinya sebagai elemen penting dalam mendukung kesuksesan pelaksanaan latihan ini.

11 komentar:

  1. KAPAL SELAM 2040 = The Royal Malaysian Navy (RMN or TLDM for Tentera Laut Diraja Malaysia) plans to procure another submarine in the 14th Malaysia Plan (2031 – 2035) and one more in the 15th Malaysia Plan (2036 – 2040)
    C130H 2040 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    HAWK 2055 = Kerajaan merancang secara sistematik penggantian pesawat Hawk 108 dan Hawk 208 seperti yang digariskan dalam Pembangunan Keupayaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) 2055
    KAPAL 2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    HUTANG 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    🤣MENUNGGU 2040-2055🤣

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Wuih ini mah latihannya lengkap ...
    Pantas saja ada yang ngamuk karena dengki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mau diajak latihan?. Helinya sewa, punya orang lain. Lagipula lagi main jimat......jimat kos. Segan orang ajak....kl tergores nyari bengkel resminya susah dan mahal.

      Hapus
  4. Heli SEWA lagi hebat, jimat kos konon padahal kismin melarat tak de wang 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  5. https://www.airspace-review.com/2023/10/01/nigeria-akuisisi-12-helikopter-md530f-cayuse-warrior-dari-as/

    Malon di ayam ayam kan Niger. cuma beli 6 ekor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbwahahahahahaaa

      Saye bilang juge apee.....😂😂😂

      Hapus
  6. KARENA KEUANGAN = Menteri Pertahanan mengatakan Malaysia perlu realistik dengan kekangan kewangan sedia ada dan ancaman-ancaman keselamatan dihadapinya pada ketika ini yang tidak memerlukan kehadiran helikopter penyerang seperti Apache atau Tiger.
    VERSI TRAINING = MD530Gs, which were delivered to Malaysia’s army in 2022. The type is appearing on static, and also participated in the show’s opening ceremony. The six rotorcraft – delivery of which was delayed for several years – are primarily used for training.....
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    🤣KARENA KEUANGAN = VERSI TRAINING SEWA🤣

    BalasHapus
  7. "..Kapten Pnb Eddo M. Angkasa.."

    ===
    Sejak lahir, bapak ini sudah disiapkan jadi pilot..😐

    BalasHapus
  8. Selamat dan sukses atas latihan Ausindo nya👍😎

    BalasHapus
  9. In the world we live today there are more fakes than real ones, in other there are more liars than people who are truthful and been told lies everytime can be so hurtful when you start to realize that you have been lied to too many times and all you brought to the table was honesty and the truth, moving forward you could change that situation with the right help, be it that have been lied to by your spouse and you want to know the whole truth, be it the truth in your place of work, just name it to Brillianthackers800@gmail.com Whatsapp +14106350697 and all your cyber problems comes to an end.

    BalasHapus