06 Oktober 2019

Pemerintah Cari Investor Kembangkan Proyek Pesawat R80

06 Oktober 2019

Program pengembangan pesawat Lapan pada masa awal (image : Lapan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana mengembangkan industri aviasi nasional. Salah satunya, dengan meneruskan pengembangan pesawat R80 yang digagas oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pengembangan pesawat R80 masuk dalam tiga program industri pemerintah.

“Ada program pesawat terbang, ada yang akan dikembangkan oleh Kemenperin, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie," ujar Darmin di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Pesawat R80 (photo : detik)

Darmin menjelaskan, dalam mengembangkan proyek tersebut pemerintah mengajak pihak swasta terlibat dalam mendanai proyek tersebut. Proyek tersebut direncanakan mulai digarap pada 2023. 

Berdasarkan data dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) pengembangan pesawat terbang R80 membutuhkan dana sebesar Rp 6,75 triliun. 

“Kita bangun infrastruktur, kita bisa kumpulkan dana, tapi kepemilkan tetap punya pemerintah sehingga kita bisa tambah pembangunan itu sendiri,” kata Darmin. 

KPPIP sendiri mencatat saat ini pemerintah memiliki 223 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan tiga program dengan nilai investasi mencapai Rp 4.180 triliun.


Penggabungan R80 ke dalam program Lapan (image : Lapan)

Untuk mendanai proyek tersebut pemerintah akan menggandeng para investor. 

Agar investor tertarik, pemerintah telah menyiapkan beberapa program, yakni Viability Gap Fund (VGF), availability payment dan insentif pajak. 

“Sebetulnya ada lagi yang kami kembagkan tapi perumusannya agak lambat. Namanya LCS (limited concession scheme),” ucap dia.

(Kompas)

145 komentar:

  1. Balasan
    1. Ada kok 7000 triliun di bank swis,,,dalam 5 tahun ini uang itu pasti kembali ke kas negara 😊😜😝

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.....injak sudah lay, batang leher si legendar

      Hapus
    3. Kalo ngga mau hutang, dicabut subsidi aja.... Paling yg ada teriak semua. Lihat itu Venezuela, dinina bobokan oleh subsidi ketika harga minyak terjun bebas... Lihat saja sendiri

      Hapus
    4. Kajian hukumnya uang 7000 triliun itu positif bisa masuk ke kas negara asal komitmen dr pemerintah dan legislatif satu tujuan yaitu memulangakan uang tersebut ke kas negara =>>>> inilah tujuan koalisi gemuk/besar yg diusung si kurus yg cerdas, dia rangkul TNI, KEPOLISIAN, LEGISLATIF, PARTAI POLITIK AGAR UANG ITU BISA KEMBALI KE KAS NEGARA,,,,TOMI DAN KELUARGA CENDANA KEJANG2, PROFOKASI SANA SINI TERMAKSUD PAPUA DAN RANGKUL HTI Tuk demo sana sini dengan tujuan terulangnya kerusuhan 98 tp hasilnya yg ada GAGAL cuman duit yg habis, uang 7000 triliun wajib kembali.

      Hapus
    5. https://kbbi.web.id/investor&sa=U&ved=2ahUKEwiO5_f_x4blAhVXeH0KHfUABlAQFjACegQICBAB&usg=AOvVaw3iyvzdAu_uAwYbuukobujk

      Hapus
    6. Xixixi, bahasannya itu2 aja.. mblenger boss

      Hapus
    7. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Investor&sa=U&ved=2ahUKEwiO5_f_x4blAhVXeH0KHfUABlAQFnoECAsQAg&usg=AOvVaw2bWPoiil6OGi7Vfx-tt4ZA

      Hapus
    8. MALAYDOG AJA SUDAH BENGKRAP, PROTON SUDAH DI BELI PERUSAHAAN OTOMOTIF ASAL TIONGKOK GEELY KERNA MENGALAMI KERUGIAN BESAR,, SYARIKAT PENERBANGAN MALAYSIA AIRLINES MAS JUGA MAU DI JUAL KARENA BANGKRUT, MAHATIR KATA SEMAKIN BANYAK ASET NEGARA AKAN DI JUAL UNTUK MEMBAYAR UTANG,, UTANG BANYAK TAPI PAJAK GST DI HAPUSKAN JADINYA NEGARA MALAYDOG KESUSAHAN CARI UANG,, PINJAM KE JEPANG RATUSAN BILION YEN UNTUK BAYAR BUNGA PINJAMAN,,,

      Hapus
    9. Raden Situngkir@ hajar terus antek2 Cendana itu tulang,jgn kasi kendor

      Hapus
    10. Pit πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    11. Sementara kita sdh siap terbang
      Masih ada negeri yg sangat bangga dengan mahluk melata tempelan stiker

      Hapus
    12. Malon tu om yang bangga dengan ke goblokan nya

      Hapus
    13. Ada masalah sama hutang dar? Kaya gak pernah ngutang aja lu.. sumpah pemikiran antek2 Oposisi itu2 aja.. nyinyiran lu gk kreatif dar.

      Hapus
    14. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU SUCHI saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      (1)"BUTUH~ANGKA~RITUAL~KLIK DISINI"

      Hapus
    15. kok diiklankan,katanya hebat

      Hapus
    16. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU SUCHI saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      (1)"BUTUH~ANGKA~RITUAL~KLIK DISINI"

      Hapus
    17. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU SUCHI saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      (1)"BUTUH~ANGKA~RITUAL~KLIK DISINI"

      Hapus
  2. Investor harus diikat aturan main yg ketat seperti tidak boleh mencampuri teknologinya dan gk boleh memunculkan produk yg sama diluar indonesia, cn235 dan ilmu2 teknologi yg dihasilkan habibie yg dicuri negara lain dimasa lalu adalah pelajaran yg baik agar tidak terulang kembali, ilmu2 teknologi yg dihasilkan habibie harus dilindungi indonesia untuk kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai kasus NMX-1 terulang lagi, untung saja Allah masih melindungi PT-DI dari malon yg terkutuk

      Hapus
    2. Botul itu tulang πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  3. https://youtu.be/D0o866RQjss



    Made in malon. .......
    ..........
    ..........
    ..........
    Katanya xixixixixixixi dont claim

    BalasHapus
  4. Jadi keinget orang yg pesawat hawk dibeli seharga f-18 hornet tahun 80an siapa ya? πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyi kereta api......πŸš‚πŸš‚πŸš‚

      Hapus
    2. Lah kok ada orang jual nasgor bawa handy talky ya? 🀣🀣

      Hapus
    3. Tank Scorpion & stormer, bunyinya gimana sodara..??😁

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Pilih πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨.....timbang dikarungi, gak iso ketemu anak bojo lan bojone tonggo kingko 😬😬😬

      Hapus
    6. Kalo yg malon punya sdh ngga bunyi lagi scorpion dan stormer. Kalau yg TNI-AD masih berjalan baik dan bagus

      Hapus
    7. Helmy..jadi ingat beli kapal LMS 70m/700 ton seharga LPD 120m,7000ton, beli Gempita seharga MBT, beli MD530 seharga Apache..beli scorpene mark up usd.400juta..semua embelian senjata OVERPRICED dan RASUAH YG GANAS...siapa ya..nanya..πŸ˜…πŸ˜„

      Hapus
    8. Pembelian tank AMX-10 yg tdk diinginkan marinir itu di zaman sopo yo 😁😁

      Hapus
    9. scorpy seharga tank challenger

      Hapus
    10. kepala sukune wes modiar mas, keloro" mikir kasus

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penghuni planet namex

    BalasHapus
  6. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!

    LINK ALTERNATIF ESIABET
    __________________________________
    WWW . ESIABET .IN
    WWW . ESIABET88 .COM
    __________________________________
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 2jt
    πŸ‘‰BONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
    πŸ‘‰BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
    πŸ‘‰BONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    Bonus New Member 100%
    Agen Bola Terbesar & Terpercaya

    BalasHapus
  7. https://www.viva.co.id/digital/digilife/1182288-jangan-sembarangan-biarkan-gojek-mengaspal-di-malaysia



    MALON YG TDK MAU BERSAING SECARA SEHAT DAN SUKA RASIS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa saja ke sidang WTO biar produk mereka dibalas

      Hapus
    2. Bos taxi gred A akan kejang2 dan nangis sehingga ngadu ke mommy Eli bila Gojek ngaspal di negara gred A 😁😁

      Hapus
    3. Kata mommy eli.... EGP, Emang Gw Pikirin

      Hapus
    4. Melayu lumoh lumoh kerjane gor ngarep bantuan kerajaan

      Hapus
  8. POOR INDONS SLAVE OF CHINA.

    LOAN AND DEBT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya MALON babu dari British, Tiongkok dan Nippon.

      Hapus
    2. Who's the real Slave of cina ? Malon is 😁😁

      Hapus
    3. Wooy matamu dimana?
      Pantai kamu dikencingi cina, sbg bukti kalian slave of china

      Hapus
    4. Wkwkwk perusahaan cina sudah pindah ke malon,siap siap punya babu baru

      Hapus
    5. Forest city kui nek malon po cino yo papa yupi

      Hapus
  9. Balasan
    1. Malon is 😁😁

      Hapus
    2. Lipan bara yw?
      Hahaha level kalian masih melata ruk..

      Bye bye.. Kami sdh siap terbang

      Hapus
    3. https://youtu.be/D0o866RQjss




      The real tampal sticker

      Hapus
    4. Pita berapi kui lo jian lucuuuπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    5. satu satunya produk made in malon yg mendunia akherat hanya dadah. "tiada yg lain"

      salut πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  10. BRAINLESS AND LOW IQ PEOPLE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon is 😁😁

      Hapus
    2. YES MALASSHIT BRAINLESS AND LOW IQ PEOPLE, AND NOW MALASSHIT JUST POOR COUNTRY, EVEN THEIR PM OLDER THAN HIS PEOPLE BECAUSE YOUNG GENERATION IDIOT AND LOW IQ 🀣🀣

      Hapus
    3. Bodoh orang sedunia dah kau ambil lon kau buat aja bekal di hari tua 😁😁😁

      Hapus
  11. KASIHAN NEGARA tamadunGIVEAWAY...BUAT PESAWAT DAN KAPAL TIDAK BISA...MALINGSIA IS SO BROKE AND IDIOTS PEOPLE..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan pesawat, bikin senjata serbu aje desainnya aje bikin ngakak πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    2. Jangankan pesawat, bikin senjata serbu aje desainnya aje bikin ngakak πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    3. Jangankan senapan serbu, knalpot aja di kongkek

      Hapus
    4. Jangankan knalpot,jubor ayam je dikongkek beruk malon 😁😁

      Hapus
    5. Hahah level mereka masih melata om, paling tinggi sesekali berleantungan

      Hapus
    6. Senapan pita kae ye huahahahaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  12. HUTANG! POOR IDIOT INDONS!
    LOW IQ!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahhhh si goblok cuman bisa iri dengki, uang indonesia 7000 triliun di bank swis' belum lg di singapura,,,malon bangkraps dan tolol πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    2. Ai IDIOT MORON bangun tidur lsg ngomong jorok. Cuci muka sama gosok gigi dulu sana

      Hapus
    3. Malon idiot cuma bisa sembang dan jealous melihat pencapaian Indonesia 😁😁

      Hapus
    4. Iya hutang 1087 T ringgit malon

      Hapus
    5. Ada bangsa bangkraps iri wkwkwk malonyet low iq

      Hapus
  13. Kapan ya kita bisa buat turboprop sendiri πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya sedang dikembangkan tp emang tidak dipublikasikan karena membuat mesin pesawat bukan sekedar bisa saja tp kwalitas wajib dikejar,,,cepat atau lambat pasti dipublikasikan 😊

      Hapus
    2. Ada link/forum kah? Pingin tau aja..
      Semoga gas turbin buat kaprang juga dikembangin diem2 😚

      Hapus
    3. Namanya jg gk dipublikasikan ya pasti no link,tp boleh tanyalah ama teman2 anda atau family anda yg karyawan pt.di, biasanya pengembangan2 teknologi yg punya sifat sebagai kunci dalam suatu produk' indonesia dalam beberapa tahun ini tidak mempublikasikan tp tiba2 setelah fix sukses baru dipublikasikan,,,,kebetulan pamanku karyawan pt.di, dia bilang pt.di dan badan pengembangan teknologi dalam beberapa tahun ini sedang mengembangkan mesin pesawat terutama turboprop' yg paling rumit itu mencari tau bahan2 campuran matrial yg digunakan untuk membuat perangkat2 mesinnya, mesin pesawat bukan seperti mesin mobil' kalau mobil mogok gk jatuh tp kalau pesawat mogok langsung terjun bebas, dengan mencari tau bahan2 matrial yg digunakan inilah mungkin pengembangan ini now publikasi/rahasia, kalau kita publikasikan negara2 yg tau ilmu teknologi matrial ini akan hati2 memberikan produk terbaiknya kepada kita,,,kita liat aja entar tiba2 muncul berita prototype nya selesai dikembangkan.

      Hapus
    4. Contohnya india, mereka berhasil membuat prototype mesin pesawat jet' tp apakah mereka berani menggunakannya???? Mereka gk berani menggunakannya karena mereka belum yakin bahan2 material yg digunakan punya daya tahan yg baik sesuai dengan gesekan atau panas yg dihasilkan mesin tersebut' semakin besar power mesin maka gesekan atau pun panas yg dihasilkan akan membutuhkan perangkat mesin dr bahan material yg kuat,,,campuran2 matrial yg berkwalitas teknologinya dikuasai amerika, china, jepang, jerman, inggris, rusia dan yg paling berkwalitas itu material campuran yg diproduksi rusia sehingga jangan heran kalau rusia mampu membuat rudal hipersonic, mesin roket antariksa, mesin jet tempur berkwalitas,,,untuk memproduksi mesin pesawat indonesia wajib mencari tau teknologi campuran matrial yg akan digunakan sebagai perangkat2 mesin, selain rusia indonesia jg bisa berharap pada korsel karena korsel terus meriset bahan2 campuran matrial untuk mengembangkan kemampuan mesin jet yg telah mereka produksi, kalau theknis dasar membuat mesin pesawat banyak negara yg sudah tau tp apakah bahan material yg digunakan banyak negara yg tau???? Pebrikan mesin pesawat biasanya membuat bahan matrial perangkat mesinnya sendiri, bukan asal beli pesan di pabrik baja. 😊

      Hapus
    5. Thnx Raden! πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

      Hapus
    6. Tuh anak kuliah teknik material metalurgi larinya kemana ya.. harusnya bisa bantu mereka 😚

      Hapus
    7. Sama2,,cuman sekedar berbagi pengetahuan aja, jd intinya pt.di bukan tidak tau membuat mesin tp komposisi matrial yg digunakan untuk membuat perangkat mesin itu yg emang belum lengkap, gk ada pabrikan mesin pesawat mau jual material yg mereka produksi karena itu kunci bernafasnya pabrikan mesin pesawat tersebut, mau gk mau transfer teknologi dan wajib joint produksi agar ilmu yg diberikan bukan ilmu teknologi abal2. πŸ‘πŸ™πŸ˜Š

      Hapus
  14. Balasan
    1. Yes MALASSHIT SLAVE OF CHINA WITH THIER DEBT ��

      Hapus
    2. Geely protong tong real chinese slave

      Hapus
    3. Malon is the real slave of cina,FACT 😁😁

      Hapus
    4. Budak cina semenanjung cuma koar2,terima kenyatAan miskin jadi babu

      Hapus
  15. Balasan
    1. Perusahaan cina pindah ke malassia dan menjadikan malon babu baru,its true fact

      Hapus
    2. Malon jealous 😁😁

      Hapus
  16. Airod dah siap pon bina a400

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aircrot ya hahaha aircrot punya pooron,poor moron

      Hapus
    2. Pale lo peyang , lo bikin aja dulu deh tu pesawat dari kertas , goblok aje banyak ga lo

      Hapus
    3. Bina stiker 😁😁

      Hapus
    4. Airod itu apa ??? Rumah mesum layanan kongkek je😁😁😁😁😁😁

      Hapus
  17. Pale lo peyang , lo bikin aje dulu deh pesawat dari kertas , goblok aje banyak gaya lo

    BalasHapus
  18. Faizal Sahpri, tahun ini dan 2020 indonesia akan buat lagi beberapa pinjaman besar utk beli aset pertahanan..
    Kita hutang besar tapi apa pun tak nampak

    Far Reid, Sebab tun M ckp negara kita bnyak hutang..kerajaan tiada wang...bila perang kita utus surat diplomatik...pastu kemas bag lari kenegara lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemas bag 》 jom songlap 🀣

      Hapus
    2. Saat bangsa lain berhutang untuk perbaikan ekonomi dan usaha,ada bangsa tetangga sibuk utang bwt bayar utang dan buat makan lon malon miskin bener😁😁😁

      Hapus
    3. Kemas bag lari ke neraka lah yg tuh 😁😁

      Hapus
    4. 😁😁😁😁😁 biar jadiπŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
  19. Lon malon kau kau mengatakan kami idiot kami low IQ,padahal secara fact and reality pemuda pemuda kami sudah jadi pemimpin besar di negara kami pak jokowi saja masih berusia dibawah 60tahun...negara kami sangat menghargai kemampuan anak muda kami,sementara pemimpin kau lihat wan mahatai 93 tahun,sudah uzur sangat masih jadi pemimpin,penggantinya ahli sodomi Dr.anwar ibraehem 72 tahun sudah kakek kakek.. apakah ini kesalahan sistim di malassia atau pemuda malassia yang benar benar tak mampu,idiot,stupid,lemah mental kerana tak pernah diberi kesempatan untuk mengabdikan diri pada negara malon akhirnya pemuda pemuda malon seperti korang sekarang,setres,penuh amarah,de intelegensia,jealous dan curiga berlebihan dan berakhir terjerumus sebagai pemakai dadah narkotik...kasihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malonyet kalian itu.berbakat budidaya orang jompo bisa dikembangkan wkwkwk dasar bangsa bodoh
      😁😁

      Hapus
    2. Benar tuh di malon bisa invest usaha baru panti jompo

      Hapus
    3. πŸ˜€πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜€

      Hapus
    4. Pemuda2 malon semuanya idiot,pemalas dan tak de kepakaran bro

      Hapus
    5. Malon sebenarnya banyak ahli tapi ahli kubur,negara kok isinya orang tua,peyot koruptor lagi ,homo juga banyak sampe PMnya

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. INGAT LON ! TACIK CINA LEBIH GALAK DARIPADA MOMMY ELI

    LAYANI CINA DAN PERUSAHAANNYA DENGAN BAIK YA POORON

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ati2 buat kesalahan dikebiri cinak lon😁😁😁

      Hapus
    2. Bro lelaki malon kebanyakam sudah ganti kelamin apanya yang nsk dikebiri bro

      Hapus
    3. Wkwkwk...Xi Jinping lg ganas dari mommy eli 😁😁

      Hapus
    4. Pelirnya papa masih nggantung ,malon operasinya setengah2 alias nyicil takde wangπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  22. Addy Rahim perumpamaan ATM dan Menhan sekarang adalah seperti 100 ekor singa yg diketuai oleh seekor anjing.. bukan nak menghina ATM.. tapi tangan2 bodoh rakyat sendiri yg menjadikan ATM kelihatan hina..

    Diketuai Malay dog🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah memang hina sejak dulu...najis cuih

      Hapus
    2. . mengatakan:
      2 Oktober 2019 pukul 5.11 sore
      @ azlan

      Mungkin kita bisa meminta tun dan mat sabu untuk membuat video pendek tentang cara mengibarkan bendera putih?

      Hapus
    3. Intinya malasiya senegara kumpulan orang bodohπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‰

      Hapus
    4. Bodoh dan sombong plus- plus Malon tiada berpisahπŸ˜›

      Hapus
    5. Wkwkwk...di MDR & MMP banyak beruk malon yg keluh kesah militernya teruk sangat,cuma di defense studies aja para beruk malon masih je menyombongkan diri dan sembang seolah2 militernya lebih maju dari Indonesia tapi sebenarnya hati mereka menangis 😁😁

      Hapus
  23. Wah si JAMBAN babi Malon sembunyi terus.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hari libur jamban masih sibuk jual diri lembur 😁😁😁

      Hapus
    2. Ini hari libur, jamban lagi dikuras isinya. Besok mulai di 'isi' lagi..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Hapus
    3. Jamban hari ini lg di kongkek jubornya sm Anwar bro 😁😁

      Hapus
  24. LON MALON ADA KABAR GEMBIRA TUH BILANGKAN KE MAT SABU SABU...AMERIKA SUDAH MENYELESAIKAN PENERBANGAN TERAKHIR F 18 HORNET TERAKHIRNYA DAN RENCANA PEASAWAT TERSISA AKAN DISCRAP,ALANGKAH BAIKNYA BUAT PERMINTAAN KE PEMERINTAH AMERIKA UNTUK MENGHIBAHKAN F 18 HORNET TERSISA BERIKUT SUKU CADANGNYA,LUMAYAN LON HORNET KAU YANG LAPUK ITU BISA TERBANG LAGI DARIPADA JADI HANTU PENUNGGU HANGGAR...UPS...TAPI URUSAN ENJIN JANGAN DISONGLAP...OK,!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana mpu mereka buat bayar biaya upgradenya

      Hapus
    2. Malon tak perlu pesawat pejuang hornet, pesawat cessna bersenjata lebih di perlukan.

      Hapus
    3. Malon mana Wang bro,nak bawa pulang SPH Paladinpun malon tak de wang

      Hapus
    4. Mergane malon saiki kere dadi ra kuat tuku pesawat pejuang

      Hapus
    5. Oalah POORON,POOR MORON KASIHAN

      Hapus
    6. Cessna + Ak-47 = stronk

      Hapus
  25. klw saya penasaran nunggu kri klewang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bro,sama tank boat PT Lundin jg πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. Sdah mengusung rudal RBS 15 MK 3 terbaru bro plus kanon bofors mk 4 40mm
      Sudah memasuki fase akhir di PT.lundin north sea boat banyuwangi

      Hapus
    3. Dengan RBS,yakhont dan exocet block 3 dijamin semenanjung tak berani mendekat lagi seperti masa lalu

      Hapus
    4. Mau nambah missile lagi... Bisa, ada dari Ukraina missile neptune copy dari Kh-35, Korshun dan hypersonic missile. Atau atmaca ashm dan som cruiser missile

      Hapus
    5. Ke Banyuwangi mas,,😁

      Hapus
  26. Malaysia pun nak cari investor untuk kereta terbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak cari investor dubur 😝😜

      Hapus
    2. HAHAHAHAHA INVESTOR CINA SUDAH DATANG TAK USAH DICARI,CINA SUDAH MENGALIHKAN USAHANYA KE MALASSIA HAHAHAHA CINA SIAP CARI BABU BARU...DAN PASTILAH BABU BARUNYA SI MORON MALON...HAHAHA...CINA TAHU UPAH PRIBUMI MALON MURAH KARENA LOW IQ LOW MENTALITY BIN MALAS...CUKUP DIBAYAR JUBOR ATAWA PENIS CINA MALON PUN MAU PASRAH

      Hapus
    3. Hai moron malon beruk...hati2 tacik cina lebih galak dari mommy eli...

      Hapus
    4. Nak buat pabrik layang layang ke...😁

      Hapus
  27. Alhamdulillah... Semoga juga ada pengembangan mesin dan rudal lokal

    BalasHapus
  28. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!

    LINK ALTERNATIF ESIABET
    __________________________________
    WWW . ESIABET .IN
    WWW . ESIABET88 .COM
    __________________________________
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 2jt
    πŸ‘‰BONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
    πŸ‘‰BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
    πŸ‘‰BONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    Bonus New Member 100%
    Agen Bola Terbesar & Terpercaya

    BalasHapus