27 Oktober 2019

Penerbal Tahun 1960-an : Lengkap, Modern dan Gahar

27 Oktober 2019


Pesawat Fairey Gannet dengan livery TNI AL (image : scn.ru)

Mengenang kejayaan TNI Angkatan Laut adalah membuka kembali sejarah tahun 1960an dimana saat itu Armada Kombatan TNI AL dan Dinas Penerbangan TNI AL (Dispenerbal - nama pada waktu itu) berada pada puncak kejayaannya dan sangat disegani di Asia.

Pada era tahun 1960an Penerbangan Angkatan Laut diperkuat oleh tujuh Skuadron Udara 
dimana sampai saat ini jumlah skuadron dan tipe pesawat yang dipunyai TNI AL belum dapat menyamai atau bahkan melampauinya.

Penerbangan Angkatan Laut bertugas untuk mendukung operasi Angkatan Laut, baik untuk operasi tempur, operasi SAR maupun operasi bantuan kemanusiaan. Penerbangan TNI AL mempunyai enam fungsi yaitu :

1. Peperangan anti kapal selam
2. Peperangan anti kapal permukaan
3. Pengamanan laut terbatas
4. Intai maritim
5. Pendaratan pasukan darat lintas helikopter
6. Dukungan logistik cepat

Berikut ini adalah Skuadron Udara yang dimiliki oleh Angkatan Laut pada tahun 1960-an dimana kekuatan Penerbangan Angkatan Laut cukup lengkap, modern dan gahar.


Skuadron Udara 100/Anti Kapal Selam 

Pesawat anti kapal selam Gannet AS4 (photo : TNI AL)

Pada awal tahun 1960 rombongan pertama pesawat Fairey Gannet tiba di tanah air. Dari 18 Gannet yang dimiliki TNI AL, sebanyak 16 unit merupakan tipe AS4 atau versi antikapal selam (ASW) sedangkan dua unit yaitu model T5 merupakan pesawat versi latih.

Untuk tipe AS4 yang perannya sebagai pemburu kapal selam, pesawat dilengkapi dengan torpedo yang tersimpan dalam bomb bay di perut pesawat yang terlihat gendut.

Skuadron Udara 200/Angkut VIP (dan Latih)

Pesawat Volaircraft Grand Commander 500 (photo : TNI AL)

Skuadron 200 pada mulanya diperuntukkan sebagai Skuadron Angkut VIP namun dalam perjalanan kemudian berubah menjadi Skuadron Latih.

Untuk fungsi pesawat angkut VIP, skuadron ini diperkuat dengan pesawat udara yang dibeli dari Amerika Serikat yaitu sebuah pesawat angkut VIP Volaircraft (Rockwell) Grand Commander 500


Pesawat latih Darter Commander (photo : TNI AL)

Untuk fungsi latih, skuadron ini diperkuat dengan empat buah pesawat latih dasar buatan Amerika Serikat jenis Darter Commander 100 yang juga dibuat oleh Volaircraft/Aero Commander.

Skuadron Udara 300/Angkut Taktis 

Pesawat amfibi UF-2 Albatross (photo : david taylor)

Bersamaan dengan pembelian pesawat dari Amerika Serikat, yaitu Grand Commander, Darter Commander, serta Dakota, dilakukan juga pembelian atas dua buah pesawat amfibi jenis Grumman Albatross HU-16/UF-2.

Mengingat fungsinya yang berbeda dan spesifik maka untuk pesawat amfibi Albatross ini dibuatkan skuadron tersendiri yaitu Skuadron Udara 300.

Skuadron Udara 400/Pendaratan Vertikal 


Helikopter Mil Mi-4 ALRI (photo : anggerabiyyu)

Gelombang pembelian helikopter dari Uni Sovyet, untuk Angkatan Laut juga turut kebagian berupa 14 buah helikopter jenis Mil Mi-4 Hound. Dari sejumlah tersebut sebanyak sembilan buah merupakan tipe helikopter anti kapal selam, sedangkan sisanya lima buah helikopter angkut sedang dan helikopter VIP.


Helikopter Allouette II ALRI (photo : TNI AL)

Pembelian helikopter juga dilakukan terhadap produk Prancis berupa tiga buah helikopter angkut serba guna Aerospatiale Allouette II, heli ini juga dapat dipergunakan untuk fungsi latih.

Skuadron Udara 500/Pembom Torpedo 

Pesawat pembom torpedo Il-28 (photo : skuad600)

Angkatan Laut juga menerima 12 buah pesawat udara Ilyushin Il-28, pesawat dengan kode NATO sebagai Beagle ini merupakan medium bomber, dan Angkatan Laut memfungsikannya sebagai pembom torpedo.

Dari jatah 12 buah pesawat Il-28 untuk Angkatan Laut, 10 unit merupakan jenis Il-28T yang murni dirancang sebagai pesawat pembom torpedo, sedangkan sisanya 2 unit berupa jenis Il-28U yang tidak dipersenjatai dan berfungsi sebagai pesawat latih.

Skuadron Udara 600/Transport


Pesawat C-47 Dakota (photo : intisari)

Skuadron ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut atas fungsi pesawat untuk keperluan logistik, penerjunan dan transportasi.

Untuk skuadron ini, Angkatan Laut mengumpulkan pesawat Douglas C-47 Dakota dari beberapa negara, dua buah dari Belanda, tiga buah dari Amerika, serta dua buah dari Australia, total 7 pesawat jenis C-47 berhasil dimiliki.

Skuadron 900/ Perawatan dan Pemeliharaan

Saat ini skuadron ini berganti nama menjadi Fasharkan Pesud kepanjangan dari Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Pesawat Udara, dengan tugas pokok melaksanakan pemeliharaan terhadap berbagai pesawat udara yang dimiliki Penerbangan TNI-AL, baik pesawat bersayap tetap maupun berbaling-baling.

Sekarang ini Puspenerbal mengoperasikan Skuadron 200 Latih Terbang, Skuadron 400 Anti Kapal Selam, Skuadron 600 Angkut Taktis, Skuadron 800 Patroli Maritim dan Fasharkan Pesud. Ada penambahan skuadron berupa Skuadron Patroli Maritim, namun demikian ada tiga skuadron yang berkurang yaitu Skuadron Angkut Taktis, Skuadron Pendaratan Vertikal dan Skuadron Pembom Torpedo.



Pada periode tahun 60-an tersebut terlihat bahwa untuk melawan kapal selam, Angkatan Laut dapat menggunakan 3 jenis alutsista yang berupa pesawat Gannet AS4, helikopter Mi-14 Hound dan pembom torpedo Il-28 Beagle, ketiganya berasal dari skuadron yang berbeda. Satu dekade ke depan belum tentu skuadron-skuadron tersebut pulih kembali. 

(Defense Studies)

117 komentar:

  1. Njeer flashback 🀀, monggo 60s kid silahkan menikmati 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...... sekarang paling greget aja diisi cn 235 MPA

      itupun masih dibawah spesifikasi teknis aussie dan little red tot, terutama dalam hal penindakan langsung.

      Hapus
    2. Tahun segitu, Malaya sudah jadi negeri bersatu belum ya? atau masih jadi negeri macam cendol dawet?

      Hapus
    3. Malon masih dijajah inggris

      Hapus
    4. haish, , , ,
      opsi terbaik yg dimiliki TNI AL jika ingin mendapatkan kejayaan squadron penerbal lagi adalah dengan mengakuisis CN 235 dan segala turunannya.
      ini lebih ke aspek harga dan kemampuan produksi, untuk sqa Angkut, bisa diisi CN 235 Classic.
      untuk sqa Intai Bisa diisi MPA
      dan untuk sqa anti kasel bisa diisi dengan CN 235 yg di uogradr ke standar Meltem 2 (opsional jika P8 gagal di beli)

      kalau heli AKS menurut saya adalah kelengkapan dari setiap kapal fregat TNI jadi tidak perlu dimasukkan kedalam sqafron penerbal.


      kemarin ada sedikit bahasan juga untuk mengaktifkan kembali sqa 41 dan 42 pengebom taktis, kandidat paling disukai adalah tu 22M3, dan P8 poseedan, tapi ya karena CAATSA dan keterbatasan dana dalam waktu drkat kagak mungkin diakuisisi.


      hmmm.......
      yg bikin sedih kalau nanti si iver tetep diakuisisi max VLS mk 41 / Sylver A70 yg bisa digotong cuma 32, sayang banget, padal kapal gambot segitu oaling ga bisa di isi dengan 64 VLS. hmmm....
      opsi 32 ini merujuk ke spesifikasi TNI ya yang gitu" aja deh. standart ngisi pokok πŸ˜«πŸ˜«πŸ˜«πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ


      udah ga jaman bahas malonesia sekarang, , ,, , ,

      aspek pertahanan kita sudah melihat ke titik" krusial seperti UAS, data link warfare, dan ancaman" asimetris yg disebabkan oleh pelebaran pengaruh. terutama China dan amerika.

      kalau ga kuat pondasinya ya mesti bakal kehempas, cintohnya negara kesayangan seblah yang oemimpinya udah mengeluh

      Hapus
    5. @van muttohar Iver Huitfeld kana disesuaikan dengan spek Indonesia bung, dan kabaranya akan dibuat di Indonesia karena galangan kapal aslinya udah bangkrut. Dan soal spek, di beberapa postingan sebelumnya ane bersama bung Ntung PHD udah ngutarain kemampuan max Iver Hutfield jika semua ruangnya dimaksimalkan.😊😊😊

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. @van muttohar Kurang lebih beginilah gambaran kalau Iver Hutfield di bikin max armament :
      a) CIWS :
      - 2 × Oerlikon Millennium 35 mm Naval Revolver Gun System CIWS.
      b) Guns :
      - 2 × OTO Melara 76 mm (Highly Recommended to Replace 1 × OTO Melara 76 mm with 6 × 8-Cells Mk41 VLS for SM-2 IIIA Surface-to-Air Missiles (48 Missile Total) (Max Range : 167 km) and 1 × OTO Melara 76 mm with 1 × 5"/62 Mk 45 mod 4 127 mm gun).
      - 7 × 12,7 mm (caliber .50) MG’s.
      c) Missile.
      1) Anti-Air Missiles :
      - 2 × Dual Stinger Point Defense SAM Launchers (4 Missile Total) (Max Range : 7,6 km).
      - 4 × 8-Cells Mk 41 VLS for SM-2 IIIA Surface-to-Air Missiles (32 Missile Total) (Max Range : 167 km) (Highly Recommended to Add 4 × 8-Cells Mk 41 VLS for SM-2 IIIA Surface-to-Air Missiles (32 Missile Total) (Max Range : 167 km)).
      - Total : 64-Cells Mk 41 VLS.
      - 4 × 12-Cells Mk 56 VLS for RIM-162 ESSM (48 Missile Total) (Max Range : +50 km) (Highly Recommended to Replace with 8 × 8-Cells Mk 41 VLS for SM-2 IIIA Surface-to-Air Missiles (64 Missile Total) (Max Range : 167 km)).
      2) Anti-Ship Missiles :
      - 4 × Quadtuple Harpoon Block II SSM (16 Missile Total) (Max Range : 120 km)(Highly Recommended to Replace with 4 × Quadtuple MBDA MM-40 Exocet block 3 Anti-Ship Missiles (16 Missile Total)(Max Range : 180 km)).
      d) Anti-Submarine Warfare :
      - 2 × Dual MU90 Impact ASW Torpedo Launchers (4 Torpedo Total) (Max Range : +23 km).

      Hapus
    8. okay, kalau pendapat saya gini mas.
      kalau 2x oerlikon millenium dipasang, otomatis salahsatu dari meriam otmel bakalan diganti, karena ga mungkin si millenium dipasang diatas anjungan(superstructyrenya kagak kuat + stabilotas kapal berkurang)
      jadi yg paling mungkin 1 meriam otmel dibagian atas di ganti 1x 127 mm dan 1 meriam otmel dibawah di rombak buat 4 - 6 x 8 Mk 41 VLS
      itu yg paling mungkin.

      sementara 4xmk 56 bisa diganti dengan 4x 8 mk 41 vls, itu hitungan dengan mengganti tempat senjaya sebelumnya loh mas, bukan memanfaatkan space yg tersedia hehehe.

      dan prediksi saya sih kalo si gambot ini jadi dibeli ya vlsnya bakal di genti dari benua biru deh

      Hapus
    9. Seharusnya penerbal mempunyai SU 34....

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. @van muttohar Salah bro, 2x oerlikon millenium posisinya bukan dianjungan melainkan di buritan diatas hangar sesuai dengan sketsanya ini :
      http://www.seaforces.org/marint/Danish-Navy/Frigate/Iver-Huitfeldt-class-Dateien/image015.jpg
      Dan posisi otmel yang bisa diganti vls adalah yang diatas karena sesuai dengan standart ukuran vls versi strike dan tactical mission,dan posisi mk56 bisa diganti dengan 4 x mk41 + ruang harpoon digeser kedepan karena masih ada ruang kosong tersisa sehingga bekas ruang harpoon masih bisa digunakan untuk tambahan 4 x mk41. Sedangkan untuk penggantian mk41 dengan modul barat maka terkesan nanggung jarak maxnya yang hanya 120 km, berbeda dengan penggantian harpoon dengan exocet maupun rbs 15 mk3 yang jaraknya melebihi jarak harpoon. Berbeda halnya jika yang dimabil adalah GJB 5860-2006 Standard VLS made in china maka jarak maxnya bisa lebih jauh dari sm2 dan bahkan bisa membawa rudal jelajah, rudal anti kapal maupun rudal anti kapal selam yang mana Amrik sendiri belum bisa mengaplikasikan MultiPurpose VLS seperti China, dimana VLS Amrik dan Barat hanya bisa membawa rudal SAM maupun jelajah saja dan belum mampu mengintregasikannya dengan rudal anti kapal.😊😊😊

      Hapus
    12. Seandainya saja N-2130 sdh terbang, lumayan bisa dibuat jadi seperti P-8 atau E-7

      Hapus
  2. Oh ya mau tanya, kok AU kita juga punya MPA ya? Bukannya itu tugasnya penerbal.. πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih sebagai pesawat surveillance aja sih om@helmy, cuma bedanya punya AU juga bisa ngendus emisi radar asing pke perangkat SAGE yg terpasang d body atas cokpit, klo pnya AL setau sy gak make itu

      Hapus
    2. saya kok kesengsem sama MELTEM 2 yg dikembangin turku deh mas boys, ya itung" sebagai altenatif dari P8.

      saya pikir teknisi kita ga kekurangan akal kok untuk merombak sesuatu. hehe

      Hapus
    3. Tupoksi Skadron Udara 5 dari dulu memang patroli maritim. Kalau lihat diatas tidak ada kan di Penerbal?

      IMHO Penerbal lebih bersifat taktis. Bisa dilihat dari komponen anti-surface warfare kita. Skadron 600 yang pembom torpedo, sedangkan untuk anti-carrier diserahkan ke Skadron 42 AU.

      Hapus
  3. Awal tahun 60 TNI sudah sangat disegani alutsistanya.....di lain pihak tamadun gradeA- baru menetas dari pukimama Ely....KOH..KOH..KOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elly nya di ganti Mas.istri saya itu.hehehe

      Hapus
    2. Ealaaah mohon bisa di maapkeun Ben rukun, sebab rukun Kuwi agawe Santoso πŸ˜€.

      Hapus
  4. tanda-tanda minta F-35B ini wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya masih ragu mas kalau F 35, mending dananya dibuat beli F 15x atau buat ngembangin KFX versi dimari saja.

      dilihat dari bodunya masih rampingan KFX kok om rak

      Hapus
    2. lja israel ae ga puas kok, karo f 35

      Hapus
  5. Balasan
    1. Mbah gono dan bung smiling sdh lahir tahun itu. Bahkan keduanya begitu lahir langsung diberi wasiat sbg penerus padepokan kemukus, dinobatkan sbg bakal pemimpin dan hulubalang dikemudian hari.πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Lgi semedhi di rasani... πŸ§πŸ§πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
    4. Abdi dalem bagian parkir sandal persiseπŸ˜‚

      Hapus
  6. Tahun segitu najib masih kribo cut bray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor dan jamban lahir di KL hasil jinah bangla dan beruk bekantan.. Asli malaysia.. Suka kongkek pantat emaknya... Wadueh....bahaya..😁😁😁

      Hapus
  7. Secara tidak langsung admin mengingatkan bahwa pertemanan indonesia dengan barat dan us membuat kekuatan militer indonesia terjun bebas,,,gk perlu di ingat2 lagi masa lali mind, waktu tidak bisa diputar kembali' kita harus fokus kedepan mengejar ketertinggalan kita dan ingat us/barat bukan tipe yg bisa dijadikan teman dekat, berteman boleh2 aja tp ya cukup sekedarnya aja. 😊

    BalasHapus
  8. Pada tahun itu malon sdh berbangga punya heli Nuri yg mereka sebut heli atak.
    Dan keberadaan heli Nuri itu tetap dipertahankan dan dipeliharan hingga masa kini sebab bunyinya sesedap lauk ikan kari kata mat sabu ....atek...etek....etek...etek....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁😁

      Hapus
    2. Aku cuma tertawa saja...jaman segitu kalo tak dibantu england dan para babu fpdanya serta kasus pengkhianatan G30s PKI sudah musnah itu federasi malon dalam hitungan bulan,lagian waktu itu operasi dwikora tidak dijalankan dengan sepenuh hati,andai dijalankan sepenuh hati dan kompak aku yakin hari ini federasi malon tidak ada dalam peta dunia

      Hapus
  9. Pada tahun 60an malon hanyalah sampah dan sekarang kembali menjadi sampah sebab kelakuan manusia2 sampah seperti malon tidak akan pernah berubah dr kelakuan sampah, bangsa tolol pasti terima aja dijajah 999 tahun asal bisa makan nasi lemak meski tetep bayar pajak ame british,,,,malon monkey stupid country πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  10. Kalo flashback sejarah thn 60 malon lagi mau di bikin negara boneka sama omma ely indonesia sama filipina menentang masih dgn cara birokrasi karna negera boneka malon ini nyaplok wilayah ga sesuai perjanjian manila ga ada angin ga ada ujan tiba2 manusia2 yg dpt kemerdekaan dgn cara giveaway dgn songongnya nginjek2 lambang negara indonesia yg merdeka dgn tumpah darah segenap bangsa indonesia jelas mendiang bapak presiden soekarno murka dan selajutnya kita tau kalo bukan malon main keroyokan sdh pasti malon binasa

    BalasHapus
  11. AkS fairy Gannet AS4 dobel baling baling berlawanan arah sangat nostalgia bagi saya,selaku keluarga besar PENERBAL AL ,ayah saya almarhum adalah navigator sekaligus juru tembak senjata torpedo yang tersimpan di perut gannet...namun tak pernah menjalankan fungsi secara penuh dikarenakan operasi jayawijaya tidak jadi digelar dan ditemukannya ada kerusakan pada struktur pesawat,banyak perwira ALRI yang menjadi korban sekarang sudah diabadikan sebagai monumen salah satunya di bandara juanda surabaya...salam JALESVEVA JAYAMAHE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iku kabeh awit seko jasanya Kasal R. Soebijakto sing mbidani kekuatan AL modern wiwit seko Satpenerbal, satkasel, pasukan katak lan satkapaprang lan taktik pendaratan amfibi....ning mbuh keneng opo kok koyone AL melupakan jasa-jasa beliau, malah bias ra tau disebut-sebut ppo maneh dicandi minongko nama kapal perang πŸ€§πŸ˜’πŸ˜–

      Minongko pengenget....Pak R Soebijakto ki ndisike perwira kapal selam kerajaan londo sing melu maju perang migunakke kasel ing tlatah atlantik, banjur geser nyang mediterania lan pungkasane ing wewengkon pasifik.

      Sakwise sekutu kalah dening jepang, Pak Subijakto bergabung bareng poro pejuang kemerdekaan, membangun kekuatan ABRI sing modern....malah duet maut AL-AU sing dipunggawani Pak Suryadarma1 lan Pak Subijakto kasil menggulung pemberontakan gede sing disponsori dining CIA yokuwi ing prastowo pemberontakan PRRI-PERMESTA.

      Nanging amergo Pak Subijakto durung melu kiprah ing perang kemerdekaan tahun 1945, akeh poro pejuang seko matra laut sing disik melu manggul senjata taun 45, rumongso meri lan dikiwakke mergo kehadirane Pak Subijakto....sing akhire berujung marang desakan dining poro perwira muda AL supoyo, Bung Karno mungkasi karire Pak Subijakto 😣😣😣

      Bubar kui, katon yen kepemimpinan sakbubare Pak Subijakto ora sanggup madani tangan dingin manajerial lan kemampuan stategi peperangane beliau. Malah sing katon mung tumindak wani kurang dedugo.....contone "peristiwa laut aru" 🀷

      Hapus
    2. Nek menurut pendapatku mas hari laksamana R. sobiyakto almarhum adalah bapak pembangunan AL di tahun 50 sampai awal 60an,dimana pemikiran beliau sangat brilyan akan bagaimana postur AlRI nantinya,yah seperti bung hari katakan ,pak soebijakto telah dilupakan jasanya waktu itu karena suatu alasan politis dari senior2 ALRI,untungnya pak RE.Martadinata sanggup memegang tongkat estafet ALRI dari tangan pak soebiyakto ya semoga hal seperti ini jangan terulang lagi...jangan sekali kali melupakan sejarah karena memang ada peranan besar dari pak soebiyakto...

      Hapus
    3. Mas hari coba njenengan ditranslatekan pada bahasa Indonesia,biar para pembaca forum DS juga mengerti akan sejarah militer negara ini,matur sembah nuwun informasinipun sae πŸ˜„πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    4. Maaf mas hari sedikit koreksi nama pak soebiyakto seingat saya sudah diabadikan menjadi nama gedung AAL bumimoro SUrabaya

      Hapus
    5. Ketika Republik Indonesia masih di bawah cengkeraman penjajah tepatnya sejak 1 April 1941 R. Soebijakto mengawali dinasnya di ASP ADJ Viiteru Consulant yang bertempat di Ambarawa, selanjutnya sejak 1 April 1942 menjadi Aspiran Reserve off Konijklike Marine, dan terakhir 1 Maret 1943 menjabat LT2 KMR. Pada waktu bangsa Indonesia sudah merdeka tepatnya sejak tanggal 1 Maret 1947 dia menjadi pegawai tinggi yang diperbantukan kepada Menteri Kementerian Pertahanan. Naluri bahari yang selalu bergelora di dadanya kemudian mengantarkannya untuk bergabung sebagai prajurit ALRI sejak tanggal 6 Mei 1948. Dua bulan kemudian karena tingkat profesionalismenya sebagai prajurit matra laut maka terhitung mulai tanggal 8 Mei 1948 pemerintah mempercayakan dirinya untuk menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut RI.

      Kemudian pada waktu negara membutuhkan keahliannya untuk membangun angkatan laut RI yang disegani maka terhitung tanggal 25 November 1955 dia mengemban tugas untuk melanglang buana ke berbagai penjuru dunia seperti Italia, Swiss, Jerman Barat, Australia, Belgia, Perancis, Inggris, Kanada, Jepang dan Amerika Serikat. Semenjak tanggal 17 Mei 1959 statusnya diperbantukan sebagai perwira tinggi di Kementerian Luar Negeri, tepat dua bulan kemudian dia diberhentikan dengan hormat sebagai Kasal. Selanjutnya pada tanggal 1 September 1959 pemerintah mempercayakan kepadanya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Turki di Ankara. Dalam perjalanannya, jabatan ini hanya diemban selama lebih kurang 6 tahun.

      Jabatan sebagai duta besar di Turki tampaknya bukan akhir dari perjalanan kariernya, terbukti kemudian sejak tanggal 1 Januari 1965 negara mempercayakan kembali kepada R. Soebijakto untuk sekali lagi menjabat sebagai duta besar yang kali ini sebagai duta besar RI di Yugoslavia. Jabatan duta besar di negara ini ternyata tidak berlangsung lama hanya lebih kurang satu tahun. Hal itu dibuktikan ketika pada tanggal 1 Januari 1966 dia kembali pulang ke Tanah Air. Mantan Kasal ini secara resmi mengakhiri pengabdiannya sejak tanggal 1 Januari 1973[1].

      Semenjak masa purna bhakti Laksamana TNI (Purn) R. Soebijakto bertempat tinggal di Jl. Golf I No. 175 Simpruk, Jakarta. Dia meninggal dunia pada tanggal 12 Agustus 1999 dengan tenang dan kemudian dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara kemiliteran. Selama pengabdiannya kepada bangsa dan negara berbagai bintang dan tanda jasa telah diperolehnya antara lain:

      Bintang Sakti
      Bintang Dharma
      Bintang Jalasena Utama
      Bintang Jalasena Nararya
      Bintang Tentara Rakyat Yugo I
      Satyalencana Saptamarga
      Satyalencana GOM V
      Satyalencana GOM VII
      Satyalencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun
      Satyalencana Perang Kemerdekaan I
      Satyalencana Perang Kemerdekaan II

      Hapus
    6. jaman biyen lek wes karir militer bakal dipungkasi mesti diguwak dadi duta besar.

      Hapus
    7. Mas hari silakan di translate kee..😁😁🀣🀣🀣

      Hapus
  12. aku pernah lihat Helikopter SA313 Alouette II di buritan kapal perang legendaris TNI AL KRI (RI) Irian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lihat sampai sekarang di samping masjid at atta awun puncak Bogor. Klu lihat gratis Monggo bagi yg mau berkunjung.

      Ternyata, helikopter tersebut pernah digunakan seorang pahlawan nasional yang namanya digunakan sebagai nama jalan.

      Dia lah RE Martadinata, pahlawan nasional dari TNI Angkatan Laut yang gugur karena kecelakaan helikopter di Kawasan Riung Gunung, Puncak

      Hapus
  13. kekuatan TNI waktu itu membuat aussie waspada hingga kini. bahwa indonesia mampu menjadi yang terkuat.
    salah satumya mereka terus membangun proyek radar mahal jindalee.
    juga membuat negara boneka malassia untuk mengekalkan penjajahan british

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor dan jamban lahir di KL hasil jinah bangla dan beruk bekantan.. Asli malaysia.. Suka kongkek pantat emaknya... Wadueh....bahaya..😁😁😁

      Hapus
  14. Inilah fakta sejarah hubungan indonesia - rusia tempo dulu yg kita lupakan karena cuci otak ala orde baru:

    Pada tahun 1948, Uni Soviet lah secara de-facto mengakui kemerdekaan Indonesia, lalu disusul dengan pengakuan de-jure sekaligus usulan pembukaan diplomatik Uni Soviet-Indonesia pada tanggal 3 Febuari 1950. Tanggal inilah yang kemudian menjadi rujukan sebagai awal hubungan resmi diplomatik antara Indonesia dan Rusia' membangun tugu nasional (Monas), pemerintah Soviet jg memberikan bantuan dana kepada Indonesia. Tak hanya untuk membangun Tugu Monas, uni siovrt juga menyumbang pembangunan Stadion Gelora Bung Karno (GBK),,,Di waktu yang sama, Mesjid Istiqlal juga mulai dibangun. Bahkan hampir seluruh persenjataan dan peralatan tempur Indonesia era Soekarno itu, terutama Trikora (Tri Komando Rakyat untuk pembebasan Irian barat) dan Dwikora (Dwi Komando Rakyat untuk konfrontasi dengan Malaysia), berasal dari Uni soviet, Uni Soviet juga memberi bantuan kepada Indonesia senilai $600 juta dalam bentuk kapal penjelajah, destroyer, kapal selam, tank amfibi, dan pesawat tempur MiG. Tak heran jika mediang Letnan Jenderal Ali Sadikin pernah mengatakan bahwa angkatan laut Indonesia dulu adalah yang terkuat kedua di Asia setelah Republik Rakyat Cina (RRC).
    Orde baru yg rakus dan haus kekuasaan yg didukung us dan barat bertanggung jawab atas skenario tragedi 1965, us secara licik merusak semuanya dan tujuan us adalah emas papua' alasan penyebaran paham komuinis hanyalah judul untuk melegalkan rencana2 busuk us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harto wes modar cuk, wes jogetan karo cacing saiki

      Hapus
    2. Ralat, Bukan terkuat nomr dua bro, tapi nomer satu. Jaman segitu kita disebut kekuatan militer terbesar di belahan bumi selatan. Dan waktu itu juga hanya 4 negara yang punya armada pembom strategis yaitu Russia, Amrik, Inggris dan Indonesia. Dan saat itu juga kekuatan china masih berada dibawah kita karena saat itu masih perang perbatasan dengan Russia. Dan kalau dijumlahkan, total kekuatan kia berkali kali lipat diatas china. Kita hanya kalah pada banyaknya tank. Sedangkan kalau armada udara dan laut kita jauh berada diatas mereka.😁😁😁

      Hapus
    3. Betul bro berandal kita terkuat no 1 di belahan bumi selatan bahkan cina dan Indiapun ga ada bandingannya dengan Indonesia masalah pembom jarak jauh,ostralipun kita kerjain dengan mendaratkan tas prajurit berisi ransum makanan dengan parasut tanpa seorang milter dan radan ostrali yang mampu mendeteksi,andai ga ada pemberontakan PKI dan campur tangan england saya yakin,malon sekarang sudah terhapus dari peta dunia

      Hapus
    4. Itu menurut pendapat almarhum letjen ali sadikin, kalau menurut pribadiku kekuatan kita dengan china pada jaman itu imbang 😊

      Hapus
    5. Kalau analisisku pki hanya dimanfaatkan dan dijadikan kambing hitam tuk di adu dengan pemerintah dan dewan jendral, sekenario ini dr cia dan dilakukan antek2 orde baru' sangat sulit tuk menghindar dr trik adu domba ini karena stuasi politik yg mendukung tuk sekenario ini dan kwalitas sdm indonesia yg emang tidak punya pengalaman tuk antisipasi trik skenario adu domba yg emang trik tingkat tinggi pada jaman itu.

      Hapus
    6. @Raden_situngkir Istilahnya, yang mau kudeta dan yang dikudeta sama sama hancur.😊😊😊

      Hapus
    7. Betul itu tulang tungkir bahkan jendral sukendro salah satu pakar intelejen terbaik yang pernah dimiliki TNI yang luput dari penculikan G30S karena kunjungan ke cina pernah mengatakan kalo dewan jendral itu ada dan skenario CIA bukan wanjakti yang selama ini dijadikan alasan orde baru bahwa inilah dewan jendral tapi hanya untuk mengurusi masalah jabatan dan kepangkatan perwira tinggi TBI AD,dan akhirnya pak sukendropun dipenjarakan pula oleh orde baru,jadi padq intinya CIA telah bermain dengan baik pada peristiwa G 30S

      Hapus
    8. Itulah bagian dr proses, jd kalau kita saat ini masih kuat tuk melawan radikalisasi itu karena proses2 yg kita lewati dimasa lalu, tapi tetep waspada karena banyak tetangga dan negara yg punya kepentingan di indonesia dan asean yg kelonjotan bila indonesia maju sehingga berusaha menciptakan kekacauan di indonesia dan potensinya emang ada karena indonesia beragam suku dan agama yg pastinya ada celah untuk membuat kekacauan, kekacauan akan membuat suatu negara sulit berkembang untuk bisa maju. πŸ˜ŠπŸ‘

      Hapus
    9. @Papa Yufi Banyak saat itu Jenderal yang dihabisi karier maupun riwayatnya haya karena berseberangan dengan "Enak Jamanku To", seperti Mayjend Mursyid, Letjend Ibrahiem Adjie Maupun Letjend KKO Hartono.😊😊😊

      Hapus
  15. Mungkinkah kenangan itu terulang lagi optimis aja semoga kedepan tni ku jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semoga sesuai visi misi pak jokowi dan dibawah menhan pak prabowo sebagai poros maritim dunia minimal harapan kita mendekati kekuatan ALRI tahun 60an,minusnya mungkin pengganti IL 28 beagle ,karena kita sudah tidak seofensif seperti dulu

      Hapus
    2. IL 28 beagle diganti sama poseedan bro. 😁😁😁

      Hapus
    3. Nah ini baru muantaf bro brandal semoga bisa direalisasikan pemerintah

      Hapus
    4. cuma bisa berharap segera kebeli mas berandal πŸ˜‚
      apalagi bau" boeing yg lagi butuh uang karena armada max 8 pada di grounded

      Hapus
    5. Kalau duit ada pastinya shoping jalan terus gk kaya gred a kunyuk tu bray

      Hapus
    6. Hanya bisa berandai saja, N-2130 saat ini sdh terbang bisa dimaanfatkan menjadi seperti E-7 dan P-8

      Hapus
    7. @van muttohar Kalau Boeing sih iya iya aja a[alagi santer terdengar kalau mau TOT Chinook juga dengan PT. DI, yang masalah tuh yang di senat Amriknya. Gile aja India yang beli bertumpuk tumpuk Alutsista Russia nggak kena Caatsa, lah kita? Beli 11 sukhoi aja langsung kena tanpa ampun😁😁😁.

      Hapus
    8. kita masi main cantik sepertinya deh mas berandal, agaknya isu CAATSA ini buat nutupin sesuatu deh.

      kalau sampai sanksi ini efektif, yaudah Amerika bakal kelabakan sendiri, resiko 2 raksasa penguasa LCS bersatu dan mbuat gelimpungan USA(agak pesimis juga sih kalau RI bakal bikin aliansi sama Tiongkok meski uda di sanksi) resikonya USA kehilangan teman strategis baik di militer, maupun ekonomi.

      sama haeus ngerti permainan geo politik juga mas, india mo di sanksi mo kagak mereka udah jelas" punya 2 musuh di depan pintu gerbang mereka, jadi ya harus beli" terus buat ngimbangin.

      kalau dimari agak beda sih mas, disini cenderung damai, meski ada threat panda merahdi utara. jadi gabisa show off seenak jidat, bisa" bikin ga stabil kawasan hehe.


      itu pendapat saya sih.

      Hapus
    9. Intinya kalau indonesia kena sanksi sama aje us memberi peluang untuk bersatunya trio maut yaitu indonesia - rusia - china di pasifik, kalau pun indonesia tetep non blok paling tidak us akan berusaha trio maut ini tidak terbentuk' jd sanksi ini tak akan pernah diberikan kepada indonesia, tp pemerintah jg tetep hati2 menentukan waktu yg tepat kapan su35 dikirim, paling tidak ada balans tuk pembelian produk us dan alasan tepat kenapa kita mempertahankan pembelian su35, alasannya sudah ada yaitu sudah terlanjur pespur duble engine dirintis dr keluarga flanker dan balansnya tinggal menunggu kontrak f16v diteken, setelah ditekan pasti su35 dikirim' mungkin saja pespurnya sudah selesai dikerjakan tp masih jd rahasia dan menunggu isyarat indonesia tuk dikirim.

      Hapus
    10. Kalau baca di forum Rusia, kayaknya beberapa dari batch buat kita tahun ini dikasih ke AU Rusia. Mereka menerima labih dari perkiraan. Asal semua masalah sudah selesai, bisa langsung dikirim dari KnAAZ. Kapasitas produksi mereka labih dari 20 pertahun.

      Hapus
    11. @van muttohar Amrik lupa, kalau negara ini semakin dikekang semakin berontak dia. Jangankan China, India pas konfrontasi dengan Pakistan langsung dikirim armada whiskey didepan moncongnya sendiri gegara ikut campur urusan Konfrontasi Malaya, Apalagi Australi? kita udah pernah nyoba tembus sampai Alice Spring tanpa terdeteksi, makanya sampai sekarng Australi tetep kekeuh mata-matain kita karena masih parno kejadian itu. 😁😁😁

      Hapus
  16. MALONS SHOULD FOCUS TO DEVELOP MORE PLASTIC EQUIPMENT FOR MOCK UP AND CONTINUE TO SPREAD PLASTIC WASTE IN ASEAN REGION.

    BalasHapus
  17. In the 60s, Malon was only rubbish and now it is back to rubbish because human behavior of rubbish like Malon will never change from the behavior of rubbish, stupid people will certainly accept colonized 999 years as long as they can eat rice fat despite still paying tax with british

    BalasHapus
  18. Tahun dimana awal mula Malon cari gara2
    Lanjut tahun 2010 (awal mula malon mencuri menhina tki
    Kedubes malon dilempari eek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taik itu makanan mereka bro😁😁

      Hapus
    2. Thn 2020 malon wani senggol pastine di bacok jadi ingat kata pk tri strisno kala itu beliau menjadi pangab sebelum ayam ber kokok kl rata dgn tanah ya kan

      Hapus
  19. Ehem

    Buat lawan kapal selam asing yang masuk dalam keadaan tempur (menyelam), untuk memburunya bisa disiapkan :

    1. Sonar tanam bawah laut (SOSUS) di selat-selat strategis sebagai alarm peringatan dini.
    2. Poseidon P8 biar ngejarnya cepet serta bisa menyiramkan sonobuoy banyak2 sehingga bisa cepet ketahuan update posisi kapal selam asing itu lewat mana
    3. Kapal permukaan (korvet) berkemampuan anti kapal selam, sekali perburuan butuh 3 atau 4 korvet.
    4. Bisa dibantu heli aks minimal 2 unit jika posisi korvet kita masih jauh jaraknya dari kapal selam yang diburu.
    5. Kapal selam kita mencegat di pintu keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengganti parchim jadinya apa om? Kalo gak salah dulu sempet nemu desain korvet asw dari rusia, dimensinya gak jauh beda dari parchim.

      Hapus
    2. dari penjelasan om woof ini dapat disimpulkan kalau ada kapal selem lawan main" dimari bakal dikepung dan di jepit menggunakan kontur alam hihihi.

      efektif sih menurut saya, yg jadi pertanyaan tuh KINGKLIP hullmounted sonar di korvet diponegoro sakti enggak sih ?

      Hapus
    3. Pengembangan AUV Sotong yg sekarang ngga ada kabarnya, seandainya AUV Sotong bisa dikembangkan menjadi drone hunter killer submarine

      Hapus
  20. Hanyut dlm mimpi masa lalu indon..hahahaha

    TNI AU skrg tertinggal lebih 20 tahun dgn Malaysia...apatah lagi singapura...

    RMAF sudah pengalaman operasi pesawat dgn BVR & HMD sejak tahun 90an..

    TNI AU sampai skrg masih Hompong..Tak mau cakap banyak...Ini fakta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha si jamban anjing babu england 999 tahun sudah datang,menghibur diri pula...kalo ada waktu sekali kali perlu diadu antara TNI AU dan adkar udara beruk...dogfight itu bukan hanya masalah keunggulan teknologi pesawat,tetapi kecakapan pilot jam terbang dan masalah kesiapan alat tempur...tak usahlah kita bertempur takut pilot babi malon yang big fat malu 7 turunan,begi dog fight takutnya meletop enjin malon atu manuver eject kat hanggar sekali lagi hahahaha

      Hapus
    2. Tak usahlah dogfight ,malon exercise dulu terbangkan fighter di smartphone dulu baru kalo sudah cakap exercise lagi di simulator...jangan lupa jangan eject di simulator okay

      Hapus
    3. Beruk jamban mimpi basah sekawasan tau di semua matra negeri beruk semenanjung kekuatannya ibarat anak monyet yang baru belajar naik pohon bujet ciput mau jadi kuat 😁😁😁😁 ayo latihan eject kat hangar lagi

      Hapus
    4. iTil U DM, cocok nya sama angaktan darat aja kan pilot Malon spesial di darat bukan diudaraπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. Pesawa tudm cuman 18+8 bijik..yg bisa terbang hanya setengahnya...sudah lapok..budget ciput tak mampu beli yg baru..berharap dapat pesawat "SEDEKAH" dari negara mana saja yg mau kasih...

      Hapus
    6. Mikir kok pakai pantat, pantasan aje isi otakmu taik semua,,,mkm tinggal 4 itu pun meragukan, hornet jd besi tua' lha apa yg diandalkan????? Hawk yg ompong tu keh???? Cukup f16 aje yg porak porandakan malon, mkm malon vs f16 indonesia jelas menang f16 indonesia sebab mkm dah sesak nafas sama seperti negara yg punya jd bangsa yg tolol dan BANGKRAPSSS πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    7. Hahaha manusia jamban ngomong opo ngising to kowe ki wani tenan ro tni cuih kamu tu kucing tak usah mahu jadi hari mau kucibg yo kucing jgn ngaku harimau

      Hapus
    8. Gempoor dan jamban lahir di KL hasil jinah bangla dan beruk bekantan.. Asli malaysia.. Suka kongkek pantat emaknya... Wadueh....bahaya..😁😁😁

      Hapus
  21. Komplikasi antara idiot dan miskin adalah halusinasi cem warga low iq malonπŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit baru yang susah disembuhkan kanker malonesia semacam penyakit kanker yang menyerang jiwa para beruk beruk malon dengan perasaan jealous dan frustasi luar biasa dikarena kemiskinan luar biasa mendera dan perasaan inferior kepada Indonesia...satu satunya obat yang dapat menyembuhkan adalah dengan kongkek dubor sesama pengidap penyakit ini ditambah pesta dadah bersama sama

      Hapus
    2. Wah ahirnya bayi malon anak sapa om kalau kongkek dzubor

      Hapus
    3. serupa Anak celeng/ babi hutan bro....

      Hapus
  22. OOT dulu. Ini shahih gak seh?

    https://twitter.com/AHelvas

    Indonesia hasn't sign any C-130J procurement contract yet. This year, at least for two times two different Indonesian government offices claim that it has signed the contract. That's not true! None in US government can corroborate it. If contract been sign, show us the contract.

    BalasHapus
    Balasan



    1. Alman Helvas
      More
      US still offer used AAV7 to Indonesia with assumption that BT-3F contract with Russia will have failed soon. AAV7 is used armored vehicle, a sensitive issue in Indonesian defense procurement. ACV 1.1 will replace AAV7 in next decade. In sum, AAV7 is EDA like F-16 Block 25.

      Hapus
    2. Alman Helvas


      @AHelvas
      Oct 17
      More
      Indonesia failed to use its KFX/IFX program debt as bargaining chip against South Korea for bigger technology access. The only Indonesia's available option is go forward with 20% share. It has paid US$190 million and has US$250 million outstanding until July 2019. No retreat.

      Hapus
    3. Monyet sonora kesenengan baca berita ini di forum onani otak mereka.

      Hapus
    4. 1.Kesepakatan pemebelian C130J masih menunggu senat Amrik, sedangakn untuk G to O udah ada kesepakatan.
      2.Pengadaan BT-3F sudah terkonfirmasi valid tertanggal 22 April 2019 malah ada tambahan 22 unit BMP-3F : "54 BMP-3F & 1 BREM-L currently in service, with another 22 BMP-3F
      ----------------------
      ordered in 2019 along with 21 BT-3Fs.
      ------------------------------------
      Link : https://www.armyrecognition.com/april_2019_global_defense_security_army_news_industry/indonesia_buys_bt-3f_and_bmp-3f_armored_vehicles_from_russia.html
      3.Indonesia tidak akan pernah dikeluarkan dari Project KFX/IFX karena kalau itu terjadi Korea Selatan akan rugi bandar karena kita sudah dapat teknologi kunci Project tersebut dan tinggal dikembangkan bersama perusahaan lain semisal SAAB.😁😁😁

      Hapus
    5. Bukan sekdar teknologi kunci tp sudah ada rancang bangun untuk ifx versi keiinginan TNI AU, jd pengurangan sahere yg diminta indonesia lebih pada untuk efektifnya pengeluaran biaya dan biaya hasil pengurangan share tersebut untuk menambah pespur duble engine yg sesuai keinginan TNI AU sampai pengembangan ifx versi TNI AU masuk jalur produksi dan fillingku ifx versi TNI AU masuk jalur produksi 2030-2031, tp kalau permintaan share tidak terkabul kita tetep lanjut karena tidak ingin merusak hubungan baik yg sudah terjalin' tp yg namanya negoisasikan gk ada salahnya.

      Hapus
    6. Tuh Alman Helvas itu siapa dih sebenernya,apakah dia oranf dalem ?

      atau cuma penvamat saja?

      Hapus
    7. ada angim segar berhembus dari ALRI.

      ya masih survey" pangkalan sih, semoga kedepan 7 sqa Penerbal bisa hidup lagi


      https://lancerdefense.com/2019/10/27/survey-pengembangan-pangkalan-udara-tni-al-dibawah-jajaran-puspenerbal/

      Hapus
    8. AQ check di tweeter dianya wartawan Jane's perakilan Asia tenggara

      Hapus
    9. di forum defence pk, dia selalu jadi sorotan sih. seribg juga ada cuitannya yg sok tau gitu.

      kalau mau percaya sama dia 50:50 rasionya. ya yg namanya keperluan pertahanan kan ga semua di umbar ke publik toh.

      Hapus
    10. santai aza om jewawut, wartawan dr jane's perwakilan singapo cem "RR" aja sering salah haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      uda kebukti salah, tanpa minta maap:
      kcr katanya gak pake rudal lagi
      pkr katanya pake exo blok II
      CBG katanya 1300 ton
      UCAV katanya winglong
      banyak lagi dech, ngaconya..haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      apalagi yg ngakunya MANTAN si JANE'S cem AH ini haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    11. apa jangan2 mahluk berinisial "AH" ini dipecat dr media si JANE'S, gegara salah mulu ngasi contekan gosip buat si RR haha!😜😜😜

      Hapus
    12. bbrp kesalahan si "AH"
      kontrak c-130 bkn G to G. kagak baca brita ape itu anak haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      uda di bilang kita ini G + B alias langsung (Direct Commercial Sales (DCS), jd gak ferluw pesetujuan senat.
      lagian ini pesawat angkut bkn pespur haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      doi kagak tau ape kite uda belanja BMP 3F + BT-3F haha!😜😜😜
      irak, india & bbrp tetangga kita pon shopping soping embiti dr ruski.

      trus apa hubungan ama LVT7, dulu kita dapet dr korsel.
      amrik mana perna ngasi gretong cem korsel.
      yg ada, brg simpenan, kasi duwit serpis dolo baru dikasi haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      marinir kite lbh milih dr korselah, gak pake aneh2 brg seken masih gres mulus haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      EDA falkon ituw ditawarin obama"anak menteng" bkn kite yg minta.

      nach di twiternye dia bilang unjukin kontrak c-130J, songong amat ini bocah
      kalo dibalik, mana bukti amrik nawarin AAV7 bekas???
      jidatnye lebar, keknya enyak difentungin haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
  23. Merah Putih Berus Jamban Ku27 Oktober 2019 11.51
    indon pun apa lagi dengan pantas klaim kapal buatan anak bangsa....

    padahal tampal sticker...indon nak buat mee instant pun tak mampu..terpaksa import cina dari tanah besar...

    hahahahaha...

    Founder indomie : China
    Founder Gojek : Singapore

    Di naturalisasi semua tanda sdm indon takde kualiti...hahahahahaha




    BHAHAHAHAHAHA LON MALON KAMU PUNYA OTAK KAGAK, TANDANYA KALIAN TDK PUNYA SDM PERDANA MENTERI KALIAN SEMUANYA IMPOR LON SEMUA TDK ADA YG MELAYU ASLI LON DAN TUN ATOK M PUN DARI BANGLADESH DAN SDH PIKUNG PUN TDK DI GANTI2 KRN KALIAN TDK PUNYA KEMAMPUAN YG MUMPUNI KRN HANYA PUNYA SDM (SUMBER DAYA MONYET) XIXIXIXIXIXI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor dan jamban lahir di KL hasil jinah bangla dan beruk bekantan.. Asli malaysia.. Suka kongkek pantat emaknya... Wadueh....bahaya..😁😁😁

      Hapus
    2. Yg mendirikan negara malon pun orang impor krn melayu malon tdk ada kualiti

      Hapus
  24. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  25. esyu 32/34 buat ganti pesawat pembom Il-28, di beli gak yaakk...sama2 jet haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    pokonye keringet dingin di kawasan haha!πŸ˜“πŸ˜“πŸ˜“

    BalasHapus
  26. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakinlah, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan loa n. Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut. , Terima kasih semua.

    BalasHapus