01 Oktober 2019

Kemhan-PT Pertamina Kerja Sama Pengunaan Antidrone

01 Oktober 2019

Peralatan antidrone TNI (all photos : teritorial)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam penggunaan antidrone atau (drone jammer) untuk melindungi kilang minyak dan gas bumi yang dimilikinya dari ancaman serangan pesawat tanpa awak atau drone. 

Menhan Ryamizard Ryacudu dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, mengatakan, pihaknya sangat terbuka dan siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk mendukung pengamanan objek vital nasional.


PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, kata dia, merupakan salah satu kilang pengolahan minyak dan gas bumi milik negara yang berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

"Sesuai dengan amanat Undang-Undang, obvitnas atau obyek vital nasional harus dilindungi dari berbagai ancaman serangan karena menyangkut kemaslahatan rakyat Indonesia," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini. 

Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara Republik Indonesia.


Dua unit drone jammer gun model dan static drone jammer milik Kemhan sudah terbukti mampu menangkal atau mencegah serangan udara melalui penggunaan drone. 

"Penggunaan bersama antidrone sebagai komitmen nyata Kemhan dalam menjaga serta melindungi objek vital nasional (obvitnas) dari ancaman serangan drone termasuk, di antaranya kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan," ujarnya. 

Purnawirawan jenderal bintang empat ini, menyebutkan, kerja sama peminjaman pesawat antidrone itu juga berkaca peristiwa serangan drone di kilang minyak terbesar di dunia yang berada di Arab Saudi beberapa waktu lalu.


Akibat serangan tersebut, sekitar 50 persen pasok minyak dunia mengalami penurunan. 

Manager HSSE PT Pertamina (Persero) RU-VI Balongan, Hartanto berharap, kerja sama tersebut merupakan bentuk sinergi yang baik antara PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan dan Kemenhan dalam upaya pertahanan dan menciptakan situasi keamanan termasuk pada keberlangsungan operasional obvitnas. 

Delegasi Kemhan dipimpin oleh Kasub Komlek Kemenhan Letkol Arh Aries Sugiantoro, dan Hartanto didampingi oleh Senior Supervisor Nonfisik Security PT Pertamina (Persero) RU-VI Balongan, Maryono.

(Antara)

77 komentar:

  1. Malon makin ketinggalan,disini ada anti drone ,malon adanya anti rejeki bangkraps



    😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa Paiton SDH duluan hehehe

      Hapus
    2. Hahahaha anti rejeki katanya wong edan...dasar wong edan sadis

      Hapus
    3. Anti rejeki 🀣🀣🀣

      Hapus
    4. jammer anti RFI, delay ama kensel ada gak om edan, bosen liat rengekannye haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Anti rfi harus mimta mbah gono di kemukus😁😁😁 diruwat

      Hapus
    6. Malon sdh ngga bisa diruwat om wong edan, sdh ruwet jalan hidupnya

      Hapus

    7. 😁😁😁

      Hapus
  2. Malingsia pasti JEALOUS dan IRI...mereka masih gunakan "BOMOH",utk anti drone....malay LOW IQ

    BalasHapus
  3. Lon malon bwt drone enggak,anti drone juga gak ada, hidup serba salah kau .. Free sabah sarawak ..😯😯😯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang WE, apakah FSS klu merdeka masih jaga istana momy Eli engak heheheh

      Hapus
    2. Masih lah mereka kan budak seumur hidup,malon ada kebanggaan jadi negara boneka inggris mental mereka mental orang terjajah

      Hapus
    3. Kalau dipikir , jaga santri di istana momy Eli untungnya apa ya?
      Btw masih mending Singapore ya engak jaga hehehe

      Hapus
    4. Mungkin juga itu dibayar om,klw gak dibayar ya pasti malon gk mw,itu sekalian seolah olah mereka anggota fpda yang paling setia

      Hapus
    5. Itu Symbol kesetiaan sehidup semati yang tiada tara dari negara yg di jajah kepada ketiak mat puteh penjajahnya yg ridho kasih kemerdekaan secara bersyarat

      Hapus
    6. Secara bersyarat yg artinya setengah ikhlas dan link kerjasama yg mengikat dan lebih menguntungkan penjajahnya dalam beberapa bidang.

      Hapus
    7. Kebalik om...

      Kalo singapura pilih bayar sbg pengganti tugas jaga....lha kalo tetangga kita yg satu lagi mah ga ada pilihan lain, selain begadang....itung-itung dapat nasi kotak 😟😟😟

      Hapus
    8. Satpam inggris dapat wang kopi2

      Hapus
  4. Ada hikmah di balik kasus Aramco...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kerja sama ini langkah awal mulanya mbah..

      Kasian loo ngejagainnya kalo ngeronda & darto 24x7 ..😐

      Hapus
    2. Lha radar hi-res nya mana ya mase....mosok mengandalkan sejauh mata memandang πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    3. Tpi itu penting jga mas hari + mas ps, untuk apa alat2 canggih dan mehoong..tapi op lengah

      Hapus
    4. Nggih mbah, semua langkah besar diawali langkah kecil...πŸ‘

      Hapus
    5. Maka kalo punyae kecil jangan berkecil hati.....itu pesan moralnya πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

      Hapus
    6. 😁😁😁😁

      Hapus
  5. Skyshield juga perlu ditebar pak.. waspada barangkali ada "Nyamok" lewat 🀭

    BalasHapus
  6. ini untuk antisipasi serangan drone,
    tp kalau cuma drone nyamuk milik tetangga mah cukup baygon ato raket listrik aja,😏😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerad πŸ€£πŸ€£πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

      Hapus
    2. Tembakkan saja Rhan 122 meter, dijamin opeerator nyamok ngga ada sisanya

      Hapus
  7. 🀀 sinergi adalah koentji

    BalasHapus
  8. Malon akan impor jaring nguyen untuk anti drone ..... wkwkwkkwkwk miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib om negara grade A sdh jatuh miskin tak punya kepandaian.

      Hapus
    2. Karma buruk negeri gred a

      Hapus
  9. Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam penggunaan antidrone atau (drone jammer) untuk melindungi kilang minyak dan gas bumi yang dimilikinya dari ancaman serangan pesawat tanpa awak atau drone.
    ---------------------

    tindakan preventif, sedia payung dulu sblom ujan haha!⛱⛱⛱

    BalasHapus
  10. negerinya om ben aje yg imuts jammer dron dimana2. mrk faham bingit dasyatnya serangan dron. tp impaknya lama2 maen dron jd susah nich gaes haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ngemenk2 soal balongan, lewat lokasi milik PT Pertamina (Persero). guwe bulan laluw sempet lewat situ pas malem, alamak cakeb bgt gaes, ditengah sawah luas tiba2 ada bangunan megah lampu pol haha!πŸ’‘πŸ’‘πŸ’‘
    kebayang klo maen dron kan enak bgt yak, kini pupus..gegara aramko sich!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah aramko dihajar dron, kabar duka dr saudi berlanjut, pengawal pribadi rajadiraja timteng yg dulu sempet ikut ke jkt & bali, lewat jugak..
      apakah ada hubungannya?🀨🀨🀨


      Pengawal Raja Salman Tewas Ditembak, Berikut Fakta-Fakta Abdelaziz al-Fagham
      https://www.liputan6.com/global/read/4075147/pengawal-raja-salman-tewas-ditembak-berikut-fakta-fakta-abdelaziz-al-fagham

      Hapus
  11. Papua lagi rusuh πŸ˜‘πŸ˜‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ade yg ngurus dan menangani. ini semua karena hoax SARA yg massif di sana. semoga tetap selesai dengan baik. amin...

      Hapus
    2. Itu sebab indon rasis la..sedap mulut je hina org papua monyet...

      Skrg rasakan kau indon rasis..

      Hapus
    3. ICERD..

      Wakakakkakakak..πŸ˜‚
      Di datengi gojek aja pada ribut & bikin hoax, minta proteksi..PM lu tuh kasih ijin Gojek.

      Mental lemah..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Malon bernyali nyingnying bermental banci kaleng karatan. Diserbu babi hutan aja.... Nangis
      Gojek datang aja..... Nangis

      Malon hidup lho kebanyakan drama

      Hapus
  12. Pertamina memiliki 7 unit Rafinery yg tersebar dibeberapa kota seperti Dumai, Palembang, Cilacap, Balikpapan, dll.

    Belajar dari Arab saudi betapa strategisnya unit Rafinery ini.. Semoga kelak dijaga oleh duet VL MICA berbasis darat NASAMS dan Orlikon skyshield masing2 satu baterai.. haha.. mantaaaapp..!! πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta sama Pindad, tank harimau bisa diubah bawa Oerlikon skyshield, seperti Skyranger atau yg turki punya

      Hapus
    2. Malon otak setara monyet di bawah ini dah miskin goblok pula ,πŸ˜΄πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡jamban sia2 kau hidup

      Hapus
    3. kalau mau kasar taruh aja oerlikon GDF di kubah si Harimau.

      wkwkwk, sama taroh radarnya disana. jadi deh mobile aa

      Hapus
  13. Pertamina ni ape?? Company jual instant noodle ke?? Sori la tak pernah dengar..




    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar penunggu goa.... 😞

      Hapus
    2. Ya wajar tak pernah dengar.
      Jamban kayak lu kan gak punya kuping.

      Wakakakakakakak...πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Jgn lupa malonyetjing, suruh petronas bayar hutang ke PGN. Ngga bayar jadi anak perusahaan PGN

      Hapus
    4. Petronas itu apa yaa? Company pengemplang utang yaa, pantes ngga mau bayar hutang... Jatuh miskin sih malon

      Hapus
    5. Pur gempur gila, Petronas mu masih punya hutang ngatain engak pernah denger....wedus

      Hapus
    6. Jadi petronas bangkrut di Indonesia...sebentar lagi GRAB bro kita boykot..biat bangkrut juga..KOH..KOH..KOH

      Hapus
    7. Iya boykot grab klw bisa dipercepat sekalian penyitaan lahan sawit dan perusahaan yang kelolasawit di kalimantn,pengen tau taon depan utang malonyet nambah gak?πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
  14. Di malon ada ny penangkal setan altantuya yg gentayangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada efeknya bro, masih kalah sama mbah gono... Pemburu janda ghoib dari padepokan kemukus.... Ampun mbah murid lancang

      Hapus
  15. BH-nya si rosmah bisa dijadikan anti drone malon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anti hantunya altatunya bro, bukan anti drone

      Hapus
  16. Ngomong2 soal drone ini prestasi yg baru saja didapat anak2 Indonesia dalam ajang internasional.

    https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4723747/robot-terbang-rakitan-mahasiswa-ugm-raih-juara-di-turki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus dari nyamok 🀣

      Hapus
    2. internasional dan lejit, smg terus berprestasi haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“
      ama ati2 ama tukang tempel stiker, jepun aja uda kena haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  17. Berita gembira lagi. PT KAI, PT INKA dan perusahaan kereta api dari Swiss akan bikin perusahaan bersama di Banyuwangi. Mantabbb. Allahu akbar!

    https://www.jawapos.com/infrastruktur/22/09/2019/bangun-pabrik-ka-di-banyuwangi-inka-kai-dan-perusahaan-swiss-bikin-jv/

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoih om unknown190, bulan maren masuk investasi non-migas sebesar 30T ato sekitar $ 2 milyar dolar amrik utk naikin kapasitas produksi jadi 1000 gerbong luar byazah haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„


      ----------------------
      Gandeng Stadler Rail Group, PT INKA Siap Mendunia

      “Jumlah investasi yang bakal digelontorkan mencapai Rp30 triliun, dengan tahap awal senilai Rp500 milliar,” ujarnya.

      https://jatimnet.com/gandeng-stadler-rail-group-pt-inka-siap-mendunia

      Hapus
    2. yang ini paling gress, 5,5 jam ke surabaya, target 2025 selesai!
      uhuyyy haha!πŸš…πŸš…πŸš…

      --------------------
      Pemerintah Indonesia dan Jepang membahas proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Proyek tersebut akan memangkas perjalanan Jakarta-Surabaya maupun sebaliknya menjadi 5,5 jam.

      Indonesia & Jepang Bahas Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya
      https://www.youtube.com/watch?v=q2GGhuKqmwQ

      Hapus
    3. investasi eropa jepun masuk terus, kita duluan tak sperti negerinya yg dibawah πŸ‘‡ ini haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      hari gini masi ngandelin minyak & gas, fantesan CAPCUS 55 haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  18. Kenapa korang cakap pasal petronas..kalau petronas aku tau la..Company Oil & Gas terbesar Asean..salah 1 dari New 7 sister bersama Saudi Aramco,Petrobras...

    Korang nak klaim petronas ke??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayar dulu pentonas punya hutang ke PT.PGN
      Tak malu ke ngaku2 company terbesar asean

      puih.... beruk

      Hapus
    2. Biarin aja petronas ngga bayar hutang, lumayan bisa buat alasan ambil Sarawak-Sabah buat bayar hutang

      Hapus
    3. Petronas terbesar utangnya

      Hapus
    4. Indon jealous lah tu tak boleh terima fakta..

      Hapus
  19. Hohohohoho.... Aku cinta bulan Oktober, dimana suara raungan jet tempur TNI-AU menderu deru membelah langit jakarta. Terima kasih TNI-AU sang ksatria penjaga langit Ibu Pertiwi

    BalasHapus
  20. Dukung Serawakian S4S..sudah Merdeka 23 July 1963

    BalasHapus
  21. THE IDIOTS USE THEIR BRAIN IN A LITTLE.

    BalasHapus
  22. Majulah Perjuangan Pejuang Papua! Ayuh!!
    https://www.bharian.com.my/dunia/asean/2019/08/598381/papua-dilanda-keganasan-terbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyeee ompol, gimana nich SAREXIT-> haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      uda pake baju laskar tirai bambu lho haha!🐼🐼🐼
      ompol uda dapet blom free ongkir lho haha!🀣🀣🀣

      ------------------

      Malaysia Military Power shared a photo.
      15 hrs ·

      CARI DIA DAN SURUH DIA SATU FAMILY SEMBAH BENDERA MALAYSIA. VIRALKAN

      Si palui ni siap pakai uniform tentera China lagi. PDRM pi lepaskan ke. Dia langsung tak mewakili orang Sarawak dan sepatut nya di buang negara. Di mana mangkuk ni tinggal. Sudah lah tak menghormati negara ku. Malah menyemai sikap seperatism. Takkan perkara serius begini masih nak di pandang ringan.
      Shaow Tung Leong

      https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/posts/2561325513890449

      Hapus