17 November 2021

Infoglobal Kunjungi PTDI, Bahas Kerjasama Integrasi Mission System ke Pesawat N219 MSA

17 November 2021

Lini produksi pesawat N219 Nurtanio (photo : DPR)

Pada 11 November 2021, CEO Infoglobal, Adi Sasongko bersama tim melakukan kunjungan ke PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Bandung. Kunjungan tersebut dalam rangka kerjasama integrasi mission system Infoglobal ke pesawat N219 MSA.

Agenda kegiatan ini membahas mission system Infoglobal, serta pesawat N219 yang didesain khusus sebagai Pesawat Pengawas Maritim atau Maritime Surveillance Aircraft (MSA). Mission System Infoglobal yang sebelumnya telah terpasang di pesawat CASA NC-212 PATMAR ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan di pesawat N219 MSA yang diproduksi PT DI.

Mission system pesawat NC-212 Patmar (image : Infoglobal)
Mission System Infoglobal memiliki fitur yang dapat memperkuat kemampuan pesawat N219 dalam melakukan pengawasan wilayah maritim. Fitur deteksi dan identifikasi target kapal, serta kemampuannya dalam menghitung posisi, kecepatan, dan heading target yang dinamis adalah beberapa fitur yang dimiliki Mission System Infoglobal. Lebih lanjut, Mission System Infoglobal juga dapat menampilkan rute SAR dan mengirim hasil surveillance ke KRI atau Ground Station terdekat, sehingga misi surveillance dapat dilakukan pesawat N219 secara efektif.

Dengan kerjasama ini, Infoglobal diharapkan dapat memperkuat kemampuan pesawat N219 MSA dan meningkatkan nilai TKDN pesawat tersebut. Kerjasama ini merupakan bentuk kolaborasi industri pertahanan untuk menciptakan karya terbaik anak bangsa.

76 komentar:

  1. Naaah...ini salah satu yang saya tunggu...ini BAGUS 👍👍

    BalasHapus
  2. TNI AL akan menerima 1 Skadron N219 MPA ( 16 unit ) untuk menggantikan Nomad yang Pensiun 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomad ini pesawat gagal buatan ausie dari 170 dibuat 100 pesawat jatuh,

      Hapus
  3. https://internasional.kontan.co.id/news/kombinasi-mengerikan-jet-tempur-korea-kf-21-hasil-kongsi-indonesia-dan-drone-siluman-1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.....KF-21 untuk Indonesia akan dapat diupgrade agar bersinergi dengan LOYAL WINGMAN seperti F50 🙂

      Hapus
  4. Jadi inget dengan sebelah yang tak mampu beli alatan MSA,dan dapat hibah...

    Dan bual CN 235 MPA tni kalah hebat dengan CN 235 MSA

    Geng Malon emang bangang masih tak bisa bedakan

    Katanya lulusan top 5 univercity tapi tololnya luar biasa

    Padahal MSA masih di kelas coast guard

    Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuuuuuh....lihat 5 Universitas TOP di MALASIA nya menghasilkan generasi macam Gempork....jadi tau deh kualitas Universitas di MALON 🙂

      Hapus
    2. Terus dikatakan CN-235 MSA sebelah diklaim setaraf MPA ngoahahaha

      Hapus
  5. Lumayanlah....1 unit KF-21 produksi Indonesia diupgrade jadi generasi 6 dapat pimpin 3 unit LOYAL WINGMAN bersenjata

    BalasHapus
  6. Bahkan heli super lynx di klaim berkemampuan ASW...
    Padahal tak de alatan sonarnya

    Mungkin juga super lnyx dengan wildcat di kira sama aja wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal salah syarat heli ASW itu ada sonar atau bouy,ini tak,tak de satu pun sonar atau bouy yg ada pada superlynx malon ngoahahaha

      Hapus
    2. Heli lynx lapok kalau deteksi kapal selam...

      Di bantu dari sonar Kapal perang kemudian di infokan koordinatnya ke pilot heli... Kwkwkwkkwkkk

      Hapus
  7. Untuk negara tetangga yang hanya bisa membuat LAYANGAN WAU dipersilahkan MINGGIIIR !!!!...😁😄😀

    BalasHapus
  8. Ada juga migty hornet 25x upgrade di klaim setara dengan super hornet USMC

    Memang bener bener TOLOL!!!!

    Budak Kecik pun bisa bedakan migty hornet basic dan super hornet
    Dilihat dari saiz pun dah kelihatan beda wkwkwkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budak idiot tak tahu bezakan hornet dan superhornet ngoahahaha

      Hapus
  9. Ini fungsi avionic di pesawat terbang yang perlu anada ketahui ..

    http://myelectronicnote.blogspot.com/2016/09/mengenal-sistim-avionic-pesawat-terbang.html

    Jadi betol-betol lawak jika ada Indon yang mengatakan bahwa sistem avionic itu X berhubungan dengan fungsi pengendalian dan monitoring engine sebuah pesawat ... Ingat sistem avionic yang rusak atau berquality rendah akan beresiko lebih besar terjadinya kecelakaan (terutama sewaktu landing ataupun take off) ...Hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUAL dan LAWAK je korang ni BWHAA...HAHAHA...HA

      Hapus
    2. Malon beli avionik Indonesia 19 October terus hawk malon terhempas 16 November,avionik yg dibeli dari Indonesia je pun blm dipasang di hawk malon ngoahahaha...reka2 cerita je selalu ngoahahaha

      Hapus
    3. cara paling tolol utk menutupi kemalangan negeri sendiri adalah dengan menyalahkan negeri orang

      dan itu tabiat malon.
      negeri yg dianggap aneh oleh media US, tapi media malon malah mencatut RI dan India

      Hapus
    4. kalau ngga bisa buat apa-apa sendiri, ngga usah nyalahin pesawat lho jatuh bisa aja perawatan dan pemeliharaan pesawat lho yg ngga ada koceknya jadi minim

      Hapus
    5. Seingat saya yg bilang tidak (x?) berhubungan adalah seorang dengan gaya bahasa mirip anda. Dari komentar orang lain, saya asumsi orang Malaysia.

      Hapus
    6. Jangan2 dia sendiri yg ngomong ya bro IRS

      Hapus
    7. Mungkin saja orang yg sama.

      Bagus sudah tambah ilmunya dikit, tetapi sayang sekarang nuduh orang lain. Di thread sebelah tidak ada yg bilang itu.

      Paling dekat adalah:
      Reki17 November 2021 09.08

      Avionic yang digantikan tidak ada hubungannya dengan mesin pesawat, avionic itu untuk navigasi dan komunikasi saja.

      Tetapi itu spesifik buat avionik yg diganti. Mumpung tidak ada pemberitahuan pasti tentang apa saja yg diganti, tidak bisa ditarik kesimpulan apa-apa dari pernyataan itu. Terutama yg mendukung tuduhan unknown di atas.

      Hapus
    8. Mau di ganti gak di ganti avionik.

      Pesawat hawk malon sudah sering jatuh
      Apa perlu lagi di tampilkan lagi berapa banyak pesawat hawk yg sudah terhempas.

      Sepertinya gak perlu kasihan keluarga nya yg di timpa kemalangan.

      Hapus
    9. Pantesan saja di bilang Aneh... cara berpikir dan cara ngeyelnya saja jelas aneh... Avionik dengan pesawat jatuh berusaha keras untuk di hubung2kan...

      Hapus
    10. Gimana gak negara aneh saat ngomong bahasa melayu tp tiba2 nyanyi jadi bahasa Indonesia,wajar kalo us bilang negara teraneh di dunia seperti lp o6 vita birahi anehkan..,mo ktawa takut dosa gak ktawa keterlaluan ..ya capek deh negara kayak gni mang dah nasib gde bacot..

      Hapus
  10. ● Mission System Infoglobal memiliki fitur yang dapat memperkuat kemampuan pesawat N219 dalam melakukan pengawasan wilayah maritim. Fitur deteksi dan identifikasi target kapal, serta kemampuannya dalam menghitung posisi, kecepatan, dan heading target yang dinamis adalah beberapa fitur yang dimiliki Mission System Infoglobal. Lebih lanjut, Mission System Infoglobal juga dapat menampilkan rute SAR dan mengirim hasil surveillance ke KRI atau Ground Station terdekat, sehingga misi surveillance dapat dilakukan pesawat N219 secara efektif.

    Kemampuan InHan baik swasta indo sudah tidak diragukan lagi.
    👌👍

    BalasHapus
  11. PT LEN dan INFOGLOBAL jika bekerjasama akan menghasilkan karya unggulan 🙂

    BalasHapus
  12. INFOGLOBAL juga berencana membuat UAV bersenjata tuh 🙂

    BalasHapus
  13. Semua itu ...BARU MAHU AKAN rupanya ... Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Malaysia itu nama lain dari ANGAN - ANGAN ... Beza betol maknanya dengan yang namanya PERANCANGAN AWAL ...

      Hapus
    2. di malon cuma bisa buat lawak dan bual belaka saja selebihnya mimpi basah di siang hari

      Hapus
    3. Mana bisa sebelah buat pesawat 🤣

      Hapus
    4. Jangan sama kan MAHU AKAN dgn versi malon dgn versi Indonesia,MAHU AKAN versi malon selalu GHOIB ngoahahaha

      Hapus
    5. Kalau di Indonesia MAHU AKAN itu berarti sudah dibuat perancangan schedule dan action... berbeda dengan Malon, BARU MAHU AKAN ujungnya BATAL

      Hapus
    6. Baru mahu akan

      ,Tak kau liat jet pjuangmu dah pakai avionik baru dasar bangsa lolok..

      Hapus
  14. Iya rencana....tapi sudah ada karya yang dihasilkan, kalau kalian bisa apa ?....membuat LAYANGAN WAU yang besar ? 🙂

    BalasHapus
  15. Membuat SISTIM saja MALON masih ANGAN ANGAN, kenapa berkomentar Begitu ?....bercerminlah sebelum berkomentar 😁😄😛🤪

    BalasHapus
  16. Kalau bicara dengan Malon lebih baik ngomong masalah KONDOM saja ya, tidak Teknologi tinggi....bicara KONDOM dan LAYANGAN WAU saja ya 🙂

    BalasHapus
  17. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20211117100249-33-292131/malaysia-heboh-ada-putri-nabi-di-merk-wiski

    BalasHapus
  18. Halaaah....minuman Wisky buatan MALON pakai foto TRISTAM SPEEDY ( Orang Inggris ) lalu pakai nama TIMAH yang ngakunya dari tambang timah...hadeeeh ngak jauh dari TUAN INGGRIS rupanya, kenapa tidak pasang Foto MAMA ELYS di BUCKINGHAM atau BERUK sekalian 😁😄😝😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa ga pake merk "minyak" ya?

      Hapus
    2. Merk Minyak Sawit gitu yaaa...nanti dikira minyak Sawit betulan, itu khan warnanya mirip 🙂

      Hapus
    3. Mungkin kalau mereka tahu, bakalan pakai nama ARAK atau CIU

      Hapus
    4. pakai nama arak atau ciu ngga bakalan berani, takut disuruh bayar lisensi atau bakalan dihajar netijen +62

      Hapus
  19. Maksudnya seperti ini 🐵🐒🦧🍌🍌🍌

    BalasHapus
  20. Malon jangan suka menyalahkan negara lain ini memang dari dulu hawk Mon sering terhempas nih datanya

    Insiden Jet Tempur Hawk RMAF



    Kantor berita Malaysia Bernama melaporkan ada sembilan insiden kecelakaan atau melakukan pendaratan darurat yang melibatkan jet tempur Hawk 100/200 Royal Malaysian Air Force (RMAF), sejak tahun 1996.

    Kecelakan pertama terjadi 18 Juni 1996, ketika pesawat Hawk 108 jatuh saat melakukan penerbangan pelatihan di dekat Pangkalan Udara RMAF di Butterworth, Penang. Tidak ada korban dalam insiden itu.



    Kecelakaan kedua terjadi 23 Juli 1996 ketika sebuah jet tempur Hawk jatuh dan meledak di sebuah jurang kecil di luar Bandara Labuan, di Labuan. Dua pilot dinyatakan selamat.

    Dua kecelakaan terakhir sebelum peristiwa 16 November 2021 adalah insiden pada 4 Mei 2007, ketika sebuah pesawat Hawk 208 jatuh di Pangkalan Udara Kuantan, Pahang. Pilotnya dinyatakan selamat.

    Sementara pada 15 Juni 2017, satu pesawat Hawk 108 hilang di utara Kuantan antara perbatasan Terengganu-Pahang setelah kehilangan kontak pada pukul 11.30. Dua pilot dinyatakan tewas dalam insiden di sebuah hutan rawa di Cukai, Terengganu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang TABIAT mereka begitu...msklum saja lah 🙂

      Hapus
    2. Malonkan bodoh cuma pandai reka2 cerita je,avionik fungsinya hanya untuk navigasi dan komunikasi je tak de kaitan dgn engine direka2 cerita malon avionik jadi penyebab hawk malon terhempas ngoahahaha

      Hapus
    3. Pantas saja mereka dikata ANEH

      Hapus
  21. Lanjutkan karya2 kalian agar nnt dapat membuat karya unggulan lainnya.

    BalasHapus
  22. dalam LOI dan MOU.....sudah tercapai 53 Pesawat

    =====kata malon pasti ..Tampal Sticker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesanan untuk pesawat N219 itu total 257 unit, yang pesanan luar negeri 150 unit, tapi awalnya untuk Konsumen dalam negeri dulu 🙂

      Hapus
  23. Jadi tepatnya pada 27 September 2021

    Forbes menyiarkan artikel tentang buruknya kekuatan armada pesawat tempur yang dimiliki TUDM,apalagi pesawat hawk yang dimiliki TUDM sudah usang kata pilot pesawat bomber us, ini sangat memprihatin kan,

    Jadi kalo menurutku pribadi pesawat hawk milik TUDM yang jatuh itu di akibatkan oleh faktor perawatan dan prngantian sucad nya, maklum karna dari pihak TUDM pun pernah mengeluh dengan anggaran perawatan pespur yg sangat rendah

    BalasHapus
  24. Pesawat jatuh itu faktornya hanya 2

    1.kesalahan pilot
    2.mesin yang malfungsi ( mati mendadak)

    1.kesalahan pilot di misalnya pada kesalahan perhitungan,pengalaman terbang,kesalahan pengambil keputusan di saat terjadinya system yang error

    2.mesin pesawat tanpa mesin namanya bukan pesawat karna pesawat untuk bisa terbang harus memiliki daya dorong yg diperoleh oleh mesin entah itu mesin baling atau jet,yg pastinya mesin itu bagian fital dari pesawat, apabila mesin pesawat kurang perawatan dipastikan ada beberapa komponen penting di pesawat mengalami waktu jam nya dan berakibat gagal fungsi pada mesin dan wajib di ganti anggaran yg minim pun bisa di sebabkan karna seharusnya dengan waktu yang sekian harus masuk perawatan tapi malah dipaksa terbang karna anggaran yg minim,pengantian sucad atau perawatan yg tidak sesuai jadwal karna ya itu anggaran terbatas karna anggaran untuk pembelian sucad tidak mencukupi

    BalasHapus
  25. HAMPIR SEMUA PESAWAT MILIK TNI baik ROTORCRAFT,PROPELLER,JET dari tempur sampe angkut memakai AVIONIK BUATAN INFOGLOBAL tidak ada masalahnya...

    •F-16 eMLU AM/BM beberapa avionik buatnya infoglobal.
    •HAWK 109/209 diupgrade dengan avionik Infoglobal.
    •KT-1B juga pakek.
    •G-120 GROB juga pakek.
    •CN-235,NC-212,NBELL-412.

    Semua pakek beberapa avionik buatan INFOGLOBAL...

    Nah kalau sebelah BELI AVIONIK dari PT.INFOGLOBAL 19 Oktober 2021 jatuh 16 Oktober... Hebat ya dalam waktu 28 hari berhasil upgrade Avionik Pesawat tempur... Kalah Amerika???

    BalasHapus
  26. Kayaknya proyek LCA harus segera realisasi, jika KL ambil Tejas, kami sebagai tetangga ikut gembira...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari obyek barter sawit, pastinya Tejas diatas angin... tidak sabar menunggu kabar baik Tejas di akusisi oleh jiran, nanti ikut pesta ahhh...

      Hapus
  27. AVIONIK PESAWAT ada dua macam ya

    1.yang ada diCOCKPIT biasanya terdiri dari MONITOR yang meliputi sistem NAVIGASI,PENUJUK KETINGGIAN,KECEPATAN, JARAK JANGKAUAN,BAHAN BAKAR,G FORCE DAN DATA SENJATA... Juga ada indikator mesin(untuk menunjukkan tekanan mesin atau kalau ada masalah dengan mesin)...

    2.SISTEM PIRANTI LUNAK/SOFTWARE
    Yaitu avionik yang terdiri dari
    -MAIN RADAR.
    -MAWS(MISSILE APPROACH WARNING SYSTEM).
    -IRWS(INFRARED WARNING SYSTEM).
    -LWS(LASER WARNING SYSTEM).
    -RWR(RADAR WARNING RECIEVER).
    -RWS(RADAR WARNING SYSTEM).
    -EWS(ELECTRONIC WARFARE SYSTEM).
    •ECCM(Electronic Counter Counter
    measure).
    •ECM(Electronic Counter Measure).
    •ESM(Electronic Support Measure).
    •JAMMER SYSTEMS.
    •ANTI JAMMING SYSTEM.
    -IFF.
    -IRST(DIBEBERAPA PESAWAT).

    kalau terjadi masalah pada jet...
    1.kalau engine meledak/hilang tekanan ya pasrah saja berdoa.
    2.kalau avionik di COCKPIT tidak berpusing kalau ada CO-PILOT ya suruh dia hitung manual sambil berusaha mandarat,kalau singel ya hitung sendiri.
    2.kalau ada masalah dengan system avionik SOFTWARE... pertama tidak bisa menentukan sasaran,tidak bisa menembakkan senjata,kalau ada masalah di NAVIGASI or GPS ya tersasar atau keluar jalur,kalau sudah seperti ini HUBUNGI MENATAP ATC bandar sipil atau militer minta dituntut...
    3.rata rata kecelakaan pada pesawat terjadi karena FAKTOR MAINTENANCE(KURANG PERAWATAN),ENGINE,BODDY CRACK(MASIH BERHUBUNGAN DENGAN MAINTENANCE)... sangat jarang terjadi kecelakaan karena masalah avionik,sebab AVIONIK itu bertugas membantu pilot dalam pengendalian pesawat...jadi hampir tidak ada hubungannya antara kecelakaan pesawat dengan avionik pesawat.
    CONTOH : macam pesawat WW2 macam MUSTANG,FW-109 yg sering diterbangkan untuk seremonial itu 80% masih mengandalkan avionik lamanya tapi masih handal sebab perawatannya bagus


    Sekian ya semoga mengerti,kalu masih ngetroll ya terserah loe-loe pade saja lah berarti memang bebal KEPALA BATU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma di jelaskan detail
      Gak bakal paham om.

      Memang tabiatnya sudah buruk

      Hapus
    2. Biasalah bung... mereka berusaha mengelak, karena kalau engine meletup jadi penyebab, mereka akan terlihat tidak ada kepakaran melakukan maintenance...
      Menggiring opini kepada Avionik untuk menutupi kelemahan mereka, padahal itu malah semakin mempertegas kenapa mereka disebut ANEH

      Hapus
    3. Tingkat Kecerdasan Malon itu rendah, jadi mereka ngak akan faham dengan keterangan seperti itu...Kombinasi sifat mereka sulit karena mereka itu SEMBANG,BODOH,DENGKI plus MALAS.....Repot deh tuh 🙂

      Hapus
    4. Contoh Malon paling akurat tentu GEMPORK 🙂

      Hapus
    5. saya lebih suka nyebut KELEDAI,
      buat para troller KL yg bebal dgn komen yg selalu diulang-ulang

      Hapus
    6. BNetol ... 1000% agreed ... Contoh nyata crash seperti yang anda jelaskan adalah KS NANGGALA milik Indon ... Hehehhehe

      Hapus
    7. Betol ... Betol ... Betol ...Nak salahkan oran lain .. tetapi contoh paling teruk kerana maintanance yang burok ada terjadi terjadi di Indon rupanya (KRI 202 Nanggala)..... Hehehehe

      Hapus
    8. Nanggala itu lebih tua berbanding hawk masih baharu dah terhempas ngoahahaha

      Hapus
    9. Heleh munafik kau lon...
      Tak berani akuin kalau skill pilot rendah,contoh aja kursus heli little bird masa 6 taon masih belum selesai,itu tandanya pilotnya tolol,ibarat buah tak jatuh jauh dari pohon lon... Wkwkwkwkwk

      Hapus
    10. Malon TOLOL dan sok tau MEMBUAL masalah kapal selam KRI NANGGALA...Kasihan kalian ini hanya berkomentar tanpa tau masalah...kalian makin terlihat TOLOL 😁😄

      Hapus
    11. KRI 202? apa itu wooii...?

      Wkwkwkwk
      Kalo Tolol gk usah reka-reka cerita lon, makin kelihatan tololmu.

      Hapus
  28. Waktu pameran diturki infoglobal juga memamerkan avionik Hercules

    BalasHapus
  29. Lon... malon hawk lo jatoh nyalahin negara org. Klw emang tuh hawk udh ganti avioniknya pilot malon mampu gkk ngoperasiinnya.biasa manual dikasih digital kaget kali. Skalian aja sewa pilot dri us kalau gkk manusianya gkk mampu sewa heli bisa.

    BalasHapus