24 November 2021

Vietnamese, Thai Navies Conduct 44th Joint Patrol

24 November 2021

Joint patrol between Vietnam and Thai Navy (photos : QDND)

Hanoi (VNA) – The Vietnam People’s Navy and the Royal Thai Navy (RTN) have conducted their 44th joint patrol, according to Quan doi Nhan dan (People’s Army) newspaper.

The participating forces included ships Svetlyak class 264 and 265 from Naval Region 5 of Vietnam, and ships 433 (HTMS Makut Rajakumarn) and 542 (HTMS Klang) of the RTN.


The two sides coordinated information exchange and prevention of illegal fishing activities.

Other practices included search and rescue, and implementation of the Code for Unplanned Encounters at Sea reached at the Western Pacific Naval Symposium 2014.


The joint patrol aimed to maintain security and order, create conditions for the two countries’ people to develop maritime economy, as well as promote cooperation, mutual understanding and trust between the nations’ naval forces.

(VNA)

200 komentar:

  1. Mantap duet patroli thai dan pietnam
    Eitt jarang2 nich haha!⚜️♻️♻️

    Keberapa ajah okeh ocehhhhhh

    BalasHapus
  2. kesian bner uda jatuh ketimpa tangga pulak BNS

    guwe nemu knp ada kekacauan di proyek balon koneng ini gaesz..

    ada masalah teknis, berakibat SALAH FOTONG

    tehnik rancang bangun lcs uda salah,
    bukannya barengan antara bikin bodi platform dan pemasangan pipa dan jalur listrik eh malah bikin bodi dulu.
    akibatnya buntu ditenga jalan, pas mao dipasang BEDA..
    harus masukin pipa, potong sana sini, padahal rangka struktur bangun uda di las mati..kacao haha!❎❎❎

    akibatnya, LCS ituw sperti MOKAP KAPAL FRIGAT RAKSASA gaesz<- 1:1 haha!❎❎❎

    -jendela anjungan blom ada
    ALIAS TIPU! haha!⛔⛔⛔
    -lobang cerobong asap mesin TERTUTUP
    bikin delay haha!⛔⛔⛔
    -JANGKAR gak ada haha!⛔⛔⛔
    -kipas propeler gak ada haha!⛔⛔⛔
    -apalagi isinya kabinnya gaesz..ZERO haha!⛔⛔⛔

    gegara lama DELAY urusan SALAH FOTONG,
    eh datang masalah baruw soal itung2an DUWIT

    bgini itungannya:

    dulu proyek LCS waktuw kontrak 2011 terhitung
    $ 2.8 bilyun dolar = RM 9 bilyun utk 6 kapal

    kerna ekonomi KL jatuh antara 2010-2021,
    mata uang KL ikutan jatuh terhadap dolar..
    maka terdepresiasi, saat ini nilainya

    LCS $ 2.8 bilyun dolar RM 11 bilyun

    makanya BNS kelabakan gaesz, tiba2 py hutang RM 3 bilyun, ato skitar $ 700 juta dolar

    ini smua kerna KL terlambat kasi duwit ke BNS,
    bukannya lgs kasi RM 9 bilyun tapi mereka CICIL
    gegara CICILAN KL ke BNS inilah gak dipikirin
    masalah inflasi dan depresiasi ringgit..tidak dikoreksi per tahun.

    sebenernya bisa kerugian bns bisa direduksi apabila mereka "belanja" semuanya lebih dulu di awal.

    tapi..kelian tau kan, ada bbrp alutsista blom kontrak sampai detik ini.

    kebayang donk harga dulu berapa, skrg berapa
    kalo BNS pake dolar bayarnya, mampuslah dia gegara trima duwit dari PUTRAJAYA berupa ringgit haha!⛔⛔⛔

    ini artinya gak 100% salah BNS
    pemerintah PUTRAJAYA, alias KEMHAN KL jgk harus bertanggung jawab. mereka delay kasi duwit jugak soalnya.
    buktinya sampe detik ini PUTRAJAYA UTANG RM 3 bilyun khan ke BNS haha!❎❎❎

    hadeuu katanya didikan TOP 5 universitiy, masalah gini aja jadi konsumsi ribut2an politec haha!❎❎❎

    PARAHNYA lagi, disusul utang masa lampau BNS sendiri di proyek NGPV..dari 15 tahun laluw gaesz, blom kelar haha!❎❎❎

    akibat DOBEL K.O BNS...

    pantesan waktuw guwe itung dulu RM 3 bilyun = $ 1 milyar/bilyun dolar, buat beli kapal baruw lagi..kok gak bisa dpt 3 bijik lagi
    ternyata skrg nilainya tinggal $ 700 juta, ini aja uda minus 300 juta dolar haha!♻♻♻

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling aneh lagi utk proyek LCS,
      smua dikasi ke BNS, alias BNS jadi kontraktor UTAMA/PRIME CONTRACTOR.

      kemhan KL terlaluw percaya, padahal beberapa rekor kasus seblomnya bikin BNS banyak UTANG
      yg jd pertanyaan, ada gak ada due dilligence seblom kemhan kasi kontrak besar ke BNS?

      bner2 lingkaran benang kusut ini haha!♻♻♻

      makanya gak ada jalan pilihan jalan teruszz kata menhan KL,
      padahal 2025 pon pesimis, mungkin bisa 2030+++...taon segituw perangkat keras/hardware dan lunak/software si BALON KONENG uda pasti KUNO gaesz haha!❎❎❎

      mo dikasi jalan apapun uda repot, yaa baguslah...taon segituw..frigat2 raksasa kita uda RAMAI gaesz lalu lalang di LCS haha!✅✅✅

      Hapus
    2. Dari awalnya LCS itu desainnya adalah sebuah korvet ompal tapi datang malon sok pinter modif LCS korvet ini jadi 111 meter...tanpa ada skill dan pengalaman untuk ngoprek2 atau modif2 kapal malon berani panjangin ukuran korvet jadi 111 meter ngoahahaha... alhasil awal2 di bina LCS sudah salah potong,ini lg pemasangan instalasi2 tdk barengan dgn pemasangan rangka2 baja dan las bajanya ompal ngoahahaha

      Hapus
    3. Nyoiiiih om pit, yang kocak, bikin lobang jangkar setelah bodi jadi hahah!❎❎❎

      Enjiner prancis pasti geleng2, KL pake tehnik jebol pasang yak haha!❎❎❎

      waktuw jebol baja, ituw strukur rangka besi baja dibelakang bodi baja pasti dipatahin jugak tuch,
      kekuatan rangka berubah donk haha!⚜️❎⚜️

      Kebayang ntar gimana nasib pipa ama jaringan kabel listrik yg blom di instal,
      pake sistem jebol pasang yak om pit haha!⚜️❎⚜️

      Hapus
    4. Permasalahan yang paling sering terjadi ketika melakukan revise, dari size sekian ke size yang lebih panjang atau lebih kecil, biasanya beresiko ketidak cocokan actual karena biasanya terlalu fokus ke major design saja dan lupa tidak editing sampai ke detail part...
      Sering mengalami bahkan untuk drawing design dari Japan, dari part yang overlap, tidak match, posisi terbalik dan beberapa hal yang lain
      Umumnya tidak crusial jika engineernya cukup mampu, kecuali jika Engineernya masih belajar maka efeknya sangat dahsyat... karena bisa jadi akan gagal design dimana untuk memperbaikinya membutuhkan proses yang sangat rumit dan bahkan biayanya sangat besar
      Saya yakin ada yang terlewat saat redesign dari korvet menjadi 111meter seperti yang disebut @Mat Rempit, kalau sudah begini terus pun sulit tak terus pun uang sudah habis diguna... seperti buah simalakama, dimakan butuh banyak biaya dan usaha, tidak dimakan ya cukup sudah akir cerita LCS

      Hapus
    5. Tehnikal drawingnya mungkin sip kerna ada pengawasan insinyur prancis,
      nach eksekusinya ituw masalah,
      berkaca dr hasil lcs1 yak haha⚜️❎⚜️

      Yaa TAMAT jalan terbaik, drpd nunggu lama dpt kapal cacat produksi, mahal miaranya ntar haha!♻️♻️♻️

      Hapus
    6. Jual aja kapal2 yang nggak jadi itu beserta dengan galangannya. Jadikan bangunan kapal yang hampir jadi sebagai hotel, mall, gedung bioskop dan restoran dan galangannya dijadikan taman bermain. Besi2nya lumayan untuk dibikin wahana boom2 car, komidi putar, kincir bianglala, prosotan dan jungkat-jungkit. Kapal yang setengah jadi bisa diubah jadi wahana rumah seram.

      Hapus
    7. Mo dijokul gimana om woof2 lah BNS aje lagi diseret ke pengadilan ama LENDER kuwait finance house da kawan2 ... masa pemerintah KL rebutan rongsokan ama para lender haha! ❎❎❎

      Hapus
  3. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/06/blog-post_78.html?m=1

    BalasHapus
  4. Klw admin ngebahas laut slalu teringat lcs maharajagila punyanya yang dipertuan agung malon.yang kocaknya udah nyemplung laut di angkat lagi.mau ketawa takut kena paru paru basah. Negara idiot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi om bekicot, si balon koneng 3 biji blom pernah sentuh air laut sekalipun kcuali, air ujan haha♻️⚜️♻️

      Bagaimana mo nyemplung kipasnya propelernya aja ga ada
      Apalagi mesin nol, lah cerobong asap aja masi full ktutup mati haha!❎❎❎

      Yg brani cemplungin laut pasti klelep haha!⚜️⚜️⚜️

      Makanya guwe perna nantangin semua WARGANYET KL, trutama yg lg kefanasan dibawah

      Kasi tunjuk donk 1 ajah poto anjungan si lcs, ampe detik ini artinya 4 tahun tiada kabar,
      eh tiba2 muncul sendiri kaca pon gak ada, pake triplek cat itam buat tepu2 seluruh warganyet KL haha!❎❎❎

      Hapus
    2. Iya om pal belum nyemplung ya romannye takut air tuh kapal,n rancang bangunnye cuma pake besi holow di lapis gipsum om klw gkk berani kena aer mah

      Hapus
  5. Ada yang punya gambar comodor inspection kri Cakra ga

    BalasHapus
  6. Om pal itu yang dipakai buat dijadiin JENDELA ANJUNGAN TIPU2 tuh apa ya... KANTONG KRESEK WARNA HITAM ya OM.... KHIKHIKHIKHI9😂😂🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyooiiihh om, Kantong sampah Klo ujan mlorot tuch haha!♻️♻️♻️

      Hapus
  7. Geng PEMBUAL kata APBN bukan hutang.. Memang benar tapi mereka lupa sebelum pakai APBN... Projek disiram terus dengan hutang dari CHINA ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    Selepas hutang makin MENGGUNUNG.... APBN pula dipakai untuk menampung projek yang MANGKRAK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geng PEMBUAL melancarkan kapal LCS TIPU-TIPU... jendela ANJUNGAN PUN TAK DE hahahaahhahaha

      Hapus
    2. Memang HRS Jakarta-Bandung cem ECRL Malon semuanya di siram hutang dari cina ngoahahaha

      Hapus
    3. NEGERI Pembual + 1 Warga KL si pork Bodohnya minta ampun cocok sama-sama Pondan alias Idiot akut Guyss .. LCS Mangkrak .. BNS tipu-tipu 1 Negeri Malondongok .. 🤔🤮👎

      Hapus
  8. https://www.indomiliter.com/kri-cakra-401-lakukan-commodore-inspection-sukses-menyelam-sampai-kedalaman-200-meter/


    KRI CAKRA 401 sukses uji COMMODORE INSPECTION dengan menyelam dikedalaman 200 M...

    TAHNIAH PT.PAL HAIBAT

    BalasHapus
  9. Masa ada pelancaran eh peluncuran kapal cerobong asapnya ketutup
    Kipas propeler takde
    Apalagi kaca anjungan takde
    Ini kapal aladin gaesz... digosok lenyap haha!⚜️♻️⚜️
    Onli di KL haha!♻️♻️♻️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal


      Kaca anjungan waktu pelancaran LCS beberapa tahun lalu itu dari apa ya... KANTONG KRESEK YA OM???

      Hapus
    2. Kaca anjungannya di buat dari plywood ngoahahaha

      Hapus
    3. Nyoiiihhh ini mokap kapal raksasa gaesz 1:1 haha!❎⚜️❎

      Hapus
  10. Kereta Cepat Diguyur Duit APBN Rp 3,4 Triliun dan Utang dari China


    Meski menuai banjir kritik dan dinilai melanggar janji yang sudah diikrarkan berulang kali, pemerintah bergeming dan tetap mengucurkan duit APBN untuk menambal pembengkakan biaya investasi Kereta Cepat Jakarta Bandung.

    Dilansir dari Antara, Kamis (4/11/2021), proyek pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung mendapatkan persetujuan dari pemerintah terkait Penyertaan Modal Negara (PMN) dan komitmen pendanaan dari China Development Bank (CBD).

    "Masuknya investasi pemerintah melalui PMN kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku pemimpin konsorsium (leading consortium) Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa mempercepat penyelesaian pengerjaan proyek setelah sempat tersendat akibat pandemi Covid-19," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya di Jakarta. Menurut Dwiyana, struktur pembiayaan KCJB adalah 75 persen dari nilai proyek dibiayai oleh CDB dan 25 persen dibiayai dari ekuitas konsorsium.






    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta Cepat Diguyur Duit APBN Rp 3,4 Triliun dan Utang dari China", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/11/04/092346226/kereta-cepat-diguyur-duit-apbn-rp-34-triliun-dan-utang-dari-china?page=all.
    Penulis : Muhammad Idris
    Editor : Muhammad Idris

    BalasHapus
    Balasan
    1. ECRL disiram hutang dari cina 100% ngoahahaha

      Hapus
    2. Bahas laut Gempor balas cerita darat..senang darat y..pantas kapal LCS laut mainnya di darat terus ta cercah air..beda habitat Pur..

      Hapus
    3. Kereta Cepat Pork... masalahnya apa??? pembangunan jalan terus sekarang sudah fokus di pemasangan glider atas... saya selalu lewat disebelahnya...

      Hapus
  11. Janji tanpa APBN

    Dalam beberapa kesempatan, baik Presiden Jokowi maupun para pembantunya, berungkali menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah murni dilakukan BUMN.

    Menggunakan skema business to business. biaya investasi sepenuhnya berasal dari modal anggota konsorsium dan pinjaman dari China. Dana juga bisa berasal dari penerbitan obligasi perusahaan.

    "Kereta cepat tidak gunakan APBN. Kita serahkan BUMN untuk business to business. Pesan yang saya sampaikan kereta itu dihitung lagi," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada 15 September 2015.






    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta Cepat Diguyur Duit APBN Rp 3,4 Triliun dan Utang dari China", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/11/04/092346226/kereta-cepat-diguyur-duit-apbn-rp-34-triliun-dan-utang-dari-china?page=all.
    Penulis : Muhammad Idris
    Editor : Muhammad Idris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada APBN berbanding ECRL Malon disiram hutang dari cina 100% ngoahahaha

      Hapus
  12. wkwkwkwkwkw..... sebelumnya kata tak mahu pakai APBN....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan bagus masih ada wang dari kerajaan Indonesia berbanding ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 100% ngoahahaha

      Hapus
    2. Aneh, kalau akirnya pakai APBN terus masalahnya dimana Pork??? yang masalah itu kalau tidak selesai... seperti LCS tuh

      Hapus
  13. Tetangga thailand gak diajak tuh... Kasihan amet ya negara malon dicuekin terus

    BalasHapus
  14. APBN bukan hutang kata geng PEMBUAL....wkwkwkwkwk

    baca tu sebelum pakai APBN ya guys.....



    Kereta Cepat Dikebut, China Siram Lagi Utang US$ 1 Miliar


    PT Kereta Cepat Indonesia China ( PT KCIC) sedang melakukan proses pencairan utang bertahap dari China Development Bank (CDB). KCIC akan menambah utang sebesar US$ 1 miliar hingga akhir tahun ini. Pinjaman ini untuk menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan selesai 2021.

    Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra, Jumat (05/7/2019) di Bandung, mengatakan jumlah utang yang bisa cair sampai akhir 2019 sebesar 60% dari komitmen pinjaman sebesar US$ 4,5 miliar.

    "Jadi total pijaman sekitar US$ 4,5 miliar ya. Kita udah ambil seperempatnya (US$1,1 miliar). Ya kira kira US$ 1 miliar lagi lah," kata Chandra.

    Chandra mengatakan saat ini progres pembangunan kereta cepat sudah mencapai 23% konstruksinya.

    China Development Bank (CDB) investasi yang digelontorkan untuk pembangunan kereta cepat, 75% berasal dari China Development Bank (CDB), dan 25% dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Sedangkan total Total investasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan sekitar US$ 6,071 miliar.




    https://www.cnbcindonesia.com/news/20190705210133-4-83088/kereta-cepat-dikebut-china-siram-lagi-utang-us--1-miliar

    BalasHapus
    Balasan
    1. ECRL Malon disiram dengan dari cina 100% ngoahahaha

      Hapus
    2. Otak babi ko pur wakakakakakakaka

      Hapus
  15. Disiram berapa kali guys..... UTANG CHINA tu....wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada wang dari APBN Indonesia berbanding ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 100% ngoahahaha...ngeri guys wkwkwk

      Hapus
    2. Pakai APBN Gempork sewot guysss...

      Hapus
  16. Ironinya sebelumnya kata tak nak pakai APBN... tau tau....... wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak masalah lah yg penting tak di siram dengan dari cina 100% cem ECRL Malon ngoahahaha

      Hapus
    2. Ya tidak masalah... Gempork malah yang panas ketika memakai APBN...

      Hapus
  17. ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 100% ...NGERI wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun kemahalanom pit,
      masa waktu diancam pembatalan bisa turun 30%

      30% Nah jatah siapa tuch yg blom diambil hayo ngaku haha!⚜️❎⚜️

      Dan skrg guwe yaqeen proyek jiran pon NAIK kerna delay haha!♻️⚜️♻️

      Hapus
  18. Padahal Utang sudah Menggunung, Pemerintah Mau Utang Lagi ke China Demi Operasikan Kereta Cepat


    Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pemerintah tengah bernegosiasi dengan China agar mendapat bantuan pinjaman.

    Tujuannya, untuk memenuhi biaya pengoperasian awal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Sebab, kata Kartika, KCJB bakal mengalami cost deficiency (kekurangan biaya) operasi pada awal pengoperasiannya.

    Dijelaskannya, pinjaman bisa diperoleh dari China Development Bank (CDB) dengan jaminan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Agar itu bisa terwujud, PT KAI nantinya akan diusulkan untuk mendapatkan jaminan dari pemerintah dengan pembentukan singking fund.

    "Untuk kelangsungan usaha dalam konteks operasional cash flow negatif yang akan terjadi di awal-awal operasi ini, kita sedang skemakan dengan pembiayaan dari bank. Dalam hal ini China Development Bank," ujarnya dalam rapat di Komisi VI DPR, Kamis, 8 Juli 2021.

    Selain cost deficiency, Kartika juga mengatakan proyek tersebut juga berpotensi mengalami pembengkakan konstruksi (cost overrun) sampai dengan US$1,4 miliar-US$1,9 miliar. Karena itu, pemerintah tengah bernegosiasi dengan China untuk menambal pembengkakan itu.

    Ia menambahkan, pembengkakan terjadi akibat keterlambatan pembebasan lahan dan perencanaan yang terlalu optimis di awal.
    "Kurang kuatnya manajemen proyek menyebabkan adanya potensi cost overrun pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung," ujar Mantan Dirut Bank Mandiri tersebut.




    https://www.reqnews.com/news/35902/padahal-utang-sudah-menggunung-pemerintah-mau-utang-lagi-ke-china-demi-operasikan-kereta-cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha hutang malon tak menggunung dah cecah 87% PDB ngoahahaha

      Hapus
  19. Di siram sana sini dgn hutang dari cina 100% ngoahahaha

    BalasHapus
  20. nah bukan saya yang kata ya HUTANG MENGGUNUNG....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan saya yg kata ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 100% ya ngoahahaha

      Hapus
    2. Kondom menggunung mas...

      Hapus
  21. Balasan
    1. Memang cina Elder brother malon ngeri guys wkwkwk

      Hapus
  22. Malon masuk jebakan Batman hutang dari cina wkwkwk... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi LOKDON total 8 bulan, proyek KL sama ajah pasti KOS RUN jugak om pit haha!❎❎❎

      Hapus
  23. Stafsus Sri Mulyani Sebut Pembiayaan dari Utang Wajar, Rakyat Diminta Gotong Royong Melalui Pajak


    Staf Khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah saat ini menghadapi dilema. Di saat butuh dana segar yang besar, tidak mungkin mengejar pajak. Padahal, masyarakat harus bertahan hidup di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

    Itu sebabnya, ruang fiskal diperlebar sehingga mau tidak mau menambah utang. Menurutnya, utang yang diambil pemerintah untuk menjaga agar tidak semakin terpuruk. Meski begitu, Yustinus mengatakan porsi utang yang mencapai 41 persen sampai saat ini masih terkendali dan dikelola dengan hati-hati oleh pemerintah.

    “Pembiayaan dari utang itu hal yang wajar. Yang penting jangan sampai jadi beban yang memberatkan dan harus produktif penggunaannya, bukan untuk konsumsi. Itu hal yang perlu kita jadikan pegangan,” katanya melalui diskusi virtual, Rabu, 30 Juni 2021.

    Melalui cara tersebut, tambah Yustinus, pembiayaan negara bisa dijaga dengan baik sehingga harapannya terjadi imbal balik. Saat krisis pemerintah bekerja keras dengan segala ruang fiskal yang dipunya.



    https://www.reqnews.com/news/35521/stafsus-sri-mulyani-sebut-pembiayaan-dari-utang-wajar-rakyat-diminta-gotong-royong-melalui-pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon telah masuk jebakan Batman cina... NGERI wkwkwk

      Hapus
    2. Terserah lah hutang menggunung tapi bisa bayar apa masalahnya?? Daripada hutang bikin kapal tapi kapalnya salah potong tu baru masalah belum lagi wangnya buat main judi di genting sama bayar selir raja tah nian problem orang malay bodoh ditipu masihpun dibela

      Hapus
  24. Ya ampun bayar hutang di suruh rakyat gotong royong...rakyat lagi susah sepanjang covid...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon telah masuk jebakan Batman cina wkwkwk

      Hapus
    2. Wkwkwk semua negarapun kalo berhutang dapat wangnya tuk bayar ya dari pajak rakyat lah kau orang tu bodohnya sangat akut!!! Belajar lah ekonomi sikit biar tak terlihat bodoh

      Hapus
  25. Proton salah satunya kerana malon banyak hutang ke cina maka proton dijual ke Geely cina guna bayar hutang... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Ngeri guys malon telah masuk jebakan Batman cina wkwkwk

      Hapus
    2. Ya harus ngeri liat kemajuan Indonesia dan Modernisasi Alutsistanya negara kita tu akan jd negara terbesar dan terkuat se ASEAN tunggu saja kedepannya ya

      Hapus
  27. Bukan Ekonomi yang Meroket tapi Utang, BPK Khawatir Pemerintah Tak Mampu Bayar


    Tren penambahan utang pemerintah dan biaya bunga yang telah melampaui pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) serta penerimaan negara, membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) khawatir pemerintah tak mampu bayar utang.

    "Memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar utang dan bunga utang," kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna, dalam Rapat Paripurna, Selasa, 22 Juni 2021. Kekhawatiran tersebut muncul karena BPK telah melakukan audit laporan keuangan pemerintah pusat selama 2020.

    Yang menjadi perhatian BPK ada beberapa hal yang harus diwaspadai pemerintah, salah satunya penambahan utang. BPK melaporkan, realisasi pendapatan negara dan hibah di tahun lalu sebesar Rp 1.647,78t triliun atau mencapai 96,93% dari anggaran.

    Sementara itu, realisasi belanja negara tahun lalu sebesar Rp 2.595,48 triliun atau mencapai 94,75% dari anggaran. Hal itu membuat defisit anggaran tahun 2020 dilaporkan sebesar Rp 947,70 triliun atau 6,14% dari PDB.



    https://www.reqnews.com/news/35109/bukan-ekonomi-yang-meroket-tapi-utang-bpk-khawatir-pemerintah-tak-mampu-bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah tenang je Indonesia masih punya gunung emas tembaga dan salah satu negara yg punya cadangan Nikel terbesar dunia yg nantinya seluruh dunia akan beli dari Indonesia purrr....tak perlu kuatir lah beda dengan malay yg tak punya resource dan manpowernya pun bodoh bodoh bagaimana mw shopping alat perang ya tak ada yg mw kasih pinjaman lah ngeri tak sanggup bayar...jadi makanya hanya mampu sewa hahaha

      Hapus
  28. Lepas Proton,sekarang 1mdb syarikat kerajaan malon kini telah jadi milik cina... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Bukan saya yg kata Proton milik Geely cina ya wkwkwk

      Hapus
    2. Ingat U kok jd pengen pke KONDOM pur...

      Hapus
  30. Patutlah malon takut sekali kpd cina kerana malon banyak hutang ke cina wkwkwk

    BalasHapus
  31. Anak haram jadah nggak ada yg ajak latihan nih... Kasihan ya.

    BalasHapus
  32. di suruh pula rakyat menanggung hutang..kasihan rakyat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbanding malon pejabat malon makan rasuah hutang dari cina rakyat malon yg bayar ngoahahaha

      Hapus
    2. Negara itu berjaya karena rakyatnya... jadi bisa dilihat kalau sekarang Malon makin terpuruk maka siapa yang paling berkontribusi...

      Hapus
  33. Padahal punya LCS electric loh... Gak perlu cerobong asap

    BalasHapus
  34. PM malon makan rasuah 1mdb rakyat Malone yg bayar... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  35. adar gratisan cuman 1 = sebuah

    WARGANYET KL ada mulai tepu2 disini kyk BNS gaesz, sebuah dikata dua haha!❎❎❎

    ---------------------------

    Perkara itu disahkan oleh Timbalan Menteri Pertahanan Datuk Seri Ikmal Hisham Abdul Aziz dalam ucapannya di Parlimen hari ini.

    Kerajaan Amerika Syarikat memberikan radar itu dibawah program, “Building Capacity Partner” dan radar pertahanan udara jarak jauh terbabit adalah daripada jenis AN/TPS-77, yang dibangunkan oleh firma pertahanan negara itu, Lockheed Martin.

    Beberapa bulan lepas, Defence Security Asia melaporkan bahawa Jabatan Pertahanan Amerika Syarikat telah memberikan kontrak bernilai US$25.1 juta (RM103 juta) kepada syarikat, Lockheed Martin untuk membekalkan sebuah = 1 haha!✅✅✅
    radar pertahanan udara jarak jauh kepada Malaysia.

    https://defencesecurityasia.com/radar-jarak-jauh-pemberian-amerika-ditempat-di-pangkalan-tudm-labuan/

    BalasHapus
  36. Yang ini lebih ngeri GUYS... Menipu satu negara

    https://youtu.be/D4iyywr-WqU


    Bagaimana perasaan PRANCIS melihat ini ya...??

    BalasHapus
  37. Yg penting ada dari APBN Indonesia berbanding ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 💯% 🤣😂

    BalasHapus
  38. Berbanding ECRL Malon disiram dengan hutang dari cina 💯% ngoahahaha

    BalasHapus
  39. Yang ini lebih ngeri GUYS... Menipu satu negara

    https://youtu.be/D4iyywr-WqU


    NGERI GUYS MERIAH SEKALI ACARA TIPU-TIPU NIH

    Bagaimana perasaan PRANCIS melihat ini ya...??

    BalasHapus
  40. ECRL Mega Project Malaysia - East Coast Rail Link Project 2021


    https://www.youtube.com/watch?v=B5bmvbLQX6A&t=286s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang ke cina 💯% tuh keh,proyek jebakan Batman cina wkwkwk

      Hapus
    2. Proyek halu ya pur wakakakakakakaka

      Hapus
  41. ECRL ngutang 100% ke cina,LMS hutang 25 tahun ke cina,1MDB hutang ke cina,Proton di jual ke cina guna bayar hutang,forest city Johor ngutang ke cina,MRT ngutang ke cina,LRT NGUTANG ke cina... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  42. Projek ECRL ya guys ON terus...

    yang projek MANGKRAK tu tepi sikit....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lewat tiap hari ya Pork, pemasangan glider jalan terus... sekarang pekerjaan tiang sudah finish... penyambungan jalan terus sekarang kalau lewat tol sudah semakin rapat di kiri ada LRT dikanan ada kereta cepat...

      Hapus
    2. Proyek yang mana yg mangkrak??? Hambalang!!! Kaga ada kata mangkrak purr di jaman pakde Jokowi....semua akan selesai sebelum 2024....jangan lah samakan sama malay yg PMnya pun Korupsi beli kapal superyacht buat party2 dengan para wanita sewaan...dan yg bayar rakyat malay yg bodoh2 itu

      Hapus
  43. Malon telah masukan jebakan hutang cina wkwkwk

    BalasHapus
  44. AWEWE 139 jiran kontraknya cuman RM 220 juta
    alias $ 52 juta dolar dibagi 3 = $ 17 juta dolar per bijik...

    lah ini mah masi dibawah BELL $ 412 EPI kita gaesz, kontraknya $ 180 juta dolar/9 bijik alias

    $ 20 juta dolar per bijik

    masa 17 lebih gede dari 20...kesian WARGANYET KL yak haha!♻♻♻

    Apalagi ama SUPER PUMA kita yg baruw
    Jelas heli kita jauh lebih mahal haha!✅✅✅

    BalasHapus
  45. Apa2 benda di malon semua hutang ke cina...parah guys wkwkwk

    BalasHapus
  46. MRT dan LRT pun ngutang ke cina wkwkwk...parah malon telah masuk jebakan Batman cina wkwkwk

    BalasHapus
  47. 3 heli "AKAN" KL pon tetap kurang duwitnya kalo mao si CANTIK heli AWEWE 101 kesayangan kita smua gaesz haha!✅✅✅

    Antara bumi dan langit gaesssszzzzx

    Hidup AWEWE101!

    BalasHapus
  48. Heboh Kereta Cepat JKT-BDG Dicap Proyek Jebakan China


    Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu sempat menyoroti proyek pembangunan antara Indonesia dan China yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, proyek tersebut menimbulkan jebakan China.
    "Jebakan Proyek Kereta Api Cepat China, Jakarta-Bandung adalah pintu masuk China untuk aneksasi infrastruktur strategis di Indonesia," kata Said melalui akun twitter pribadinya.

    Saat dihubungi detikcom, Said mengatakan alasannya membuat postingan tersebut. Dia mengatakan, proyek kereta cepat itu sudah dipastikan tidak akan balik modal sehingga kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan China untuk mengakuisisi proyek infrastruktur strategis lain yang ada di Indonesia.

    "Jadi gini itu jelas-jelas proyek yang tidak layak, saya lihat proyek tidak layak dan dipastikan tidak akan kembali modal, sudah dapat dipastikan. Sehingga dengan demikian maka diperkirakan kalau proyeknya tidak layak dan tidak bisa membayar utang maka biasanya dia (China) meminta kompensasi terhadap infrastruktur lainnya," kata Said kepada detikcom, dikutip Sabtu (18/9/2021).

    Dia bilang, proyek yang diakuisisi bisa berbagai macam, misalnya seperti bandara, pelabuhan, atau proyek kereta api lain. Menurutnya, itulah karakteristik China.

    "Kenapa saya sebut jebakan? Di berbagai negara Timur Tengah dan Afrika, China melakukan hal yang sama, membangun infrastruktur rakyat kemudian mengakuisisi infrastruktur yang lain, salah satu negara Afrika sampai mengubah mata uang menjadi yuan. Indonesia ini sangat strategis untuk China," sambungnya.




    Baca artikel detikfinance, "Heboh Kereta Cepat JKT-BDG Dicap Proyek Jebakan China" selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5729106/heboh-kereta-cepat-jkt-bdg-dicap-proyek-jebakan-china.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jebakan cina bila 100% di biayai cina,ini tak masih ada uang APBN wkwkwk

      Hapus
    2. Heli versi foto gimana pur?

      Hapus
  49. Balasan
    1. Kasian malon apa2 benda telah jadi milik cina wkwkwk

      Hapus
    2. Kasihan tu Malon, LCS gatot... Kapal perang hanya Gunboat... tidak mau bayar hutang ditagih dengan pesawat sekompi terbang ke Malon

      Hapus
  50. LRT dan MRT malon pun dibiayai cina ��% wkwkwk

    BalasHapus
  51. takpa la yang utama ada kereta cepat kata geng PEMBUAL....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada hutang 100% ke cina cem ECRL wkwkwk

      Hapus
  52. ECRL milik cina
    Proton milik cina
    Forest city milik cina
    1MDB milik cina
    MRT milik cina
    LRT milik cina

    Parahnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lupa si LeMeS dr WuHaN om pit haha!❎♻️❎

      Hapus
  53. malah dikatakan balik modal pun anggaran 139 tahun ya....NGERI....

    BalasHapus
  54. Tunjuk saya mana aset kerajaan Indonesia dah jadi milik cina wkwkwk

    BalasHapus
  55. Kereta Cepat Dikebut, China Siram Lagi Utang US$ 1 Miliar


    PT Kereta Cepat Indonesia China ( PT KCIC) sedang melakukan proses pencairan utang bertahap dari China Development Bank (CDB). KCIC akan menambah utang sebesar US$ 1 miliar hingga akhir tahun ini. Pinjaman ini untuk menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan selesai 2021.

    Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra, Jumat (05/7/2019) di Bandung, mengatakan jumlah utang yang bisa cair sampai akhir 2019 sebesar 60% dari komitmen pinjaman sebesar US$ 4,5 miliar.

    "Jadi total pijaman sekitar US$ 4,5 miliar ya. Kita udah ambil seperempatnya (US$1,1 miliar). Ya kira kira US$ 1 miliar lagi lah," kata Chandra.

    Chandra mengatakan saat ini progres pembangunan kereta cepat sudah mencapai 23% konstruksinya.

    China Development Bank (CDB) investasi yang digelontorkan untuk pembangunan kereta cepat, 75% berasal dari China Development Bank (CDB), dan 25% dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Sedangkan total Total investasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan sekitar US$ 6,071 miliar.




    https://www.cnbcindonesia.com/news/20190705210133-4-83088/kereta-cepat-dikebut-china-siram-lagi-utang-us--1-miliar

    BalasHapus
  56. Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun


    Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki kereta cepat seperti Jepang dengan Shinkansen-nya. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan dioperasikan pada 2020 mendatang. Dana yang dikeluarkan dalam proyek ini ditaksi mencapai 6,02 miliar dolar AS atau setara Rp86,04 triliun.

    Lagi-lagi untuk membiayai proyek kereta api cepat itu Indonesia berutang kepada Cina. Kebutuhan pendanaan akan dipenuhi lewat utang dari China Development Bank (CDB) sebesar 75 persen dan 25 persen dari ekuitas pemilik saham. Pemegang saham KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina), adalah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia sebesar 60 persen dan konsorsium perusahaan Cina sebesar 40 persen.

    Vice Director Indef, Eko Listiyanto menilai proyek prestisius ini memang mahal namun sudah menjadi keputusan pemerintah dan harus tetap dikerjakan walaupun idealnya kereta cepat itu untuk jarak jauh.

    “Sebetulnya untuk ke Bandung kita sudah ada tol dan kereta biasa,” ujar Eko kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (14/7).

    Menurut dia, sekalipun tidak membebani secara langsung ke APBN karena pendanaan di bebankan pada BUMN dan konsorsium China. Namun menurutnya akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan biaya investasi hanya dengan penjualan tiket saja.

    Kalau dihitung investasi Rp86 triliun, dengan penjualan tiket per hari Rp1 miliar paling tidak diperlukan waktu 200 tahun lebih untuk mencapai angka tersebut.



    https://fin.co.id/2019/07/15/pengembalian-utang-kereta-cepat-makan-waktu-200-tahun/

    BalasHapus
  57. Nanti pun Petronas dah jadi milik cina wkwkwk

    BalasHapus
  58. NGERI guys...200 tahun woiiii.... wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  59. Tak apa yang utama ada kereta cepat kata geng PEMBUAL...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting tak hutang 100% cem ECRL Malon wkwkwk

      Hapus
    2. Ngeri heli versi foto wakakakakakakaka

      Hapus
  60. Janji tanpa APBN


    Dalam beberapa kesempatan, baik Presiden Jokowi maupun para pembantunya, berungkali menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah murni dilakukan BUMN.

    Menggunakan skema business to business. biaya investasi sepenuhnya berasal dari modal anggota konsorsium dan pinjaman dari China.

    Dana juga bisa berasal dari penerbitan obligasi perusahaan. "Kereta cepat tidak gunakan APBN. Kita serahkan BUMN untuk business to business. Pesan yang saya sampaikan kereta itu dihitung lagi," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada 15 September 2015. "Kita tidak ingin beri beban pada APBN. Jadi, sudah saya putuskan bahwa kereta cepat itu tidak gunakan APBN," ucap Jokowi menegaskan. Jokowi menegaskan, jangankan menggunakan uang rakyat, pemerintah bahkan sama-sekali tidak memberikan jaminan apa pun pada proyek tersebut apabila di kemudian hari bermasalah.





    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kalkulator Faisal Basri: Kereta Cepat Balik Modal 139 Tahun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/11/05/114852726/kalkulator-faisal-basri-kereta-cepat-balik-modal-139-tahun?page=2.
    Penulis : Muhammad Idris
    Editor : Muhammad Idris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ada Wang APBN dan tak sepenuhnya hutang ke cina 100% cem ECRL wkwkwk

      Hapus
    2. Ngeri heli versi keranda terbang

      Hapus
  61. Ngeri guys.... Malon nggak bisa bayar utang ke china... Bakalan jadi negara bagian china nih

    BalasHapus
  62. OOT..

    As usual..

    Tender.. Tender.. wusshh 💨.. entah kemana.. 😂

    DEFENCE SECURITY ASIA) – Dalam keghairahan kita membincangkan tentang perolehan 18-36 buah pesawat pejuang Fighter Lead-In Trainer/Light Combat Aircraft (FLIT/LCA) untuk Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), kita “terlupa” juga dengan cadangan perolehan Unmanned Aerial System-Medium Altitude Long Endurance (UAS-MALE) juga bakal dioperasikan oleh TUDM.

    Kementerian Pertahanan telah mengiklankan tender antarabangsa pada Ogos tahun lepas untuk mendapatkan tiga buah sistem UAS-MALE (bersama-sama segala sistem yang berkait dengannya seperti ground stations dll) dan tender itu telah pun ditutup pada 26 November 2020.

    Sudah hampir setahun sejak tender bagi perolehan sistem UAS-MALE itu ditutup dan kita masih tidak mengetahui sama ada sudah ada pemenang atau Kementerian Pertahanan masih berminat untuk meneruskan perolehan ketika kegawatan ekonomi mencengkam akibat pandemik COVID-19.

    Kita juga tidak mempunyai maklumat tentang identiti syarikat-syarikat yang menyertai tender Kementerian Pertahanan bagi tiga buah sistem UAS-MALE itu, walaupun spekulasi bertiup-kencang tentang penyertaan beberapa syarikat ternama dalam industri pesawat tanpa pemandu.

    https://defencesecurityasia.com/perkembangan-uas-male-tudm/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tender2 terus last2 senyap cancel wkwkwk

      Hapus
    2. Yg penting foto & brosur sdh dibingkai tuk dipajang kat kamar tidur om.. 👌😁

      Hapus
  63. Ngeri guys.... Warga malon perhatiin ekonomi indonesia, padahal ekonominya lagi terpuruk miskin..ha..ha..ha...
    Beruk kepo

    BalasHapus
  64. Ekonomi Malon mengkuncup banyak hutang bisa dilihat dari tahun 2014 budget militer sudah diturunkan, wkwkwkw wkwkwk nasib nasib

    BalasHapus
  65. Ngeri guys.... Nggak ada negara yg berani ajak AL malon latihan....

    Takut dimintain BBM dan amunisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal Malon gak ada yang selevel ompong semua

      Hapus
    2. Kita aja gak berani berantem dg org tua yg sudah ompong.
      Wajar gak ada yg berani dg malon... Karena kapalnya ompong

      Hapus
  66. Logicnya kalau ekonomi bagus budget militer naik dong wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  67. Syarikat Indonesia PT Telkom beli syarikat satelit komunikasi malon TS GLOBAL NETWORK SDN BHD wkwkwk...www.liputan6.com/Telkom akuisisi perusahaan satelit Malaysia/24-11-2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahathir Jual Aset Properti Pemeritah untuk Bayar Utang Negara

      Pantes..... Negara udah bangkrut

      Hapus
    2. Tapi gempork bangga Mahathir jual aset negara untuk bayar hutang ngoahahaha

      Hapus
  68. Komdom kapan di sale pork ? Yg model misangking ada duri2nya hitu pork

    BalasHapus
  69. Banyak kali cakap kau Purr....ini heli kecik Comel.mu...😂😂🤣🤣

    Enam helikopter MD530G Light Scout Attack sepatutnya diterima dalam dua fasa, dengan dua pada Julai 2017 dan empat lagi sebelum Disember 2018.

    Pada November 2019, Kementerian Pertahanan menjelaskan kelambatan penghantaran aset itu ekoran pelbagai isu teknikal berkaitan syarikat pembuat asal (OEM). Isunya adalah pertelingkahan antara firma MDHI dengan sebuah lagi firma aeroangkasa gergasi AS. Ia bukanlah isu baharu.

    Kedua-dua firma sebenarnya mempunyai jalinan kerjasama untuk menghasilkan produk asasnya – kerangka milik MDHI, namun diubahsuai dengan komponen lebih berkuasa tinggi keluaran firma Boeing bagi menghasilkan sistem helikopter baharu jenama Boeing iaitu AH-6i.

    Antara April 2016 hingga November 2016, MDHI gagal memenuhi penghantaran kerangka pesawat kepada Boeing mengikut tarikh dipersetujui antara kedua-dua pihak. Sebanyak 16 kerangka telah mengalami kelewatan daripada tarikh kontrak, dengan purata kelewatan adalah 150 hari.

    Disyorkan artikel berkaitan ini:
    Nasib doktor kontrak perlu dibela
    Jagalah doktor kontrak
    Mogok doktor kontrak tidak kena masa
    Kerangka pesawat terakhir iaitu kerangka no24 sampai kepada pihak Boeing dengan beberapa komponen didapati ‘hilang’.

    Ia mengakibatkan berlakunya pertelingkahan dengan MDHI yang menyatakan bahawa ia berbuat demikian kerana Boeing tidak membayar kos kerangka yang telah dihantar. Boeing pula menegaskan pembayaran akan hanya dibuat setelah semua kerangka pesawat dihantar dengan sempurna.

    Kedua-dua pihak membawa perkara itu ke mahkamah. Pada Februari 2020, mahkamah AS memutuskan Boeing berhak mendapatkan peralatan mesin, lukisan kejuruteraan dan kelengkapan lain berkaitan helikopter AH-6i serta mengarahkan MDHI tidak lagi boleh menyekat aktiviti Boeing dalam menghasilkan helikopternya, selain membayar kos undang-undang USD11 juta.

    Berhadapan pelbagai isu menyebabkan MDHI mendapati sukar memenuhi tempoh masa penghantaran helikopter yang telah dipersetujui dengan pelanggannya. Program-program baharu juga terpaksa ditangguhkan.

    Dengan kekalahan di mahkamah berkaitan hak terhadap pesawat helikopter tempur ringan AH-6i, diikuti pandemik, keadaan MDHI dilihat semakin terdesak. Akibat langsung adalah sebahagian tenaga kerja terpaksa diberhentikan.

    Ia mungkin antara penyebab kenapa pesawat MD530G yang dibeli oleh negara masih gagal untuk hinggap di Malaysia. Malah, pada Mac 2020, Panglima Tentera Darat pernah memberi bayangan bahawa pesawat pertama bakal diterima paling awal penghujung tahun tersebut. Pada masa hampir sama, Kenya telah memesan 12 helikopter MD530F pada Mei 2017 dan pada Februari 2020, enam daripada pesawat tersebut telah berjaya diterima. Perolehan itu adalah melalui program Foreign Military Sales atau FMS.

    FMS ialah program tentera darat AS yang akan menjual pesawat dengan pakej istimewa kepada negara-negara sahabat.

    Tentera darat AS telah membeli 150 pesawat MD530 pelbagai versi untuk program selama lima tahun bernilai USD1.4 bilion bagi memenuhi permintaan negara-negara sahabat yang memerlukan helikopter tempur ringan.

    Lubnan pada 2018, sebuah lagi negara yang telah memesan pesawat MD530F. Sehingga hari ini ia telah pun menerima kesemua 12 pesawat yang dipesan.

    Bagi pesawat untuk Malaysia, entah di mana silapnya, orang yang memesan pesawat lebih lewat telah mendapatkan pesawat mereka, namun kita masih mencari-cari jawapan kenapa burung kecil masih tidak hinggap di Malaysia.

    * Muhammad Fuad Mat Noor ialah penganalisis pertahanan dan pernah menerima anugerah Wartawan Terbaik oleh Kementerian Pertahanan Malaysia pada tahun 2003, 2004, 2006 dan 2007

    BalasHapus
  70. Kenya dan Lubnan sudah lama terima Purr...adooy heli kecik comel pon kena delay lagi kah...🤣😂🤣😂

    BalasHapus
  71. Tentera darat AS telah membeli 150 pesawat MD530 pelbagai versi untuk program selama lima tahun bernilai USD1.4 bilion bagi memenuhi permintaan negara-negara sahabat yang memerlukan helikopter tempur ringan.

    Lubnan pada 2018, sebuah lagi negara yang telah memesan pesawat MD530F. Sehingga hari ini ia telah pun menerima kesemua 12 pesawat yang dipesan.

    Bagi pesawat untuk Malingsial, entah di mana silapnya, orang yang memesan pesawat lebih lewat telah mendapatkan pesawat mereka, namun kita masih mencari-cari jawapan kenapa burung kecil masih tidak hinggap di Malingsial.

    2016 pesan sudah akhir 2021...heli kecil tidak tiba²...wakakakakak

    BalasHapus
  72. LCS takde kipas.....😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takde pintu
      Takde mesin
      Takde kaca
      Takde tv monitor
      Bahkan takde dapurnyaaaaaaaa

      Guwe uda curiga dari awal pluncuran dulu, masa gak ada foto dalamnya kyk kri REM 331

      Full seremoni tipu tipu
      Hanya di KL yg hobi digondolin om choko haha!✅✅✅

      Hapus
    2. Yg ada pintu WC je. Itupun takde kloset cuma lobang je, tinggal jongkok langsung ngalir ke laut om pal...😂😂😂

      Hapus
    3. Wahhh jamban alami donk haha!♻️⚜️♻️

      Hapus
  73. Kapal baru malon LCS type cerobong asap tertutup guna hindari polusi udara....😂😂😂😂

    BalasHapus
  74. Saat LCS seleaai dibuat tahun 2025, isi anjungannya hanya perangkat elektronik Radio 2 band je....yg penting 80 peratus kemajuan kata si rusli...😂😂😂

    BalasHapus
  75. LCS salah potong
    Heli ogost batal datang sebab DP blom bayar
    Heli AW139 ngaku beli padahal sewa. Modal foto selfie dpan AW 139 yg nak disewa baru ngaku Heli malon siap dihantar...😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw kalau jadi malon akan foto depan F22. Nipu jgn tanggung2

      Hapus
  76. Aset kapal perang ompong, missile expired. Punya kapal LeMeS 5 ekok je tp ompong. Cuma ada radio 2 band je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si LeMeS 4 biji om choko, BNS lg nawarin lagi 4 bijik spy jd total 8 bijik haha!⚜️⚜️⚜️

      Yaa kita doain lancar, semua senang kapal omfong buatan elder brader ini haha!❎❎❎

      Hapus
  77. Heli lubnan dan Kenya pesan heli MD-530G lancar jaya guys. Giliran tetangga kismin hina dina. Sdh 10 tahun tak sua rimbanya. Sebab tak bayar DP. Coma bayar tukang foto dan tukang cat buat selfie kirim ke FB guys.

    BalasHapus
  78. Pork,lihat ini malon telah masuk perangkap jebakan Batman hutang dari cina wkwkwk....www.thediplomat.com/what happened to China's BRI projects in Malaysia/05-10-2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar lagi indonesia tetanggaan dg china di selat malaka

      Hapus
    2. Memang udah kok bro,lihat aja laut Sabah Sarawak dah jadi milik cina

      Hapus
    3. Nahh ini link baruw, sedangkan WARGANYET KL si pengahantar link jebot yang udah gak valid alias tamat haha!❎❎❎

      Yaaa11-12 ama BNS lah TIM TEPU TEPU om oit haha!⚜️❎⚜️

      Hapus
    4. Yoi ompal si gempork PEMBUAL tuh rajanya link basi wkwkwk

      Hapus
    5. Yoooi link up date tu. Malon dan Elder brother memang bak sedarah kandung adik beradik

      Hapus
  79. Pork, lu dari pada nge troll disini, mending belajar bahasa china pork. Bentar lagi jadi negara bagian china

    BalasHapus
  80. "Kalo bener cuma sepupu kenapa pak jendral ga bisa ngerem/mengendalikan perilaku si cewek ya 🤔

    Coba kita tanyakan pada tulang kita tersayang......🙄"

    https://20.detik.com/detikflash/20211124-211124119/anggiat-pasaribu-minta-maaf-ke-keluarga-arteria-dahlan-dan-tni-ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lagi mau datang bulan hingga marah2 nggak jelas gitu.

      Tapi yang selebihnya memang keterlaluan sih mosok minta petugas bandara untuk cari tau di mana rumahnya dan pakai ngancam2 segala.

      Mungkin saat dibesarkan terlalu dimanja ortunya dan tidak dididik untuk merespek orang lain terutama orang yang lebih tua.

      Kasihan sih sebenarnya. Ancaman 4 tahun penjara lho.

      Belum lagi sang jendral kasihan banget ya karir yang dirintis puluhan tahun terancam kandas gara2 menemani cewek arogan.

      Kesombongan adalah awal dari kejatuhan.

      Hapus
    2. Lah Tmen arisan om smilikity.. lg piral haha!♻️⚜️♻️

      Hapus
    3. Kok malah sampeyan sing Melo to mas........🤔

      Hapus
    4. Yg bikin suami hancur,atau maju ya istri,da banyak kejadian perwira gara gara istri atau anak karir terjun bebas,ato di sel

      Hapus
    5. Saya cuma merasa kasihan saja sampai dia pingsan gitu karena tekanan batin yang mendera.

      Hapus
    6. seperti biasa di negara ini semua akan selesai dgn kekeluargaan..

      Hapus
    7. Pengsan......itu dramanya orang sombong bin angkuh, sampe mo minta maaf aja pake dibiiin drama biar nampak penuh penyesalan 😂😂😂

      Kalo sebatas khilaf ga perlu pake berpanjang-panjang urusan......

      Hapus
    8. Istri bintang 1 kok muda bangat ya..... penampilan nya macam ABG 🤔

      Dan pengacara nya pun pake berbohong kalo mereka sodara sepupu......kek gitu nyesel 👎👎👎

      Belum pernah digampar tulang situ gkir lagaknya

      Hapus
  81. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211124142552-92-725481/luhut-indonesia-inggris-bakal-produksi-baterai-kendaraan-listrik

    BalasHapus
  82. Latihan TNI-AL bersama INDIAN NAVY

    https://www.facebook.com/181276675314017/posts/4216546508453660/

    BalasHapus
  83. Baiknya ATM Guna Kondom Unisex Camo digital je

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  84. Min angkat beritanya KRI Cakra-401 setelah menjalani overhaul dikilang PT PAL langsung melaksanakan test penyelaman sedalam 200 meter

    BalasHapus
  85. LCS Maharogolele tanpa KACA anjungan pas launcing pakai sticker kaca film, pas berlayar pakai periscopee

    Ngahahahahahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prank Malon sememang tahap master of dagree.
      Hariini pon kapal LCS 2501 tetap tak cecah air laut.


      TOLOL TINGKAT DEWA 😁😁😁

      Hapus
    2. Itu kerangkanya lcs pake holow di lapis gipsum makanye gkk berani nyemplung

      Hapus
  86. Hutang ke China karna yg bangun kereta itu investasi org china purrr ...karna tak sanggup lanjut terkendala oleh pandemi mereka minta bantuan penerintah indonesia dan dananyapun dr bank china tapi Indonesia sekarang punya saham lebih besar...its business as usual purr hutang tu tak berarti buruk karna indonesiapun dapat keuntungan alih teknology....pahamm

    BalasHapus
  87. 3,4 Trilyun itu kecil lah puurrr tak ada artinya ketika Indonesia menjadi salah satu negara penghasil Nikel terbesar dunia purrr....ingat 5-10 tahun kedepan permintaan industry batery tuk mobil listrik akan semakin tinggi tak masalah lah only 3,4Trilyun wkwkwk jangan lah iri purr...ini forum military purrr bukan economic forum....pintar lah dikit jangan bodoh kau perlihatkan

    BalasHapus