26 Januari 2019

PT Pindad Bukukan Laba Bersih Rp 98 Miliar

26 Januari 2019


Tank Medium Pindad (photo : Masakan Nyokap)

TEMPO.CO, Bandung -Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pendapatan PT Pindad tahun 2018 lampaui target. “Di 2018 pendapatan kami di atas target RKAB (Rencana Kerja Dan Anggaran Biaya). Revenue kami Rp 3,2 triliun,” kata dia di Bandung, Kamis, 24 Januari 2019.

Abraham mengatakan, laba bersih yang diperoleh tahun lalu juga melampaui perolehan laba tahun lalu yang menembus Rp 94 triliun. “Laba kami kurang lebih di Rp 98 miliar,” kata dia.

Ekspor Pindad tahun ini diklaimnya naik, kendati tidak dirincinya. “Hampir 12 persen naiknya dari tahun sebelumnya,” kata Abraham.

Abraham mengatakan, sebagian laba disetorkan pada pemerintah. “Rencana laba ini, kita akan deviden sebesar 7 persen, kemudian memberikan bonus ke karyawan. Sisanya untuk perbaikan gedung dan investasi,” kata Abraham.

Abraham mengatakan, porsi pendapatan dari lini alutsista diklaimnya terus naik. Lini industri juga menanjak. “Dari pertahanan naik, tapi yang dari industrial cukup bagus, kurang lebih (mencapai pendapatan) hampir Rp 1 triliun,” kata dia.

Proporsi lini industri pertahanan dan industrial juga masih belum berimbang. Abraham mengaku, pendapatan dari lini industrial mengambil porsi 35 persen dari total pendapatan.

Pada 2019, lini industri juga diperkirakan belum bisa mengimbangi pendapatan dari sektor industri pertahanan. “Belum. Karena ktia dapat kredit ekspor untuk (pembiayaan produksi alutsista) untuk kavaleri dan infatri cukup besar,” kata Abraham.

Abraham mengatakan, tahun ini Pindad juga membidik kontrak pembelian Medium Tank produksi bersama Pindad dan Turki dari Kementerian Pertahanan RI. “Mudah-mudahan Meidum Tank masuk tahun ini untuk kebutuhan mungkin 22-24 unit,” kata dia.

Abraham mengatakan, tahun 2019 ini Pindad menargetkan perolehan laba lebih besar. “Tahun ini, di 2019 kita targetkan 3 digit laba kita,” kata dia.

Hari ini, Kamis, 29 Januari 2019, Menteri BUMN Rini M Soemarno menyambangi kompleks industri Pindad. Rini mengunjungi sejumlah fasilitas produksi milik Pindad. Diantaranya Pertamini atau fasilitas kios penjualan BBM, fasilitas produksi tabung gas elpiji, serta tabung udara untuk air brake system, dan Anjungan Minyak Higienis (AMH-o).

Dikutip dari siaran persnya, Pindad telah memproduksi tabung gas elpiji ujntuk Pertamina. Pada 2015, Pertamina memesan 1,2 juta tabung gas elpiji. Sementara Pindad juga menerima pesanan 40 ribu unit tabung gas elpiji 4,5 kilogram dari PT ECGI (East Continen Gas Indonesia), setiap bulannnya mulai Juni 2019 ini harus mulai mengirim 10 ribu unit perbulan. Kapasitas produksi tabung gas elpiji Pindad saat ini 300 ribu tabung per bulannya.

Menteri BUMN Rini M Soemarno sempat mencoba kendaraan angkut tempur Anoa buatan Pindad. “Saya juga sudah coba Anoa, nyupir sendiri. Alhamdulillah selamat. Saya yakin prajurit kita kalau pakai Anoa selamat karena saya nyetir aja selamat. Pasti selamat,” kata dia, Kamis, 29 Januari 2019.

(Tempo)

154 komentar:

  1. Indon berjaya eksport alutsista kepada tni.. Kerana hanya tni mahu beli.. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhahahaa.. lagi2 beruk malons menunjukkan kegoblokannya.. apa karena program MRSS-nya dibatalkan ya...??? sakit ati mengalahkan akal sehat jadi pada stres tuh maloners IQ tiarap... kahkahkahkah.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….. kesiaaaanann beruk malons..

      Hapus
    2. Lha uniform askar,amunition,rifle SS-2,CN-235,boat RHIB yg digunakan ATM ko tuh bukan keh buatan indonesia lon....mikir pake otak lon,jgn mikir pake jubor wkwkwk

      Hapus
    3. mantaaaaapp om pit.. kasih link biar mingkem tuh malons LOW QI..!! kahkahkah..

      Hapus
    4. Mungkin logikanya begini: Poland berjaya mengekspor tank T-72 kw3 ke idiot malaydogsial pembeli pertama sekaligus terakhir ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  2. Haibat PT PINDAD.. Selain membuat senjata, escavator, generator.. ternyata membuat pula alat2 komersil yg digunakan masyarakat.. Pokonya jauh sekali jika dibandingkan SDM Indonesia dengan SDM LOW IQ Malon.. Bangsa pencipta dengan bangsa mentality pengemis bantuan kerajaan cem malons.. kahkahkahkah.. bak langit dan bumi brooooooooo.... uhuuuuuuyyyy.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,Malon cuma besar mulut dan NATO (NO ACTION TALK ONLY) wkwkwk

      Hapus
  3. DEFTECH Malon telah bukukan keuntungan US$ 1 Billion kerana telah berjaya eksport weapon ke planet NAMEX dan PLUTO wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ekspor weapon om pit.. tpi dadah.. ekspor malon mengalahkan kartel meksiko atau kartel Kolombia yg termasyhur.. karena produksi dadah malon didukung oleh sultannya.. fact..!! xixixixi..

      Nyatanya kemarin ada salah satu sultan malon positif pengguna dadah.. haibaaatt betul malons niiiee...!!!! kahkahkah.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Hapus
    2. Tahniah malon telah berjaya export vita berapi n dadah.

      Kahkahkahkah
      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  4. No one will buy already their PT PAL made ship. According to their former customer, they do not like the ship which for them very low quality and some are already in shipyard and junk.


    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. efek progam MRSS di cancel, merajalela grounded dilimbungan karena SDM LOW IQ MALONS, Submarine grounded, Kapal banyak yg ompong dan lapok.. membuat banyak beruk2 malons Stres akut menuju gila kedana.. kahkahkahkah..

      UGLY MALONS BABU BUCKINGHAM.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    2. No one? ๐Ÿ˜ philipine already buy from pal ๐Ÿค—

      I give you 1 sample a garbage shipyard that produces garbage ships from malaydogsial ๐Ÿ˜

      http://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2018/10/1st-700x525.jpg

      Kih kih kih

      Hapus
  5. Tank Medium Pindad harimo item gak bakal masyuk SIPRI bkn SUPRI hore haha!๐Ÿค ๐Ÿค ๐Ÿค 

    BalasHapus
  6. yg penting su-35 masyuk
    yg penting rudal amraam masyuk
    yg penting rudal 9x masyuk
    yg penting NASAMS masyuk
    yg penting APACHE masyuk
    yg penting LPD masyuk
    yg penting mistral atlas masyuk
    yg penting uda bayar cicilan IFX haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    yg penting tank medium pindad uda lulus uji bentar lagi masyuk uhuuyy haha!๐Ÿ‘ฝ๐Ÿ‘ฝ๐Ÿ‘ฝ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah destroyer iver masyuk

      Hapus
    2. pake rudal jelajah kaliber yak om haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  7. sedangken yg sebelah bayar cicilan utang aja pake acara nyari "samurai bond" dulu..eh ngebon toh, duwit jakuzzi tuch diputer2 haha!๐Ÿคน‍♂️๐Ÿคน‍♂️๐Ÿคน‍♂️

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahathir Mau Jual Aset Negara untuk Bayar Utang ๐Ÿ˜


      https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4249736/mahathir-mau-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

      Hapus
  8. Punya 3 proyek sekaligus: SU-35, IFX & VIPER jelas tidak rasional...!!!

    Sementara negara-negara lain berlomba merampingkan ragam alutsistanya....kalau disini pengennya malah digedein ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

    Suka tidak suka....salah satu rencana diatas harus diterminasi ๐Ÿคท

    Yang ketiban sampur gak usah sakit hati ๐Ÿ’”๐Ÿ’”๐Ÿ’”

    Yang tukang bikin hitungan juga harus rasional ๐Ÿ•ต️๐Ÿ•ต️

    BalasHapus
    Balasan
    1. prasaan yg pasti cuman 2...haha!๐ŸŽฒ๐ŸŽฒ๐ŸŽฒ
      itupon satunya proyek masa depan, kok ada yg kefanasan yak, apa ferlu disumpel fisank ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ haha!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. viper fansklub ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Nash itu dia bro....๐Ÿคท

      Tapi kalo konsul ma master ngitung, nafsunya malah mau ditambah lagi jenis pespurnya....emang niat poligami ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

      Hapus
    4. potensi KFX bernasib seperti HAL tejas berapa persen nih ?

      kok proyeknya kontroversial banget ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
      mas hari mungkin tau ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. mas hari ini sales IKEA.. jadi jngan tanya masalah IFX/KFX.. pasti jawabnya yg itu.. haha..

      Hapus
    6. Lho mas Smili ini gimana toh ?

      Mas Smili khan setuju kalo asal bukan rusia toh ?

      Lha IFX mau dibikin hanya 16 unit gitu lho.

      Jadi sisanya yang 32 unit pakai apa ?

      Pasti mas Smili juga seperti saya nggak mau Sukhoi khan ?

      Pasti mas Smili mau yang bisa kalahkan Sukhoi secara altitude dan BVR.

      Yang memenuhi 2 syarat itu hanya F22, EF Typhoon dan F15 versi terbaru. F22 nggak mungkin. EF Typhoon ribet 4 negara. F15 yang paling mungkin toh ?

      Atau mas Smili mau yang siluman tapi bukan dari timur ? F22 dan F35 yang memenuhi syarat itu. F22 jelas nggak mungkin. Yang paling mungkin untuk diakuisisi kalo siluman ya F35 toh ?

      Hapus
    7. aaahhhh mas smili ini gimana seh..?? yg konsisten dong kalau milih janda.. haaaiiiissshh.. ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    8. Bingung....mo ngriplei siapa duluan nih ๐Ÿ™†

      Hapus
    9. Idamanku cuma 2 : Viper dan gripen ng ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Kalo demi IFX kita harus borong dulu Viper, kenapa gak sekalian banyakin vipernya toh IFX "hanya" dirancang sedikit lebih unggul dari F-16 (inget lho, waktu dirancang dulu basisnya belum exist teknologi radar aesa & mission komputer sekelas F35/F22 ๐Ÿคท).

      Viper sendiri dg dicangkok teknologi f35/f22 berupa radar aesa, mission computer masih bisa bertahan sampai 30 tahun kedepan...lalu dimana keunggulan kompetitif IFX ๐Ÿคท

      Padahal didepan sana sudah menunggu pespur gen 5/6 ๐Ÿš€๐Ÿš€๐Ÿš€

      Sementara perkembangan teknologi elektronik itu sangat cepat....dan kita belum punya basis industri yg sudah mapan dibidang ini ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Dalam hal IFX aku setuju dg pendapat Pak Habibie....pespur beli saja yg paling canggih yg tersedia dipasaran, tapi kita fokus di sektor pesawat komuter : KARENA DISITULAH LETAK KEUNGGULAN KOMPETITIF KITA SAAT INI (rancang bangun dan Airframe pesawat komuter) ๐Ÿ›ฉ๐Ÿ›ฉ๐Ÿ›ฉ

      Dalam pikiran orang dagang spt saya...ini soal bagaimana menempatkan investasi dg modal yg terbatas ☝️

      Hapus
    13. Mungkin kasusnya seperti CN-235.. Kita bikin hullnya saja.. sedangkan mesin kan sudah jelas dari GE, jeroan mungkin thales/Hanwa/Honeywell/LM, rudal dari MBDA/Raytheon.. jadi merakitnya di PT DI.. kan sudah dibangun itu hanggar khusus untuk IFX.

      Harus ada loncatan mas.. mosok pesawat kitiran teros.. katanya pengen mengembangkan pesawat penumpang bermesin jet seperti punya boeing dan Airbus..??

      Hapus
    14. Naaah itu....kita harus pandai mengukur sampai dimana kapasitas kita dan bagaimana mengelolanya menjadi kekuatan yg paling optimal ☝️

      Hapus
    15. Pasar pesawat kelas komuter itu masih sangat besar dan memiliki nilai ekonomis serta nilai tambah yg besar, dan disitulah saat ini letak talenta kita yg sebenarnya ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Jangan lupa, posisi PT. DI saat ini jauh dibawah ketika masajayanya IPTN (sdm, teknologi, modal, komputer dan pengalaman)...jadi jangan kemaruk dulu tapi tekuni keunggulan kompetitif kita supaya kita jadi JAWARA dibidang ini ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Jangan hanya bisa ini-itu tapi serba setengah-setengah....dan sebenarnya belum benar-benar mandiri ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    16. kalau memang hanya 16 unit yg diambil.. semoga dirakit di PT DI semua dengan asistensi dari pihak KAI. Atau untuk gelombang pertama bisa 6 unit dibuat di KAI, 10 unit bisa dirakit di PT DI.

      Nnnnnaaaaahhh.. kalau TNI puas dengan kinerja IFX versi rakitan PT DI. bisa ditambah lagi tuh order.. tidak perlu langsung 1 skuadron mungkin bertahap 8 unit dan seterusnya.

      Kasusnya seperti PKR, NBELL, CN-235 dengan semua variannya.. haha.. Lanjooooott..!!! ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Siapa tau jiran2 sebelah cem Filiphina, Brunai, timles, Atau negara2 Afrika berminat kan lumayan.. yohohohoho.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    17. Itu bedanya pesawat tempur vs pesawat angkut....pd kandungan teknologi elekteoniknya ☝️

      Hapus
    18. ini pesawat komuter yg sampean maksud yg mana masee..?? kitiran atau jet..??? Kalau kitiran 90 penumpang masih ada harapan karena disitu hanya ada ATR.. laaaahh kalau jet..??

      realistis saja masee.. disitu sudah dikuasai Boeing dan Airbus.. Sukhoi Rusia saja susah bersaing dengan mereka berdua.

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. Komuter itu ya sekelas ATR itu...sama segmen pesawat perintis N-219 bro.

      Dg kapasitas kita yg terbatas, dan masih harus dipecah-pecah utk proyek ini-itu....gak bakalan fokus kalo menurut saya, apalagi kalo harus berhadapan dg kompetitor yg sudah mapan ๐Ÿคท

      Pengembangan pesawat itu kan tidak bisa sekejap mata....makin kita tidak fokus, makin hilang pula oportunisti kita dipasar tersebut ☝️

      Dan kompetitorpun bebas dansa-dansi kegirangan....๐Ÿ•บ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ‘ฏ

      Hapus
    21. Haha.. N-219 kan sudah jalan mase.. tinggal menunggu sertifikasi dan diproduksi massal.. kalau pengen sekelas ATR sbenarnya tidak perlu ribet kok.. tuh C-295 minta lisensinya ke Airbus.. kan hampir sama tuh kapasitasnya tinggal hilangin ramp doornya.. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
    22. Laaahh terus kalau IFX dibatalkan.. angus dong uang 8 trilliun mase..?? haha.. sekali layar terkembang, pantang kembali pulang.. lanjooooott gan..!!! ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
    23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    24. Ya bedalah mas antara rancangan pesawat penumpang vs pesawat transpor....antara hitungan keekonomisan biaya operasi dan faktor kenyamanan+utilitasnya ๐Ÿคท

      Hapus
    25. Kalo soal lanjut atau enggaknya aku Gak tau lah...itu hanya pikiranku ttg proyek IFX yg ambisius, yg seakan-akan malah mengabaikan oportunity yg sudah ada di depan mata ๐Ÿค”

      Moga pemerintah lekas mendapat exit strategy yg jitu, tanpa merusak hubungan baik dg korsel ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    26. Kalau saya IFX tetap harus lanjut mase.. melihat produk PT DI seperti CN-235 dan NBELL yg sudah riwa-riwi di langit Indonesia sampai Afrika. Disini kualitas tkdak perlu diragukan.. Alon2 waton kelakon.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    27. Itulah bedanya antara produk pesawat tempur vs pesawat transpor....pesawat transpor tidak terlalu besar kandungan elektroniknya sementara pesawat tempur, porsi yg besarnya adalah pd konten elektronik dan softwarenya (source code) ๐Ÿคท

      Sementara kita saat ini belum punya basis industri yg mapan disitu....artinya kita menggotong produk orang lain diatas karya kita ๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–

      Hapus
    28. bayangin jika suatu saat IFX sudah mengudara.. dan dibawa patroli TNI keliling Indonesia tanpa masalah.. apa ngk ngiler tuh philipin, Brunei, Senegal, Ghana,..?? haha..

      Hapus
    29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    31. Itu kalo "source codenya" kita sudah bisa bikin sendiri dan kita punya industri yg meproduksi rudal, elektronik warfare, dan tkdn lainnya ๐Ÿคท

      Faktanya saat ini, justru industri dikorsel lah yg jauh lebih siap dan lebih banyak menikmati manfaat TKDN dari proyek KFX/IFX ini....dan kita menjadi konsumennya ☝️

      Hapus
    32. seiringnya waktu pasti ada TOT secara alami mas.. semisal di Indonesia ada PT LEN mungkin bisa bekerjasama dengan si empunya software IFX..

      Hapus
    33. Ya itu kan berandai-andai hal yg masih diawang-awang, sementara saat ini juga di korsel sudah ada beberapa industri yg sudah siap dg produk TKDN untuk konten KFX mereka....kembali lagi ini soal bagaimana kita menaruh investasi yg paling optimal sesuai kapasitas kita spt menghasilkan keuntungan yg maksimal ☝️

      Mas bro apa sudah tau kalo material alumunium utk industri aviasi....kita masih impor ๐Ÿคท

      Hapus
    34. Nnnnaaaahh bener kan.. kasusnya seperti CN-235..saya tidak tau perjanjian apa dulu antara Indonesia dan Spanyol saat membuat program CN-235.. tpi faktanya sampai sekarang kita memang hanya kebagian membuat hull.. mesin dari Kanada,softwer mungkin Honeywell. Ngk pa2 kok.. lancar jaya order terus mengalir.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    35. Kalau tidak salah bahan pembuat hull pesawat hampir sama dengan bahan pembuat body mobil mas..?? kalau iya.. saya pernah baca.. japan steel sudah membuat pabrik pembuat bahan itu di cilegon..

      Hapus
    36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    37. Itulah berkali2 saya bilang bedanya konten antara pesawat tempur vs pesawat transport.....selama kita belum punya basis industri penunjang yg mapan, kita bisa jual airframe misal senilai $10 juta ๐Ÿ‘‰ sementara produsen komponen dan konten pendukungnya memetik omzet bisa ratusan kali lipat dibanding kita ๐Ÿคท

      Sama aja kita kerja sama orang tapi tidak kerasa....karena kebanggaan semu ๐Ÿค”

      Hapus
    38. kalau soal marketing saya angkat tangan mas.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..

      Hapus
    39. Mas Bagaz,

      8 triliun hangus ?

      Nggak juga tuh. Jika para teknisi dan desainer yang dikirim ke Korsel memanfaatkan dengan baik apa yang diberikan di sana, ilmu mereka dapat diterapkan di sini.

      8 triliun rupiah itu sekitar 550-600 juta usdolar.

      Justru kita akan lebih rugi lagi jika kita terjerumus lebih dalam tapi nggak jadi.

      Nah sekarang dengan andil yang sudah diberikan sebanyak 8 triliun itu, mungkin kita bisa minta kompensasi misalnya lisensi pesawat propeller seperti Wong Bee dan turunannya sehingga bisa dijadikan pesawat COIN. Atau kita bisa minta hak untuk merakit FA-50 dulu.

      Hapus
    40. N219 kabarnya sudah order 500an unit, tapi ini entah benar atau tidak lho.

      Dengan 500 unit N219 ini sampai kapan PTDI bisa menyelesaikan pesanannya ?

      Mengingat dalam waktu 5 tahun ini, PTDI hanya bisa menyelesaikan puluhan unit pesawat berbagai jenis.

      Hapus
    41. Naaah....itu ☝️

      Untuk proyek IFX yg masih diawang2, kita tidak segan mengguyurkan dana trilyunan rupiah...sementara utk N-219 yg peminatnya sudah jelas, untuk biaya mendesain saja harus dibela-belain "sharing cost" dg Lapan ๐Ÿคท

      Belum lagi biaya sertifikasi dan ketika masuk tahap produksi ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    42. Persis spt yg dikatakan master ngitung...๐Ÿคท

      Demi mengejar prestise, bisa-bisa oportuniti yg sudah ada didepan mata terbengkalai....krn mencetak SDM yg mumpuni itu tidak bisa instant ⏲️

      Benar yg dibilang tenaga ahli IFX asal ITB yg mengatakan, untuk menjalankan 3 proyek besar secara simultan (N-219, IFX, R-80)....RI sangat kekurangan tenaga ahli yg kompeten ๐Ÿค”

      Hapus
    43. eeiitt..sejak kapan om smiling dmen Vaiper, uda dech jgn bohongin si dede, itu rapale mao dikemenongin, hayo kalo nakal guwe fentung nich๐Ÿ”จ haha!๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ

      Hapus
    44. Benar yg dibilang tenaga ahli IFX asal ITB yg mengatakan, untuk menjalankan 3 proyek besar secara simultan (N-219, IFX, R-80)....RI sangat kekurangan tenaga ahli yg kompeten ๐Ÿค”

      ngaco dech, apa urusannya r-80 ama fetedei hayo, uda dech jgn ngelanture haha!๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ

      N-219 ituw beda project dgn IFX.

      tujuan dibikinnya n-219 itu regenerasi, agar insinyur2 muda fetedei bisa bikin pesawat dari a to z sperti ketika dulu pak habibie dkk bikin nc-212 diawal rintisan fetedei.
      ini kt mantan dirut fete ketika ditanya knp yu bikin n219 oleh mantan presiden ituw? haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Hapus
    45. tentuw kali ini bersama LEN. skopnya lebih lebar dgn kehadiran patner diluar fete.
      oleh sebab ituw akan byk org indonesia yg menyerap ilmu ini.
      walopun kita py byk ahli2 pesawat yg masi dlm masa ke emasannya, tp blum tentuw mau pulang ke indo/tana air.
      sebab knp? mungkin trauma irama haha!๐ŸŽธ๐ŸŽธ๐ŸŽธ
      ada TKI yg kerja di erbas, diwawancara tipi nasional wkt ituw haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
      dan bbrp lagi kerja di perusahaan asing kompetitor fetedei lg haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ
      sedangkan IFX adalah proyek masa depan,

      Hapus
    46. mungkin bener apa kata pak habibi, sebaiknya lebih ditekan dioesawat propeler.
      N219, sama Cn235 diperbesar kapasitas produksinya.

      apalagi kalau bisa lisensei penuh cn295, mengingat pesawat serba guna ini pasarnya luas.
      cukup untuk jadi batu pijakan untuk PTDI berkembang lagi.

      proyek IFX, seperti proyek yg dipaksakan demi hegemoni karya bangsa sesaat.
      kalaupun iya jadi mungkin performanya tidak jauh berbeda dari f 18, merujuk dari desain awal yg sedikit lebih hebat dari f 16.

      Hapus
    47. @palugda

      Lha itu nanti yg ngerjain R-80 insinyur aviasi asal mana bro....Kalo bukan insinyur Indonesia ๐Ÿคท

      Beliau ini kan bicara skala yg lebih luas, bukan hanya ttg pt.di doang....achhhh, mbok nangkepnya jangan sepotong2 gitu ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    48. gini lhooo.. untuk sekarang atau kedepannya.. menghentikan proyek IFX adalah keputusan tidak populer di mata masyarakat, bobotnya mungkin sama dengan keputusan menaikkan harga BBM.

      Sebab duit kita sudah terlanjur banyak masuk ke proyek jangka panjang ini.. 7-8 trilliun itu jmlah yg tidak sedikit lhooooo.. coba bayangkan..!! pihak oposisi di DPR pasti mencak2 sama kek kasus bank Century dulu. Bikin gaduh saat tahun2 politik adalah tidak bagus bagi kepentingan bangsa.

      Jadi sudah tepat keputusan pemerintah sekarang.. saya kira jumlah 16 itu adalah awal.. kalau pihak TNI puas dengan kinerja.. yaaaa tambah lagiii.. gitu aja kok repot.. haha...

      Hapus
    49. R-80...?? hhmmmmm.. saya kok pesimis dengan masa depan proyek ini ya mas.. soalnya tidak ada berita pergerakan signifikan pak ilham habibie untuk melangkah lebih lanjut. Setelah mendapatkan bantuan dana beberapa milliar dari masyarakat.. kok seolah2 beritanya jadi senyap ya..??

      Kalau tidak salah saya pernah baca dana ini malah mau diinvestasikan ke properti.. ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ

      Hapus
    50. Naaah, berarti mas bagaz sdh bisa mulai membenarkan klaim diatas....kalo jumlah insinyur aviasi indonesia yg berpengalaman itu sangat kurang utk menjalankan 3 proyek besar secara simultan ๐Ÿคท

      IFX...apakah lanjut atau diterminasi, selalu mengandung resiko dan ongkos, tinggal dipilih yg paling kecil resikonya ๐Ÿค—

      Hapus
    51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    52. Dan kalo proyek r-80 dipending (sekian tahun, smp produknya siap) artinya selama masa kekosongan itu kita membiarkan peluang pasar pesawat komuter kelas tsb, disamber oleh ATR !!!

      Kalo begitu, siapa yg menggelar karpet merah buat ATR....๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    54. haha.. ini perbandingannya sama dengan kasus mobnas kita yg sampai sekarang tidak pernah terwujud, karena bayang2 2 raksasa Jepang di Indonesia yg sudah bercokol puluhan tahun. Toh kita tidak rugi kok.. terjadi hubungan simbiosis mutualisme yg saling membutuhkan dan saling menguntungkan antara keduanya.

      Nnnnnaaaahh.. karena menghadapi kenyataan seperti itu.. makanya pemerintah dari zaman SBY sudah menggenjot program mobil listrik made in Indonesia.. karena mobil versi ini semua pabrikan dunia masih dlm pengembangan...jadi kita masih ada kesempatan untuk menguasai tekhnologi dan ceruk pasar tanah air.

      Hapus
    55. Lha kalo menurut mas bahas bgmn dg peluang ceruk pasar yg akan diisi oleh IFX...pespur yg rentang harganya sekelas dg T-2 jepang dan apa itu pesawat taiwan ๐Ÿคท

      Sementara kompetitornya maen segmen harga dibawahnya ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    56. Kasarannya gini...haha.. ok kita realistis.. lepas program peswat komersil 90 penumpang, lanjut IFX, N-219, CN-235 dengan semua variannya termasuk calon gunship kita.. haha.. ditambah masih ada lisensi CN-212, NBELL, COUGAR, Dauphin, Super puma.. jaminan tetap negebul kok dapur kita karena pasar dlm negeri kebutuhannya masih banyak.

      Laaaahh kalau pesawat 90 penumpang itu.. prosesnya masih panjang, banyak hal yg harus dipenuhi.. termasuk mencari pasar dan membuat ekosistem agar pasokan lancar.

      Hapus
    57. lhooooo.. lhooooo.. kan ada pasar dlm negeri mase.. yg kebutuhannya mininal 3 skuadron.. saya yakin negara berkembang dan cekak cem pinoy, brunai, Nigeria, senegal,Bangladesh, Ghana pasti berminat kok jika IFX lancar digunakan TNI AU.. hehe.. tahun segitu ngk yakin saya negara2 itu membeli pespur generasi 5..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… lanjoooott gan.!!!

      Hapus
    58. Yakin pasar yg disebut itu kita semua yg bakal meraup, trus korea woles aja ๐Ÿคท

      Belum lg kasus korsel yg dilarang amrik jualan t-50 ke negara mana itu ๐Ÿ™†

      Hapus
    59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    60. Trus amerika juga legowo saja, pasarnya di asia diambil orang ๐Ÿค”

      Hapus
    61. Duluuuu sekali....

      Korsel mulai pembangunan pesawat propeler untuk pesawat latih berkode KT-1B

      Lalu dikembangkanlah pesawat itu jadi pesawat serang darat sekaligus COIN. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.

      Kemudian Korsel mulai merakit F16 lisensi dari Amrik untuk kebutuhan Korsel sendiri.

      Lalu Korsel bersama Lockheed Martin bersama2 mengembangkan pesawat T50 golden eagle yang kemudian berkembang versinya menjadi TA-50 dan FA-50. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.

      Sekarang lihat Brazil.

      Brazil mengembangkan pesawat latih yang berkembang jadi pesawat COIN serang darat Super Tucano. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.

      Lalu kemudian Brazil bekerjasama dengan Swedia untuk bikin gripen ng.

      Sekarang, Indonesia duluuuuu bikin Sikumbang, hanya buat terbang sebentar, produksi mandek dan tidak dijual di pasar.

      Kalau RI mau maju, bikin dulu pesawat latih propeller, dan kembangkan itu jadi pesawat serang darat COIN. Jual dulu ke negara lain yang agak banyak.

      Lalu kerjasama dulu bikin Viper atau gripen dirakit di sini.

      Sesudah biasa, bikin pesawat yang benar2 baru melalui SAAB atau Dassault atau Boeing atau Lockheed Martin.

      Hapus
    62. InsyaAllah mas.. Ainul yaqiin.. xixi.. IFX type Air superiority sedangkan type itu di Amerika cuma ada F-15 Eagle yg dijual dan harganya woooooww... ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ.

      Kan mesin dan sensor IFX made in USA mase.. jadi dia menikmati hasilnya juga.. haha.. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
    63. "@palugda

      Lha itu nanti yg ngerjain R-80 insinyur aviasi asal mana bro....Kalo bukan insinyur Indonesia ๐Ÿคท

      Beliau ini kan bicara skala yg lebih luas, bukan hanya ttg pt.di doang....achhhh, mbok nangkepnya jangan sepotong2 gitu ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†"

      -------

      eeeiitt itu dia om similikitir, guwe malah nulis justru lebih secara gombal eh global haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      berhubung maren asyik malming dikota ujan, tak bisa kujelaskan panjang lebar, mendingan molor haha!๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค๐Ÿ’ค

      jd begini, pengembang R-80 adalah prusahaan swasta.
      kate guwe, apa urusannya r-80 ama fetedei bner donk. mereka(r-80) adalah pihak swasta gak harus py tenaga ahli dr lokal.
      bisa saja mrk pake tenaga konsultan asing bahkan aseng buat ngejar kualifikasi tertentu, asal kuwat bayar aje haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      lagipula klo om smiling perna baca, saat n250 dibuat pon, mrk pake kok konsultan asing.
      dari sini uda kliatan cara pandang seorang ing.habibie.
      dan guwe pon setuju, kalo mao buat perusahaan internasional yg lejit & cepat maju, tak harus 100% wajib tenaga kerja lokal bukan? haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      kerna beliau(ing.habibie-red) pon diterima bekerja disalah satu perusahaan top dunia pada jamannya haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      dan saat ini banyak TKI kita yg punya ke ahlian bidang aeronautika pon bekerja dibanyak industri aviassi /penerbangan asing diluar nagerih haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      seperti yg uda guwe tulisken diatas haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ link pon tersedia lho haha!๐Ÿ’บ๐Ÿ’บ๐Ÿ’บ

      knp mereka bekerja di LN? ada banyak hal, diantaranya:
      -di dalam negeri industri penerbangan hanya 1 otomatis persaingan sangat ketat.
      -standar gaji
      -beda visi & misi, ciyeee haha!๐Ÿ›ซ๐Ÿ›ซ๐Ÿ›ซ

      Hapus
    64. peluang2 bisnis sperti ini akan menjadi pemicu semangat para pekerja. tanpa bisnis dan visi baru, itu kapal bakal terombang ambing tanpa arah, akhirnya karam haha!๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ

      hadirnya bisnis baruw sperti proyek N-219, n-245, IFX serta r-80 harusnya makin menarik.

      berarti masa depan aviasi kita sangat cerah untuk puluhan tahun kedepan. dan bisa saja menarik minat putra putri kita yg beredar di luar nageri balik kampung, asal dokunya cuco tp haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      walo smua hal2 diatas terkesan ambisius, tapi penuh tantangan haha!๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿง

      liat proyek IFX sudah dirancang jau2 hari dlm interval waktuw sampai 25 tahun kedepan.
      jadi gak instan bgetoh. persiapan2nya pon uda dibikin dan diatur dr tenaga teknis sampe infrastruktur.

      mmg fetedei bukan bisa segalanya, namun paling tidak bisa ngebantu tni-au mewujudkan cita2nya punya jet tempur, sesuai undang2 tentuww.
      mmg terkesan biaya tinggi, tp yah salah sendiri sapa yg suru bikin undang2 haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      guwe sich suka IFX, dr rancangannya uda jaman now bingit. optimis model gini lebih oke di taon 2030-2040. dan moga2 bisa melanglang buana 50 tahun haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      drpd paketan pespur taon 80-90an, uda pait haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    65. knp pilih kerjasama proyek KFX/IFX?
      yak ituw dia duwit kita kan gak sebanyak negeri2 laen yg py ambisi sama.

      trus yg ngajak bareng kyk model koryo siapa? pespur rancang baruw lho bkn yg uda bredar.

      kalo mao yg ultra moderen gen 5, boro2 diajak..minat aja dikata "blum saatnya" anyirrr, ngantre lagi donk belasan taon haha!๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
  9. Malon kepakarannya dalam produksi dadah tuk export, buka casino legal dan halal di genting Highlands tuk ambil cukainya demi ekonomi kerajaan daulat tuanku.

    BalasHapus
  10. filipin, bangladesh, brunei menyatakan minat...negera grade a ikutan gak yaaa haha!๐ŸŽช๐ŸŽช๐ŸŽช
    ternyata oh ternyataa..
    "Menhan Malaysia Disebut Tertarik Medium Tank Pindad" hore haha!๐ŸŽท๐ŸŽท๐ŸŽท
    https://nasional.kompas.com/read/2018/11/08/22233861/menhan-malaysia-disebut-tertarik-medium-tank-pindad.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bukan negara asean lagi. Tapi sudah naik taraf jadi negara grade a. Konon grade a hendak nak ngutang tejas

      Hapus
  12. eksport amunisi ke amerika dan NATO.

    wuihh mantap

    BalasHapus
  13. Jangan lupa bagi2 bonus buat pekerja pt pindad

    BalasHapus
  14. Mungkin kamsudnya kamis tanggal 24 januari 2019.

    Tanggal 29 januari 2019 itu hari selasa

    BalasHapus
  15. malaysia catatkan minus budget kerena songlap enjin,part radar,kipas....songlap juta juta triliun

    BalasHapus
  16. Industri militer malay? Itu semacam mitos atau apa? Kenapa tidak pernah terdengar beritanya? Namun konon memang ada pusaka super sakti bernama VITA BERLENDIR pabrikan semenanjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. industri malon kek jualan durian broooo.. musiman.. kahkahkah.. buka kalau ada projek dari kerajaan itupun songlap sinan-sinun.. xixixi.. Biasalah SDM LOW IQ.. kurang kreatif malas kerja... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    2. dan gak dipercaya bank. tak nak bayar hutang walau hutang menggunung. suka serah tugas keorang lain. dan tak nak kerja di tempat panas... malon noob..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  17. malaysia sukses catatkan penjualan dadah sabu eksport kemana2,,,,capaian pajak judi gentinghiland teramat lumayan

    BalasHapus
  18. kecepatan 518km/jam.. ngalahin CN 235 nih.. haha..

    https://www.jejaktapak.com/2019/01/26/terbang-518-km-jam-v-280-valor-mulai-buktikan-kemampuan/

    Suatu saat boleh juga diakusisi TNI sebagai penerus keluarga BELL.. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada silver bullet bro ๐Ÿคท

      Teknologi vtol gitu hanya unggul disektor kecepatan tapi harus dibayar dg mahar yg muahal, terutama biaya opetasinya ๐Ÿ™…๐Ÿ™…๐Ÿ™…

      Hapus
    2. kan ngk sekarang mase... mungkin 20 tahun yg akan datang.

      Hapus
    3. Tetap saja kalo dibandingkan dg pesawat bersayap konvensional, keunggulan teknologi pesawat model osprey harus dibayar lebih mahal ��

      Hapus
    4. 20-30 tahun kedepan ekonomi kita beda sekali dengan sekarang mas.. itu yg bilang bank dunia lhooo.. haha.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    5. Betul sekali...tapi 20-30 taun kedepan aku yakin teknologi sayap pesawat konvensional masih tetap dipakai, karena kesederhanaan dan murahnya itu ๐Ÿคท

      Hapus
  19. Deftech malon macam pukimak sampah lah tu pabrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deftec isinya bangla2 item...malondog cm jd tukang pel lantai...low iq.

      ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
      mana komengnya lagi lon

      Hapus
    2. Salam Budak Fauzi - sebagi orang Islam bahasa kamu aduhh kotor sekali. memperbanyak istighfar, nanti ditimpa kecelakaan.

      Hapus
    3. hahaha, , ,
      kenapa bawa agama?
      takde bahasan lain kah .korang jual agama?
      sampah

      Hapus
  20. Singapore and KL are not interested of their tanks. Poor quality and design. Philipine also backout to chose this weird tanks and they said its too ugly.

    Vietnam and Thailand are laugh of Indons made tanks. They said looks ugly and poor quality.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dont be naive In reality malaydogsial interseted indonesian medium tank ๐Ÿ˜

      http://www.limaexhibition.com/industry_news_menhan-malaysia-tertarik-dengan-medium-tank-pindad.php

      Kih kih kih

      Hapus
  21. Laos said that Indons made tanks are Garbage. Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laos said malaydogsial army most noop army in asean buy T-72 kw-3 garbage from poland ๐Ÿ˜‚

      Kih kih kih

      Hapus
  22. Japan and China find it funny to see Indons made tanks its just like meniature one..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Japan and china say poor malaydogsial only 3rd country because they always ask for debt to these two countries ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Poor Malonsial asking Japan for yen credit to solve RM1t debt ๐Ÿ˜

      https://www.malaymail.com/s/1641122/dr-m-malaysia-asking-japan-for-yen-credit-to-solve-rm1t-debt

      Desperate to Survive, Malaysial PM Sells His Country to china ๐Ÿ˜

      https://yaleglobal.yale.edu/content/asia-sentinel-desperate-survive-malaysias-pm-sells-his-country-china

      Malaydogsial only 3rd World garbage country ๐Ÿ˜

      Hapus
  23. Technology wise, I may say that Indons are the most lowest of it.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaydogsial Defense industry players need to exemplify Indonesia.. say mat sabu ministry malaydogsial defence ๐Ÿ˜

      low iQ malaydogsial needs to understand this ๐Ÿ˜‚

      https://m.youtube.com/watch?v=0rinprpn_4Q

      Hapus
    2. Low IQ Malaydogsial not have capability to built plane and any military tehnology..

      it was confirmed by the Malaydogsial government ๐Ÿ˜
      https://m.malaysiakini.com/news/447615

      Kih kih kih

      Hapus
  24. Old craps nuri and little bird malaydogsial only plastic miniatur ๐Ÿ˜ no match with apache & mi35 TNI..

    Kih kih kih

    BalasHapus
  25. "COPAS dari blog sebelah ๐Ÿ‘‡.....kalo rusia keberatan dg syarat yg kita ajukan ya tinggal mereka tolak saja kontraknya, KELAR !!!"

    ?Perencanaan Air Baku, Air Bersih dan Air Limbah
    Januari 27, 2019 at 9:43 amLog masuk untuk Membalas

    Maklumlah… Masak teknologi canggih dituker Pete, Trasi, Sambel Pecel.. Rusia ya mikir.. ini pemimpin Indonesia sebetulnya bisa menghargai karya Rusia apa enggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok jek nginceng to mas?
      opo goleki sesepuh ? hihihi

      Hapus
    2. Lucu-lucu je komennya, kreatif-kreatif...malah ada yg bilang kita sudah kirim pilot buat latihan nyopiri su-35 sejak 2014 ๐Ÿคท

      Padahal itu kan pilot su-27/30 latihan simulator...soalnya kita belum dibeliin ๐Ÿ™†

      Hapus
    3. Rusia gak butuh pembeli rudet kaya emak emak belanja di pasar.
      Rewel bawel cerewet

      Hapus
    4. Makanya....wasapin putin bro, suruh tolak aja PO sukhoi Indonesia ๐Ÿคท

      Hapus
    5. kalo di cancel PO nya mau diganti apa to mas kapal kapalannya ๐Ÿ˜‚

      apa mas hari ngidam si viper?

      hihihi, , ,
      sayang su 47 ga dilanjut, bagus padahal modelnya kalo mau dijual

      Hapus
    6. Viper pake conformal tank aja udah sesuatu banget mase ๐Ÿคท

      Nanti kalo sudah komplit dg tanker dan AEW nya, trus rajin berlatih ke red flag ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
    7. Sebelum keluar SO-nya ke pabrikan sukhoi.
      Lebih baik rosoborok rusia batalin PO-nya emak emak rudet yang beli cuma ketengan selusin kurang sebiji itu.

      Daripada semua dibuat pusing sama emak2 bawel banyak maunya, beli cuma ketengan pengen pake ote ote......

      Sebel saya jadinya

      Hapus
    8. Nih salah satu contoh gayanya emak emak dalam belanja

      https://jakartagreater.com/apakah-pembelian-jet-tempur-su-35-tni-au-delay/

      Ote otenya digoreng terus sampai gosong sesuai keinginan emak emak itu.
      Akhirnya emak2 itu diusir penjual

      Hapus
    9. Xixxixi....macam pacarannya abg aja, udah gak nyaman tapi berat mo mutusin ๐Ÿ’”๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฅ.......๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
  26. "Ini yang bandel-bandel temennya siapa ..........๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†"

    https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/27/103758126/susi-pemilik-kapal-ikan-tak-berizin-siap-siap-dipermalukan

    BalasHapus
  27. Masih menunggu inovasi dan produk militer binaan tempatan asli Malay selain VITA BERLENDIR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wet dream Malon dapat beli fighter jet saat ini cem fa-50, or tejas. negeri malying baru bangkrut. Apa kabar ptm-6 Made in Malon? Body di bikin dari angin, engine di buat dari udara, Elektronick di buat dari biogas, makanya jadi Pesawat halimunan terbaik saat ini benar2 tak kasat mata. Sukses Malaysia dgn maha karya state of the art pesawat pejuang ptm-6 ๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฅ.

      Hapus
  28. Did You Know?
    Vita Berapi is the most dangerous rifle in the world. It can destroy tank and aircraft at one shot! and.. even the entire planet. How awesome is that?? proud to be malass.

    BalasHapus
  29. M'sia not ready to make its own fighter jet just yet, says Mat Sabu


    Bernama
    16 Oct 2018, 5:50 pm (Updated 16 Oct 2018, 5:57 pm)


    Malaysia does not have the capability yet, especially in terms of finances, to have its own fighter jet, the Dewan Rakyat was told today.

    Defence Minister Mohamad Sabu said that though researchers feel that Malaysia could produce a fighter jet in 2020, it would also depend on the country’s financial capacity.

    =====

    Ra thรฉรฉ dhรฉt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Damn.. america need to waste their 25 years from scracth to flyin their Gen 5 which is still in the middle of development r8 now, India from year 1980 still can figure out their gen 4 approval of the reliability and diz is only takes two fuckin year to flyin their sixth gen ? Are they human or what ??.. diz iz rubbish.

      Hapus
  30. Deeply Condolence for Terror Bombing in Phillipine. Stay Tuff broda.. keep on fightin never surender with such terror acts.

    BalasHapus
  31. ...kalau Ane punya Uang Rp 200 Trilyun, maka dengan MANTAAAAP Ane akan memberikan Rp 75 Trilyun kepada negaraku Indonesia TERCINTA untuk membeli ;

    16 unit Su-57 PAK FA

    32 unit Su-35 Flanker E

    8 unit Kilo Class New Russia

    ...Rp 25 Trilyun untuk membangun DESA ditempat Ane tinggal...Rp 100 Trilyun untuk bikin USAHA yang menyerap tenaga kerja banyak, tabungan dan tempat tinggal atau rumah...serta juga 2 YAYASAN ( 1 panti jompo, 1 panti anak Yatim-Piatu )

    ...do'ain yach, Aamiin






























    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hal yg mustahil broo..
      Dr pd capek mendoakan sesuatu yg sangat tdk mungkin, mendingan kita makan. Pasti kenyang...hehehe

      Hapus
  32. Gw bilang sih beli SU35 cukup 11 aja gak usah nambah.. Viper cukup 12 biji aja.. ini persiapan sampai 2030 saat Indonesia harus memilih membeli Gen 5 sesuai jaman saat itu. IFX gak usah banyak2 anggap aja kita beli ilmu meski hanya gen 4.5, nanti di 2030 sembari kita order Gen 5 sekaligus upgrade IFX jadi gen 5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Super ki piye toh ?

      Tahun 2030 baru milih ?

      Kalo tahun 2030 baru milih, datengnya paling cepet baru tahun 2035.

      Hawk kita paling lambat sudah harus diganti tahun 2030.

      F16 block 32 dan F16 MLU kita hanya bisa terbang sampai 2029.

      Jika baru milih tahun 2030, apa mau kosong 4 skuadron selama 5 tahun sampai 2035 ?

      Belum lagi target pembentukan 1 koopsau terdiri dari 3 skuadron tempur baru setiap 5 tahun.

      Kalo saya, mending dana :
      usd 1,14 miliar pengganti F5
      usd 4,5 miliar 3 skuadron baru
      Sisa usd 0,8 miliar IFX.

      1,14 + 4,5 + 0,8 = 6,44 miliar usd

      Duit segitu bisa untuk biaya pengadaan F16 hibah second direfurbish pakai SLEP program dan diupgrade ke Viper sebanyak 98 unit sudah lengkap sensor, AESA, targeting pod dan rudal Amraam C7 serta AIM-9X.

      Bisa dipakai sampai tahun 2048.

      Hapus
    2. ...hadeeuuuuuh sales RONGSOKAN, kumat nich
















      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  33. Berharap Jepang dan Indonesia bisa menggantikan posisi China nih. Jepang masalah dana hutangan Indonesia kebagian buat gerbongnya. Gagal maning son... cancel kabeh.
    Mudah2an China gak marah nih projectnya diabisin mahathir semua. Emang Najib korupnya parah bener.


    https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/malaysia-to-make-official-announcement-on-east-coast-rail-link-next-week-finance

    BalasHapus
  34. Anggaran untuk calon tanker kita $500 juta dollar.. kalau A-330 dapat 2 kalau KC-46 Pegassus dpt 3.. hehe..

    https://lancerdefense.com/2019/01/27/tni-au-selesaikan-studi-terkait-persyaratan-pesawat-tanker/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo.. mas @bagaz mo pilih dpt 2 ato 3?? klo sy dpt yg bnyak aj lahh.. KC 46 lebih bnyak potensi landing d bnyak bandara d indonesia.

      Hapus
    2. sama mas.. haha.. kalau 3 sebenarnya kurang.. minimal 9 unit disebar di tiga komando udara kita. Tpi untuk awal 3 unit juga ok.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  35. #Pertahanan: Utamakan aset untuk menjaga perairan negara – Panglima TLDM

    SANDAKAN, 25 Jan – Panglima Tentera Laut Laksamana, Datuk Mohammad Reza Mohd Sany berkata, Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) akan mengutamakan aset yang perlu diselenggarakan segera, khususnya untuk operasi di perairan negara.

    Beliau menyatakan langkah tersebut adalah bagi menjimatkan kos perbelanjaan secara berhemat dengan menggunakan peruntukan kerajaan yang sedia ada.

    “Kerajaan baharu sekarang ini menghadapi bebanan hutang. Jadi, peruntukan adalah terhad.

    “Untuk itu, kita perlu mengatur balik keperluan kita dengan peruntukan yang ada,” katanya ketika ditemui pemberita pada majlis ramah mesra Panglima Tentera Laut dengan warga TLDM Sandakan di sini pada Khamis.

    Mohammad Reza turut memberitahu Sabah dijangka menerima dua kapal misi pesisir (LMS) secara berperingkat iaitu pada Oktober dan Disember tahun ini.

    Menurutnya, dua kapal itu akan ditempatkan di Pangkalan TLDM Kota Kinabalu.

    #kesiagaan #TLDM #AirTimes
    Kesian tldm๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  36. ...kenapa si Ntung NDABLEG BLEGEDES jadi sales Jet Tempur RONGSOKAN ???

    1. Karena dia nggak suka dengan Jet Tempur buatan Russia

    2. Karena F-22 RAPTOR nggak diekspor oleh US Amerika

    3. Karena TNI AU nggak minat sama sekali pada Gripen SAAB, F-15 Eagle dan F-35 Lightning

    4. Karena pada dasarnya si Ntung NDABLEG BLEGEDES ini adalah pengoleksi barang2 BEKAS tulen















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Okelah, kalau begitu mas Bro Choko













      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  37. kalo yang ini mereka mau beli yang mana ya kira" ?

    https://jakartagreater.com/bangladesh-jajaki-potensi-kerja-sama-dengan-pt-pal/


    apakah kita boleh jual 10514 ? ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  38. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  39. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  40. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  41. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus