14 Januari 2019

Ada Pembelian Heli Apache dalam Program Kerja Pemerintah 2019

14 Januari 2019


Helikopter AH-64E Apache Guardian TNI AD (photo : Sandriani Permani)

Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019 (RKP-2019) sebagaimana tertuang dalam Lampiran I Pepres No 72 tahun 2018 tentang yang telah diundangkan tanggal 3 September 2018 lalu, mulai dari halaman IV.106 termuat Program Prioritas Pertahanan Wilayah Nasional.



Dengan Anggaran Pertahanan tahun 2019 yang telah ditetapkan sebesar Rp 107,3 triliun atau sekitar USD 7,7 bio (pada kurs 1 USD = Rp 14.000,-) dimana untuk alokasi belanja alutsista dan pemeliharaan sebesar Rp 75 triliun, maka masih banyak hal yang dapat dilakukan dengan dana sebesar ini.


Sebenarnya Anggaran Pertahanan yang dibutuhkan dan diajukan oleh Kementerian Pertahanan adalah sebesar Rp 200 triliun, angka ini adalah 1,5X Anggaran Pertahanan Singapura (Rp 157 triliun) dan hampir 4,0X lipat Anggaran Pertahanan Malaysia Rp 52 triliun) namun masih jauh dari Anggaran Pertahanan Australia yang sudah mencapai angka  Rp 510 triliun. 

Tentu saja yang paling menarik dari Rencana Kerja Pemerintah tahun 2019 ini adalah angka 3 butir O dimana terdapat rencana Pengadaan helikopter Apache sebanyak 1 paket.
Sebagaimana diketahui saat ini TNI AD memiliki 8 unit helikopter AH-64E Apache Guardian yang ditempatkan di Skuadron 11/Serbu Penerbad Semarang.

Satu skuadron helikopter Penerbad (Army Aviation) secara umum terdiri dari 16 helikopter, jarang terjadi 1 skuadron diisi dengan 1 jenis helikopter yang sama, hal ini disebut skuadron tipe komposit. Selain skuadron umum terdapat juga skuadron besar, seperti yang sekarang ini terjadi di Skuadron 11/Serbu dimana terdapat 32 helikopter yang terdiri dari AH-64E, NBO 105, NBell 412, Bell 412 dan Bell 205.


Lantas timbul pertanyaan, pembelian 1 paket Apache ini berapa unit ? Jika hal ini ditanyakan kepada Penerbad maka jumlah ideal helikopter Apache yang diinginkan adalah sejumlah 32 unit atau 1 skuadron besar, ini mengingat bahwa heli Apache sebagian akan ditempatkan di Natuna secara permanen.

Mengingat bahwa dalam program MEF masih banyak pengadaan alutsista TNI AD yang belum terealisasi, diantaranya adalah kendaraan tempur 8x8, tank medium, rudal mobile jarak menengah, dan sebagainya, maka kemungkinan jumlah pengadaan helikopter Apache untuk tahun 2019 ini adalah 8 unit untuk membentuk 1 skuadron secara umum (terdiri dari 16 helikopter).

(Defense Studies)

286 komentar:

  1. Balasan
    1. Ada, emang kenapa?
      So, ada litle bird ngak?

      Hapus
    2. Hahahaha...

      Apache brooo bukan nuri...LoL

      Jgn iri y melonnjing...korang takde wang kismin g usah nyinyir d sini...sana minta sedekah britis majikan korang.

      😆😆😆😆😆

      Asek asek asek...

      Jossssssss

      Hapus
    3. Tuh diatas ndiri masih nanya, padahal dah ditulis "satu paket"..😛

      Eeh iya..yang ditambah bukan si Hind..😁

      Hapus
    4. Trus kapan mi35 d tambah...😧😧😧😧😢😢😢😢

      Kan bagusan klo d tandem sm apache...

      Hapus
    5. Hahahaha...

      Apache brooo bukan nuri...LoL

      Jgn iri y melonnjing...korang takde wang kismin g usah nyinyir d sini...sana minta sedekah britis majikan korang.

      😆😆😆😆😆

      Asek asek asek...

      Jossssssss

      Hapus
    6. Fakta Tukang Pijat Ilegal Asal Malaysia di Palembang Diamankan, Sehari Bisa Untung Rp1 Miliar - Halaman 2 - Serambi Indonesia - http://aceh.tribunnews.com/2019/01/13/fakta-tukang-pijat-ilegal-asal-malaysia-di-palembang-diamankan-sehari-bisa-untung-rp1-miliar.emang dimalaysia sdh tdk adalagi pasien ya.. Kemahalan atau gak sanggup lhat tarifnya. Hehe

      Hapus
    7. syukuurlah ada kbr yg bikin hati senang gembira pagi2 begini...tdk usah beli bnyk2 cukup 8/16 aja sisa duit beli om oliver...biar rata ototnya..

      Hapus
    8. Su30 kau bisa terbang tak apa Masih bengap dihanggar....malon senang digondolin kikikiki

      Hapus
    9. Enak ni nuri jadi santapan apache

      Hapus
    10. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Siapa yang berani taruhan, apache batch kedua ini sama little bird mereka siapa yang duluan sampai??? 😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duluan litle bird laah...







      (ngibulnya)
      😌

      Hapus
    2. Manuk emprit oiiiii...

      Hapus
    3. Malingshit ngimpinya apache,niatnya little bird yang datang akhirnya love bird

      Hapus
    4. Duluan little bird lah oom.. mereka dah lama banget order sementara TNI baru AKAN ditahun ini utk batch 2 nya. Baca di web defense mereka memang delay sudah 2 tahunan tuh si little bird, harusnya sih 2019 ini masuk.

      Rencananya kalau menurut mr.unknown mau langsung dipasang buat head to head saling gertak dengan Apache Sing dalam memperebutkan pulau poteh kembali dan Tuas Strait case. 😁

      Hapus
    5. Duluan little bird lah....kalo gak salah kirim ke haiti 😂😂😂

      Hapus
    6. Duluan burung kecik merekalah....Dari tahun 2010 malondogsial sudah bilang akan datang.....malon senang digondolin....bukan begitu beruk kikikiki

      Hapus
    7. bukan love bird... tapi angry bird...😁😁

      Hapus
  3. Pengennya kan 32 unit, semoga keinginan AD tercapai meskipun nyicil 8 unit per batch 😙😙

    BalasHapus
  4. Pelan pelan saja om yang penting nantinya lengkap daripada jiran malasial cuma gede ngebacot doang mau beli ini dan itu ngga tau belanja kapan

    BalasHapus
  5. Budget Defense total $ 7.7 Billion
    Dari total tersebut untuk pembelian persenjataan dan pemeliharaan adalah $ 5.3 Billion, sisa $ 2.4 Billion mungkin untuk pembayaran salary dan perumahan.

    Menarik nih melihat posisi saldo 2019 adalah $ 5.3 Billion sementara yang saya ingat di January 2019 kita sudah spent $ 800 Million. Artinya masih punya $ 4.5 Billion untuk di spent Feb - Dec 2019.

    Harga Apache berapa sih ?
    Mungkin sekitar $ 35 - $ 40 Million kali ya.

    Artinya bila jadi beli 8 unit lagi maka total $ 37 x 8 = $ 300 Million kudu spent.

    Masih sisa $ 4.2 Billion lagi.. eh tapi maren dah deal Kapal Selam ya ? $ 1.3 Billion. Berarti sisa akhir $ 2.9 Billion, list belanjaan masih panjaaanggg.....:-D

    IVER, LVTP7 dan Medium Tank jangan dilupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apache batch 1 => $500 Million...😁

      Hapus
    2. Tapi mestinya yang batch 2 kan ga perlu paket simulator, tools maintenance & training lagi..😁

      Hapus
    3. Medium Tank itu udh pasti, pengadaannya akan mirip kek Anoa,.pemesanan akan berlangsung sampai beberapa batch sambil penyempurnaan sana sini..mirip kek anoa, awal mesan 10 unit, lanjut 30 unit, lanjut lg 50 unit hingga sekarang populasinya 300 unit lebih..

      Tp emang harus ada kepastian kontrak dlm waktu dekat ni, krn AD pilipin jg tertarik sama medium tank ini..mereka akan lebih interest klo TNI udh melakukan kontrak pemesanan terlebih dahulu

      Hapus
    4. iver atau heavy fregat keknya bukan 2019 mas.. mungkin tahun 2022/2023.. kata mas ngitung untuk 2019 4 SIGMA dan 4 PKR yg digarap dlm negeri seperti 3 KS kemarin...haha..

      Hapus
    5. Waduh $ 500 million ?

      Soale barusan liat di wiki harga perunit Apache $ 35 million.. mungkin itu paket standar kali yak ?

      Hapus
    6. Kata siapa digarap dalam negeri...

      Yang bakal digarap dalam negeri hanya 2 PKR tambahan, sisanya 2 PKR plus 4 Sigma digarap di Belanda, untuk kejar target 2024.

      Hapus
    7. Betul mas Bayu.. Phil infonya pertengahan thn 2019 ini akan umumin siapa juaranya utk pengadaan Tank dan APC. Phil pengennya TNI beli dulu karena boleh dibilang doktrin perang TNI memang mulai disukai oleh Phil konsepnya. Kandidat terkuat masih Pindad dan Israel.

      Yah mudah2an sebelum April sudah teken kontrak Tank Medium utk TNI 20 unit.

      Hapus
    8. Cara hitungannya gak spt itu mas Superstar. Kalo $ 5.3 Billion dibuat beli alutsista semua, nanti kaprang dan pespur serta tank leopard gak bisa patroli dan latihan krn gak bs beli bbm, gak ada suku cadang utk penggantian spare part. Nilai segitu ada duit utk maintenance cost jg yaitu antara lain beli suku cadang dan beli bbm buat operasional.

      Beli alutsistanya pun gak dibayar tunai semisal $ 1.2 Billion utk kapal selam tp hanya 30 % aja utk DP, sisanya dibayar saat barang datang di tahun kedatangannya.

      Hapus
  6. Awal tahun udah kelihatan kontrak alutsista untuk AL & AD. Tinggal nunggu untuk AU aja,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angkatan udara salah satunya pelunasan pembayaran program IFX.
      Tapi yg lainnya ane gak tau brooo

      😁

      Hapus
  7. Jangan lupa kita masih punya Budget Police yang biasanya angkanya mirip2 $ 7 Billion.
    Jadi sebetulnya Budget TNI dan Police itu kalau digabung sudah $ 15 Billion sendiri.

    Gak kayak dinegara lain Budget militernya digabung, kalau dimarih dipisah pisah biar gak kentara angka Budget sebenarnya.
    Hehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatan jg gpp mas, Budget TNI dan Police kan memang berbeda peruntukannya mas, yg satu utk pertahanan negara, yg satu utk keamanan dalam.negeri. departemennya saja sdh berbeda mas broo, pastinya anggarannya jg berbeda fungsinya.

      Hapus
  8. Berita ini membuat beruk malassial grade A jealous

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo ini saya setuju, bakal banyak beruk yg tiarap kena stroke. Gak bisa bangun lg.

      Hapus
    2. Malays ni sedang meredakan hatinya yg remuk... Negri malon itu cuma NATO je... 😁😁
      NATO aka Nak rAffale but Tejas Only

      Hapus
  9. Harga satu heli apache ini setara dgn 8 pesawat tetanus TEJAS yg akan dibeli malassial

    BalasHapus
    Balasan
    1. paku kali tetanus hahaha...

      Hapus
    2. Tetanus itu panggilan pesawat tejas kesayangan malontesial brooo

      Wkwkwkwkwk
      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  10. tambahin dong mi 35 varian m....canggih itu sebagai gunship.....jangan lupa bencana....perlu alutsista bencana....mi 26,...truk amphibi...kappa,pts amphibi.....itu jagoan bencana alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunship? ngapaen pake heli..daerah kombatan dan endurannya kecil om daru.

      tungguin aja ntar cn 235 "MINI GUNSHIP" bentar lg nongol haha!👍👍👍

      Hapus
    2. wheeeessseeeeh . . . . .

      sedang digarap dan bersiap" terbang loh mas Palu Gada, katanya dilemgkapi buat roket sama torpedo kecil plus kanon juga.
      berharap kanonnya jadi 40mm untuk versi finalnya 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂


      https://garudamiliter.blogspot.com/2019/01/pt-di-akan-perkenalkan-cn-235-gunship.html?m=1


      katane pembuate untuk memenuhi keinginan bu susi 😂.
      muter" sambil nembakin nelayan malonshit,vietcong,cino yg maling wkwkwk

      Hapus
    3. ama ngejer maling puhun pisank di perbatasan om mutmut haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  11. sebagai negara ring of fire...kita perlu pesawat angkut raksasa antonov atau ilyushin atau c17....dan teramat penting sangat perlu heli raksasa....kenapa?kalau ada gempa...mungkin bandara bisa hancur retak....tapi heli mi 26 masih bisa mendarat.,..,mi 26 mutlak harus punya dan tak dapat ditawar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. c17 suatu kenicayaan. di masa depan heli angkut uda gak jaman kcuali awewe101 cs haha!😆😆😆 gen vtol donk cem valor ame osprey..bakal nyusul nich, asal bajet setara osi haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    3. misi taktis pake vtol lebih sip, bisa angkut pasukan trus diatur jd real gunship pula haha!😆😆😆

      Hapus
  12. Mi-26 Kan udah dibilang sama MenHan kalau CH-47 yg dibeli..Mi-26 kagak cocok..jadi lupsin lah..relain lah..
    Mi-35 ? Lah udah Ada Apache..ngapain lagi perlu ya..? Mi-35 kan dibeli sebagai pemancing Murika ngasih ijin jual Apache..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. chinook beli...tetap beli....tetapi tak ada yg mampu menggantikan peranan mi 26 yg punya ukuran raksasa...bisa bawa alat berat,masif logistik...mi 26 kargo sebesar hercules....chinook tak mampu apa yg mi 26 lakukan

      Hapus
    2. Kalau udah beli Chinook rasanya tipis kemungkinan beli Mi26 oom ndaru. Indonesia kan sudah deal beli SU35, rasanya pembelian selanjutnya pasti ke arah amerika mumpung kongressnya lagi baik banget ngasih green light buat TNI. 😊

      Hapus
    3. indonesia rawan gempa...rawan infrastuktur hancur...rawan bandara hancur yg tak mungkin pesawat darati...masalahnya amerika gak punya produksi heli raksasa...indonesia sangat perlu heli raksasa meski cuma 4 biji pun

      Hapus
  13. Ehem-ehem...

    Coba lihat dulu ada berapa skuadron serbukah Penerbad kita ?

    Skuadron 11,12,13,31.

    4 skuadron, masing2 akan diisi 32 unit helikopter komposit terdiri dari 24 heli serbu dan 8 heli serang. Sekarang belum sampai segitu isinya.

    Padahal Penerbad kepingin di target MEF ada 6 skuadron serbu plus 2 skuadron serba guna dengan total helikopter sebanyak 224 unit.

    Kebutuhan 6 skuadron x 24 heli serbu = 144 unit heli serbu

    Kebutuhan 6 skuadron x 8 heli serang = 48 unit heli serang.

    Nah heli serang kita sudah ada berapa ?
    Mi-35, Apache dan Fennec sekarang sudah ada berapa ?

    Mi-35 ada 8 unit
    https://www.indomiliter.com/enam-tahun-beroperasi-mil-mi-35p-puspenerbad-tni-ad-jalani-overhaul-di-rusia/


    Apache ada 8 unit

    Fennec ada 9 unit dari 12 unit yang sudah dipesan.


    8+8+12 = 28

    48 - 28 = 20

    Kemungkinan bakal nambah Apache 20 unit lagi sampai 2024 dibagi 2 tahap.

    Syukur2 lebih dari itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ups sori...

      Fennec bukan heli serang tapi heli serbu.

      Jadi heli serang yang ada sekarang tinggal :

      8 apache + 8 Mi35 = 16 unit heli serang

      48 - 16 = 32

      Jadi bener butuh tambahan 32 unit heli Apache.

      Hapus
    2. Kalau lihat nomor ekor Mi-35 hanya ada 5 unit. 3 lagi entah kapan datangnya. Selain itu tidak ada yang salah dengan perhitungannya.

      Fennec codenya sama dengan Apache dan Hind loh (HS-7xxx).

      Hapus
    3. Tadinya saya memang mau cantumkan 5 unit Mi35, tapi indomiliter bilang 8 unit.

      Hapus
    4. Naaahh....dia mulai kumat lg gemblongnya. Obatnya pasti sdh habis nih...hehehe

      Hapus
  14. sebenarnya mi 35 lebih potensial bawa senjata lebih banyak dari apache...makanya konsepnya apache terbang bareng dengan mi 35....apache fokus bawa atgm,sebagai destroyer anti tank....mi 35 masif menyapu pakai ffar,canon 30 mm...juga bisa tambahan machine gun pada pintu penumpang mi 35...bisa hancurkan infantery secara masif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah apa perlu Mi-35 ? Pake Mi-17V juga bisa..apa yg dicantel di Mi-35 bisa dibaca Mi-17V..Apache buka jalan..Mi-17 tinggal bersihin daerah pendaratan sebelum nurunin muatan..

      Hapus
    2. kalau mi 17 varian combat sar oke lah...bisa dibuat bencana atau serang...yg penting full asesoris combat sar.,.4 set ffar,kanon 30 mm...machine gun 7,6mm atau 12,7mm...harus full lengkap

      Hapus
    3. bedalah peranlah om daru, ituw mi-35 mana bisa masuk hanggar PKR haha!😝😝😝
      apache kita pesan ituw khusus punyak lho.

      Hapus
  15. yg jd pertanyaan kalu mao shopping soping apache lagi ke amrik, FMS ato direct selling min?

    klo FMS wah lama lagi ngantrenya, mana pemerintahan opa donal bebek bole kasi gak yach, uda lama juga tuch tutup opisnya haha!🤠🤠🤠

    BalasHapus
  16. haha.. maunya kemenhan Rp 200 trilliun atau kira2 $ 15 milliar dollar.. itu sama dengan 1,5% dari GDP atau sama seperti anggaran malon tpi disana jauh lebih sedikit walaupun sama2 1,5% GDP.. xixixi.. horang kayaaaa.. ��������

    walaupun hanya Rp 75 trilliun($ 5 milliar dollar) khusus untuk membeli alutsista.. jumlah itu masih lebih banyak dari total seluruh anggaran malon.. itupun dibagi 5.. kahkah

    sudah ditarget pemerintah.. mulai tahun 2019 anggaran kemenhan khusus untuk membeli alutsista adalah Rp75 trilliun.. dan kemungkinan besar akan bertambah setiap tahunnya karena ancaman semakin nyata(bencana dan konflik teritorial). semisal tahun 2019(Rp75 trilliun), 2020(Rp80 trilliun), 2021(Rp85 trilliun), 2022(Rp90 trilliun), 2023(Rp95 trilliun), 2024(Rp100 trilliun).

    Jadi bukan sekedar mimpi jika sampai tahun 2024 barang2 seperti,.. 3 KS, 4 SIGMA, 4 PKR, 2 Kapal penyapu ranjau, 2 kapal penyelamat KS, 1 LPD, 3 skudron viper, 4 pegassus, 2 poseidon, 2 AEW&C, 2-4 heavy fregat/destroyer, 12 Chinook, 8 Apache, 200 tank harimau,dll mengisi Arsenal TNI. ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kebeli semua mas broo di tahun 2024, asal semua alutsista kita yg ada skrng didiamkan aja digudang, jng digerakkan. Paling cuma dilap biar gak berdebu, sampw tahun 2024....hehehe

      Yg perlu diingat cost pemeliharaan alutsista itu lebih besar dr biaya belanja alutsista pertahun. Semakin banyak alutsista yg dibeli maka duit utk ngerawatnya jg semakin gede pertahunnya. Jd jng ente ngira 75 triliun utk belanja alutsista semua. Lha utk beli bbmnya mana, beli suku cadang mana? Emangnya spt malon, sukhoinya cuma didorong2 aja tiap pagi utk penghematan anggaran.

      Hapus
    2. hadeeeecchh.. si coko ini tukang ngeyel.. beli BBM itu sudah ada pagu anggarannya sendiri.. masuk biaya operasional. laaaahh kan jelas kemarin pak Wiranto bilang.. Rp 75 trilliun khusus untuk beli alutsista..

      makanya ane bilang kemungkinan mulai tahun 2019 dan kedepan anggaran TNI akan terus naik.. melihat dari penambahan personil, alutsista, inflasi,dll.

      Prediksi bank dunia.. ekonomi Indonesia akan terus naik.. walaupun pertahun ekonomi hanya tumbuh 5 koma sekian.. tapi GDP terus meningkat bahkan tahun 2023 mengalahkan GDP Meksiko dan Spanyol.. dan untuk mengamankan jalannya ekonomi dari gangguan kamtibmas diperlukan penguatan TNI/POLRI. Sudah hukumnya.. Ekonomi meningkat militer juga meningkat..

      Hapus
    3. Gak ada dlm penyusunan itu mata anggaran biaya operasional, yg ada cuma belanja aparatur, belanja pemeliharaan dan bekanja modal. Blom pernah ada pasal belanja operasioanl. Buka APBN nya, disitu ssh jelas belanja apa saja. 75 Triliun itu. Yg jelas bukan beli alutsista semua....heheheh

      Hapus
  17. belli alat perang mahal paling utama bisa di pakek buat perang ??? jangan sampai belli senjata di biaya rakyat hanya jadi pajangan jadi barang tidak berharga bagus nya heli apache coba dulu menghabisi para pembrontak di papua broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantai pemberontak di PAPUA pakai Apache..?? rugi gobloook.. kau kira malons.. main serampangan tak punya strategi... Pakai NBELL dipasangi minigun cukup.. haha.

      Hapus
    2. Wong edan hahaha
      Overkill banget mas memberangus pemberontak pakai heli apache ?... gak sekalian kayak negeri Jaran mas bantai penyusup menggunakan modal perahu sampan dibom pake jet tempur trus bilang we are the brave soldier...?? 😁😁

      Hapus
    3. Coba pas klaim pelabuhan kemaren si jaran flypass pake horny-nya..😁

      Hapus
    4. apah habisi?? klo cuman lepel KKB, malulah nyerbu pake mesin perang mehong om antiembalgo haha!😎😎😎

      penggunaan kekuatan militer bkn jalan terbaik. kalo perlu dihindari, mereka juga saudara2 kita lho.
      jaman now lbh utamakan perangi opm yg di medsos. pemutar balikan fakta gitu bisa bikin efek buruk yg jauh lbh besar drpd perang konvensional.
      1 generasi terpengaruhi maka restorasinya lebih lama & trilyunan rupiah alutsista mahal yg kita beli bs mubazir. kesian kan sodara2 kita disana, mrk jg pengen hidup damai dan bebas dari rasa takut.

      sama kyk om antiembalgo aja bebas idop di ketiak opa donal trump, padahal kalo dia tau kegiatan intelejen om antiembalgo, begh..dipaketin ente ke guantanamo cink haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Sayang banget buat ngadepin KKB pakau heli apache....

      Apache itu buat ngadepin BERUK dan BABI

      Hapus
    6. sudah jellas duri dalam sekam antek antek ausi singapore tidak setuju heli apache di pakek menghabisi para pembrontak mereka hampir semua nya pendatang tidak tahu terima kasih broo .

      Hapus
    7. Ini orang nalarnya ga nyampe kalo discuss alias bin sableng

      Hapus
    8. ngeberangus orang kayak lo pake Iskander cukup gak😁😁

      Hapus
    9. menurutku menurutku negara kaya akan sumber alam sepeningal bungkarno cs hanya di nikmati segelintir pendatang alangkah baiknya kapan kapan kita undang kumpulin baru kita hajar pakek heli apache atau tank leopartra kwkwkwkw madsusku supaya ada efek jera ...mereka licik dan serakah suap sogok dalih devisa bebas kerja di indonesia harta nya di timbun di singapore

      Hapus
    10. Wah si idiot gila nongol lagi

      Hapus
  18. penampakan terbaru gunung krakatau.. ada danau vulkanik broooo.. haha keyeeeeenn.. pasti semakin banyak turis tuh sperti gunung Rinjani.. 😀😀

    https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2019/01/13/1b85e8f2-3a67-47d9-91bd-112351ea6e0a.png?a=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngemenk2 soal krakatau di selat sunda.
      dulu kalo jadi bikin jembatan antar pulau di selat sunda, apa jadinya yak bila dihantem tsunami kyk maren.
      hmmn..utg disetop, bisa buyar sblom jadi ntar ntuw jembatan haha!😷😷😷


      dede krakatau semakin agresip..mana brani turis submit disono haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  19. Balasan
    1. Indonesia negara kaya pasti lengkap.
      Tidak seperti negara malassial, negara miskin Grade A, yang hanya mampu beli pesawat tetanus TEJAS....mampu beli ngutang sampai 2055 capcay

      Hapus
    2. tenang aja ruk... iskander aja kebeli...😁😁

      Hapus
    3. ow kita mah shopping soping rrudal teruz om unknown607..liat aja dikoran2 kelas duniya & akherat haha!😉😉😉

      pokonya banyaaaakkk sangattt. torpedo uda beli trus bom yg tak terkira banyaknya...bikin sendiri sich, suka ditembak2in lagi haha!🚀🚀🚀
      3 taon trakhir nembak
      mistral,
      grom,
      starstreak,
      qw3,
      chiron
      c705,
      torpedo sut
      bom

      sedangkan kleian aja lebih 1 dekade tak pernah nembak rudal anti kapal apalagi torpedo, e tanya knafa? haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. satu lagi kleian gak punya javelin begh haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. jangan lupa cicilan bunga rendah ke jepun haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  22. Baca kontrak F16 TNI yg lalu di websitenya :

    The upgrade includes Northrop Grumman AN/APG-68(V) radars; MMC-7000A version M-5 modular mission computers; Link-16 datalinks; AN/ALQ-213 electronic warfare management systems; and ALR-69 Class IV radar warning receivers. The upgrade also included certification for AIM-120 AMRAAM missiles and AN/AAQ-33 Sniper or AN/AAQ-28 Litening targeting systems.

    Serius itu udah pake Litening Pod ?

    Kalau Link 16 bisa dicombine dgn Grippen gak ?

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. Toothless and useless seperti mkm, hornet and hawk tudm.

      Hapus
    2. malon ni cuma NATO je aka Nak rAffale but Tejas Only...

      Hapus
  24. Low maintenance of this heli make the TNI fleet grounded of their several units.so dismay, because of Indons lack of fund.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cam MKM, cam Scorpion, Cam Merogollela, cam mig29, cam burung nuri tua

      Hapus
    2. malon ni cuma NATO je aka Nak rAffale but Tejas Only...😁😁😁

      Hapus
  25. And even their F16 that was loaned from US was not regularly maintained bringing the number of their F16 that fly is only 3 which is good enough for practice.

    The worst Air Force in Asean TNI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. How about TEJAS for air force TUDM
      How about maintenance of mkm, mig29, merogollela?

      Hapus
    2. For sure Indons will get jealous of Tejas program of TUDM.
      KL is surely making the forces grow again with a reality. Its just the beggining

      How about Indons? Talk here talk their without reality.

      Hapus
    3. Bla...bla...bla...hoaks...xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Hahaha....jealous kok dng tejas, dasar pekok menahun.
      Tejas itu tinggal disepak sama f-50 aja sdh ngewer ngewer masuk got. Kelelep. Wong pespur klas bulu kuduk gitu kok mau diandalkan....hahaha

      Hapus
    5. malon ni cuma NATO je aka Nak rAffale but Tejas Only...😁😁

      Hapus
    6. hahah.. jealous? ga level.

      kami akan jealous kalo kalian bisa nangkep dan tenggelamkan kapal nelayan cina di perairan kalian..
      mampu tak?

      Hapus
  26. buat om unknown607 simak ajeh dibawah ini haha!🤣🤣🤣

    krisisss..mayday..maydayyy...haha!🚔🚔🚔

    Malaysia mohon pinjaman dari Jepun untuk bayar hutang
    Bernama - June 12, 2018 4:42 PM
    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/

    Berita»Nasional
    Selasa, 12 Jun 2018 | 6:46pm

    Malaysia minta pinjaman daripada Jepun
    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2018/06/437278/malaysia-minta-pinjaman-daripada-jepun


    engg ingg eeengg:
    bantuan samurai jepun pon datang--->💰💰💰

    Laman Utama | Berita
    Jepun Beri Pinjaman Kepada Malaysia Selesaikan Hutang
    Kuala Lumpur, Malaysia
    2018-11-06
    https://www.benarnews.org/malay/berita/my-jepun-anugerah-181106-11062018152251.html

    Japan to support Malaysia's 200bn yen 'samurai bond' issuance
    November 06, 2018 15:42 JST Updated on November 07, 2018 00:01 JST
    https://asia.nikkei.com/Politics/International-Relations/Japan-to-support-Malaysia-s-200bn-yen-samurai-bond-issuance

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada tau gak sich, setelah ikrar bantuan jepun senilai $1,8Bn dateng..

      tiba2 bajet pertahanan tetangga kesayangan "Naik" haha!🤑🤑🤑

      Peruntukan Belanjawan 2019 Kementerian Pertahanan Ditambah kepada RM15 Bilion
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/12/peruntukan-belanjawan-2019-kementerian.html

      mnurut instink guwe sich, ini pasti berasal dr duwit jepun yg diputer2 haha!🤣🤣🤣

      buat guwe tak de masalah itu urusan negeri kleian. hanya mo kasi inpo aja ke om unknown607 ama unknown370 diatas, slama ini emg bisa shopping soping terlihat minim hutang, sementara dilain pihak negara berjibaku tarik tunai alias kas bon cuy haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    2. iya nge"kas bon" cem om antiembalgo ngebon dolo diwarteg NJ haha!🤣🤣🤣

      ini kenyataan, liat aja judul brita asia.nikkei.com ituw "samurai bond", tu kan ngebon haha!😱😱😱

      duwit jepun diputer puter haha!😅😅😅

      Hapus
    3. tapi ingat, yg namanya jepun ituw takkan melepaskan cengkeraman pengaruh di negeri yg uda masuk dlm lingkaran "kas bon" haha!🤑🤑🤑

      beda dikit ama "jems bon" oma eli haha!🏴󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿🏴󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿🏴󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿

      cekidot gaes:
      tiba2 mrk nawarin banyak maenan, pdhl bbrp taon laluw kasi PHP haha!😂😂😂

      Japan Seeks to Give Patrol Planes to Malaysia
      06 Mei 2017
      http://defense-studies.blogspot.com/search?q=japan+malaysia&max-results=20&by-date=true

      lha tiba2 PHP haha!🙄🙄🙄

      No Offer of P-3C Orion by Japan, Says RMAF Chief
      10 Mei 2017
      http://defense-studies.blogspot.com/2017/05/no-offer-of-p-3c-orion-by-japan-says.html

      tp ituw dolo, skrg setelah masuk dalam pelukan "kas bon", jepun pasti kagak bakal lepasin "kepentingan" mereka terhadap tetangga kesayangan haha!⚔⚔⚔


      KUALA LUMPUR: Japan is willing to offer new defence equipment and technologies, including military aircraft to Malaysia as part of enhanced bilateral security ties, Japan’s envoy to Malaysia said.

      Japan Keen to Offer New Defence Equipment
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/12/japan-keen-to-offer-new-defence.html

      dan,

      Japan Wishes to Sell F-15s, Washington Wants to Sell Them to South East Asia
      25 Desember 2018
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/12/japan-wishes-to-sell-f-15s-washington.html

      Hapus
    4. isi tawaran diatas:

      "He said in an interview that in this regard, Japan was “willing to offer our equipment and technologies to Malaysia, which include aircraft, vessels, radar and other items”.

      Japan and Malaysia had, in September, signed a memorandum of understanding (MoU) to intensify defence and security cooperation.

      The MoU was signed in Japan on Sept 11 by Japan’s then defence minister Itsunori Onodera and his Malaysian counterpart, Mohamad Sabu."

      kalo diliat arahnya, kyknya tetangga kesayangan di"arahkan" shopping soping kesana.

      hmmn liat aja setelah "mou" menhan ttd di bln september, bulan november, dana "kas bon" lgs tersedia haha!🤑🤑🤑

      artinye boleh "kas bon" asal shopping soping alutsista ama jepun trs kudu bayar, gretong No! berat bok haha!😬😬😬

      Hapus
    5. asal tau aje kalo kagak shopping soping barang rongsok jepun, siap siyapp dijadiin jamban si unknown370 ama unknown607 jakuzzi haha!😱😱😱

      Hapus
  27. If you can read the comments above, most Indons talk here talk their talk everywhere just like womans mouth. Bottomline is, still dont have the reality and just more on talks. Look at their IFX for instance, that most Indons talked this way back 2009 and still no reality made here in 2019. 10 years of talk the Idiot Indons.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. jom eject kat hanggar... and produced hoax je...

      Hapus
  28. Why Indons talk just like a woman.???????

    Just laugh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiaplah tejas datang lon...negara grade A dengan alutsista terburuk dikawasan 😂😂😂

      Hapus
    2. WTF 999years as British slave...xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Unknown Malon Talk like a Gay...cuihh..😥

      Hapus
    4. Why you talk so GAY ????

      LOL. ROTFL.

      Here is nice song for you: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will STICK in your head FOREVER and EVER.

      Hapus
  29. See! What they talk over a decade of their IFX is GARBAGE.

    JUST LAUGH

    For me Idiot Indons dont have the ability to build 4th gen jets. They cant even produce descent radar and missile how come when in building sophisticated jets.?

    All they can do is building UGLY PROPELLED PLANE made of PLASTIC and powered by their TONG-TONG 400HP Piston type engine.


    Laugh


    Laugh


    Laugh

























    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiaplah tejas datang lon...negara grade A dengan alutsista terburuk dikawasan 😂😂😂

      Hapus
    2. Beruk MALASHIT stress,, nih makan pisang dulu

      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Jealous!! As always!! 😂😂😂😂
      IDIOT MALASSHIT!! 😂😂😂

      Hapus
    3. Karena kesulitan ekonomi, gaji pilot sukhoi TUDM dibayar pake nasi lemak. Nasi lemaknya dipasok dr anak si tua bangka Mahatir Mahatai. Ini link nya

      http ://www.malaysiadefence.com/gaji pilot sukhoi dibayar pake nasi lemak/htlm-1.index0215-gt/05386-sp

      Hapus
    4. Malon dah pada STRESS liat kemajuan Jiran jiran nya.. sedangkan ia hanya bisa meratapinya... kesian malon jom songlap je..😁😁

      Hapus
  30. Indons national Debt has reach 45.09% high on their GDP requirements. Thats is how worst is the Indons. Much poorer than Myanmar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiaplah tejas datang lon...negara grade A dengan alutsista terburuk dikawasan 😂😂😂

      Hapus
    2. Beruk MALASHIT stress,, nih makan pisang dulu

      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Jealous!! As always!! 😂😂😂😂
      IDIOT MALASSHIT!! 😂😂😂

      Hapus
    3. Lah Malon sendiri Hutang hampir 89 peratus GDP.. itu sudah bangkrap namanye...😁😁

      Hapus
  31. hiduppp tejaaass, lupa bayar bon ke jepun haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  32. sekali tejas tetep tejas buat tetangga kesayangan haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tejasnya hatimu padaku sayank....hahaha

      Hapus
    2. acaaa acaaaa haha!🧞‍♂️🧞‍♂️🧞‍♂️

      Hapus
  33. And the worst is, those Indons made ship are sinking even without enemy.see???

    Asean Navy find Indons as the worst Navy in Asean.



    Laugh


    Laugh


    Laugh































    Kikikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiaplah tejas datang lon...negara grade A dengan alutsista terburuk dikawasan 😂😂😂

      Hapus
    2. Beruk MALASHIT stress,, nih makan pisang dulu 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Why you laugh, TLDM=tentera lamun diraja malingshit burned their ship too

      Hapus
    4. malon bengap jom meratapi nasib burok..😁😁

      Hapus
  34. Whats the most funny here is their IFX IFX IFX IFX which was talked over a decade last 2009. Seeeeee!

    What happened now to their IFX?????????


    Totally GARBAGE!




    LAUGH LAUGH LAUGH












    KIHKIHKIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiaplah tejas datang lon...negara grade A dengan alutsista terburuk dikawasan 😂😂😂

      Hapus
    2. Orang kok pikirannya negatif mulu....udah mirip won-won lu won 😏

      Mirip genderuwo maksutnya 😹😹😹

      Hapus
    3. Whats the most funny here is Malons moron will start with their program to grow again with tejas,tejas, tejas and tejas and we will see what will happen the bankrupt country buy fighter jet with TONG-TONG ENGINE...THE SOUND IS JESJESJESJESJESJES....

      What happened now to their TUDM??????


      Totally GARBAGE!




      LAUGH LAUGH LAUGH

      Hapus
    4. Malingshit laugh ifx, even you big mouth will buy rafale and typhoon but tejas come to you.. Shame on you malingshit country of shit

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  35. "Canberra Confirms Sale of 25 Hornets to Canada at A$95 Million"

    waah kanada aja bayar, alamat gagal kawan lama, seperjuangan faif difens pawa dapetin gretongan haha!😜😜😜

    nasib..nasibb..

    BalasHapus
  36. teringat tejasss..yess haha!😬😬😬

    uda gausa malyu malyu, gak beli gpp. asal bisa meluk puhun haha!🌴🌴🌴

    http://defense-studies.blogspot.com/2019/01/malaysia-shows-interest-in-indias-tejas.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bahas tejas beruk2 malons pura2 buta dan budeg om pal.. kahkah.. tuuhh di artikel sepi gak aa beruk2 stres malons yg ngetroll.. 😅😅

      Hapus
    2. gimna ngk stres tuh beruk2 malons.. imanijasi mereka sudah tinggi pengen dapet thypoon dan raffale.. eeehh dapetnya Tejas.. kahkahkah.. pengen dapet heli serang premium cem apache dapatnya Liite bird.. 😂😂😂.. Jadi tuh otak dan mata mereka sudah tidak harmonis karena stres dikibuli media UMNO terus.... bwaahhahaha..

      Hapus
    3. nyoih om bagaz semakin hari semakin rata alias pada tiarap, pegang pisank gak yaach haha!🍌🍌🍌

      harus diberi semangat seperti kata2 bijak dari "BK"
      "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

      ingat!!! disurunya bintang-bintang, bukan planet namek..makanya jadi dech tuch neng VitaCimin haha!🌗🌗🌗

      Hapus
    4. yuhuuuu om pal.. ooohh iya ini heli Bell terbaru V-280 valor.. suatu saat cocok nih buat heli angkut TNI.. mumpung buatan bell juga siapa tau bisa dilensi oleh PT DI.. xixixixi.. yoooosshh.. 😀😀

      https://ukdj.imgix.net/2017/12/v280rety.jpg?auto=compress%2Cformat&crop=top&fit=crop&h=580&ixlib=php-1.2.1&q=80&w=1021&wpsize=td_1021x580&s=f989d62d12d4e2f17114a912aaf36b3d

      Hapus
    5. kalo kita dapet lisensiinya kira2 siape yg pengsan om bagaz haha!🤣🤣🤣

      inilah dia yg guwe maksud om bagaz..klo bell, boeing ato awewe bisa masyuk..niscaya sang fete akan semakin sukses makmur, abadi nanjaya haha!🤠🤠🤠

      Hapus
  37. Tahniah..TNI!
    Dapet tambahan mainan baharu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, bersiap untuk menghadapi ancaman.
      saya yakin negerimu juga berusaha utk hal itu.

      Hapus
    2. makasi om jepe met taon baru, sehat xlaluw. tulisan yg atas2, no hart filing yak, ituw buat semangat kok haha!😱😱😱

      Hapus
  38. Kalo apache fungsi buat penanganan bencana apa ya

    BalasHapus
  39. Keren ya

    https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/07/21/menakar-kecanggihan-heli-tempur-apache-tni-ad-vs-apache-rsaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innova seri Q standar VS Innova seri G yg di-upgrade..😁

      Hapus
  40. Hayooo Ntung, phd
    Yg ini bijimane, katamu yg ada cuma pembelian heli basarnas dan heli polisi aja yg ada di APBN, lha itu di DIPA TNI kok pembelian apache fi th 2019, 1 paket lg....hehehe
    Mau ngeles apalagi Ntung.? Jng nangis ya Ntung. Insyaf sdh ngibulnya Ntung...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelian alut sista TNI di luar cost apbn secara rahasia mendapat pinjaman dari malaysia. Malon mode: ON 😝

      Hapus
  41. Nuri more jaguh! it can fly to the outer space, and landing at moon. Nuri "M" version is the most sophisticated helicopter in the "dunia-akhirat".
    xixixi. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun sinisnya berucap, Nuri dan tejas tetap paling jaguh sampai 20 tahun ke hadapan 😎😎

      Hapus
    2. go malon go malon go....🇲🇾🇲🇾🇲🇾





      to comberan..😁😁😁

      Hapus
  42. Yeeee si tukang sagu ini kagak nyimak babar blas ya...

    Saya bilang "....kata helikopter hanya dituangkan 2 kali yaitu untuk basarnas dan untuk kepolisian. Nggak ada tuh kata helikopter untuk TNI."

    Emangnya ada nggak kata "HELIKOPTER" di tabel di atas itu ?

    Nggak ada tuh kata "HELIKOPTER"nya.

    Yang ada hanya kata "HELI APACHE" bukan "HELIKOPTER".

    Dasar Tukang Sagu, nggak ngerti dia baca kalimat saya.

    Masa disamain antara HELIKOPTER dengan HELI APACHE.

    Hurufnya aja banyak beda, yang satu kagak ada spasi dan yang satu lagi tidak pakai.

    Yang satu 10 karakter dan satu lagi 11 karakter (termasuk 1 karakter spasi).

    Dasar tukang sagu tetaplah tukang sagu, baca kalimat di komentar aja kagak becus, apalagi baca tabel!

    😛😛😛😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otaknya sdh cacingen, jd ngomongnya mlintir sana sini....wkkkkkkk

      Hapus
  43. Minimal yaa 1 pulau besar 1 skuadron, jadi minim 5 skuadron..

    Tot nya buat baling"

    BalasHapus
  44. Menyambut Datangnya Tahun Baru Imlek 2019, Bolavita Sebagai Situs Permainan Keberuntungan Online Terpercaya Di indonesia Akan Mengadakan Event Bagi" Angpao Spesial Bagi Para Member Bolavita..

    Syarat Yang Berlaku, Mari Kunjungi www(.)bolavita(.)site >>

    Untuk Info Lebih Lanjut :)

    BBM : BOLAVITA
    WA : +628122222995

    Ayuk Meraih Keberuntungan anda dan Meraih Hadiah Bersama BOLAVITA :

    BalasHapus
  45. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  46. MUNGKIN ALLAH dipuji nama saya Humaira Kiyoraka, saya dari kota Jayapura, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang di grup ini mencari uang pinjaman dengan sangat hati-hati, karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan bank-bank menolak memberi saya pinjaman karena saya tidak memiliki jaminan sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya dibodohi oleh orang-orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang telah mengubah saudara perempuan saya, Ny. Mira Binti Muhhamed, yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal dan bernama Rossastanley, seorang pemberi pinjaman pribadi, ketika dia memberi tahu saya tentang hal itu, saya menggalinya bagaimana mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari internet, tetapi dia tertawa dan mengatakan kepada saya bahwa, itu adalah pemikirannya pada awalnya tetapi dia memutuskan untuk menghubungi Nyonya Rossa stanley dan bahwa ketika pinjaman itu disetujui dia tidak percaya sampai ibu Rossa menjelaskan kepadanya bahwa PBB adalah orang yang mendukung mereka secara finansial untuk membantu orang-orang miskin dari ASIA sehingga saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rossa stanley layanan pelanggan perusahaan pinjaman melalui email dan segera mereka menjawab bagaimana mereka dapat membantu sehingga saya memberi tahu mereka Ny. Mira Binti Muhammed memberi saya kontak perusahaannya dan saya mengisi formulir dan lihat pinjaman saya disetujui, bagian yang menakjubkan adalah suku bunga rendah hanya 2% jadi saya melanjutkan untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000,00 dan lihatlah setelah melewati proses verifikasi, pinjaman saya untuk Rp250.000.000 disetujui dan mereka meminta perincian bank saya, saya segera mengirim perincian Rekening Bank Negara Indonesia (BNI) dan Lihatlah pinjaman saya ditransfer ke ACCOUNT saya, saya tidak bisa TERIMA kasih cukup dengan MOTOS ROSSA dan adik saya Mira Binti Muhammed And juga Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk skema Kredit yang luar biasa ini sehingga saran saya untuk Anda semua adalah jangan menghubungi semua pemberi pinjaman palsu ini tetapi hubungi layanan pelanggan perusahaan ibu rossa pinjaman melalui email untuk kebutuhan pinjaman cepat dan Anda akan bersaksi seperti saya juga email layanan pelanggan perusahaan Ibu Rossa adalah Rossastanleyloancompany@gmail.com, tetapi jika Anda memerlukan bantuan dalam memproses pinjaman Anda, jangan ragu untuk menulis saya di humairakiyoraka@gmail.com atau saudari saya di Mirabintimuhammed@gmail.com dan Anda pasti akan seperti kami yang sekarang bersaksi kepada ibu rossas bantuan keuangan yang besar,

    Semoga ALLAH memberkati kalian semua,

    BalasHapus
  47. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  48. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  49. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  50. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  51. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.
    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.
    ALLAH memberkati kalian semua! Terima kasih.

    BalasHapus
  52. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya, nama saya kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu hidup telah sengsara, ini sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih. Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya ada di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya uang masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang kasih karunia perusahaan pinjaman, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan nasihat kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Grace melalui email : gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny melalui email: rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  53. selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (312) 8721- 592

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  54. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN GRAND ALEXANDER
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ibu Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah 100 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    BalasHapus
  55. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN GRAND ALEXANDER
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ibu Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah 100 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    BalasHapus
  56. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: rahmahenny45@gmail.com
    Nyonya Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  57. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: rahmahenny45@gmail.com
    Nyonya Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  58. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  59. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!


    Halo semua, nama saya Ibu Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk membiarkan Anda tahu bahwa saya adalah korban dari penipu internet selama 6 kali, jadi saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat handal disebut MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp850,000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, AminJika Anda memerlukan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email: aryatheresia750@gmail.com

    Anda dapat menghubungi perusahaan langsung pada pinjaman mereka
    Email: christymorrisloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  60. PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!

    BalasHapus
  61. hari baik untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang merupakan pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya bertanya kepada siapa saja yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +13128721592

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga. Anda dapat menghubungi saya juga jika Anda ingin afatimahfahariah493@gmail.com...

    BalasHapus
  62. PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!

    BalasHapus
  63. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +13128721592.

    BalasHapus
  64. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR
    , memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000. Saya Hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu yang lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang memerlukan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +13128721592
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  65. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (585) 708-3478 atau email karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus
  66. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman syariah.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +1 (585) 708-3478

    BalasHapus
  67. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  68. Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Ny. Mainunah Elsa saya adalah warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tetapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan para peminjam pinjaman palsu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com

    NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
    ACCOUNT NUMBER = 0826401612
    NAMA ACCOUNT = PINJAMAN YANG DISEDIAKAN MAINUNAH ELSAAP = RP150.000.000
    BANK KODE = 004
    BANK NEGARA INDONESIA

    BalasHapus
  69. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  70. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  71. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (585) 7083-478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus
  72. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (585) 7083-478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus
  73. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (585) 7083-478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus