04 Januari 2019

Indonesia Resumes Payment for Fighter Development Project

04 Januari 2019


KF-X fighter (photo : ARC Inc)

SEOUL (Yonhap) -- Indonesia resumed its payment for South Korea's fighter development project last month after a yearlong delay, Korea Aerospace Industries Co. (KAI), the country's sole aircraft manufacturer, said Wednesday.

Late last month, Indonesia's defense ministry paid 132 billion won under a 2016 contract to shoulder 20 percent of the development cost for the KF-X project worth 7.9 trillion won (US$7.05 billion) as part of the country's efforts to procure combat aircraft for its own Air Force.

The Southeast Asian country had not made any payments since early 2017, triggering concerns that it could withdraw from the project.

"Through the latest payment, we can dispel worries about Indonesia's potential exit from the project, and we expect the country to actively participate," KAI said in a press release.

South Korea seeks to locally build the new fighter jet to replace its aging fleet of F-4 and F-5 fighters.

(Yonhap)

81 komentar:

  1. Semoga bisa terwujud tanpa kendala

    BalasHapus
  2. Aamiin.

    Yg penting punya duit buat mbayar gak kayak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan lalu => abis bayar Free Port lalu bayar KFX, lalu diakui sebagai Menkeu terbaik..

      Sugeeh...😁

      Hapus
    2. Lah mbayar FreePort itu bisa dapet berapa F35 itu ? Kalau pemerintahan skrg gak mikirin Freeport bakalan mudah lah beli pespur gen 5. Gak tahu kalao Gen 6.. nunggu 2 thn dulu baru jadi infonya 😁

      Hapus
    3. Gak kaya negara GRADE A Malassial, punya hutang gede tak sanggup bayar

      Hapus
  3. Lanjut bayar = ada hasil re-negosiasi buat kita..😎

    Apakabar yang punya proyek Gen-6?
    😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal setahun lagi bang...tenang...bakalan muncul tuh ptm 6 😂😂😂

      Hapus
  4. Bentar lagi ada yg bilang Poor nih.. gara2 bisa mbayar tetep dibilang Poor pokoke gimana caranya komen Indonesia tetep paling miskin dan gak bisa maju 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah
      hanya menang di komentar oom, mental sok sugih
      padahal sejatine hura nduwe, lan hura nduwe isin

      Hapus
  5. Baru bayar.....???? HAHAHAHAHAHAHA lawak beb..... kata KAYA.... SADIS CARA DORANG NI....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang ke PGN udah dibayar/belum? 😁

      Hapus
    2. Hutang 83% GDP dah lunas belum lon.. beli sparepart pesawat mampu tak lon?

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Pinjaman duit Yen dah masuk rekening / belum bro?😁

      Hapus
    4. Jangan pasang nama gempurwira?? apaa yg kau gempur.. apa yg kau perjuangkan? wira?? bila pernah menang pke laskar sendiri..

      kalian bkan warior.. tak lebih cuma anjing penjaga british!!

      Hapus
    5. "Yihaaaaaa...."gempur wira" tuh yel-yel dari lawan-lawan wiro sableng yg suka maen keroyokan 👇👇👇"

      https://www.kaskus.co.id/thread/5b649a16d44f9fcb198b4567/siapa-musuh-paling-sakti-wiro-sableng/

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Yg penting bisa bayar,,,nah negara ente ambil yg hibah aje kagak sanggup apalagi beli baru atau riset bisa gulung tikar negara ente 😛😜😝

      Hapus
    8. yang gelak tuh punya hutang gak bisa bayar cem negri Grade A konon. lembab se ASEAN... siapakeh itu... Clue Beruk maling Kayu ngaku di culik..😁😁😁

      Hapus
    9. Yg penting bayar broo.. drpd kgk bayar" mcm negara ente.

      Hapus
  6. Berapa noreg gempurwira nak sumbang buat malondog. Horang Kaya...

    BalasHapus
  7. ...Su-57 atau Su-35 Flanker E merupakan lawan yang sepadan bagi F-22 RAPTOR

    ...sedangkan IFX merupakan lawan yang sepadan bagi F-35 Kalkun Panggang...


















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek coro jowone...mbel thut aka nggedebus mergo mabok jamur tlethong 😷😷😷

      Hapus
    2. ...cuma teori, tapi bisa " DITERAWANG TERUS DIRABA "...dengan kekurangan dan kelebihan dari masing2 Jet Tempur yang tertulis diatas...bila berhadapan sebagai lawan

      ...kata/kalimat bertanda kutip, itu sangat digemarin mas Bro Smile lho














      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. Su-35 lawan sepadan F-22??? Sure dude...

      Non-stealth, radar cuma PESA, bisa kedeteksi ratusan km lebih dulu sebelum bisa deteksi F-22, kelincahan kurang lebih sama, lawan sepadan. Sure...

      Su-35 itu fighter jet bagus tapi realistis sedikit lah. Jangan cuma karena kita beli Su-35 terus omong gila macem gini.

      Su-57 punya kans lebih besar dari Su-35 tapi itupun masih relatif inferior buat stealth kecuali dari sisi depan. Plus cuma ada 12 biji antara karena Rusia sadar itu barang ga sebagus F-22/F-35 tapi mahal atau Rusia ga ada duit buat beli ratusan biji.

      IF-X itu cuma gen 4.5+ dan fighter block 1 yang kita dapet itu ga 100% stealth karena masih tanpa internal weapons bay dan coating RAM, ga kaya punya Korsel (block 2-3). Yang sepadan F-35 itu block 3 dan kayanya kita ga dapet block 3 dan cuma dapet block 1. At least dari berita yang ada sampe sekarang.

      Gimana ceritanya IF-X sepadan sama F-35 yang cuma kalah stealth sama F-22, kalah lincah cuma sama F-22/Su-57/Su-35, tapi punya sensor dan elektronik lebih canggih dari tiga-tiganya?

      IF-X itu patut dibanggain karena simbol langkah pertama Indonesia bikin fighter jet canggih SENDIRI (sebagai partner Korea) dan teknologi/pengetahuan yang bisa kita dapet dari proyek itu bisa kita pake buat bikin fighter jet lebih canggih di proyek berikutnya. Bukan karena IF-X lawan sepadan F-35.

      Patriotis boleh lah. Tapi ngomong yang masuk akal sedikit. Ga usah terlalu bombastis tapi ujung2nya omong kosong.

      Hapus
    4. Aku setuju bila ifx tidak mungkin dibandingka f35 karena ya jelas gk akan mungkin kemampuan ifx bisa nyamaiin f35 terutama sistem aivioniknya tp paling tidak kita bisa bangga dengan proyek ifx ini karena bisa bangun pespur sendiri dan dapatkan ilmunya 😊
      tapi aku akan tetep bantah habis2an kalau pespur satelth positif menang melawan pespur gen 4,5 terutama su-35 atau pun su-30sm yg terus dikembangkan rusia, kenapa dengan radar PESA???? apakah radar PESA tidak bisa berkembang lebih tangguh dr AESA???? apakah pespur satelth bisa menghindar dr sistem radar rudal pencari panas???? lindungilah moncong mesin jet f22 dengan tangan anda biar kagak bisa di lock on ame sistem radar rudal pencari panas, gk ada yg di lebih2kan tp apa yg dipikirkan rusia sudah tepat bahwa pespur siluman hanya untuk strategi tertentu bukan untuk pespur pertempuran superioritas udara yg sesungguhnya sebab biaya produksi yg besar ditambah belum ada jaminan bahwa pespur satelth pasti memenangkan pertempuran melawan pespur gen 4,5 yg punya sistem avionik terkini termaksud radar yg bisa mengunci, mengendus pespur satelth dan punya sistem jamming yg kuat,,semuanya tergantung pilot dan posisi pesawat tempur 😊

      Hapus
    5. Raden, keunggulan pesawat stealth itu persis di 2 hal yang terakhir anda tulis. Pilot dan posisi.

      Pilot pasti top of the top dari semua pilot yang dipunyain AU negara itu. Buat kasus AS, kualitasnya kemungkinan besar superior karena pilot AS jauh lebih sering latihan dibanding pilot negara lain.

      Posisi juga di 9/10 duel pesawat stealth bakal lebih unggul. Kenapa? Karena mereka bisa deteksi lawan jauh lebih awal sebelum mereka terdeteksi lawan, terutama kalau lawannya non-stealth. Ditambah pilotnya yang pasti kualitas top punya, pasti mereka bakal inisitatif buat ambil posisi paling menguntungkan sebelum mulai duel. 9/10 duel, pesawat stealth pasti mulai di posisi yang superior.

      Kelemahan PESA itu jelas. Ga bisa frequency hopping. Efeknya jadi lebih mudah kena jamming, dan di deteksi dengan passive detection. AESA bisa frequency hopping. Lebih sulit dijamming dan dideteksi dengan passive detection karena ganti2 frekuensi terus. Lagipula misalnya Irbis-E bisa deteksi F-22 dari 50-90 km, F-22 bisa deteksi Su-35 dari 100+ km karena non stealth. Keunggulan tetap masih di F-22.

      Lagipula, kalau PESA emang bisa bersaing dengan AESA, kenapa Rusia pake AESA dan bukan PESA di Su-57? Kenapa China ngehina Su-35 karena cuma pake PESA? Jawabannya simple: karena AESA lebih bagus dari PESA.

      Buat infrared itu udah dipikirin buat F-22. Itu alasannya kenapa moncong mesin F-22 bentuknya runcing-runcing dan relatif gepeng/datar. Bukan cuma buat mengurangi deteksi radar tapi juga buat meminimalisir infrared. Ekor horizontalnya pun juga dedesign buat mengurangi/menutupi infrared signature semaksimal mungkin. Selain itu di seluruh pesawat juga dikasih active cooling supaya ga terlalu panas waktu terbang suoersonic. Catnya juga bukan cuma anti-radar tapi juga buat minimalisir infrared.

      Plus IRST itu baru bisa deteksi dari sekitar 50km kalau dari depan dan 90 km kalau dari belakang buat target pesawat biasa. Itupun harus tau dulu general direction posisi lawan di mana. Karena lawan harus ditaro di depan sensor irst. Efeknya kembali lagi ke keunggulan posisi pesawat stealth.

      Rusia ga bikin stealth banyak-banyak bukan karena apa2 tapi karena ekonominya lagi kacau setelah kena sanksi dari AS dan EU dan harga gas/minyak juga relatif turun. Sebelum kena masalah itu mereka juga mau bikin ratusan Su-57 yang stealth. China juga lagi sibuk bikin stealth fighters. Kalau stealth itu "overrated", 2 negara itu ga bakalan kaya begitu.

      Hapus
  8. Seandainya pemerintah nggk mikiran kemandirian alutsista proyek ToT,..
    Mungkin sekarang udah berjejer alutsista gress baik ad,au,al.

    Apapun itu ini harus terus dilanjutkan,..efek deteren alutsista buatan sendiri jauh lebih positif daripada sekedar beli2 dari luar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, that's why we called it MEF, the strong point for Minimum word.

      when time come for Essential Force, or whatever they called it next.
      the alutsista would be better, modern, stronger than what we have now.
      especially when we could make our own indigenous alutsista, we're Unstoppable

      Hapus
  9. Jgn lupa masuk artikel baru ya min...

    https://jakartagreater.com/armor-kardus-serta-cacat-struktur-leopard-2a4/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lah anda2 yg merasa bahwa dengan ada artikel yg blm dipahami sepenuhnya terus menyatakan bahwa tank T72 besrta turunannya lebih hebat dari pada Leopard 2.
      Hal itu hanya akan membuat kadar Intlektual anda nampak sekali terdegradasi. be smart,. fakta dan dunia itu mengakui leopard 2 coy

      Hapus
    2. Siap bilang hebat om?

      Leo 2 memng hebat. Tp tngk armour yg mana dipakai. X kesemua leo 2 pakai armour grade C dan D

      Hapus
    3. Adakah link opsi armour grade A,B,C dan D dari Rheinmetall?

      Hapus
    4. Baca la dari link tersebut. Sudah dinyatakan disana

      Hapus
    5. Jadi pemahaman ente cuman segitu?
      Ya sudah..😁😂

      Hapus
    6. Adui dia ni... bole tahan jgk ni. So ape hujah ko nk menidakkan ni? Komen tersebut dtng dari biro pertahanan poland sndiri. Dari negara pembuat tank sndiri. Jadi katakan kat mana yang tak betul tu?

      Hapus
    7. Itu karena PT-91 di anak tirikan oleh poland sendiri.. beberapa pengujian PT-91 VS leopard 2A4 sudah di lakukan kok

      About Pt 91vs Leopard 2 A4

      Fact that some tank is using foreign components doesn't make this tank on the same level as pure western ones.

      I give you one, very simple and unfortunatly sad for polish tank industry example. Poland is manufacturer slighty moderniseted T-72M1 called PT-91.

      On the middle 1990s polish Bumar-Łabędy factory decide to create "strong" version PT-91 able to deal on word market whit russian erly T-90. So PT-91MZ was created. In those tank most components (FCS, transmission, gun, stabilisation, turret eletric drives, etc) are from west:

      Quote:Those tank was better during trade for Malysia army then erly T-90S (Ob.188) whit cast turret. Mobility, fire power, ergonomics PT-91MZ was mucht better then russian tank. Only whole tank protection was whorse (exept anti-HEAT ones due to ERAWA-2 armour).

      So polish industry think that polish army shoud buy next PT-91Ex (polish version of the MZ) and not take next ex-germans Leopard-2A4.

      So polish Bumar-Labędy and part of polish army gennerals and politicans unleash a witch hunt against Leopard-2A4 in polish army. During the series of tests and trials they tried to poof that PT-91Ex/Mz (based on western components) from 2001 is better then Leoopard-2A4 from 1985. It shoud be -isn't it? But it was not. The only one advantage PT-91MZ over Leopard-2A4 was fact that tank comander in PT-91 have night thermal camera in panoramic sight, and during night leopard-2A4 commander must use PERI in preview mode when main sight EMES-15 is visible.

      Anyway - in all aspects Leopard-2A4 was better - mobility, protection, ergonomics, FCS (yes),probability to hit target by first round during move (target and tank), during tank still and target move, time to hit the target since it was detected by crew, etc.

      In almoust all aspects 18 yers old Leopard-2A4 where better then "new" PT-91MZ whit mostly foreign components.

      Leopard 2A4 & PT-91 Polandia:

      Source: http://defenceforumindia.com/forum/i...k-mbt-263.html

      Kih kih kih

      Hapus
    8. Ooaaahhhmm..ya..ya..yaa..

      Kita liat aja daah, mereka mo batalin & pilih PT-91 atau enggak...

      ruwet amat dia orang.
      😁😁😁😁

      Hapus
    9. In almoust all aspects 18 yers old Leopard-2A4 where better then "new" PT-91MZ whit mostly foreign components. So belive me - using western components in Al-Kchalid and Arjun proof nothing. That some part FCS is using western ones components dosen't mean that accuracy in motion, or time to hit target, or probability to hit target by first round during move will by like in Leclerc or Leopard-2A5, or M1A2. Or Merkava Mk.IV.

      Last edited: Jan 20, 2013

      Hasil ujian 2013 vs 2018... hahahah

      Klu kamu baca kamu pasti tahu komen poland. Walaupun version 2A4 yg sama. Tp armour yg berbeza. Jadi dari ujian sekiranya pmengunakan armour yg berbeza pastinya memng A4 yg unggul. Masalah yg diterima oleh poland adalah dari stok bekas armour yg berbeza

      Sila jadi seperti pedang setan. Tiada hujah tp berlagak sok tau... ya tak setan... hahahaha

      Hapus
    10. Terus kenapa leboh banyak negara pilih leopard daripada twardy...getu aja repot 😂😂😂

      Hapus
    11. Itumah artikel sales kecap no 1 sedunia wkwkwkwk....silahkan merenung patungan spare part malon n poland wkwkwwk

      Hapus
    12. Coba tengok apa yang di harapkan poland di tahun 2017. Tapi karena jerman sudah nggak punya stock lagi apa boleh buat.

      Indeed, we are looking at this type of opportunities. We have been asking the Germans about that but they no longer are in possession of used vehicles of this type. The Spanish Leopards are quite old, so doubts exist whether we should reach out for them. This is an ongoing process, and should the acquisition phase be entered, the eye of the beholder will have a close look at the details.

      Undersecretary of State at the Polish Ministry of Defence

      https://www.defence24.com/poland-is-looking-for-leopard-2-tanks

      Beda dengan pernyataan jealous para forumer dengan data tak valid dan sumber antah barantah..

      Kih kih kih

      Hapus
    13. "Pakar Militer Polandia" = jurnalis di website berita militer Polandia. Kirain pakar asli dari MinDef Polandia. But then again, pakar asli ga mungkin koar-koar hal macem gitu secara publik di INTERNET.

      Belum tentu itu orang dapet akses data murni hasil tes PT-91 MZ vs Leo-2A4 yang udah dibikin MinDef Polandia dulu. Itu juga yang dites dan dipermasalhin Leo-2A4 tua. Leo-2A4 yang udah diupgrade ga bisa disamain sama base Leo-2A4.

      Yang ada chance lebih besar malah itu "pakar militer" part dari kelompoknya Bumar-Labędy yang gondok karena PT-91 dianak-tirikan Polandia sendiri buat Leo-2 dan berusaha jelek-jelekin Leo-2.

      Artikel kaya gitu di percaya mentah-mentah. Naive amat jadi orang.

      Hapus
    14. here is the point,
      the operators said all they wants is Leopard-2PL not T-72M1 upgrade nor PT-91/ tank Pendekar isnt it beautiful..lol

      Hapus
    15. Yang pakek twardy hanya poland dan malon...leopard boleh dilihat siapa yang makek...getu aja repot lon malon 😂😋😋

      Hapus
  10. Ta bayar muka lu malon... Wakakakkak

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah,Meskipun terkena berbagai macam bencana dan tragedi,tetapi masih bisa bayar Freeport n sekarang bayar proyek ifx....tiada kata selain luar biasa😎😎😎😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. jumat barokah broo😊

      Hapus
    2. Nyoihhh om@dboys,pokoke tambah setronggg!!!!!!

      Hapus
  12. Mungkin Indonesia punya banyak hal penting yang harus didahulukan bro @Gempur jadi harap maklum kalau telat bayar, tapi akhirnya terbayar kan ?? :-D

    Indonesia thn 2018 disegerakan untuk project mengambil alih Freeport, ini jauh lebih penting daripada IFX project... kalau gak salah angkanya 57 Trilyun atau $ 3.5 Billion

    Porsi pembayaran Indonesia di program KFX adalah $ 7 Billion atau lebih kurang 2X pembayaran Freeport.

    Artinya misalkan Indonesia tidak fokus ke Freeport mungkin di tahun 2018 kita bisa melakukan pembayaran 50 percent dari total kewajiban total $ 7 Billion (20 percent Indonesia, 80 percent Korsel) yg harus dipenuhi sampai berakhirnya program KFX IFX di tahun 2025 atau 2030 ?

    2018 dari dua hal tsb saja sudah keliatan berapa jumlah uang yg di spent Indonesia ($ 3.5 Billion + 7 Billion = $ 10 Billion) itu baru dua event saja belum ratusan event yang lain terkait infrastruktur dan pembelian alat2.

    Defense Budget Malaysia di tahun 2019 adalah $ 3.3 Billion (source :https://www.janes.com/article/84264/malaysia-cuts-defence-budget-by-10)

    Dari jumlah tsb saja angka akuisisi Freeport yg hanya satu event sudah lebih besar dari Budget defense Malaysia. Biasanya dari Total Budget defense sekitar 15 atau 20 persenan.

    Jadi sebetulnya mudah bagi Indonesia untuk sekedar membayar IFX, hanya saja nilai tawar nya (Indonesia tipikal negosiasi power dan tidak mudah nurut kalau sampai gak dapet TOT beneran) dan alokasi yang jauh2 lebih penting bagi rakyat banyak lebih dulu diutamakan.

    Gitu mas bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang utang berapa sih?

      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/

      Hapus
    2. $7 billions, since when?

      as long as i know, our obligation to KFX/IFX project is 20% from total project approx $8 Billions.

      it means only need $ 1.8 billions.
      but that's not including the aircraft and others manufacture facilities we've built

      Hapus
  13. Malon makin miskin mau beli jet pejuang tak da uang mau mimpi buat pun tak da ke pintaran makin tertinggal dgn jiran2 nya malon terlemah dan cupu se ASEAN hihihihi...

    BalasHapus
  14. Indonesia sanggup bayar

    Emangnya negara grade A punya hutang gede tak sanggup bayar

    Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Hahahahha..baru bayar ssb takde wang dan dpt downgarde version tanpa stealth dan internal weapons bay.
    Di tahun 2028 jet ni dh ketinggalan zaman.wakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stealth itu 5 generation Fighter malaydogsial idiot..

      Tu lah tololnya malaydogsial dari awal KFX/IFX di daulat sebagai Fighter 4,5 generation atau semi stealth.. dimana korea juga pasti pakai speck yang semi stealth

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Lalu bagaimana dengan procument MRCA malaydogsial yang sampai sekarang kosong melompong dan pesawat yang adapun kekuranngan sparepart dan banyak yang usang.. jelas malaydogsial harus tunggu tahun 2055 untuk pengadaan pesawat baru

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Kurang wawasan anak itu, padahal ya memang baik Korea maupun Indonesia awalnya ya dapat versi 4.5 gen, baru nanti dikembangkan lagi menjadi gen 5 di tahap selanjutnya. Lagian dia buta apa gak liat versi KFX maupun IFX sama sama belum pakai Internal weapin bay sama masih cantelan external, bukan masalah downgrade atau tidak, karena tidak ada semacam itu. Malon tolol, tak de wawasan

      Hapus
  16. Waduh pak.baru bayar kah?elok hentikan aja projek ni jika tiada wang.yg dpt pun hanya nnt KFX downgrade.😅😢😣😨😰

    Rakyatmu ramai yg kebulur dan mati kelaparan,tantara mu ramai yg jd lanun,maling dan penculik akibat tidak dibayar gaji,aset TNI mu bnyk yg tua dan ompong akibat tak diupgrade,TNI mu sudah hilang jatah satelit akibat tiada duit utk dibayar,ekonomi mu sudah hampir hancur,bala dan bencana sedang menimpa negara mu.
    😢😢😢😢
    Ataupun wang itu elok digunakan utk:mengisi perut rakyatmu yg lapar,menguatkan lg operasi TNI supaya tidak kalah memalukan dgn OPM,banteras separatis,teroris dan dadah di Indon.
    😂😂😂😂
    Atau:

    Upgrade leo mu yg ompong tanpa alat kendali tembak,ganti tank tua dan cacat produksi (AMX10) serta yg sudah makin berkurangan dan tk boleh guna seperti (AMX,PT70,BMP2,BTR,Saladin dll), upgrade KRI ompong seperti (PKR,Bung Tomo,Fatahillah,KCR40/60),ganti kapal yg bakal pensiun bnyk tp tiada order lg seperti (Van Speijk dan Parchim),beli rudal utk (Sukhoi basic variant dan F16 hibah yg selalu rosak tu),dan paling penting kgn lupa bayar duit sewa satelit.😂😂😂😂😂
    hehehehehehe
    😦😦😦😦

    Tak malu kah TNI dikatakan mendunia tp ketinggalan jauh di ASEAN terutama TNI AL 😏😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi nyatanya Atm malaysial ayam paling lemah di asean
      https://www.google.com/amp/s/www.nst.com.my/node/399753/amp?espv=1

      Malaysial negara miskin bangkraps hutang 83% gdp
      http://www.astroawani.com/berita-bisnes/guan-eng-dedah-perincian-hutang-rm1-trilion-176387

      Baru latihan askar beruk malaysial dah pingsan
      https://m.youtube.com/watch?v=oz3lIf_G3Ck

      Hanya dengan 2 kopaska malaysial pondan tercirit
      https://monitorriau.com/news/detail/690/mantap-dibentak-kopaska-tentara-laut-malaysia-kabur-dari-ambalat

      Lol 9,000 tons of Navy ships burned by stupid malaysial
      https://m.youtube.com/watch?v=w6CAASvtVd8&t=21s

      Mat Sabu: Only 4 Out of 28 Fighter Jets At RMAF Can Fly Due to Poor Maintenance
      https://www.worldofbuzz.com/mat-sabu-only-4-out-of-28-fighter-jets-at-rmaf-can-fly-due-to-poor-maintenance/

      9 atm rogol gadis di bawah umur
      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/02/25/kertas-siasatan-9-tentera-rogol-gadis-bawah-umur-serah-ke-peguam-negara/

      Anggota polis, tentera Malaysial ditahan reman curi lembu dan kambing
      http://www.astroawani.com/berita-malaysia/anggota-polis-tentera-ditahan-reman-curi-lembu-dan-kambing-161759?amp=1

      Askar malaysial curi enjine pesawat
      http://ww1.utusan.com.my/utusan/info.asp?y=2010&dt=0106&pub=Utusan_Malaysia&sec=Mahkamah&pg=ma_01.htm

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Police malaysial curi enjin boat
      https://www.mstar.com.my/lokal/semasa/2011/10/12/polis-ppinang-siasat-kemungkinan-anggota-sendiri-curi-enjin-bot-peronda


      Malaysial menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman.
      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      Lol Polis malaysial Kena cekup minta 'duit kopi
      https://www.hmetro.com.my/node/216678


      Malaysial Dengan nelayan vietnam kabur
      https://malaysiadateline.com/kelemahan-penguatkuasa-maritim-di-lautan-negara/

      Dengan nelayan china pun tercirit
      https://www.beritaharian.sg/dunia/ketua-maritim-malaysia-tegaskan-bot-nelayan-china-sah-ceroboh-perairan

      Kapal malaysial tanpa senjata dan sensor
      http://www.malaysiandefence.com/broken-record/

      Malaysial dah tertinggal jauh dari indonesia pantaslah para beruk malaysial selalu stress dan marah-marah tengok kemajuan indonesia

      Lol Stupid malaysial pilots eject in hanggar 

      http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

      Malaysial very very idiots 

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Apa gak kebalik ya gaji polis n tentara belum di bayar,kapal navy kena debt ama bank,Nuri g jelas kpn datang,maharajarogol g pernah nyentuh air...apa mungkin phobia ya....,apalagi tentaranya hadehhhh g usah di tanya dah..... pokoke malingsia paling parah guobloke🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Nyet makan pisang banyak2 ya biar tololnya nambah,,ni ambil 🐒🐒🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Gak bisa bales malon...wakakak

      Hapus
    6. Bocah mental penghianat ini tidak usah diladeni, ini anak kotor. Babi saja mungkin tidak akan mau mengadopsi anak ini.

      Hapus
  17. malon malon iQ low pada sebok bual.

    bisnis tu nego baru bayar.

    tak seperti malon.. bayar lalu songLap.. songlap lalu hutang untuk bayar

    payah ko lon malon 😀

    BalasHapus
  18. Anggaran belanja pertahanan Malon jg sudah di bawah Philipina, ini kenyataan. 2019 tak cukup bagus sampai harga export minyak sawit di Eropa membaik. Begitulah negara grade A, 999 tahun kontrak jadi babu mata saleh British, berangan sampai 2055 baru ada pencerahan😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..
      pasti ada yg bilang KL pintar mengelola prioritas.
      itu juga bener, prioritas KL adalah subsidi dan mengenyangkan perut pribuminya agar tidak memberontak dan memisahkan diri.

      padahal yang paling rajin justru para pendatang.

      Hapus
  19. IFX lanjut yaaaa......gak usah ribut lagi sama F-16.

    Su-35 heavy fighter
    IFX medium/strike fighter
    F-16 setara====> ngabisin umur

    Next step (suatu hari nanti yaaa)
    F-35 2sq
    Pakfa 2sq

    BalasHapus
  20. Buat latihan sambil ngeronda golden eagle aja yaa.....murah meriah hemat gak pake mencret

    BalasHapus
  21. this payment means, IF-X project is unstoppable..hurraaa

    BalasHapus
  22. duit sudah masuk tidak dapat ditukar atau dikembalikan, tinggal sak karepe sing dodol ae cuk

    BalasHapus
  23. BRI KRISNAWAN 118301010050505

    Ini nomor rekening kami ya bos.. Ditunggu konfirmasinya Bos
    Terima kasih

    BalasHapus