31 Januari 2019

Kepala Bappenas Sampaikan Tantangan Pembuatan Jet Tempur

31 Januari 2019

Pesawat tempur KFX/IFX (image : BUMN)

Tinjau Hanggar Fixed Wing, Menteri Bambang Sampaikan Tantangan Pembuatan Jet Tempur

Warta Ekonomi.co.id, Bandung - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke PT Dirgantara Indonesia (Persero) di Bandung, Senin (28/1/2019). Ia meninjau hanggar Fixed Wing dan KFX/IFX.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri Bambang disambut Presiden Direktur PT Dirgantara Indonesia (Persero), Elfien Goentoro, Direktur Bidang Perdagangan Irzal Rinaldi Zailani, Direktur Bidang Teknologi dan Pembangunan Gita Amperiawan, Direktur Bidang Produksi Arie Wibowo, Direktur Bidang Pembiayaan Ahyanizzaman, dan Direktur Umum dan SDM Sukatwikanto.

Usai meninjau hanggar Fixed Wing dan KFX/IFX, Menteri Bambang menjelaskan beberapa tantangan pembuatan jet tempur KFX/IFX khususnya dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) secara umumnya.

“Tantangan ke depan dalam produksi KFX/IFX adalah menurunkan cost sharing Indonesia hingga 10%, kepemilikan HAKI yang lebih besar, serta transfer of technology yang lebih menguntungkan Indonesia," ujar Menteri Bambang di Bandung, Selasa (29/1/2019).

Selain itu, Menteri Bambang juga menjelaskan apa tantangan yang akan dialami PT Dirgantara Indonesia (Persero).

"Sementara, tantangan untuk PT Dirgantara Indonesia (Persero) sendiri adalah mission system yang dapat beroperasi, kanibalisasi sparepart, durasi waktu servis yang lebih panjang, serta lifecycle sparepart yang lebih panjang,” jelas Menteri Bambang.

Beliau juga memberikan dukungan terhadap pengembangan pesawat N219 untuk menjembatani konektivitas antar pulau terluar dan terpencil di Indonesia.

Turut hadir sebagai bagian rombong Kementerian PPN/Bappenas, yaitu: Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Gellwynn Jusuf, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Slamet Soedarsono, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Subandi, Staf Khusus Menteri PPN/Bappenas Eko Putro Adijayanto, Direktur Pertahanan dan Keamanan R.M Dewo Broto, dan Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Parulian Silalahi.

(WartaEkonomi)

284 komentar:

  1. " Perhatikan kekuatan udara TNI AU " pesan bung karno..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Moga2 cepat terealisasikan.....😉🙋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  3. ehm....wikipedia TNI AU klo Ifx sudah masuk inventoris Tni Au dan berjumlah 50 unit mohon diedit hwihihihi

    BalasHapus
  4. "Dukungan "dri pmrintah faktor dominan,hrs kontiyu,all out..klau mau project ini tetep brjln pada tracknya

    BalasHapus
  5. IFX ini digadang2 jenis Air superiority.. seharusnya tenggekannya diisi rudal meteor dan IRIS-T sahaja..😅😅 tidak perlu bom dipandu atau targeting pod..

    Jika IFX memiliki 12 tenggekan komposisinya.. 6 rudal Meteor, 4 IRIS-T, dan 2 tangki eksternal. 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bom sari bahari feat dahana "CHUKUP" kuo haha!🛢🛢🛢

      Hapus
    2. disaiin proyek IFX cakeb banget yak om bagaz, ini yg namanya futuristik haha!👍👍👍

      Hapus
    3. Kalao dilihat dari bawah emang cakep mas, tapi kalo lihat dari atas desainnya kayak udah pasaran.

      Semoga Fetedei dapat menguograde IFX jadi sekelas F15 ato Su 27 fammilies, buat pengobat hati fans boy 😂😂😂

      Hapus
    4. oiya donk nanti bakal jd pasaran ato tren seter pd taon 2040 keatas haha!😜😜😜

      jadi bakalan malyu dech pake pespur disain 80-an yg kudu masuk kandang samua alias tutup buku pabriknye, apalagi yg pake kanard2 segala, begh masukin musium ajah haha!😅😅😅

      Hapus
  6. Indon mimpi basah disiang hari..wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon mahu beli kfx 1000biji..akhirnya, hnya 16biji..itu pun jika ada uwang.. Wkwkwkwwk.. Hutang ama korsel blm dbayar...kerupuknya tidak laku ke russia.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. tak usah dengki yee..
      mungkin "dengki" adalah nama tengahmu ya?
      hahahah..

      selamat menonton tetangga shopping

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Malaydogsial melancap tiap hari 😁

      Hapus
    6. Bkn masalah jumlahnya lon,yg penting indonesia boleh berjaya bina jet pejuang buatan tempatan,bkn cem malon cuma ada kepakaran melancap dan kongkek wkwkwk

      Hapus
    7. Bukan malon itu,.sia separatis OPM yg kelaparan....hehehe
      Bahasanya aja Indonesia bukan logat melayu

      Hapus
    8. Indonesia mah bisa apa dibandingkan malondogshit yg terjaguh dunia akhirat, Gen PT6 dibangun Dalam 2 tahun langsung produk
      Malon senang digondolin umngok

      Kikikikikiki

      Kikikikikiki

      Kikikikikiki

      Hapus
    9. Liat bhsanya kyknya pelarian gam yg nyari aman di malon gan

      Hapus
    10. Malasial cuma bisa sodomi disiang hari

      Hapus
    11. Malasial mau beli pesawat pejuang rafale atau typhoon tapi yg mau dibeli malah tejas, beli lcs hutang sama china dan cari hutangan ke jepang buat bayar hutang ke china

      Hapus
  7. "Sementara, tantangan untuk PT Dirgantara Indonesia (Persero) sendiri adalah mission system yang dapat beroperasi, kanibalisasi sparepart, durasi waktu servis yang lebih panjang, serta lifecycle sparepart yang lebih panjang"

    Itu ☝️ maksutnya gimana seh 🙆🙆🙆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya itu, bukan mengganti yg baru tp mencopot de yg lain, duraai waktu servis yg lama itu problemnya. Tp itu wajar utk sebuah industri yg sedang berkembang.

      Justru yg msh jd tanda tanya, kok mau menurunkan cost sharing tp minta HAKI yg lEbih besar dan agak herannya lg meminta transfer of technology yang lebih menguntungkan Indonesia. Kalo menurut hitung2 bisnis, dng cost sharing yg kecil maka akan dpt bagian yg kecil pula.
      Hanya saja Indonesia berani menurunkan nilai cost sharing dan meminta lebih di HAKI dan TOT kemungkinan berkaitan dng kerjasama perdagangan senjata kedua negara. Kontribusi Indonedia yg besar dlm pembelian produk alutsista korsel selama inilah nilai tawarnya.
      Atau nilai pemotongan itu digunakan utk kontribusi kerjasama pengadaan kasel selanjutnya yg dr korsel.?

      Hapus
    2. https://jakartagreater.com/transfer-teknologi-kapal-selam-changbogo/

      Hapus
    3. https://jakartagreater.com/licensed-country-makelar-teknologi-%e2%89%a0-transfer-teknologi/

      Hapus
    4. https://www.gd.com/our-business/information-systems-technology/mission-systems

      Hapus
    5. https://www.sncorp.com/who-we-are/business-areas/ims/

      Hapus
    6. https://www.baesystems.com/en/product/mission-systems

      Hapus
  8. Bismillah...
    selama konsisten dengan tekad yg kuat,
    insyAllah tercapai

    ini bukan mimpi yg dikata Mil-fanboy negeri dengki itu

    BalasHapus
  9. Ga usah dikomentarin para tetangga iri, toh ga ada ngefek ga ada ilmunya. Mending bahas apa yang ada ditopik aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan om...mereka itu ibarat seperti bisul yang menjadi tumor kalau didiamkan akan menjadi kanker yg akan merusak tatanan forum kita

      Hapus
  10. Cost sharing 10% minta kepemilikan HAKI yg lebih besar,..lu ngelawak tong ??

    Korea bener2 di tekan habis2an, di uji kesabarannya....Intinya pemerintah ingin undur diri dari ni proyek, kalau keluar diri sepihak bisa kehilangan muka & dicerca habis sama DPR. Makanya nunggu biar korea yg nendang kita keluar...jadi ada alasan atau alibi utk diceritakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ngurus tanah abang aja gak becus, kok ngimpi ngurus negara.... 🙆"

      https://m.detik.com/news/berita/d-4409528/manuver-preman-tanah-abang-terbaca-ombudsman

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. In short, Idiot Indons are incapable of doing this. 5th Gen Jets are made only by Intilligent nation in contrast that Idiot Indons are low IQ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your face will get with ifx Ash. Just wait (to be continue)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Because low IQ malaydogsial claim flying kites as gen 5 fighter 😁

      Hapus
    4. Malon idiot cuma ada kepakaran ganti stiker buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    5. In short, malingsialan there are no capability and capacity of aerospace industry. Nimbus aerospace want to cheat Indonesia aerospace Ltd in NMX-1 project. Indonesia aerospace design NMX-1 but manufactured at malasialan..if Indonesia aerospace agree with this terms it will be the losses because malasial had manufacturers NMX-1

      Hapus
  13. Again, its already 2019 and still Idiot Indons are still dreaming of nothing. 2020 is coming again, then Idiot Indons cant stop talking of their IFX Program using TONG-TONG 400HP Piston Type Engine until 2060.


    Kih kih kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Until 2019 low IQ malaydogsial still use kite as air defence 😁

      Poor malaydogsial

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Ada beruk Malon jealous wkwkwk

      Hapus
    4. Again, now 2019 and malasial there are no military industry can make it only change sticker and claimed its own products

      Hapus
  14. Is Indons are always getting WET DREAMS??????

    Singapore, KL, Thai, Philipine, Japan, Vietnam and Brunei find Idiot Indons as Joker. So funny.


    Kih kih kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. from 2009 to 2019 poor malaydogsialwas unable to buy combat aircraft

      making Laos philippines mynmar laughed 😂

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Malon is most thieves all over the world wkwkwk

      Hapus
    4. It's malasial are masturbation. Singapore, Thailand, Vietnam, Brunei, China, Japan are knows malaysia is moron, dumb and slave country

      Hapus
  15. Korean finds Idiot Indons as Poor country and cant provide financial stability. Which is fact they find Idiot Indons as 3rd world country and lots of low IQ people.Wadte of time from Koreans to work on Idiot Indons.


    LAUGH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Coba lon...
      Kalau ngatain indonesia low IQ,,sekarang apa yang bisa dibanggakan dinegaramu selain "HUTANG CAP 2055"...???




      Pikir dulu sebelum komen yaaaa...







      Niiiiihhhhh..... Makan dulu...
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. no one country wants to cooperate with malaydog built airplane because poor malaydogsial is the most stupidest country in the world 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    4. Salam budget ciput di bagi 5 lon wkwkwk

      Hapus
    5. China knows malasial it's laziest and moron country, so they give debt to malasial because malasial can't paid

      Hapus
  16. IFX Indonesia akan disusul oleh MFX Gen 6 Malon hasil kolaborasi Malon dengan negara ghana yang sudah sampai prototipe




    Wkwkwkwkwkwkwk...tahniah malon dan ghana

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. "KAI said it received KRW132 billion (USD118 million) from the Indonesian Ministry of Defence (MoD) in late 2018 and that the payment will "dispel concerns" about Indonesia's potential withdrawal from the KFX development programme."
    Indonesia resumes KFX payments uhuyy haha!💰💰💰
    https://www.janes.com/article/85680/indonesia-resumes-kfx-payments


    "Specifically, the reports, first seen in Aju Business Daily, cited anonymous sources from KAI as saying that the company had received a payment of 132 billion Korean won from Indonesia ($118 million) in late 2018, which suggested a dispelling of concerns about Jakarta’s potential withdrawal from the project."
    transper duwitnya beres haha!💰💰💰
    https://thediplomat.com/2019/01/whats-next-for-the-indonesia-south-korea-fighter-jet-program/

    BalasHapus
  19. yg penting su-35 masyuk
    yg penting rudal amraam masyuk
    yg penting rudal 9x masyuk
    yg penting NASAMS masyuk
    yg penting APACHE masyuk
    yg penting LPD masyuk
    yg penting mistral atlas masyuk
    yg penting uda bayar cicilan IFX, proyek lancar jaya lagiiiiii haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ini lho yg gagal.....@ sam amat koe 😵😵😵"

      https://m.detik.com/news/berita/d-4409528/manuver-preman-tanah-abang-terbaca-ombudsman

      Hapus
    3. Medianya penguasa sekarang itu mas hari.

      mas Pal?, beneran jadi tuh Su 35, kok ruwet amat beli selusin aja ? 😂😂😂


      @sam ahmad, mo gagal mo enggak kalau terus melancap ya jadibya seperti Malayshit 😂😂😂

      Hapus
  20. Mohon maaf apabila saran saya bukan mengenai topik yang saat ini dipaparkan, melainkan mengenai bagaimana seharusnya Indonesia menyikapi tuntutan Benny Wanda yang diselundupkan oleh delegasi Vanuatu saat ada pertemuan Dewan HAM PBB dan rencana kunjungan Dewan HAM PBB ke Papua dan atau Papua Barat. Mencermati perkembangan sekarang ini, saran saya sikap Indonesia adalah mmengaktifkan program transmigran kembali dari Jawa ke Papua dan Papua Barat serta mengirimkan ke daerah pelosok, memberikan saran dan prasarana Serra fasilitas kepada transmigran dan keluarganya juga kepada penduduk setempat, sepeda motor model di medan yang disampingnya bisa untuk 2 penumpang, sepeda motor dengan bak angkut barang dibelakang, bengkel, membangunkan Sekolah Kejuruan Teknik Mesin dan mekanik, juga kejuruan Las, kejuruan kesehatan, kejuruan pertanian dan perkebunan, menyediakan alat pengolahan logam, mengirimkan alat exavactor, louder, dump truck, membangun SPBU, menyediakan Sel Surya, memberikan televisi, lampu penerangan utk dirumah dan cadangannya serta lampu penerangan jalan, membangunkan klinik kesehatan, gudang obatobat2an yg dapat menampung obat2an selama 6 bulan, membangun bandara perintis yg dilengkapi lampu pengaman disekitar landasan kurang lebih sepanjang 3000 meter, membangun helipad disetiap dusun, membangun menara navigator sederhana, menyediakan piringan satelit, membangunkan balai pertemuan masyarakat, mengirimkan hewan ternak kpd transmigran dan masyarakat setempat, membangunkan gedung utk mess penyuluh pertanian dan perkebunan,penyuluh peternakan, dokter hewan,penyuluh perikanan beserta pemandu, dan yang dapat menampung alat sosialisasinya, mengirimkan alat2 pertanian seperti traktor, alat pemanen padi, dsbnya, membangunkan mess masing2 utk personil tentara yg dapat menampung masing2 sebanyak 1 kompi personil tentara TNI A.D. serta staf, 1 kompi personil TNI A.U. serta Staf, dan 1 kompi personil polsek serta staf, kurang lebih utk masing2 sebanyak 1 kompi dan staf berjumlah 125 org, ditambah mess utk personil SAR dan staf sebanyak 45 org, mess utk petugas dari kementerian perhubungan sebagai Operator bandara sebanyak 45 org sambil melatih dan mempersiapkan SDM masyarakat setempat, membangunkan pasar, membangunkan gudang Bulog, kantor bulog dan mess utk karyawan bulog sebanyak 50 org, gudang bibit pertanian dan perkebunan, membangunkan kolam utk pengembangbiakan serta penjualan ikan juga bibit Ikan, membangunkan klinik hewan, dan juga membangunkan mess yang dilengkapi CCTV dng infrared juga penglihatan malam,utk tamu yang akan menginap mengingat tidak ada Hotel, dng mess karyawan yang bekerja mengurus mess dan security, dng pintu otomatis, serta pagar yg dilengkapi kamera juga beberapa bangunan pos jaga di titik sehingga keamanan tamu dari luar negeri atau wisawatan yang menginap dapat terjaga keselamatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko ni habis ambil Kutip cukai judi halal ya 😁

      Hapus
    2. Gk ada gunanya transmigran bila pola pikir tidak mau berubah ke arah yg jauh lebih positif, berapa banyak biaya transmigran habis sia2 akibat pola pikir yg tidak mau berubah ke arah yg positif' hidup itu ya harus kerja keras dan berfikir keras,, apa pernah orang batak ikut program transmigran tp liahatlah dr sabang sampai maroke orang batak itu tersebar bahkan diperbatasan dr tentara sampai guru orang bataklah yg lebih banyak bertugas, gk perduli ujungnya jd tukang tambal ban yg penting kerja keras dan berfikir positif,,,ini bukan bicara tentang suku tp mengambil contoh positif, jd intinya gk ada gunanya program transmigran itu bila niat tiap2 manusianya mau kerja keras dan berfikir positif dan ini yg bisa merubahnya ya si manusia itu sendiri.

      Hapus
  21. Ditempat tsb, maupun di mess dari masing TNI A.D, TNI A.U dan Polsek dilengkapi panser yg dilengkapi dng peluncur rudal anti tank dan senapan mesin yg dikendalikan dng remote dilengkapi camera, dilengkapi peluncur granat dan granat asap, motor trail, mobil komodo dilengkapi senapan mesin yg dikendalikan dengan menggunakan remote, camera,dilengkapi peluncur granat dan granat asap, membangunkan mess utk Petugas pemadam kebakaran, Dan mengadakan 6 unit mobil kebakaran, membangunkan puskesmas bertingkat dilengkapi ruang laboratorium, ruang klinik Umum, klinik Mata, klinik spesialis penyakit kulit dan penyakit kelamin, klinik spesialis penyakit dalam, klinik spesialis bedah, klinik spesialis gigi, klinik THT, gudang obat puskesmas, ruang radiology, membangunkan mess utk tenaga medik termasuk dokter, suster, perawat, staf dan kepala puskesmas, mengadakan 3 unit ambulance, membangunkan sarana dan prasarana sumur bor, tempat penampungan air, membangun embung dibeberapa titik dan toilet umum di beberapa titik, membangun kantor dusun dan desa, membangun sekolah playgroup, TK, SD s/d SMA, SMK, Membangun mess utk guru, kepala sekolah, staf, dan utk 5 org security, 2 org tenaga kebersihan, membangunkan tempat bermain dilengkapi sel surya dan alat permainan anak spt ayunan, perosotan dan tempat memanjat dilengkapi pelindung dan pengaman dibawah maupun disekitar area permainan, membuat joging tracking spy masyarakat menjadi sehat karena memanfaatkan

    BalasHapus
  22. Menempatkan 2 unit helikopter secara permanen, 2 unit pesawat, membangunkan hangar darkest, dilengkapi CCTV dan lampu penerangan disekitarnya juga dibangun pos jaga yg langsung dilengkapi ruang tidur utk 15 org, ruang tahanan, toilet, ruang komunikasi juga ruang penyimpanan persenjataan juga amunisi dilengkapi granat, peluncur mortir, mortir, senapan mesin, senapan utk penembak Jitu, dng alat kamuflasenya, dilengkapi mesin genset kecil yg dpt dioperasikan dr dalam utk keadaan darurat, misl saat terjadi serangan, ruang penyimpanan logistik makanan dan obat2an

    BalasHapus
  23. Nah indonesia jng puas diri membanggakan pesawat tempur banyak,
    mungkin pesawat tempur itu pesawat angkut dari jumlahnya banyak ditambah helicopter Angkut, disadari atau tidak, Indonesia masih kekurangan jet tempur dibandingkan singapura, Australia, malaysia, Vietnam, myanmar, Thailand, jng membandingkan dng filipina, laos atau kamboja,krn jumlah pulau dan luasnya wilayah lautan tdk cukup hanya 5 atau 6 skuadron gabungan dari jet tempur Su 27, Su 30, Hawk, F16 dari berbagai bloc
    k, Super tucano, T50i, dan beberapa heli serang juga beberapa heli serbu juga heli anti kapal selam, Indonesia harus bekerja keras utk meningkatkan ekonominya supaya dpt mengadakan Mig 35 sebanyak 3 squadron, Su 35 sebanyak 5 squadron, IFX sebanyak 5 skuadron, Su 57 sebanyak 3 skuadron, F 16 blok 70 sebanyak 4 skuadron, heli Super cobra AH-1Z sebanyak 10 skuadron, 4 skuadron Helikoper Ka 52, 8 skuadron helikopter Mig 28, 4 skuadron helikopter Apache.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nyata Indonesia nggak ketinggalan jumlah pesawat dari malaydogsial dan mynmar 😁

      Malaydogsial paling ketinggalan di asean karena hanya 4 pesawat yang mampu terbang

      Wani piro bro duite sopo..

      Hapus
    3. ya ampun..jgn bilang begitu om..nanti si curut setan marah sama kamu..
      kuikuikuikuikui....

      Hapus
    4. Ngapain marah, biasa aja.
      Itu kan postingan doang, siapapun bisa tulis.
      Fakta yang membuktikan.

      Emangnya lu :

      Debat Genting-kalah-marah-kabur.

      Debat Grade A-kalah-marah-kabur.

      Dipancing "jauh dibawah"marah-kabur.

      Lalu bisanya : buat hoax, bicara ngawur.

      Tipikal volume otak kecil, jadi bodoh & malas.

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    5. Bisanya niru/contek sebutan buatan orang lain, ya silahkan aja, lu pakai tuh contekan..😂

      Tipikal UNDUR-UNDUR lu, gak pernah bisa maju, bisanya sembunyi buat lubang, sambil nunggu makanan jatuh ke congor lu..😂😂

      Tipikal pecundang.😂😂😂

      Hapus
    6. Awas negara pemakan cukai judi kepanasan negara bangkrutnya menjadi negara terlemah di asean 😁

      Hapus
  24. https://m.cnnindonesia.com/nasional/20190201011759-20-365579/markas-satuan-baru-tni-disebut-di-sekitar-area-kepulauan-riau?tag_from=wp_wm_cnn

    BalasHapus
  25. Balasan
    1. Malon ditelan dubur....😹😹😹

      Hapus
    2. Hahaha..
      Langsung dia hapus.

      Maklum mental lemah, kalah argumen langsung kabur balik ke kandangnya.

      😂😂😂

      Hapus
    3. Malon digondolin najib n rosmah

      Hapus
  26. Malon punya satu Kota binatang. Makanya orangnya seperti binatang semua. Kota Kuching meong

    BalasHapus
  27. Indonesia semakin terdesak untuk mendapatkan jet pejuang baharu apabila tempahan Su-35 mereka tidak memulakan produksi kilang pengeluaran sejak bermula tahun 2019.

    Ia memberi gambaran Indonesia masih belum menyelesaikan pembayaran USD 1.14 Billion untuk 11 buah Su-35 yang ditandatangani pada Februari 2018.

    Menambah keparahan, Indonesia menghadapi masalah untuk menyelesaikan pembayaran Program Pembangunan Jet Pejuang KFX/IFX.

    Korea Selatan mendedahkan Indonesia berhutang dengannya untuk program ini berjumlah USD 124.5 juta pada Oktober 2017 .

    Penganalisis berpendapat kos program ini mencecah USD 8 Billion dengan Kerajaan Korea Selatan memegang 60%, Korea Aerospace Industries (KAI) 20% manakala Indonesia melalui PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) atau Indonesian Aerospace dengan 20%.

    Perkhabaran baharu menyatakan Indonesia mengurangkan jumlah yang diperolehi pada asalnya 50 buah kemudian 48 buah dan akhirnya hanya mampu memperolehi 16 buah dengan pembayaran balik program dilanjutkan sehingga 2031.

    KFX/IFX dilaporkan akan diperkenalkan pada skala penuh pada 2021, penerbangan sulung pada 2022 dan diproduksikan pada 2025 dengan sasaran 120 buah aktif pada 2032.

    Kini Indonesia dilaporkan mengerah pesawat jet latihan lanjutan KAI T-50 Golden Eagle menjaga ruang udara mereka dan melakukan naiktaraf drastik dengan memasukkan sistem persenjataan tatkala negara jiran mereka Australia dijangka menerbangkan skuadron F-35 Lightning II.

    Manakala F-5E/F Indonesia telah dibersarakan, Indonesia juga mengerahkan Hawk 209 walaupun sebelum ini hadapi kesukaran mendapatkan alat ganti akibat diembargo.

    Su-27/Su-30 mereka dilihat akan was-was tahap keaktifan dan kemampuan untuk terbang selepas mereka telah menghantar 4 buah Su-27/Su-30 (varian awal) ke Belarus untuk kerja pemuliharaan. Manakala bakinya, Indonesia memanggil Jurutera Russia untuk tujuan pemeriksaan.

    Indonesia mungkin bernasib baik menerima 24 buah F-16C/D Block 52ID (sebenarnya Block 25), namun pod sasaran serta misil BVR tidak tiba malah tidak dilengkapi kit bom pintar Paveway.

    Manakala F-16A/B Block 15 milik mereka terpaksa ditangguhkan untuk dinaiktaraf ketahap Block 52 atas faktor kewangan.

    Walaupun Indonesia mahu mendapat pesawat pejuang lain iaitu F-16V Block 70 dan JAS-39 Gripen C/D sebagai ganti. Ia tidak dapat direalisasikan berikutan masalah kewangan kerajaan Indonesia.

    Dengan tiada penyenaraian jet pejuang, dilihat Indonesia memberikan tumpuan untuk operasi kemanusian dan menyelamat. Ini dapat dilihat kegagalan mereka di beberapa operasi bencana dalam negara dan mendapat kritikan.

    Indonesia amat memerlukan 150 buah jet pejuang dilihat tidak tercapai hanya kini mungkin 70 buah atau kurang dengan kemampuan terbang mungkin kurang 50%.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Better than this 😁

      Perdana Menteri, Tun Dr. Ma­hathir Mohamad me­nga­kui bahawa kerajaan meng­alami masalah kekurangan dana kerana ia dibebani dengan hutang negara melebihi RM1 tri­lion yang ditinggalkan oleh ke­rajaan terdahulu.

      Katanya, sebahagian besar da­ripada wang kerajaan akan digunakan untuk membayar hutang.

      Inilah keutamaan kita kini, ia­itu untuk menyelesaikan ma­salah hutang ini,” katanya dengan menambah kegagalan berbuat demikian boleh membawa kepada risiko negara menjadi bankrap.
      Kita masih boleh bertahan wa­laupun menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman.

      http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

      MRCA Cancel
      LCA Cancel
      MPA cancel
      Little bird tak jelas
      Lebih miris lagi kata Mat Sabu: Only 4 Out of 28 Fighter Jets At RMAF Can Fly Due to Poor Maintenance 😁
      https://www.worldofbuzz.com/mat-sabu-only-4-out-of-28-fighter-jets-at-rmaf-can-fly-due-to-poor-maintenance/

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Pembasmi beruk Malon@ ada lg bro,dari semua hawk malon cuma 5 je yg boleh terbang,laksamana class dan kedah class ompong tiada missile wkwkwk...kd merajalela pun ompong tiada alatan sensor n no missile wkwkwk

      Hapus
    3. Betul mat rempit 😁

      Pantas mat sabu mendedahkan askar malaydogsial paling noop di asean.. 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    4. Pembasmi beruk Malon@ mat sabu lho yg cakap bro,berarti berita pertahanan malon paling rendah di ASEAN adalah berita benar bro bkn hoax kerana mat sabu adalah menhan Malon bro

      Hapus
    5. konfirmasi dari Menhan malon beritanya tak diragukan lagi alias valid!! Tapi spesies beruk low IQ malon di mari saja yang selalu kepanasan dan tak terima kenyataan 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    6. Ahahaha idiot Malon always jelous because AKAN indonesia on progress berbeza dengan AKAN malon yg penuh bual je 😂😂😂😂

      Upgrade your IQ, monkey idiot
      https://www.janes.com/article/85680/indonesia-resumes-kfx-payments

      Nih makan pisang dulu biar sehat otaknya 😂😂😂😂

      Ups lupa jer beruk MALASsial takde hotak ternyata 😂😂😂😂🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Itukan beritanya karangan dari forum FB MDR.. tempat para beruk malaydogsial onani otak untuk menutupi ketertinggalannya

      Kih kih kih

      Hapus
  28. Mengaku duit takde dan tak shopping lebih bermaruah dari duit takde tapi nafsu membeli macam anjing.. Nak bayar hutang takde duit, jadi terpaksa la jelir-jelir lidah pada Korsel dan Russia..

    Indog = Anjing..
    Menyalak mendonia tapi tahi hutang penuh satu badan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia bukan negara bangkrupt macam malaydogsial yang beli sparepart saja tak mampu.. tapi selalu jealous dan kepanasan tengok jirannya shoping 😁

      Beruk malaydogsial: sembang besar padahal miskin tegar.. hutang dah 83% GDP 😁

      Poor Malaydogsial

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Anak setan@ siapa kata indonesia tak de wang bayar hutang,sila hantar link ko,project infrastructure di indonesia on progress,shopping weaponpun on progress,beza dgn malon...kl Aq ada linknya mahathir cancel banyak project infrastructure di malon dan hutang malon dah mencekik leher 87% berbanding PDB,jgn hoax sahaje kerja ko kat blog nih anak setan,ini bkn media malon yg suka hantar berita hoax dan bohong,paham tak wkwkwk

      Hapus
    3. Project infrastructure indonesia nilainya saja bisa mencapai 400 billion dollar 😁 melebihi GDP malaydogsial dan bisa lunasin semua hutangnya tuh

      Kih kih kih

      Hapus
    4. Daripada claim paling jaguh dunia akhirat nyatanya paling noob kat Asean

      Anakwatan = AnakSetan gemar sebar hoax

      Kihkihkih 😂😂😂

      Hapus
    5. Mengaku negara kaya tapi hutang ke negara china dan jepang, rencana mau beli rafale atau typhoon cuma dogshit, rencana mau beli ini atau itu tapi 2055

      malaydogshit=malay dog shit
      Baunya menyebar kemana mana dan membuat susah semua negara

      Hapus
  29. http://theconversation.com/nilai-tukar-rupiah-terus-merosot-di-atas-rp14-000-per-dolar-kapan-akan-stabil-99778

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update lah beruk malaydogsial ini berita baru 1 februari 2019

      Jangan link lama ko pakai 😁

      Rupiah best in asia 🤗
      https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190131163334-78-365458/rupiah-paling-kuat-di-asia-dolar-as-di-bawah-rp14-ribu


      Kih kih kih

      Hapus
    2. bwahahahhaaa.. satu persatu beruk malons sudah pada stres nih.. itu data tahun berapa ruk.. beruk malon..?? 😅😅😅 Ini data yg terbaru.. baru keluar beberapa menit yg lalu.. kahkah


      https://www.cnbcindonesia.com/market/20190201085403-17-53414/mata-uang-tetangga-jadi-pesakitan-rupiah-libas-dolar-as

      UGLY MALONS BABU BUCKINGHAM.. lunasi dulu tuh hutang RM 1,2 Trilliun ringgitmu.. baru boleh cakap sembang disini.. xixixi..

      Hapus
    3. Pembasmi beruk Malon & bagaz@ biasalah tipikal beruk malon suka hantar berita2 basi supaya dia kelihatan pandai tapi bodoh,bila perlu pun beruk malon akan hantar link berita zaman jepun bro biar mereka kelihatan pandai wkwkwk

      Hapus
    4. Update economic news, don't updating homosex news

      Hapus
  30. Rupiah semakin merosot..
    Patutla tak mampu bayar hutang..

    Kesian Indon.. Terus menuju ke negara bangkrap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👆👆👆👆
      Ngimpi wong ra thee dhwet yo ngene iki, golek konco.

      Hapus
    2. Malaydogsial adalah spesies beruk primitive yang tinggal di dalam gua.. 😁 update laa..

      Rupiah mata wang paling kuat di asia 🙆

      https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190131163334-78-365458/rupiah-paling-kuat-di-asia-dolar-as-di-bawah-rp14-ribu

      Kih kih kih

      Hapus
    3. bwahahahhaaa.. satu persatu beruk malons sudah pada stres nih.. itu data tahun berapa ruk.. beruk malon..?? 😅😅😅 Ini data yg terbaru.. baru keluar beberapa menit yg lalu.. kahkah


      https://www.cnbcindonesia.com/market/20190201085403-17-53414/mata-uang-tetangga-jadi-pesakitan-rupiah-libas-dolar-as

      UGLY MALONS Anjing BUCKINGHAM.. 😂😂.. lunasi dulu tuh hutang RM 1,2 Trilliun ringgitmu.. baru cakap sembang disini.. xixixi..

      Hapus
    4. Wkwkwk...setelah ATM ditelan bumi dan unknown,muncul lg satu beruk malon"ANAK SETAN"hantar gila dan merempat kat blog nih wkwkwk

      Hapus
    5. Malasial debt almost 66.2% of GDP at Q3 2018.... Wooow amazing malaydogshit will bangkrupt country and to the ruins federation of malaydogshit

      Hapus
  31. Buat Forumer Indog yang goblok..
    Rupiah mu anjlok 12%



    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4272303/mantan-menkeu-sebut-jokowi-tambah-utang-rp-125-t-per-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat malondog idiot,negaramu cem mana rupanya lon wkwkwk...dah ringgit jatuh teruk,utangpun dah cecah 87% PDB aka RM 1 Trilliun,banyak project infrastructure di cancel mahathir kerana malon tiada wang,shopping weaponpun mesti thn 2055,beza dgn indonesia walaupun rupiah jatuh,tapi project infrastructure on going,shopping weapon pun always every year,utangpun cuma cecah 30% PDB,jgn ko nafikan itu ANAK SETAN IDIOT,patutlah negara ko bodoh kerana cara berpikir ko semua cem katak dibawah tempurung dan selalu termakan media propaganda UMNO yg penuh bual itu wkwkwk

      Hapus
    2. bwahahahhaaa.. satu persatu beruk malons sudah pada stres nih.. itu data tahun berapa ruk.. beruk malon..?? 😅😅😅 Ini data yg terbaru.. baru keluar beberapa menit yg lalu.. kahkah


      https://www.cnbcindonesia.com/market/20190201085403-17-53414/mata-uang-tetangga-jadi-pesakitan-rupiah-libas-dolar-as

      UGLY MALONS Anjing BUCKINGHAM.. 😂😂.. lunasi dulu tuh hutang RM 1,2 Trilliun ringgitmu.. baru cakap sembang disini.. xixixi..

      Horeeeeee.. ada satu lagi beruk malons stres menuju gilaaaa.. kahkahkahkah..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Update lah malaydogsial idiot jangan pakai link lama 😁

      2019 Hutang indonesia masih dalam tahap aman 😉😉
      http://amp.kontan.co.id/news/menko-perekonomian-tingkat-utang-indonesia-masih-dalam-batas-aman

      Bandingkan dengan ini 😁

      Malaydogsial hutang 1 trilion ringgit atau 83% gdp negara diambang kebangkrutan 😁
      http://www.astroawani.com/berita-bisnes/guan-eng-dedah-perincian-hutang-rm1-trilion-176387

      Kasian nasib malaydogsial 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    5. Itu oktober, sekarang udah februari idiot 😂😂😂😂😂

      Hapus
    6. anaksatan@ makanya update berita ekonomi jangan update berita cerita rogol homosex saja... Najib botak buat hutang sampai federasi malaydogshit goyah, pinjam uang ke jepang buat bayar hutang china, mending lho cari pinjaman ke gunung kawi tumbalnya orang orang kayak lho semua

      Hapus
  32. Infra on progress - Hutang..
    Shopping Alutsista - Hutang..
    Semua hutang.. Mendonia tapi macam anjing menyalak la.. Terjelir2 lidah nak bayar hutang..

    Tahun 2019 - Jumlah TKI Indog yang merayau-rayau di Malaysia mencari makan makin ramai..

    Kaya sungguh Indog - rakyatnya jadi TKI sundalan di negara orang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang indonesia cuma cecah 30%,beza dgn malon katanya gk pernah hutang,tapi hutang malon kenapa bs cecah 87% PDB aka RM 1 Trilliun ye wkwkwk...lawaknye jer wkwkwk...kalo ada cermin di rumah sila bercermin diri lon wkwkwk...LMS dari cina tuh malon tak utang keh cina dan ambil masa utang ke cina selama 25 tahun,mahathir visit ke jepun dan memohon kpd PM Jepun agar jepun bisa kasi hutang (soaf loan) kpd malon supaya malon boleh membangun infrastructure di malon...hadoii,malunye jer wkwkwk...kaya sungguh malon,besepah orang malon jadi bandar dadah di indonesia...hadoii malunye diriku ini tak de cermin di rumah wkwkwk

      Hapus
    2. Sama2 ngutang aj lon,bedanya hutang loe lebih banyak smpai ngk bisa bli alutsista lagi,10 tahun terakhir,akui aj kekuatan militer malon sudah jauh di lewati tni,just shut up lon

      Hapus
    3. kahkahkah.. tengok fakta negaramu malon ruk.. beruk malons..

      kapal LMS => ngemis LOAN 30 tahun ke China
      Tongkang merajalele => ngutang ke prancis

      Saya pikir malons ini BABU kesayangan buckingham.. kok tidak ada bantuan dana dari britain ye..?? malah ngemis bantuan dari China dan Jepang.. xixixiii.

      Apa mungkin sultan malon sudah menjual diri ke Komunis china ye..?? 😁😁😁 pasal sekarang banyak tanah di malon digadaikann kepada kaisar china.. tanah di johor, pulau penang, selangor, pahang, kedah sudah dikuasai penuh oleh tokei2 komunis china..

      Sedangkan pribumi malon banyak merempat karena miskin kalah bersaing dengan pendatang.. bwahahhahahahahahaa... UGLY MALONS.. 😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂

      Hapus
    4. WTF 999years as british's slave xaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    5. 2019 Hutang indonesia masih dalam tahap aman laa 😉😉
      http://amp.kontan.co.id/news/menko-perekonomian-tingkat-utang-indonesia-masih-dalam-batas-aman

      Bandingkan dengan ini 😁

      Malaydogsial hutang 1 trilion ringgit atau 83% gdp negara diambang kebangkrutan 😁
      http://www.astroawani.com/berita-bisnes/guan-eng-dedah-perincian-hutang-rm1-trilion-176387

      Sampai aset negara di gadaikan ke china 😁

      Kasian nasib malaydogsial pemalas low IQ untung ada pendatang dan pekerja asing yang rajin dan cerdas bukan macam beruk malaydogsial pemalas tak de skill 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    6. Org Indonesia memang petualang dan pekerja yg tangguh, tidak seperti Melayu Morin, jago kandang karena minta proteksi dari negara jg rasis dgn suku pndatang. Dasar malon apertheid. Wiwkwk

      Hapus
    7. TKI di malasial itu bekerja karena malasial itu laziest seperti kotoran anjing yang berceceran di jalanan menggangu orang jalan

      Hapus
  33. hahahahahahahha...AKAN lagi ! Poor Indon!

    BalasHapus
    Balasan
    1. WTF 999years as british's slave xaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. akan versi Indonesia selalu jadi kenyataan.. kalau AKAN versi malon hanya cakap sembang mulut besar untuk menghibur diri.. bwahahahhahahahaa.. UGLY MALONS BABU BUCKINGHAM..

      Tengok nih fakta AKAN versi Malon.. xixixi..

      AKAN MRSS => hoax
      AKAN MRCA => hoax
      AKAN SPH => hoax
      AKAN MPA => hoax
      AKAN heli => hoax
      AKAN apalagiii ya..??? banyaaaaakk.. kahkahkahkah.. POOR MALON setaraf south sudan.. 😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    3. Poor Malaydogsial bangkrups country 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    4. Bagaimana dengan AKAN malon???

      Reality ato cuma bula je?? 😂😂
      Lawak jer 🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Bagaimana dengan PTM 6??
      AKAN??
      BUAL JE???


      KAHKAHKAH
      TENGOK DULU KONDISI NEGARA KAU SEBELUM MENERTAWAKAN NEGARA LAIN 😂😂😂😂😂😂

      Idiot malon tak pernah becermin😂😂😂

      Malu keh nak bercermin kerana muka macam beruk? 😂😂😂😂

      MALON TRULLY IDIOT ASIA😂😂😂❤️❤️❤️❤️

      Hapus
    6. Wkwkwk...beruk paul makin stroke melihat indonesia makin berjaya bina weapon dan shopping wkwkwk

      Hapus
    7. Hahahaha...malaydogshit akan membeli rafale atau typhoon tapi yang datang tejas, malaydogshit akan membeli mrss tapi hanya mimpi yang tak berkesudahan, malaydogshit miskin, goblok, belagu, mental budak hidup lagi seperti anak setan, paul bego, atm kabur terberak berak, dll

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/31/fuad-bawazier-di-pemerintahan-jokowi-setiap-hari-utang-indonesia-naik-12-triliun

    Setiap HARI Hutang Indog naik 12 triliun..
    Masih di tahap aman yeah..

    Sebab hutanglah ada 2.7 TKI menjadi sundalan di Malaysia..
    TKI Indog, kerja malas, macam anjing banyak menyalak, lidahnya terjelir-jelir mahu hibah, ekornya bergelumang dengan tahi..

    TKI Indog - kerja rajin2 yea, bantu negara Indog mu membayar hutang Sukhoi, KFX, kapal tenggelam Naga Terpaksa, Leopard Tenggelam Dalam Lumpur dan pelbagai lagi proyek alutsista..

    Jika tidak mampu membeli tempe kerana tiada wang, telan sahaja peluru-peluru buat mengisi perut TKI sundalan mu..

    Indog dan anjing, tiada dipisahkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2019 Hutang indonesia masih dalam tahap aman laa 😉😉
      http://amp.kontan.co.id/news/menko-perekonomian-tingkat-utang-indonesia-masih-dalam-batas-aman

      Bandingkan dengan ini 😁

      Malaydogsial hutang 1 trilion ringgit atau 83% gdp negara diambang kebangkrutan 😁
      http://www.astroawani.com/berita-bisnes/guan-eng-dedah-perincian-hutang-rm1-trilion-176387

      Sampai aset negara di gadaikan ke china 😁

      Kasian nasib malaydogsial pemalas low IQ untung ada pendatang dan pekerja asing yang rajin dan cerdas bukan macam beruk malaydogsial pemalas tak de skill 😁

      POOR MALONS BABU BUCKINGHAM.. kahkahkahkah.. Seneng sekali hati ini...ada seekor lagi beruk malons stres menuju gila karena negaranya bangkrup.. bwahahahahaha...😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. TKI Indog ada skill..
      Skill pemalas, jadi perampok, pembegal, perogol..
      Itula skill TKI Indog..

      Jika ada skill, tidak la sanggup menjadi sundalan dinegara orang..

      Berapa orang family Bagaz Amrie jadi TKI di Malaysia yea..

      Katakan pada TKI Indog, kerja rajin2 yea, jangan menyalak banyak2 macam Bagaz Amrie..

      Bagaz Amrie adalah Indog
      Indog adalah anjing..

      Hapus
    3. kahkahkah.. tengok fakta negaramu malon ruk.. beruk malons.. negara sudah bangkrup hutang RM 1,2 Trilliun atau 85% dari GDP.. nak beli weapon tak ade wang, gaji polis tak dibayar... 😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂😂😂

      Saya pikir malons ini BABU kesayangan buckingham.. kok tidak ada bantuan dana dari britain ye..?? malah ngemis bantuan dari China dan Jepang.. xixixiii.

      Apa mungkin sultan malon sudah menjual diri ke Komunis china ye..?? 😁😁😁 pasal sekarang banyak tanah di malon digadaikann kepada kaisar china.. tanah di johor, pulau penang, selangor, pahang, kedah sudah dikuasai penuh oleh tokei2 komunis china..

      Sedangkan pribumi malon banyak merempat karena miskin kalah bersaing dengan pendatang.. bwahahhahahahahahaa... UGLY MALONS.. 😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂

      HOREEEEEEEE.. bahagia sekali hatiku melihat satu lagi beruk malons turunan bangla stres menuju gila karena tidak bisa menerima keadaan negaranya sedang bangkrup.. kahkahkahkahkah.. UGLY MALONS ANJING BUCKINGHAM..😅😅😅😅😅😅😅😅😅😂😂😂😄😄

      Hapus
    4. Cermin dulu dirimu Indog, berapa banyak pula tanah negaramu yang digadai oleh Jokowi Jawa Sontoloyo.. Cuba kira betul2..

      Mungkin juga tanah tapak rumahmu turut jadi bahan gadaian..

      Di Malaysia, kerja-kerja kotor kami berikan kepada TKI Indog..

      Kerana di negara kami kadar celik huruf tinggi, kerja-kerja yang sesuai buat kami adalah kerja-kerja berkemahiran tinggi... Kerja-kerja kuli jalanan khusus buat Indog sahaja..

      Hapus
    5. Karena tipe malon pemalas, makanya negaramu bangkrut

      Hapus
    6. Hutang malaydogsial mencecah paras 83% GDP indonesia hanya 30% GDP jadi indonesia jelas lebih baik 😁

      Celik huruf indonesia juga setara nilai pesentasenya

      Tapi malaydogsial lebih pemalas tak produktif gemar hutang dan tak tahu malu😁

      PM Mahathir Mohamad sampai Sebut Rakyat Malaysia Pemalas, Tak Amanah dan Tak Tahu Malu Jika Berutang 😁😁

      Dalam pidatonya, Mahathir berpendapat, setiap orang Melayu perlu berani mengakui kesalahan untuk melangkah maju dan memperbaiki amalan supaya mendapat nikmat oleh Allah SWT.

      Namun setelahnya Mahathir melontarkan kritik keras kepada rakyat Malaysia khususnya pemuda-pemudinya yang ia cap pemalas.

      "Tanpa izin saya berani mendakwa kita malas. Kita lebih suka serah kerja kepada orang lain. Hari ini kita dapati ramai orang asing datang bekerja di negara kita. Kenapa? Kerana kita tidak sanggup bekerja." beber Mahathir.

      "Pergilah ke tempat kerja dan kita tidak akan bertemu dengan pekerja kita.Ya, memang kerja itu berat. Mungkin kotor dan berbahaya. Kita cuma cari kerja yang ringan, dikilang berhawa dingin. Tetapi disitu pun daya keluaran atau produktiviti kita rendah" tambah Mahathir.

      https://www.google.com/amp/hot.grid.id/amp/181619279/pm-mahathir-mohamad-sebut-rakyat-malaysia-pemalas-tak-amanah-dan-tak-tahu-malu-jika-berutang?espv=1

      😁😁
      Kih kih kih

      Hapus
    7. Anak setan@ di indonesia tak de satupun aset negara di jual guna bayar hutang,jgn suka hoax ko lon
      wkwkwk

      Ko dengar apa cakap tun M tuh pasal pribumi yg pemalas wkwkwk...pribumi kebanyakan tak de kerja,24 hours on internet,24 hours di kedai mamak,tak de duit di pocket terobos rumah jiran guna curi wang jiran wkwkwk

      Hapus
    8. Malaydogsial bahkan mengemis ke jepun minta hutang 😁
      https://www.malaymail.com/s/1641122/dr-m-malaysia-asking-japan-for-yen-credit-to-solve-rm1t-debt

      Malaydogsial mau jual aset negara untuk bantu lunasi hutang 😁
      https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4249736/mahathir-mau-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

      Nak berkilah apa lagi Kenyataan memang pahit malaydogsial 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    9. Hahaha tutur kata Melayu yg sangat beragama dan penuh sopan santun di tunjukan oleh anak Watan bin anak tapir😊

      Hapus
    10. Malaydogshit sudah jual A-380 dan Boeing-777 buat nutupin biaya operasional, petronas sdh mau siap siap dilego di lantai bursa malaydogshit dan punya hutang dengan PT.PGN , proton sdh terjual ke geely china, hospital terbesar di malaydogshit sekarang punya jepang...tinggal setan-setan kayak lho yg belum dijual karena malas, iri dan dengki yg akut membuat hati dan otak menjadi hitam kelam

      Hapus
  36. Malon miskin sultan mesum PerdanaMenteri homo ATM bencong alutsista Ompong



    Wkwkwkwkwkwwkwkwkk....senang hatiku

    BalasHapus
  37. Produsen dadah terbesar diasean negara malayasia. Cuma itu yg hebat dari mereka.

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. Lu ga bisa bedaain hoax dan realita ya? Sabar lu pikir bikin pesawat kayak bikin peye

      Hapus
    2. Ane sudah tau bro...tapi perasaan kok molor molor...

      Hapus
    3. Malaydogshit aja beli mau typhoon sama rafale aja muter muter tapi yang datang malah tejas

      Hapus
    4. Molor masalah nego komoditi, yg non Rusia lancar.

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. "Tanpa izin saya berani mendakwa kita malas. Kita lebih suka serah kerja kepada orang lain. Hari ini kita dapati ramai orang asing datang bekerja di negara kita. Kenapa? Kerana kita tidak sanggup bekerja. Pergilah ke tempat kerja dan kita tidak akan bertemu dengan pekerja kita.Ya, memang kerja itu berat. Mungkin kotor dan berbahaya. Kita cuma cari kerja yang ringan, dikilang berhawa dingin. Tetapi disitu pun daya keluaran atau produktiviti kita rendah”
    - Tun Dr Mahathir Mohamad -

    BalasHapus
  42. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  43. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda memerlukan uang mendesak untuk penggunaan pribadi, apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda pernah ditipu sebelumnya dan masih butuh uang? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu. Cari lagi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga 2% rendah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami aman, asli, dan 100% dijamin dan dijamin. Tertarik, hubungi saya sekarang melalui email; (marielagonzalezloan@gmail.com)

    BalasHapus
  44. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  45. Halo
     semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammer di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. tolong bergabung dengan saya untuk bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON GLANAL LOAN FIRM.
     Beginilah cara saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Ny. Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menjawab email saya, Jujur, pada awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tetapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah itu, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar ditransfer ke akun saya.

    Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak dengan tingkat 2% saya dapatkan dengan cepat. Tidak ada biaya dari perusahaan, yang saya lakukan hanyalah membayar pin pinjaman kepada Kementerian. Saya tidak perlu penjamin. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar.

     Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari keinginan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya sangat terkejut. Saya terutama ingin berterima kasih kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

     Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki jangka waktu ekspektasi yang juga memberikan nasihat keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini gratis, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapat manfaat. terima kasih, kirim email lagi kepada mereka ^elinajohnson22@gmail.com

    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammer meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. semoga ALLAH memberkati kalian semua.
    Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan, tolong ada beberapa orang yang menggunakan kesaksian ini untuk alasan egois mereka, saya orang dengan kesaksian yang benar, yang lain adalah palsu dan mereka scammers, harap berhati-hati.
    Terima kasih

    BalasHapus
  46. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, orang-orang menganggur, saya sarankan Anda semua harus sangat berhati-hati

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan bernama Christabel's Missan ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan 800 juta dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan bunga hanya 2%

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakanmu mendapatkan pinjaman jika kamu memegang perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

    BalasHapus
  47. Nama saya Steve, benar-benar menakjubkan ketika saya pikir semua sudah selesai karena tidak ada tempat untuk pergi dan saya pikir semua harapan hilang, dengan perusahaan peminjam muslim ibu cheryl martins yang setia berbakti datang untuk menyelamatkan saya. Saya benar-benar berutang banyak pada perusahaan sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian melakukan penangkapan karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan dan masa tenggang yang diberikan kepada saya ketika saya keluar dan bebas pergi dan mencari uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya dan saya tertipu dan menipu 3 kali dari uang saya tetapi ketika saya menemukan Ms. Cheryl CEO CHERYL MARTIN PERUSAHAAN PINJAMAN, Tuhan mengarahkan saya ke bantuan mereka melalui sebuah blog karena permohonan saya kepadanya benar-benar sebuah keajaiban bekerja karena Tuhan telah melihat bahwa Saya telah banyak menderita karena itu dia mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang nyata dan sah. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp3.000.000.000,00 dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan Direktur dan saya diminta untuk membuat biaya untuk transfer pinjaman saya yang saya lakukan dan dalam 4 sampai 7 jam setelah saya dikreditkan dengan jumlah tepat saya mengajukan semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman (KTA) sama dengan saya berbicara kepada Anda sekarang saya sudah bisa menghapus semua hutang saya dan sekarang saya punya supermarket sendiri sekarang, saya tidak butuh bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keputusan keuangan apa pun dan saya tidak pernah berurusan dengan polisi lagi yang saya miliki sekarang adalah orang bebas. Anda ingin mengalami kebebasan finansial seperti saya, silakan hubungi ibunya melalui PIN BBM :( E3C73B6C) atau melalui perusahaan EMAIL :( Cheril.martinsloanfirm@gmail.com) atau WHATSSAP: (+ 2348148328732) Anda tidak dapat membantah fakta bahwa di dunia dari masalah, Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Cheryl Martin di alamat di atas sehingga dapat mengatasi krisis keuangan di hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut ini: (sudirmansinaga32@gmail.com) selalu positif dengan Ms. Cheryl Martins dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan dan ibu kami memberi Anda tampilan baru secara finansial.

    BalasHapus
  48. Nama saya Steve, benar-benar menakjubkan ketika saya pikir semua sudah selesai karena tidak ada tempat untuk pergi dan saya pikir semua harapan hilang, dengan perusahaan peminjam muslim ibu cheryl martins yang setia berbakti datang untuk menyelamatkan saya. Saya benar-benar berutang banyak pada perusahaan sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian melakukan penangkapan karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan dan masa tenggang yang diberikan kepada saya ketika saya keluar dan bebas pergi dan mencari uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya dan saya tertipu dan menipu 3 kali dari uang saya tetapi ketika saya menemukan Ms. Cheryl CEO CHERYL MARTIN PERUSAHAAN PINJAMAN, Tuhan mengarahkan saya ke bantuan mereka melalui sebuah blog karena permohonan saya kepadanya benar-benar sebuah keajaiban bekerja karena Tuhan telah melihat bahwa Saya telah banyak menderita karena itu dia mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang nyata dan sah. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp3.000.000.000,00 dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan Direktur dan saya diminta untuk membuat biaya untuk transfer pinjaman saya yang saya lakukan dan dalam 4 sampai 7 jam setelah saya dikreditkan dengan jumlah tepat saya mengajukan semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman (KTA) sama dengan saya berbicara kepada Anda sekarang saya sudah bisa menghapus semua hutang saya dan sekarang saya punya supermarket sendiri sekarang, saya tidak butuh bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keputusan keuangan apa pun dan saya tidak pernah berurusan dengan polisi lagi yang saya miliki sekarang adalah orang bebas. Anda ingin mengalami kebebasan finansial seperti saya, silakan hubungi ibunya melalui PIN BBM :( E3C73B6C) atau melalui perusahaan EMAIL :( Cheril.martinsloanfirm@gmail.com) atau WHATSSAP: (+ 2348148328732) Anda tidak dapat membantah fakta bahwa di dunia dari masalah, Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Cheryl Martin di alamat di atas sehingga dapat mengatasi krisis keuangan di hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut ini: (sudirmansinaga32@gmail.com) selalu positif dengan Ms. Cheryl Martins dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan dan ibu kami memberi Anda tampilan baru secara finansial.

    BalasHapus
  49. Halo,
     Saya Puan Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, di sini datang pinjaman asli yang akan mengubah hidup anda menjadi yang lebih baik, sebuah syarikat pinjaman pinjaman, Diberikan dan Berlesen untuk menawarkan pinjaman kepada individu, syarikat swasta dan orang yang memerlukan Kewangan bantuan dalam tahap faedah yang rendah sebanyak 2%.

    Saya Puan Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik kepada penghormatan kami kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan perniagaan ini kerana syarikat itu akan memastikan pinjaman anda sampai kepada anda, ia tidak juga berakhir di sana, kami mempunyai pasukan expatrate yang memahami undang-undang melabur, mereka akan membantu anda, memberi anda petua yang akan menguruskan pelaburan anda yang anda melabur pinjaman anda, jadi anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup anda dan tawaran hebat ini datang dengan pinjaman anda, Hubungi kami hari ini melalui e-mel elinajohnson22@gmail.com

    Perkhidmatan kami termasuk yang berikut:

    * Pinjaman peribadi
    * Pinjaman Bercagar
    * Pinjaman tidak berpagar
    * Hasil pinjaman
    * Latihan Pinjaman
    * Pinjaman ikrar pinjaman
    * Bayaran pinjaman
    * Pinjaman pelajar
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Auto
    * Resolusi Pinjaman
    * Pinjaman Pembangunan
    * Pinjaman pinjaman Jabatan
    * Pinjaman Perniagaan
    * Pinjaman pendidikan
    * Pelantikan patah

    Sila isi borang permohonan pinjaman di bawah dan kembalikan kepada kami untuk memberi kami lebih baik melalui e-mel:
    elinajohnson22@gmail.com


    DATA PEMOHON

    1) Nama Penuh:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Nyatakan:
    5) Jantina:
    6) Status Perkahwinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nombor Telefon:
    9) Kedudukan semasa di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Tempoh Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Pernahkah anda memohon sebelum:
    16) Tarikh lahir:
    terima kasih,
    Puan Elina Johnson (elinajohnson22@gmail.com)

    BalasHapus
  50. Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang diminta untuk dilakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  51. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  52. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  53. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang diminta untuk dilakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  54. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  55. Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

    BalasHapus
  56. Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

    BalasHapus
  57. Suami saya dan saya ingin menggunakan media ini untuk bersaksi tentang perbuatan baik "RIKA ANDERSON LOAN COMPANY", pemberi pinjaman yang tergabung dalam "USA" yang menawarkan pinjaman internasional dalam hitungan menit ke semua negara Eropa, Afrika, dan Asia. nama saya Sharifah Isfahann dan saya meluangkan waktu untuk bersaksi. Mereka menawarkan pinjaman $ 45.000 pada 2% dan dalam waktu 24 jam. Saya melihat kesaksian online tentang perusahaan pinjaman. Saya menghubungi dan memproses pinjaman dan pinjaman saya ditransfer ke akun Ambank saya di Malaysia. Suami saya dan saya memiliki hutang yang sangat besar dengan debitor dan bank dan kami mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang berbeda tetapi semuanya datang ke penipuan, sebaliknya mereka membawa kami ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan kami untuk istirahat sampai saya bertemu dengan perusahaan Ibu Rika dan mereka menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya khawatir itu akan berakhir seperti perusahaan lain tetapi saya salah. Sekarang kami akhirnya menyelesaikan hutang kami dan memulai bisnis baru dengan sisa uang dari pinjaman. Saya sangat menyarankan semua orang di sini di internet yang mencari pinjaman luar negeri untuk menghubungi perusahaan pinjaman Rika anderson di email rikaandersonloancompany@gmail.com atau W / A +19147057484. Harap ingat untuk membagikan kesaksian Anda. Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang sharifahisfahann54@gmail.com.

    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email Perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Rika Anderson Whatsapp: +19147057484
    Penguji: Sharifah Isfahann
    Negara: Malaysia
    Akun ambank: 0912012006337
    Testifier +60133301368
    sharifahisfahann54@gmail.com

    BalasHapus
  58. Halo
     semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammer di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. silakan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON GLANAL LOAN FIRM.
     Beginilah cara saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Ny. Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menjawab email saya, Jujur, pada awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tetapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah itu, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar ditransfer ke akun saya.

    Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak dengan tingkat 2% saya dapatkan dengan cepat. Tidak ada biaya dari perusahaan, yang saya lakukan hanyalah membayar pin pinjaman kepada Kementerian. Saya tidak perlu penjamin. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar.

     Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari keinginan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya sangat terkejut. Saya terutama ingin berterima kasih kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

     Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki jangka waktu ekspektasi yang juga memberikan nasihat keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini gratis, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapat manfaat. terima kasih, kirim email lagi kepada mereka ^elinajohnson22@gmail.com

    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammer meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. semoga ALLAH memberkati kalian semua.
    Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan, tolong ada beberapa orang yang menggunakan kesaksian ini untuk alasan egois mereka, saya orang dengan kesaksian yang benar, yang lain adalah palsu dan mereka scammers, harap berhati-hati.
    Terima kasih

    BalasHapus
  59. "Assalaamu 'Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh"

    Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Ratu Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon: +62 856-9328-4991
    WhatsApp: +62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    "Wa 'Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh"

    BalasHapus
  60. Halo, semua orang, tolong, saya dengan cepat mahu menggunakan media ini untuk berkongsi kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi kredit yang benar-benar mengubah hidup saya daripada kemiskinan kepada seorang wanita kaya dan sekarang saya mempunyai kehidupan yang sihat tanpa tekanan dan kesulitan kewangan,

    Selepas berbulan-bulan cuba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman dalam talian yang sah dalam kredit dan tidak akan meningkatkan kesakitan saya, jadi saya memutuskan untuk beralih kepada rakan saya untuk nasihat tentang bagaimana untuk mendapatkan pinjaman dalam talian, kami bercakap mengenainya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Puan Maria yang merupakan Ketua Pegawai Eksekutif Maria Loan. Syarikat

    Saya memohon untuk pinjaman (900 juta) dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%, supaya pinjaman yang diluluskan itu mudah tanpa tekanan dan semua persiapan telah dibuat dengan pemindahan kredit, kerana fakta bahawa ia tidak memerlukan cagaran untuk pemindahan daripada pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari dua jam wang pinjaman telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.

    Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat gembira bahawa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit sebenar saya, yang boleh memberi harapan saya.

    Terima kasih banyak kepada Cik Maria kerana membuat hidup adil untuk saya, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Maria dengan baik melalui E-mel (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang bagaimana untuk mendapatkan pinjaman anda,

    Jadi, terima kasih banyak kerana mengambil masa anda membaca tentang kejayaan saya dan saya berdoa agar Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda.
    Nama saya adalah kabu layu, anda boleh menghubungi saya untuk rujukan lebih lanjut melalui e-mel saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  61. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  62. Halo semua nama saya Hanif Fariz, saya benar-benar ingin memberikan suara yang mengkhawatirkan kepada saudara-saudara saya yang mencari pinjaman adalah internet ini harus sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet online, saya adalah korban penipuan internet selama 4 bulan . kemudian saya diajari bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs web pengumuman pinjaman satu hari, dan saya menjumpai nama perusahaan perusahaan pinjaman Cheryl Martins dan saya percaya dan mengajukan pinjaman Rp 800.000.000 setelah mengisi formulir dan semua proses yang berhasil dilakukan, saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan biaya verifikasi bank saya dan saya juga percaya dan membayar biaya, Untuk yang terbaik saya terkejut. dia memberi saya pinjaman Rp 800.000.000 dengan tingkat bunga sangat rendah 1%, selama hidup saya dan kredit saya siap, dalam waktu 4 jam saya mendapat uang di rekening bank saya setelah pembayaran biaya transfer dan biaya verifikasi bank saya tanpa masalah pinjaman saya masih utuh di rekening bank saya (Nomor Rekening: 8011871186, Bank: Citibank NA, Nama Penerima: Hanif Fariz. Alasan mengapa saya membuat pengakuan ini karena cheryl martin hari ini, adalah karena ia telah membuat semua kesedihan saya menjadi sukacita dan tawa, wanita itu, bagi saya, dia adalah Tuhan yang diutus untuk membantu saya. Untuk mengetahui lebih lanjut, hubungi dia hari ini Saudara dan saudari kita yang benar-benar membutuhkan pinjaman dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan sepanjang hidup saya saya akan sangat berterima kasih kepada Ny. Cheryl. Hubungi Ny. Cheryl di Emailnya dan dapatkan pinjaman hari ini tanpa penundaan (cheril.martinsloanfirm@gmail.com atau Whatsapp +2348148328732) Anda juga dapat menghubungi saya di email saya sendiri (farizhanif810@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut!

    BalasHapus
  63. Halo semua nama saya Hanif Fariz, saya benar-benar ingin memberikan suara yang mengkhawatirkan kepada saudara-saudara saya yang mencari pinjaman adalah internet ini harus sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet online, saya adalah korban penipuan internet selama 4 bulan . kemudian saya diajari bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs web pengumuman pinjaman satu hari, dan saya menjumpai nama perusahaan perusahaan pinjaman Cheryl Martins dan saya percaya dan mengajukan pinjaman Rp 800.000.000 setelah mengisi formulir dan semua proses yang berhasil dilakukan, saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan biaya verifikasi bank saya dan saya juga percaya dan membayar biaya, Untuk yang terbaik saya terkejut. dia memberi saya pinjaman Rp 800.000.000 dengan tingkat bunga sangat rendah 1%, selama hidup saya dan kredit saya siap, dalam waktu 4 jam saya mendapat uang di rekening bank saya setelah pembayaran biaya transfer dan biaya verifikasi bank saya tanpa masalah pinjaman saya masih utuh di rekening bank saya (Nomor Rekening: 8011871186, Bank: Citibank NA, Nama Penerima: Hanif Fariz. Alasan mengapa saya membuat pengakuan ini karena cheryl martin hari ini, adalah karena ia telah membuat semua kesedihan saya menjadi sukacita dan tawa, wanita itu, bagi saya, dia adalah Tuhan yang diutus untuk membantu saya. Untuk mengetahui lebih lanjut, hubungi dia hari ini Saudara dan saudari kita yang benar-benar membutuhkan pinjaman dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan sepanjang hidup saya saya akan sangat berterima kasih kepada Ny. Cheryl. Hubungi Ny. Cheryl di Emailnya dan dapatkan pinjaman hari ini tanpa penundaan (cheril.martinsloanfirm@gmail.com atau Whatsapp +2348148328732) Anda juga dapat menghubungi saya di email saya sendiri (farizhanif810@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut!

    BalasHapus
  64. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  65. Mrs. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +19147057484
    Nama Penguji: Putri Ahmad
    Negara: Indonesia
    Alamat: Surabaya
    Pinjaman: Rp100.000.000
    Bank Rakyat Indonesia
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Saya bertemu dengan seorang teman online yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus
  66. Mrs. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +19147057484
    Nama Penguji: Putri Ahmad
    Negara: Indonesia
    Alamat: Surabaya
    Pinjaman: Rp100.000.000
    Bank Rakyat Indonesia
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Saya bertemu dengan seorang teman online yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  69. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman peminjam di internet dari NIGERIA dan lainnya bagian dari AFRIKA,

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18,7 juta, untuk seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang Access Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari LADY ESTHER, jadi I Screams menuangkan dan menghubungi LADY ESTHER. via email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya diperintahkan untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit I dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp200 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER dengan baik melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  70. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus