08 Juni 2019

PT DI Bakal Jadi Holding Industri Pertahanan

08 Juni 2019


PTDI akan jadi holding industri pertahanan Indonesia (photo : PTDI)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mempercepat pembentukan beberapa holding BUMN. Masuk dalam agenda adalah pembentukan holding industri pertahanan.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, proses pengajuan holding industri strategis ini sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan.

"Sedang berproses, resminya sudah ke Kemenkeu, sudah dibahas dengan pihak terkait dan beberapa FGD," kata Harry kepada Liputan6.com, Kamis (6/6/2019).

Dalam surat yang disampaikan ke Kemenkeu, Harry mengatakan PT Dirgantara Indonesia (Persero) akan menjadi induk usaha dari industri strategis ini.

Nantinya yang akan menjadi anggota holding adalah BUMN lain yang tergabung dalam klaster National Defence and Hightech Industries (NDHI).

Selain PT DI, klaster ini terdiri dari PT DAHANA (Persero), PT Pindad (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Len Industri (Persero) serta PT Industri Nuklir Indonesia (Persero).

"Itu ada kajiannya mengapa PT DI, baik dari komite eksekutif maupun konsultan independen  yaitu PwC. Ada beberapa pertimbangan," tegas Harry.

Hanya saja Harry masih belum bisa memastikan kapan holding BUMN pertahanan ini bisa terealisasi. Yang jelas, Kementerian BUMN terus melakukan pembicaraan dengan Kementerian Keuangan dan beberapa pihak terkait.

Untuk diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memiliki rencana jangka panjang terhadap masa depan BUMN, yaitu dengan pembentukan superholding. 

Terkait hal ini, ternyata Menteri BUMN Rini Soemarno juga sudah memiliki gambaran dan langkah apa saja yang dilakukan menuju pembentukan superholding tersebut.

Langkah awal, jumlah BUMN yang saat ini 143 perusahaan akan disederhandakan dengan dikelompokkan menjadi holding subsektor BUMN. Seperti saat ini sudah terbentuk salah satunya holding industri pertambangan. 

"Ya kementerian BUMN akan hilang. Jadinya nanti ada superholding. Nanti akan seperti Temasek dan Khasanah," kata Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia, pada Senin 15 April 2019.

Secara pengawasan, meski Kementerian BUMN akan hilang, tapi pemerintah tetap menjadi pemegang saham. Bahkan, pengawasan dan pertanggungjawaban langsung kepada Presiden.

"Jadi, nanti kalau superholding juga langsung ke Presiden. Cuma bentuknya itu bukan bentuk seperti birokrasi, bentuknya bukan kementerian. Yang diharapkan Bapak Presiden itu betul-betul bahwa BUMN dikelola secara profesional. Jadi, yang mengawasi harus orang-orang profesional, bukan orang-orang birokrasi," ucap Rini.

(Liputan6)

164 komentar:

  1. PT industri nuklir indonesia 😌😌😌😌😌😌😌😌😌😌😌😌😌😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo hasil produk BATAN masih seputar dunia medis mas...yg sudah d export.
      Klo k militer bolehbjg tuh...bkal jd publik enemy gvya indo jka punya senjata nuke...πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Super holding bagus sih... Terintegrasi secara system management, jd pemerintah lebih mudah "melihat dan mengawasi nya"

      Hapus
    3. Kalo nuke jangan dulu dah.. Inhan kita baru berkembang, sayang kalau baru mau maju sdh jadi publik enemi... Hehee😁

      Hapus
    4. Indonesia kalau mau buat senjata nuklir bisa saja, karena fasilitasnya sudah ada. Tinggal pengembangan saja.

      Tapi utk saat ini apakah rakyat indonesia setuju?

      Hapus
    5. Batan tidak hanya medis,listrik,...dunia pertanian juga manfaatkan nuklir batan untuk rekayasabgenetik produk pertanian..,,bikin bom nuklir lebih mudah daripada bikin listrik nuklir..,,listrik nuklir rumit karena tenaga atom harusbdikendalikan....beda dengan bom nuklir.,,simple,karena tenaga atom diledakkan bebas tanpa kontrol

      Hapus
    6. Mendingan buat dahulu small reactor untuk diaplikasikan di kapal perang LHD, submarine dan kapal induk. Sehabis itu buat peluru dupleted uranium untuk tank leopard kita.

      Hapus
    7. Litbang Thorium sebagai bahan bakar kapal TNI-AL, cek disini

      https://jakartagreater.com/litbang-thorium-sebagai-bahan-bakar-kapal-tni-al/&sa=U&ved=2ahUKEwignMzO69jiAhXt7XMBHXPDA_IQFjAAegQIBhAB&usg=AOvVaw0_4Tfd4EsFJ80Ox0XiJTC6

      Hapus
    8. Aku rasa gk perlu kita gk perlu punya senjata nuklir, bukan sok naif tp mendingan kita membangun industri nuklir yg positif aja seperti PLTN dan riset/memproduksi mesin2 yg menggunakan bahan bakar nuklir' membangun senjata nuklir sama aja kita meniru kebodohan negara2 yg menganggap senjata nuklir adalah jalan satu2nya menjadi negara yg disegani padahal jalan yg membuat dunia diambang kiamat, bayangakan bila 20 negara aja yg memiliki senjata nuklir lalu berperang udah positif bikin peradaban manusia di dunia benar2 hancur total' mau dibawa kemana dunia ini??? Padahal masalah awalnya manusia berseturu itu adalah masalah masa depan sejengkal perut, masa ini aja kita sebagai manusia yg punya kesempurnaan berfikir tidak bisa bener2 menyelesaikan masalah ini' apakah harus senjata nuklir itu ada bila hanya membuat peradaban kita sebagai manusia hancur di dunia ini??? Manusia yg mengandalkan senjata nuklir kelihatannya aja pinter tp sebenarnya bodoh sebab manusia lainnya bisa kok bikin senjata nuklir tp resikonya = DUNIA HANCURRRR

      Hapus
    9. Sabar bro raden, Indonesia sdh menandatangani perjanjian non proliferasi senjata nuklir pada 1 juli 1968 yg diperbaharui di 11 mei 1995 dan ASEAN menandatangani Zona ASEAN bebas senjata nuklir. Yang kita kembangkan adalah reactor untuk penggerak kapal perang TNI-AL untuk kapal selam, LHD, Kapal Induk, atau cruiser juga destroyer. Peluru Tungsten alias Dupleted Uranium untuk tank leopard kita, IAEA masih mengijinkan penggunaan DU dengan catatan.

      Hapus
    10. Reaktor nuklir mini qt sudah punya kok sebatas riset dan listrik terbatas...di jogja sm serpong. Untuk reaktor pltn masih pro kontra d mari...masih panjang prosesnya buat bs miliki pltn apalagi peluru DU.
      Harapannya sih bisa goal ijin pendirian pltn...tp kok sy pesimis 😒😒😒

      Hapus
    11. Iya saya juga setuju.. klw rudal nuklir antar benua gk usah.. mending PLTN aja agar masyarakat indonesia yg di daerah terpencil bs nikmati listrik juga.. trus tuk kapal selam, kapal selam mini,tank,kapa laut, uav..

      Jgn pesimis bro voltus.. kita bangsa yg mau berkembang..contoh: PT DI, PT PAL dan PT PINDAD dan kita bs klwr dr krisis ekonomi..

      Optimis bro.. ok

      Hapus
  2. Ceritane BAE jd rujukan nih😁😁

    BalasHapus
  3. SETUJU
    tapi pembangunan super holding industri pertahanannya jangan di bandung lagi.
    Bandung sudah super sempit, macet dimana mana susah gerak.
    Di daerah lainnya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kalimantan dan papua bagus tuh secara sumber bahan baku kan banyak nya di situ. Gak masalah banyak biaya bangun sarpras asal kedepannya lebih baik....πŸ˜‚

      Hapus
    2. Kalimantan lebih cocok

      Selain lahannya yg sangat luas, geografisnya datar, tidak ada gempa, sosial ekonomi, infrastruktur dan SDM nya sudah mumpuni.

      Itu sih menurut saya 😁

      Hapus
  4. ...kalau Indonesia bikin BOM/RUDAL NUCLEAR, ntar

    ...Aussy dan Malayon Beruk...mati sekarat karena stress berat

    ...tanpa nuclear ajach mengerikan, apalagiiiiii ???












    ... Xixixixixixixi :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keh Keh Keh.. ASKAR BergeLayut bisa bisa Berak di CELANA..

      Hapus
    2. ...pasti ngaduuuuu...ke Mama Ely dan Tante Rika

      ...dech











      ... Xixixixixixixi :-P

      Hapus
  5. Balasan
    1. ...ikuuuuuuut, tapi...berada dibawah naungan 6 PT diatas











      ... Xixixixixixixi :-P

      Hapus
    2. Pt pal sebaiknya bikin holding sendiri...spesialis maritime..,,indonesia ada sekitar 200 galangan kapal...pilih aja beberapa yg sangat maju kredibel....jadikan anak cabang pal

      Hapus
    3. ...harusnya, seperti itu











      ... Xixixixixixixi :-P

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Kayaknya memang kesitu arahnya. Nanti PT PAL yang jd leading sektornya membawahi semua galangan kapal senusantara...

      Hapus
    6. Semua sektor akan dibuatkan subholding, bahkan nantinya pihak swasta pun bisa ikut untuk join di dalamnya agar bisa mencari pasar baru di luar negeri yang pada akhirnya memacu superholding lebih mandiri walaupun tetap pertanggungjawaban terakhir kepada presiden

      Hapus
    7. Galangan kapal milik negara atau daerah ada berapa? Kalau mau dapat yg swasta juga, bakalan mahal tuh. Terutama yg dikelola dengan baik.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Heibat rasuah dan tipu tipu pencitraan iye lah...😁

      Asean mengetahuinya..πŸ˜‚

      Hapus
  7. ...Indonesia mempunyai 143 sektor BUMN ( Badan Usaha Milik Negara )...

    ...kalau Malayon Beruk, berapa yach ?











    ... Xixixixixixixi :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia takde langsung negara lain dalam dunia ni pun takde hanya INDON je mampu.... INDON...INDON.... Wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    2. Di malay pake cara kapitalis..private company yg kalo mau utang bisa ga terkontrol oleh pemerintah

      Di indonesia, industri primer dikuasai negara = rakyat

      Hapus
    3. Gempurwaria.. cam mane NYAMUK BERDAULAT UAV? lancar lancar aje ke? Wings nya aman ke? Tak korang songlap kan?

      Hahagaha

      Hapus
  8. sleding terus mafia2 birokrat bukan bidangnya ngikut bae

    BalasHapus
  9. HAHAHAHAHAHAHAHA....... KOTAK... Buruk gila bentuk dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...PUR, Malayon Beruk punya berapa BUMN ?











      ... Xixixixixixixi :-P

      Hapus
    2. serius memang buruk... kalau cantik saya kata cantik... tapi pesawat ni memang buruk design dia...

      Hapus
    3. Serius memang comel... tapi tank ini memang comel mau bilang apa..

      https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSPB-tpUnKrQJRHgXgt4zaijihNgn2efCiFHUVF6WW6ZtdO9Kzj

      Kahkahkah

      Hapus
    4. INDON ni saya lihat suka yang bentuk KOTAK KOTAK ya...Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    5. Riffle sapa ini
      serius memang buruk... kalau cantik saya kata cantik... tapi riffle ni memang buruk design dia...

      https://www.thefirearmblog.com/blog/2012/03/30/vb-berapi-lp06-worst-gun-design-ever/amp/

      BWAHAHAHAHAHA

      Hapus
    6. HAhahahahaha rifal tu dibuat oleh firma kecil jadi faham la... ini pesawat INDON yang dibanggai hakikatnya ia hanya kelihatan Buruk dan umpama bentuk KOTAK...Wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    7. Tayarnya tu dia guna tayar basikal ya... kecil sangat...HAhahahahahahaha

      Hapus
    8. Hahahaha
      Baru menyadari malon hanya punya firma kecik
      Bisanya hanya tertawa hakikatnya tak bisa buat.
      Lebih kelihatan buruk lagi dan umpama tin kosong

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
    9. Malaysia memang tiada INDUSTRI membuat design KOTAK yang ada hanya buat kenderaan perisai, membuat pesawat ringan, senjata dan kapal perang je....

      Tahniah atas design KOTAK yang jarang firma lain buat selain INDON Wkwkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    10. Ini protype light tank sapa yak?
      Kotak dan comel like impoten?
      Sungguh aku cakap tank ini sangat ugly design...

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/05/stride-developing-light-tank.html?m=1

      TIN KOSONG malon bina pesawat ringan, senjata dan kapal perang 🀣
      Uniform askar bersarong saja masih import dari indonesia.

      Tahniah atas tin kosong yang hanya cakap bual selau beruk malon
      Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    11. Gelak sangat aku...
      Ada beruk malon yang cakap malon bisa buat pesawat ringan, senjata dan kapal perang....

      Wkwkwkwkwk

      Hahahahaha

      Kohkohkoh

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    12. Sedangkan mat sabu saja cakap malon tertinggal massa dari indonesia dan perlu mencotoh indonesia dalam industri pertahanan.

      Sila menghayal gempurgila

      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    13. itu prototype sekadar model yang dibuat bukan yang betul betul lagi... yang pesawat tu memang dah wujud...ke kamu tak tahu beza model/replika kecil dengan yang dah betul betul siap...HAhahahahahahah INDON...INDON....Wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    14. Apa susahnya jer buat model atau replika dengan model yang cantik?

      Baru design model prototype saja malon tak bisa....

      Baru tahap ini saja malon sudah bisa dinilai kegoblokannya

      Malon malon

      Hahahahaha

      Hapus
    15. @gempurgila
      Kalau koment sertakan linknya.
      Cam aku yg selalu sertakan link
      Berani jawab tak tantangan aku

      Hahahahaha

      Hapus
    16. Kesian INDON lain kali banyakkan membaca supaya IQ tu lebih pintar...Wkwkwkwkwkw

      pesawat ringan buatan Malaysia Eagle 150B

      https://www.ctrm.com.my/ps_150b.php

      Hapus
    17. sila baca linknya...WKWKWKWKWKWKWK... INDON mana tahu apa selain KOTAK...Wkwkwkwkwkwkwk katanya INDON je buat pesawat...INDON..INDON...wkwkwkwkwkw

      Hapus
    18. Replika itu mungkin dibuat oleh mereka yang tidak berpengalaman dan anda tidak boleh memberi justifikasi itulah design yang akan terbentuk... ke kamu tak faham apa tu replika....Wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    19. Itu artinya kamu idiot dan penakut, tak mampu buktikan omongan kamu sendiri !

      Hanya tin kosong bisanya ngetrool

      Bodoh

      Hapus
    20. Nih cakap mat sabu....

      https://m.youtube.com/watch?v=0rinprpn_4Q

      Wkwkwkwkwkw

      Hapus
    21. Saya seorang engineer dan seorang arsitek.
      Sudah sering buat replika.

      Kamu sendiri apa kerjaan kamu gempurgila?

      Hapus
    22. saya dah bagi link tu bro kamu baca ka tidak...Wkwkwkwkwkw

      saya bagi lagi

      CTRM membina pesawat ringan Eagle 150B

      linknya
      https://www.ctrm.com.my/ps_150b.php

      Hapus
    23. Biasanya replika itu adalah dasar design dari suatu perencanaan.
      Dan design replika harus sama dengan design perencanaannya.

      Tapi tak taulah kalau dimalon sana mungkin antara prototype dengan design perencanaannya beda beda...

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
    24. Pesawat saya buatan Malaysia saya dah jelaskan, sekarang berkaitan kenderaan perisai termaju pula... Malaysia telah membina AV8 8x8 dengan kerjasama firma FNSS yang mana Malaysia telah membeli blueprint kenderaan armor ini membolehkan malaysia menghasilkan hingga ada keupayaan untuk menjual kenderaan perisai ni kepada negara luar yang mungkin mahukan kenderaan perisai ini tanpa perlu persetujuan Turki... kamu rasa itu apa....???? Wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    25. Oooh hanya pesawat comel eagle itu, hanya untuk 1 orang sahaje!

      Dikira pesawat penumpang atau militer?

      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    26. Ada bukti tak malon sudah jual alat tempur?

      Kenegara mana saja malon sudah berhasil export?

      Wkwkwkwk

      Hapus
    27. manakala kapal pula... malaysia dalm proses membina 6 kapal Halimunan termaju yang sekarang dalam pembinaan... bukan semi Stealth ya macam kapal INDON yang hanya 2 saja yang dibina dari perancangan 4...

      jadi disini saya nak beritahu yang HANYA INDON mampu buat peralatan Pertahanan ni dalam DUNIA...MENDONIA...Wkwkwkwkwkwkkw

      Hapus
    28. ehhhh... tak kisah la sudah jual ka tidak... yang pasti Malaysia boleh hasilkan... jadi jangan kata hanya INDON saja yang MENDONIA...Wkwkwkkwkwkwkw

      Hapus
    29. Lalu pengembangan kendaraan tempur ini dari blueprint apa yg sudah malon lakukan?

      Jangan hanya bisa beli blueprintnya saja dari turki.

      Saya pribadi pun bisa kalau hanya beli blueprintnya saja. Hal mudah itu

      Hapus
    30. Apa yang INDON biasa hanya mencuri design kenderaan perisai Perancis....???? Wkwkwkwkwkw

      AV8 dalam proses pengembangan dalam pelbagai versi... 25mm, 30mm, mortar 120mm, ambulance, ATGM, pengesan biologi dan beberapa versi lagi... ke INDON memang tak tahu...???? HAHahahahahahaha lain kali keluar dari tempurung tu lihat dunia luar.... Wkwkwkwkwkw

      Hapus
    31. Akhirnya kamu sendiri mengakuinya kan gempurgila dengan cakap "tak kisah la sudah jual ka tidak"

      Kalau negara malon itu hanya bisa setaraf mendatangkan tenaga kerja asing, beli blueprint dan mengklaim buatan tempatan!

      HAHAA....

      Hapus
    32. Dah la malas saya nak berdebat dengan kamu ni... semua benda kamu tak tahu... buang masa saja...

      Hapus
    33. tak kisah la beli blueprint ka... apa yang pasti ia diserap kedalam kemahiran teknologi pembuatan firma pertahanan Malaysia... ke kamu tak dapat terima hakikat.... Wkwkwkwkwkwkw Indon...INDON....

      Hapus
    34. Sifat budak malon memang pemalas!

      Kalau kalah debat jangan merempat, terima saja.

      Hapus
    35. Cakap mat sabu di youtube sudah kamu lihat tak....

      Itu jawaban kamu gempur!

      Hapus
    36. Mbok yo terima kenyataan saja kalo malon tu emg ga bisa bikin apa2 lagi

      Hapus
    37. Kamu gempur sudah mengakui "malas".

      jangan kamu kembali lagi kesini dan jangan beri koment.

      Kamu sudah saya kalahkan dalam debat ini

      Hapus
    38. Gempurwaria...gempita fnss tidak bakal laku di asia...barang mahal karena melayu malon suka rasuah macam najib/rosmah. Senjata pun sdh tertinggal dari Indonesia..poor malingsia ..budget ciput

      Hapus
    39. Say gempurgila...
      "Replika itu mungkin dibuat oleh mereka yang tidak berpengalaman"

      Secara tidak sadar gempurgila mengatakan bahwa malon itu belum berpengalaman.

      Bagi saya itu sudah cukup untuk mengatakan semua budak2 malon yg sering ngetrool disini itu hanya tin kosong nyaring bunyinya!

      Hapus
    40. Gempurjanda ne dh gila y...

      Coba lihat pesawat skyfan?
      Itu pesawt kotak apa g?

      Peswt d buat kotak itu ada maksudnya goblok...
      Biar kabin dlm lebih luas n muat kargo lbh banyak, mkanya d belakang ada rampdor...πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      Tolol bin stupid y malon kieeee...

      Lain halnya klo khusus buat penumpang...cenderung bilat n panjang agar lebih aerodinamis...mana ada ilmu bikin pesawat gn ybmalonsial


      πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    41. Om @Voltus

      Si gempurgila secara tak sadar diri mengatakan bahwa malon itu tidak berpengalaman.
      Jadi selain itu mereka hanya tin kosong.

      Karena iri dengki dengan indonesia

      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    42. Gempurwaria.. cam mane NYAMUK BERDAULAT UAV? lancar lancar aje ke? Wings nya aman ke? Tak korang songlap kan?

      Hahagaha

      Hapus
    43. pesawat model capung buat 2 orang.


      senjata jelek dikata firma kecik.
      tank desain kek kotak mayat dikata masih desain.
      FNSS AV8 dikata bikinan malay shit.


      tahniak malon, penjilat. tak nak yang jelek, yang maunya yang bagus bagus.


      gelak je liat gempurwira bahas pasal IQ, tak de hububgan IQ sama kepintaran.
      semua bermula dan berkembang dengan belajar.

      Hapus
    44. Malas berdebat atau tak punya otak kau beruk MALON

      Hapus
    45. Walaupun kotak tpi dah dibeli thailand, vietnam dan filipina..trus yg km banggain negara mana aja yg udah pake atau beli pur..??

      Hapus
    46. Walaupun kotak tpi dah dibeli thailand, vietnam dan filipina..trus yg km banggain negara mana aja yg udah pake atau beli pur..??

      Hapus
    47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    48. Yang confirm gempurwira. Kilang dorng bersepah. Dorng bangsa pengotor. Tngk la mro atsc lantai bersih, ikut SOP luad negara. ckp bengkel bersih tipu2 je. Bodo punye komen. Indon dan pengotor berpisah tiada

      Hapus
    49. Waw... bnyknyer negara yg tempah sampai 109. Listkan negara mane tu. Selain indon yg pakai. Klu dlm indon yg pkai nmpk sngt nk mengelak kan malu dari takde yg order...wkwkwkwk

      Hapus
    50. Otak beruk malon mah masih di bawah nya Simpanse jadi klo ngomong ya gak bakal nyambung namanya juga hewan gagal evolusi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    51. Makanya ko baca lon.. Itu ada negara kamu juga ... Kamu cakap negara kamu sampah pulak ke..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    52. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon semnag low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    53. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa susahnya jer buat model atau replika dengan model yang cantik?

      Baru design model prototype saja malon tak bisa

      Hahahahaha

      Hapus
    2. Cakap dg gw,mana ada malaysia indutri Pesawat, sedankan komen di mmp aja pada mengeluh ,pasal cesna mau di jadikan pesawat pengebom, para komentator mmp semua mengutuk menhan,militery malay tk de yg dapat di andalkan tk payah cerita lebih buat malu je,beli apapun cencel,

      Hapus
    3. hey. jangan asal ngomong

      malon punya perusahaan tampal setiker terbesar di dunia
      DERFTECH

      perusahaan pesawat terbang terbesar di asean
      AIROD

      perusahaaan penimbun kapal terbesar di asean BOUSTEAD


      yang semuanya berjaye sampe ke planet namex

      Hapus
    4. Hahahaha beruk MALON mau punya industri pesawat terbang, bayar saja dahulu hutang kau... Lama tak bayar tergantung leher kau terjerat hutang

      Hapus
    5. Bahkan dengan Kotak kotak pon sdh 109 pesawat yang sdh taraf LOI oleh beberapa negara..😁

      Nih bukti per Juni 2018...
      https://economy.okezone.com/read/2018/06/06/320/1907275/ptdi-terima-pesanan-109-unit-pesawat-n219

      Hapus
    6. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon semnag low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    7. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
    8. Seperti pepataj mendulang air tepercik ke muka sendiri, gempur, sebenarnya saya kasiha sekali dg sodara, akubat tidak ada lgi argumen yg berbobot sehingga sigempur byk ngetrol, blg design pesawat indonesia jelek, toh pesawat buatan indonesia jga dibeli, seharusny malaysia bisa lebih maju tpi nyatanya malaysia mundur, hanya megandalkn industri otomotif itupun sahamnya sdh dimiliki sebagian besar olh perusahaan china...wkwkek

      Hapus
  11. Kau GEMPURGILA, sudah mengakui "malas".

    jangan kamu kembali lagi kesini dan jangan beri koment.

    Kamu sudah saya kalahkan dalam debat ini.

    BalasHapus
  12. Produce very Ugly plane with stampal sticker. Systems, propeller, engine, tires, etc. are made outside of Indonesia. Then Indonesia will have to place a sticker on it and say MADE IN INDONESIA.


    IDIOT RIGHT???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gripen buatan mana ruk?
      Komponen gripen siapa yg buat?

      Boeing buatan mana ruk?
      Enjin boeing siapa yg buat?

      Just another idiot malay..

      Hapus
    2. ga bakalan nyantol mas, pepatah jawa mengatakan


      "cangkeme tonggo luweh landep"

      Hapus
    3. Ini satu lagi beruk goblok malon!
      Saya nak tanya malon, jawab drngan serius...

      Benderanya adalah bendera malaysia, lalu seluar dalam jalur gemilang ini apakah tidak boleh dikatakan buatan australia?

      Semua orang tahu bahwa "SELUAR DALAM JALUR GEMILANG" adalah buatan AUSTRALIA.

      Idiot itu jangan dipelihara, kalau tak tahu pasal industri senjata jangan banyak cakap malon!

      Nampaklah kebodohan kamu karena cakap mulut kamu sendiri!

      Hapus
    4. TUDM dengan bangganya menggunakan CN-235 sebagai angkut VIP. Membawa para babi sultan, beruk homo PM dan banci kaleng karatan panglima ATM

      Hapus
    5. 60% brng gripen buatan saab. Tp indon bodynya aja buatn indog. Lain2 semua luar. Masih bole claim buatan indog

      Hapus
    6. Daripada Gempita CBU turki ditimpa stiker langsung diklaim buatan Malaycheat

      Hapus
    7. Bahkan dengan Kotak kotak pon sdh 109 pesawat yang sdh taraf LOI oleh beberapa negara..😁

      Nih bukti per Juni 2018...
      https://economy.okezone.com/read/2018/06/06/320/1907275/ptdi-terima-pesanan-109-unit-pesawat-n219

      Hapus
    8. Waw... bnyknyer negara yg tempah dampai 109. Listkan negara mane tu. Selain indon yg pakai. Klu dlm indon yg pkai nmpk sngt nk mengelak kan malu dsri takde yg order...wkwkwkwk

      Hapus
    9. πŸ‘†ada yg kepanasan menyaksikan kemajuan teknology alutsista TNI πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    10. Makanya ko baca lon.. Itu ada negara kamu juga ... Kamu cakap negara kamu sampah pulak ke..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon sembnag low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    12. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
  13. I would rather choose WW2 Airplane like Douglas c-47 skytrain as good design than of made by IDIOT INDONS which is very Ugly.


    Funny right???



    WKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Funny right and jealousy.... Asean knows it..😁

      Hapus
    2. monggo beli skytrain saja.

      jangan sampai beli ya nanti, kalau jadi beli nangis nangis ntar

      Hapus
    3. I would rather choose WW2 light tank as good design than of made by IDIOT MALON which is very Ugly.

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/05/stride-developing-light-tank.html?m=1

      SO FUNNY RIGHT !!!

      WKWKWKWKWKWK

      Hapus
    4. Mau beli C-130 atau C-47 ex gurun tetap saja bayar upgrade. Tak mampu bayar upgrade lebih pakai layang layang saja

      Hapus
    5. C-47 skytrain di sini udah jadi museum. Kalo yg kotak2 itu sudah dibeli Sama Vietnam, yg make cost guard mereka

      Hapus
    6. Disini masih ada yg nerbangin kok, pesawat FASI yg namanya den mbei masih diterbangkan untuk penerjunan

      Hapus
  14. Look at the design??

    Its like a storage BOX. funny right?? UGLY RIGHT??


    WKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Funny right and jealousy.... Asean knows it..😁

      Hapus
    2. Look at the design??

      Its like a storage BOX. funny right?? UGLY RIGHT??

      http://defense-studies.blogspot.com/2019/05/stride-developing-light-tank.html?m=1

      https://www.google.com/amp/s/www.grid.id/amp/04878007/vb-berapi-lp06-senapan-berdesain-buruk-dan-konyol-buatan-malaysia-yang-jadi-olok-olokkan-dunia

      WKWKWKWKWKWKWK

      Hapus
    3. Another project rasuah from STRIDE... Light tank like coffin powered porton engine 400 HP, armed with taming sari missile and body armour using scorpion tanks grounded

      Hapus
    4. Stride ini yg bikin taming sari juga ya?

      Hapus
    5. Yoi bro... Taming sari missile setelah parade menghilang begitu saja

      Hapus
    6. Bahkan dengan Kotak kotak pon sdh 109 pesawat yang sdh taraf LOI oleh beberapa negara..😁

      Nih bukti per Juni 2018...
      https://economy.okezone.com/read/2018/06/06/320/1907275/ptdi-terima-pesanan-109-unit-pesawat-n219

      Hapus
    7. Waw... bnyknyer negara yg tempah dampai 109. Listkan negara mane tu. Selain indon yg pakai. Klu dlm indon yg pkai nmpk sngt nk mengelak kan malu dari takde yg order...wkwkwkwk

      Hapus
    8. Makanya ko baca lon.. Itu ada negara kamu juga ... Kamu cakap negara kamu sampah pulak ke..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon sembang low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    10. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
  15. Gempurwaria.. cam mane NYAMUK BERDAULAT UAV? lancar lancar aje ke? Wings nya aman ke? Tak korang songlap kan?

    Hahagaha

    BalasHapus
  16. Gabung sekarang juga di ESIABET Situs Judi Online Terpercaya dan Berlisensi Resmi di Asia.

    Minimal Deposit & Withdraw 25.000
    Support bank BCA, Mandiri, BNI, BRI

    Kelebihan ESIABET
    SPESIAL BONUS : - UANG TUNAI SEBESAR 2.000.000
    - BONUS MEMBER BARU 20%
    - BONUS CASHBACK MINGGUAN 5% - 10%
    - BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0.5%
    - BONUS REFERRAL 5%
    - Mega Jackpot Rp 60 JUTA

    Permainan di ESIABET 1 ID untuk Semua Games :
    πŸ’° SPORTBOOK
    πŸ’° LIVE CASINO
    πŸ’° POKER ONLINE
    πŸ’° TOGEL SGP
    πŸ’° SABUNG AYAM
    πŸ’° SLOT GAMES
    ▬▬▬▬
    🀳Hubungi kami segera :
    ☎Whatapps: +85569988390
    πŸ“‘FB : ARENABOLAKU
    πŸ“±IG = BANDARESIABET303
    Link Alternatif :
    ◘ www,esiabet,live
    ◘ www,esiabet,club
    Versi Mobile :
    ◘ m,esiabet,live
    ◘ m,esiabet,club
    ▬▬▬▬
    DAFTAR .. BERMAIN .. dan MENANG‼πŸ‘ŒπŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf negri kami HARAM berbagai jenis JUDI, silahkan ke negri tamadun (MalonDog) dimana judi itu HALLAL

      Hapus
    2. Tamadun malon cuman 100thn doank

      thn 1400-1511...sebelumnya adalah bagian dari kerajaan maritim sriwijaya dan majapahit selama 500tahun (abad ke 8-13), kedah itu pangkalan laut sriwijaya bro..mangkanya mereka tidak ada budaya asli..semua dari indonesia..hahaha

      Hapus
  17. If you compared Indonesias PTDI from Boeing Airbus Embraer Dassault Textron Gulfstream etc. I may say that its a big difference. Why?

    Those Aircraft manufacturer have an average of 70 to 150 aircraft per year produce in a a double customer from military to commercial one as compared to PTDI which is only 1 unit build without any compromise.
    In short, Indonesia is just carry the name on it but reality wise this PTDI is a stupid company. The factors are:

    1. PREVIOUS customer are not satisfied of the quality of PTDI produce.
    2. Delayed production and delivery to customer.
    3. Lack of customer service.
    4. Quality is in the lowest level (Poor).
    5. 95% of component are produce by foreign supplier.
    6. Not a good design.
    7. Basic operational standard.
    8. Not suitable for EU use.
    9. FAA + grade is not suitable for continous operation.
    10. The manufacturer (PTDI) has corruptions issue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jayalah indonesia raya

      Malay semenanjung tertinggal jauuuh..
      Hahahaha

      Hapus
    2. That company does have it's problems, but I don't think you know what they are. Only a few on that list hits (maybe grazes) a mark. But the major one isn't listed.

      Hapus
    3. NO LINKS IS HOAX AND MALON KING OF THE KING HOAX.

      Kedah class diorder 22 unit tapi yg terbangun hanyalah 6 unit saja dimana saat pembangunan unit pertama dan kedua PSC-Naval yg ditunjuk sebagai kontraktor mulai kepayahan dan anggaran pembuatan kedah class dikorupsi. PSC-Naval limbung dan tutup akhirnya PSC-Naval diambil alih Boustead SDN BHD. Seperti keledai yg jatuh ditempat yg sama berulang kali begitu pula Boustead tampak mulai kesulitan menyeleaaikan maharajarogol class, kapal yg telah diluncurkan harus ditarik pula ke galangan dan ditunda hingga 2021 hal yang sama terus terulang... Drama korupsi tiada henti hentinya

      SHAME ON YOU IDIOT MALON MORON

      Hapus
    4. Malon bahkan membandingkan PT DI sama Boeing.. Bukan dengan Manufaktur malays sendiri... Tak punya ya lon..πŸ˜‚

      Malu sama asean lon...😁

      Hapus
    5. Bahkan dengan Kotak kotak pon sdh 109 pesawat yang sdh taraf LOI oleh beberapa negara..😁

      Nih bukti per Juni 2018...
      https://economy.okezone.com/read/2018/06/06/320/1907275/ptdi-terima-pesanan-109-unit-pesawat-n219

      Hapus
    6. Waw... bnyknyer negara yg tempah sampai 109. Listkan negara mane tu. Selain indon yg pakai. Klu dlm indon yg pkai nmpk sngt nk mengelak kan malu dari takde yg order...wkwkwkwk

      Hapus
    7. Makanya ko baca lon.. Itu ada negara kamu juga ... Kamu cakap negara kamu sampah pulak ke..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon semnbang low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    9. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
  18. Gempurwaria kebanyakan melancap...onani otak je kerjenya. Cakap bual bebuih2 takde bukti. Otak tampal stiker doank....hikhikhik

    BalasHapus
  19. Kasian Malon sampai menginggau muka pengen jadi negara maju, kuasa tehnologi penerbangan dan perkapalan very low di banding PTDI dan pal

    BalasHapus
  20. Bahkan dengan Kotak kotak pon sdh 109 pesawat yang sdh taraf LOI oleh beberapa negara..😁

    Nih bukti per Juni 2018...
    https://economy.okezone.com/read/2018/06/06/320/1907275/ptdi-terima-pesanan-109-unit-pesawat-n219

    BalasHapus
  21. Waw... bnyknyer negara yg tempah sampai 109. Listkan negara mane tu. Selain indon yg pakai. Klu dlm indon yg pkai nmpk sngt nk mengelak kan malu dari takde yg order...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘† ngetrol di saat sepi πŸ˜†πŸ˜† hanya kaum beruk lah yg braninya saat sepi, dasar pecundang

      Hapus
    2. Makanya ko baca lon.. Itu ada negara kamu juga ... Kamu cakap negata kamu sampah pulak ke..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bile mase negara aku nk beli. Ko shre je negara mane dh temph selain indon. Brani share la... wkwkwkwk benda takde ckp ade... wkwkwkwk sembang indon sembang low IQ... wkwkwkwk

      Hapus
    4. Sudah export alat pertahanan apa malonsia sampai Harini? Jawab dunkπŸ˜€

      Hapus
    5. Nanti ku hantar link ko jilat ludah sendiri. Itu tahun 2018. Yang terbaru belum ku hantar ada permintaan malays aka N219...😁

      Hapus
    6. Ini linknya

      https://bisnis.tempo.co/read/726822/delapan-unit-pesawat-n219-buatan-ptdi-dipesan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwinj-S7l9riAhWUeisKHWNkBegQFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw1XA04PX6nS5pxZ4Y8w-nPJ

      Hapus
    7. https://swa.co.id/swa/trends/management/delapan-unit-pesawat-n219-buatan-ptdi-dipesan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwiBrK-hmNriAhXPfCsKHQJSBmw4ChAWMAJ6BAgJEAE&usg=AOvVaw3261Q5ep2AlJRR9dUP2q7k

      Hapus
    8. Yah keduluan JJ. Wakakakkk.. Ada beruk jilat ludah karna cakap negerinya sampah...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


      Harta salah satu beruk malays paking idiot yg pernah ada....setelahnya ya si gempur dan maha...πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  22. Negara Beruk BERSARONG MalaysiaL jangan kan bikin pesawat terbang,,makanan pokok pisang pon harus di impor dari sini,, begitu malaskah Beruk BERSARONG.. Kehkehkeh...

    BalasHapus
  23. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  24. 8 unit je sdh di pesan perusahan MALAYSIA. setelah 8 unit diserah terima kami akan tambah 40 unit lagi.... https://bisnis.tempo.co/read/726822/delapan-unit-pesawat-n219-buatan-ptdi-dipesan-malaysia


    Hai teman teman ada beruk yang mau jilat ludah sendiri... Sila tengok si harta rasuah ni..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  25. Tengok tajuk ini... Teringat Motto "Malassia boleh"...😁

    Boleh klaim
    Boleh rasuah
    Boleh tampal stiker
    Boleh tipu tipu
    Boleh maling
    Boleh hutang...

    Dan seterusnya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  26. Numpang ya min ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus New Member 50%
    Bonus next deposit 5%
    Bonus rilingan 0,5%
    dan masik banyak yang lainnya bossku
    Penasaran!!! coba aja dulu.. biar gk penasaran.

    BalasHapus