18 Mei 2009

Kombinasi Unik Korvet Nasional

23 November 2006

Rancangan Korvet Nasional kerjasama dengan Finncantieri (photo : PAL)

Pernah dengar program pembangunan Korvet Nasional yang pernah dicanangkan beberapa waktu lalu? Bila pernah, ada sejumlah info menarik dalam program kerja bareng antara Italia dan RI itu. Sesuai dengan ilustrasi grafis Korvet Nasional yang terpajang pada stand Fincantieri, kapal ini mengusung kombinasi unik dalam persenjataannya.

Mulai dari depan, disini tertanam merima kaliber 100 mm buatan Rusia. Bila merujuk pada kapal sejenis yang saat ini sudah masuk dinas operasional AL Italia, umumnya kapal dibekali dengan meriam buatan barat. Tipenya bisa meriam kaliber 127 mm atau 76 mm quick firing buatan Oto Melara.

Berlanjut ke bagian tengah, pada lokasi ini baru direncanakan tempat pelontar rudal antikapal. Soal tipe bisa beragam jenisnya. Bisa saja rudal Exocet atau rudal-rudal sejenis buatan Cina dan Rusia.

Bergerak ke belakang tertanam sistem pelontar rudal antipesawat Albatros. Khusus untuk yang satu ini, pihak pabrikan mengakui kesulitan untuk merombak sistem yang telah ada. Namun ganjalan itu rupanya tak berlaku bagi elemen bela diri jarak dekat. Lazim disebut sebagai arsenal CIWS, pertahanan jarak dekat Korvet Nasional mengandalkan kombinasi kanon tembak cepat kaliber 20 mm buatan Oto Melara dengan sejumlah rudal antipesawat jarak dekat, Igla. (Dody Aviantara)

(Angkasa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar