29 Mei 2009

TNI AL Tambah Kekuatan Armada Patroli

18 Juni 2008
Kapal Patroli Sea Hunter (photo : Defense Studies)

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, SE mengatakan, dua (Kapal Angkatan Laut) KAL 12 meter/ Sea Hunter KAL Tanjung Bara dan KAL Pulau Lengkuas produksi Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Jakarta diserahterimakan dari Kepala Fasharkan Jakarta Kolonel Laut (T) Sudarmoko kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Mashyuri Ishak, S.IP di kantor Fasharkan Jakarta, Pondok dayung, Rabu (18/6). Kedua KAL tersebut selanjutnya akan memperkuat unsur Patroli Keamanan Laut Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung dan Lanal Sangatta yang diterima oleh Danlanal bangka Belitung Letkol Laut (P) Edi Sucipto.

Lebih lanjut dikatakan Kadispenal, kedua kapal ini merupakan produksi fasharkan Jakarta yang telah ditingkatkan kemampuannya dari produksi sebelumnya. Langkah ini merupakan upaya Transfer Of Technology (ToT) dalam pembuatan kapal dikelasnya. Kemampuan KAL Sea Hunter berukuran panjang 12 meter dan lebar 2,7 meter serta tinggi 1,18 meter diperuntukkan untuk keperluan patroli cepat dengan kecepatan maksimum 38 knot dan kecepatan jelajah mencapai 21,5 knot serta dilengkapi dengan peralatan navigasi radar dan Global Positioning System (GPS).

“Dengan desain yang ramping dan aerodinamis, kapal patroli jenis ini memungkinkan untuk melakukan manuver di wilayah perairan sempit terutama untuk mendukung pangkalan Angkatan Laut dalam melakukan patroli pengamanan laut di sekitar pantai”, jelas Kadispenal.

Desain konstruksi Sea Hunter lanjut Kadispenal terbuat dari Fiberglass Reinforced Polyester (FRP) dengan polyester resin untuk aplikasi kelautan (marine). Kapal patroli ini diawaki oleh 4 orang ABK dan mampu mengangkut 10 orang penumpang.
Sea Hunter tengah menjalani uji coba (photo : TNI-AL)

Usai upacara serah terima kapal, Kadismatal beserta undangan lain melakukan uji coba menggunakan kedua kapal tersebut di wilayah perairan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

(TNI-AL)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar