15 Januari 2018

Menteri BUMN Ingin Pesawat N219 Terbang secara Komersil di 2019

15 Januari 2018


Pesawat N-219 Nurtanio (photo : Mylesat)

Rini Soemarno Ingin Pesawat N219 Terbang secara Komersil di 2019

TEMPO.CO, Jayapura - Produksi pesawat N219 buatan anak bangsa akan segera selesai. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan produksi pesawat itu selesai pada akhir kuartal pertama tahun depan.

Dia berharap pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia mulai terbang secara komersial di tahun 2019.

Rini memperkirakan akhir tahun ini uji sertifikasi Kementerian Perhubungan selesai.

"(Pesawat) sudah sangat layak,” kata dia saat di Jayapura, Jumat 12 Januari 2018.

Rini telah membicarakan produksi pesawat N219 bersama dengan Kementerian Perhubungan. Menurut dia, pesawat ini dapat disejajarkan dengan pesawat jenis twin otter. Seperti pesawat twin otter, Rini menuturkan N219 dapat terbang di landasan runway pendek dengan kecepatan rendah.

Direktur Niaga PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani mengatakan sebagian pemerintah daerah tertarik dengan pesawat perintis tersebut . Menurut dia, pembicaraan sementara sudah mengerucut pada jumlah kebutuhan minimum pesawat. Di antara pemda yang tertarik adalah Kalimatan Utara, Aceh dan Papua.

"Kebanyakan daerahnya secara infrastruktur itu remote, jalannya kurang begitu bagus," kata dia di Bandung, Selasa 9 Januari 2018 menjelaskan pesawat N219.

10 komentar:

  1. wah semangat sekali menteri ini yach, maonya serba cepat uda gak sabar dagang sich, salut haha!😊😊😊.
    namun apakah sblom bikin stetmen diatas, bliau uda di brief dulu ama fetedei?
    kerna setau guwe spy bisa terbang komersil, jalurnya masih panjang. bkn hanya sertifikasi Kementerian Perhubungan.
    kalo blom dpt sertifikasi dari European Aviation Safety Agency (EASA) dan Federal Aviation Administration (FAA) liat aja apa yg terjadi ama 2 n250 yg nongkrong mlolo d hanggar fetedei haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€.

    perkiraan guwe tak mungkin bs terbang komersil taon depan, tp diatas >2020 baru percaye haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰.
    fetedei perlu siapin 2 prototaip n219 lagi utk diuji coba ratusan jam terbang per prototaip. artinya mrk butuh waktu & dana lagi bu menteri haha!πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

    yak silakan bos2 fetedei berdoa agar janji ERBAS mao bantu uji layak jadi kenyataan, kalo enggak tar guwe bantuin fentungin dech, bkn erbasnya lho tp bos2 & mantan bos fetedei haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    buat karyawan fetedei, kleian xlalu diπŸ’πŸ’πŸ’, trutama yg aweweeee euy haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kemarin om aq skak mat forumer tetangga yg bilang lebih susah dan sulit bina MRO pesawat dari pada design dan bina pesawat baru om

      Hapus
    2. fentungin ajah yg ngemenk gt om pit haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
    3. kalo mro pesawat kita ada banyak dan ada yg super moderen lahπŸ€—πŸ€—πŸ€—

      spesialis fetedei ituw manufaktur pesawat. ituw pun jenisnya terbatas.
      kalo perusahaan mro jg terbatas, tdk smua jenis pesawat dilayani, berkaitan dgn sertifikasi teknisi soalnyeπŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      utk pesawat militer tni py sendiri. di masing2 lanud & matra, ada skadron tehnik utk melayani tipe pesawat tertentu & pesawat komersil, ada bbrp maskapai bumn & swasta py sendiri2 diantaranya GMF, BAT dll.

      perusahaan mro itu menjadi penting, bila punya kelengkapan sucad digudangnya. tanpa sucad, bisa gulung tiker haha!😚😚😚

      Hapus
    4. Maklum mereka belum pengalaman bina pesawat baru. Harap maklum ya temen2.

      Hapus
  2. malaysie juga ada pesawat macam nie....guna enjin proton.....tapi tak de kipas...guna kain layar jer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...ada2 sahaje om daru ni buat ngakak gw

      Hapus
    2. Wkwkwkwk. Proton malah jadi PROTOL.. bro..

      Hapus