18 Januari 2018

Kendaraan KAPA dan LVT-7A1 Latihan Menjelang Berangkat ke Bima

18 Januari 2018


Uji kendaraan KAPA K-61 dan LVT-7 Korps Marinir (all photos : Korps Marinir)

Kendaraan Tempur Batalyon KAPA-1 MAR Diuji Arung Laut

Dispen Kormar (Surabaya). sebanyak 9 unit Kendaraan Tempur (Ranpur) Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri-1 Marinir (Kapa-1 Mar) di uji arung laut, dalam rangka kesiapan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) III TW IV TA. 2017 di Dermaga Satfib Koarmatim Semampir Ujung Surabaya. Selasa, (16/01/2018).

Ranpur yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berjenis Ranpur Kapa 61 dimana kemampuan dari kendaraan Kapa 61 ini selain kendaraan amfibi adalah dapat mengangkut material tempur Howitser maupun kendaraan taktis (Rantis) dari Kapal perang menuju daratan dalam sebuah serbuan di pantai pendaratan yang dikuasai musuh.


Uji arung Ranpur Kapa 61 ini bertujuan, untuk melihat kesiapan Ranpur dan personil dalam menyongsong latihan LSL III TW IV TA.2017 yang direncanakan bertempat di Kota Bima Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini seperti yang disampaikan oleh perwira Seksi Operasi (Pasiops) Batalyon Kapa-1 Mar Mayor Mar I. Wayan .AP. yang juga bertindak selaku Perwira Penasehat Latihan  (Palaklat) Uji Layak Ranpur Kapa 61.

Selain jajaran Batalyon Kapa-1 Mar kegiatan ini turut melibatkan 1 Tim dari Batalyon Intai Amfibi-1 Mar dan 1 Tim dari Batalyon Kesehatan-1 Mar, serta disaksikan langsung oleh Komandan Batalyon Kapa-1 Mar Letkol Mar Muhson S.E.M.Tr.Hanla. yang juga bertindak selaku Pimpinan Latihan LSL III TW IV TA.2017. (Marinir)



Batalyon RANRATFIB-1 MAR Laksanakan Uji Arung Ranpur LVT-7A1

Dispen Kormar (Jakarta). Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi-1 Marinir (Ranratfib-1 Mar) melaksanakan Uji arung 5 Unit Kendaraan Tempur (Ranpur) LVT-7A1 bertempat di kolam rampa Detasemen Pemeliharaan (Denhar) Karangpilang Surabaya, Senin (15/01/2018). 

Uji Arung dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan material tempur khususnya Ranpur LVT-7A1 guna mendukung Latihan Pendaratan Triwulan (TW) IV Tahun 2017 yang rencananya akan di gelar di kota Bima.

Kegiatan diawali dengan penyiapan Ranpur terlebih dahulu oleh kru material masing-masing sebelum melaksanakan Uji Arung, serta mengecek pompa penyedot air yang ada di Ranpur. Usai melaksanakan penyiapan Ranpur kemudian dilanjutkan dengan uji Arung yang di laksanakan di Kolam uji arung Denhar Karangpilang Surabaya.



Dalam pelaksanannya, uji arung ini langsung diawasi oleh Tim Harwat Batalyon Ranratfib-1 Mar yang di bantu oleh Tim SAR dari Batalyon Intai Amfibi -1 Marinir (Taifib-1Mar) dan satu Tim kesehatan dari Batalyon Kesehatan-1 Marinir. 

Hadir dalam kegiatan ini Danyon Ranratfib-1 Mar Mayor Mar Agus Setiadi,S.H.,M.Tr.Hanla, Perwira Seksi Operasional Batalyon Ranratfib-1 Mar Kapten Mar Yalesesa Milwa Suga. (Marinir)


Batalyon KAPA-1 MAR Gelar Latihan PMDB KAPA di Kesatrian Sopraptono

Dispen Kormar (Surabaya). Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri-1 Marinir (Kapa-1 Mar) mengelar latihan Pelayanan Meriam Dinas Baterai (PMDB) Kapa di Kesatrian Soepraptono Semarung Ujung Surabaya. Rabu,(17/01/2018).



PMDB Kapa ini merupakan kegiatan latihan yang melibatkan dua unsur satuan yaitu Batalyon Kapa-1 Mar dan Batalyon Howitser-1 Mar dimana sesuai fungsi Korps Marinir sebagai pasukan pendarat, maka kerjasama antar satuan saling memegang peran di tiap bagian masing masing, hal ini menunjukkan bahwa Korps Marinir adalah satu.


Kegiatan yang melibatkan Kendaraan Tempur (Ranpur) Kapa 61 dengan Meriam Howitser 105 mm ini, disaksikan langsung oleh Komandan Batalyon Kapa-1 Mar Letkol Mar Muhson S.E.M.Tr.Hanla., yang didampingi oleh Perwira Seksi Operasi Batalyon Kapa-1 Mar Mayor Mar I Wayan Agus P. dan bertindak selaku perwira pelaksana latihan Kapten Mar Ahmad Saiful Anwar.



Menurut Komandan Batalyon Kapa-1 Mar maksud dan tujuan digelarnya latihan PMDB Kapa ini adalah untuk memberikan pengertian kepada seluruh personil yang terlibat latihan, tentang prosedur dan tata kerja PMDB Kapa agar dapat digunakan sebagai pedoman bagi setiap prajurit dalam melaksanakan tugas baik didarat maupun di laut, sehingga dapat tercapai hasil yang baik.



“Tetap jaga keselamatan dalam bekerja, dan asah terus kemampuan kalian dalam menjalankan semua problem yang dilatihkan, sehingga hasil dari kegiatan ini bisa dijadikan patokan tentang kesiapan kalian dalam menjalani tugas operasi maupun latihan nantinya” pungkas perwira berpangkat Letkol Marinir.  (Marinir)

64 komentar:

  1. Latihan bersama ini patut di Adakan oleh tni masuk "tong puji angkat diri sendiri lepas itu ketuk tong ix ix ix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malay tak de corp marine ckckck...nak lakukan exercise amphibiouspun malaysia tak de kebolehan kerana tak de corp marine n kereta kebal amphibious

      Hapus
    2. tank kebal kali om pit cem bmp 3f/pt76, kalo kereta apa gak kepanjangan tuch, 2 gerbong masok aer laot masinis kabor habis crita haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. Palu@ menurut bahasa om mahat di habitatnya dia berada,panser tuh artinya kereta kebal,tank baru kereta perisai,kl kereta api artinya lori om hehe

      Hapus
    4. haiya om palu..dlm bhs melayu...kereta yg panjang itu keretapi om..kereta gak panjang lah..

      kereta itu dlm bhasa inggeris car om palu..
      cthnya

      railroad car : kereta api
      cable car : kereta kabel
      horse car : kereta kuda
      BMW car : kereta BMW

      tank itukan gak ada sblm ww1..jadi kerana ia bfungsi utk transportasi juga..Kami panggil kereta kebal...


      Hapus
    5. haiya om palu..dlm bhs melayu...kereta yg panjang itu keretapi om..kereta gak panjang lah..

      kereta itu dlm bhasa inggeris car om palu..
      cthnya

      railroad car : kereta api
      cable car : kereta kabel
      horse car : kereta kuda
      BMW car : kereta BMW

      tank itukan gak ada sblm ww1..jadi kerana ia bfungsi utk transportasi juga..Kami panggil kereta kebal...


      Hapus
    6. Oooo antara ngerti ama tamba bingung guwe haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      makasi yach om2, bisuk2 kita lanjutin lagi pelajarannya oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
    7. hahaha...itu bhs melayu om palu..wajar lah klu om bingung..coba deh bhs om palu...

      car : Mobil
      BMW car : mobil BMW
      Horse car : kereta kuda ??
      Cable car : Mobil kabel??
      railroad car : Mobil ????

      sorry om palu..ane ikut bingung juga nih..hahahaha...

      Hapus
    8. kalo bgitu marikita ngopi aja yuk, tak perlu pusing pusing eh bingung deng haha!☕☕☕

      Hapus
  2. Lihat dulu lah distronya marinir khusus amphibious cars :

    PT76 = 70 unit
    AMX10 = 54 unit
    BTR50 = 70 unit
    BMP2 = 40 unit
    BMP3 = 54 unit
    LVTP = 15 unit
    BTR4 = 5 unit
    BTR80 = 12 unit
    Kappa = Unknown

    Kayane harus akusisi 50 unit LVTP lah beli dari Korea sekalian license.. daripada beli dari Russia... apa tuh namanya ? BT3F ? hehehehehe

    Itu kenapa Kappa unknown ya ? rahasia kah ?
    hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marinir emang kesemsem dengan performa lvtp7, makay pernah ada yg bertanya kenapa tidak membeli lvtp 7 yang baru dari amerika , jawaban marinir karena harga yg mahal yg membuat marinir tidak minat akuisisi lvtp 7 , tapi menurut pribadi saya seperti y amerika setengah2 memberikan ltvp 7 kepada marinir, lihat aja hibah dari korsel dari 35 unit yg di janjikan hanya 25 unit yg di ijinkan amerika, marinir dengan amerika itu kurang dekat , amerika itu dekat dengan tni AD, lihat aja setiap latihan marinir dengan marinir amerika lom pernah satu kalipun saya lihat bmp3f di diterjunkan, tapi marinir lebih memilih lvtp 7, seperti kasus sukhoi yg di ikutkan latihan pasti f16/hawk

      Hapus
    2. Boro-boro order LVT-7 baru.
      Sisa hibah LVT-7 dari Korsel aja ga kuat bayar ongkirnya.

      Mungkin mahal ongkirnya dibanding harga bekasannya. :p

      Hapus
    3. Di Asean yg punya LVTP selain Indonesia mana lagi ya ? Singapore atau Philipina ? Benarkah Malaysia tidak memiliki amphibious tank ? Adnan kan amfibi yak ? Sparringnya Arisgator.. hehehehe

      Hapus
    4. kita sangguplah, kalo cuman ongkir doank, tinggal lepas 2 lpd beres om haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. yg berat ijin dr kongres/kemhan amrik, marinir kita kan ogah diatur2 sono. aman ambil dari ruski ato negara non nato.
      eh itu konconya opa rr dateng, kan doi marinir, kaliaja bawa "sesuatuh" haha!πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

      tapi emank harganya amit2,saat ini diatas embiti kalo liat kontrak filipin yak om super.

      kemaren ada liat daftar blanja alutsista 2017, utk tank amfibi kita nambah 27 bijik bmp 3f, nilai kontrak $108jt ato = $4jt/ bijik

      22 Unit Ranpur Angkut Personel nilai kontrak $62.5jt= $2.84jt/bijik
      sepertinya kita jadi ambil apc dari ruski. kalo dari yukrein harganya dibawah itu.
      artinya marinir tetep akusisi roda rantai drpd panser buat ganti si bt gocap asyik haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      buat panser, mungkin marinir masi nunggu anoa amfibi sajalah, nurut pangti haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. gempita kan amfibi, tp pars gak dipake ama turki, mrk masi doyan pake btr 80 haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Yup, pinoy cuma ambil 6 ekor, pas buat 2xLPD. Itupun LVT dari Korsel. :p

      Hapus
    7. Ralat, pinoy ambil 8 ekor.

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Ni data dikira sekali yg dah masuk tong sampah ke...keh keh keh

      Hapus
    10. Jangan ketakutan lon itu baru corps marine Indonesia.. belum yang angkatan darat kah kah kah..

      Hapus
    11. yoi om MD, dan kita nambah terus, makin moderen tentangga silakan ngiler haha!🀀🀀🀀

      Hapus
    12. Dein@ malay tak de kereta kebal amphibious,jgn iri ko Wkwkwk

      Hapus
    13. Bener om palu malon makin ngeces wakikikik

      Hapus
  3. udah buruk aset asetnya.. nampak macam bebek je... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie,Cie...sibmas,condor zaman jepun tuh cem mn pakcik Wkwkwk

      Hapus
    2. Ya gak papa, dari pada gak punya blas pak cik. :p

      Hapus
    3. bialin yg penting punya dan berguna wueeπŸ˜›πŸ˜›πŸ˜› daripada om deindeng gak punya, marine forceπŸ––πŸ––πŸ–– haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»
      gak ada yg bisa menghentikan laju pasukan kami, darat, laut & udara haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      leguan
      https://indomiliter.files.wordpress.com/2014/09/20121022-spr_senior_lcpl_nicholson_golden_egg_mgb_consent_y-u1.jpg

      ponton! siyaappp
      http://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2016/11/M3_amphibious_bridge_United_Kingdom_British_army_001.jpg


      yang gak punya cem om deindeng nich guwe siapin pisank sambil nonton ngilerrr haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌v

      Hapus
    4. Dalam hati nya malon seekor itu.. haibat ya Jiran punya kor Marin lengkap pula.. malon bila? Kih kih kih...

      Hapus
    5. Hahahhaha indon sudah sentap.. nampak sngat hati tisu.. ni mesti jenis tengok sinetron sambil nangis nangis ka... kah kah kah

      Hapus
    6. Yang nangis itu yang tak punya kor Marin dan bujet military hanya setarap polis Indonesia wakikikik

      Hapus
    7. Malon tampak sekali iri hatinya...
      Budget kecik dibagi 5 disonglap pulak... kesian ko lon... kehkehkehkeh...

      Hapus
    8. Malon bagaikan pungguk merindukan bulan,nafsu besar tenaga kurang Wkwkwk

      Hapus
  4. kesian malaysie tak de marine corp
    alasan????
    1.tak de wang
    2.tak pandai berenang
    3.air sejuk...malaysie malas mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk..kambing dong tak pandai renang n malas mandi Wkwkwk

      Hapus
    2. Takpe la janji kami pernah tangkap team katak akan berudu indo yg melanun di selat melaka.. 70 nelayan seberang pun dpt tangkap juga.. haahhahaha

      Hapus
    3. Claim pernah tangkap.. dengan nelayan China saja tercirit kih kih kih

      Hapus
    4. Hihihi malon menghibur diri... kerajaannya miskin takde wang.. salam songlap budget kecik hutang pin 70 peratus hekhekhek...

      Hapus
    5. Eleh,cakap banyak ko dein,nak hadapi nelayan cina sahaje ATM takut,lari tercirit2 Wkwkwk...salam budget kecik di bagi 5 Wkwkwk

      Hapus
    6. Lochit marthin tu apa bro suwanduru?

      Hapus
  5. bentar lagi menhan amrik james mattis mo dtg. moga2 aja nawarin lvt7 maning buat marinir ahayy haha!πŸ™πŸ™πŸ™
    dan tentu perkakas laen dr amrik f35 kek disertai c17 jg donk haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    mattis kan mantan marinir amrik. hanya marinir yg py "marines brotherhood seduniya" haha! semper fi koboi🀠🀠🀠

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain kegiatan nanti di bima, marinir latihan terus hore haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—


      1.PRAJURIT BATALYON ROKET-1 MAR LAKSANAKAN DRILL PMDB ROKET MLRS 122 MM VAMPIRE
      http://www.tnial.mil.id/News/OperasiLatihan/tabid/80/articleType/ArticleView/articleId/43473/Default.aspx

      2.ASAH KEMAMPUAN PRAJURIT BRIGIF-2 MAR LATIHAN KSIT
      http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/43485/Default.aspx

      3.DANPASMAR-2 TINJAU LATIHAN SATBANMIN MENBANPUR-2 MAR
      http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/43484/Default.aspx

      Hapus
    2. F-35 n C-17 boleh jg tuh om

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. kalo opa trump kasi ijin f35 dibawah cepek guwe rasa ksau baru kita goyah yak haha!😘😘😘
      soal barter tnang menhan kite aja gak usa pusink mlintir mikirin produk, sebab opa trump cinta produk garmen kita sejak daholoe kala om pit haha!
      jadi ingat slogan trump "make america great again"(dan indonesia jugak lho haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘)

      https://www.youtube.com/watch?v=CV8S9xPKQoQ

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Hahahahaa sesama pengemis lah bro... tapi kita kan Poor Country cocoklah ngemis.. lha negeri mu kan Rich gak cocok lah bro ngemis.. hihihi

      https://www.defensenews.com/naval/2017/05/09/malaysia-reportedly-asks-japan-for-lockheed-made-p-3-orion-aircraft/

      https://www.nst.com.my/news/2016/02/129727/army-get-used-blackhawks-brunei

      Hapus
    2. owwhh scantut salah pindah negara donk haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
      makanya survei dolo sblom pindah, skrg pala pening tak bisa kemana2 pasport kena tahan majikan keh haha!😱😱😱

      Hapus
    3. eh lufa, sini setor jidat dolo scantut, anda melanggar dot kom jg haha! πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨tung tung tung

      Hapus
    4. Malon miskin melarat.. hutangnya banyak tak mampu bayar.. kehkehkeh...

      Hapus
    5. Negara kami miskin pakkk.. tapi ramai indon cari.makan dinegara kami berbanding indon negara kaya tapi kekayaan dirompak oleh ahli politik yg kaki songlap... bodo nya rakyat indon ni kan... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. Miskin lah hutang mencapai 56% GDP.. yang kaya Cina dan bangla.. malon hanya pemalas.. wakikikik

      Hapus
    7. Kerana indonesia miskin makanya beli apache,malon kaya tapi cuma boleh beli little bird kecik Wkwkwk

      Hapus
  8. Kalau nak cakap barang hibah.. indon lagi banyak terima barang hibah.. negara mendunia dgn barangan hibah.. hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh itu dolo, skrg tak u u yech ling ling haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      kalo kami mao pon sekali bole, dapat banyak dan leeebiiihh mahaalll punya. soalnya mereka tau kami punya duwit buat apgred & bayar ongkir haha!🀣🀣🀣

      eh sini setor jidat dolo soalnya anda melanggar dot kom haha! πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨tung tung tung

      Hapus
    2. Itu dulu pakcik,sekarang tak lg,bkn cem malon dari zaman jepun sampe zaman now tetap sahaje terima barang hibah rongsokan Wkwkwk

      Hapus
  9. alasan lain malaysie tak de marin corp....kerena kat dalam laut katanya banyak hantu bungkus....biasa lar malaysie always takut hantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeww "hantu bungkus" apaan lagi tuch om daru? sejenis lemper kah haha!😡😡😡

      Hapus
    2. Ini org banyak tgk sinetron dan suster kena ramas kot... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Malon macam cicak man bodo betul kih kih kih

      Hapus
    4. Hantu bungkus altantuya Wkwkwk

      Hapus