15 Januari 2018

PTDI dan TAI Bahas Framework Agreement

15 Januari 2018


Pembuatan prototipe ke-2 dan ke-3 pesawat N-219 di PTDI (photo : PTDI)

Turki Mau Jual Pesawat N219 dan Kembangkan N245 Buatan Bandung

Jakarta - Turkish Aerospace Industries, Inc. (TAI) mengunjungi PT Dirgantara Indonesia untuk melakukan pembahasan Perjanjian Kerangka Kerja (Framework Agreement) dan meninjau secara langsung fasilitas produksi di hanggar Fixed Wing dan Rotary Wing PTDI. 

Rombongan TAI yang terdiri dari President dan CEO TAI, Temel Kotil, PhD, beserta rombongan diterima oleh Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro beserta jajaran Direksi dan manajemen PTDI hari ini, Senin (15/1/2018).

Dalam keterangkan tertulis yang diterima detikFinance, setelah 2003 lalu PTDI mengembangkan pesawat CN235-100 militer menjadi pesawat CN235-100 MPA/ASW untuk Angkatan Laut Turki dan pesawat CN235-100 MSA untuk Badan Keamanan Laut Pantai Turki, PTDI kembali bekerjasama dengan Turki, yakni dengan TAI dalam perjanjian kerangka kerja yang ditandatangani pada 6 Juli 2017 di Ankara, Turki.

Hasil kerja sama yang berlanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani antara TAI dan PTDI selama IDEF 2017 ini, perjanjian kerangka kerja tersebut berisi kesepakatan kedua belah pihak untuk menggabungkan upaya pada domain kedirgantaraan untuk mendukung pengembangan kerjasama kedua negara dalam industri kedirgantaraan. 

TAI akan berpartisipasi dalam kegiatan perancangan konseptual dari Proyek Pengembangan Pesawat Terbang dan UAV di Indonesia yang dilakukan oleh PTDI.

Pembahasan perjanjian framework agreement ini dilakukan untuk menjabarkan kerjasama strategis antara para pihak dalam program kedirgantaraan dan untuk bersama-sama membentuk dan menetapkan strategi terbaik yang akan dilaksanakan untuk setiap ruang lingkup kolaborasi.

Adapun ruang lingkup kolaborasi tersebut yang pertama adalah tentang pemasaran dan perluasan produksi pesawat N219 mengenai rencana program yang akan ditetapkan setelah penerbangan sertifikasi pesawat N219 mencapai 100 jam terbang serta tentang perjanjian industri dan komersial yang akan ditetapkan 2 (dua) bulan setelah Type Certificate N219 dari DGCA Indonesia diberikan, kemungkinan pada akhir tahun 2018. 

Kedua, yaitu pengembangan bersama dan produksi pesawat N245 mengenai rencana program atau rekayasa dan pengembangan industri yang akan ditetapkan dalam waktu 6 bulan setelah kuartal keempat tahun 2017. 

Dalam pertemuan yang dilakukan pagi ini pada pukul sekitar pukul 09.00 ini di gedung GPM, PT Dirgantara Indonesia juga dibahas juga tentang pembagian kerja untuk disain dan membangun kesepakatan yang akan ditetapkan pada kuartal ketiga tahun 2017. 

Pembagian kerja untuk desain dan pembangunan sarana pengembangan dan produksi di kuartal ketiga tahun 2018 dan mengkomersialisasikan pesawat N245 yang akan ditetapkan pada kuartal keempat tahun 2018.


Anka UAV tipe MALE buatan TAI (photo : flug revue)

Pembahasan lainnya juga dilakukan terkait Pemasaran dan Perluasan Produksi Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA)/UAV serta Kemungkinan Pengembangan Lebih Lanjut Untuk Wilayah Asia Tenggara yang akan ditentukan dalam tahapan diskusi berikutnya. 

Definisi kebutuhan pasar serta pembagian kerja teknik dan industri untuk kedua belah pihak agar segera dan diselesaikan dalam waktu 6 bulan setelah penandatanganan Perjanjian framework agreement kali ini.

Pekerjaan Aerostruktur

Hal lain yang dibahas yaitu tentang, aerostruktur. TAI akan melakukan penilaian kemampuan PTDI dalam rangka pemberian pekerjaan komponen aerostruktur di PTDI, pada kuartal ketiga tahun 2017. 

Perjanjian komersial hanya dapat ditentukan berdasarkan pada hasil tersebut di atas, kemungkinan pada kuartal pertama tahun 2018.

Kerja sama ini bertujuan untuk menetapkan kolaborasi strategis antara kedua belah pihak dalam bidang kedirgantaraan dan untuk bersama-sama merumuskan serta menetapkan strategi terbaik pada setiap ruang lingkup kolaborasi terkait. 

Diharapkan kerjasama ini akan terus berlanjut dan saling menguntungkan kedua industri kedirgantaraan masing-masing negara tersebut.

(Detik)

54 komentar:

  1. Bagus turkis ambil tahu kelemahan
    indoensia punya pontansi tapi satu kelemahan mereka dana ,fasiliti dan urusan kowangan lemah, turkis panggil untuk atasi kelemahan ini tak salah nak belajar dari turkis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie,Cie ada yg iri,...Kesian,Kesian Wkwkwk...KeSian malaysia tak de kepakaran bina pesawat Wkwkwk...turki bersedia menjual N219 dan N245 binaan indonesia ke market middle east dan europe,sedangkan PT DI bersedia menjual UAV binaan Turkey ke market ASEAN...jadi fasiliti dan kewangan apa yg lemah pakcik,kl iri hati bilang sahaje Wkwkwk

      Hapus
    2. Ini kutil gk capek nyinyir, Turki melakukan kerjasama dg PT DI, krn melihat PT DI punya potensi,seharusny yg perlu dinasehati it kerajaanmu, knapa dibidang aeroangkasa kalah bersaing dg jiranny....

      Hapus
    3. Didi@ biasalah bro banyak forumer malaysia Cem mahat nih suka iri hati melihat perkembangan industri militer indonesia yg mulai maju...kl tak de potensi mn mungkin banyak negara mengajak indonesia kerjasama bina weapon,sedangkan malaysia potensi apa yg telah dibina,uniform askarpun mesti beli dari indonesia,konon pula malay ada potensi bina senjata Wkwkwk...maklumlah bro mereka tong kosong nyaring bunyinya,tak pernah bercermin Wkwkwk

      Hapus
    4. Kalau setakat uniform american aje beli pada china walau mereka musuh ia Mat lampir, apa cakap iri hati ia mat lampir

      Turkis datang beri petolongan untuk atasi kelemahan kamu itu Tak masalah untuk belajar turkis , kalau orang bersikap sombong seperti mat lampir, kamu tak akan maju ia..

      Kami aje belajar turkis, germen,Rusia dan amerika,mahu perancis dan japan,mahu indonesia, kalau bersikap sombong ilmu gak masuk otak kamu itu.

      Kamu tahu sebab turkis letak syarat 100jam penebangan Pada pesawat n219 Pandu uji cara turkis tahu kelemahan pesawat itu menperbaiki pesawat itu baru dipasarkan standers turkis laksanakan Cara Stander kualiti turkis, turkis bukan suka suka nak beli mereka tengok dulu kualiti pesawatnya baru mereka kerjasama ok, kalau kualiti tak bagus mereka tarik kerjasama, Indonesia kena belajar standers penerbangan turkis..

      Turkis bagi ilmu belajar betul2 jangan malas ok

      Hapus
    5. Mahathir@ cakap banyak,telah banyak bina weapon tp ternyata bina uniform askarpun tak reti Wkwkwk....nampak sekali mahat nih stupid sangat Wkwkwk....isi artikel pun tak paham2 Wkwkwk...mabuk ketum nih budak Wkwkwk...indonesia bukan belajar sama Turkey,ko baca indonesia pernah jual CN-235 MPA/ASW untuk tentara laut Turkey dan CN-235 MSA untuk coast guard Turkey...Turkey adalah salah satu pembeli CN-235 Indonesia,mengenai N219 belom boleh dijual kerana N219 harus lewati sertifikasi beratus2 jam terbang dan yg menilai sertifikasi N219 adalah kementrian perhubungan indonesia bkn pihak Turkey bodoh Wkwkwk...setelah N219 lulus sertifikasi kementerian perhubungan indonesia barulah N219 boleh dijual...jadi di mana letaknya indonesia belajar pada Turkey bodoh,justru Turkey yg sering beli pesawat binaan indonesia
      ,jadi siapa yg belajar pada Turkey idiot,kerana ko iri sangat sehingga cakap ko meracau selalu Wkwkwk

      Hapus
    6. Budak malon otsknys dipantat bro... Idiot taraf gaban... Memahami artikel sahaja oon apalagi bina weapon.. ting kosong bunyinya nyaring cem kentut.. 😁😁😁😁

      Hapus
    7. Hanya rakan kongsi bilang bina pesawat ix ix ix
      Turki beli dari Cn235 casa pada tahun 1991 pesawat itu jadi jangan bilang Beli dari indonesia Saya ada buktinya jangam menipu kami ia mat lampir

      http://www.airforce-technology.com/projects/cn235mp/

      Hapus
    8. Mahathir@ PT DI dapat market sell benua asia,afrika dan benua amerika...casa dapat market sell untuk benua eropa...bukti apa mahathir yg dengki

      Hapus
    9. Kongsi apa pakcik,kl joint produksi ada pakcik,bkn Cem malaysia hanya boleh beli dan beli,license pun dibeli yg penting beli lah tuh...jgn iri ya : www.militermeter.com/daftar negara pemborong cn235 buatan indonesia/28-10-2016

      Hapus
    10. Ix ix ix kalau mat lampir boleh baca inggris atau tak ini ix ix ix baca betul ia turkis beli pesawat dari perusarahan casa cn 235 pada tahun 1991 ia kalau tak pakai google tahu maksud itu ia.
      Kalau bagi blog bahasa indonesia menipu kamu baik tak payah ia, web aku bagi itu semua ada maklumat tentang pembangunan pesawat 235 itu sekali ia

      Hapus
    11. Blog malon sarang Chauvanist di banggain wkwkwk Selama pesawat tetap pakai prefiks CN saja Indonesia kebagian Royalti dari Casa yang sekarang jadi Airbus.. lon malon kapan pinter nya ko wakikikikik

      Hapus
    12. MD @ biasalah mahathir tuh iri sangat bro

      Hapus
    13. Mahathir@ jgn iri,jgn jd stroke ya bro bila baca link ini Wkwkwk : www.detik.com/Turkey punya pesawat anti kapal selam buatan PT DI/26-03-2013

      Hapus
    14. Tu lah Mak rempit.. logica malon sememang aneh kih kih kih

      Hapus
    15. PT DI selesaikan CN-235 ASW ke delapan pesanan turki/www.corongindonesia.com/12-09-2012

      Hapus
    16. Kalo binaan Casa pake C235 tapi kalo yg bina petedei pake CN gitu aja gak reti ko lon...

      Hapus
    17. MD@ mahathir berpikir bkn pake logika bro,mahathir berpikir pake iri hati dan dengki sehingga commentnya asbun,hoax dan meracau Wkwkwk

      Hapus
    18. Kebanyakan forumer malon ni ngarang bebas.. bahkan ada yang menantang tanpa link dan literatur OMG.. kih kih kih

      Hapus
  2. Alhamdulillah kita masih dianggap jadi negara Poor dan gak Rich seperti negeri sebelah.

    Yah mudah2an semua progress negara Poor dan kekurangan kewangan ini bikin sesuatu yang baru akan indah pada akhirnya dalam seluruh projectnya (Medium Tank, Submarine, UAV, 8X8 IFV, IFX, Rudal) minimal gak hanya bisa upgrade lah. Maklum hanya sebuah negara POOR yg mau nambah beli Leopard, Apache, SU35, Viper... :-)

    BalasHapus
  3. Wkwkw.. Mahatir boleh tengok Jiran sudah ekspor pesawat.. kamu masih jual nasi lemak. Aq liat Aero industri kamu senyap jer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...Mahathir tuh iri hati tanda tak boleh bro,habis tuh dia nak berlakon pandai pula dan maha tahu cem Shed bro Wkwkwk

      Hapus
    2. Ix ix produk CASA C-212 ok kamu beli Design casa ok kamu bilang pesawat pesawat N219 Ok diambil dari syarikat casa hampir bankrap ok kemudian dibeli oleh airbus, ok Bagus itu mereka dapat beli design casa spain dah bankrap itu

      Jadi jangan menipu kami, kamu bisa bikin sendiri ok..

      Jadi jangan padang rendah pada orang lain, saya tak penah pandang rendah pada warga indonesia, Tapi kuat cliam jadi jawab soalan mereka ini..

      Malah pesawat airbus dan boeing spark park kami jadi jangan pandan rendah ia

      Lupa mahu pesan ini dah dapat design Casa masih tak mampu bikin sendiri masih harap turkis tolong kamu itu Penuhi stander pernebangan kamu itu

      Hapus
    3. Salam budget kecik dibagi lima pak...kewangan kolap mau bankrup pak

      Hapus
    4. Mahathir@ Wkwkwk...Mahathir kerana iri sangat jd cakap meracau dan bengap Wkwkwk...makanya banyak baca pakcik,design Casa-212 dgn N-219 itu beda pakcik,N-219 ada pure hasil design indonesia,C-212 di design untuk 12 seat,N-219 di design untuk 19 seat,jadi dari segi mananya indonesia mengambil design C-212 Wkwkwk...kl dah iri bengaplah ko tuh Wkwkwk
      Justru turki yg beli pesawat binaan indonesia,dari segi mananya turki tolong wahai mahathir iri Wkwkwk

      Casa itu tdk bangkrup bodoh,tp ia bergabung ke airbus

      Nak bina uniform askarpun malaysia tak reti konon pula bina weapon modern,cakap banyak ko,mabuk ketum ko tuh Wkwkwk

      Hapus
    5. Kalau tak Bankrap atau hampir bankrap kenapa Minta dana dari airbus untuk selamatkan casa ia mat lempir..

      Mat lempir dapat maklumat pun salah pesawat C212 seat 20seat dan 25seat bergantung pada alatan yg nak dipasang atau besar ruang kargo.,

      Pesawat C212 kamu n219 upgrade jadikan 19 seat sebab nak kargo besar atau pasang alatan sensor ada faham tak mat lempir. Sebab apa jadi 19seat sebab terget pada penguna akan menbawa kargo dan akan pesang alatan baru..

      Serupa dengan iran beli design t90 tank jadi upgrade jadi karrar memasuk alatan baru di tank karrar itu jadi tak kelihatan sangat seperti tank t90 itu

      Hapus
    6. Pesawat Dengan prefiks N itu udah Fix buatan indonesia.. Kebanyakan makan nasi lemak ko Mahatai.. otak lemah masuk grup militer bikin malu sahaja kih kih kih

      Hapus
    7. Mahathir@ bila ada wang sila baca internet pakcik,jgn bengap kerja ko,troll selalu kerja ko
      Casa spanyol,germany,france dan british bersatu bina konsorsium AIRBUS untuk menyaingi Boeing syarikat USA

      Bila n219 tuh upgrade mesti kami bayar royalti kpd Casa airbus bodoh,ini tak de satu sen pun kami bayar royalti kerana n219 adalah pure design indonesia sendiri bkn hasil beli license ataupun hasil TOT ...bila ada wang sila baca internet bodoh

      Hapus
    8. Malon tuh otaknya dipantat...
      Kuekehkehkeh hodoh taraf gaban...

      Hapus
  4. tak boleh ke bina pesawat guna tin millo macam proton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tin milo Pun berjaya jual kereta di england ia pak, penah menang rally euro ia pak jangan malu Pak

      Hapus
    2. https://paultan.org/2017/07/05/proton-iriz-r5-takes-debut-rally-win-at-goodwood-2017/...mesinnya mitsubishi pak...wakakak

      Hapus
    3. Wkwkwk...tak tau malu tin milo pun engine dan sparepartnya binaan negara lain,malaysia cuma pandai bina casing doang Wkwkwk

      Hapus
    4. https://www.google.co.id/amp/s/amp.tirto.id/tamatnya-mobil-nasional-malaysia-coXB...udah bangkrupt pula...hahaha

      Hapus
    5. https://www.kompasiana.com/leogultom/utang-1mdb-gerogoti-malaysia-sebabkan-kebangkrutan_572ee58f20afbd4c05c0fbab..ini juga bangkrup...hahaha

      Hapus
    6. Malon bangkrup...???
      kehkehkeh.... songlap jaya wkwkwkwkwk...

      Hapus
    7. Kasus songlap..

      Point ini mesti diingat =>

      "Sungguh konyol jika mengharap Malaysia bangkrut, karena jelas akan menyebarkan chaos ekonomi di Asia Tenggara, yang terjadi bahkan negara satu kawasan sangat mungkin membantu meredam dampak buruk 1MDB."

      Kalo kejadian, pasti ada efek domino, investor tetangga di mari juga ga sedikit laah..

      Jadi, berharap baiklah sesama tetangga, jangan sebaliknya.

      Hapus
    8. Gak ada yang berharap Malaysia bangkrut.. Indonesia pernah merasakan kesulitan yang sama saat krisis moneter di tahun 96 - 97 lalu dan rasanya sangat menyakitkan... dari segi alutsista saja saat itu sudah kelihatan betapa minim dan beratnya kondisi alutsista Indonesia dibandingkan Malaysia.

      Makanya dulu pernah saya posting komentar saya disini bahwa kondisi Malaysia sekarang hampir mirip dengan masalah yang dihadapi Indonesia dahulu... bisa dilihat dari pemotongan Budget defence Malaysia selama 5 tahun belakangan.

      "Malaysia's External Debt accounted for 74.5 % of the country's Nominal GDP in 2016, compared with the ratio of 72.3 % in the previous year. Malaysia's External Debt: % of Nominal GDP data is updated yearly, available from Dec 2009 to Dec 2016. The data reached an all-time high of 74.5 % in Dec 2016 and a record low of 52.9 % in Dec 2010"

      Melihat rangkuman dari CEIC data diatas memang cukup rawan dengan bahasa sederhananya adalah seperti analogi kita punya harta sebesar 1 juta rupiah tetapi 750 ribunya adalah merupakan hutang dari luar negeri, dan harta kita hanya 250 ribu. Apakah sehat ? tergantung dari management yang dilakukan.

      Indonesia saat Krisis dulu pernah menyentuh 80 percent (kalau tidak salah) dan pelan2 bangkit hingga bisa melunasi hutang IMF di era akhir SBY dulu. Saat ini percent hutang Indonesia dikisaran 28 - 29 percent total GDP, masih jauh dibawah Undang2 Hutang yg dibuat pemerintah dahulu sebesar 60 percent.

      Buat informasi tambahan loan to GDP di negara2 lainnya :
      - Thailand 42 %
      - Philipine 38 %
      - Brazil 78 %

      Malaysia berbeda dengan Yunani, Malaysia punya stok cadangan Minyak by Petronas. Malaysia hampir tidak mungkin bangkrut, hanya sedang turun kondisinya dan itu semua karena faktor Oil Price.

      Melihat recovery Indonesia yang butuh waktu sekitar 15 tahun untuk bangkit dari keterpurukan sampai ke kondisi sekarang, saya berkeyakinan suatu saat Malaysia akan dalam kondisi sehat kembali dengan estimasi recovery time 5 sampai 10 tahun kedepan seperti yg dialami Indonesia dulu.

      Kalau negara2 ASEAN kuat semua kan bagus untuk seluruh kawasan mas :-)

      Hapus
    9. Setuju ama mas Super.

      Bu Lilis sehat mas?
      Hwekekekekek.. :D

      Hapus
    10. Hahahahaha πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Bu Lilis dah kelaut mas.. ada yg lebih montok.. jeung Jessica πŸ˜™

      Maksut sy agar terbuka wawasan semua forumer mas.. coba kemaren yg bilang Indonesia Poor Country, saya pastikan beliau jarang baca berita ekonomi. Indonesia sedang berusaha lepas dari kemiskinan dgn pembangunan dan recovery total sejak thn 2000an dari 80 percent turun ke data terakhir oct 2017 adalah 27 percent GDP.

      Malaysia sedang memasuki masa krusial dan mirip kondisi ekonomi dahulu. Recoverynya pasti makan waktu yg tidak sebentar. Apalagi prediksi analis ekonomi bila oil price tetap turun seperti sekarang bisa jadi akhir 2018 posisi loan mereka 80 percent thd GDP, ini jadi kondisi yg mirip dengan Indonesia saat krisis.

      Buat Forumer Malaysia, please introspeksi stop bullying TNI. Kondisi saat ini sudah berbeda dgn masa silam. Target 2025 2030 kalau baca di renstra TNI adalah spent 3 percent GDP Indonesia. Coba bayangkan berapa selisih dari 0.8 ke 3 percent ? Kalau target thn ini adalah pengadaan 111 asset baru TNI dgn "hanya" 0.8 percent saja bagaimana dengan 3 percent atau hampir 4 x lipat atau pengadaan 420 asset baru ? 😨

      Buat forumer Indonesia, saat ini posisi negara ini sedang upper hand tetapi jangan terlena dan merasa terlalu hebat karena kitapun pernah merasakan kondisi sulit seperti Malaysia sekarang.

      Mendingan bareng2 kerjasama antar negara... Malaysia bisa berguru ke Indonesia bagaimana bisa lepas daru jerat 80 percent ke 27 percent spt sekarang.

      Bila Malaysia collaps... ada negara kecil (red dot) dibawahnya yg tersenyum gembira karena satu per satu negara Melayu akan ditaklukkan spt haibatnya isroil di kerumunan negara arab sana. 😊😊😊😊

      Hapus
    11. Wuiik..
      Alinea terakhir ente serem abis mas..

      Hihihi... :-)

      Hapus
    12. Wkwkwk...malay bangkrup kerana 1MDB Wkwkwk

      Hapus
    13. Tuh dicari clara, Om Super.
      Mau nagih yang kemarin malam belum lunas....
      Xi...xi...xi...

      Hapus
    14. Om super memang super pantesan jesica dan bu lilis termehek mehek...
      kehkehkeh....

      Salam budget kecik buat maloner... 😁😁

      Hapus
    15. @Superstar, super comment!
      Two thumbs up!
      Mantap jiwa!

      Hapus
    16. @Superstar, super comment!
      Two thumbs up!
      Mantap jiwa!

      Hapus
    17. @Superstar, super comment!
      Two thumbs up!
      Mantap jiwa!

      Hapus
  5. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  6. Halo

    Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

    Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

    Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

    Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
    Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

    ## ONE BILLION RISING FUND
    ## onebillionrisingfund@gmail.com


    Hubungi saya @ J Stephanie
    stephanie2steph@gmail.com

    BalasHapus