13 Januari 2018

Februari, Kontrak Pembelian 11 Sukhoi Dengan Rusia Diteken

13 Januari 2018


Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Sputnik)

RMOL. Penandatangan kontrak dengan Rusia terkait pembe­lian 11 pesawar Sukhoi SU-35 akan dilakukan pada awal Februari 2018. Pembelian pe­sawat tempur ini sudah masuk finalisasi. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom Publik) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Brigjen TNI Totok Sugiharto di Kantor Kemhan, kemarin.

"Pembelian Sukhoi sudah sampai finalisasi, nanti tanda tangan dengan Kemenhan pada akhir Januari atau awal Februari dengan Rusia. Mudah-mudahan semuanya lancar," kata Totok.

Terkait pengiriman pesawat Sukhoi nanti, Totok belum mengetahui kapan pastinya. Namun pria berkumis tebal ini berharap pengiriman pesawat shukoi bisa cepat dilakukan, setelah penandatangan nanti. 

"Kemenhan akan terus mengawal dan mengupakan agar pengiriman pesawat Shukoi dari Rusia bisa lebih cepat. Ya kita tunggu saja setelah teken kontrak dengan Rusia," ujarnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu me­negaskan, bahwa pembelian Sukhoi melalui mekanisme imbal beli tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. "Pembelian ini baru pertama kali dilakukan. Pembelian ini berdasarkan undang-undang, sesuai aturan," ujar Ryamizard.

Adapun Pasal 43 Ayat 5 (e) UU Industri Pertahanan menyatakan bahwa setiap pengadaan alat peralatan pertahanan keamanan (Alpalhankam) dari luar negeri wajib disertakan imbal dagang, kandungan lokal dan ofset minimal 85 persen, di mana kandungan lokal dan/atau ofset paling rendah 35 persen.

Sementara pihak Rusia hanya sanggup memberikan ofset dan lokal konten sebesar 35 persen, maka Indonesia menegaskan kembali bahwa pembelian Sukhoi ini dibarengi dengan kegiatan imbal beli yang nilainya 50 persen nilai kontrak. Artinya, Indonesia membeli Sukhoi dari Rusia, dan Rusia sebagai negara penjual berkewajiban membeli sejumlah komoditas ekspor Indonesia.

"Jadi Imbal dagang 50 persen, ofset 35 persen. Jadi total 85 persen. Ini juga membantu ekspor ke luar. Jadi ada nilai tambah," kata Ryamizard.

Selain itu, lanjut Ryamizard, pihak Rusia memberikan keleluasaan bagi Indonesia untuk membangun tempat pemeliharaan suku cadang pesa­wat di dalam negeri. Menurut Ryamizard, skema tersebut akan menguntungkan Indonesia, se­bab dua negara pengguna Sukhoi yakni Malaysia dan Vietnam akan melakukan pemeliharaan di Indonesia.

"Kami juga diberikan keleluasaan untuk pemeliharaan atau MRO. Jadi nanti ada tem­pat pemeliharaan, jelas, ada juga transfer of technology-nya. Jadi tidak usah dibawa lagi ke Rusia.Jauh dan mahal," ujar Ryamizard.

Soal harga, Menhan mengatakan, awalnya pihak Rusia menawarkan harga 150 juta dollar AS untuk satu pesawat Sukhoi. Setelah proses tawar menawar akhirnya disepakati harga 90 juta dollar AS per pesawat.

Ryamizard memastikan selu­ruh pesawat Sukhoi yang akan dibeli tersebut sudah lengkap dengan sistem persenjataannya. "Yang kita beli ini 90 juta dollar AS, bisa dua-duanya, menembak dan mengebom, lengkap. Saya nawar sudah lama, buka harga 150 dollar AS, sekarang jadi 90 dollar AS," ujarnya.

Menurut Ryamizard, pihaknya akan mengundang pihak Rusia untuk membicarakan proses pembelian sebelas Sukhoi. Rencananya, pesawat Sukhoi tersebut akan tiba di Indonesia pada 2019 atau dua tahun setelah penandatanganan perjanjian jual beli.

Ryamizard menegaskan, bahwa pembelian Sukhoi melalui meka­nisme imbal beli tersebut sesuai dengan Undang-Undang No. UU No. 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

(RMOL)

168 komentar:

  1. Minggu depan...bulan depan..akhir bulan ini..awal bulan depan..terus aja digoreng...cepwk deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu ane respek ama RR, sekarang entahlah.

      Usia emang ga bisa bohong.
      Dan AU sudah sangat bersabar.

      Hapus
    2. RR org darat. Mana tau dia ttg AU?

      Hapus
    3. Mungkin kontrak asli sudah ttd. Tp agar terkesan secara politis cepat pengiriman nya jd delay kontrak utkbke info publik. Mungkin ya

      Hapus
    4. sengaja bulan depan, soalnya sekalian ama HUT om antiembalgo haha!πŸŽ‚πŸŽ‚πŸŽ‚

      Hapus
  2. Tak selesai lagi ke kontrak su35 ini? Ix ix ix kontrak ditekan lah, tak apa ditarik pada teknlogi sebab mahunya murah, atau dana tak cukup, kami tak nak dengar alasan dana kerana fasiliti tak cukup ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahathir lg mabuk ketum dan iri sangat Wkwkwk...fasiliti ape yg tak cukup pakcik,iri sangat ya Wkwkwk

      Hapus
    2. Taik itu nimbrung aja dimari...emang negaranya udah beres ??

      Hapus
    3. Klau sign kontraknya bulan februari kan ndk msalah kan bro Mahatair, sodara ne msih stres ya,ne pembelian pespur tdk kaitannya dg fasilitas, toh menhan kami dpt harga bagus,walau negonya alot, semakin sodara memandang sinis atas kemajuan militer indonesia, semakin kelihatan rasa irinya, nasihat saya byk2 berzikir saja bro biar nt bisa tdur nyenyak...heheheh

      Hapus
    4. Sorry to say, the repair and overhaul of MKM wont be happening in Indonesia.

      Hapus
    5. Dana tak cukup ya mas Maha ? 😊
      Memang betul itu... makanya kita kemaren beli Apache karena dana tidak cukup.

      Btw gimana kabar heli Nuri mas ? Masih tetap diupgrade terus ? Gak cukup dana beli blackhawk kah ?
      Kasian mas dari tahun 1961 lho itu mas... alias sudah 57 tahun.. mau diupgrade lagi sampe 100 tahun ? Cmon... kita upgrade AMX dan F16 kalian bising banget.. bercermin lah mas.. 😊😊😊

      https://ms.m.wikipedia.org/wiki/Sikorsky_S-61A-4_Nuri

      Hapus
    6. Germen dan iran masih pakai lagi Sikorsky_S-61A-4 jangan malu pak, ia hanya helicopter pengakut tentera aje bukan multi role helicopter, hanya angkut tentera ok.

      Beli apa kamu mahu Apache ix ix ix jangan ompong sudah pak ix ix ix
      Jangan Lupa beli helmet hmd pak ix ix ix, lupa ia kamu terlalu suka sangat nak beli helmat hmd isreal itu suka bunuh orang Palestine ia pak ix ix ix, jangan minta dana untuk songlop dan lakukan audit Dana dan senjata dengan betul ia supaya gak kena tipu ok itu nasihat saya

      Jadi seperti india gak mahu tipu oleh isreal hanya mahu bagi tot atgm misslie 2km aje malah pakistan ketawakan india jika mahu beli tot senjata rudai anti tank 2km itu Sedang pakistan beli tot dari china atgm 4km ix ix ix

      Hapus
    7. Mahathir@ lg mabuk ketum dan iri sangat Wkwkwk...sok menasihati,dia tak cermin diri scorpene dan engine jetnya kena songlap Wkwkwk

      Hapus
    8. Hehehe

      Ini baru lucu... menasehati supaya pro palestina tapi sama juga minta hibah dari negara pendukung israel alis trump mania..

      Konsisten lah bro.. jual F18 sekaligus Nuri mu.. itu semua produk pro Israel dan Israel gemar membunuh rakyat Palestina.

      Hapus
    9. Btw mas Maha sudah baca link wiki yg saya kasih tadi.. ? Kalimat "itu hanya heli angkut tentara" maksutnya karena heli angkut jadi gak mengapa bila jatuh mas ?

      Coba baca lagi total heli 38 unit dan jumlah kemalangan sampai terakhir adalah sebanyak 20 kasus kemalangan yg mengakibatkan kematian tentara2 asset negara.
      Do you think losing their lives is oke because its only soldier transport helicopters ?

      Wow.. now dat really impressin.

      Hapus
    10. Iran dan germen aje ada banyak kemalangan Sikorsky_S-61A-4, Baca betul betul

      Hapus
    11. Wah beli barangan US kire pendukung Israel? Mazhab mana kamu pegang ni bro. Kemon dont be too plain stupid to make such comment bro. Malu la gini. At least better you who directly bought drone from Israel. Cant remember but i bet there are few more.

      Gosh

      Hapus
    12. Menentang tapi beli barangnya itu namanya Idiot...bangsa malaysia shemale

      Hapus
  3. Emm MRO. setahu Saya Malaysia dan Russia sudah Ada service technical centre (STC) sukhoi yg baru siap dibina tahun 2016 di gong kedak.
    Link http://m.thesundaily.my/node/413506

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://nasional.kompas.com/read/2017/06/12/15080131/rusia.berencana.bangun.pabrik.suku.cadang.sukhoi.di.indonesia

      Hapus
    2. kalau cuman service indonesia sudah bisa, rencana terbaru sukhoi mau bangun pabrik suku cadangnya di indonesia

      Hapus
  4. Sy agk yakin yg kontrak nya akan diteken, namun drpd usd150 juta sebuah harganya turun kpd hanya usd90 juta?penurunan yg agk bnyk..adakah indonesia meminta versi yg mungkin dikurangkan teknologinya utk harga yg sebegitu?atau ada apa2 teknologi su35 yg dicopot atau tidak disertakan utk mendapatkan harga yg murah?sy agk skeptikal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentara,jgn cem Shed ko tuh,aq lihat dari cakap ko tuh sepertinya ko tuh iri hati Wkwkwk...su30mkm ko berbanding su35 susah ketinggalan zaman Wkwkwk

      Hapus
    2. Who says that the Sukhoi 35 cost 150 mil USD each? For 150 mil u better buy the JSF.

      Hapus
    3. Sukhoi 30MKM ketinggalan zaman? And how is that bro Mat Rempit? Do explain.

      Hapus
    4. Aloy@ iri hati Wkwkwk

      Shed@ sila baca spec masing2 jet,tak perlu aq explain

      Hapus
    5. Mat Rempit

      There u go again. Anda tidak pernah menjawab. Just admit it that u dont know. U put ur faith on something that u dont understand. Typical mat rempit fashion.

      Hapus
    6. Shed@ knp awak cakap cem tuh,awak bkn budak kecik lg yg mesti di explain...okey,saya explain sikit sahaje,dari performa engine Su-35 guna engine baharu Al-41 yg performa lebih kuat dari engine Su-30 yg guna engine lama Al-31,dari segi payload Su35 lebih besar payloadnya dari Su30,dari segi radar,jangkauan radar Su35 bisa sampe 400 km berbanding radar Su30 yg jangkauannya cuma boleh 200 mm...nah,sila awak berlakon lebih tahu lg dari menteri pertahanan indonesia

      Hapus
    7. Mat Rempit

      Typical "my dick is bigger then urs mentality". Anda menilai "kecanggihan" sesuatu aset dari 2 kriteria ini sahaja? Ok lets get it straight

      Radars.
      Both the Irbis E & the Bars are PESA type radars. Not AESAs. Both have a search range of about 400km. But the irbis have the advantage. It has a tracking range of about 350km vs 200km for the Bars. So what? The longest AAM in the Russian inventory are the R77. With a range of about 190km. Well within both radars capability. The Irbis can engage 8 air to air target silmutaniosly while the Bars 4. So what. Have a ever seen any russian fighter carrying a regular load of 8 long range AAMs? Why is that? U tell me

      Engines.
      The AL41 got the thrust and TBO advantage compared to our MKMs. And the Russian claimed the engined is supercruise capable (with some expert refuting). I accept that given the development time and what not. But both planes had a maximum payload of around 8000kg.

      Range
      The Sukhoi 35 is longer by around 500km. So? Are Malaysian fighter regularly fly at that distance? For endurance we have the chobbam air to air refueling probe. Btw our A400s are cleared for air refueling task.

      Sensors
      The MKMs got the MAWS and laser warning sensors. Other russian built planes are devoid of this issential sensors. Just asked the Russian what are their main problem operating in Syria

      Interoperability
      The MKMs will soon be equip with link 16. They already have the TIDLS (i hope u know what that is).

      Hapus
    8. The MKMs are networked. A crucial part in our NCO program.

      The MKMs are cleared for certain western built ordnance. A first for the Sukhois.

      The MKMs uses Thales large holografic type HUD. These same as the Sukhoi 30SM. Our pilots also uses the LA 100 flying helmets which far lighter the the Russian examples.

      All this add up u know. Given the parameters i will still put my faith on the MKMs. Itu sebabnya aku ckp dont put ur faith on something that u dont understand or able to comprehend. Dont affraid to learn even from ur enemy.

      Ps
      India juga tidak berminat terhadap Sukhoi 35. U want it? Its up to u. Given the money i rather buy the JSF. The euro cannards are a big NO NO for me.


      Hapus
    9. Shed@ jd Su30 MKM lebih haibat dari SU35 Rusia ya Wkwkwk...cakap banyak,SU30 MKI indiapun enginenya pun nak di ganti AL41,bila AL31 sama performanya dgn AL41,knp sukhoi india nak ganti engine menjadi AL41 Wkwkwk...nak berlakon lebih tahu dari Prime minister rusia keh Wkwkwk

      Hapus
    10. Su 35s vs su 30mkm

      Max range :SU 35 (3600km)
      Su 30 mkm (3000km)
      Max speed : Su 35 (2,25march)
      Su 30mkm (1,9 march)

      Dari jarak + kecepatan saja sudah berbeda.. bro shed
      Untuk life time airfrime nya juga berbeda jauh antara 3000/jam (15tahun) & 6000 jam (30tahun) dan su 35 sudah menggunakan bahan komposit titanium..

      Untuk radar N-035 irbris e daya jangkau nya mencapai 400km dan melacak 30 target di banding dengan radar N-011m bar su 30 mkm/mki yang hanya melacak 140km dan melacak 15 target..

      Kemampuan serang su 35 dapat menargetkan 8 serangan secara simultan.. air to air / air to ground..


      Hapus
    11. Shed@ nak bantah lg dan berlakon lebih tahu lg...sila baca perbandingan Su-35 dgn Su-30MKI/Su-30MKM link : www.jakartagreater.com/pesawat tempur sukhoi mana yg terbaik,Su-35,Su-30 MKI atau Su-30 MKM/10-03-2016

      Hapus
    12. Mat Rempit

      Did i say it was more "haibat"? Yes. In certain aspect our MKMs are better. In others, the newer Sukhoi 35 are better. But for an 11 year old plane the MKMs can stil hold in own against newer planes. Ive given my reasons u r welcome to refute them facts by facts. But please show some basic knowledge. The American, the French hell even the chinese are claiming that their planes are better then the Sukhoi 35. Adakah mereka juga berlakon lebih tahu dari prime minister Russia? Btw mr Putin is the "president" of Russia.

      As as said before. The engine is just a part of the plane. Better engines doesnt mean better planes. The Indian is still producing the MKIs. The plane (like ours) can easily be upgraded with newer engines and radars. As a platform the Indian are putting their trust in the Sukhoi 30 design. They are not buying the Sukhoi 35. They are buying the Rafale eventhough the were offered the Sukhoi 35. Why is that? Given ur logic sudah tentu mereka akan memilih pesawat Sukhoi 35 juga bukan?

      Hapus
    13. Rifki@ percuma sahaje di hantar data2 itu bro,tetap sahaje tak di baca,kata Tan Sri Shed Anuar Su-30MKM lebih haibat dan lebih canggih dari Su-35

      Hapus
    14. Dan yang perbedaan yang paling menonjol..

      Untuk su 30 mkm Sistem avioniknya mengandalkan produk Perancis yang memang sudah lama punya pasar di Malaysia..

      HUD menggunakan sistem Thales CTH3022 wide angle holographic, begitu pula sistem IFF (Identification Friend or Foe) yang juga dibuat Thales..

      Hapus
    15. Shed@ makanya banyak baca biar ko paham,the reason knp india tak beli Su-35 kerana india kecewa kpd rusia kerana meskipun india dapat license bina su30mki sampe ratusan biji di dalam negeri tapi india susah sangat nak dapatkan sparepart dari rusia,bila nak MRO sukhoi mereka selalu di hantar ke kilang sukhoi di rusia,nak dapatkan license sparepart sukhoipun rusia tak kasi,sebab hal ini lah india beli rafale,tp dgn rafalepun sama,france pun tak kasi TOT bina rafale walaupun india dulu nak beli ratusan rafale

      Hapus
    16. Bro Rifki

      Max range.
      As i said before with air to air refueling capability (C130 tankers cant safely refuel the Sukhois) weve already addressed that issue. The MKMs already got the range to opperate in any part of Malaysia even without air to air refueling. We are not bombing papua new guinea. So that range difference is not an issue for us.

      Had laju rasmi versi MKM yg dkeluarkan oleh TUDM adalah mach 2. Dogfight and long range bvr fights are rarely done using supersonic speed. U just get from point A to poin B faster.

      Radar range
      Bezakan dahulu istilah diantara tracking range dgn search range bro. Both radars got a search range of about 400km. The only difference is their tracking range. Pesawat apa yg mampu membawa 30 atau 8 rudal jarak jauh pd 1-1 masa?

      Engine
      The AL41 are cleared for 4000 flight hours depending on the type and versions. But russian engines are fussy and their after sales support are lousy. U still have to stock up parts. We and the Indian learned that the hard way.

      Mat rempit

      Jakarta greater? Apa bezanya blog ini dgn blog Military of Malaysia? Kedua duanya mengarut.

      Hapus
    17. @ shed.. kenapa india tidak ingin membeli su 35, karna india mendapatkan license dari rusia untuk memproduksi su 30 mki, india hanya perlu meng upgrade su 30 mki agar setara dengan su 35 tanpa repot" membeli dari rusia.. untuk menutupi kekurangan su 30 nya tanpa mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan pesawat tempur baru su 35

      https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://sputniknews.com/amp/military/201710241058487399-russia-su-30mki-sukhoi-upgrade/&ved=2ahUKEwie8ICi59fYAhVMULwKHRzzBJ0QFjANegQICxAB&usg=AOvVaw1l7yIHvFB9D3njkB2u8fnX&ampcf=1

      Sila baca link tsb

      Hapus
    18. Shed@ ada sahaje jawab ko,bawa2 C130 pula Wkwkwk...dah baca sahaje perbandingan pada link tuh,jgn cakap banyak...jadi jakarta greater ko anggap penuh bual Wkwkwk...jakartagreater buat artikel cem tuh kerana mereka ambil data2 dari sumber yg benar bkn mereka2 pakcik,bilapun ko baca dari link yg lain data2nya pun jg sama...capek aq nak layan ko yg bengap dan kepala batu tuh

      Hapus
    19. Mat Rempit

      Siapa kata aku x baca?

      The Indian already operates hundreds of the MKIs. Like ours their servicebilaty rates are low. Why is that? Even their Mig29K are problematic. And u think they are going to buy more Russian made planes when there are other options? This is not the cold war anymore bro.

      HAL already produces certain spareparts for the MKIs. The planes are dsgn by the Russian. Like any other manufacturer it will be stupid for them to let other countries produces all of the parts needed to sustain the plane. Wheres the business in that? As i said their after sales service are needing a revamp. Its their main weakness. Malaysia pun dah ada pusat MRO bg pesawat Sukhoi. Nothing new.

      Hapus
    20. Tak ada lah pesawat dapat memba 30 rudal kecuali itu pesawat real bomber.. kau yang meminta explain kelebihan dan kelurangan antara 2 pesawat itu..

      Kenapa india memilih desault rafale ketimbang su 35, india butuh pesawat yang bisa lepas landas di kapal induk, dan india kecewa dengan performa mig 29 yang kurang memuaskan..


      Hapus
    21. Just like why China wants SU35 even they have lot of SU30 in their Inventories...? Why need SU35 ? Padahal merekapun punya kloningan SU27 dan SU30. China adalah negara paling kaya saat ini... apapun akan dibeli.. bila SU30 lebih baik mereka tidak akan melirik SU35.

      But bro shed bisa jadi benar.. sukhois adalah pespur sementara sebelum gen 5 settled.
      Indonesia masih kekurangan heavy weight fighter jets makanya butuh tambahan sukhoi... ancaman LCS didepan mata... menunggu 5 atau 10 thn lagi jelas big risk.

      Dats why TNI tidak perlu membeli banyak2 karena hanya sebagai stop gap sebelum gen 5 hadir. Proyeksi kedepan TNI pasti JSF atau SU57.

      Tapi harus diingat juga.. adanya dot akan diikuti anti dot.. pesawat stealth suatu saat nanti ditaklukkan oleh radar anti stealth... its only a matter of time. Saat stealth menjadi hal yg bisa terlihat maka kemampuan pesawat yg akan take control selain BVR missiles anti jamming.

      Hapus
    22. Rifki

      I agree with ur point. The Indians dindt need to buy the Sukhoi 35. They just have to ugrade certain aspects of the MKIs and they already have a plane that is equal or even better then the Sukhoi 35. For a lot less money too. Why cant we apply the same logic for the MKMs?? Now mat rempit is telling a different story (with the Rafale and all). Why is that?

      Mat rempit
      Cant u read? Im addressing the range difference issue given by bro rifki. Let me repeat my self. With air to air refueling this is not an issue for us. As we have the chobbam refueling pod and the A400 are cleared for tanker role. Dont u know that C130 tankers in Malaysian and indonesian service dont have the cruise speed needed to safely refuel the Sukhois? They can but not without major risk.

      Hapus
    23. Rifki

      The Rafale are cleared for CATOBAR type operation. For the time being the Indians only operates ski jump equiped carriers. Besides the Indians are buying the Rafale C. Not the M versions. So they are not buying the Rafale for their naval operations.

      Kelebihan diatas kertas tidak menjamin kemenangan d udara. That is why ive given the "biggest dick" analogy for u know who. I wasnt meant for u. Pardon me for that.

      Hapus
    24. Bg yg tidak faham maksud saya. Yes. Seperti yg dkatakan oleh bro Rifki radar Irbis E mampu menyerang lapan sasaran udara ke udara jarak jauh secara serentak. Tp adakah anda pernah melihat pesawat tersebut membawa 8 unit rudal R77 ataupun R27? Jarang sekali. The capability is there but it is rarely use. For me the radar is just some of the parts in making a great plane. Only a fool will use that point in a dick measuring contest.

      Hapus
    25. @ bro shed

      Tidak semua suku cadang bisa di buat di india, hanya sebagian kecil di buat di india, untuk suku cadang bertekhnologi tinggi india tetap harus mendatangkan dari rusia, dan itu lah jadi masalah terbesar bagi angkatan udara india, karna dari semua squadron su 30 mki india, hanya 50% yang siap tempur, sisa nya harus di grounded karna permasalahan suku cadang..

      Hapus
    26. Superstar

      Even u said the chinese are good at cloning. But are clones better then the original example? Nothing new here. They are buying in small numbers and will probably end up cloning the Sukhoi 35 as well. Especialy the engines and radars. The chinese are seriously lacking in this area.

      Im not attacking ur Sukhoi 35 acqusition bro. U have the right to make that decision given ur own reasons. Im discussing the issue are the Sukhoi 35 better then the MKMs. In certain areas yes it is better. Ive never said otherwise. But in the Malaysian view and context it is negligible.

      Hapus
    27. @ bro shed..

      Rudal yang di bawa dalam pertempuran tentu di sesuaikan dengan skenario pertempuran dan ancaman yang di hadapi, su 35 dapat mengunci target dan menembakan 8 rudal secara bersamaan tentu itu dalam artian dalam berbagai macam rudal yang dapat di luncur kan,air to air and air to ground..
      Tak mesti 8 rudal itu harus R77 atau R27..

      Hapus
    28. Pakcik upil

      Ive already answered that. Ive said "certain" parts are produced by HAL. Tiada OEM yg akan membenarkan alat ganti berteknolog dkeluarkan d negara lain. Terutamanya yg melibatkan data & teknologi sensitif. That is just simply bad for business. Btw TNI AU turut menghadapi masalah yg sama dgn alat ganti pesawat Sukhoi mereka. Isunya adalah after sales service yg lemah dan kerenah birokrasi Russia.

      Hapus
    29. Rifki

      The Irbis E can detect and track up to 30 "AIRBONE" targets at any given time and attack 8 of them silmutaniously. Ther Irbis E can only mapped and attack 4 air to ground targets while scanning the horizon for other airborne threats. Theres a difference bro. Betul kata anda persenjataan akan disesuaikan mengikut misi. Always a mix between short and long range missile. Air to air and air to ground. Tp apa yg saya maksudkan adalah keupayaan utk menyerang sasaran udara secara serentak itu td. Radar Irbis E mempunyai keupayaan utk menyerang 8 sasaran udara ke udara jarak jauh secara serentak. Tp pernahkah anda melihat pesawat Russia membawa 8 rudal udara ke udara jarak jauh dalam apa2 misi?

      Hapus
    30. Yups,begitu juga dengan angkatan udara malaysia bro shed, masalah mig 29 malaysia, begitu pelik masalah suku cadang,,,
      Apa kabar mig 29 kau tuh bro shed? Jadi kah di tukar ke india untuk suku cadang su 30 mkm kau tuh??

      Hahahaha

      Hapus
    31. Shed ini jangan di debat. Dia itu menteri pertahanan malonshit kawan2. Hati-hati nak bikin hati panas tun abdul yg dipertuan shed.... smart ass malon are always right. Udah iya in aja yg dia bilang. Susah ngomong sama org yg miskin tp masih merasa superior. Takde uang, bujet bagi 5 aja sok2an kaya

      Hapus
    32. Pakcik Upil

      Nothing to laugh about. As we became to know (the hard way) the Russian planes are problematic. The RMAF never wanted the Sukhoi (or the Migs) in the first place. They wanted the F/A18 C/D/E/F. But thats water under the bridge now. We have to make work with what we have. So we gold plated the sukhois. The Migs are soldiering on with limited numbers. The Indian Mig swap deal fell through. Btw im against buying Indian made sukhoi parts.

      Hapus
    33. Joni

      U want me to shut up? Simple. Just prove me wrong. U can check and refute all the facts that ive given no problem. Smartass? Come on. U can do better then that.

      Hapus
    34. Coba tengok kehebatan China..

      Su30MKK = 76 unit
      Shenyang J11 = 276 unit clone from SU27
      Shenyang J16 = 24 unit clone from SU30
      And now they need SU35 belinya 24 unit pula dan infonya mau nambah.

      Bagaimana potensi kekuatan mereka bila tiba2 krisis LCS memuncak ? Apa yg akan terjadi dgn negara2 yg sedang bermasalah dengan China ?

      Indonesia saat ini tidak terlibat masalah dengan China... beda dengan Philipina Thailand Vietnam dan Malaysia. Meski tidak ada masalah tapi pengadaan pespur baru jelas penting just in case shit happens.

      Bagi saya pengadaan SU35 sudah merupakan hal yg menggembirakan.. dan lebih gembira lagi bila Viper pack yang jadi rekruitment berikutnya daripada gak beli sama sekali 😊

      Hapus
    35. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://defence.pk/pdf/threads/su-30mki-vs-su-35s.222304/&ved=2ahUKEwj3vaeEh9jYAhWEFpQKHViXAZgQFjADegQICxAB&usg=AOvVaw3jqHRYqEb4rzFmXXyJKs6C

      Sila baca bro shed..
      Range, radar,manuver,engine & life time air frime su 35 lebih unggul di banding su 30 mkm kau tuh..

      Untuk perkara rudal, semua itu di sesuaikan untuk pertempuran di medan misi yang di emban, kalau hanya untuk menggempur pemberontak macam di suriah, tak perlu lah rusia membawa r77 8 bijik, cukup membawa smart bomp sahaja...


      Hapus
    36. China beli su35 sbb mereka tiada su30mki...abis cerita..

      Hapus
    37. Untuk apa su 30mki, kalau tekhnologi su 35 lebih unggul..

      China sudah punya j16 copy su 30sm rusia yang tekhnologi tak jauh berbeda dari su 30mki/mkm..

      Hapus
    38. klu China punya su30mki..pasti China cuma pilih upgred juga kayak India...china bisa bikin sendiri om..copy aja bisa..masak upgred gak bisa kan...



      Hapus
    39. Pakcik upil

      X tdor lg ya? J16 adalah copy pesawat Sukhoi 30MKK. Not the Sukhoi 30SM kerananya basisnya adalah pesawat J11. J16 tidak dlengkapi sayap cannard seperti mana pesawat Sukhoi 30MKI,MKM,MKA,SM.Terlalu byk perbezaan diantara pesawat tersebut sbenarnya. We can elaborate on that later. Btw the Russian just start using the SM version a few years back. Long after India, Malaysia and Algeria. If the Sukhoi 35 was that good then why did the Russian buy the Sukhoi 30SM ?

      Tentang isu d Link. Range. Radar. Engine TBO and ect. Baca komen awal saya. Telah djwb berdasarkan situasi dan konteks Malaysia. Please refute them 1 by 1. Gunakan maklumat dari link anda. Please dont be like Mat Rempit. Wheres the fun in that.

      Ur missing the point. The capability is there (the radar). But is is seldom use. Even by the Russian for the QRA duties. Nobody carries 8 long range air to air missile anymore. All this added weight will only hamper the plane manouverability which the Russian are so proud about.

      Superstar
      And u have the right to be happy. As i said. The chinese are masters at cloning and reversed engineering. U probably already know the problem with their WS10 engines and chinese made radars. Logic dictates that this is another attempt at reversed engineering. After this they will have their own version of the Sukhoi 35 like the J11, J11B, J15 & J16. All a basicly chinese copied Sukhoi 27 and 30s.

      Hapus
    40. so, you were asking to explain the difference between two suits 30mki / mkm and su 35s, it is clear there is a lot of difference between the 2 plane, obviously for malaysia su 30 mkm is more than enough to keep the area of ​​airspace that is not too broad in appeal of indonesia, su 35 in the value is suitable for keeping our airspace, in addition to filling into vacancy after retirement of his f-5 tiger, for the problem of carrying the same 8 missiles, as long as it does not exceed the 8 ton freight limit, of course it can happen bro shed, yet its the specifications like that why need to be in the problem ..

      Hapus
    41. Berbuih mulut aq layan si Shed kepala batu nih,ada sahaje jawabnya,tan sri Shed tanya pernahkah sukhoi bawa 8 rudal,wong pabrikan sukhoi mengatakan sukhoi mampu bawa 8 rudal,tan sri Shed selalu meragukan,makanya aq selalu katakan shed nih serba maha tahu tp banyak yg asbun Wkwkwk....dari segi airframe sahaje Su-35 lebih besar dan lebih kuat dari Su-30MKI/Su-30MKM,why not Su35 tidak boleh bawa 8 missile,nak berlakon melebihi designer/engineer KNAAPO ye Wkwkwk...jgn di contoh shed nih apapun tak dipercayainya kecuali cakapnya yg maha benar

      Su30SM rusia tuh beza dgn Su30 MKI/Su30MKM,manalah mau rusia sebagai negara produsen quality sukhoinya dibawah Su30mki/Su30mkm ataupun dibawah Su30 cina,kena pake logic dan otak untuk berpikir...Su-30SM rusia sudah beberapa kali dapat pembaharuan/upgrade Su30 SM yg tentunya rusia upgrade semaksimal mungkin dgn inovasi2 teknologi mereka terkini kerana rusia selalu sahaje ada banyak penemuan dalam inovasi teknologi jet pejuang yg selalu terbaru

      Hapus
    42. Update terkini,rusia upgrade Su-30SM menjadi Su-30SM1 dimana Su-30SM1 avionik dan sistem senjatanya ditingkatkan lagi kerana dah ada pengalaman berperang di syria,jd mana ada kesamaan quality Su-30MKI/MKM dgn Su-30SM1 Rusia,think again

      Ada banyak Su35 dalam inventory rusia bahkan jadi andalan dalam perang syria di garis depan,jadi rusia tak ragu2kan pilih Su-35

      Dgn engine terbaru AL41 yg performanya tinggi dan airframe titanium yg kuat why not Su-35 tdk boleh bawa 8 missile AAM dan bomb,oleh kerana itu India nak upgrade Su-30MKInya supaya qualitynya mendekati quality Su35 dgn mengganti engine AL31 dgn AL41 dan upgrade peningkatan avionik dan airframe biar setaraf dgn Su35

      Hapus
    43. Mat Rempit
      Typical orang ckp lain kau faham lain. Let me repeat myself. Anda pernah melihat pesawat Sukhoi membawa 8 unit rudal jarak jauh (R27 or the R77) secara serentak? Always it is a mix of short and long range missile. The capability is there. Im not deniying that. But is seldom use. Kenapa? In any air to air engangement the idea is to be as light as possible. Why is that? Do u think a fully laden Sukhoi 35 will be as manouverable?? FYI in any QRA situations (even by the Russian) u will rarely see no more then 6 missile hung under their pilons. But that doesnt mean that the plane cant carry the full complement of 8 missile. Faham atau tidak? U have any cmments on that?

      For years the Airforce community knows that the Sukhoi 30MKM, MKA & MKI are better then the Russian vintage Sukhoi 30K & 27UB. Maybe not u. Why? Becoz we opted for western and Israely made avionics for our Sukhois (with much headache). Hell the Sukhoi 30SM arent even equip with MAWS. Much of the avionics on the SMs are quit similar with the MKMs. THALES wide angle HUD, Damacles pods and ect. The SM are actualy closer to our version then the Indian. U can check if u want no problem. They even use the same AL31 engines.

      Hapus
    44. India x perlu beli su35. Skrng Mereka lagi upgrade sukhoi mereka ke super sukhoi dgn tukar radar AESA, enjin, avionic dan lainx2 sistem. Klu berjaya Kedepan Malaysia tinggal ikut cara India saja upgrade ke super sukhoi.

      Hapus
    45. Nhadri Nash
      I agree with u bro. Ive never said otherwise.

      Mat rempit
      The Sukhoi 35 are bigger then the sukhoi 30?? Do explain. In my knowlege the dimensions are quite the same. Given the Sukhoi 35 got slightly longer wing span but the wing area are still the same. 62m2.
      Both can carry the same weight of ordnance. 8000 kg.

      The Sukhoi 27, 30, 35 can all carry 8 air to air missiles. U know this right? But only the Irbis E installed on the Sukhoi 35 can shoot down 8 "LONG RANGE" air to air threat silmutaniously. Did a say something different? No. The problem is that crrying 8 long range AAM will have an adverse effect on the plane manouverability so "RARELY" do we see any plane carrying that amount of missile for air to air mission. Faham x faham?

      Hapus
    46. So u tell me. If the Sukhoi 35 is that much better then the Sukhoi 30 (as u claimed) why did the Russian still bought the Sukhoi 30SM?? No links please. Just tell me why. Simple.

      Hapus
    47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    48. Kerena bujet Su35 lebih mahal dari Su 30 lah shed.. macamana nak bina Su 35 semua Russia juga harus berhemat.. Tu lah pesawat berkuality mahal nyee.. wkwkwkwk

      Hapus
    49. Shed@ knp tak mungkin Su35 boleh bawa missile AAM yg sama,awak jgn lebih tahu segalanya,awak bkn designer or engineer yg bina Su35,selama airframenya kokoh dan kuat why not Su35 boleh bawa AAM missile yg sama

      Su-30SM rusia beza dgn Su-30MK ataupun dgn Su-30MKM,last update Su-30SM1 avionik dan sistem senjatanya semua binaan rusia,beza dgn Su-30MKI ataupun Su-30MKM sparepartnya ada binaan france,Thales,Saab dan israel...weww,ada sparepart binaan israel Wkwkwk,katanya malaysia anti israel tp kenapa pake produk israel ya Wkwkwk

      Size atau dimension Su35 lebih besar dari pada Su30,sila lihat link yg aq hantar

      Aq tak kata rusia tak beli Su-30SM,yg aq kata Su35 dan Su-30SM sama2 telah berkhidmat dalam perang syria,knp su35 lebih better kerana engine dan airframe su35 lebih besar performanya dari su30,example : mana lebih better car dgn engine 2000 cc dgn car dgn engine 1000 cc,tentulah car 2000 cc lebih besar performa dan sizenya dibandingkan dgn car 1000 cc,Cem tuh lah perbandingannya pakcik

      Hapus
    50. Produk isreal semua Ada tak kauliti Galil kamu penah komplan produk isreal ok,Kami tak pakai buatan israel jangan malu ia mat rempit, lihat aje apa berlaku di perang syria f35 Upgread alatan isreal dikata paling canggih di tembak Dengan missile s200 lama, lihat versi su30mki and mkm di pakai oleh rusia buat versi nya Upgread sm, India pakai 30 mki Alatan buatan dalam dari isreal,su30mkM kami ganti dengan buatan afrika selatan kamu tahu tak afrika selatan pencipta pertama helmat hmd, kamu tahu tak malah isreal penah cuba curi teknologi senjata afrika selatan Tapi ditangkap oleh agen afrika selatan 2orang agen mossad isreal di tangkap Di afrika selatan, jangan kamu ingat isreal maju mereka tahu menipu dunia ini teknogi bukan berasal dari isreal meraka curi dari amerika mengunakan orang yahudi di amerika dan mereka beli teknologi dari amerika untuk bikin barang di isreal, kamu patut tahu isreal hanya kuasai bank bank berada american mana2 teknologi baru diamerika isreal pasti beri dana pada teknologi jadi isreal bukan bangsa pencipta

      Hapus
    51. Mahathir@ Cie,Cie mahat malu sukhoi guna teknologi israel Wkwkwk...jgn malu dan malu lah pakcik,teknologi israel ada jg pd hornet,ko tahu siapa2 di belakang industri militer amerika tuh ? Orang israel,penyandang dana orang israel,engineerpun orang israel,jgn ko nafikan tuh pakcik Wkwkwk

      Hapus
    52. Mat Rempit
      Cant u read simple English bro? Did i say that the Sukhoi 35 cant carry the full cmplement of 8 long range AAM??? Did u read my cmments? Where did i say that the Sukhoi 35 or any other Sukhoi 27 variants cant carry that same amount of AAM?? Please read properly or find someone to help u. Goodness..

      As i said "MANY" of the SM components are identical with the MKM. From the HUD down to the Damocles pods. Prove me wrong here. The main difference is that the SM are devoids of devices such as the MAWS, laser sensors, HAL built mission computers and are not cleared for link 16. Only 1 SM1 type demonstrator were built by IRKUT. The spesification are sketchy at best. Words are that the Russian upgraded the electrical system on that prototype. But as always Mat Rempit knows best.

      We never support the state of Israel. The Indian uses Israely made avionics on their MKIs. We replaced it with french made ones. For god sake even a 5 year old kid know this. Btw how old are u? 4? Remember when ur friends said that Malaysia uses the Heron UAV?? I laugh my heart out that time bro. Ur a funny guy.

      Ive read ur links. So please explain the size difference here. Using ur own words. Bigger. Smaller. The fact of the matter is both planes has a payload crrying capacity of 8 tons. So ur point is?

      So ur saying that a 5 liter american made muscle car is better then let say a ferrari? It depends on the situation. Pakcik upil cmments sums it quite nicely.

      Hapus
    53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    54. Shed,mengenai size ada pada link,ko pun paham,aq tak mesti explain

      See the link,apa ko tak paham soal airframe dan engine,sila ko pahamkan lg

      Hapus

    55. In true Mat Rempit fashion u dont have to explain anything. Instead of an intelectual debate u want to turn it into a link posting contest.

      Both plane got a g rating of 9g. A maximum payload of 8 tons. For a russian made heavy fighter with its well known low servicebility a maximum airframe life of 4000 flight hours is long enough. U dont need 6000 hours of headache.

      Btw did i say that the AL31 engines are better then then AL41? For u a bigger and newer engine is always the best choice. But after dealing with the Russian for more then 20 years we know that is not always the case.

      Hapus
    56. Mat Rempit
      Btw the Sukhoi 27 and all its derivative can carry a maximum of 12 AAM. 10 in the case of the R77. Not 8. For the MKMs armed QRA duties it is equip with just 4 AAM. A lighter load equals for a far manouverable airplane.

      Hapus
    57. Shed@ jadi link tuh salah keh,cakapmu yg benar semua...common Shed ,don't be like coward,be a clever man

      Hapus
    58. Shed ini komen macam dia yg buat sukhoi. Bicara paling benar. Rujukan link pun takde. Jangankan link. Uang pun takde buat beli MRCA

      Hapus
    59. Anggap sahaja aku x pandai baca link. Jd kamu berani bukan? Tlg terangkan link kamu itu td. Dan signifaksinya dlm isu yg kita bincangkan. Buktikan yg kamu punya sekelumit pengetahuan. Mudah bukan?

      Hapus
    60. Joni
      Siapa kata aku x rujuk link yg kamu kemukakan? Aku minta kamu terangkan apa yg kamu dan mat rempit faham tentang artikel d link tersebut. Maklumlah orang ckp lain kamu faham lain. Cukuplah dgn isu Israel td. Ianya cukup memalukan. Thats a new low even for the likes of u two.

      Hapus
    61. Joni@ percuma sahaje di layan shed tuh,cuma cakap dia sahaje yg dia rasa benar,apa2pun dia tahu,semua cakap kita orang dan link tak de yg benar,cuma cakap dia yg benar...berlakon semua tahu semua asbun semualah yg dia cakap,cem tuhlah Shed tuh bro,penat kita nanti kl kita layan dia yg kepala batu tuh

      Hapus
    62. Mat Rempit
      There u go. Another cop out answer from urs truely. Ckp sahaja anda tidak tahu kan mudah bro.

      Hapus
  5. Santai aj bro, toh beli alutsista ndk sama bli brg d toko, ap lgi harga yg didpt lumayan jauh dr harga bukanya bisa hemat 60 jt us,...dan setidaknya arahnya sdh jelas kita akn mendapatkn pespur gres baru, ap lgi pihak sebelah jgn ikut2an ...dari pada cman rencanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasalah bro banyak forumer tetangga yg iri sangat indonesia beli su35 dibanding negara mereka dari zaman jepun dah bising sangat nak beli rafalelah,nak beli typhoonlah,tp sampe sekarang tak de wujud bro Wkwkwk

      Hapus
    2. Jangan gitu bro... mereka sudah beli little bird 6 unit sebagai respon heli apache ... tak ada Tiger emprit pun jadilah...

      Artinya meskipun meleset dari kebisingan pengadaan heli serang sejak 5 thn lalu minimal mereka sudah realisasi meski bentuknya gak sesuai bising2 forumernya

      Hapus
    3. Owh yang katanya itu project MRCA itu ya @om pit..

      Yang katanya project mrca itu di tunda karna masalah keuangan..

      Hapus
    4. Rifki@ Yoi bro,MRCA tuh cem nafsu besar tenaga kurang Wkwkwk

      Hapus
    5. Takde org nak dengkinya lah... setakat beli su35 basic tanpa senjata yg sepatutnya takde gunanya juga.. beli 11 buah pun nak minta tot macam2... ingat russia tu nak bagi ke...

      Hapus
    6. Bro dein....cobe awak bace betol2 statement bpk menhan diatas bahwa 11 sukhoi yg dtg lengkap dg armament persenjataannya...jdi bukan dtg kosongan....

      Hapus
    7. Didi@ biasalah bro Dein dan forumer malay lainnya iri hatinya dah sampe ke ubun2 Wkwkwk...ada artikel pun tak di baca dgn seksama,bila di baca pun kenyataan dan kebenaran pada artikel itu pun dikata bohong sama mereka,memang susah sangat bila nak layan forumer malaysia yg iri hatinya sudah teruk sangat bro

      Hapus
    8. Baca di wiki su35 price kosongan $ 40 sampai $ 65 mil tergantung radarnya.

      Kalau Indonesia beli $ 90 mil per unit bisa dikira2 sendiri bro itu downgrade atau upgrade

      Hapus
    9. Tu lah pesawat berkualitas pasti mahal.. kih kih kih

      Hapus
  6. Hahahahaha molor lagi...
    Gak apa apa lah yg penting AKAN nya jadi kenyataan dan akhirnya Indonesia punya SU35 gak kayak si anu yg sinis dan nyinyir mulu gara2 gak kesampean beli pespur biarpun udah digaungin 5 tahun lalu.. πŸ˜…

    Mau dicurigai downgrade atau spek jelek gak masalah... yg penting abis february beres lanjut ke pengadaan 3 squadron baru... yuk dilanjut pilih 50 F16 Viper atau 84 Grippen ? 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin berea februari bro...si rr tuh udah bilang mulai awal tahun 2017...secara menham getu...emang gak punya rktl apa timeline getu terkait kontrak dan tetek bengek yang harus diselesein...molor terus kayak kolor...bentar lagi tetangga pada nyinyir nih

      Hapus
    2. Kalau meleset lagi katanya mat rempit mau demo jalan kaki ke kantornya RR mas... udah nazar dia πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Ampun mas Rempit...

      Hapus
    3. Mat rempit mau gantiin yg tempo hari nazar mo jalan kaki jogja-jakarta tapi blum kesampaian kayaknya....

      Hapus
    4. Ya gk sampe segitunya donk bro Wkwkwk...dapat Su35 ya alhamdulillah,dapat F16 Viper ya alhamdulillah jg,dapat Gripen alhamdulillah jg,apalagi dapat F35 ya makin alhamdulillah jg hehe

      Hapus
    5. Tenang om pit nanti tak temeni, ente jalan ane naik motor... bijimane bro setubuhkaah... πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    6. Luthfi@ okey bro,ntar kita track2an sama mahathir,tentara kabur,paul,hartaku ya bro Wkwkwk

      Hapus
  7. lah..kan katanya bakal ambil viper..knapa masih kcewa soal sukhoi?? apa yg hebatnya si sukhoi itu om ps??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum di beritakan secara resmi penambahan 3 sqa baru itu pespur f16v..

      Hapus
    2. Mas AP,
      Entah kenapa ane gak interest ke spek SU-35, sejak penundaan di awal2nya. Jadi apa kelebihannya maaf, ane gak terlalu tau.

      Anggapan ane, Kemenhan kurang peduli ama urgentnya kebutuhan user.
      User jelas udah proposed pengganti F-5E/F, jauh sebelum grounded.

      Satu-satunya kelebihan yg pasti ane tahu : di kelebihan molornya..hwekekekek.

      :D

      Hapus
  8. Tabah sampai drama berakhir... Hidup sukro... ✈🚁

    BalasHapus
  9. su 35 tdk sama dengan sumkm...engine su35 baru lebih kuat...jadi more extreme manuver dan payload....su35 juga unik ada radar yg menghadap kebelakang....jadi bisa menembak musuh yg membututinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul bro,tolong bro explain kpd Yang Mulia Tan Sri Shed Anuar biar dia paham

      Hapus
    2. Bodo punya comparison.... patutnya korang compare pesawat ni dgn pesawat setarafnya.. su35 tu kategori pesawat generasi berapa..

      Hapus
    3. Bro dein tdi coment d atas bro shed mnta explain Su35 dibanding su30 jdi disitulah kelebihan su35,pasal coment pakai bahasa yg santun y, awak ne tamu, pandai2lah berbahase

      Hapus
    4. Dein@ yg pasti Su-30 MKM ko qualitynya jauh di bawah Su-35

      Hapus
    5. Radar menghendap ke belakang?

      Hapus
  10. Menhan yg satu ini ngerasa sakti krn dilindungi mpok ratu yg...jadi ngomong 'akan' melulu..dari 'akan' 2016..'akan' pertengahan 2017..sampai keluar 'akan' Februari 2017..

    Yaahh 'mudah2an' 'akan' yg kesekian kali ini jadi 'kenyataan'..krn toh Menhan yg sakti ini..ngk bosen2 nunjukin prestasi 'akannya'..toh ngk bakalan kena 'reshuffle'..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uupps sorry 'akan' terakhir Februari 2018..tuh kan ketularan efek 'akan'..sampe lupa ini 'akan' yg keberapa..he,he

      Hapus
    2. Hahahaha tenang mas... panglima TNI skrg dari AU pasti dikawal beneran AKAN version beliau πŸ˜…

      Hapus
  11. Sepertinya Vietnam juga ada fasilitas MRO nya...
    Kalau jadi bangun fasilitas pembuatan suku cadang, itu baru hebat....
    Kendala bagi pengguna Sukhoi adalah suku cadang dan service nya harus di Rusia. jadi win win solution buat Rusia dan pengguna Shukoi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vietnam ada fasilitas MRO heli buatan rusia aja mas seperti Mi-17 kita di servis di vietnam,kl MRO sukhoi mereka belum punya mas

      Hapus
    2. Memang sucadnya su-35 kompatibel dg sucad su-27 mk/su-30 mk2/su-30 mki to mas cipto?

      Hapus
    3. Vietnam ada juga fasilitas MRO Shukoi, Om MR. Pernah diulas di DS juga...
      Maksud saya, bukan MRO SU-35 di Vietnam , Om Hari. Tapi Vietnam punya fasilitas MRO utk Shukoi.
      Fasilitas MRO diberikan ke user Shukoi, karena banyak complain dari user bila harus service ke Rusia. Jadi bukan hal istimewa ada fasilitaa MRO di Indo.
      Jadi hebat kalau beneran Rusia invest pabrik suku cadang Shukoi disini (versi BKPM dan Menhan, Rusia akan invest)....

      Hapus
  12. Lupakan sukhoi ...sudah mau pemilu ..fokus cari pemimpin baru broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi jalan, presiden baru jalan , aku ingin presiden yang membawa keberkahan di negeri ini bukan kemajuan , maju negaray lom tentu berkah tapi negera yg alloh berkahi sudah pasti maju hehehe

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Permintaannya buanyak banget imbal dagang 50%+ offset 35%..MRO + pabrik suku cadang..harga miring+full armament+simulator....jadi bisa di bayangkanlah kenapa alot nya 1/2 mati..wkkwkkk..Tabah Sampai Deal Kontrak

    BalasHapus
    Balasan
    1. "yen gelem tak jak ra-bi
      yen ra gelem tak jagongi
      sing ra penting pikir keri

      yen kowe gelem tak sayang
      ya ojo mbok gawe bimbang
      rasah kakean alesan.

      nek iki pancen dalane tak tompo opo anane
      gusti niku mboten sare kowe kui seng jengkelke
      abot dirasakne rakuat dibecakne
      rasah dipikir mbok miker seng liyane

      tresnoku seng gede mbok prekne
      mbok golek liyane seng nompo opo anane
      mending nyicel motor podo mumete
      naning ono hasile ketimbang miker kowe

      pikir keri pikir keri ketimbang loro ati"

      Hapus
    2. Sorry bung tupez...kirain judulnya "Piker sukhoi", ternyata "Piker keri"

      Hapus
    3. Nek aku tabah sambil ngopi luwak... πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    4. @ smilinghari ora popo mas.........................................................@ luthfi sip mas...ngopi sek ben ra edan...wwkkkwkk

      Hapus
  14. Nga percaya blasss.
    Dulu bilang nanti president ke rusia tanda tanggan kontrak . Nanti nopember . Nanti januari . Nanti febuari . Nanti nanti nanti...
    Harga su 35 :150 jt nga percaya
    Harga f 35 aja cuman 112 - 125 jt.
    Harga 24 cina ( su 35 ) seharga 2m dollar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi wiki
      SU35 price $ 40 - $ 65 mil kosongan

      F35 price $ 95 - $ 122 mil kosongan

      Su35 china 24 unit total $ 2 bil alias $ 83 mil per unit kosongan

      Harga SU35 per unit $ 150 mil rasanya impossible... kecuali belinya dua tapi yg didisclose ke media beli satu unit πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Beli pesawat kok pake Wiki. Buat skripsi pake sumber Wiki aja ditolak apalagi buat pertahanan negara.
      Liat dulu paket yg ditawarkan. Tiap negara beda2. $150 juta itu harga lumrah utk sekelas front line fighter sekelas F-15.
      $150juta jadi $90juta? Berarti ada bagian penawaran yg ga diambil.

      Hapus
    3. Jangan samakan harga pembelian tahun dulu dgn sekarang. Jumlah beda, harga beda. Spek tiap negara beda. Ga kayak beli motor. Beli lebih murah lagi bisa kalo dirasa kemahalan. Pakein radar N-001VE. Avionik dan mesin standar su-30 knaapo.bisa $50juta. Yg penting bisa nembak dan ngebom kan?

      Hapus
    4. jangan cuman harga pesawatnya om, tapi yang di gendong. lha kalo harga 150 gendong brahmos semua + knirti +mesin cadangan 2 biji + tot pembuatab suku cadang, kan ya kita juga untung

      Hapus
  15. SELAMAT DATANG DI WWW(.)WSD4D(.)COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya

    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)NET
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%

    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    TOGEL ONLINE
    SLOT GAMES
    LIVE CASINO
    SPORTSBOOK
    SABUNG AYAM
    POKER & DOMINO

    PREDIKSI BOLA
    PREDIKSI TOGEL
    BERITA BOLA

    VIDEO SEKS
    VIDEO MESUM
    CERITA SEKS
    CERITA MESUM

    BalasHapus
  16. Aku maunya Viper...
    Sukhoi beli sukur gak beli ya udah..

    Kalo Viper kudu beli.. enak banget kalo punya armada F16 sampai 100 unit bisa saling share datalink bareng2 saat terbang menuju sasaran.

    *ngayal punya sistem koneksi tercanggih antar pespur seperti iklannya Griffindor

    BalasHapus
  17. ada kemungkinan datalink dikerjakan langsung oleh PT DI dan Thales

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Manasss tak belawan bro scan, jgn ngetroll y....qiqqiiqiq

      Hapus
    2. Bro Scan... so we are Poor and Yours Rich..

      So kenapa program MRCA gen 4++ anda kembali di tangguhkan ? Apalagi sudah dibahas bertahun2 jauh lebih lama dari bahasan rencana AKAN beli Sukhoi Indonesia.

      If your country is Rich penangguhan adalah sesuatu yg menggelikan dan tidak sesuai dengan bising2 dan kesombongan forumernya.

      https://thediplomat.com/2017/07/is-malaysias-new-fighter-jet-deal-dead-now/

      Hapus
    3. Anda benar om..Kami xkaya..dein itu gila om...jgn diladeni...ntar penyakit gilanya pergi ke anda...

      kerana Malaysia tak kaya lah kerajaan kasih bantuan cash sekali setiap awal tahun bagi mereka yg gajinya max rm2000/bln... klu tki disini gaji rm1500 aja bisa hantar pulang rm1000...bantuan ini dananya bukan kecil om...rm 6-7 bilion per tahun...bayangkan kalau dibuat beli sukhoi 35...belum Dana2 lain....mrca Di tunda kerana Malaysia cekak duit itu bullshit om....tapi bukan bererti Malaysia lebih kaya dibanding Indonesia...

      Hapus
    4. Malaysia itu pikirnya mungkin begini om....ekonomi dunia gk begitu bagus...walau boleh dibilang rakyat Malaysia yg terlalu susah itu kecil lah bilangannya..tapi tetap dikasih bantuan..alasannya duit klu dibelanjakan rakyat,akan kembali ke kantong negara..kerajaan juga dapat nama...ya begitu lah Malaysia om...padahal masih banyak kebutuhan harian yg lebih murah dibanding Indonesia...dikampung aja..klu gak punya kuota internet gak papa...wifi gratis ada Di mana2..tapi ya lumayan perlahan lah..maklum gratis...

      jadi klu Malaysia benar2 mau beli pespur..bisa om...tapi apakan daya...

      Hapus
    5. Naah..
      Ketahuan, pake wifi gratisan, di pagi buta pulaa...
      Lancar jaya laah...

      Xixixixi...mantab oom... :D

      Hapus
    6. jiahahaha...pake wifi gratis gak bisa ngintip janda om...bisa ketahuan...huhuhu....

      Hapus
    7. AP@ hahaha,program cash money dah biasa,program basi om,di indonesia jg ada hahaha..di malaysia orang tak mampu cuma dapat 1 bulan cash money sahaje di awal tahun,di indonesia orang tak mampu di beri cash money setiap bulan om,gk nyombong om

      Hapus
    8. aneh 1 orang ini ya om ps.. saya lagi kritik kebijakan negara sendiri..dia mau ikut juga...hahahahaha...

      Hapus
  19. Iy saya akui di malaysia wargay yg pendapatany di bawah 10 jutaan di beri subsidi oleh pihak kerajaan sebesar 1,5-2 juta / bulan itu khusus warga malaysia ber ktp malaysia makay di sono itu sejahtera, minimal warganya berkecukupan, laah di indonesia boro2 ada bantuan yg ada aja subsidi di cabut pelan2 di suruh ikat pinggang lagi dari tahun 98 setelah orba tumbang dan dampak krisis ekonomi, bayangin aja subsidi listrik, gas,bbm, kenaikan tarif pajak dari segala sektor untuk pembiayaan infrastruktur ngutang luar negeri lain lagi, padahal waktu debat kampanye ada duity untuk bangun infrastruktur ,ooh ada tinggal kerja aja , ternyata duity malak dari rakyat dan ngutang hehehe, dari segi ekonomi malaysia masih diatas kita tapi untuk kemandirian teknologi militer selangkah kita berada di atas kita, buktinya apa ? Ya itu mereka banyak impor peralatan militer dari kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah penduduk yo dipikiri toh om..
      Nek ndelokno chino tambah mumet maneh wong penduduke 1milyar lebih...
      Ngono iku yok opo om..?

      Hapus
    2. Doni,ya wajarlah pendapatan penduduk malaysia segitu wong penduduknya cuma 30 juta dibandingkan penduduk indonesia 250 juta,kl seandainya pendapatan malaysia itu lebih rendah dari indonesia berarti kurang ajar bangetlah pemerintah malaysia itu moso meningkatkan pendapatan 30 juta warganya gk mampu

      Hapus
    3. om doni..ya wajarlah negara sebesar Indonesia..harus punya skala industri pertahanan lebih besar dari Malaysia...masak dgn skala sbesar itu,pemain industri lokal Di Indonesia gak bisa survive...

      Hapus
    4. Omongin skala inhan ya?

      Dibanding Sing, seberapa sih perbandingannya? :P

      hwiihihihi..

      Hapus
    5. Singapore itu total angkatan bersenjata aja lebih gede dari Malaysia om ps...masak gak tau..mereka ada wajib militer...dasar pertahanan mereka jgn disamakan...lagian mereka horang kaya..klu rugi sekalipun,matlamat utama mereka tcapai...mau punya angkatan militer yg kuat Di asean..

      Malaysia?? tuh patai oppsisi DAP minta bajet pertahanan yg sudah Di potong,dipotong skali lagi... Siapa tuh DAP?? itu sohib nya PAP Singapore om...

      Hapus
    6. Weleeeh...baru tau mas.
      Trims infonya.

      Maksud ane, inhan Sing vs inhan dimari mas.
      Kan produk mereka top tuh..padahal negoro sak uprit.

      Hweihihi... :D

      #edisi mancing

      Hapus
    7. Nambah :

      Kan horang kayah, tinggal beli, beres.
      Ngapain susah-susah buat ndiri..
      Terex,primus,bionix,howitzer,fregat,korvet,LMS,gun,...byuh, apalagi yaak?

      Hweihihi....

      Hapus
    8. hahaha...ya gak tau la om..yg 1 besar negaranya...yg lagi 1 besar paranoidnya....beda alasan tapi disebabkan itu,kduanya"dibolehkan" utk punya angkatan besar kan... coba klu SAF itu cuma segede angkatan Brunei..berani mereka bikin semua sendiri?

      Hapus
    9. Jiahaha...ane bilang mereka kaya om..ane gak bilang mereka kaya tapi bego...hahahahahaha....mereka udah sampai ke level jadi proxy nya US Di asean....China aja mereka senggol demi US....masak gak dapat apa2...mana mau mereka om....mereka bukan pinoy om...

      Hapus
    10. Wuuik..
      Komen ente di bagian akhir itu sadis om.. :D

      Xixixixixi...

      Hapus
  20. Lucu sangat perangai budak2... Apa pasal gaduh. Pengadaan pun sudah teken.. ini bukan masalah kaya miskin kebutuhan alat perang mutlak gk bisa ditawar.. kami sudah kedatangan alutsista sesuai program mef.. negara perlu daya gentar supaya tetangga sebelah gk usil lagi. Apalagi jika bentrok terkait lcs. Ekonomi yang kuat juga perlu keamanan yg terjamin.

    BalasHapus
  21. gausah pada ribut, sukhoi diundur karena politik..krn amrik ngancam kalo jadi indo beli sukhoi maka 2 buah f16 c/d pengiriman terakhir yg ditahan di hawai gakan dikirim..itulah bangsatnya amerika..

    BalasHapus
    Balasan
    1. macacaiihh, lahh apache aja uda dateng, kunaon ateuh om dadang, hadeuh aya aya wae haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      yg bner ituw telat kirim kerna amrik lagi mao di rudal ama bocah ndut korut. pesawat kita mao dipake buat kamikaze, tnang ntar diganti ama f22 yg baru kalo sakses tp haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    2. emang apache bisa buat dogfight sm fighter ya? atw bisa kejar pesawat ground attack? #mikir jangan palu selangkangan aja di gedein

      Hapus
    3. huss wlisik aje, om dadang pesawatnya uda dateng sedari kemaren tuch hahah!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ ee tanya knp? haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2018/01/dua-kali-tertunda-2-pesawat-f16-hibah.html

      Hapus