19 Januari 2018

Tim VBSS Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Senjata Dari PNG Menuju Jayapura

19 Januari 2018


Tim VBSS membawa bersama terduga penyelundup senjata (photos : TNI)

Dua Unit Sea Rider Dengan Tim VBSS Lantamal X Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Senjata Dari PNG Menuju Jayapura

Dua unit Sea Rider dengan Tim VBSS (Visit Board Search Seizure)  Lantamal X terpaksa melumpuhkan pergerakan dan menangkap speed boat warna putih list kuning  yang dikendarai oleh orang tak dikenal (OTK) dari PNG karena tidak menghiraukan isyarat bendera dan komunikasi dan berusaha melarikan diri dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim VBSS Lantamal  X. Selasa, (16/01/2018).

Berdasarkan informasi dari Intelejen diperoleh laporan bahwa ada speed boat yang dikendarai oleh OTK melalui jalur laut sedang melakukan penyelundupan senjata dari PNG menuju Jayapura.


Setelah mendapatkan perintah dari Dansatgas Ops. Pamtas Letkol Laut (P) Nouldy J Tangka, Wadan Ops. Pamtas Mayor Laut (P) Alpirut Musa Samban langsung memerintahkan dua unit Sea Rider untuk melakukan pengejaran dan penangkapan. Kedua unit Sea Rider melaksanakan penembakan peringatan kepada speed boat yang menjadi target operasi, akan tetapi tetap melaju dengan kecepatan tinggi akhirnya kedua unit Sea Rider melaksanakan penembakan kearah buritan speed boat yang menjadi target operasi dan mengenai bagian motor tempel dan salah satu orang di speed boat sehingga membuat speed boat mengurangi  kecepatannya.

Sea Rider berhasil melumpuhkan pergerakan dan menangkap speedboat yang menjadi target operasi tim VBSS Satkamla Lantamal X melaksanakan peran pemeriksaan dan penggeledahan di speed boat tersebut. Dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan tim VBSS  menemukan 3 pucuk senjata SKVZ dan tiga  orang yang diduga OPM dengan salah satu orang terluka karena terkena tembakan. Kemudian Wadan Satgas Ops. Pamtas memerintahkan untuk melakukan pengawalan speed boat beserta tiga personil dan barang buktinya ke Dermaga Porasko Satkamla Lantamal X untuk menjalani pemeriksaan oleh Tim Intel Satgas Pamrahwan untuk selanjutnya diserahkan kepada Pomal untuk diperiksa lebih lanjut.

(TNI)

19 komentar:

  1. Ada kekuatan asing yg mulai bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat lampir kami dah bagi amaran orang papua senang dihasut oleh isreal. Lebih baik kamu berhati hati ia..
      Bukan Hanya australia Dan isreal berminat sama papua ini kerena emas dapat dekat Papua itu..

      Jangan pulak kamu bilang kami iri hati

      Hapus
  2. Sudah lama pihak asing bermain api dalam sekam di papua terutama australia , nantang perang itu negara, dulu ketika kopassus melakukan infiltrasi di perbatasan australia, pernah memergoki & menangkap orang australia menyelundupkan senjata ke papua melaluinya jalur perbatasan papua - papua new guinea

    BalasHapus
  3. Makanya gw setuju dibuat base militer dipapua.. sekaligus kemaren pembom Rusia dibolehin maen ke sini buat ngasih pesan ke negara lain dont mess with indonesia... biarpun non block tapi rusia masih support Indonesia nahan pengaruh asu via oz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama China gak mau om?? China kan lebih sering mainnya kesini...Russia mau bikin apa dia sering ke sini...bodoh amat tu om putin...

      Hapus
    2. Bikin refresh kru bombernya lah mas..liburan.
      Maklum, mereka jarang kena sinar matahari..

      Hwehehehehe.. :D

      Hapus
    3. oh liburan ya om ps...mau nyoba janda yg enak rasanya itu mungkin ya om...ntar sesudah mereka pulang..jandanya sudah gak enak lagi..hahahaha

      Hapus
    4. Wkk..wkkk...
      Menurut saya, Om itu cerdas.
      Coba Om AP jelasakan, kenapa bodoh....??

      Hapus
    5. hahaha..itu cuma telahan ane aja bro..jgn Di anggap srius lah..ane gak bilang om putin itu bodoh..cuma ane bilang om putin itu bodoh klu mau sering main ke sini..lain klu jin ping..hidup matinya disini..poketnya juga lebil tebal..

      Hapus
  4. senjata SKVZ itu apaan yach?πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    ucav & lontong kudu deploy kesana nich, disetut pake sut kan mayan haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling juga varian AK lisensian ceko...

      Hapus
    2. Ooo ada ya om, ato2 jgn senjata rakitan pakistan haha!πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

      Hapus
  5. Balasan
    1. Bila nak tahu hal itu,sila tanya Dr Tan Sri Shed Anuar,dia lebih tahu semua hal tentang indonesia,dia lebih kuasa dari menhan indonesia

      Hapus
    2. Apa hubungannya dg Malay, broo...
      Jelas dari PNG, paling juga dari negara-negara pasifik sono...

      Hapus
  6. Pasti senjata yang diselundupin dari PNG itu buat memperkuat OPM(organisasi papua merdeka).

    BalasHapus