24 Januari 2018

Boustead Mampu Refit Kapal Selam Scorpene TLDM

Tulisan ini tampil di Berita harian pada tanggal 9 Maret 2016, tentang program refit kapal selam KD TAR setahun yang lalu.

24 Januari 2018


LAPISAN luar badan KD Tunku Abdul Rahman yang ditanggalkan untuk kerja penyelenggaraan atau refit kapal selam. (photo : Berita Harian)


Kapal Selam TLDM Tidak Pernah Gagal dalam Tugasan

KAPAL selam pertama negara, Kapal Diraja (KD) Tunku Abdul Rahman, yang ditauliahkan pada tahun 2009, tidak pernah gagal melaksanakan peranannya sebagai aset pertahanan strategik maritim dalam menjaga keselamatan dan kedaulatan negara.

Meskipun pelbagai tohmahan dilontarkan pihak tertentu termasuk kononnya kapal selam kelas Scorpene buatan Perancis itu tidak boleh menyelam, ia tidak menjejaskan operasi Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) menggunakan aset berkenaan.

Malah, Panglima TLDM, Laksamana Datuk Seri Ahmad Kamarulzaman Ahmad Badaruddin, menegaskan selama tujuh tahun berkhidmat di bawah Angkatan Kapal Selam TLDM, KD Tunku Abdul Rahman bersama sebuah lagi kapal selam kelas sama, iaitu KD Tun Abdul Razak terbabit dalam pelbagai operasi rutin di dasar laut.

Katanya, setiap aset yang diamanahkan kepada TLDM dimanfaatkan sepenuhnya untuk melaksanakan operasi pertahanan sehingga ke tahap apabila aset berkenaan perlu direhatkan untuk menjalani proses penyelenggaraan, demi keberkesanan operasi dan keselamatan anggota.


KAPAL selam KD Tunku Abdul Rahman menjalani rutin penyelenggaraan atau refit kapal selam di Markas Angkatan Kapal Selam (MAKS) dan Limbungan Boustead DCNS Naval Corporation Sdn Bhd di Pangkalan TLDM Teluk Sepanggar, Kota Kinabalu. (photo : Berita Harian)

"Sejak tiba di Pangkalan TLDM Teluk Sepanggar pada 17 September 2009, KD Tunku Abdul Rahman memainkan peranannya selaku teras utama pertahanan maritim negara dan menyempurnakan pelbagai misi serta tugasan dengan cemerlang sepanjang tempoh pengoperasian.

"Selepas tujuh tahun beroperasi, aset strategik negara ini kini perlu menjalani rutin pasang pulih atau refit bagi memastikan ia selamat dan sedia untuk dioperasikan di tahap optimum pada masa hadapan.

"Ini secara tidak langsung membuktikan kapal selam TLDM berfungsi dan sentiasa digerakkan untuk melakukan operasi pertahanan di dasar laut dan atas sebab itulah ia perlu diselenggara. Jadi apa yang orang kata kononnya kapal selam kita tidak boleh menyelam adalah tidak benar," katanya.

Infrastruktur paling lengkap

Terdahulu Ahmad Kamarulzaman meninjau operasi rutin pasang pulih atau refit kapal selam KD Tunku Abdul Rahman dan kemudahan penyelenggaraan aset terbabit di Markas Angkatan Kapal Selam (MAKS) dan limbungan Boustead DCNS Naval Corporation Sdn Bhd di Pangkalan TLDM Teluk Sepanggar, Kota Kinabalu, baru-baru ini.


Refit kapal selam KD TAR (photo : DCNS)

Yang turut hadir ialah Panglima Angkatan Kapal Selam, Laksamana Muda Datuk Abdul Rahman Ayob dan Panglima Wilayah Laut Dua, Pangkalan TLDM Teluk Sepanggar, Datuk Khairul Anuar Yahya.

Ahmad Kamarulzaman juga meninjau seluruh kawasan refit kapal selam yang disiapkan syarikat Trans Resources Corporation Sdn Bhd (TRC) bermula 8 September 2014 dan selesai sepenuhnya pada 14 Januari lalu.

Ia membabitkan kerja penyediaan tiga blok bangunan menempatkan tujuh bengkel iaitu Bengkel Piping, Hull, Machining, Combat Systems, Composite, Mengecat dan Bengkel Bateri bagi melaksanakan kerja penyelenggaraan serta pembaikan kapal selam.

Pembinaan bengkel dan kemudahan terbabit menjadikan TLDM sebagai angkatan tentera laut yang memiliki infrastruktur penyelenggaraan kapal selam kelas Scorpene paling lengkap di Asia Tenggara.


Dinding kapal selam Scorpene menggunakan teknologi anechoic tile/coating untuk membloking sonar (photo : Daily Mail)

Pangkalan kapal selam terunggul

Ahmad Kamarulzaman berkata, kemudahan itu dapat mengurangkan keperluan untuk menghantar sebahagian besar komponen atau peralatan kapal selam ke luar negara untuk diselenggara dan dibaiki.

"Dengan terbinanya infrastruktur ini, ia menjadikan MAKS TLDM sebagai pangkalan kapal selam Scorpene terunggul di rantau ini.


HydroCat Robot membersihkan anachoic coating kapal selam Scorpene TLDM (photo : MMP)

"Kemudahan dan infrastruktur ini juga mampu menampung 250 pekerja limbungan dalam satu masa," katanya.

Beliau berkata, program pasang pulih atau refit kapal selam perlu dilaksanakan di Malaysia agar dapat memberi pendedahan dan peluang kepada industri tempatan terbabit dalam aktiviti penyelenggaraan atau pasang pulih kapal selam.

Pendekatan itu, katanya, secara tidak langsung mengurangkan kebergantungan kepada tenaga mahir asing dan pengaliran mata wang ringgit ke luar negara, selain menjaga kerahsiaan aset strategik negara.

(Berita Harian)

152 komentar:

  1. Infrastruktur paling lengkap jangan iri hati warga indonesia ix ix ix.

    Sebab itu cakap indonesia tengok dulu fasiliti mereka sebelum terima tot itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. om mahat batuw baca dolo, ituw berita tanggal 9 Maret 2016 haha!🤣🤣🤣

      dan baca lagi lebih detail: "Pembinaan bengkel dan kemudahan terbabit menjadikan TLDM sebagai angkatan tentera laut yang memiliki infrastruktur penyelenggaraan kapal selam kelas Scorpene paling lengkap di Asia Tenggara".

      nach pertanyaannya siapa pengguna jenis scorpene di asia tenggara? sila coba itung pake jarimuh haha!😂😂😂

      antara bengkel & manufaktur(pabrik) ituw beda jauuhh haha!😇😇😇

      bengkel kasel kami punya & pabrik kami punya jugak dan ini berita tahun 2017 haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    2. Refit bersihkan lumut dan karat hahaha... kalo sudah hebat kenapa masih beli kapal dr cina juga wkwkwkwk land

      Hapus
    3. Pt minta dana untuk fasiliti cukup memalukan ix ix ix ix Betul kapal selam aje terpaksa pergi hantar ke kosel ix ix ix Kerana kerosakan bettery, adakah itu kamu bilang fasiliti mencukupi dan minta dana itu mencukupi ix ix ix

      Hapus
    4. Battery is part of the warranty hehehe... refit = bersihkan lumut dan cuci kapal selam. Bengkel kapal selam seperti car washing kah kah kah lawak jer

      Hapus
    5. joni antipolisi macam ini lah ia.
      Kamu tahu apa maksud pertahanan dan ekonomi ix ix ix
      Kamu sendiri gak tahu ix ix ix
      Kami menbeli kapal china Semata2 kerana china ekonomi diberikan pada malaysia itu kamu gak tahu berfikir.

      Dari segi kualiti kapal china ada kualiti dan ada tak ada kualiti, tapi Malaysia diberi tugas menantau kualiti pembuatan kapal china Akan jual pada malaysia, Dibanding indonesia gak boleh diberi pilihan mematau kauliti senjata kamu beli china, lihat aje apa belaku pada zu-23 aa gun kamu beli meletup dengan sendiri Ok

      Hapus
    6. Hey @ maha udah lah gak usah gengsi malaysia membeli kapal china, karena murah dan sesuai dengan anggaran yang ada,ngapain malu2 , PSU = senjata penangkis serangan udara zu / zein bow 23 mm di beli olehTNI AD karena murah dan lumayan mampu melibas pesawat udara yg terbang rendah, tapi untuk kualitas tni AD pun sadar pasti di bawah rata2 senjata buatan eropa, PSU milik marinir AA GUN juga yg buatan china juga dikomplain oleh marinir yg baru di beli 4 unit, begitu pun dengan mlrs type 90 b buatan china yg di marinir itu pun sama di komplain oleh marinir di katakan jelek pada saat di uji coba, makay cuma beli 4 unit , tetap bung harga itu tidak bisa membohongi senjata eropa mahal tapi terjamin kualitasnya di banding senjata buatan china yg terkenal harga y miring tapi untuk kualitas nomor 2 / di kenal kw 2, buatan china yg di akui bagus oleh tni cuma dari missil karena belajar dari semangy langsung yaitu rusia

      Hapus
    7. Boustad DCNS = DIRAJA CLEANING & NURSING SUBMARINE aka Submarine Washing Outlet.... wkwkwkwk land

      Hapus
    8. soalan yang menarik....kenapa masih beli kapal dr cina..??? pernah dengar diplomasi pertahanan...???

      dan pembinaan 2 kapal di china dan 2 kapal di Malaysia secara automatik mengukuhkan hubungan Malaysia dan China dalam hal pertahanan dan ekonomi... rasanya pendekatan itu tak salah...

      Hapus
    9. Yup benar,berbeza antara pabrik dan refit,namun harus diingat jika mampu pabrik gak semestinya mampu refit..ini kerana pabrik ada bnyk scheme..pabrik dari awal pembinaan bagus kerna bisa lebih 'mengenal' teknologi alutsista yg dipabrik itu termasuk teknologi sensitif..tp jika hanya pabrik major hull/major blok/merakit ianya agak biasa kerana hanya menyambung blok2 yg sudah dibina negara asal.

      Sbb itu berlakunya seperti ini:

      PT PAL bisa merakit kapal selam Type 209 tp terpaksa menghantar refit Chakra class TNI AL di Korea.

      Boustead masih belum bisa pabrik kapal selam tp bisa melakukan major refit kapal selam TLDM 100% dlm Malaysia.

      PT DI bisa merakit helikopter dan pesawat tp terpaksa menghantar refit/MRO C130 Hercules TNI AU di negara luar termasuk AIROD Malaysia.

      Malaysia masih tidak bisa merakit helikopter dan pesawat tp bisa melakukan major refit utk C130 Hercules utk pasaran asia termasuk USMC yg berpengkalan di Jepun ini kerana AIROD adalah hanya syarikat yg diberi sertifikat oleh Lockheed Martin utk melakukan major refit utk C130.

      Gak percaya dgn fakta2 ini? Google kan ada..hehehehe

      Hapus
    10. Airod wins US Naval maintenance contract

      KUALA LUMPUR: Aircraft Inspection, Repair & Overhaul Depot Sdn Bhd (AIROD) has won a five-year contract from the United States government for the maintenance of KC-130J aircraft of the US Marine Corps Transport Refueler Squadron based in Iawakuni, Japan.

      AIROD, in a statement here today, said the first aircraft is expected to be flown in here for maintenance in January next year.

      The company mainly provides aircraft maintenance, repair and overhaul services for the Royal Malaysian Air Force.

      It previously also worked for the US Air Force under another US government contract.

      The statement said the newly-awarded contract will also identify potential in-service repair workload which may develop during the life of the contract.

      The in-service repair would cover other services, including component/part repairs, corrosion control, rework, drop-in repair, manufacturing parts and such for forward deployed US Navy and Marine Corps C-130 aircraft outside of the scope of organisational-level maintenance abilities.

      According to AIROD, several aviation partner firms in Malaysia would also be providing a supporting role to the programme.


      https://www.nst.com.my/news/2015/10/airod-wins-us-naval-maintenance-contract

      Hapus
    11. Indonesia refit ke korea bukan refit seperti malon hanya refit system saja beda dengan TNI AL yg mengganti plat body atau hull kapal.
      Emang malon bisa?? Keel laying aja diluar negeri. Keh keh keh....

      Hapus
    12. Perihal mro hercules ke malon itu biasa kenapa ptdi lagi full order lagi rame kerjaan jadi kerjaan bisa dioper ke malon yg lagi sepi project.
      Itu sdh biasa gak kadang kita ke ostrali juga.
      Ah malon kapasitas berfikirnya kecik...
      Kehkehkeh...

      Hapus
    13. memang boleh la....kihhhh....kihhhh

      Hapus
    14. tak kisah la... biasa ke luar biasa ke janji pusat baik pulih pesawat C-130 antara yang terbaik didunia hingga US sendiri menghantar pesawat mereka untuk diselenggara...

      kat mana yang sepi tu bro... kih...kihh

      Hapus
    15. Airod seeks contracts with global C-130s operators

      AIRCRAFT Inspection, Repair & Overhaul Depot Sdn Bhd (Airod), Malaysia’s major defence aircraft maintenance, repair and overhaul (MRO) player, aims to service more militaries worldwide, mainly the operators of Charlie C-130s.

      Airod CEO Major General Ir Datuk Ibrahim Bahari said the firm has so far secured military

      MRO contracts worth RM150 million and is actively tendering for more jobs globally.

      He said Airod’s targets include new markets such as Taiwan, Thailand and Japan.

      It is estimated that there are more than 3,000 C-130 aircraft in operation worldwide. Airod serves as an MRO partner for some 400 of these aircraft.

      https://themalaysianreserve.com/2017/04/03/airod-seeks-contracts-with-global-c-130s-operators/

      Hapus
    16. INI ADA SATU TEKA TEKI..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

      ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
      INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
      UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
      POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...
      keh keh keh..
      baca aje komen indon indon jealous..hehehehe

      Hapus
    17. Teka teki kapal yang mengambang macam taik coba terka itulah kapal selam negara malonsial hahaha

      Hapus
    18. Palu,masih punya waktu juga layani si Mahat...?
      One hundred percent saya yakin Mahat nggak akan jawab pertanyaanmu tentang pengguna scorpene di SEA...
      Percuma bro, just a second edition of Rafale jet fighter (to know mahat quality....🔨)
      Gempur@ bisa awak jelaskan diplomasi macem mana, anda beli kapal perang dari negara yg potensial jadi musuh. Pula, dari negara penjual, negara mana yang mau jual alatan perang "yang bagus" kepada negara lain yang potensial jadi lawan...? Good discuss bro...
      Bro tentera & gempur, soalan Airod, yes Airod punya license untuk maintenance C 130. jadi hal yang biasa C130. RI atau US di pangkalan jepun dibawa ke Airod.save cost, bro...
      PTDI have no maintenance license for C130 just a bussines choice. They core bussines is assembly and produce air plane & helicopter. And their hystory close relation with Airbus group. And what relation Airod in your comment with the article...??
      I don't know, what PT PAL license have from TKMS..? I guess,they haven't. So its a simple, TNI AL refit or retrofit to company who have license.
      Boustead punya license untuk refit scorpene. Maintenance pastinya bukan membersihkan lumut bro. Seperti anda punya motor Honda dan anda servis di AHASS.

      Hapus
  2. Untuk fasilitas perbaikan / bengkel bahkan overhaul sekarang sedang negosiasi dengan pihak korsel agar selain pt.pal mendapatkan tot juga mendapatkan tot overhaul / perbaikan rutin 5 tahunan , untuk fasilitas perbaikan itu akan menyusul dengan sendiriy yg pasti fokus dulu untuk menyelesaikan perakitan kapal selam changbogo ke 3 di pt.pal yg di targetkan akhir desember 2018 sudah selesai, sekarang untuk penyatuan modul & pemasangan baterai ks changbogo sudah selesai tinggal pemasangan untuk komponen lain, alhamdulillah pengerjaan ini tidak ada masalah berarti dan lancar jiwa, dan pt.pal berharap pemerintah memberikan kepercayaan untuk pt.pal membangun ks mulai dari nol / dari mulai steel cuting di lakukan oleh para engeneer dari insinyur pt.pal sendiri dan bahan bajay mungkin bisa di pasok dari pt.krakatau steel di cilegon, untuk sekarang kita tahu pt.pal hanya merakit ks changbogo karena setiap bagian modul baja masih di datangkan dari korsel ke depan pt.pal berharap agar pembuatan baja khusus untuk kapal selam di buat di dalam negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbaikan yg ke korea itu perbaikan hull kasel refit skala besar dan kita blm punya baja standard untuk kasel saat itu tapi sekarang kita sdh bisa produksi baja untuk kasel. Tinggal ToT perawatan rutin dan skala besar macam ganti hull kasel.

      Lha kalo malon pabrik bajanya saja belum mendukung apalagi keel laying.
      Refit yg mereka lakukan itu hanya refit rutin, ibarat mobil ganti oli dan ganti busi gitu deh.

      Kehkehkeh.....

      Hapus
  3. Good job Malaysia, disini lagi sibuk LGBT legal apa kaga, alkohol halal apa haram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdhjelas ditolak semua fraksi menyatakan menolak dan pidana alias haram.

      Hapus
    2. Good job Indonesia. berantas LGBT, maksiat dan miras adalah bagian dari pertahanan negara

      Hapus
    3. wah pada ga doyan nge beer nih kalian... ckckck.. cupu dah. Ga asik nongkrong di Indonesia, malaikat smua

      Hapus
  4. ko percaya mereka mampu...macam percaya mat rempit pergi mars...tengok je la pekerja tu asli melayu or kokesen? engineer tu tempatan or import?malaysie jati diri asal pon tak jelas ada hati kepakaran?kah kah...otak mereka tu pemalas dan lembab..,,tempek stiker pon cakap tempatan kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius saya tak tahu pun Malaysia ada prasarana lengkap servis kapal selam... apa yang saya tahu Malaysia memang ada pusat latihan lengkap untuk kapal selam scorpene... kira bagus la tu ada pusat latihan dan pusat servis yang lengkap...

      Hapus
    2. Kedepan kemudahan disepaggar ini nanti Bina kapal selam scorpene untuk tldm. Itu perancangan yg telah disusun oleh DCNS Dan Boustead. Seperti India. Syarat nya Malaysia kena ambil 6 buat scorpene. Baru pihak DCNS beri TOT penuh. 2 dah Ada. Jadi perlu 4 lagi

      Hapus
    3. Haha otak kami pemalas dan lembab ye? Klu kamu rajin kenapa ramai sangat nk masuk malaysia sampai sanggup jadi pendatang asing tanpa izin? Klu kamu tu rajin otak geliga, majukan negara sendiri n jgn sebok nak masuk negara orang n buat onar.

      Hapus
    4. Otak Maling sia bukan malas lah tapi tak ada otak lah

      Hapus
    5. Motto negaranya saja BERSETUBUH MENAMBAH MUTU

      Hapus
    6. Motto negaranya saja BERSETUBUH MENAMBAH MUTU

      Hapus
    7. Otak Maling sia bukan malas lah tapi tak ada otak lah

      Hapus
    8. INDON SUDAH SENTAP .KEH KEH KEH..

      INI ADA SATU TEKA TEKI..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

      ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
      INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
      UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
      POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...

      Hapus
    9. Teka teki kapal yang mengambang macam taik coba terka itulah kapal selam negara malonsial hahaha

      Hapus
    10. hahhahah..indon pun tak tau nama kapal selam mereka ye...

      Hapus
    11. Malonsial lupa bahwa kapal selam nya macam taik yang mengambang terus

      Hapus
  5. Boustead semamangnya salah sebuah syarikat militer maritim yg terbaik di ASEAN,sudah bisa membina kapal perang kombat jenis major surface warship kelas frigate,korvet dan OPV yg besar drpd a to z dan bukan hanya merakit,contohnya frigate "Maharajalela class/LCS" yg dibina drpd awal hull nya di dlm negeri sendiri (tidak mengimport blok2 besar dr negara asal dan kemudian hanya merakit),juga mampu membina korvet "Kedah class" dlm negeri sendiri (juga tidak mengimport blok2 dr negara asal dan kemudian hanya merakit) dan mampu membina OPV 70m "LMS" yg juga dibina drpd scratch hull nya dan tidak mengimport blok2 nya drpd negara pengeluar..dan seperti berita ini Boustead juga mampu membuat major refit utk angkatan kapal selam TLDM di dalam negeri sendiri sedangkan Indonesia masih menghantar kapal selam TNI AL ke Korea utk direfit..harus diingat,bukan semua negara bisa melakukan major refit utk kapal selam moden dlm negeri sendiri..hehehe..
    Jadi utk melengkapi kebolehan atau kemandirian pembinaan kapal perang tempatan next target ialah projek pembinaan MRSS/LPD dan seterusnya pembinaan kapal selam melalui program 15 to 5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TNI AL kirim KS ke Korea untuk di Retrofit...bukan di refit aka Bersihkan lumut...wkkkwkkk

      Hapus
    2. DSME announces $26m contract for Indonesian Cakra-class submarine refit

      South Korean shipbuilder Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) on Thursday announced it has received a 30 billion-won (approx. US$26.7m) contract to refit the Indonesian Navy’s KRI Cakra-class submarine.


      https://navaltoday.com/2017/09/01/dsme-announces-26m-contract-for-indonesian-cakra-class-submarine-refit/

      Hapus
    3. DCNS refit setaraf car washing hahahaha... lawak jer

      Hapus
    4. Nice one bro gempur. Malang sekali bila komen tak study dulu. Sadis

      Hapus
    5. Semacam binatu nya kapal selam lah ya

      Hapus
    6. Semacam binatu nya kapal selam lah ya

      Hapus
    7. RASANYA KAPAL SELAM INDON DIHANTAR KE KORE TU UTK BERSIHKAN LUMUT LUMUT YANG ADA JE... SEBAB DIORG TAHU INDON BUKAN TAHU PUN KALAU TIPU MEREKA..JANJI CAT BARU DAN PUJI PUJI SIKIT :)

      Hapus
    8. Kapal selam malon itu harus di bersihkan karena macam taik yang tak tenggelam wkwkwk

      Hapus
    9. Bro tentera bisa anda jelaskan, syarikat militer maritim terbaik di ASEAN. Maybe you can compare with Singapore company...

      Hapus
    10. Retrofit tapi lupa letak bateri power.. last last jadi ks kurang tenaga batin... dah macam ultraman dah kan... 🙄😉😉😉😉😉😉😆

      Hapus
    11. Mulyono aka taik.. jangan lupa indon pernah beli kapal selam yg takde tandas tahu... nasib baik dah jadi muzium dah... kalau tak mesti org akan panggil kapal selam tong taik.... camana la diorg berak masa tu ye...😆😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    12. Berak ya di kepala Bapak mu aja

      Hapus
    13. Dein aka taik anjing.. jangan lupa malonsial pernah jadi pembersih jamban tentara Inggris.. nasib baik lu di tolong jadi nya.. Hebat banyak negara yang punya kapal selam macam itu dulu mampu selam.. bukan seperti kapal selam baru malon yang tak bisa tenggelam macam taik 😆😆😆😆

      Hapus
  6. Mudah kata atau kesimpulannya,seuatu hari nanti tidak kiralah Malaysia atau Indonesia kedua-duanya bisa melakukan refit atau pabrik utk alutsista yg canggih dalam negeri sendiri,100%..skrg mungkin ada bahagian Indonesia lebih bagus dan ada bahagian Malaysia lebih bagus namun itu biasa kerana masing-masing masih belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulan anda baik bro.

      Kalo tidak masih taraf belajar, ngapain kita minta syarat ToT segala.

      Hapus
  7. wkwkww.. bousted naval. pertanyaan satu saja untuk sebuah perusahaan terbaik diasean tergelak aq bacanya. mesin steel cutting saja tidak punya.. jom pahami ini adalah salah satu cara kerajaan malaysia membentuk image bagi rakyatny.. akan kemegahan.kemajuan untuk menutupi kekurangan dr pada pejabat mereka gemar project fiktif untuk komisien. yg rakyatnya tak boleh tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Actually, tulah apa yang kerajaan indonesia buat sekarang nie.. Kaburkan mata rakyat indonesia dari masalah taraf kehidupan dengan aset2 tentera yang kononnya mendunia, lulz.

      Hapus
    2. Itu kapal namanya "tungku" PAULA Abdul kah ?..

      Hapus
    3. Itu kapal namanya "tungku" PAULA Abdul kah ?..

      Hapus
    4. kapal lcs tu steel cutting pun dimalaysia bro..sumber mana loe pakai ni..
      ..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

      ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
      INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
      UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
      POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...

      Hapus
    5. Teka teki kapal yang mengambang macam taik coba terka itulah kapal selam negara malonsial hahaha

      Hapus
    6. tak tau nak jawab ke..hahahahaah

      Hapus
    7. Scorpene mengambang terus macam taik wkwkwk

      Hapus
  8. Buset..ini Malaysia2 ini mesti bedakan antara "Refit" dan "Retrofit"..kalau sekedar refit..ganti baterai 209..PAL sudah melakukannya di 90'an..

    Yg dikirim ke Korea itu Retrofit..Retrofit ini is upgrading work. Practically is same with remanufacturing..

    Baguslah Malaysia bisa refit KS..tapi jangan bilang yg pertama kali bisa ngelakukan kerjaan refit Submarine lah di Asean..PAL dan ST Marine udah lebih dulu lakukan ini..

    If you can do Retrofit and Manufacturing Submarine..then you guys can gloating..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener itu baca .retrofit sama refit itu beda kalo retrofit itu upgrade. kalo cuman bersihin lumut gak perlu ke pabrik tiap pagi mau berang kat juga udah di bersihin taruna TNI AL.

      tambahan nih TORPEDO BUATAN PTDI INDONESIA
      https://adiewicaksono.wordpress.com/2009/01/05/torpedo-sut-buatan-ptdi/

      Hapus
    2. Tak ada dalam atikal tulis petama dalam asean Ok.

      Retrofit kamu bawa pada industary pertahan kamu gak ada ok, teknologi ada dan dapat tot gak boleh lakukan refit

      upgrading work apa ada pada kapal selam kamu itu gak ada sampai bettry low gak tahu terpaksa dihantar ke korean selatan Diganti bettery Power lebih, jangan kamu bohong warga malu lagi ok..

      Masalah berlaku di indonesia terlalu banyak Dana dapat tot tapi fasiliti gak cukup bikin tot itu, itu kelemahanan indonesia kena atasi.

      Masalah industary pertahanan diindonesia
      1)dana
      2)fasiliti
      3)korapsi..

      Malah warga Indonesia bilang pertahanan indonesia banyak Yg Pintar dapat tot tapi sayang Gak pandai uruskan dana beri dan Gak pandai Uruskan fasiliti Menjadikan pertahanan indonesia menjadikan rosak

      Kamu baca ini ia
      https://navaltoday.com/2017/09/01/dsme-announces-26m-contract-for-indonesian-cakra-class-submarine-refit/

      Hapus
    3. https://mobile.navaltoday.com/2017/09/01/dsme-announces-26m-contract-for-indonesian-cakra-class-submarine-refit/

      Baca lagi yah MAHA..itu kontrak DSME dg PAL ngerjain Retrofit di PAL dg DSME sebagai Tech supplier..

      Terus kamu udah ngerti ngk beda antara Retrofit dm Refit..yg dikerjain Boustead itu Refit..lah kalo Refit Submarine aja PAL sdh ngerjain untuk Cakra di 90'an..kalo cuma refit..ngebersihin body..ganti Baterai..udah lams tuh dikerjaksn PAL sendiri..Tapi krn kamu madih ANAK KECIL..yah jelas lah kerjaan 90'an ngk tahu..Kamu masih di Kindergarten toh..he,he..

      Retrofit itu kerjaan yg beda..body submarine dibelah..system diganti..mesin dikeluarin..ngk sekedar ganti batery dn bersihin body aja..

      Ngk spa kok MAHA..makin bsnyak kamu ngebual..makin kelihatan kamu masih banyak yg ngak ngerti..sering2 muncul lah..biar makin banyak belajar yah NAK..he,he..

      Hapus
    4. kalau dah dilaksanakan refit sendiri sejak 1990an, kenapa perlu lagi refit dilakukan oleh DSME utk kapal selam milik Indonesia? :

      https://navaltoday.com/2017/09/01/dsme-announces-26m-contract-for-indonesian-cakra-class-submarine-refit/

      Hapus
    5. @ Maha Bloon..masalah baterai tu KS Nagapasa dan itu masalah saat sea trial dan sudah clear di ganti baterai yg Ok..Kalau yg dikirim ke korsel itu KS Cakra..dan pengerjaanya bnyk di sna mulai dari ganti hull,upgrade mesin,ganti sistem CMS,dll biar dapat beroperasi hingga thn 2024...maklum KS Tua Operasi mulai thn 1981...beda hasil refit malay..KS baru tapi tak bisa selam...wkkwkkk

      Hapus
    6. @shafiq
      beritanya saja yg nyebutin refit

      kalopun di korea dilakukan retrofit, apa harus diumumkan juga?
      heheh...

      Hapus
    7. INI ADA SATU TEKA TEKI..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

      ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
      INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
      UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
      POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...

      Hapus
    8. Ada sebuah negara sebut aja si M...Punya Kapal Selam...Tapi tidak bisa selam..jadi harus kita sebut apa nama kapalnya..?Coba selesaikan teka teki tersebut.

      Hapus
    9. (M) Mesti indon punya kapal selam kan pakkkk..kah kah kah

      Hapus
    10. Kapal selam malon macam taik mengambang saja tak tenggelam wkwkwk

      Hapus
    11. dancuk !! gw baca tulisan malay pusing setengah mati, perbendaharaan kata negeri beruk ini dikit banget...taiklah

      Hapus
  9. https://www.instagram.com/p/BeU4nO3nVUp/

    M113 arisgator gelombang ke 2 tiba juga😀

    BalasHapus
  10. university itb spesial aeronotic..institut sepuluh november spesial maritim and naval technology...malayse ado?....cat ulang bersihkan kerak lumut mereka cakap servis konon...kih...kih..kalau malaysie dapat bukti letter of independence+ pTung pahlawan....baru percaya mereka pandai technology

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pengetahuan anda, Institut Teknologi Bandung kebanggaan anda hanya berada di ranking 331 dalam ranking www.topuniversities.com, manakala Universiti Malaya berada di ranking 114.
      letter of independence? pTung pahlawan? apa maksud anda? dlm artikel di atas diterangkan, Markas Angakatan Kapal Selam melakukan refit. jadi apa masalahnya?

      Hapus
    2. Kalau universitas malaya lebih baik rangkingnya dari univeristas 10 nopember,pertanyaannya coba sebutkan prestasi yg sdh ducapai, selama ini malaysia selalu mengatakan tk kemajuan pendidikannya lebih maju, tp tdk dibarengi dg SDMnya maaf klau saya mengatakan klau SDM msh dibawah indonesia, selama ini Indonesia alhmdulillah berhasil menjuarai bbrapa oliampiade science ditingkat Internasional dan berhasil menorehkan tinta emas....dan maaf sekali jarang sekali terdengar prestasinya...

      Hapus
    3. Google la bro. Tak kan nk suap semua kt sini. Mmg la korang tak biasa dengar pencapaian UM sebab normal la buat apa media indonesia nk up kan pencapaian universiti malaysia. Klu ko tanya kat kteorg pun, haram kteorg tak tau pasal pencapaian negara korang. So tak pernah dengar bukan alasan kami tak berjaya or maju, bukan keperluan utk korang n kami war2 kan tentang pencapaian universiti slain universiti kebangsaan. Ada paham kaaaa

      Hapus
    4. Nak petik satu2? Jumpa supermassive black hole https://www.google.com/amp/s/www.nst.com.my/node/202853/amp
      Nie universitas indonesia tak pernah buat pon
      Balistic vest dari sabut kelapa dari Universiti teknikal malaysia melaka
      https://forum.lowyat.net/topic/2551248/all
      Nie bru skit, tak tunjuk lagi hasil dari universitas malaysia yang lain2

      Hapus
    5. Belajar yang elok shafiq jangan melancap dengan mak kau saja

      Hapus
    6. Belajar yang elok shafiq jangan melancap dengan mak kau saja

      Hapus
    7. Buat pengetahuan sodara juga,byk pelajar2 indonesia yg sdh melakukan penelitian2 bukan setingkt mahasiswa,yg hasilny byk mendapat perhatian pemerintah spt rompi anti peluru dr sabut kelapa, blom lgi byk pelajar indonesia yg sdh menjuarai olimpiade tk internasional mewakili asiaa...korang goggle soranv lah bro

      Hapus
    8. Kehebatan robotik malaysia diketahui dunia bro, hasil dari didikan di universiti di malaysia
      https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10155507463237217&id=228735667216
      setakat menang medal? Universiti teknikal malaysia melaka menang medal kat world skill competition, bahagian IT networking..
      Mane medal universitas indonesia? Menipu dengan org indonesia berpisah tiada.

      Hapus
    9. drone terbesar buatan jepang karya orang indonesia
      http://flapforum.blogspot.co.id/2015/08/jx-1-drone-terbesar-di-asia-karya-anak.html

      Hapus
    10. INI ADA SATU TEKA TEKI..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

      ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
      INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
      UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
      POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...

      CUBA TEKA BINATANG APAKAH INI???? :)

      Hapus
    11. Teka teki kapal yang mengambang macam taik coba terka itulah kapal selam negara malonsial hahaha

      Hapus
    12. dasar org Indonesia suka pornografi Rahchman Hakiki seperti presiden mereka juga i.e Sukarno & Abdulrahman Wahid yg penuh skandal dgn perempuan. bila kita bagi fakta terus bodoh nak maki hamun.

      Hapus
    13. Diindonesia ada filem.lucah buatan indon... dan majalah dewasa.. jadi kalau mulut diorg asyik cakap benda benda lucah tu.. sudah mesti pencinta tegar produk2 lucah keluaran indon...faham2 la otak diorg mesti cam cibai je... penuh dgn taik....

      Hapus
    14. Oh yaa fiq anwar ibrahim bagaimana? Biar normal si anwar kasih mak mu

      Hapus
    15. Jangan nangis lah dein cup cup nih pisang sama kacang

      Hapus
    16. Beruk malon yang bernama Dien bodo memang suka luncah padahal dia paling gemar beruk malon itu memang Munafik..😆😆😆

      Hapus
    17. Ingat Najib tu.. maen serong sama attatulya takut ketahuan Rosmah sampai di bom C4 😆😆😆😆

      Hapus
  11. Rata2 yg komen disini ramai yg masih ingusan ya... Banyak info2 menarik tapi terlalu banyak juga komen2 manusia2 bodoh dari kedua2 tetangga...

    BalasHapus
  12. Mas mas semua, dapet info katanya Menhan AS terkesan dgn Indonesia yg berani mengganti nama sepihak Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara dan beliau apresiasi banget langkah berani ini dan kabarnya mau bawa masalah penamaan ini sebagai masukan ke pemerintah AS biar dibawa ke PBB kalee buat ganti nama2 laut yg ada China nya menjadi nama lain wakakakakaka 😅😅😅😅😅 hebatnya Indonesia...

    *ngayal sambil ngaibon

    BalasHapus
  13. sekadar beri pandangan berita yang di postkan dalam blog ni terang2 mengatakan REFIT saya tak nampak pula ia ada mengatakan RETROFIT... tajuk berita saja sudah mengatakan "Boustead Mampu Refit Kapal Selam Scorpene TLDM"...

    jadi saya tak faham kenapa dari pihak anda indonesia menaikkan isu keupayaan Retrofit dan bukan Refit sedangkan memang jelas berita tentang kemampuan pihak Malaysia melaksanakan Refit...??? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Refit n retrofit itu beza pakcik,refit tuh hanya kerja biasa2 sahaje cem washing body,ganti baterai,ganti minyak oli submarine,kl retrofit sama dgn upgrade cem ganti hull submarine dgn hull yg canggih,upgrade sistem senjata,upgrade sistem komunikasi,upgrade radar dan sebagainya

      Hapus
  14. Back to Topix.. Harus bisa bedakan, antara retrofit dan refit,

    Untuk kapal selam, PT PAL di persiapkan sebagai produsen Kapal selam, makanya dalam pengadaan KS changbogo, Korsel wajib memberikan TOT di pemeliharaan dan perakitan, Indonesia sdh menyuntikan dana untuk investasi tools dan area perakitan Kapal Selam.

    Dan sudah mengirimkan ratusan tenaga kerja sebagai bagian dari pembelajaran produksi kapal selam.

    Yang mana di seluruh dunia ini masih sedikit sekali negara yg mempunyai keahlian untuk memproduksi atau merakit kapal Selam.

    Karena kapal selam sampai saat ini masih dianggap sebagai art of state bagi seluruh negara di dunia..

    Kami akan terus belajar. Dan berinvestasi di sumberdaya manusia dan peralatan. Disamping itu juga kami sudah punya pabrik baja terbesar di Asia tenggara. Mungkin juga salah satu terbesar di Asia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz betul sekali om Teddy.

      Hapus

    2. tahniah Malaysia. sumber yang baik dan boleh dipercayai keselamatan dari udara dengan tugas see.good

      Hapus
  15. Orang malaysia kalo di kasih tahu pasti ngeyely kagak ketulungan, benar aday dulu ada yg curhat bahwa orang malaysia dan pemerintah kerajaan malaysia tidak akan ikhlas dan ridho bila indonesia secara militer, kemampuan sdm,kemakmuran ekonomi dan penguasaan teknologi tinggi berada di atas mereka, itu fakta & bukan hanya kata2 , rasakan aja sekarang pada saat kita tengah bangkit dalam penguasaan teknologi tinggi di bidang militer mereka tidak mau kalah hebaty dan terima kita berada di atas y

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedua Negara aja masih belajar dan belajar..diakui terus?? apa yang lagi pusing2 om mas..?

      Hapus
    2. Malaysia tidak pernah irihati sama indonesia pakk...bagi kami kalau indonesia maju kami pun rasa selesa sebab tiada lagi warga asing luar bekerja dinegara kami... malaysia tidak pernah menghalang jiran tetangga membeli aset pertahanan tetapi jgn lupa ada satu negara yg akan menghalang negara lain untuk ada aset aset canggih... rasanya
      Loe sendiri tahu negara kerdil mana... rasanya yg selalu sakit hati dgn kami ni adalah forumer sana..

      Hapus
    3. Malon bukan hanya iri tapi ketakutan lihat kemajuan Indonesia.. aset malon sedikit banyak yang usang pula wkwkwk

      Hapus
    4. Tak takut pun dgn aset aset indon tu.... dgn timur leste. Papua dan acheh pun kelaut... camana tu... dah lama indon nak ganyang malaysia tau... tapi dtg malaysia.. ganyang simen pulak... sekurangnya dapat la juga jamban buatan indon kat malaysia ni... ;)😆😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    5. Timur Leste..? Merdeka hasil jajak pendapat😆😆😆.. Papua dan Aceh masih jadi wilayah Indonesia😗😗😗.. Tapi malonsial di ganyang sampai nangis minta bantuan Inggris.. kalo ga di bantu Inggris bisa jadi malonsial sekarang jadi wilayah indonesia lah 😆😆😆 nah masalah jamban waktu konfrontasi beruk malon jadi pembersih jamban tentara Inggris kan wkwkwkwkwk

      Hapus
  16. Malaysia janganlah jadi kacang lupa kulitnya, dulu sewaktu kami membeli alutsista dari China langsung kami dihina dicaci maki, tapi sekarang kalian pun ikut" an membeli persenjataan dari China. Kalian beralasan karena ekonomi dan sebagainya, ya memang benar negara yang membeli alutsista dari China memang ada masalah dengan ekonominya. Tak usahlah meributkan pasal industri pertahanan masing" karena jalan industri Indonesia dan Malaysia sudah berbeda, militernya pun berbeda militer kami ngga suka mengumbar" tapi kalian harus diumbar karena kalian merasa diatas kami, tak apalah kami cuman mampu beli Su-30 Mk2 sedangkan kalian mempunyai Su-30 MKM yang katanya turunan Su-30 MKI India, mungkin dari luar orang melihat Su-30 Mk2 tapi di dalam hanya Tuhan dan TNI saja yang tahu. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. SU 30 MK2.. pakai senjata basic je bos.. indon kan suka mendunia... suka up berita kehebatan aset aset mereka.. mereka tak berani nak up pasal su30mk2 takut kena kecam... hahahaha.. senang je nak baca cara loe org punya pemikiran.

      Hapus
    2. Missile yang biasa di pakai AU Rusia kau bilang Senjata basic dasar malon tolol.. ganti mig 29 usang aja tak pernah mampu hahaha

      Hapus
    3. Mulyuno cuba buktikan senjata dan sensor apa yg su30 mk2 pakai.. jgn tengok data hoax forummer indon buat tau.. semua mendunia je... kami tak mampu nak ganti mig29n ok je dari indon kononnya hebat tapi tak bayar duit kepada korea selatan dalam projek kfx tu... negara kaya dan join g20 pun miskin juga ke.. ni mesti mulyuno yang jadi menteri uang kan...😆😆😆😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    4. Hei dein bodo senjata ma sensor Su30 mk2 aja ngga tau tolol banget lu wkwkwkwk.. mig 29 lapuk lu ngga bisa di ganti karena lu ga punya duit.. nyata nya kfx masih jalan lon 😄😄😄 malon miskin mana ga bisa ganti pesawat MRCA jadi project akan kasian makanya jangan
      kebanyakan hutang negara lu jadi strees lu 😆😆😆

      Hapus
  17. Mestinya anggaran militer Indonesia di naikan menjadi 3% biar malon-malon yang belagu itu tau diri.. ini baru 0 koma sekian aja mereka udah terkaing kaing.. wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. CUBA TEKA BINATANG APAKAH INI ?

      KAPAL BERASAL DARI SEBERANG
      BELUM DIGUNA SUDAH MENIMBUL
      APALAH DAYA UANG TIADA
      HENDAK DIMARAH APA GUNANYA...

      Hapus
    2. Kapal selam lu macam taik lon hanya mengambang

      Hapus
    3. Hahahahha.. seekor budak indon dah menyalak...

      Hapus
    4. Seekor Malon menyalak macam anjing kurap wkwkwk

      Hapus
    5. Akuntahu jawabnya cipap mak dein

      Hapus
    6. Mul yuno dan rachman ni mesti keturunan komunis kan.. tak pun anak anak haram belanda alias abang besar mereka... 😆😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    7. Racman ko tahu ke apa maksud cipap dalam kamus indon... 😆😆😆😆😆

      INDON BUSUK AKA BALACI tau....

      Hapus
    8. Dein shemale cup cup...pukimak lah

      Hapus
    9. Dien keturunan anjing perpaduan babi campur britsh.. makanya sampai sekarang seperti anjing yang suka jaga majikan nya di istana hahahaha

      Hapus
    10. beruk sampah meredekapun diberi...

      Hapus
  18. Well done, modal berita basi yg bikin seru lagi..

    Good job min.. :D

    Hwekekekekek...

    BalasHapus
  19. Hahahah.. lucu x malingsia ni ya.. dr perusahaan pesawat terbang.. perusahaan kapal.. tidak ada satupun diakui dunia.. buatan senjata pun dan peluru pun juga..

    Dr angkatan laut.. angkatan udara.. angkatan darat nya pun.. tidak ada berprestasi..

    Apalagi pasukan khusus.. tidak ada prestasi..

    Apalagi kejuaraan internasional antara tentara.. tidak ada dapat medali.. kalau ada pun bronze.. kwkwkw

    Itu semua pun gk sadar diri.. kwkwkw..

    Malingsia malingsia.. cepat cepat lah kau BERTOBAT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat C130 USA dan Indon Pun buat MRO kat malaysia pakkkk... kalau takd ekualaiti org tak dtg malaysia tau... :)

      Hapus
    2. Awas enjin hilang di curi malingsial xixixi

      Hapus
    3. enjin hilang pun indon datang buat mro kat malaysia tau..keh keh keh

      Hapus
    4. Nama nya juga malingsial apa pun di curi nya.. miris..

      Hapus
    5. Indon pun sama pencuri.. pantang tgk peluang.. semua nak dicurinya... ingat tak pasal kri kelewang tu.. sapa.la.pergi curi alat pemadam api tu.. sampai terbakar dan siluman terus..😆😆😆😆😆

      Hapus
    6. Kapal besar sriindera pura aja jadi gosong di bakar malon bodoh mungkin enjin sudah hilang wkwkwkwkk

      Hapus
  20. SEKEDAR INFORMASI BUAT MALON.

    ADA 2 PERUSAHAAN INDONESIA YANG SENDANG MEMBUAT KAPAL SELAM

    1. PT PAL MEMBUAT CHANGBOGO CLASS/TYPE 209. DENGAN BELAJAR DAN MENDAPATKAN TOT DARI KOREA SELATAN

    2.PT PALINDO MARINE MEMBUAT KAPAL SELAM 22MM DENGAN KERJASAMA DENGAN UNVERSITAS LOKAL DAN BADAN PENELITIAN PEMERINTAH

    https://nasional.sindonews.com/read/1225303/14/tak-lama-lagi-indonesia-produksi-kapal-selam-mini-1501384993

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.militerhankam.com/2017/07/kementrian-pertahanan-ri-memesan-kapal.html

      Hapus
    2. sudah pesan kontruksi pada september 2017 dan instalasi pada 2018.
      http://www.militerhankam.com/2017/07/kementrian-pertahanan-ri-memesan-kapal.html

      kalau baru bisa refit aja sih KWKWKWKWKWKWKW

      Hapus
    3. komentar kamu nga ada nyambungnya dengan title...

      Hapus
    4. Biasa la bila org bodo buat komen... taksub sampai baca tajuk je... hahahhaha..

      Hapus
    5. Malonsial paling bodo punya kapal selam macam taik

      Hapus
  21. INI ADA SATU TEKA TEKI..JOM CUBA SELESAIKAN... :)

    ADA SEBUAH KAPAL, NAGAPASA NAMANYA...
    INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA...
    UDAH LA MAHAL, BURUK RUPANYA...
    POWERBANK DIPAKAI PENAMBAH TENAGA...

    CUBA TEKA BINATANG APAKAH INI ?

    KAPAL BERASAL DARI SEBERANG
    BELUM DIGUNA SUDAH MENIMBUL
    APALAH DAYA UANG TIADA
    HENDAK DIMARAH APA GUNANYA...


    KU INGATKAN KAPAL, BANANA BOAT RUPANYA
    GELARANNYA LAWAK, BIKIN HATI TERTANYA
    KU INGATKAN NAGA, BERUDU RUPANYA
    SIAPAKAH GERANGAN TUAN EMPUNYA


    GAGAH TERBANG SIBURUNG GARUDA
    KU INGATKAN GARUDA, PIPIT RUPANYA
    SEKALI JUARA, MENDUNIA SIFATNYA
    OPM MEMBULI, MANA TELURNYA

    :) :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teka teki kapal yang mengambang macam taik coba terka itulah kapal selam negara malonsial jet enjin hilang di curi.. pilot Sukhoi bisa eject di hanggar siapakah gerangan negara sial ini hahaha

      Hapus
    2. Aku tahu jawab nya seluar dalam mak dein...wow i like it seluar dalam mak dein

      Hapus
    3. Aku tahu jawab nya seluar dalam mak dein...wow i like it seluar dalam mak dein

      Hapus
    4. tu je ke cara indon nak balas komentar..hahahahah

      Hapus
    5. Jangan nangis lon kapal selam lu memang macam taik yang selalu mengambang hihihi

      Hapus
    6. Selalu timbul tu ks indon.. nagapasa alias berudu..keh keh keh

      Hapus
    7. Tak ada bukti.. yang terbukti itu kapal selam malonsial scorpane yang seperti taik mengambang saja hahahah

      Hapus
    8. Dein,ada bukti dan link tak nagapasa tak boleh selam,kl scorpene tak boleh selam aq ada bukti dan link,bahkan pejabat ATM cakappun scorpene tak boleh selam

      Hapus
  22. Kedua negara sama2 punya tujuan dan cara masing2

    BalasHapus
  23. malon negara paling jaguh dah...

    BalasHapus
  24. Indo dan Malay itu pada dasarnya Sama-sama Ras Melayu dan Sama-sama negara penganut agama Muslim terbesar di dunia,janganlah bergaduh.. Kalau suatu hari nanti Malaysia perang dengan negara lain Indonesia pasti akan bantu Malaysia, begitu juga sebaliknya... Aku rasa together we will stronger.

    BalasHapus