01 Mei 2009

Dua Sukhoi Tiba Dengan Selamat

27 Agustus 2003
Sukhoi Su-27SK milik TNI-AU (photo : Indoflyer)

Hari ini dua pesawat Sukhoi Su 27 SK yang dibawa oleh pesawat kargo Antonov AN-124 berhasil mendarat dengan selamat di Lapangan Udara Iswahjudi, Magetan, pada pukul 07.30 WIB.

Dua pesawat Sukhoi Su 30 MK lainnya direncanakan akan datang di Indonesia pada tanggal 31 Agustus 2003. Sementara helikopter MI 35, direncanakan akan tiba di Indonesia pada tanggal 8 September 2003. Untuk selanjutnya, pada tanggal 11 September 2003 akan dilakukan tes uji coba terbang. Tes uji coba terbang ini akan dilakukan oleh pilot-pilot dari Rusia.

Kedatangan pesawat ini disambut langsung oleh Panglima TNI Jenderal Enriartono Sutarto. Sebelumnya rombongan Panglima yang terbang dari Jakarta menggunakan Hercules C-130 yang dipiloti Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Chappy Hakim tiba di Lanud Iswahyudi pukul 07.00 WIB.

Kepada wartawan Endriartono menegaskan dua pesawat Sukhoi Su 27 SK ini merupakan produk baru. Ia tidak menampik jika pemerintah tidak mempunyai uang untuk membeli barang baru maka tidak menutup kemungkinan untuk membeli barang bekas. “Namun yang datang saat ini betul-betul barang baru. Brand new,” katanya.

Endriartono mengatakan, Indonesia sudah memesan 12 buah pesawat Sukhoi dari Rusia pada tahun 1997. Sementara pada tahun 2000, India memesan pesawat Sukhoi ke Rusia. Kemudian Indonesia membatalkan pemesanan pesawat Sukhoi karena krisis ekonomi yang saat itu tengah melanda. India pun mengambil pesawat yang pada awalnya merupakan pesanan Indonesia.

Namun, kata Panglima, India memesan pesawat yang jumlahnya melampaui 12 buah seperti yang direncanakan Indonesia. Saat ini, Rusia sudah mulai memproduksi lagi pesawat pesanan India. Karena 12 pesawat itu diambil India maka pesanan India yang hampir jadi diberikan ke Indonesia.

(
Tempo Interactif)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar