09 Mei 2009

TNI AL Kembangkan Penggunaan Hovercraft

20 November 2005
Hovercraft pada parade TNI-AL (photo : Bronco1978-Kaskus Militer)

TNI AL akan mengembangkan penggunaan hovercraft sebagai kapal untuk mengangkut pasukan. Sebab, kapal ini dapat dioperasikan pada jenis pantai apapun, termasuk untuk mendaratkan pasukan di daerah terpencil tanpa sekoci.

“Kapal ini kan terus disempurnakan sesuai dengan yang diinginkan oleh TNI AL,” kata Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Slamet Soebiyanto kepada Tempo dan Media Indonesia di atas KRI Dalpelle, di perairan Sangatta Kalimantan Timur, Rabu (14/12).

Ke depan, ia berharap kapal ini bisa menggunakan dua atau tiga propeller.

Sejak awal Desember 2005, TNI AL memiliki tiga hovercraft buatan Hoverindo yang harganya jauh lebih murah dari harga yang ditawarkan produsen luar negeri. Jika produsen asing menawarkan hovecraft Rp 12 miliar, Hoverindo menjualnya seharga Rp 3 miliar per unit dengan pesifikasi yang sama.

Sampai akhir tahun ini, Hoverindo sanggup membuat 4 kapal. Nantinya, kata Slamet, di setiap kawasan akan ditempatkan Hovercraft untuk pendaratan. Dia menilai kecepatan, cara landing, dan ketnggian hovercraft yang diproduksi saat ini masih harus ditingkatkan. (Fanny Febiana)

(Tempo Interaktif)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar