18 April 2018

Indonesia Considers Pulling Out of KFX/IFX Project

18 April 2018


Indonesia is considering withdrawing from the KFX/IFX development programme with South Korea. The reasons for the potential withdrawal include financing, technology sharing, and geopolitical factors. (photo : Jane's)

The Indonesian government is contemplating withdrawing from the programme with South Korea to develop the next-generation Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) aircraft, Jane’s has learnt.

Speaking at the Defence Services Asia (DSA) 2018 exhibition in Kuala Lumpur Indonesian officials said that while the country’s involvement is currently continuing, several key issues are causing debate over whether participation should be terminated.

These issues include finances, the degree to which Indonesia is gaining “strategic technical benefits”, and what officials described as 'geopolitical factors'. Officials also indicated that Indonesia’s future participation in the programme is likely to be determined by its senior leadership, including President Joko Widodo.

One Indonesian industry source said, “Actually, money is not the main issue even though there have been some issues with this. The main factors in this decision are the technical advantages that Indonesia can get through the programme and some geopolitical factors that the Indonesian government must consider.”

In reference to these geopolitical factors, the industry source mentioned “Russia, the USA, South Korea”. He did not elaborate but it is understood by Jane’s that Indonesia’s involvement in the project has been a source of concern in the US, a key supplier of KFX/IFX technologies, which is wary about the country’s long-standing military-technical ties with Russia.

In January 2018 Indonesian defence officials stated in comments to local media that there is currently a shortfall of about IDR1.85 trillion (USD140 million) that needs to be paid to South Korea in return for its involvement in the KFX/IFX programme as per finance agreements signed in 2015. Jane’s understands that Indonesia’s repayments on the programme are behind by about 40% of its agreed financial commitment.

(Jane's)

142 komentar:

  1. Horeeee....

    VIPER AKAN DATANG...Yuhuuuu,,, :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. viper ape jf sulfur om haha!不不不

      Hapus
    2. Kan betul Cakap pakar Indonesia ketenteraan biaya meningkat kerana kosel suka lambat projek, pada akhir paksa tinggalkan projek..

      Saya bilang mereka dah kecewa sama projek kfc itu, american menpermainkan kosel itu, sepatutnya kosel tak boleh mengharap rakan dari amerika itu, duit banyak habis pada lobby hasil projek tak bergerak lagi..

      Antara kelemahan senjata amerika ini, lobby, senet ,rasuhan dan haksasi Manusia Ham Kerana itu kami tak berapa suka dengan senjata amerika ini Walaupun spare part senang cepat sampai Itu kelebihan senjata amerika itu

      Hapus
    3. antara tak suka atau takde wang ya maha

      Hapus
    4. bilang ja klo ngiri pak.cik

      Hapus
    5. Jadi gimana nih jadinya, klo kata om PS kita jadi dialihkan lisensi FA50? Boleh juga tuh.

      Btw. "Indonesia’s involvement in the project has been a source of concern in the US"

      Emangnya ngaruh amat yak karna kita maen 2 kaki? Mpe segitunya...

      Hapus
    6. Nanti indon mendunia claim ni buatan anak bangsa mereka..keh keh keh..duit takde jgn buat aset..guna anak tempatan sepenuhnya...baru jimattt

      Hapus
    7. Dein@ Iyelah IFX nih buatan indonesia,bkn Cem malon suka tipu2 Wkwkwk

      Hapus
    8. Dein....kmrin dubes korsel tuk Indonesia sdh mengeluarkan statement bahwa kerjasama proyek KFX/IFX tetap berlanjut...

      Hapus
  2. Indonesia’s repayments on the programme are behind by about 40% of its agreed financial commitment.

    BalasHapus
  3. wes lanjut ok pulling out ok juga.
    yang penting dagang pesawat pt DI jalan terus.
    nah kalau hasil jualan alat militer bisa mendanai riset alutsista.. itu lebih nilai plus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah..produk2 baru yg keluar terus tiap tahun tuh risetnya pakai duit mana?

      Hapus
    2. Bro AP, tetap optimis, mngkin ini belum memungkinkan tetapi semangat tetap berkobar, sewaktu waktu renc besar membuat pesawat mandiri tetap mpk suatu kemungkinan

      Hapus
    3. hasil jualan amunisi assault riffle juga penjualan amunisi leopard gun. pesanan spare part airbus juga helikopter.
      juga eksport ss4 /ssx. eksport spr2
      eksport tank boat juga pesanan bonefish
      semoga sukses
      dagang dan riset is better than buy

      Hapus
    4. lah kok bukti risetnya lebih jelas dari bukti dagangnya..

      dagangnya cuma berapa..tau2 nongol lg produk baru...

      Hapus
    5. berarti barang dagangan berkualitas sehingga menghasilkan banyak keuntungan untuk biaya riset.
      loh daripada dagang banyak hasil menguap kan sangat disayangkan pakcik.

      Hapus
  4. haduh gimana ni..gak jadi mandiri apa gimana?? masak mau beli & beli...sticker tinggal di tempek kok tau2 gini..ayo dong semangat..aca aca...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Troller sejati kerana malon negara sampah hanya boleh tipu2 Wkwkwk

      Hapus
    2. nanti malaysia boleh beli lagi pesawat maritim dari pt DI. dagang alat militer sambil riset is better

      Hapus
    3. indon suka tampal stiker..pastu mendunia claim buatan anak tempatan... tak gitu mat rempit sitroller sejati indon...:)

      Hapus
    4. Dein,mn buktinya lon indonesia tambal stiker,kl aq ada bukti malon suka tipu2 tambal stiker buatan tempatan Wkwkwk

      Hapus
  5. DAH AGAK DAH.. KALAU SEMBANG, GUNUNG PUN BOLEH RUNTUH.. AS USUAL INDONESIAN POLITICS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunung boleh runtuh..ape ko cakap ni...bukan gunung la..

      KALAU SEMBANG,BABI PUN BOLEH TERBANG..kihkihkih

      Hapus
    2. Nyohhhh...atas ane BABI nya

      Hapus
    3. Babi terbang dh battle proven..
      Noh A10 warthog alias babi terbang ..mantap toh
      Malon kl ngmg kaga diayak dulu

      Hapus
    4. lah itu sebab kemungkinan rencana untuk pull out dari kfx kan ada sebab dari dalam dan luar. kalau dari dalam masalah dana bisa diusahakan ada meskipun berhtang.
      tapi kalau faktor eksternal seperti amerika tak mengijinkan loked martin berbagi teknologi.. ya mudah mudahan nanti boleh riset enjin jet tempur sendiri. sementara korea selatan juga masih berharap pada loked martin sebagai imbal balik pembelian f35.
      bagaimanapun indonesia tetap netral dalam politik dunia.

      Hapus
    5. haduh..mau riset mesin jet pula..udah la mas..mimpinya jgn keduwuran..belajar tuh sama india..kan india & negara muh itu similariti nya banyak..kihkihkih

      Hapus
    6. mudah mudahan lho ini tinggal meng amini saja tak mau. eleh india jangan di contoh mas karena dia terlalu banyak model alutsista. logstik nighmare. bolehlah kalau malaysia mau tiru asal budget unlimited. lagian kan banyak ekspatriat indihe di malaysia.

      Hapus
    7. Ap@ malon suka masturbasi mimpi bina jet pejuang PTM halimun generasi 6 Wkwkwk

      Hapus
  6. DAH AGAK DAH.. KALAU SEMBANG, GUNUNG PUN BOLEH RUNTUH.. AS USUAL INDONESIAN POLITICS..

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. baru ni satelit ni KFX plak... agak berbeza pendekatan pemimpin sebelumnya dengan yang baru ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bedalah...kalo yg lama, perut gunung aja dibor buat nyariin piramid, ntah ketemu enggak tuh ?!!!

      Hapus
    2. Menarik diri mpk opsi terburuk bro gempur, dan msalah utamanya bukan pada uangnya namun lebih bersifat geopolitik, dan keuntungan teknis kedepan yg akn diperoleh indonesia dan pengumuman resmi jga blum kluar dr pemerintah,hanya baru mempertimbangkan...jln masih panjang namun usaha sdh dilanjutkan...

      Hapus
  9. One Indonesian industry source said, “Actually, money is not the main issue even though there have been some issues with this. The main factors in this decision are the technical advantages that Indonesia can get through the programme and some geopolitical factors that the Indonesian government must consider.”

    Geopolitik apa maksutnya yaa ?
    Apa sesuai komen gw dulu.. mendingan cabut duit KFX IFX trus buru2 beli pespur jadi karena iklim dunia yg dinamis dan gejolak semakin membara ? bayangin kemungkinan perang LCS china meletus dan kita baru kebagian pespur di thn 2030 nanti ???!! alias 12 tahun dari sekarang. Kalau perangnya 3 tahun lagi piye jal ? mosok cuma ngandelin 24 F16 dan Sukhois ?

    Coba tahun ini duitnya ditarik atau stop langsung pesen Viper 3 SQ nanti 2020 dateng tuh pespur anyar 48 unit.. wes aman lah..
    Hehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa mungkin syaratnya amerika mengijinkan share teknologi sensitif kalau indonesia ikut geng nya.

      Hapus
    2. Sederhana wae mas superstar...

      Soal radar aesa misale...loro-lorone, RI lan korea durung ono sing pengalaman gawe radar, njur opo awake dewe kudu meksakke, melu-melu ngragati+nganggo radar sing durung teruji (plus kemungkinan hasile durung memuaskan)...kamongko radar kui barang sing VITAL !!!

      Hapus
    3. Tambah sithik mas...soal geopolitik

      Ono fatsun sing ujare mengkene : "yen tuku alutsista gaweane sawijine negoro iku tegese ugo tuku jaminan keamanan"

      #2019 I-V-SK

      Hapus
    4. aneh...
      tiap hari pada komentar di sini tapi gak ngerti geopolitik....

      Hapus
    5. geopolitik = geopo beli tapi sitik.

      Hapus
  10. Proyek yang dicanangkan SBY sepertinya banyak yg di scrap, jembatan selat sunda lebih dulu du scrap, IFX dan satelit militer kemungkinan juga di scrap. Faktor politik dan seberapa jauh visi seorang pemimpin di.uji, tentu saja pendukungnya akan selalu membuat pembenaran, biarlah rakyat yang menilai, sehebat apapun pencitraan, pasti akan ketahuan aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo ra ngono mas darma...

      Sebuah proyek kalo feasible tentu akan dilanjutkan, tapi kalo sistematikanya aja "bundet"...yo pilih dicepetke sakmene wae to, timbang mengkone malah "nandur pari, jebul thukule candi hambalang jilid 2", hhh

      Hapus
  11. klo uang bukan masalah.. brarti politik lah sumber masalahnya. luaarr biasa pakde!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. politik antar bangsa dan persaingan produsen jet tempur yang rebutan pasar.

      Hapus
  12. padahal king KJU, gak keberatan, ini pasti gegara tetangga seberang, Vanuatu maksutnyeh haha!不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi gimana nech, viper make in indonesia, jf thunder ape tejassss hore haha!

      iya tejaass, uda lama nich gak disindir2 nich haha!

      Hapus
  13. OOT...!!!

    Ternyata salah satu alasan AL memilih kapal penyapu ranjau buatan jerman, karena saat ini jerman sedang menjalankan proyek pengadaan 12 biji kapal penyapu ranjau.

    Jadi kalo digabung dg pesanan kita kan harga borongannya makin murah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqi..
      Tipikal sanget njih mas, pengen ngirit yo nunut wae, mumpung ono nunutan...

      Jan titis tenan, top.. :D

      Hapus
  14. Bicara masa depan sebuah negara besar kaya sumber alam tapi salah kelola akibat nya seperti sekarang bukan makmur tapi nigatif tambah susah harga sembako naik 200% ..contoh soal hidup matinya sebuah negara pertahananan bukan di benahi perkuat malah meredup jadi mundur kebelakang proyek masa depan malah di gagalkan atas pesanan asing .

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhoo kok malah menyalahkan pemerintahan sekarang.?? bukannya sudah dari dulu sumber daya alam kita dikuasai asing. Malah zaman presiden sekarang sedikit2 mulai diambil alih. Kamu jadi orang jngan terlalu fanatik.. sudah 4 tahun gagal move on akhirnya menyebarkan fitnah dan kebencian.. ckckck.. mending otakmu diruqiyah dulu geh..!!! paraaaahhh... paaraaaahhh.. pengikut si wowo dan partai sapi.

      Hapus
    2. oohh iyaaa... tuh si wowo mantan tentara kok duitnya triliunan ya..? jangan2 dia itu antek asing/aseng..?? soalnya ngk masuk akal saja..

      Hapus
    3. kawannya LBP juga mantan tentara duitnya lebih banyakan dia mas bro..

      Hapus
    4. Aku bukan pendukung prabowo ...cuma rezim penguasa sekarang jauh lebih buruk dari rezim 2 sebelumnya ...busuk dan bloon .

      Hapus
    5. tidak boleh gitu oom ken arok. semua ada pertimbangan dan fokus kerja nya. tidak apa kalau yang diutamakan pembangunan daerah yang masih tertinggal. banyak biaya itu.

      Hapus
    6. @ Ken Borok..ko sudah berjasa apa buat negeri ini...?nggak usah lah menilai seperti itu..belajar lah menghargai kerja nyata seseorang..

      Hapus
    7. Kalo mau survive ya harus nyesuaikan diri, ngotot mikir stagnan di situasi dinamis sama aje bunuh diri laah.. :p

      Hapus
    8. @ Ken2 negeri ini memang sudah salah kelola dari dulu...makanya mau di benarkan ibarat benang sudah kusut jadi perlahan buat benang kembali lurus...gak semudah balikin telapak tangan bro....Case freeport di kasih Saham cm 9%...sekarang minta 51%... Apa itu bloon...kalau bangun pertahanan seluruhnya apa urusan ekonomi,pendidikan,kesehatan di lupakan....beli kapal perang banyak dermaganya kurang apa kapalnya di suruh lego jangkar di tengah laut...beli pesawat banyak apa cuma di parkir kepanasan & kehujanan gak di buatkan shelter....mikir...kir..kir...

      Hapus
    9. Padahal kalau mas @Arok tahu di rezim siapa yg kebagian tanda tangan doang dan di rezim siapa yg kena sial suruh bayar hutang pembelian alutsista tank leopard, F16 blok 52, sigma class sampai Apache baru berasa susahnya nasib rezim jaman yg kebagian mbayar.

      Pengadaan jaman rezim lama.
      Pembayaran jaman rezim baru.

      Kira2 lebih enak mana mas ? Sampiyan ke dealer kasih DP 5 jt trus pengganti sampiyan yg suruh cicil sisa 250 juta ampe mau modar ? Wakakakaka

      Pake logika sehat mas... jangan bawa kebencian disini nanti jadi tendensius.

      Hapus
    10. daripada nyalahin, kenapa Ken Arok gak nyalon jadi DPR atau maju jadi capres 2018 ??

      Hapus
    11. military enthusiast yang chauvinist kebanyakan emang fansboy sby.

      Tipe kaya gini kalo kita turutin kita akan kaya india. Militer kuat tapi rakyat kelaparan

      Hapus
    12. Muarif kok do diladeni to yo....

      Yen neng indomiliter, si ken ngangkrok ki ming nggo dupak-dupakkan karo ayam jago

      Hapus
    13. Hehehehe gapapa om hari, kalo memang alasannya masuk akal, debat terbuka lebih asik buat pembelajaran para fansboy manapun

      Hapus
    14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. pada suatu masa...ada orang mau borong 60 jet tempur.....terus ada pabrik f16 viper akan tutup kalau tak ada order...si viper tawarkan pindah produksi kalau borong banyak...,datang juga gripen juga mau mindahin mesin produksi kalau jadi borong..,,kabuuuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko ni dah kenapa?? mabuk ketum ke?? jom songlap lfx...

      Hapus
    2. Ko ni kenapa mabuk cukai judi ya

      Hapus
    3. Indonesia mundur...apakah negara beruk bisa gantikan kerjasama dengan korea???...ayo ruk ambil tuh kesempatan..(mimpi basah disiang bolong) kah kah kah

      Hapus
    4. Yunan@ malon nak gantikan posisi indonesia Wkwkwk...nak bina tayarpun malon tak boleh konon pula nak bina jet pejuang Wkwkwk

      Hapus
  16. Mungkin ini pilihan paling tepat. Maklum butuh modal gedhe untuk bangun Tol, PLTU dll. Lanjutkan Pakde Joko. Pesawat tempur ndak penting kalau jalanan banyak rusak.
    Gantinya ya borong F-16 Viper + JF Sulphur....

    BalasHapus
  17. Ok lah kalau begitu...buat Viper atau Gripen NG di PT.DI...heeheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. To sayang jugak. Duit dh banyak di laburkan. Tp melihat cara korea bnyk mengharapkan tot dari negara luar. Spt keupayaan masih amat terhad. Klu dpt oun mungkin sama seperti gripen

      Hapus
  18. Yang mabuk itu yg ga punya duit.. pura pura punya duit..

    Lihat tetangga kiri kanan atas bawahnya pada belanja.. akhirnya menghayal bikin pesawat jaguh dunia akhirat..

    Forum militer nya sepi cuma di isi matsurbasi berjamaah..

    Politik nya kacau. Korupsi presiden nya terang benderang. Tapi tetap ga bisa apa apa..

    Negara yg lihat wilayah lautnya di klaim dan di rampas dan di masuki beramai ramai. Tapi diam saja ketakutan..

    Akhirnya forumer nya masuk ke blog negara lain.. nyampah dan bicara ga pake logika dan pikiran sehat lagi.

    Kita tau negara mana itu?

    Yg pemimpin nya juga mengakui pribumi nya malas

    Ironis!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negerinya upin ipin ya om..heeheee

      Hapus
    2. Negeri yg penuh2 tipu tuh ya bro Wkwkwk

      Hapus
  19. rasanya ia ada juga bersangkut paut dengan kewangan..


    Indonesia faces risks over involvement in fighter programme

    The scope of Indonesia’s future involvement in its joint programme with South Korea to develop the next-generation fighter aircraft, the Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX), could be readjusted due to a continuing lack of funds.

    Indonesian defence officials have stated in recent comments to local media that there is currently a shortfall of about IDR1.85 trillion (USD140 million) that needs to be paid to South Korea in return for its involvement in the programme as per finance agreements signed in 2015.

    An industry source with direct knowledge of the programme has also confirmed to Jane’s that Indonesia’s payments in the programme are continuing to come up short caused by a lack of growth in Indonesia’s defence budget.

    Jane’s understands that South Korean and Indonesian defence ministry officials are renegotiating Jakarta’s financial involvement in the KFX/IFX development project, and that this could lead to a reduced role in the programme. However, it is understood that the Indonesian government is not considering pulling out of the project.

    Indonesia’s repayments on the programme are currently behind by about 40% of its agreed financial commitment, a source has confirmed to Jane’s .

    Despite this, the programme is continuing, with around 82 engineers and technicians from Indonesian aerospace company PT Dirgantara (PTDI) deployed to South Korea where they are collaborating with counterparts Korea Aerospace Industries (KAI), the lead developer on the KFX/IFX programme.

    Funding for Indonesia’s involvement in the programme had been ring-fenced for 2018, although, like spending since 2015, this has been subject to cuts depending on the strength of Indonesia’s defence budget. Cuts so far have led to the shortfall, with the intention in Jakarta to make up the difference at a later date when more funding becomes available.

    Jane’s understands that it is the terms of these repayments that are being negotiated.


    http://www.janes.com/article/77332/indonesia-faces-risks-over-involvement-in-fighter-programme

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berita per January itu pakcik. Kalau Janes terbaru di April malah uang bukan hal yg utama tetapi strategi dan feasibility pespur jenis ini yg akan direview ulang.

      Saat pengadaan pespur ini mungkin 10 thn lalu teknologi KFX jelas terdepan karena rata2 negara pemakai pespur saat itu menggunakan teknologi gen 3 sampai 4 saja. Jadi 10 thn lalu kita melihat gen 4.5 adalah sesuatu yg outstanding dijamannya.

      Seiring waktu berjalan rasanya jadi tidak feasible bila 10 thn lagi kita cuma dapat Gen 4.5 sementara negara2 lain sudah beli duluan Gen 5 sekitar 5 thn sebelumnya kisaran thn 2025.

      Saya melihatnya project ini tidak feasible bila dilanjutkan.

      Hapus
    2. benar berita itu bulan januari jika dilihat dari berita itu saja ia sudah menunjukkan ada masalah dari segi peruntukan yang disediakan untuk program tersebut... maksudnya disini peruntukan untuk program tidaklah begitu lancar ini ditambah beberapa lagi isu seperti yang dikatakan..

      Hapus
    3. Saya melihatnya strategi mas.. Indonesia sudah merasa tidak nyaman melanjutkan program ini sejak setahun lalu karena perubahan situasi di dunia dan teknologi.

      Bila langsung stop jelas jadi sesuatu yg tidak disukai pihak Korea. Menyatakan tidak mampu membayar adalah reason yg masuk akal dalam sebuah skenario bisnis shg bila nantinya benar2 di stop jelas tidak menimbulkan sikap antipati dari partner bisnisnya.

      Itu cuma tebakan saya... yg tahu realita jelas orang2 pemerintahan, kita cuma menduga duga sahaja.

      Hapus
    4. kamu ingat ka isu yang indonesia lupa membuat anggaran pembayaran untuk program KFX/IFX hingga ditegur oleh mentri keewangan ke apa tu saya lupa...

      Hapus

    5. Minta Tambah Anggaran Pesawat Tempur, Sri Mulyani Tegur Kemenhan
      "Ini akan jadi persoalan buat kami dari sisi uang maupun prosesnya," kata Sri Mulyani


      Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menghadiri rapat dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mereka membahas tambahan anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Negara (RAPBN) 2018.

      Secara khusus Kemenhan meminta tambahan Rp 1,8 triliun untuk pembayaran tahun jamak dalam rangka pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X bersama Korea Selatan. Masalahnya ternyata Kemenhan tidak menganggarkan dana dalam rangka membayar kewajiban tahun jamak pesawat tersebut pada APBN 2016 dan 2017.

      https://katadata.co.id/berita/2017/10/19/minta-tambahan-anggaran-pesawat-tempur-menkeu-tegur-kemenhan

      Hapus
    6. Itulah kesalahan kemenhan mas.. sama seperti case satelite kemarin lagi2 kemenhan tidak membuat perkiraan anggaran sebelumnya.

      Kalau di kantor saya mas... nanti bulan oktober 2018 adalah periode budgetting untuk thn 2019.. dimasa tsb semua dept membuat patokan budget dan dibuat hearing di floor dan di accept sesuai rencana budget shg pada awal november 2018 kita sudah punya total rencana project selama setahun.

      Bila di april 2019 tiba2 ada project diluar kesepakatan awal kalau dikantorku langsung ditolak mas.. karena pos2 nya sudah jelas.. misal awal Januari semua project kita kasih DP 20 persen, bila kita memaksakan menerima project yg tiba2 dibulan April tadi jelas akan menurunkan kredibilitas perush yg terlanjur ngasih DP sampai misalnya cancel sebuah project bandara tg sudah approved setahun sebelumnya digantikan project satelite dan monitoring smooth budgeting.

      Sri Mulyani jelas kecewa dgn Kemenhan karena ini yg kedua kalinya kejadian spt itu. Infonya budget satelite sudah masuk proposal budget 2019 mas. Sepertinya bu Sri gak mau menunda project lain demi alokasi ke satelite yg tiba2 itu.

      Imho

      Hapus
    7. masalah teknologi 4.5 kfx ??? kelawakan ape ni?

      program kfx/ifx mula baru berapa tahun..program pesawat gen5 US,rusia & china sudah mula duluan...seharusnya perkembangan teknolgi sudah bukan alasan utk tarik diri..itu alasan tak masuk akal...

      program mrca malaysia tertangguh akibat ekonomi..malaysia dikata tak pandai planing..

      skrg negara mendunia nak tarik diri program kfx/ifx atas alasan teknologi nya dah ketinggalan..ni sebab terlalu pandai planning ker??

      bodoh gile alasan...

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. betul kata kamu Superstar..

      Hapus
    10. Sengaja ga dibayar & dibikin alasan lupa bayar pun mana kita tahu kan..? :D

      Emangnya politik itu peduli, bakalan malu atau enggak?

      :D

      Hapus
    11. Ap ne dungu kah korang.
      Maksutnya buat apa beli pesawat gen 4,5 jika semua negara d dunia sudah make gen-5.
      U stupit idiottttttt.

      Hapus
    12. yg dungu tu yg ikut program kfx/ifx lah tolol..padahal dah jelas program gen5 dah mula jauh lebih awal....jet rafale,typhoon,gripen yg 4.5 dah jual..ko baru nak buat prototype..idiotttttt

      Hapus
    13. @Ap Ini orang otak sampah, ga punya duit yaa.. masuk ke blog sini cuma buat nyampah..

      Tau diri sedikit. Kalian urus sana laut yg kalian claim di masuki negara lain.

      Sana pergi dari blog ini.

      Omongan sampah bau Tai..

      Kami punya duit, mau borong 60 kah.. mau produksi sendiri apa urusan dng anda.

      Benar benar ga tau diri! Sudah di usir dari sini juga masih berani

      Sampah tetap sampah, sebentar lagi kau di lewati Philipina. Negara yg kau bilang tertinggal

      Hapus
    14. Hehehe...om anakperek suka merepek,pespur tejas gen brp om ? JF gen brp om ? Di saat negara lain pakai pespur Gen 4++ dan negara besar macam Us ,Rusia dan China buat gen 5 ko India nongolin tejas ?
      Baca ya om...


      Pesawat jet tempur KFX sendiri sebetulnya merupakan proyek lama Republic of Korea Air Force (ROKAF) yang baru bisa terlaksana sekarang. Proyek ini digagas presiden Korea Kim Dae Jung pada bulan Maret 2001 untuk menggantikan pesawat-pesawat yang lebih tua seperti F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger. Dibandingkan F-16, KFX diproyeksi untuk memiliki radius serang lebih tinggi 50 persen, sistim avionic yang lebih baik serta kemampuan anti radar.
      Itu awal pembuatan KFX dl,jd d THN 2001 Gen 4.5 SDH termasuk lompatan teknologi bagi negara Korea dan Indonesia...tujuan KFX/IFX salah satu nya untuk kemandirian pembuatan pespur....

      Klo bangsa kami idiot mana bs bangsa kami bs buat kapal perang,pesawat terbang,panser ,medium tank...
      Nah klo om anakperek pandai,cb bantu pemerintah Malaysia buat pespur atau yg lain lah.. jng bs nya merepek macam anak tandika aja...hehehe

      Hapus
    15. lah...yg bilang teknology kfx/ifx sudah ketinggalan..sudah gak worth it itu kan forumer sini..kira2 alasan negara muh mau pull out dari program ini..bukan omongan saya..kihkihkih

      tahun 2001 kfx/ifx di mulai kerjasama itu aim nya apa..kebutuhannya apa..

      lah kok 2018,ada yg bilang pull out lebih baik kerana teknologi udah ketinggalan/gak worth it..kan pendapat goblok tuh namanya...

      Hapus
    16. Lah yg tolol tu ente...
      Tni maunya 2025-2030 sdh oprasional.
      Ini kroya 2040 bru bs produksi masal...u stupit idiot.
      So buat apa nunggu kelamaan klo bisa s kebut kenaga ga ngebut sj stuoit idiot.
      Makanya klo g da duit g usah bikin gen 6 korang.

      Tololllllll.

      Hapus
    17. kahkahkah..masak 2040 don..apa benar tuh...kihkihkih..ya udah..salah lu yg TOLOL pcaya sama korya...saya fikir negara muh sudah siap dgn segala kmungkinan saat deal dgn korya..maklum..korya kan bukan eropah..kahkahkah

      Hapus
    18. AP@ yg tolol tuh malon punya mimpi basah bina jet halimun generasi 6,buat tayar n uniform pun malon tak reti konon pula nak bina jet halimun generasi 6 Wkwkwk...mimpi tingkat dewa ya negara ko tuh lon Wkwkwk

      Hapus
  20. Cocok lah pull out aja dari program ini...karena Mamarika setengah hati tot ke koryo karna ada indonesia...Lagian outputnya indonesia versi IFX hanya sampai versi standar...tak dapat radar aesa,sistem rudal tetap di gantung di sayap gak di simpan si perut...Bagus duitnya buat develop N245 & R 80....dan buat aja Gripen NG mumpung swedia nawarin Full Tot ke PT.DI....2019 gripen NG sudah bisa dimulai paling lama 2021 sudah jadi...daripada IFX masih prototype dan mungkin 2030 baru bisa punya pesawatnya terlalu lama. lagian project ini koryo juga pernah menunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak worth broh.. thn 2025 - 2030 generasi sudah Gen 5 kalau IFX dilanjutin kita cuma dapat Gen 4.5 alias semi obsolete kalau mau jujur sih... apalagi belum battle dan reability proven pulak. Better buat beli pasokan Viper atau F15 yg banyak buat amunisi sampai 2025 selepas itu baru diwacanakan pengadaan Gen 5

      Hapus
    2. Gen 4,5 kan hanya langkah awal Korsel, goal mereka kedepan jadiin gen 5 kok.
      Tahapan mereka dah benar Golden Eagle, KFX Block I,II,II...tapi ya itu, buat sambil belajar/berguru ke US, ya amat sangat susah.

      Yg ngikutin riwayat Golden Eagle dulu pasti tahu, sama mbuletnya itu...wong megurunya jg ke US..

      Qiqiqiqi.. :D

      Hapus
    3. Ayo move on, pindah ngikut TFX aje, gurunya Eropa'an tuh...

      Hwihihi...

      #kompor

      Hapus
    4. Bagusan 250 KLX mas... tarikan bawahnya lebih galak.

      Hapus
    5. @ superstar Siapa yg mau lanjutin IFX bro..malah eik setuju dibatalkan..dan lebih baik buat gripen NG atau pun buat Viper di PT.DI kalau mau buat simple gampang bro nanti tinggal beli Su 57...hehehhehee

      Hapus
    6. Toss dulu mas hehehehe

      Kalau mau enak uang yg terlanjur ditarok dijadiin full tot produksi FA50 di Indonesia... kita harusnya belajar perlahan bukan langsung ke sesuatu yg diluar jangkauan

      Hapus
    7. Galakan LGX 2.4D mas, pake diesel jadulan...
      galak suarane maksude...:D

      Kloq,kloq,kloq,kloq...kemlotoq.. :D

      Hapus
    8. Hahahahaha dulu saya sempet pake mesin mazda Rotary 12B mas saya swapped di toyota. cc nya kecil cuma 1200 tapi larinya ngibrit banget dan suaranya mas.."Brattt.. brattt..bratt...!!!" layaknya mesin RX King versi mobil hahahaha

      Sayang cuma pake setahun karena boros oli dan sparepart claw triangle pistonnya kudu order ke ostrali mas...

      Tetep kalo dipikir pikir lebih enakan mesin 7K Kijang 1800 cc

      Hapus
    9. Hluuk..
      Ente pasang itu rotary ke Jikang..? Muke gilee...

      Hwekekekek... :D

      Fiuuuh... :D

      Hapus
    10. Ya uda bungkus Pajero sport aja..wkkwwkkk

      Hapus
    11. PAnas Jobo njERO? Angkot doong..? Hwekekekek..

      Hapus
    12. @PS bukan angkot om..Odong odong..wwkkwwkkk

      Hapus
  21. We should be glad if we work on India instead of Korea. Their is an anomaly within the KAI of corruption.

    BalasHapus
  22. rosoboronexport.....indonesia pasti melanjutkan pembelian pakfa setelah su35

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli apa Pakfa..heehee gak update nih om...namanya Sukhoi 57...tapi sabar2 dulu kita om tunggu mesinnya di ganti baru dulu...karena Su 57 skrg masih pakai mesin Su 35..heeheee

      Hapus
    2. Laah, India aja pengen move on dari PakFa ke F-35 koq.. :D

      Kesian tuh dah ga dipercaya lagi ama dianya, lha gimana lagi wong musuh didepannya dah melenggang pake Gen-5, ya pilih barang yg dah operasional aje laah... :D

      Hapus
    3. @PS operasional tapi masih banyak masalah & maintanance costnya mehong bro...wkkkwkkkk Lebih bagus tambah Sutuc aja lah..heeheee

      Hapus
    4. Nah itu, apalagi kalo si Pakfa..:D

      Sutuc! Naah, itu malah dah battle proven di Afghan..

      Cingcay mas, qiqiqiqi... D

      Hapus
    5. Kesiannn... rupanya tak cukup uang ye... :)

      Hapus
    6. Dein@ ruk,tak ada pasal duit yg jadi masalah dalam artikel,baca dulu ruk

      Hapus
    7. Cakap je takde uang kan senang... :)

      Hapus
    8. Dein,baca artikel tuh ruk

      Hapus
  23. Hampir sama dengan nasib N 2150, cuma.ini lebih dini dimatikanya. Dulu IMF yg matiin, sekarang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dharma...Banditnya dmn2 sama aja om...itu2 juga...Mungkin imbas gara2 ada yg gak suka kita sign Su 35....hehhehhee

      Hapus
    2. @darma

      Kalo yg sekarang dimatiin oleh...ambisi yg gak ngukur badan sendiri !!!

      Hapus
  24. Kyaknya klu menurut pribadi gue mending beli piper or dr saab yg dpt tot.
    Manteb kyaknya

    BalasHapus
  25. bro2x jagan sepekulasi dulu liata aja tanggapan yang memiliki wewenag (pemerintah) mau lanjut apa tidak yang jelas semuanya butuh pengorbanan gax kaya tetenga sebelah yang maunya instan

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Dah KT wong bee aja banyakin..
    Dpt byk, irit bbm, tiap lanud kebagian pesawat..everybody happy

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. Kesian malon masturbasi mimpi basah bina jet pejuang halimun generasi 6 Wkwkwk

      Hapus
  29. Nasib... nasib. Prediksi saya matra laut akan jauh lebih progresif dlm 1-2 dekade ke depan kemandirian alutsista drpd matra udara, meskipun sama-sama punya fanatisme yg sama ama produk rusky. Tabik

    BalasHapus
  30. its only gossip, why bother anyway, lol

    BalasHapus
  31. Td gue liat d tv malaysia da punya pesawat canggih bro, g tau gen brp.
    Bisa nembakin leser lg.
    Yg lbh hbt lg captenx anak kecil, klu g salah capten upin namanya

    BalasHapus
  32. Cakap saje Tiada Ongkos! Senag cerita!! Asyik Projek AKAN sahaja!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bialing ling, yang penting shoping soping 3 matra tempur, situ tiada bajet pespur kan haha!不不不

      silakan duduk noh dipojokan okeh oceh

      Hapus
  33. nah ni proyek butuh pembenahan mungkin sekaligus takut ada yang gk kebagian kue kalo proyek ini benar-benar berjalan

    BalasHapus
  34. Dah dananya pindahin aja ke project FGFA

    BalasHapus
  35. Kalo malaysia mau bikin pesawat generasi kelima gadaikan dulu lah gedung petronas lah turki,korea aja kewalahan

    BalasHapus
  36. JANGAN PERCAYA JANJI POLITIK HANYA PEMBODOHAN UNTUK MASRAKAT MALINGNESIA

    BalasHapus