25 April 2018

Singapore and Indonesian Navies Conduct Bilateral Exercise Eagle Indopura

25 April 2018


RSN's Littoral Mission Vessel RSS Independence (foreground) with two GUSKAMLABAR Quick Reaction Force fast boats intercepting the "terrorist" at the new counter-terrorist exercise serial supported by TNI AL's KRI Sultan Iskandar Muda (background) at Ex Eagle Indopura. (photo : Sing Mindef, RSN)

The Republic of Singapore Navy (RSN) and Indonesian Navy (TNI AL) are conducting Exercise Eagle Indopura, from 19 to 27 April in Singapore and Surabaya, Indonesia. RSN Fleet Commander Colonel Edwin Leong officiated the opening ceremony at RSS Singapura - Changi Naval Base on 19 April with TNI AL's Commander Sea Combat Task Force, Eastern Fleet Command First Admiral Rachmad Jayadi in attendance. The bilateral exercise aims to enhance the interoperability and professionalism of both navies through anti-surface and anti-air warfare serials, as well as maritime security serials. 

For the first time since inception, this year's exercise will feature a counter-terrorism serial in the maritime environment between the RSN’s Maritime Security Task Force (MSTF) and the TNI AL's Western Fleet Sea Security Group, GUSKAMLABAR (GKBA). Both navies exercised information sharing and sense-making to enhance maritime awareness, and joint operational planning to provide effective responses for regional maritime security contingencies. During the serial, both headquarters collaborated effectively to deploy naval assets to disrupt a simulated terror attack threatening commercial shipping transiting through the Singapore Strait.



This year, the RSN participated with a Formidable-class Frigate RSS Formidable, a Victory-class Missile Corvette RSS Valour, and for the first time, an Independence-class Littoral Mission Vessel RSS Independence. The TNI AL participated with two Diponegoro-class Frigates KRI Diponegoro (embarked with BO-105 helicopter) and KRI Sultan Iskandar Muda, a Kondor-class Patrol Craft KRI Pulau Rusa and Quick Reaction Force teams from GKBA, and a CN-235 Maritime Patrol Aircraft. 

Held since 1974, Exercise Eagle Indopura is the Singapore Armed Forces' longest-running bilateral exercise with a foreign military. The exercise underscores the close and long-standing defence relationship between Singapore and Indonesia. The RSN and TNI AL conduct regular professional exchanges, exercises and port calls, and also collaborate through the multilateral Malacca Straits Patrol and other activities such as socio-civic programmes. These regular interactions have enhanced the close ties and mutual understanding between the personnel of both navies.

(Sing Mindef)

106 komentar:

  1. pertalite harga naik 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mosok to mass..😲😲😲

      Hapus
    2. tnang stok premium masi ada, om smiling uda beli jirigen banyak sangat lho, buat persiapan mudik katanya haha!😊😊😊

      Hapus
    3. KRI kapal rogol indon kkok atau kapal ko letup bank singapore gak pergi jalani latihan ok 😁😁😁😆

      Hapus
    4. eCeran 10 ewu mas seliter 😂😂😂

      Hapus
    5. om maha.. Kapal Dadah membuat malon jadi dry water navy saja kihkihkih
      tentera laot kering hahaha

      Hapus
    6. Asekkk...istilah baru


      Tentara laut kering cuiiii

      Hapus
    7. royal malasya DRY WATER NAVy (RMDWN) 😬😬😬

      Hapus
  2. Usman Harun kenapa gak dibolehin ikutan ?

    Hahahahaha

    Kabuurrrlaaahhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usman harun ikut mas ...itu kan kapal halimun.

      😆😆😆😆😆

      Hapus
    2. kan lagi tugas ama UN(PBB), begitchu.
      kapal kita sich jau2 maennya, ampe timteng haha!👍👍👍
      ntar jugak ktemu, soalnya kelas MRLF pindah ke koarmabar haha!😅😅😅

      Hapus
    3. Usman harun ditugasi jaga ambalat mas....xixixixi

      Hapus
    4. masa, bukannya ambalat area koarmatim om smili, pasukannya aja spesial gelar kelas VS nomor 355 ajibb haha!👍👍👍

      meraahh putih teruslah kau berrrkiibaarrr yihaaaaa 🇮🇩🇮🇩🇮🇩
      KRI AHP-355 "Perisai Ambalat"
      https://www.youtube.com/watch?v=Xvjnlz0umPU

      Hapus
  3. Saya tuh jadinya mikir...

    Jika pasukan patroli dari singapore terserempak dgn segerombolan lanun yg lagi mau bikin kacau..apa mereka sanggup bertindak? Lagi2 klu lanun2 itu ternyata dari pasukan elit spt komandul pasukan kecebong..yakin lah SB malasysia sudah sharing info sama SB singapore...

    Atau mereka mikir peluang duit yg bakal hilang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut la buat singapore ni tak mau bergabung dengan malasya, apa jadi nya kalo bergabung? Pasti jadi bangsa yang mundur juga seperti malasya sekarang.. sibuk dijual kat asing dan dirasuah aja hasil bumi nya, tak kan lah singapore mampu bina tank kapal dan weapon lainnya bila join malasya.
      Tahniah singapore

      Kasian sabah dan serawak terlanjur bergabong dengan melayu dongok semenanjung.. jadi terikut mundur dan terbawa budaya malas melayu kat semenanjung.. tak di perhatikan semenanjung..
      Mati galakkan gerakan save serawak dan sabah

      Hapus
    2. Emang monyet punya otak keh pake sibuk mikir segala...😆😆😆😆😆😆


      Otak isi taik sj macam udang.

      😆😆😆😆😆

      Kelaut aj lonjing

      Hapus
    3. @Anak Pengisi Neroka

      cam gini kah

      http://batam.tribunnews.com/2018/02/28/polri-tangkap-kapal-mewah-rp-35-triliun-di-bali-diduga-hasil-pencucian-uang-korupsi-di-malaysia

      Hapus
    4. Essen don

      Kihkihkihkih...di sana gak punya tv yg don..berita lama hoax media yindon hasil kerjasama polri & majikannya CIA...

      Update pengetahuan nya don...biar naik ranking pendidikan yindon ni sial...kihkihkih

      Hapus
    5. singapore mahu jadi blue water navy.

      sedangkan malasia mau jadi dry water navY.

      ada nampak beda prinsip nampaknya..

      ya semoga kedua dua negri damai dalam pelukan british..

      lagi pula asset malasya sudah di serahkan ke singapura jadi buang waktu saja menurut singapura. itu mungkin lo ya 😂😂😂😂

      Hapus
    6. Latihan nya coba menggempur semenanjung yaa..

      Jadi siap siap

      Hapus
    7. kesiannnn :) “The Indonesian Ministry of Defence (MoD) failed to pay some of the contributions on the KF-X joint development project in 2017,” said DAPA.

      Hapus
    8. Kasian Malon miskin ganti pesawat usang sampai sekarang tak mampu bandingkan dengan Indonesia yang dah beli berpuluh2 pesawat jet Malon satu pun tak ada😄😄😄😄

      Hapus
    9. @anak pengisi neraka

      Mau berita lama atau berita baru, untuk kebodohan malassia itu kekal sepanjang masa

      Hapus
  4. Kenapa malon nggak diajak,oh ya lupa,malon kan lagi dikerjar sama nelayan cina kih kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tak da duit buat beli bensin...kehkehkeh
      Pasang lyar oon biar bisa melaut...
      😆😆😆😆

      Hapus
    2. Kalo ikut ya namanya gak Indopura Excercise lagi laah... :p

      Hapus
    3. Namanya ganti IndoMalonpura-pura kali ya bung..?? 😅😅😅😅

      Hapus
    4. kemarin malon sudah latihan angkut periuk api .. kemungkinan minggu depan ada latihan angkut bakul api..
      😈😈😈

      Hapus
  5. bentar di bulan mei, Multilateral Naval Exercise (MNEX) Komodo 2018 di lombok, seruu.

    2 kapal prancis(mistral & Lafayette) + 1 LPD inggris di tj priok tuch udah mao siyap2 ciaooo kesana...
    wah bakalan disambut 332 dan mrlf nich ajibb, lengkap ama tangkringan heli haha!🤗🤗🤗

    331 katanya lagi siyap ke hawaii goyang geal geol RIMPAC 2018 haha!😎😎😎

    mayan kita masih banyak maenan baru yg bakalan dipamerin kemana mana ada Frigat, KCR, Kapal selam haha!👍👍👍

    tahun depan ada LPD baru kinclong ama kapal selam wuiiii haha!😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan2 kasel2 baru kita 403 ama 404 langsung nongol disana aseeekkk buat PAMER TERUS BARU TERUS haha!😂😂😂

      Shoping sopinnggg oke oceh👌👌👌 nyoooossss haha!👍👍👍

      Hapus
    2. Cina dan Rusia ngluarin apa om.. ??? kalau Assuie mungkin destroyer baru mereka sekalian pamer.. haha..

      Hapus
    3. rrc kayaknya langsung destro, kalo rusia antara destro Admiral Panteleyev ato si kruiser "VARYAG" begh taun lalu uda perna dateng smua ini. guwe sempet nyicipin si asep putih "varyag" haha!👍👍👍

      Hapus
    4. waduuuuhh.. bisa pecah perang dunia ke-4 tuh om palu.?? haha..

      Hapus
    5. pokonya bakalan rame dech ntar di mnek lombok.
      klo osi kirim awd nya begh, kyknya kita bakalan nurunin simpenan kita jugak lho biasa si "354" haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    6. Opo meneh kui 354 😀😀😀😀😀

      Hapus
    7. huuussshh.. ngk usah dibukak om..!! xixi..

      Hapus
    8. temennya 234 om poltus yihaaaa haha!😅😅😅

      yoi om bagaz, bakalan perang "GENGSI" haha!😍😍😍

      Hapus
  6. Wow RSS Valour!!! Very clever ship 👍

    BalasHapus
  7. Selat melaka adalah jalur perdagangan tersibuk di dunia..Negara yg mdominasi selat ini pastinya yg paling di untungkan..

    Seperti yg kita tau..ada 3 negara yg berada tepat di lokasi strategik ini..Sing,Mal & Yindon..tapi mengapa singapore yg jadi pilihan? Kita suda sedia maklum antara sebabnya yg biasa di bahas oleh umum..ao apakata kita coba melihat nya dari sisi pandang yg lain...

    Bagaimana jika sebaliknya Malaysia yg mendominasi selat melaka..Dan malaysia dgn leluasa memanfaat sumber daya alamnya dgn semaksimal mungkin..tidak seperti sekarang yg malah jadi salah satu pembekal raw material ke singapore utk di tambah nilai..pasti ekonomi malaysia bakal paling tidak 2-3x lipat sekarang...

    Dan apa pula yg terjadi pada negara yindon ni sial...apakah mereka cuma jadi penonton...atau mereka akan melawan habis habisan utk bersaing mrebut kueh ekonomi berkat jalur perdagangan ini..maklum tipikal yindon ni sial mana mau kalah sama malaysia..atau mereka pasrah dan merelakan diri jadi negara yg dianfaat kaya skrg..yg 2018 perkapitanya cuma usd 3500..puluhan kali lipat lebih rendah dari singapore...


    Bagaimana pula jika ternyata dulu...yindon ni sial yg malah mendominasi jalur perdagangan tersibuk ini..apakah yindon ni sial masih semiskin sekarang..atau malah jadi negara superpower...

    Kihkihkihkih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek samping dri negara bangkrap y...
      Meracau lah

      Tu ngaca neraga korang yg bangkrap

      😆😆😆😆😆

      Hapus
    2. Tahniah Singapore tak sudi bergabung ngan negara hina bernama MALASYA binaan melayu semenanjung yang bodoh dan malas lagi penghianat.. kalo srmpat bergabong habis sudah pulau singapore di jual kat china dan israel.. dan rakyat sinfapore akan menjadi keledai bodoh yg di bodoh2kan oleh sultan yang di pertuan dungu.. hahaha

      Hapus
    3. Efek malaysia nggak ikut Ke kih kih,sibuk sibuk bae dikejar nelayan china kih kih kih

      Hapus
    4. Kihkihkih...dan skrg yindon ternyata jadi negara yg tak punya modal sendiri untuk membuat pondasi ekonomi demii membangun negara..mengharap & terus mengharap investasi asing..kihkihkih

      tahniah yindon..anda adalah bangsa pecundang berak merata asia...semoga najis anda bisa jadi pupuk organik utk myubur tanaman..kihkihkih

      Hapus
    5. Husshhhh
      Kumat
      Ptuiiiii


      😇😇😇😇

      Hapus
    6. Bilang aj nak minta sumbangan kat mari


      😆😆😆😆😆

      Hapus
    7. sesungguhnya rencana british menguasai selat malaka sudah dari dulu. buktinya didirikan negara malaysia.. dan singapura juga akan didukung mati matian oleh british..

      dua negara itu adalah poskamlingnya ras eropa di asia.. untuk melindungi selat malaka guna oepentingan british..

      itu sudah direncanakan lama

      Hapus
    8. Situa bangang sakit butuh pampers nih tukang ngitung

      Kihkihkihkih...jgn lupa peran presiden2 muh om..tanpa mereka..apalah daya britiah..kihkihkihkih...

      Klu gak salah..dulu ada yg bilang...penerintah yg bagus dtg dari rakyat..so tahniah juga buat rakyat2 yindon ni sial yg pinter2...


      Yuk berak di sungai...kihkihkih

      Hapus
    9. Segitu aja ku cakap dah panas kah kau anak perek.. haha.. itu fakta singapore tak sudi join dengan sultan2 semenanjung yang di pertuan dugong.. terima lah.. jangan tak terima.. kahkah

      Hapus
    10. Hanya dugong dan sekelas beruk yang mau di bodoh bodohi oleh sultan sultan semenanjung..
      Tahniah singapore tak sudi join sultan2 tukang tipu semenanjung . Kahkahkah

      Kesian sabah serawak. Dah terlanjur gabung kerana rekayasa british dan yahudi

      Hapus
    11. bro ap..

      itu sebab british fokus membangun singapura.. kerana selat malaka strategis untuk lewat kapal dati britis ke australia.

      dan posisi singapura adalah penjaga pintu nya..

      dan posisi malaysia adalah penyokong singapura..
      juga tempat berak tenaga ahli luar negeri..

      sangat disayangkan negara besar malasya harus dikuasai kampung singapura.

      tapi apa mau kata.. inggris punya kuasa sudah menguasai singapura dan malaysia untuk jaga jalur laut..

      Hapus
    12. Bangsa Indon hanya layak jadi bibik, babu dan babboon di Malaysia. Hasil pendidikan tahap Papua New Guinea yang diwarisi oleh Indon.

      Hapus
    13. Singapore tak sudi join ngan sultan yang dipertuan dugong dari semenanjung tukang tipuu.. kalo kelas dugong beruk boleh lah tiada berpisah ngan sultan.. hahaha

      Hapus
    14. pink pussy hairy and big Cock..

      ko ni marah knape.. ?

      jadi babu pun negeri ko kutip pajak tinggi.

      jasi kewangan kerajaan malon itu dari pekerja asing.



      tak percaya?
      mainlah ke pegawai imigration malaysia.
      berapa duit mereka kumpul dari pekerja asing.

      baik yang rasmi maupun ilegal.

      ko fikir yang ilegal tak dapat ijin dari imigration malaysia kah? ya orang malaysia sendiri menyuap imigrasi sehingga pegawai imigrasi malon tutup mata.
      terus wang pungutan kemana??

      habis diambil pegawai imigrasi malon.

      belum lagi polis diraja kutip wang dari pekerja asing.

      yang rasmi pun dikutip pakai banyak alasan. apalagi yang ilegal..
      lalu wang itu masuk mana??
      ya masuk kantong perut gendut polis diraja.

      jadi kewangan kerajaan dari buruh migran.
      sangat sangat ironi kalau kamu sombong dan menghina babu.

      kenapa ada pekerja asing di malaysia? karena peribumi malaysia tak ada kepakaran kerja..

      Hapus
    15. Latihan nya coba menggempur semenanjung yaa..

      Jadi siap siap malon yaa

      Hapus
  8. @Doni sugara

    Maaf masnya...ane mereplai komen antum soal radar wibel dimari saja.

    Radar wibel, ketika sedang mengawasi ruang udara yg luas (mode surveilan), jangkauan deteksinya sekitar 300-an km...tapi ketika sedang melakukan tracking (pelacakan) terhadap "sebuah obyek", maka daya/energi pada transmiternya bisa dipusatkan/difokuskan untuk melacak "obyek itu saja" sehingga jangkauan deteksinya bisa melonjak hingga 600 km-an (tergantung cuaca sebenarnya...)

    Kalo yg kecilnya suka nembak kalong, tentu sangat paham dg konsep diatas (contohnya mas @PS...xixixi)...dimalam hari sangat susah mengenali kalong yg berbulu abu-abu kehitaman yg sedang nangkring diantara kerimbunan daun sawo/mangga.

    Satunya cara untuk mendongkrak imej sang kalong, maka senter/batrenya difokuskan sehingga berkas pancaran senternya...jadi methit (berkasnya kecil/sempit, tapi jangkauannya jauh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooooo ic


      Barang super mas

      Hapus
    2. Jiaaaaah...kok anee...??

      Ane kan pas jaman nembak kalong belum lahir mas..

      Qiqiqiqi

      #sumbah nuwun penjelasanipun

      Hapus
  9. Kelebihan&kekurangan radar wibel buat kita...

    1. Dari kekuranganya dulu: radar ini tipe X-band...kelemahannya ketika dioperasikan diwilayah yg memiliki curah hujan dan kelembaban yg tinggi, seperti negara2 dikawasan topis. Ketika menghadapi hujan dan kelembaban tinggi, maka daya deteksinya melorot drastis...itu saja !!!

    2. Tapi radar x-band, resolusinya sangat jelas, sehingga bisa membedakan target dengan latar belakang lingkungannya.

    3. Juga bobotnya lebih ringan dibanding radar yg bekerja dg frekuensi lebih rendah (C/S/L/UHF)..sehingga bisa ditempatkan dimenara yg lebih tinggi (secara otomatis kemampuan deteksi terhadap obyek dipermukaan laut atau obyek yg terbang rendah seperti rudal/pespur/heli juga lebih jauh...dan lebih jelas !!!)

    4. Radar wibel ini unik !!! Karena bisa digerakkan secara mekanis...bisa mlungker-mlungker koyok hamster.

    Sehingga jika ditempatkan dipuncak bukit (seperti di natuna), dia bisa melihat obyek2 yg berlayar atau melayang lebih rendah dari kedudukannya dengan jelas, seperti rudal jelajah, periskop kapal selam, "nenek sihir naek sapu terbang"...termasuk heli MD-530, milik sebuah negara)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sapuan radarnya bisa mbentuk kubah imaginer ya mas..?
      Kalo VERA NG?
      Apakah dibeli buat kombinasiin kelemahan Weibel?

      Hapus
    2. bwahahahaa.. lucu nih om smili.. tenang di Indonesia banyak pawang hujan, sewa/rekrut tuh pawang hujan untuk standby di situs rudal. haha..

      Btw, tuh nenek sihir naik sapu terbang maksudnya apa ya..?? maaf gagal paham ane.. xixi..😅😅

      Hapus
    3. Melengkapi x mas.
      1 radar aktif n vera radar pasif.

      Hapus
    4. #situs radar bukan rudal.. 😅😅

      Hapus
    5. Nenek sihir ntu senjata halimun sonora mas....

      Hapus
    6. Kamsudnya : drone mas... :D

      Hapus
    7. Itu lho...nenek-nenek yang tempo hari dihalau dari ruang udara kita dinatuna

      Hapus
    8. Beghhhhh...
      Beneran ternyata

      😨😨😨😨

      Hapus
    9. weibel gak lemah, om smiling aza yg pengen radar tipe non x haha!😅😅😅

      padahal lojiknya, pesawat tempur rata2 x band jugak. artinya itu pesawat berkurang donk kemampuan radarnya dikala "hujan"


      satu lagi WEIBEL kita tidak sendiri masa om smilikity lupa, dari tahun lalu uda guwe kasi tau kan, masi ada radar MSSR 2000-I sebagai tandem haha!🤣🤣🤣

      jadi apa yg mao dikwatirkan haha!tak ada bukan 😉😉😉

      Hapus
    10. nich liat sendiri, 2 in 1 radar manteb punya tni au haha!🤣🤣🤣

      dan amrik jugak pake radar x band, hayoloh om smilikity mao guwe kirim lagi nich link yang lama2 dulu haha!😂😂😂

      https://lancercell.com/2017/07/21/sitem-radar-weibel-tni-au-photo/

      Hapus
    11. ini PSR alias radar primernya si weibel
      https://lancercell.files.wordpress.com/2017/07/radar-psr-dan-ssr-dari-sitem-radar-weibel-akan-berfungsi-bersamaan-dan-aktif-selama-24-jam-tifando-zk-lci.jpg?w=672&h=372&crop=1

      ini radar duetnya SSR sebagai secondary radar MSSR 2000-I haha!😎😎😎
      https://lancercell.files.wordpress.com/2017/07/radar-psr-dan-ssr-dari-sitem-radar-weibel-akan-berfungsi-bersamaan-dan-aktif-selama-24-jam-tifando-zk-1.png?w=474

      Hapus
    12. betuuull om palu.. radar X-band Amrik malah segede gaban.. 😨😨😨

      https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/47/Sbx_050701_001.jpg

      Hapus
    13. oiya jangan lufa ini radar weibel, mrupakan radar warisan BABEHnya om smilikity selain si cantik awewe kesayangan kita smuaaaahh haha!😍😍😍

      Hapus
    14. kabuurr aahhh, lafer maksi dolo om2 smua haha!😛😛😛

      Hapus
    15. kata2 om bagaz tepat seperti yg dikatakan om smilikity tahun lalu ketika guwe bawa link radar sbx 1 ituw haha!😉😉😉

      nich linknya bisa ditengok2 om haha!😅😅😅:

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/07/radar-weibel-dipasang-di-satrad-215.html

      emang itu radar amrik gde2 be'eng.

      tapi diskusi dolo, guwe juga uda sampein ada radar lain buatan raytheon x-band yg agak kecilan dan bisa mobile jugak,
      namanya AN/TPY-2 ini radarnya THAAD haha!👍👍👍

      https://www.raytheon.com/capabilities/products/antpy2/

      kuot tahun lalu guwe tarik kesini males mikir soalnye haha!😛😛😛

      guwe ngerti sich mksd om smili,tp kembali lagi ke tupoksi user. buat apa dipake dan reksiko pasti uda diitung.
      makanya buat indo ditandem sm mssr-i buatan airbus. jd ini x band radar gak berdiri sendirian.
      mungkin kita pake radar ini kerna dirasa ancaman bukan hanya pesawat saja, mlainkan misil,drone intai.
      lagian kalo curah hujan tinggi disertai petir dll,bakalan jd momok buat pesawat jg kok. makanya penerbang jg males, daripada kesamber petir mending ke maldives om 212 haha!😅😅😅"

      Hapus
    16. Nah bener to, masnya @palugada ora nyimak...

      "...radar ini tipe X-band...kelemahannya ketika dioperasikan diwilayah yg memiliki curah hujan dan kelembaban yg tinggi, seperti negara2 dikawasan topis. Ketika menghadapi hujan dan kelembaban tinggi, maka daya deteksinya melorot drastis...itu saja !!!"

      Kalo diwilayah yg memiliki kelembaban udara dan curah hujan rendah, seperti didaerah Lintang tinggi (wilayah belahan utara spt asia utara, eropa, amerika utar ) atau yg lintangnya sangat rendah (wilayah belahan selata spt aussy, afrika, asia selatan)...kondisi ini tidak terlalu berpengaruh (penurunan daya deteksinya tidak sebesar diwilayah tropis).

      Apalagi kalo didukung dg daya/power antene yg besar seperti radar cobra dane dll...tentu saja keampuan deteksinya tetap sangat jauh.

      Nah kalo dihubungkan dg radar pesawat tempur...untuk mebuktikkan argumen ane : adakah operasi pertempuran udara (pengeboman, dogfight, bahkan latihan) dilakaukan pada cuaca buruk???

      Yang ada, pasti dibatalkan !!!

      Karena pada cuaca buruk, kemampuan radar akan menurun drastis.

      Hapus
    17. Nah...ganti ke MSSR !!!

      Itu kan secondary radar alias semacam IFF/...dia hanya sistim interogator&ATC untuk militer dan sipil. Pesawat yg tidak mengaktifkan dekodernya (tidak kooperaitif) tidak terpantau oleh MSSR...apalagi rudal !!!

      Hapus
    18. Menurutku sih, alasan pembelian weibel faktor utamanya adalah...harga !!!

      Ditengah kekurangan radar yg cukup banyak, ditambah keterbatasan anggaran, maka radar ini yg ketiban pulung.

      Hapus
    19. Radar weibel memang cukup murah, sekitar usd 7,2 juta saja.

      Dibanding Smart-L versi darat yang bisa ditaruh di atas gedung bandara, harga perkiraan sekitar usd 18-20an juta.

      Hapus
    20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    21. sebernernya radar x band bukan berkurang daya deteksi ketika ujan.

      namun, kerna tipe x band terlalu tajam membaca dibanding tipe S band, sehingga butiran hujan itu terlalu sensitif dan tampil di radar sehingga merepotkan operator begitchu.

      kalo ada objek yg lebih gde dari butiran hujan tersebut tetep bisa dideteksi kuo haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    22. om woof2 guwe gak tau om dapat darimana sumber harganya,

      namun yg guwe dapet info:
      radar weibel ini harganya
      rp.190milyar, sekitar $14,6juta
      menurut net. tinggal ikutin link guwe diatas pasti nemu britanya haha!😉😉😉

      itu baru weibel aja, blom radar erbas mssr-i..kalo ditotal, begh..gak tau, soalnya erbasnya gak ketauan haha!😀😀😀

      Hapus
    23. gak nyimak gimane om smilikity, lah dari A sampe "nenek sihir naek sapu terbang" uda guwe sekenin haha!😂😂😂

      eiit soal kok argumen om smili, malah justru argumen guwe donk uda duluan tuch cek penerbang mending ke malidives emang om smiliy gak liat, ada babeh lg jet skian haha!😅😅😅

      banting setir ke MSSR-I
      lah si om bijimane sech, ini emang radar sekunder bukan primer.

      radar buatan EADS ini, didapuk sbg satu-satunya radar sekunder yang bersertifikat, baik sipil maupun militer.
      dengan antena radar Large Vertical Aperture (LVA) sanggup mendeteksi sasaran sejauh 256 nautical mile (setara 472,2 Km)

      http://www.eldis.cz/en/mssr-1-monopulse-secondary-surveillance-radar

      pesawat yg tidak mengaktifkan sinyal transponder(bukan dekodernya, om smilikity bcande aje nich haha!😉😉😉)
      lah kan ada PSR weibelnya gitu aja kok refot haha!😉😉😉

      hanya radar militer yg bisa mendeteksi black flight, begitchu haha!😇😇😇

      SSR yg diambil tni au ini spesial buat militer, mode 5. salah satu featurenya adalah IFF.

      Hapus
  10. Maaf...melengkapi yang nomer 4 "4. Radar wibel ini unik !!! Karena bisa digerakkan secara mekanis...bisa mlungker-mlungker koyok hamster.

    Radar yg bobotnya lebih berat (frekuensinya lebih rendah spt GM-200, master-T atau GM-400 dll), transmisinya cuma bisa didonggakan sedikit kebawah (-5 derajat)...tapi kalo wibel bisa sesuka hati, bahkan bisa melihat "ujung kakinya sendiri"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiiiihhhhh


      Baletan mas...😆😆😆😆😆

      Hapus
  11. Bangsa Indon hanya layak jadi bibik, babu dan babboon di Malaysia. Hasil pendidikan tahap Papua New Guinea yang diwarisi oleh Indon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singapore tak sudi join ngan sultan yang dipertuan dugong dari semenanjung tukang tipuu.. kalo kelas dugong beruk boleh lah tiada berpisah ngan sultan.. hahaha
      Kesian sabah serawak. Dah terlanjur gabung kerana rekayasa british dan yahudi

      Hapus
    2. Cuman gt ilmunya pinkpusy...

      😆😆😆😆😆

      Hadehhhh...tepok jidat
      Ptuiiiii

      Hapus
    3. “The Indonesian Ministry of Defence (MoD) failed to pay some of the contributions on the KF-X joint development project in 2017,” said DAPA.

      Hapus
    4. 😴😴😴

      Hapus
  12. Bodoh punya Indon. Malaysia selalu lah training sama Singapore. Dasar otak berak sembarangan. Malaysia dan Singapore sama dalam Five Power Defence Arrangements (FPDA) lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo latihannya halimun yah simulasi cem Time Crisis di taimjon (timezone).
      iyah sich antara hemat ama bokek itu beda tipiz om pinky haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Fpda tak guna
      Ptuiiiii....


      Hahahahaha
      Tak ada segennya bangsa indonesia sm bangsa anda wahai malinjing

      Senggol bacok lah

      Hapus
    3. saya dah kira. habis bahan pasti ngadu sama gerombolan babu elisabet si ibu israel.. kaahkahkahkah

      Hapus
  13. Balasan
    1. Mas PS, PG, Super, Smiling,

      Di atas kita tuh ada orang2 yang omongannya selalu nggak jauh2 dari kotoran yg dikeluarkan manusia, padahal apa yg diomongkan itu adalah cermin dari apa yg dipikirkan dan obsesinya tentang suatu hal.

      Jadi jika omongannya selalu menyebut tentang kotoran maka dia pasti terobsesi dengan kotoran sepanjang hidupnya.

      Kasian ya...

      Hapus
    2. makanya guwe uda bilang ama teman2 om woof2, yg ituw jgn dipancing2, kalo obatnya gak ditelen doi bruba kayak hulukkk, bukan ijo tapi soklat haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Isi otaknya aj kotoran manusia mas...apa mau d kata.

      😆😆😆😆😆😆

      Hapus
  14. Latihan nya coba menggempur semenanjung yaa..

    Jadi siap siap invasi kalo di sana choas

    BalasHapus
  15. Dulu katanya mau buy back indosat?

    BalasHapus
  16. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    ?? Livechat Casinobet77
    ?? whatsapp : +85599495431
    ?? PIN BBM : D6235F1C
    ?? Wechat : casinobet77cs1
    ?? Line : casinobet77
    ?? skype : casinobet77
    ?? Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

    BalasHapus