26 April 2018

Menhan Ryamizard Nyatakan Pemerintah Fokus Pembuatan Kapal Selam Sendiri

26 April 2018

KRI Ardadedali 404 (photo : Detik)

Okpo, Korea Selatan (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, mengatakan setelah kapal selam kedua kerja sama dengan Korea Selatan KRI Ardadedali-404 diserahkan, maka pemerintah fokus kepada pembuatan kapal selam sendiri.

“Ini dulu disempurnakan, kapal kelima keenam itu kita buat sendiri, masak sampai lima kali tidak bisa buat-buat, kita bukan orang bodoh, banyak orang pintar,” ujar Menhan di galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu (25/ 04).

Kapal selam ketiga kerja sama dengan Korea Selatan dibuat PT PAL, sehingga setelah ini PT PAL akan bekerja menyambung bagian-bagian kapal selam yang telah dikirim dari Korea Selatan.

Penyambungan kapal selam yang akan dinamai KRI Alugoro-405 itu sudah berjalan dan diperkirakan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Progres KRI Alugoro 405 di PT PAL (photo : saididu)

Setelah kapal selam ketiga kerja sama dengan Korea Selatan selesai, Menhan menuturkan diperlukan beberapa kerja sama lagi hingga akhirnya dapat benar-benar membuat kapal selam sendiri.

“Kemudian ditambah dua, tiga, kerja sama, setelah itu kita bisa buat sendiri, itu arti makna yang awal dari kerja sama ini,” ujar Ryamizard Ryacudu.

Pada 1960-an, ucap dia, Tanah Air mempunyai 12 kapal selam, sementara hingga sebelum kerja sama dengan Korea Indonesia hanya memiliki dua kapal selam.

Kini dengan tambahan tiga kapal selam, Indonesia memiliki lima kapal selam, tetapi jumlah tersebut dinilainya masih kurang dan setidaknya menyamai jumlah 12 kapal selam.

“Kalau tidak ya kita mundur dong, dulu 12 masa kurang dari itu, 12 saja sudah mundur, nanti akan bertambahlah, tetapi kita belajar terus kita akan membuat kapal lebih canggih dengan dasar ini,” ucap Menhan.

98 komentar:

  1. Balasan
    1. gimana dagangannya mister oncom, pajeung teu?

      Hapus
    2. Monyet monyet malas sia semakin terguncang hahahaha

      Lihat kita bisa produksi kapal selam sendiri..

      Monyet mana bisa produksi sendiri wkwkwk

      Hapus
  2. sgt mrnggerunkan....nampaknya bisnes pembuatan stiker semakin maju..tahniah buat yindon..Pakar dlm dunia klaim mengklaim produk luar...kihkihkih....

    jom berak kat sungai mat don...pastu bleh mancing ikan...dpt ikan bolrh buat lauk bagi anak bini ko makan..maknyusssss !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampal stiker mcm makassar,kaplan,pkr dan cn235 jugak 😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. AV 8 GEMPITA, FNSS ACV-15, FIRSTWIN RMORED CAR THAILAND YANG KAU ANGGAP BUATAN TEMPATAN AGAIMANA TUH? SATU2 PRODUK MALAYSIA YANG HAIBAT DI PAKAI PASUKAN NATO ADALAH VITA BERAPI

      Hapus
    3. yang paling penting indonesia sudah dapat ilmunya dari korea,sudah dapat lisensi nya, sudah dapat fasilitas pembuatan kapal selam dari pemerintah. dan sudah coba membuat walaupun tidak 100% lama2 menjadi seperti makassar class go international di beli banyak negara, lalau mana ada yang beli av 8 gempita? karena av8 gempita cuman rakitan mending langsung beli di pabrik.

      Hapus
    4. YANG PALING BARU SAJA TURKY TERTARIK MEMBELI LISENSI N219 DARI INDONESIA,
      MANA ADA MALAYSIA SEPERTI ITU YANG ADA MALAYSIA CUMAN KLAIM BUATAN TEMPATAN SAJA
      https://bisnis.tempo.co/read/1050718/penyebab-turki-ingin-pasarkan-pesawat-n219-di-luar-negeri

      Hapus
    5. KALAU MEMANG MALAYSIA BUAT PRODUK SENDIRI PASTI ADA BERITA ALUTSISTA MALAYSIA DI BELI OLEH NEGARA LAIN ATAU LISENSI DI BELI OELH NEGARA LAIN. TAPI DARI DULU MANA ADA?
      -----------------------------
      APA TIDAK TERPIKIRKAN DI BENAKMU? APA KALAIAN TIDAK CURIGA? SEBENARNYA KALIAN MASIH IMPORT, MUNGKIN PM NAZIB PASANG STIKER TEMPATAN AGAR MENYENANGKAN KALIAN.

      Hapus
    6. MARI KITA LIAT PENEMPELAN SETIKER DARI FNSS BERUBAH MENJADI GEMPITA WKWKWK
      https://www.youtube.com/watch?v=Wxkv83ImHj4&t=112s

      Hapus
    7. akal akalan nazib biar rakyatnya senang bahwa berhasil buat produk tempatan,
      SAYA HERAN ORANG MALASIA SUKA BILANG PRODUK MILITER INDONESIA CUMAN "PASANG STIKER".
      APA MEREKA TIDAK TAHU DIRI,
      SEKARANG SEBUTKAN MANA YANG KATANYA PRODUK MALAYSIA YANG DESAINYA MEREKA BUAT SENDIRI TIDAK KERJA SAMA DENGAN NEGARA LAIN,
      CONTOH DI INDONESIA KCR 60M,KCR 40M, N219,N250, LANDING SHIP TANK, ANOA APC, PANSER BADAK, HOWITZER 105MM, GATELING GUN, SS2,SS3,SPR, DLL......

      COBA SEBUTKAN PRODUK UNGUGLAN MALAYSIA YANG LISENSINYA/BLUEPRINT NYA BUAT SENDIRI

      Hapus
    8. BEDANYA DEFTECH https://www.youtube.com/watch?v=DFouQyJ9yvA
      DAN PINDAD
      https://www.youtube.com/watch?v=90cpsmIloPc&t=55s

      hasil perbedan kalo deftech gax ada yang di produksi w juga bingung fungsi inya

      kalo pindad anda bisa liat sendiri

      Hapus
    9. @ artword

      Talking about Vita Berapi there is an article review from the Firearmblog of the Vita Berapi.

      "VB Berapi LP06, Worst Gun Design Ever?

      Posted March 30, 2012 in Rifles by Steve Johnson

      Back in 2006 a Malaysian company, Vita Berapi, showed off a range of new of assault rifles and pistols. The entire line looked so goofy that the first time I saw them I assumed it was a hoax. I am still not 100% convinced it is real, but I was sent some photos by a reader that look authentic. The VB Berapi LP06 is the primary rifle of the line …

      I have seen better looking prop guns on YouTube videos made by 8 year olds. The ring at the top is supposed to hold a scope. Consumer-legal “pistol” rifles in the United States have better butt stocks than this assault rifle. You can see why I think it looks like a hoax.

      Their “combat” pistol, the LP-01, can be converted into a “long range” submachine gun called the LP-02 that includes a folding stock, forgrip and large capacity magazine. I like the folding stock that incorporates iron sights so the pistol can be used when it is folded up. This weapon makes slightly more sense than that unsightly bullpup rifle, but still looks to big to be practical."

      http://www.thefirearmblog.com/blog/2012/03/30/vb-berapi-lp06-worst-gun-design-ever/



      Hapus
    10. SAYA TAMBAHIN LAGI YANG INDONESIA BUAT BLUEPRINT NYA SENDIRI RUDAL PETIR, ROCKET BALISTIC RX550,RX 750, RX 420, RX 1220, LAPAN LSU 05, PESAWAT TANPA AWAK PUNA(BPPT).
      APA KALIAN TIDAK MALU????????

      https://politikmiliter45.blogspot.co.id/2016/05/roket-rx-750-dan-masa-depan-rudal.html

      KALIAN SAJA "BARI INGIN MERANCANG" DRONE BUATAN DALAM NEGERI YANG SPESIFIKASINYA SAMA DENGAN LAPAN LSU 03 SUDAH GEMBAR GEMBOR, PADAHAL LAPAN SUDAH UJI COBA LAPAN LSU 05 DARI TAHUN 2015

      Hapus
    11. bro.. namanya bukan vita berapi.. tpi "VITA BIRAHI" catet itu..!!!! xixixixi..

      Mungkin dulu desainer malon yg menciptakan produk gagal vita birahi menyukai janda montok anak 2 namanya VITA.. Namun karena desainer senjata malon itu hitam, degil terus jalannya lenggak-lenggok seperti pondan/banci, jadinya dia ditolak si janda yg nmanya Vita itu.. kahkahkahkah..

      lawaaakk betoooii nih beruk2 maloners.. suka sekali menciptakan produk gagal.. 😂😂😂😂😂😂😂😂😅😅

      Hapus
    12. http://www.indomiliter.com/lapan-lsu-05-uav-dengan-kemampuan-terbang-8-jam-dan-jarak-jangkau-800-km/

      Hapus
    13. Unknown@ mn linknya kaplan n cn235 hanya tukar stiker,kl aq ada linknya Malon cuma ada kepakaran welding,painting n ganti stiker buatan tempatan wkwkwk

      "Setelah pemotongan besi dilaksanakan,kits besi yg telah dipotong mengikut lukisan kejuruteraan yg diluluskan akan dihantar ke malaysia untuk di welding menjadi blok2" (www.malaysiamilitarypower.blogspot.co.id/Kapal halimunan TLDM gowind frigate status progres/29-11-2015)

      Hapus
    14. SERAGAM MILITER BUATAN SRITEX DI PAKAI 31 NEGARA>
      https://finance.detik.com/industri/d-3589447/31-negara-dunia-pakai-seragam-militer-made-in-sukoharjo

      Hapus
    15. Hanya tampal stikar je lepas bilang buatan anak bangsa kasihan 😁😁😁😁😁

      Hapus
    16. Mahairi@ ko iri ya setelah aq bongkar Malon cuma ada kepakaran welding n ganti stiker buatan tempatan ya wkwkwk

      Hapus
    17. Terima kasih atas saran, semoga aja pt pal bisa belajar dari korea, aminnn

      Hapus
    18. Hahaha...cb di liat om Mahat,Banjarmasin Class...klo itu stiker doank Korea bakalan marah,wkt tender tarlac Korea ikut jd saingan PT PAL loh...
      Om mahat bs bedain sticker Tempatan sama yg namanya kerja sama...CN-235 itu hasil kerja sama...mulai dr desain sampai produksi.
      Indonesia sejauh ini ud bs buat pesawat,kasel,kapal,dan lain2 buat pertahanan negara...dan bahkan beberapa SDH bs d ekspor...Malay mana binaan Tempatan yg SDH d ekspor...cb tunjuk ini am kira2 senjata yg ud d ekspor dan di buat sendiri am Malay hehehe

      Hapus
    19. Monyet monyet malas sia semakin terguncang hahahaha

      Lihat kita bisa produksi kapal selam sendiri..

      Monyet mana bisa produksi sendiri wkwkwk

      Hapus
  3. Ini kapal selam indon terbaru yg tak boleh digunakan kerana bateri weak kan?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ompong mcm apache,leo,t50 dan pkr jugak 😂😂

      Hapus
    2. bukan ini kapal yang gax bisa neyelam karena ada songlap sampe model mongolia tewas kena rudal scud nya najib

      Hapus
    3. Ada beruk malon kepanasan.. xixixii..

      Hapus
    4. Submarine nih tak lah sama dengan scorpene hasil rasuah yg tak boleh selam tuh wkwkwk

      Hapus
    5. The one and only
      kapal selam yang tak boleh menyelam yaitu kapal selam malingsial

      Hapus
    6. Hidup Altantuya class dgn semboyan "ngambang terus sampai akhir"

      Hapus
    7. Monyet monyet malas sia semakin terguncang hahahaha

      Lihat kita bisa produksi kapal selam sendiri..

      Monyet mana bisa produksi sendiri wkwkwk

      Hapus
  4. Seperti biasa, bicara pak RR gak jelas (emang sengaja ga jelas?)

    Hwehehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu kode penerjemah khusus ciri khas dia dari dulu terlebih pegang jabatan strategis n banyak rahasia harus kontrol omongan. beda menhan jiran diancam korut "kita bisa lawan dengan bantuan sekutu" tak percaya diri. AS ngakui ibu kota isroil "kita akan kirim pasukan ke palestina" mana buktinya tak de bukti cuma khayalan semua...

      Hapus


  5. PENGLIBATAN UNIT TINDAKHAS DALAM OPERASI-OPERASI DILAUT.

    OPERASI PAGANG

    Sekitar tahun 1997 hingga tahun 2000 berlaku peningkatan kes kejadian rompakan keatas kapal-kapal dagang yang melalui Selat Melaka terutamanya di Perairan Negeri Sembilan,Melaka dan Johor.

    Operasi ini dinamakan Ops Pagang dan ia adalah singkatan bagi nama `Operasi Kapal Dagang’.Pihak Unit Tindakhas Bukit Aman telah dipanggil bagi membantu Cawangan Polis Marin Wilayah selatan sepanjang operasi ini dijalankan.

    Jarak yang dekat antara Negara jiran dengan perairan Malaysia memboleh para perompak laut keluar dan masuk untuk melakukan jenayah rentas sempadan dalam masa yang singkat ditambah pula dengan keupayaan bot laju mereka yang sangat pantas namun hasil gabungan pengalaman luas anggota-anggota Cawangan Marin Selatan dan kemahiran tinggi anggota-anggota Unit Tindakhas Berjaya mematahkan banyak aktiviti-aktiviti penjenayah rentas sempadan dan perompak laut tersebut.

    Salah satu kejayaan operasi ini adalah kejayaan pasukan rondaan yang terdiri dari 3x anggota Polis Marin Wilayah Selatan,1x Pegawai Selam Tempur UTK dan 2x Anggota Tim Selam Tempur UTK Berjaya menawan dan menahan sebuah bot tempur Komando Pasukan Katak Negara jiran yang sedang melakukan rompakan keatas 2 buah bot dagang (barter trade) diperairan Tanjung Piai pada awal tahun 2001.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Bulan April 2001 Dalam satu rondaan biasa waktu malam sebuah bot tempur RHIB dengan kekuatan 1x pegawai dan dan 5x anggota.(3 Marin dan 3 UTK) dalam kegelapan malam telah terserempak dengan sebuah bot laju yang dalam keadaan mencurigakan telah menyusup masuk jauh kedalam perairan Malaysia di Tanjung Piai.

      Pasukan khas gabungan Marin dan UTK ini telah mengekori dan memantau dari jauh melalui teropong malam.Bot laju yang disyaki telah merapat dan disyaki melakukan samun keatas bot barter trade dari Indonesia yang sedang berada didalam perairan Malaysia.

      Ketika Penjenayah sedang melakukan samun keatas bot yang ke 3 Pasukan Khas dengan pantas merapat dan menyerbu mereka.Salah seorang anggota UTK dengan ganas dan tangkas terus melompat kedalam bot musuh dan melepaskan tembakan amaran serta mengarahkan mereka agar tidak melawan. Manakala anggota lain memberi perlindungan.Musuh tergamam dan tidak sempat bertindak.

      Anggota UTK dengan pantas merampas semua senjata api yang ada pada musuh namun tidak sempat digunakan.Ada senjata yang cuba disembunyikan namun dalam pengelidahan teliti Berjaya menemui sepucuk pistol Sig Sauer.

      Siasatan mendapati 4 orang adalah anggota Komando Pasukan Katak manakala 2 lagi adalah orang awam yang bertindak sebagai penunjuk arah kawasan perairan Malaysia.

      Berjaya dirampas didalam kejayaan ini adalah sebuah bot berkuasa tinggi bertulis ‘KOPASKA’,2 laras senjata tempur SS1 buatan Indonesia yang menggunakan peluru 5.56 yang sama seperti digunakan untuk senjata M16,satu laras SMG MP5,sepucuk pistol Sig Sauer dan sejumlah 205 butir peluru 5.56 dan 9mm.

      Selain dari senjata,turut dirampas adalah hasil rompakan berjumlah beberapa Juta Rupiah serta sejumlah matawang asing.
      (Rujukan kes Permas Rpt:260/2001)

      Maklumat-maklumat yang diterima sebelum ini melalui risikan yang dilakukan mendapati memang terdapat sekumpulan lelaki bersenjata berat sering melakukan rompakan didalam kawasan perairan Malaysia kadang kala sehingga keKuala Sungai Batu Pahat

      Hapus
    2. #kisah benar yg disorok indon 1

      Hapus
    3. KOPASKA ditangkap PDRM 😂😂

      Hapus
    4. Terkadang saya ketawa sendiri baca komentar orang seberang.

      yaaa...dach ente hebaaatlah.

      Hapus
    5. bwahhahahaaa... nampak sangat beruk malonsial turunan bangla satu ni kepanasan...Melihat kenyataan Askar pondan bersarong malon mesti tunggu 20 tahun untuk membeli kapal selam lagi.. kahkahkahkahkah.. kesiiiiaaann aku tengok askar pondan bersarong malonsial... 😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅. Kenyataan memang pahit ya ruk.. beruuuk.. malon.. xixi..

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Tak lah percaya sama media propaganda UMNO ko tuh ruk,bila ia ada di media independen dan terpercaya cem CNN,ABC,SIPRI aq percaya sangat,kl berita bualan propaganda UMNO hanya 30 juta Beruk yg percaya wkwkwk

      Hapus
    8. Bagaz@ setakat ini banyak Beruk yg panas hati dan iri melihat pencapaian yg di capai indonesia,dari shopping besar2an dan banyak bina weapon buatan tempatan membuat Malon panas dan iri hati bro wkwkwk

      Hapus
    9. Mat lapir kasihan dulu perempuan sekarang jadi lelaki kasihan 😁😁😁😁😁😁 Sukarno kawan dengan pki pada akhirnya pki jatuhkan sukarno kasihan ok

      Hapus
    10. Mahairi@ eleh tak kisahlah dgn cakap bengap ko tuh,yg penting Malon terbongkar kedoknya sbg tukang bungkus ganti stiker buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    11. Hahaha...om Mahat hebat,hebat soal buat cerita mengarang bebas...xixixi,UPS salah mksdnya media malon hebat mengarang bebasnya,klo itu bener cb donk pake link yg internasional jng karangan media malon...


      Om maha Sy mau nanya,kenapa kerajaan Malon wkt dl malahan mengundang Inggris ,cerita donk sejarah perjanjian Pangkor...xixixi

      Hapus
    12. No poto...is hoax bro.

      Haibat ente...gua jg bs bikin cerpen.

      😆😆😆😆😆

      Hapus
    13. Monyet monyet malas sia semakin terguncang hahahaha

      Lihat kita bisa produksi kapal selam sendiri..

      Monyet mana bisa produksi sendiri wkwkwk

      Hapus
  6. Berita basi n hoax cuci otak umno iri dengan kemajuan indonesia. Heal najib...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon kan terkenal suka tipu2 dan suka sebar hoax bro wkwkwk

      Hapus
    2. Tak iri hati dengan cerita Benar indon in tampal stikar itu 😁😁😁😁😁

      Hapus
    3. Mahairi@ Kasi sikit linknya lon bila benar tak iri hati wkwkwk

      Hapus
    4. Iri hati dan dengki itu dah sifat malon 😄😄😄😄

      Hapus
    5. Monyet monyet malas sia semakin terguncang hahahaha

      Lihat kita bisa produksi kapal selam sendiri..

      Monyet mana bisa produksi sendiri wkwkwk

      Hapus
    6. Malon hanya bisa bina toilet dalam lift 😄😄😄😄😄

      Hapus
  7. Unknow uda siap2 tali buat gantung diri. umno n bn kalah dalam pemilu, bentar lagi banyak yang bunuh diri takut masuk bui...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...saatnya Pakatan rakyat berjaya bro wkwkwk

      Hapus
  8. woooowwwww... wooooooowwww..menggerunkan. Haibaaaatt putra2 terbaik Indonesia. Selanjutnya membuat KS U-214 kerjasama PT PAL dengan Turki+Jerman.

    Beruk2 malonsial penjilat pantat Najib dan Rosmah semakin kepanasan nih.. kahkahkahkahkah.. Tahniiiiaahh TNI... !!!! 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbaik TNI...Terbaik PT PAL...Terbaik Indonesia...Indonesia km boleh

      Hapus
  9. iri ni yee, sudah - sudah.. balik jaga istana bu elisabet sanah kwak kwak kwak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...Malon slaves british,cina dan arab wkwkwk

      Hapus
  10. wakaka kapal selam buatan tempatan pt pal dimunculkan fotonya..panas hati malaysie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas hati lihat kemajuan indonesia wkwkwk

      Hapus
  11. tahniah.. vita berair, eh berapi sudah sukses d beli oleh mhluk luar angkasa dari planet TElEk. luar biasa capaian jiranku ini, smentara kami cuma mampu jual sedikit kapal dan pesawat, itupun masih d pakai orang bumi. kalian luaarrr biasaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahniah...VITA BERAIR jg telah berjaya di eksport ke MARS dan PLUTO wkwkwk

      Hapus
    2. Bukan vita berair tpi vita puding.. Wkwkk

      Hapus
  12. Perasaan dulu ada berita dari 12 turun ke 8 karena mau dikonversi jadi Kapal permukaan (PKR or Destro), kok sekarang balik ke 12 lagi yaaa ???

    Mudah2an Iver dan Viper tidak dilupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tak mau dilupakan,PPH dan PBBnya jgn gk dibayar bro...xixixi

      Hapus
    2. Omongan menhan kita memang gitu superstar membuat bingung analis dinikmati aj serial s35, kasel sudah selesai ganti tema sekarang kfx/ifx ambil kopi, ambil popcorn, jgn lupa kacamata 3dnya biar bisa lihat 3dimensi lebih nyata wkwkwkwk....

      Hapus
    3. 8 itu sampai Mef-3 mas, setelahnya tetap pada visinya = 12 KS... :D

      Hapus
    4. Hahahahaha siap broh..

      Saya termasuk pembayar pajak yg taat

      Jangankah PPH dan PBB... pajak mobil maenan gw gak ada yg telat satupun broh,...hihihihi

      Hapus
    5. Kalo dibagi 3 armada, @ dapet jatah 4 => rotasinya 1servis, 1cadangan, 2operasional..

      Gimana, mas super deal?

      #itu karangan ane yaak, qiqiqiqiqi.... :D

      Hapus
    6. Deal mas...

      Tapi lebih baik lagi investasinya untuk perbanyak sonar bawah laut mas.. supaya Kasel kita gak perlu sering2 Patroli...

      Hapus
    7. tetap iver om super.. sonar bawah laut tidak bisa untuk menindak. Nanti kalau sudah ada poseidon baru kita beli yg banyak sonar bawah laut.. xixixi..

      Hapus
  13. Jom call doctor n 911,ada beruk get stroke lihat indonesia shopping n telah berjaya eksport weapon wkwkwk

    BalasHapus
  14. Submarine nih boleh selam,ok...Submarine nih bukan hasil rasuah,ok...Submarine nih dibeli tidak meletupkan seorang perempuan guna C4,ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibeli tidak gunakan cukai judi ok

      Hapus
    2. Warbyazah@ hahaha...ok,ok bro,86...hahaha

      Hapus
    3. dibeli tidak gunakan 1mbd ok wkwkw dan GST naik tinggi

      Hapus
    4. gilaaaa keji banget alantuya di bunuh gilaaa laknat bangsat malonnnn laknat najib pake c4 bung di ledakin sadihhh banga anjing tai bangsa barbar bangasa mundur gila semakin mundur nih bangsat
      https://www.youtube.com/watch?v=opKCcemJtPw
      harus liat nihh pengakuan penyelidik si alantuya

      Hapus
    5. Dimas@ najib tuh guna hati binatang bro,semua cara dihalalkannya untuk dapatkan uang walaupun dgn cara membunuh seorang wanita tak berdosa

      Hapus
  15. Jika semua ini dapat terlampaui maka indonesia adalah satu2nya negara di ASEAN yg berjaya bina submarine buatan tempatan dan negara ke-5 di Asia setelah Jepun,Cina,Korsel dan India yg ada kepakaran bina submarine buatan tempatan...Terbaik PT PAL Terbaik Indonesia...I am proud to be Indonesian's people...VIVA INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko jangan cakap cem tu lahh,nanti ade pula yg panas hati !!!!##

      Hapus
    2. jalan kita uda benar, tinggal landas menuju kemenangan bersama seluruh rakyat,
      bravo pt pal, viva indonesia maju terus haha!👍👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩

      Hapus
    3. Sabu n Palu@ oke oceh om...

      Hapus
    4. Malon hanya berjaya dalam hal berak di lift 😆😆😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
  16. jadi apalagi yg kita mo akusisi om pit, om bagaz, om pedang dan temans sehobi shoping soping haha!🤑🤑🤑

    ada pegasus, erbas mrtt, erieye, drdo, bt3f, kilo, destro, eh hampir ktinggalan super J haha!👻👻👻

    noh pasukan bodrek masi muter2 aje di bunderan HI nyari teksi, stiker ama brita kriminil dll, sungguh mengharukan haha!😆😆😆

    salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Thailand, Myanmar, Singapur, Indonesia, Vietnam dan Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh 👌👌👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...betul tuh om,yg anehnya lg mereka betul2 dah terbukti tukang stiker malah kita di tuduh tukang stiker,apa gk aneh n blo'on mereka ompal

      Hapus
    2. Maling teriak maling mat rempit dasar sial... Sesuai nama malingsial

      Hapus
    3. biasalah yg lg kehilangan arah biasanya begitchu haha!🤑🤑🤑
      santai sajalah om2.

      Hapus
  17. Malaysia baru bisa cuci kapal selam aja bangganya setengah mati, pdhl cuma bersihin lumut yg nempel di ks, :D

    BalasHapus
  18. #Weeleeeehhh... weeleeeeeehhh... indonesia segera menyusul.. 😃😃

    https://www.jejaktapak.com/2018/04/26/kri-ardadedali-404-diserahkan-korea-selatan-klaim-samai-rusia-dalam-ekspor-kapal-selam/

    BalasHapus
  19. Wuiihh 405 jga akhir desember sea trial kayanaya https://www.google.co.id/url?url=https://nasional.kompas.com/read/2018/01/22/13292381/kapal-selam-tni-al-buatan-pt-pal-ditargetkan-selesai-akhir 2018

    BalasHapus
  20. kita jaga perasaan sahabat dari jiran sebelah supaya tidak kaget.. takotnya hospital penuh 😂😂😂😂

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Diam, kalian semua!!
    Misi, Om. Orang ronda mau lewat ~~~~~

    https://www.instagram.com/p/Bh-1Z4ihzTq/

    BalasHapus
  23. realisasikan dong.. anggaran ditambah. segera pesan tidak mutar muter ditunda. jangan omong doang (omdo)

    BalasHapus