25 April 2018

Indonesia Akui Pembuatan Jet Tempur KFX/IFX Tertunda

25 April 2018

Pesawat tempur IFX (photo : AIN)

Pemerintah Indonesia mengakui adanya penundaan kerja sama pembuatan pesawat jet tempur generasi 4.5 KFX/IFX dengan Korea Selatan.

Sekjen Kementerian Pertahanan Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan penundaan tersebut dilakukan lantaran ada permasalahan yang harus diselesaikan dengan pihak Korsel.

"Kelihatannya masih ada penundaan, mungkin sebentar lagi, tapi mudah-mudahan jalan," ujar Hadiyan di Jakarta, Rabu, tanpa menjelaskan penyebab terhambatnya pembuatan bersama pesawat jet tempur itu.

Meski, Hadiyan membantah adanya permasalahan anggaran ataupun tekanan dari negara lain. Dia pun memastikan pembuatan jet tempur itu dipastikan akan tetap berjalan.

"[Hanya] ada kelambatan proses," tambah dia.

Pesawat Tempur KF-X dan IF-X merupakan pesawat tempur generasi 4.5 mengungguli pesawat tempur jenis F-16 dan F-18 buatan Amerika Serikat.

Dalam pembuatannya, Pemerintah Indonesia melibatkan PT Dirgantara Indonesia.

Pembiayaan proyek ini menggunakan skema 80 persen dari Pemerintah Korea Selatan dan 20 persen dari Pemerintah Indonesia.

Direncanakan, proyek pengembangan tersebut berjalan hingga 2026 mendatang. Anggaran yang dikeluarkan Indonesia sampai 2016 lalu untuk proyek tersebut menelan Rp21,6 triliun.

(Anadolu)

132 komentar:

  1. tuh catet..!!! " Pembuatan jet tempur tetap berjalan".. 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asekkkk....ada yg panas ne jerrrrr

      Hapus
    2. hadeuu bakalan nyenyak ngimpi guwe nich om bagaz, super j, pegasusi, emertete, erieye, drdo haha!👻👻👻

      Salam Shoping soping 3 matra tempur terussss yach om2 & tanta2, gutnait haha!👍👍👍

      Hapus
    3. Haaduuhh,,, aduh aduh duuhh moso udh keluar duit 21 triliun suruh berenti..wkwkwkk kasian budak malon dengki termenung d bilik judi kih kih kih

      Hapus
  2. BUNG MAHA LIHAT NDIRI KAN SAMPAI TAHUN 2026 BUKAN 2040 :v MAHA MAHA HAHAHA :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8tahun lagi tinggal biasanya dah adakan ujian taxi Pada pesawat kfx itu

      Saya tak nampak ujian taxi buat kfc itu..

      Biasanya sudah tinggal 8tahun sudah adakan ujian taxi

      Yg aku tengok lah hanya ujian naik taxi di labanon itu ada di lakukan youtube itu 😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. ohh serius ? https://en.wikipedia.org/wiki/TAI_TFX

      T-FX JUGA SAMA UDAH 8 TAHUN TAPI BELOM TAXI

      On 15 December 2010, Turkey's Defence Industry Executive Committee (SSIK) decided to design, develop, and manufacture an indigenous next generation air-to-air combat fighter which would replace Turkey's F-16 fleet and work together with the F-35.[19] Funding equivalent to US$20 million was allocated for a 2-year conceptual design phase that will be performed by TAI.[20] TAI officials have stated that the conceptual design phase should be complete in late 2013, with a report being prepared and served to the Prime Minister for approval of the development phase budget and framework.


      Yg aku tengok lah hanya ujian naik taxi di labanon itu ada di lakukan youtube itu . MERKAVA VS PERAJURIT UN ? DI BOMB FOSFOR JUGA . BTW TUGAS UN ITU BUAT JAGA PERDAMAI AN BUKAN PERANG :V

      KALAU BELUM TAHU OKE SAYA KASIH TAHU :V

      GOBLOK DI PELIHARA HEMM TALAH


      Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB, bahasa Inggris: United Nations, disingkat UN) adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota; saat ini terdapat 193 anggota. Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat.[2] Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen (Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB)[3]

      Hapus
    3. TFX BELOM TAXI TES :v SO MAHA = SOK TAHU :V

      Hapus
    4. TERUS PTM MALAY KATANYA 2030 JADI PROTYPE . LAH KATANYA HARUS 8 TAHUN TES TAXI . KOK ITU SEKARANG 2018 . DAN PROTYPE TAHUN 2030 . 12 TAHUN ? KAN KATANYA HARUS 8 TAHUN AHH GIMANA SIH MAHA . itu pun kalau ptm nya jadi :v

      Hapus
    5. Malon selalu banyak claim! mobil pribadi saja di bilang Taxi belum lagi kendaraan tempur Turkey dan Thailand yang di klaim produk tempatan😄😄😄😄
      Makanya jangan kebanyakan pura pura tidur lon waktu nelayan China datang 😄😄😄😄

      Hapus
    6. Otaknya miring mas...
      Ucapan sm kenyataan g cucok

      Biasalah otak isi taik sesuai nama

      😉😉😉😉

      Hapus
    7. Kayak gt kok mau ngajak debat...ntr kalah debat serawak lewat lo. ..😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    8. belum test taxi?????


      kelmarin yg di lebanon..bukan test taxi yah..apa itu??? lari2 kejar tax ?? kihkihkihkih

      Hapus
    9. Itu hanya design ok, biasanya design peper termasuk test terowong angin hanya makan masa 2 hingga 3tahun aje

      Hapus
    10. Ini video bagaimana negara maling ketakutan dengan TNI sampai bongkar sendiri mercusuar yang di bangun nya sendiri😄😄😄

      https://m.youtube.com/watch?v=OIuOwdhbPoI

      Tentara malingsial gemar pingsan
      😄😄😄

      https://m.youtube.com/watch?t=7s&v=ragqsi4yg1Q

      Rekor 100 nelayan China ceroboh malon tapi Malon hanya pora-pora Tido😄😄😄😄😄😄😄
      http://m.dw.com/id/sekitar-100-kapal-cina-terdeteksi-di-perairan-malaysia/a-19142920

      Hapus
    11. laaahh... malon buat onderdil pesawat dan body pesawat pun tak mampu, dengan bodohnya bilang mau buat pesawat generasi 10..?? kahkahkahkahkah.. lawaknyeeeerr nih.. beruk2 malons kebanyakan melancap.. 😅😅😅😅😅

      Hapus
    12. Itu hanya design ok, biasanya design peper termasuk test terowong angin hanya makan masa 2 hingga 3tahun aje

      lah gimana ni orang yak tadi bahas apa sekarang bahas apa . tapi boleh lah di jawab :v

      Oktober 2014 – Program KFX telah secara resmi mendapat persetujuan bersyarat dari menteri pertahanan untuk pembangunan. Desain KFX-200 bermesin ganda pun telah dipilih mengalahkan proposal KFX-100 bermesin tunggal.

      Januari 2016 – Pengembangan untuk jet tempur KFX berskala penuh telah diumumkan. Indonesia tetap menjadi mitra aktif dan batch pertama dari 40 pesawat pun diharapkan pada selesai 2026. Sebanyak 120 jet tempur KFX mungkin tersedia pada awal 2030-an.



      Mei 2016 – Mesin turbofan buatan General Electric F414-400 telah dipilih menjelang penawaran EuroJet EJ200 untuk program jet tempur KFX. Penerbangan pertama telah dijadwalkan pada tahun 2020. Mesin ini akan dibangun secara lokal (dengan lisensi) di bawah label merek Hanwha Techwin. Pemilihan mesin tersebut dapat mempengaruhi nilai ekspor sistem KFX.

      Oktober 2017 – Desain KFX yang direvisi mencerminkan pesawat yang berukuran lebih besar dan lebih berat. Para insinyur juga mengkonfirmasi varian berkursi ganda sedang dikerjakan. Dukungan persenjataannya termasuk dari seri rudal MBDA Meteor Eropa. Sepertinya, program KFX akan melangsungkan penerbangan perdana di tahun 2022 dengan perkembangan akan terus berlanjut hingga pertengahan 2020-an. Pengiriman ditetapkan akan berlangsung pada tahun 2026.

      ah malay 4 tahun tuh disainnya .

      Hapus
    13. NIHH BUAT ANAK HARAM KETURUNAN BANGLA BIAR LO JELAS W KASIH TULISAN BANGLA BIAR LO BISA BACA KALO TNI DI LIBANON GAX LARI TAPI DAPET PENGHARGAAN

      जकार्ता - लेबनान में इंडोनेशिया से दो यूनिफिल सैनिकों ने कहा कि जब याद कथित तौर पर लेबनान के मीडिया ने भागने की कोशिश कर, इसराइल और लेबनान के बीच आग को रोकने? खैर, सैन्य से बचने के लिए के दो सदस्यों को निकालें, लेकिन शांति स्थापना के प्रावधानों के अनुसार में पीछे हटने के लिए आदेश दिया। वे यूनिफिल के पूर्वी क्षेत्र के कमांडर से प्रशंसा पत्र से सम्मानित किया गया है, उनकी योग्यता के आधार पर।

      यूनिफिल आकस्मिक कमांडर एक प्रति, लेफ्टिनेंट कर्नल Andi प्रधानमंत्री कहार शैली के साथ स्पेन, पूर्वी क्षेत्र (अंश) से प्रशंसा इन्डोनेशियाई आकस्मिक कमांडर कर्नल Restu Widiyantoro पत्र के लिए ब्रिगेडियर जनरल जुआन गोमेज़ डे सलाज़ार Minguez कमांडर टास्क फोर्स कमांडर यूनिफिल को सौंप दिया।

      अनुसार \\\ "जनरल गोमेज़, शो वास्तव में संभवतः आगे की क्षति, सेना, विकास स्थान पर था रोकने के लिए उचित उपचार होता है। हालांकि, \\\" कहा सैन्य संवाददाता मेजर Aslizar Kapuspen Daticom Tanjung मंगलवार को सम्मेलन में बताया (08/10/2010)।

      Aslizar बताया गया है, वहाँ दो चीजें हैं जो किया जाना चाहिए रहे हैं एलएएफ (लेबनान के सशस्त्र बलों) और आईडीएफ (इज़राइल रक्षा बलों) peacekeeper घटनाएं के कच्चे चेहरा। पहला सेना को नुकसान पहुंचाए बिना स्थिति की निगरानी करना है।

      \\\ "और दूसरी, अगर वहाँ एक संघर्ष है कि यूनिफिल सैनिकों सामरिक retreats या घटनाओं में शामिल इकाइयों के खिलाफ अंतिम मैच बाहर ले जाने के है, \\\" उन्होंने कहा।

      पुरस्कार के पत्र के अंत में, इंडोनेशियाई सेना unofil उपलब्धि रिकॉर्ड Konga तेरहवें डी / Uniphil शामिल होने के लिए। ब्रिगेडियर जनरल गोमेज़ के अनुसार, इस कार्रवाई भी एलएएफ और आईडीएफ के बीच बहुत ही संवेदनशील घटना को संभालने के लिए अन्य बलों की अनुकरणी

      Hapus
    14. butuh terjemah ? :V

      Jakarta - Dua tentara UNIFIL dari Indonesia di Lebanon mengatakan bahwa ingat ketika mencoba untuk melarikan diri diduga media Lebanon, mencegah kebakaran antara Israel dan Libanon? Nah, untuk menghapus militer, keluarkan dua anggota, tetapi menurut ketentuan pembentukan perdamaian memerintahkan untuk mundur. Mereka telah dianugerahi kutipan dari Komandan Area Timur UNIFIL, atas dasar pahala mereka.

      UNIFIL komandan kontingen menyerahkan salinan, Letnan Kolonel Andi Perdana Kahar pujian dari Spanyol, Wilayah Timur (kutipan) dengan komandan gaya kontingen Indonesia Kolonel Restu Widiyantoro Brigadir Jenderal Juan Gomez de Salazar Minguez Komandan surat Task Force Commander UNIFIL.

      Menurut \\\ "General Gomez, acara ini sebenarnya mungkin lebih perawatan yang tepat untuk kerusakan, tentara, mencegah perkembangan di tempat. Namun, \\\" kata koresponden militer Mayor Aslizar Kapuspen Daticom Tanjung Selasa mengatakan pada konferensi ( 08/10/2010).

      Aslizar menjelaskan, ada dua hal yang harus dilakukan LAF (Angkatan Bersenjata Lebanon) dan IDF (Israel wajah baku dari Angkatan Pertahanan) peristiwa penjaga perdamaian. Yang pertama adalah memantau situasi tanpa merusak tentara.

      \\\ "dan kedua, jika ada konflik bahwa pasukan UNIFIL melaksanakan pertandingan final melawan retret taktis atau badan yang terlibat dalam acara, \\\" katanya.

      Di akhir surat penghargaan, tentara Indonesia prestasi unofil mencatat meliputi Konga XIII D / Uniphil. Menurut Brigjen Gomez, tindakan ini juga Anukrni kekuatan lain untuk menangani fenomena yang sangat sensitif antara LAF dan IDF

      Hapus
    15. SAKITNYA TUH DISINI... :) SALAM PROJEK KFX GAGAL SEBAB TIADA RUPIAHHH :)

      Hapus
    16. @dein gagal???? Tak baca kah korang ni, atau korang nih tak pandai baca???, otak malon ternyata setaraf budak tadika je lah,, malon isinya kumpulan org2 bodoh yang gemar menghayal kahkahakha

      Iri kah???
      Iri tanda tak mampu kahkahkahkah

      Hapus
    17. Terbaik lah dimas...
      Dia memang turunan bangla item

      Hapus
    18. Deinki si Beruk tolol baca noh d atas goblok d piara

      Hapus
  3. sekejap saya tak jelas TERTUNDA atau KELAMBATAN...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. “Bukan penundaan, tapi ada kelambatan proses lah gitu bukan penundaan, tapi kelambatan. Ada masalah yang harus kita selesaikan dengan pihak Korea,” kata Hadiyan saat ditemui di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Rabu (25/ 04/ 2018).

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Yg bikin lambat ya teknologi intinya itu, tau sendiri kan , itu apa saja & kenapa kok dapetnya lambat?
      Itu bagian dari resiko, dan yg kejadian dapat resiko buruk, alias ada teknologi inti ga dikasih ama US...
      Lha Korsel dah order F35 banyak aja tetep ga dikasih, apalagi kita, ya berat laah...


      :p

      Hapus
    4. bukan mcm tu PS di berita ni sebut TUNDA tapi berita satu lagi kata KELAMBATAN...

      ni berita dari blog tu
      “Bukan penundaan, tapi ada kelambatan proses lah gitu bukan penundaan, tapi kelambatan. Ada masalah yang harus kita selesaikan dengan pihak Korea,” kata Hadiyan saat ditemui di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Rabu (25/ 04/ 2018)...

      atau saya yang salah faham...??? itu saja.. tu pasal saya tanya

      Hapus
    5. Mas gempur...

      Yg di maksud kelambatan karena tidak ada teknologi untuk aesa, elop, jamer, dri usa sebagai rujukan yg bisa d share d projek kfx ifx...kareana isunya sensitip mengrnai keamanan negara usa. Kroya sm indo kan bingung ne...maju pke altetnatif cepat pke teknoligi eropa atau nunggu riset kroya sendiri.

      Laaa ini yg lagi d diskusikan mereka....

      Imho

      😊

      Hapus
    6. SAKITNYA TUH DISINI... :) SALAM PROJEK KFX GAGAL SEBAB TIADA RUPIAHHH :)

      Hapus
    7. Dein@ sakitnya Malon tertinggal jauh dan cuma boleh tukang2 tipu wkwkwk

      Hapus
    8. @dein gagal???? Tak baca kah korang ni, atau korang nih tak pandai baca???, otak malon ternyata setaraf budak tadika je lah,, malon isinya kumpulan org2 bodoh yang gemar menghayal kahkahakha

      Iri kah???
      Iri tanda tak mampu kahkahkahkah

      Hapus
    9. Jommm berak kat lif dein...😛

      Hapus
    10. Kasihan Project KFX jalan terus Dien malon marah marah sambil berak merata rata dalam lift kih kih kih

      Hapus
  4. Drama itu lebih seru kalo critanya gak jelas, ntar kan diakhir cerita bakalan jelas.



    (walaupun ada juga yg akhir dramanya ngeselin, alias tetep gak jelas)

    Qiqiqiqi.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq rak popo mas...seng penting sukri tigalimanya d tambah

      Hapus
    2. Betul om palu bukti nya program ks,dan harimau item kita jelas tinggal kita tnggu ajh ending nya

      Hapus
  5. Bro gempur...melihat pernyataan dr sekjen kemenhan...mngkin ad bbrapa hal teknis yg belum disepakati dg pihak korsel, namun keinginan utk tetap melanjutkan kerjasama ini tetap kuat, kita lihat saja perkembangannya kedepan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita tunggu dan lihat saja perkembangannya nnt... jika diteruskan OK la tu

      Hapus
    2. Kalo tidak si teruskan ok juga la tu.. anggaran dialihkan bisa dpat manyak fighter baru la tu

      Hapus
    3. Pernah dengar cerita, pihak kita tdk puas dengan transfer teknologinya...

      Hapus
  6. Buat sinetron ifx ajalah, gak tau sutradaranya siapa mungkin bung mimin ajalah

    BalasHapus
  7. Sehingga sekarang saya minta kfx diadakan ujian taxi itu Hanya tinggal 8tahun aje lagi

    Aku yg nampak ujian taxi dijalankan oleh indonbatt di lubanon itu

    Lihat video dibawah ini macam mana ujian taxi diadakan ok Oleh amerika
    https://youtu.be/-FU4HiL9BQc

    Lihat macam mana ujian taxi diadakan oleh iran
    https://youtu.be/cfQGAbz48LA

    BalasHapus
    Balasan
    1. T-FX JUGA SAMA UDAH 8 TAHUN TAPI BELOM TAXI

      On 15 December 2010, Turkey's Defence Industry Executive Committee (SSIK) decided to design, develop, and manufacture an indigenous next generation air-to-air combat fighter which would replace Turkey's F-16 fleet and work together with the F-35.[19] Funding equivalent to US$20 million was allocated for a 2-year conceptual design phase that will be performed by TAI.[20] TAI officials have stated that the conceptual design phase should be complete in late 2013, with a report being prepared and served to the Prime Minister for approval of the development phase budget and framework.
      dan tfx belom uji taxi

      Hapus
    2. uji taxi n219 aja yak :v

      https://www.youtube.com/watch?v=OrGzUPeF7V8

      IFX NTAR AJA :V

      Hapus
    3. Ini video bagaimana negara maling ketakutan dengan TNI sampai bongkar sendiri mercusuar yang di bangun nya sendiri😄😄😄

      https://m.youtube.com/watch?v=OIuOwdhbPoI

      Tentara malingsial gemar pingsan
      😄😄😄

      https://m.youtube.com/watch?t=7s&v=ragqsi4yg1Q

      Rekor 100 nelayan China ceroboh malon tapi Malon hanya pora-pora Tido😄😄😄😄😄😄😄
      http://m.dw.com/id/sekitar-100-kapal-cina-terdeteksi-di-perairan-malaysia/a-19142920

      Hapus
    4. Saya minta ujian taxi kfx kenapa masih tak lakukan lagi ok kalau 2025 bakal keluarkan pesawat Pada 2025 itu ok

      Hapus
    5. Mahataik ne sodrun bgt yak....
      Stupid bgt.

      Sory om gempur tp sodaramu ini mau d karungin apa gimana enaknya...

      (Serius nanya ni)
      😧😧😧

      Hapus
    6. Kenapa kilang taxi Malon di jual ke China 😄😄😄 apakah taxi Malon tak laku dan mau bangkraps 😄😄😄😄

      Hapus
    7. Itu hanya design ok, biasanya design peper termasuk test terowong angin hanya makan masa 2 hingga 3tahun aje

      Kenapa ujian taxi masih tak jalankan Pada pesawat kfx itu ok

      Hapus
    8. Itu hanya design ok, biasanya design peper termasuk test terowong angin hanya makan masa 2 hingga 3tahun aje

      Kenapa ujian taxi masih tak jalankan Pada pesawat kfx itu ok

      lah tahun 2021 prototype itu dah termasuk taxi . tahun 2026 produksi masal kan biasa aja 5 tahun buat nyiapin produksi masal . dan tfx yang programnnya lahir nya bareng sama kfx belum tuh taxi tes . kalau sekarang taxi tes 2018 mungkin produksi 2022 oke :v . btw ptm tahun 2030 itu pun kalau nyata :v harga di bawah typhoon :v

      Hapus
    9. Awas KFx di claim malon.. bahkan KFX di claim mahatai sebagai taxi buatan tempatan Malon kih kih kih

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. mahahahahaha .
      program di mulai tahun segitu

      Pada 1979 BAE Inggris dan MBB Jerman membuat proposal European Combat Fighter. Pada Oktober 1979 Dassault Perancis bergabung dan studi tiga negara ini dinamakan European Combat Aircraft (ECA) , pada saat ini nama Eurofighter pertama kali digunakan .

      typhoon aja first flight 1994 .

      Akhirnya Peter Weger kepala tes pilot Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) dapat menerbangkan prototipe pesawat ini (kemudian dikenal sebagai Eurofighter EF 2000) pada 27 Maret 1994 di Bavaria setelah pada tahun 90-an kita melihat pertentangan-pertentangan hebat dalam pembangunan pesawat ini. Pertentangan itu meliputi banyak hal, contohnya adalah masalah pembagian pekerjaan, spesifikasi pesawat dan bahkan partisipasi tiap negara dalam proyek ini.

      PRODUKSI PERTAMA 4 TAHUN KEMUDIAN

      Kontrak produksi pertama di tandatangani pada tanggal 30 januari 1998 antara Eurofighter GmbH, Eurojet dan NETMA, jumlah total pengadaan adalah sebagai berikut : Inggris 232 unit, jerman 180 unit, Italia 121 unit dan Spanyol 87 unit.

      IFX/KFX START 2010 . first flight 2022 PRODUKSI 2026 ? APA YANG SALAH ?

      Hapus
    12. itu contoh typhoon . mirip mirip lah ama indo di kerjaiin lebih dari 1 negara :V

      Hapus
    13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    14. Jangan bohonglah dan menipu rakyat kamu itu ok
      29tahun baru berjaya Penghantaran pertama Eurofighter pada tahun 2008 ok Projek mulakan pada tahun 1979-2008=29tahun

      Kfx mula projek 2001-2025=24tahun Jadi tahun itu bisa siapkan pesawat kamu itu ok Hanya makan masa 24 tahun itu ok

      Sedangkan saab bina pesawat gripen makan masa 33tahun..

      Nampak sangat kamu kuat bohongnya ok

      Hapus
    15. Cuba kamu Berfikir perusaraan kai boleh ke bina pesawat hanya makan masa 24 tahun nampak sangat kuat bohongnya ok

      Apa Saya tulis ini kedua2 Pesawat Eurofighter dan saab pesawat itu sering tanguh projek ia tak baik pada pertahanan negara

      Hapus
    16. om ommm...uda bisa buka SIPRI bukan SUPRI blom, kalo blom, tidur guwe nyenyak bingit malem ini haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    17. Mahataik bodoh bin goblok Indonesia aja baru masuk program kfx tahun 2010 karang cerita terus ko beruk 😄😄😄😄😄

      Hapus
    18. Jangan bohonglah dan menipu rakyat kamu itu ok
      29tahun baru berjaya Penghantaran pertama Eurofighter pada tahun 2008 ok Projek mulakan pada tahun 1979-2008=29tahun

      Kfx mula projek 2001-2025=24tahun Jadi tahun itu bisa siapkan pesawat kamu itu ok Hanya makan masa 24 tahun itu ok

      Sedangkan saab bina pesawat gripen makan masa 33tahun..

      Nampak sangat kamu kuat bohongnya ok

      ah

      LAH TYPHOON OTAK NYA BANYAK NEGARA SAMAK KAYAK KFX OKE . TIPU TIPU GIMANA NI ORANG YAK . WAJAR KAN KALAUBUAT PESAWAT SELAMA ITU APA YANG MASALAH ? 2001 ?

      Code-named the KFX and also known as the Boramae program, the project has been under discussion for some 14 years. Indonesia will provide 20 percent of the development costs, with a domestic company covering 20 percent, and the government supporting the rest. South Korea contracted Korea Aerospace Industries (KAI) on Dec. 28, 2015 to develop the KF-X fighter from 2016–26, with deliveries due to begin 2026.[15]

      lah kemarin bilang apa ? 8 tahun HARUS TAXI TES SEKARANG BILANG APA ? AH KALAU NGOMONG ITU YANG AKURAT JANGAN CUMA NGOMONG BOHONGIN RAKYAT . LIHAT TFX BERAPA TAHUN ? LIHAT PTM MALAYSIA KATANYA TAHUN 2030 UDAH TERBANG . 12 TAHUN ? SEDANGKAN IFX BERAPA TAHUN ? . SOK BENER BANGET IDUP LU

      Hapus
    19. TFX START 2010

      In December 2015, Turkey’s Undersecretariat of Defence Industries (SSM) announced that it had chosen BAE Systems of the United Kingdom to assist with the design of the nation’s next-generation Air superiority fighter. The same day Rolls-Royce offered Turkey EJ200 technology transfer and joint-development of a derivative for the TFX program.[22]

      The Turkish Air Force intends to procure at least 250 TFX starting from 2025 and integrate them in a network-centric Air Force structure consisting of F-35, F-16 Block 50+, Future Unmanned Combat Aircraft, Airborne Stand-Off Jammers and the Boeing 737 AEW&C Peace Eagle.[citation needed] Turkey plans to introduce the TFX by 2025, having it and the F-35A comprising a dual fighter jet fleet. The TFX is to compensate for some of the F-35's weaknesses in air-to-air combat. Permission to officially start the first phase of development is expected by the end of 2014.[23]

      BERAPA TAHUN ITU . PRODUKSI 2025 .

      Hapus
    20. kalau ngomong di akuratin dulu . kemarin bilang setelah 8 tahun harus taxi tes . sekarang bilang buat pesawat cuma 24 tahun salah . :v kalau komen jangan sok tahu ok :V

      Hapus
    21. btw . gini kek habis komen kaga kabur :v Teruskan :v

      Hapus
    22. Kamu faham tak projek kfx mula tahun berapa? kamu sendiri tak tahu
      Projek kfx mula tahun 2001, sekarang masuk tahun 2018 sudah 17tahun prototaip tak nampak, kalau 17tahun sekurang-sukarang test taxi dah mulakan. Macam hanya tinggil tahun 7 je Nak masuk 2025, kamu belum mula test taxi selama 17tahun, sekuranya2 korean dah mulakan test taxi mulakan pandu secara pelahan seperti ujina taxi dijalankan oleh iran itu
      Kamu lihat ujian ini Tak pemasangan peralatan eletoknik lagi

      https://youtu.be/cfQGAbz48LA


      Turkey tak suka perangai korean selatan sering tanguhkan projek, turkey dah lama kerjasama mereka dua projek tak mendatangkan hasilnya Contoh projek k2 tank dan kfx itu Ia tak mendatangkan hasilnya sering tanguhkan projek, kerana itu saya tak berapa suka cara pengurusan projek dilakukan korean itu,

      Kalau dah 8 tahun itu Sudah ujian taxi dah dijalankan mana dia ok tak ada ok, itu belum masuk ujian pasangan eletonik, ujian kelajuan didarat dan lain2 lagi sekurang 17 tahun semua ujian dah selesai hanya berapa ujian belum dijalankan, Kamu yakin 2025 projek dah selesai hanya tinggil 7tahun lagi ini

      Korean ini beperangai sana sini mahu kerjasama tapi kejab mahu kerjasama amerika lepas itu besok mahu kerja sama dengan saab, kemarin mahu kerjasama dengan itali lah besok lagi cakap nak kerjasama dengan british bila mahu habis

      Hapus
    23. Kalo dia smpai kalah depat serawat kita ambil bro...tenang aja.
      Jommm berak kat lift

      Hapus
    24. Kamu faham tak projek kfx mula tahun berapa? kamu sendiri tak tahu
      Projek kfx mula tahun 2001, sekarang masuk tahun 2018 sudah 17tahun prototaip tak nampak, kalau 17tahun sekurang-sukarang test taxi dah mulakan. Macam hanya tinggil tahun 7 je Nak masuk 2025, kamu belum mula test taxi selama 17tahun, sekuranya2 korean dah mulakan test taxi mulakan pandu secara pelahan seperti ujina taxi dijalankan oleh iran itu
      Kamu lihat ujian ini Tak pemasangan peralatan eletoknik lagi

      BLA BLA BLA . LET SEE TYPHOON DI CETUSIN TAHUN 1974 FIRST FLIGHT TAHUN 1994 . SO WHY ? . UDAH BIASA KALI . berapa tahun tuh ? baru bisa first flight ? . lah ifx tahun 2010 ke 2022 first flight tahun 2026 produksi apa yang salah ? . bandingkan dengan PTM MALAYSIA GIMANA 12 TAHUN ? BARU PROTOTYPE ITU PUN TERMASUK TAXI TES .

      BRO READ THIS SHIT

      On 15 December 2010, Turkey's Defence Industry Executive Committee (SSIK) decided to design, develop, and manufacture an indigenous next generation air-to-air combat fighter which would replace Turkey's F-16 fleet and work together with the F-35.[19] Funding equivalent to US$20 million was allocated for a 2-year conceptual design phase that will be performed by TAI.[20] TAI officials have stated that the conceptual design phase should be complete in late 2013, with a report being prepared and served to the Prime Minister for approval of the development phase budget and framework.

      TAI and TUSAŞ Engine Industries (TEI) will lead the design, entry and development processes of the fighter jet. TEI will focus more on the production of the aircraft's engines, while TAI will develop the airframe and other components. The studies will reveal how much the fighter jet would cost, which mechanical and electronic systems would be employed and included, and a wider perspective of the opportunities and challenges in military aviation.[21]

      BEDANYA T-FX DI BANTU BRITISH IFX LOCKHEED . ITU DOANG TURKI KAGA MURNI 100% KAN

      BTYW TYPHOON SETELAH 17 TAHUN UDAH TAMPAT PROTOTYPE ? BITCH :V

      Hapus
    25. BRO IYA SAYA TAHU TAHUN 2001 KAN BUT INDONESIA JOIN TAHUN 2010 .

      The project was first announced in March 2001 by South Korean President Kim Dae-Jung at a graduation ceremony at the Korea Air Force Academy. South Korea and Indonesia agreed to cooperate in the production of KF-X/IF-X warplanes in Seoul on July 15, 2010, agreeing to produce roughly 150 to 200 aircraft, of which Indonesia would procure 50.[5]

      JUST announced OKE BELOM KERJA . KERJANYA SETELAH DAPET PARTNER .

      Hapus
    26. Mana prototaip? tak ada 17tahun ada prototaip dan ada ujian taxi, kfc 17 tahun tak ada ujian taxi kasihan ok..

      Hapus
    27. Mahairi@ Mahairi nih iri hati melihat project KFX/IFX nih wkwkwk

      Hapus
    28. Kasihan Malon tak mampu bina dan beli pesawat 😄😄😄😄😄

      Hapus
    29. Dhimz, thanks udah sabar banget melayani pasien RS porong. Pahalanya besar bro....😇
      Btw apapun yg kau jawab, the next PM akan putar-putar terus. Target 24 thn, pesawat jadi, salah karena saab 33 thn. Sampai sekarang blm taxi rest, salah. Tapi, ya sudahlah. Dia diciptakan untuk diketahui songongnya...
      Untung hari ini nggak ngeyel kalau sipri cuman bhs swedia....😆

      Hapus
    30. Mana prototaip? tak ada 17tahun ada prototaip dan ada ujian taxi, kfc 17 tahun tak ada ujian taxi kasihan ok.


      ah kaga akurat ni kemarin bilang kfx/ifx tahun 2026 kaga percaya bakal produksi masal sekarang bilang sebelum 17 tahun harus ada protoype .

      CONTOH TYPHOON BERAPA TAHUN ITU ? START 1979 FIRST FLIGHT 1994 BERAPA TAHUN ITU
      LAMA MANA ? KEMARIN BILANG BUAT PESAWAT ITU LAMA SEKARANG HARUS . KEEP SMART OKE

      UMUR KFX/IFX BERAPA TAHUN MAHA . TAHUN 2001 HANYA ANNOUNCED KERJA NYA 2010 KARENA DAPET PARTNER . DAN SEKARANG PRODUKSI MASAL 2026 . KEMARIN ANDA BILANG APA IFX SIAP TAHUN 2040 HAHAHA BRO KATANYA HARUS PROTOTYPE JADI TAHUN 17 KOK MALAH PRODUKSI NYA HARUS 2040 . HAHA NGAKAK NGAKAK .


      Dhimz, thanks udah sabar banget melayani pasien RS porong. Pahalanya besar bro....😇
      Btw apapun yg kau jawab, the next PM akan putar-putar terus. Target 24 thn, pesawat jadi, salah karena saab 33 thn. Sampai sekarang blm taxi rest, salah. Tapi, ya sudahlah. Dia diciptakan untuk diketahui songongnya...
      Untung hari ini nggak ngeyel kalau sipri cuman bhs swedia....😆

      DIA MEMBANTA KALAU IFX JADI TAHUN 2026 DAN BILANG JADI TAHUN 2040 :V PADAHAL UDAH DI SIAPIN ENGINER YANG HEBAT HEBAT . DAN SEKARANG BILANG HARUS 17 TAHUN JADI PROTOTYPE KAN KAGA JELAS .


      Hapus
    31. Mana prototaip? tak ada 17tahun ada prototaip dan ada ujian taxi, kfc 17 tahun tak ada ujian taxi kasihan ok..

      KASIHAN ? HAHAHA MAHA MAHA YANG KASIAN ITU ANDA . ANDA IRI DENGAN INDONESIA . BTW MAU LIHAT AVIONIK IFX NGAK . BUATAN INDONESIA NIHH :V

      http://www.janes.com/article/45396/if-x-cockpit-configuration-on-show-id14d2

      CANGIH YAK :V

      BTW MALAYSIA PERNAH NGELAKUIN first flight ? kaga pernah kan :v indonesia dah 3x :v

      N250
      https://www.youtube.com/watch?v=-FwdV28egbg
      N219
      https://www.youtube.com/watch?v=APdBkj0PR8I

      CN-235 (KAGA NEMU VIDIO NYA ) :v

      The project was a joint venture between Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) and Indonesian Aerospace (PT. Dirgantara Indonesia), formerly known as IPTN, which formed Airtech International to manage the programme. The partnership applied only to the Series 10 and Series 100/110, with later versions being developed independently. Over 230 of all versions of CN-235 are in service and have accumulated more than 500,000 flight hours.

      Design began in January 1980 with first flight on 11 November 1983. Spanish and Indonesian certification was on 20 June 1986; the first flight of the production aircraft was on 19 August 1986 and CASA's FAA type approval was granted on 3 December 1986. The aircraft entered service on 1 March 1988

      BTW SARAN YAK KALAU KOMEN YANG AKURAT . KALAU KALAH DEBAT JANGAN DI BALIK LAGI :v

      Hapus
  8. mungkin ada perbincangan antara 2 negara korea & yindon..berapa persen nak songlap ni..yelah..bincang la dulu..nanti klu dah setel,baru order sticker...kihkihkihkih

    jom beral kat sungai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahaha.. anak haram malon turunan bangla nongol.. oooyy beruukk.. kau kira PM goblok Najib yg tega membunuh altantuya dan songlap duit berbillion ringgit saat membeli kapal selam dari perancis. Polis pondan malon pun tak ade telor nak siasat Najib.. laawaaaknyeerrr negeri pondan malonsia. 😅😅😅😅😅😅. Btw, tuh PTM-6 adalah hasil angan2 beruk2 malon yg terallu banyak hisap dadah.. buat onderdil pesawat atau body pesawat pon tak mampu mampu mau bina pesawat generasi 10..??? kahkahkahkah.. hanya beruk2 maloners yg kebanyakan melancap yg mempercayai.. 😅😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. Terbaik lah bagaz...💪💪💪💪

      Hapus
    3. Soalan songlap Malon haibat sangat laa ni apa lagi jenama Rosmah pesawat pejuang dan peluru boleh di songlap nya jadi handbag dan ring.. tapi lagi haibat lagi kenderaan tempur Turki dan thailand yang di data SIPRI Impor di songlap Malon guna stiker jadi buatan tempatan..
      Malon ni juga haibat soalan inovasi toilet dalam lift kerena banyak warga malon ni gemar berak dalam lift
      Kih kih kih

      Hapus
    4. aduhhh bisinggg arr yindon ni...ye la nanti aku suruh PT apanamanya kasi sikit duit songlap ifx tuh..sabar sikit yer..skrg line tak clear...pemerintah lama baru jer jatuh hukuman..yg baru ni PT apanamanya tengah kawtim...kihkihkih


      jom berak kat sungai

      Hapus
    5. Anak ahli noraka Tapi soalan songlap ni Malon paling mengerikan lah.. ko tengok jet pejuang boleh hilang enjin di songlap malon.. part radar pon lenyap di songlap.. haibat sangat lah Malon ni
      Tapi inovasi malon toilet lift Malon boleh lah syabas lon kih kih kih

      Hapus
    6. kahakahkah.. anak haram malon turunan bangla mulai stres.. tahniiiaaahhh... jom melancap dalam bilik termenung..😅😅😅😅😅

      oh iyaa.. jho low bagaimana kabarnya ya..??? apakah polis pondan malon dah boleh tangkap tuh si babi kawan Najib bangang.?? xixi..

      Hapus
    7. Sebelum curi ransum jom berak di lift

      Hapus
    8. Jangan memain.. Jepun pon segan akan kehaibatan Malon berak merata rata dalam bilik wakikikikikik

      Hapus
    9. Cukai judi pon di songlap Malon jadi halal!! haibat sangat lah kih kih kih

      Hapus
    10. Macai2 ini mengadu sama budak indon kasiah ok

      Hapus
    11. Kasihan mahatai gemar berak dalam lift dan depan kedai wakikikikik

      Hapus
    12. sebenarnya alasan penundaan ialah indonesia tak enak hati sama malaysia saja.
      nanti dikira sombong
      dan ada kesenjangan teknologi indonesia yang jauh meninggalkan malasya. yah sebagai tetangga juga serumpun pelan saja lah jangan menyinggung perasaan jiran tamadun

      😂😂😂

      Hapus
    13. sebenarnya alasan penundaan ialah indonesia tak enak hati sama malaysia saja.
      nanti dikira sombong
      dan ada kesenjangan teknologi indonesia yang jauh meninggalkan malasya. yah sebagai tetangga juga serumpun pelan saja lah jangan menyinggung perasaan jiran tamadun

      😂😂😂

      Hapus
  9. CONGRAT MALASSIA

    congrat = cong + rat
    Cong = kingkong = monyet = beruk
    Rat = tikus = koruptor

    Congrat malaysia = BERUK KORUPTOR MALASSIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesiannn seekor babun dan dah sentap..hahahahah

      Hapus
    2. Kesian seekor Beruk kena sentap wkwkwk

      Hapus
  10. #Benarkan mau nambah 4 batrei.. malon semakin bengap tertinggal.. 😅😅😅😅😅😅

    https://lancerdefense.com/2018/04/25/rheinmetall-pasok-sistem-pertahanan-udara-skyshield-untuk-pelanggan-asia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bung @bagas
      Buat di REM class, martadinata class...mungkin @bung woof woof bisa nambahin hehehe

      Hapus
    2. bukan di KRI REM om.. itu CIWS millenium versi laut orlikon skyshield.

      Hapus
    3. punya kita, ada 11 kata pak ksau waktu ituw.

      TNI AU datangkan 11 unit penghalau serangan udara, mantap kali bukan haha!👍👍👍
      http://defense-studies.blogspot.com/2017/10/kasau-tambah-hercules-c-130j-drone-dan.html


      kita mikirin, besok shoping apa gerangan, SUPER J, kan enak tidur pulaasss haha!😆😆😆

      Hapus
  11. Daripada belanja buat jet, baik kau orang indon kasi kerja kepada rakyat supaya tidak merempat di malaysia sebagai bibik, tukang cuci jamban. Bagi latihan sama rakyat supaya tidak berak merata-rata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kahkahkah.. si beruk pondan malons...jauuh.. jauuhh.. sna..!!! jijik saya dekat HOMO/LGBT seperti kamu. 😅😅😅😅😅😅 huuuuusshhh... huuuuuusshh.. huuuuuusss... Najiis.

      Hapus
    2. Tak payalah anggaran pertahanan Indonesia Kecik sangat hanya 0,8 gdp kenapa Malon ni tak mampu kejar.. kalau tak ada TKI ekonomi Malon bisa merudum lebih teruk lah kerena tak da yang bangun infrastruktur Malon.. kerajaan tau mentality Malon ni pemalas sangat la tak dapat di andalkan.. soalan berak Malon ni lagi haibat kerena boleh berak dalam lift dan depan kedai.. di Jepun terkenal anak Malon ni gemar berak merata rata dalam bilik
      Kih kih kih

      Hapus
    3. Alasan basi lon
      Malon bengap sudah kehabisan kata2 anggaran militer Indonesia padahal paling kecil di Asean hanya berkisar 0,8% gdp tapi nggak mampu shoping seperti indonesia😄😄😄😄

      Dalam hati Malon Indonesia kenapa beli jet dan alatan perang canggih terus.. bisa kalah menggerunkan malon lah nie..😁😁😁😁

      Hapus
    4. kalau tki indon rajin..kenapa tak majukan indon ye.. sibuk nak majukan negara lain pulakkk ... buat jamban dulu baru boleh kecoh pasal berakkk ni.. :)

      Hapus
    5. Kesian 95% bumiputera Malon miskin wkwkwk

      Hapus
    6. Pasalnya Kerajaan Malon yang perlu TKI dari pada mengandalkan Malon pemalas yang gemar berak dalam lift dan depan kedai bisa bangkraps lebih cepat malon.. Sumber daya manusia indo sangat besar jadi tak masalah pun.. Malon penduduk sedikit tapu pemalas gemar berak merata rata dalam lift pula wakikikikikik

      Hapus
  12. Ini lah nama nya bodoh tidak bertempat. Duit tidak ada, tapi dibazir untuk beli senjata, sedang rakyat melarat, merempat di negara lain kerna indon tidak bisa bagi kerja dan makan. Bodoh berterusan indon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulah bodoh nya malon.. Beli senjata itu kerena punya Wang lon bukan seperti Malon miskin.. anggaran military indo hanya 0,8 dari gdp paling kecil di Asia tenggara..
      Yang bodoh itu negara hutang sampai 56% gdp sampai nak bangkraps.. 60 aset negara di jual Kat china.. rasuah merajalela tapi tak berani tuntut ke mahkamah.. TKI itu permintaan kerajaan Malon yang perlu pekerja menggantikan Malon pemalas cam lembu!
      Kih kih kih

      Hapus
    2. KUALA LUMPUR: Perkasa mendakwa lebih 95% rakyat miskin di Malaysia terdiri daripada Bumiputera yang jauh ketinggalan dalam bidang sosioekonomi.

      Naib Presidennya, Datuk Ruhanie Ahmad berkata, kedudukan sosioekonomi Bumiputera dalam keadaan bahaya.

      “Lebih 75% pekerja am di Malaysia adalah Bumiputera, lebih 75% pekerja bergaji rendah di Malaysia adalah Bumiputera dan lebih 75% penganggur di Malaysia juga adalah Bumiputera.

      “Jadi, inilah hakikat sebenarnya mengenai Bumiputera sekarang dan tidak adil jika status sosioekonomi mereka disamaratakan dengan lain-lain kaum di Malaysia,” katanya ketika berucap di Forum Belanjawan 2018: Di Mana Keistimewaan Bumiputera malam tadi.

      Pengerusi Biro Ekonomi dan Agenda Nasional Bumiputera Perkasa itu menggesa kerajaan menangani segera ketidaksamarataan itu berpandukan Perkara 153 Perlembagaan Persekutuan.

      “Segala dasar dan program afirmatif dan ‘empowerment’ sosioekonomi Bumiputera tidak boleh disamaratakan status dan fokusnya dengan program dasar untuk membela nasib sosioekonomi lain-lain kaum di Malaysia.”

      Seorang panelis dalam forum itu, Dr Mohd Yusof Saari berkata, Bantuan Rakyat 1Malaysia (BR1M) tidak perlu dilaksanakan.

      Pensyarah kanan Fakulti Ekonomi dan Pengurusan Universiti Putra Malaysia itu berkata, BR1M tidak membantu apabila harga makanan semakin meningkat.

      “Sepatutnya beri subsidi penuh pada rakyat. Misalnya untuk barang asas seperti makanan. Ini kerana orang kaya tak banyak belanja untuk makanan. Tetapi rakyat marhaen yang banyak belanja untuk membeli makanan.”

      Pada 30 Oktober lalu, Ketua Pembangkang, Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail dilaporkan berkata, pertambahan penerima BR1M membuktikan dasar ekonomi kerajaan gagal mengeluarkan rakyat daripada belenggu kemiskinan.

      Beliau berkata, program bantuan wang tunai itu terbukti berjaya jika penerima BR1M semakin berkurangan, bukannya meningkat.

      Katanya, bermula dengan 4.1 juta penerima BR1M pada 2012, pentadbiran Barisan Nasional (BN) bukan sahaja gagal mengurangkan jumlah itu, sebaliknya ia bertambah 2.9 juta penerima sejak 5 tahun lalu kepada 7 juta penerima.

      Presiden PKR dan Pakatan Harapan itu berkata, kerajaan yang bertanggungjawab akan memikirkan dasar yang mampu membimbing kelompok itu keluar daripada kepompong kemiskinan, bukan sekadar memberi “ikan” tetapi juga “kail”.
      http://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2017/11/19/perkasa-lebih-95-rakyat-miskin-ialah-bumiputera/
      😄😄😄😄😄😄😄😄😄

      Hapus
    3. Mmm... Disini kan lagi dibikin isu tenaga kerja asing tuh, jadi kepikiran gimana kalo sekitar 20% orang kita pada jadi TKI di malaysia yah? Lumayan tuh loker mereka kita sedotin semua, setaun sekali pas mudik kita kuras bawa duit kemari lucu kali yak... 😂😂😂

      Hapus
    4. Semakin banyak uang terserap, dan perputaran uang di negara mereka tidak lancar karena kita sudah konversi ke rupiah dampaknya gimana tuh?

      Hapus
    5. sebab indon gagal jaga negara..maka ramai pati dari sana masuk malaysia.. :)

      Hapus
    6. Bener dein, china dan US juga negara gagal dong yah? Banyak rakyatnya yang kerja diluar.

      Tenang dein, nanti kalo MEA (masyarakat ekonomi asean) aktif, ramai-ramai TKI datang kesana. Lumayan kan, misal ada 10jt TKI. Setiap mudik rush money di negaramu piye jal? 😁😁😁

      Hapus
    7. Wkwkwk..95% warga bumiputera Malon miskin wkwkwk

      Hapus
    8. Eleeehhhhh ternyata melayu malon miskin bangktap semua jerrrr

      Lawaknya...
      Ada duit tak buat beli pulsa lon??
      Jomm urunan kat malon

      😆😆😆😆😆😆

      Hapus
  13. lanjut gak lanjut, yang dag..dig..dug malah tetangga kesayangan haha!🤣🤣🤣

    ini pasti ada campur tangan mata2 aseng yg banyak bekeliaran negerinya tetangga, sebab mereka tak senang jika kita beli alutsista korea, dan bangun senjata bareng haha!😋😋😋

    kalo kita mah mimpinya shoping soping 3 matra tempur terussss yach om2 & tanta2 haha!👍👍👍

    destro, kasel, tamba pespur, rudal..teng ting tong haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngimpi super j, pegasusi, emertete, erieye, drdo, kayaknya nikmat yach om2 & tanta2 haha!😉😉😉

      Hapus
  14. Cerita sebenarnya begini...

    Pemerintah yindon ni sial lagi dilema memikir kelangsungang program ini di sebabkan jatuhnnya mantan presiden korea, si Park...

    kerna Park & pemerintah yindon sudah selesai pembagian duit yg mau di songlap dari program ini... skrg park sudah di jatuhi hukuman penjara..itu membuat bingung pemerintah yindon yg sgt mengharap duit songlap itu..

    kerana sedih..dia pun langsung ngadu ke australi...


    sekain,jom berak di sungai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita nya Anak ahli noraka Malon iri dengki ngarang cerita ..
      Tapi Hadiyan pejabat kementrian pertahanan Indonesia memberikan statemen membantah adanya permasalahan anggaran ataupun tekanan dari negara lain. Dia pun memastikan pembuatan jet tempur itu dipastikan akan tetap berjalan.
      "[Hanya] ada kelambatan proses.
      Jadi anak ahli noraka bingung mau buat claim apa lagi.. sedangkan di negara nya saja enjin hilang di songlap.. malon karena nak bangkraps kerena rasuah saja ngadu kat China nak jual diri..

      JOM berak dalam lift.. inovasi toilet lift Malon sangat mengerunkan kih kih kih



      Hapus
    2. Beruk haram jadah nih iri sangatlah melihat pencapaian yg telah diperoleh indonesian

      Hapus
  15. Hhhm terlambat dan tertunda ok bisa dimaklumi sayang lho uang 21t udah masuk masak mau keluar eeh udah masuk apa belum yaa HAI ANAK HARAM JADAH SI MULUT SAMPAH APA KABAR APAKAH OTAK ANDA SUDAH SEHAT APA SEMAKIN BERTAMBAH GILANYA

    BalasHapus
  16. Saman rezim gagal hutang membesar militer di pereteli dari dalam tambah susah solusi nya yg terbaik GANTI PRESIDENT 2019 !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente gantinya yak?
      Ane pilih daah...

      :D

      Hapus
  17. Om mau tanya om...katanya warga negara Malaysia bukan tukang claim...cb baca berita di bawah ini om


    Ada-ada saja ulah warganet di media sosial. Bagaimana tidak, Egy Maulana Vikri yang berasal dari Indonesia diklaim sebagai pemain berasal dari Malaysia. Pernyataan tersebut keluar tak lama setelah Egy ditetapkan sebagai pemain klub Eropa di Polandia oleh Lechia Gdansk.

    Seperti yang diketahui bahwa Egy dikenalkan pada publik sebagai pemain baru Gdansk pada hari Ahad (11/3) kemarin. Ia disebut akan mendapat kontrak tiga tahun namun baru efektif pada bulan Juli mendatang.

    Tak lama setelah perkenalan di lokasi stadion yang menjadi markas Gdansk, media sosial klub yang saat ini masih tertinggal di peringkat 13 klasemen liga utama di Polandia tersebut menyiarkan soal bergabungnya Egy.

    Egy akan mengenakan seragam nomor 10. Nomor itu sesuai dengan karakternya sebagai pemain yang mengidolakan Lionel Messi. Unggahan foto Egy tersebut kemudian mendapat berbagai komentar dari warganet di seluruh dunia.

    Tapi yang aneh yaitu pernyataan dari akun @ simewgan (twitter) yang mengklaim Egy adalah pemain dari Malaysia, lebih tepatnya dari Negeri Sembilan. Ia menyampaikan pernyataannya tersebut tampak begitu percaya diri hingga menyebut Malaysia berjaya.

    “Selamat Egy. Egy adalah pemain sepakbola internasional dari Negeri Sembilan, Malaysia. Malaysia boleh. Malaysia berjaya,” demikian pernyataan tersebut. (Bola.net)

    Gmn tanggapan om2...xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. macam indon claim popia(Lunpia) yg jelas2 asal china ke?

      Hapus
    2. Malon tukang claim di dunia

      Hapus
    3. rendang yang jelas jelas asal Sumatera barat pun di claim malon kih kih kih

      Hapus
    4. Indo ga pernah claim
      Malon tukang claim
      Mau bukti...dein...kau nih bukan budak malon...tp berlaga macam budak malon...

      Hapus
  18. Jadi lanjut nih ?

    Alhamdulillah...

    Salam Lanjut OK gak lanjut OK juga seng penting beli pesawat

    BalasHapus
  19. Yg joint buat pesawat itu antara korea dan Indonesia. Kok yg ngotot minta bukti jadi thn 2026 malah curut malon.?
    Sakit hati banget nampaknya klo Indonesia bisa buat pespur....wkkkkk
    Yg harusnya dibuktikan, duluan mana IFX jadi atau F1-Gen hayalan malon.? Jadi gak perlu debat kusir dng curut malon bro.
    Yuuk....nonton bareng demo heli Apache yg baru dibeli TNI. Sssssttttt...Di malon ada gak ya heli Aoache bro.?....wkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentality orang malon memang begitu bro.. punya otak tpi dipajang dilubang pantat.. 😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. F1 Gen or PTM tuh hanya mimpi melancap Malon bro wkwkwk

      Hapus
  20. lanjut ok kalo tak lanjut bikin jet sendiri

    💀 💀 💀

    BalasHapus
  21. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    ?? Livechat Casinobet77
    ?? whatsapp : +85599495431
    ?? PIN BBM : D6235F1C
    ?? Wechat : casinobet77cs1
    ?? Line : casinobet77
    ?? skype : casinobet77
    ?? Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

    BalasHapus