16 Oktober 2019

Kapal Amfibi Indonesia akan Dibeli Bersamaan dengan Investasi UEA

16 Oktober 2019


Sejak tahun 2017 UAE sudah menyatakan minat dengan kapal LPD buatan Indonesia (photo : BUMN)

Sederet Investasi Uni Emirat Arab Bakal 'Keroyok' RI Bulan Ini

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan deretan investasi dari Uni Emirat Arab (UEA) yang bakal masuk bulan ini. Investasi tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, dan juga kunjungan kerja Luhut ke UEA beberapa waktu lalu.

"Kerja sama dengan UEA sekarang berkembang empat. Karena, Crown Prince-nya sangat luar biasa. Sama Pak Jokowi begitu dekat, sehingga saya whatsapp-an, dan Presiden juga," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Investasi Lahan Pertanian di Kalimantan Tengah

Adapun investasi yang bakal diteken oleh UEA di Indonesia yang pertama yakni investasi lahan pertanian di Kalimantan Tengah seluas 100 ribu hektare (Ha). Ia mengatakan, besok, Sabtu 12 Oktober 2019, UEA akan mengirim timnya untuk menindaklanjuti kesepakatan tersebut.

"Mengenai pertanian di mana mereka masuk 100.000 Ha, timnya akan kemari, besok sudah datang, jadi betul-betul semua cepat. Jadi besok tim pertanian mereka akan melihat kedua kali lahan yang ada di Kalimantan Tengah. Mereka sudah melakukan riset pohon apa yang bisa ditanam di sana," terang Luhut.

Pembelian 3 Kapal Amfibi

Kedua, soal kerja sama di bidang pertahanan, tanggal 23 Oktober nanti pihak UEA akan menyelesaikan transaksi pembelian kapal pendarat tank (LST) dari Indonesia.

"Sementara kemarin mereka sudah mengirim tim angkatan laut untuk menjajaki perjanjian tiga kapal pertama LST buatan kita. Pak Fred kemarin mendampingi ke Lampung, Surabaya, dan Sorong. Mereka sangat puas dan mereka akan mengimpor pertama kali tiga kapal itu," kata Luhut.

Pembangunan Masjid Raya Solo

Ketiga, yakni pembangunan Masjid Raya Solo yang akan mereplika Grand Mosque di Abu Dhabi. Dalam proyek ini, Pertamina juga akan memberikan dana hibah ke Pemda Solo untuk menunjang pembangunannya.

"Dan Grand Mosque Abu Dhabi itu oleh Crown Prince replikanya dibangunkan di Solo. Ini ada dua skemanya, pertama dari Pertamina yang dihibahkan ke Pemda Solo. Sekarang prosesnya sedang dijalankan tim dari kita akan berkunjung ke Abu Dhabi dan dia juga ke sini," imbuh Luhut.

Luhut menjelaskan, nantinya Masjid Raya Solo yang mereplika Grand Mosque Abu Dhabi tersebut akan dijadikan sebagai Islamic Center.

"Dan itu jadi Islamic Center di sana juga di mana Abu Dhabi membantu untuk mentrain ulama-ulama kita, dan juga mengajak ulama-ulama dari mereka ke kita," jelasnya.

Sovereign Wealth Fund (SWF)

Selain itu, Luhut mengatakan pendanaan abadi (Sovereign Wealt Fund/SWF) dengan UEA juga bakal diteken pekan depan.

"Sovereign Wealth Fund sudah sangat maju. Minggu depan timnya akan datang kemari untuk bicara dengan tim kita. Kemenkeu dari awal sudah terlibat, Pak Luki dan Pak Edwin dari PT SMI. Jadi kita mau melakukan ini, karena Presiden Jokowi mau, sejak Crown Prince kunjungan kemari ini sudah bisa ditanda-tangani," terang Luhut.

Luhut menjelaskan, delegasi Indonesia telah berdiskusi dengan Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dan beberapa pejabat tinggi di Abu Dhabi tentang SWF.

Nantinya, SWF tersebut bisa menggunakan dua mekanisme, misalnya implementasi investasi ADIA sekitar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,14 triliun (kurs Rp 14.100). Rencananya, dana tersebut akan masuk pada proyek properti, real estate, dan pengembangan destinasi wisata dan proyek-proyek swasta lainnya.

Skema lainnya, yakni pemerintah bisa juga membentuk Indonesian Sovereign Wealth Fund yang akan menjadi pooling dana investasi dari berbagai negara, termasuk UEA.

Sehingga, investasi ke Indonesia dapat ditingkatkan menjadi US$ 5-10 miliar dan seterusnya secara bertahap. Nantinya, dana tersebut bisa digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur atau investasi secara umum.

Sebagai tambahan, Luhut menjelaskan, pemerintahan Abu Dhabi juga akan segera menyediakan lahan untuk membangun Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi.

"Dan juga mereka menyediakan lahan tanah Kedubes kita di Abu Dhabi. Jadi kita berharap ini bisa segera. Dan beliau juga menyampaikan kerja sama dengan Pertamina semua bisa dirampungkan dealnya ketika Presiden Jokowi ke sana," paparnya.

Luhut mengatakan, seluruh kerja sama dengan UEA ini adalah hal yang sangat baik dalam implementasinya, dan masih sesuai target.

"Jadi kalau kita melihat semua agenda ini too good too be true, ini semua on track," tutupnya.

(Detik)

78 komentar:

  1. Malon diprsilakan termenung sambil stress ,tuh kontrak pembelian kapal dan invest dari timteng ,bangsa beruk malonyet lebih baik melancap sambil nunggu hibah besi burok je😜😜😜😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA HAHAHAHA KITA INI MELIHAT MALON SANGAT KASIHAN,,, DI DALAM NEGARANYA BANYAK MASALAH, MAU BOIKOT PRODUK CINA TAPI MASALAHNYA ORANG PRIBUMI MISKIN MISKIN,, KEDUA MASALAH LTTE ORGANISASI PEMBEBASAN TAMIL SUDAH BERTAPAK DI NEGARA MALON BAHKAN ORANG ORANG INDIA YANG PENGIKUT LTTE SUDAH MASUK KE PEMERINTAHAN,, MASALAH KOMUNIS CINA YANG SEMAKIN BESAR PENGARUHNYA,, BAHKAN RIBUAN ORANG CINA DI BERI KERAKYATAN OLEH OKNUM TERTENTU,, MASALAH BAHASA YANG MANA BAHASA CINA MANDARIN AKAN MENGANTIKAN BAHASA MELAYU DALAM SENSUS TAHUN 2017 JUMLAH ORANG CINA DI NEGARA MALON SUDAH MENCAPAI 22% DARI 32 JUTA RAKYAT MALON... INDIA 15%..BAHKAN DI FACEBOOK ORANG ORANG MELAYU SUDAH MULAI MARAH KERNA SEMUA KOTA KOTA DI NEGARA MALON MAYORITAS ORANG CINA, MELAYU MAYORITAS KE KAMPUNG KAMPUNG,,,,

      Hapus
    2. Mereka merenung stress... πŸ€’πŸ€’πŸ€•πŸ˜΅πŸ˜΅πŸ€ͺπŸ€ͺ
      Kita merenung dana masuk buat blanja2 apalagi yaa😌😌😌

      Hapus
    3. Malon tak mampu bersaing dengan pendatang om petta tapi sombongnya no1

      Hapus
    4. INI ADALAH FAKTA, 22% PENDUDUK MALON ORANG CINA DAN 15% ORANG INDIA,, SISANYA SABAH, SARAWAK DAN MELAYU... JIKA INDIA DAN CINA BERSATU MAKA MELAYU AKAN MENJADI BANGSA MINORITI,,, SEMUA KOTA KOTA DI MALASIAL 80% ADALAH ETNIK CINA INI FAKTA,,, DAN MELAYU TERPINGGIR MASUK KAMPUNG KAMPUNG

      Hapus
    5. Gawe blonjo daster kui wes oleh akeh mbah gono
      πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    6. Iso dhidhol maneh neng tanah abang.. Kuwi😁😁😁

      Hapus
    7. 😁😁😁😁 bukalapak wiraswasta

      Hapus
    8. Setelah Qatar kini UAE investasi ke Indonesia. Ayooo... Investasi di Indonesia

      Hapus
    9. @Jendral Jack karena sejak dulu hubungan Indonesia sangat baik dengan UEA, bahkan kita sudah membangun poros tidak resmi trinegara dengan Brunei dan UEA yang diesbut dengan Poros Jakarta - Abu Dhabi - Bandar Seri Begawan (Poros JAB).

      Hapus
  2. Horeeee buatan PT. PAL laku lagi dijual diluar negeri.

    Apa kabat galangan kapal malon si Bastard.....hukhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bastard mau dipasang wi fi jadi warkop semenanjung😁😁

      Hapus
    2. Bostard bangkraps karena tololnya kebelinger πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    3. Berita yg "mendinginkan" Suasana hati dan politik saat ini😌😌😌

      Hapus
    4. Meneng2 wae🀫🀫🀫... Wedine di demo berjilid-jilid 🀷‍♂🀷‍♂

      Hapus
    5. kd maharajarongsok dirubah rumah hantu

      Hapus
    6. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
    7. Maharogolela bs tuh jd tmpt uji nyali πŸ˜‚

      Hapus
  3. Laris manis tanjung kimpul....khusus bousted jualan rakit dan kapal dari styro foam saja aka gabus cocok bagi yang anggaran militer kecik sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin kapal otok otok aja ngga khatam, mau bikin kapal gede.... Mentok iqnya

      Hapus
  4. Semoga ada investasi ke bidang SDM juga. Ke depan kemajuan indonesia akan sangat membutuhkan sdm yg unggul untuk membangun semua sektor industri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro sk, di bidang metalurgi kita masih kurang SDMnya

      Hapus
    2. Kurang nano teknologi dan klenikologi🀭

      Hapus
  5. LST atau LPD?
    Pokoknya mereka beli..πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sing penting "PAYU" masπŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    2. Kapalnya tidak boleh dibayar Pake sawit,indonesia punga sawit.banyak eeer😬😬😬

      Hapus
    3. India minta kita lebih banyak kirim CPO, gantiin malon gara gara ngebacot masalah kashmir

      Hapus
    4. Karma dari pengacau negara orang, biar malon makin miskinπŸ‘

      Hapus
    5. Malon sok ide urusan daleman org. Mulai dr Myanmar skr India. Akhirny gigit jari kan.

      Hapus
  6. Dan utk komen nyinyir para beruk malon silahkan d mulai, waktu n tempat telah d sediakan... xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhhuuuu malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo gempor,jamban,xkafir,paul bego dan pelirpower tunjukan existensimu πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
    2. Wis modhar kabeh🧐🧐🧐

      Hapus
  7. Yg jelas PT. PAL bukan perusahaan tampal stiker. Soalnya barangnya ssh laku dijual ke luar....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya UEA beli 2 LCT 80m dari Shin Yang shipyard.

      Kenapa ga beli lagi dari sana ya?

      Daan..tebak, shipyard itu ada dimana.

      Qiqiqiiqiqi...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Wah itu pabrik sampan rasuah asal sarawak 😁😁😁

      Hapus
  8. Ayo semenanjung jual apa selain layanan servis dubor??πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•

    BalasHapus
  9. Proyeksinya UEA masih butuh 7 Landing Craft Tank dan 5 Landing Craft Utility.

    Semoga deal dimari.

    πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Welehh om PS kok manas2i tinggi sebelah, LCS 1 tinggal nunggu alatan lho, LCS k 2,3,4,5 dst sdh keel laying lho sy tekankan sdh KEEL LAYING itu menurut si tapir admin Isuzu, utk pengerjaan selanjutnya.....................
      .zzzzzzzzzzz....nggrok....nguik......zzzzzzzzzzz... xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhhuuuu malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Moga2 setelah lst deal mereka,tambah isinya juga Anoa 😝😝😝😝

      Hapus
  10. Lon kapal lu yg ga pernah nyentuh air dijual per kilo kan?
    Gue butuh besi scrap buat bikin kandang ayam

    kehkehkeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa kapal tercanggih sekawasan buat kandang ayam..... xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhhuuuu malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  11. Horang kaya kalo beli pasti full spec hehe, btw thanks Philippine mau menjadi brand ambassador LPD PT PAL Indonesia 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Philipina beli lagi dari Indonesia, kalau maintenance dan repair ngga jauh. Untuk mutu ngga kalah

      Hapus
  12. SUKUR , KAU PERBESAR SAJA ITU TEMPAT KEBANGGANMU PUSAT JUDI GENTING TERBESAR SEASEAN, BIAR SEGERA DIAZAB ALLAH KAU, HAHAHA MAMPUS KAU, BELI KAPAL TAI SAJA DARI CINA SUDAH BANGGA SEPERTI PUNYA KAPAL DESTROYER, DASAR NEGARA TOLOL SOK SUCI TUKANG JUDI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini baru unknown from Indonesia...hebring. πŸ‘

      Unknown monkey from malon stupid idiot low IQ,less mentality

      Hapus
    2. Malon diundang ora ono seng metu piye iki??😒😒

      Hapus
    3. Yen dipancing pisang ra metu, coba bakarno menyan mas..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Ojo menyan larang iki wes tak obongno gudang garam surya

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Jangan mbakar Gudang Garam Surya bro edan, penakan bakar Djarum Super wae iso digawe pelatihan bulu tangkis..... Sori iklan

      Hapus
    8. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  13. Balasan
    1. Komentar blm di tulis karena blm punya ide

      Hapus
    2. Cuma "wong edan" yg bisa membaca jalan pikiran sesamanya πŸ€”

      Hapus
    3. πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
  14. bukan mao sombong: utk sektor kelautan: LPD, LST, LCU, KCR & Rhib uda djelas RI jagonya di ASEAN haha!😎😎😎
    eiitt UAE(dubai) uda memiliki bbrp rhib buatan tana air lho haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    bukan mau sombong: utk sektor udara: pesawat komuter n-219, nc-212 & cn-235 uda djelas RI jagonya di ASEAN haha!😎😎😎
    eiitt UAE(dubai) uda memiliki bbrp cn-235 lho haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    bukan mau sombong: utk sektor darat: ranpur kita py banyak, komodo, ILSV, P2, tad turangga ampe 6x6 anoa. non militer produksi gerbong kreta api pt inka uda djelas RI jagonya di ASEAN haha!😎😎😎

    jadi ditunggu shopping soping Yacht, LPD, LST, LCU, rhib ampe kapal feri & tanker.
    PT SMI-shipyard ituw salah satu galangan kapal terbesar tana air yg py dok celup besar & guwe perna bahas ini dolo haha!🀝🀝🀝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada expo di dubai dan qatar, ikutin semua produk andalan Indonesia.... Biar mereka tanam duit di Indonesia.

      Hapus
    2. nyoih om jek, dan buat sodara2 kuh se tana air beta, mari kita songsong kedamaian & masa depan yg cerah yuuukk haha!🀝🀝🀝

      Hapus
    3. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  15. "Kerja sama dengan UEA sekarang berkembang empat. Karena, Crown Prince-nya sangat luar biasa. Sama Pak Jokowi begitu dekat, sehingga saya whatsapp-an, dan Presiden juga," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

    -----------------------------

    lha putra mahkota maen wassap jugak??? emg pulsa jd masalah buat doi yak haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajakin formilan dimari gih oom..πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. kesini, jangan ahh om pedang, ntar ketularan mesumnya om smmilikity doski haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  16. klo ke indo, pangeran bawa jugak donk cef kobra garam, SALT-BAE haha!🐍🐍🐍

    sapa tau kulineran gini cocok buka di tana aer, kami siap dimana pon jakarta, bali ampe raja ampat uhuyy haha!😍😍😍

    ame mesi
    https://www.youtube.com/watch?v=wmvOPrse3FY
    ama seleb tana aer gaes
    https://www.youtube.com/watch?v=7l7H3D3tPxU

    https://www.youtube.com/watch?v=1_StqC5EVGs

    https://www.youtube.com/watch?v=6PnqWmynlsk

    BalasHapus
  17. design ditingkatkan lagi untuk meningkatkan daya saing unsur estetika dan praktilitas harus berimbang

    BalasHapus
  18. BRP Davao del Sur πŸ‡΅πŸ‡­

    BalasHapus
  19. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  20. Pinter itu putra mahkota UEA. Investasi pertanian, jd mrk gk perlu beli sembako lg, krn bahan makanan sdh di panen dr sini.

    BalasHapus