20 April 2018

Dubes Korsel: Korsel-Indonesia Terus Lanjutkan Proyek Pesawat Tempur KFX/IFX

20 April 2018


Pesawat tempur KFX/IFX seri C-107 (photo : Jane's)

Duta Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia Kim-Chang-beom menyatakan bahwa Korsel dan Indonesia terus melanjutkan pengembangan proyek pesawat tempur generasi 4.5 KFX/IFX.

Duta Besar Kim dalam sesi wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Kamis mengungkapkan bahwa KFX/IFX adalah proyek kerja sama jangka panjang antarpemerintah yang telah berlangsung dengan cukup lancar.

Pemerintah Korsel memiliki hubungan yang dekat dengan Menhan Ryamizard Ryacudu dan terus berkonsultasi dalam pengembangan proyek pesawat tempur KFX/IFX yang bisa mengakomodasi kemampuan siluman, atau tak terdeteksi oleh radar itu.

“Sejauh yang saya tahu, keseluruhan presentasi berjalan dengan baik dan saya belum mendengar adanya keputusan resmi terkait pengunduran diri dari proyek yang sedang berlangsung ini,” kata Kim.

Proyek KFX/IFX adalah proyek kerja sama jangka panjang antara Korsel dengan Indonesia untuk membangun kemandirian industri pertahanan di tengah keberadaan negara-negara besar dalam laju pengembangan alat utama sistem persenjataan dunia.

Proyek pembuatan pesawat tempur yang mempunyai rentang spesifikasi teknis di antara generasi 4 dan 5 tersebut pertama kali ditawarkan oleh pemerintah Korsel ke Indonesia pada 2010.

Kerja sama tersebut dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu Fase Pengembangan Teknologi, Fase Pengembangan Mesin dan Manufaktur, dan Fase Pengembangan Produksi.

Indonesia dan Korea Selatan pada Januari 2016 menandatangani perjanjian senilai 1,3 miliar dolar AS untuk pengembangan jet tempur baru.

Berdasarkan atas perjanjian itu, yang ditandatangani dengan Korea Aerospace Industries (KAI), Kementerian Pertahanan Indonesia akan menanam sekitar 1,6 triliun won (Rp13 triliun) dalam program Korea – Indonesia Fighter Experimental (KFX/IFX).

“Kami harap proyek ini dapat dilaksanakan tanpa hambatan,” kata dubes Kim.

(Antara)

105 komentar:

  1. Lanjut Alhamdulillah...
    Gak lanjut juga gak masalah...

    Seng penting Viper Forever...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. tak ada yang panik..semua sudah dihitung korsel.
      juga sudah diperhtungkan indonesia. proyek lanjut pun biaya kan besar juga.
      intinya.. proyek lanjut biaya fokus ke situ juga harus jalan. kalau berhenti uang proyek bisa dialihkan ke kepentingan urgent yang lain.. selain belanja alutsista yang lain.

      Hapus
    2. Yg panik n senang bila project nih berhenti ada orang malon sendiri Wkwkwk...malon iri hati dan tak kuat terima kenyataan indonesia ada project IFX Wkwkwk

      Hapus
    3. Malon bukan orang bung...tp sejenis primata

      Hapus
    4. Konon Malaysia nak buat jet pejuang generasi 7 tahun 2030, tak mikir apa pak cik, Korsel yg lebih haibat dalam teknologi dan terbukti dengan produk pesawat latihnya sahaja masih bingung. Ini pulak Malaysia yang baru belajar bikin buntut dan sayap pesawat nak cipta jet gen 7, anda sehat pak cik? :D

      Hapus
    5. Malon panik kfx jalan terus.. belum lagi tambahan 11 Su35 dan 3 skudron F-16 Viper.. Malon ada Wang tak? Kih kih kih

      Hapus
    6. Gubuk gilerr masih 2 Km lon..
      Jangan kejang2 dulu malon..xixixi

      Hapus
    7. Gimana gak panik,yg dikembangkan Korsel yg 1 engine(setara F35),yg dipakai indonesIa 2 engine(setara F22)..satu langkah dlm 2 varian..

      Hapus
  3. Hanya percakap dari duta kosel ix ix ix, Sudah goyang dangdut ix ix ix ketakutan pemerintah Indon masih gak menjawab lagi projek kfc ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak ada yang panik..semua sudah dihitung korsel.
      juga sudah diperhtungkan indonesia. proyek lanjut pun biaya kan besar juga.
      intinya.. proyek lanjut biaya fokus ke situ juga harus jalan. kalau berhenti uang proyek bisa dialihkan ke kepentingan urgent yang lain.. selain belanja alutsista yang lain.

      Hapus
    2. tak ada yang panik..semua sudah dihitung korsel.
      juga sudah diperhtungkan indonesia. proyek lanjut pun biaya kan besar juga.
      intinya.. proyek lanjut biaya fokus ke situ juga harus jalan. kalau berhenti uang proyek bisa dialihkan ke kepentingan urgent yang lain.. selain belanja alutsista yang lain.

      Hapus
    3. Tak de takut yg takut,kan blom ada release resmi dari indonesia bila project nih berhenti,malon sahaje yg panik dan senang bila project nih stop,ok

      Hapus
    4. Jelas lah beruk" panik klo smpe trus jlan,,, mreka snang klo smpe brhenti proyek jet 4,5 kita tpi nampak nya ga akan jdi kenyataan.. Wkwk

      Hapus
    5. om mahat batuw, yu ada link rusia sekarang maen gen 6 ?
      kalu takde guwe fentung nich haha!😅😅😅

      https://defense-studies.blogspot.com/2018/04/malaysias-boustead-lines-up-second.html?showComment=1524204282688#c3539181439591736307

      Hapus
  4. Rencana B: semua salinan dalam pengembangan IFX/KFX sdh disiapkan engineer PT.DI di hanggar baru IFX pt.di bandung apabila rencana A terhambat/gagal ditengah jalan.

    Mohon pencerahan para suhu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benr itu brooo...dulu seebelum projek dmulai itu sdh masuk dlm rencana. Ada projek shadowlah yg jln beriringan jaga2 jika kfx d songlap kroya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Bro maha rileks j...bukannya forumer malaysia yg panik....qqiqiqiqi....

    BalasHapus
  6. Bangsa Korea itu memiliki etos kerja tinggi.. yakin sekali jika suatu saat nanti pesawat ini akan masuk lini produksi. Ntah itu Indonesia ikut sampai lini produksi atau mandek ditengah jalan yakin sekali jika pesawat KFX/IFX ini pasti wujud dan siap tempur.

    Banyak peralatan yg diciptakan korea selatan belajar dari nol mulai dari Meriam howitzer, SPH, MBT, APC, Kapal selam, Destroyer, Fregat, korvet, kapal amfibhi, LHD, pesawat tempur ringan, helikopter, Rudal jelajah, MANPADS,dll. Saya sendiri semoga Indonesia melanjutkan program ini bersama Korsel sampai masuk lini produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro....
      Kalau kerja sama dgn negeri para maling sdh dari dulu gagal. Wong orangnya hanya pemimpi dan pemalas

      Hapus
    2. orang malonshiit yg terkenal etos kerjanya itu cina.. kalau melayu tak boleh harap. hanya bisa bual dikedai kopi, hisap dadah, songlap uang, melancap dibilik termenung.. xixixii..

      Hapus
    3. Orang malon aja yg panik dan iri bila project ini berjaya bro

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nah gitu dong..semangat jgn mau nyerah...masak udah 1/2 jalan mau stop..kasian dong sama BUMN yg produksi sticker nya..mau di tempek kemana tu sticker kalau kfx gak jadi..

    Ya udah tetap semangat ya...igt pepatah anak bangsa...

    " alang-alang berak di sungai...langsung nyemplung aja sekalian...jossssss kihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahha... hooyyy anak haram malon turunan bangla.. di Indonesia mana ada pepatah goblok seperti itu.?? paling juga karangan sultan melayu malon bangang bodoh serupa lembu. 😅😅😅.

      Hapus
    2. yah yang sudah sukses beli pars 257 dari turki. sudah pasti pengalaman bikin stiker 😂😂😂

      Hapus
    3. yah yang sudah sukses beli pars 257 dari turki. sudah pasti pengalaman bikin stiker 😂😂😂

      Hapus
    4. Sabar ya ruk,malon pun nanti boleh bermimpi jadi tukang bungkus lg ya,project gempita malon pun bungkus,gowind pun bungkus,project PTM halimun generasi 6 pun masih masturbasi mimpi,kl nak berjaya tak sebagai tukang bungkus lg malon harus tak jadi hamba cina lg ya,gk enak lon makan tai orang cina,semangat ya lon Wkwkwk

      Hapus
    5. Kesiannnn.. troller indon dah sentap...😆😆😆😆😆 sabar ye

      Hapus
    6. Dein,Kesian troller malon iri hati sahaje selalu Wkwkwk

      Hapus
    7. Kasian Malon program kfx ternyata jalan terus kah kah kah

      Hapus
  9. Nie akhirnya ada pernyataan resmi....bukan gosip2 di DSA....DSA tuh pameran senjata atau pameran gosip ya...wkkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa broo.. orang malon kebanyakan makan uang haram dari cukai judi dan alkohol. jadi otak agak sengek/miring.. kahkah..

      Hapus
    2. dubes korsel ingin menanggapi isu yang dimuat janes kemarin mungkin. berarti indonesia masih sebagai partner yang penting untuk korea

      Hapus
    3. SiTua@ ya iya dong bro korsel tuh mengganggap indonesia tuh rekan yg penting dan amat berguna,masa korsel ngajakin malon si tukang bungkus hamba cina itu sbg rekan yg penting Wkwkwk

      Hapus
    4. iya bro rempit ada bargaining posisi indonesia disitu.
      ketika ada keluhan dari pihak indonesia yang kemungkinan sengaja dilontarkan.. nah dengan segera korsel menanggapi.

      Hapus
    5. Tadinya koryo mw ajak malay buat jet pejuang tempatan..cuma dipikir lg karena malon buat senjata & ammo pun tak bisa..gmn mau buat pesawat...wkwkkwk

      Hapus
    6. Kesian budak2 indon.. hahahhaha.. buat jet tumpang nama je.. pastu gigih claim buatan indon.. nak bayar takde duit.. hahahhaha

      Hapus
    7. Dein,baca link lon,jgn bengap n iri sahaje kerja ko tuh

      Hapus
    8. Ah jadi inget... salam vita berapi..!! Hahahahaha

      Hapus
    9. Wow KFX IFX jalan terus Malon dungu makiiiiiiin ketinggalan kah kah kah

      Hapus
  10. Cantiknya ne pesawat...😀😀😀😀

    Next program cari mesin supercruise biar bisa naik taraf jd gen-5...buat ifx.

    😆😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp ne pesawat tak boleh d jual kat malon...ntr pilotnya pd gagal paham sm ne pesawat.😁😁😁😁

      Hapus
    2. No no no....
      pesawat canggih ini tidak dijual hanya kepada negara malassia.

      Btw... rusia aja kapok dan tdk mau membantu upgrade jet MKM malassia itu. dikarenakan org malassia terlalu bodoh, bisa merusak citra rusia. (Contoh: eject kat ganggar)

      Hapus
    3. Essen# Betol,Betol...bisa merusak citra rusia sahaje di dunia

      Hapus
    4. Kalau teruskan Projek tahun 2040 baru kamu pakai pesawatnya Kfc ok
      Ketika 2025 jet f16a/b/c/d semua bakal campak ke sungai yg banyak taik ok Kerana itu indonesia kelangkabut Mahu beli f16 viper itu

      Indonesia hanya tinggal pesawat di 15 pesawat aje ok..
      Hakikat kamu kena ketahui ok Saab bina pesawat gripen 33tahun baru siap ketika baru pesawat kosep mulitirole baru perkenalkan

      Hapus
    5. Ni jet halimunan ke.. jgn jadi cam kri klewang la ye . Hahahahha

      Hapus
    6. Mahairi@ mau thn 2040 keh,thn 2030 keh yg penting indonesia berjaya bina jet pejuang sementara malon cuma berjaya bina VITA BIRAHI Wkwkwk

      Hapus
    7. Dein,eleh cakap banyak ko lon,sri inderapura n perak ko pun dah halimun jd abu Wkwkwk

      Hapus
    8. Mahataik yg dulu memang beda dg yg skg.. Ternyata Yg skg bener bener taik tak bermutu hahahaha

      Hapus
    9. The next PM Mahat...
      Dia bilang saab 33 tahun baru bisa.
      Jet fighter gen 5 yg akan dibuat, 2018 masih rancangan akademisi, 2030 dah jadi....
      Tapi, ya oke lah..
      Mahat diciptakan memang untuk bahan candaan....

      Hapus
  11. Monyet monyet malon ga senang hati mendengar berita ini.

    Lagi dari awal kan belum ada pengumuman dari pemerintah Indonesia sendiri terkait pembatalan proyek bersama ini.

    Ini kerjasama antara ke 2 negara dan di Indonesia kerjasama ini tidak bisa begitu saja di batalkan. Tanpa persetujuan dari parlemen. Minimal ada pembahasan nya untuk usulan pembatalan kerja sama yg sudah berjalan.

    Bagi kita kebutuhan 60 unit pesawat tempur terebut adalah rencana strategis
    Penambahan skuadron dan kebutuhan penggantian dari pesawat yg akan pensiun.

    Monyet monyet malon di blog ini yg kualitas postingan sampah. Lebih baik pikirin tuh gimana rencana penggantian pesawat 20 tahun ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blom ada release resmi dari pemerintah indonesia tp para beruk malon semua dah pada ngatain project nih berhenti dan gagal total sangkin irinya tak terima kenyataan indonesia ada project jet pejuang IFX bro Wkwkwk

      Hapus
    2. kami tengah tunggu kenyataan rasmi dari Indonesia sendiri berkaitan isu ini adakah ia senada dengan korea selatan... jika sama OK la tu...

      Hapus
    3. 60 pesawat ix ix ix kamu tahu tak f16a/b/c/d bakal campak ke sungai pada 2025 ok itu cakap pakar indonesia sendiri ok..

      Hakikat projek kfc 2040 baru export siap hantar ke Indonesia ini tak hakikat sebenarnya Ok

      Itu kira2 saya buat setelah teliti banyak projek jet pesawat Tempor bangunkan tahun buat makan masa 20-30 tahun baru projek pesawat siap Hantar ke Pengguna..

      Hapus
    4. Hahahahhaha.. gagal ke.. kesian... 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    5. Hahahahhaha.. gagal ke.. kesian... 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    6. Mahairi@ mau thn 2040,thn 2030...yg penting indonesia berjaya bina jet pejuang,sementara malon cuma boleh bina VITA BIRAHI Wkwkwk

      Hapus
    7. Dein@ dalam mimpi sahaje pun malon gagal bina jet pejuang apalagi dalam dunia nyata Wkwkwk

      Hapus
    8. kasian Malon strees KFX jalan terus kih kih kih

      Hapus
    9. Bro Gempur, buat apa kau susah payah menunggu.....?
      Seperti kau bilang sama mat Rempit, buat apa dia urusi project LMV Malaysia....?
      Kenapa sekarang kau terbalik...
      Project tu sudah jalan, kalau pemerintah RI tidak bilang berhenti, berarti masih jalan...
      Keberatan RI ada di transfer teknologinya. Presiden yg menghentikan dananya, karena merasa TOT tidak sesuai...
      Tidak ada pernyataan berhenti...

      Hapus
  12. lha sekarang aja intensif datang kan 60 jet diskon besar2an.,,60+11 su35...kalau tambah 60ifx jadi 131...belum tambahan order pengganti hawk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow..lumayan tu buat duit kopi...jom songlap Ifx bersama korea...

      Hapus
    2. Ni pesawat kfc tu ke.. kenapa gagal ye.. hahahhaha.. indon tak bagi duit ke tu.... 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    3. AP n Dein@ korang berdua produk gagal pendidikan malon yg cuma boleh iri dan troll Wkwkwk

      Hapus
    4. Malon2 pad nangis gila dan strees tengok projeck KFX jalan terus wakikikikik

      Hapus
  13. Yang perlu diperhatikan adalah mindset nya, ada yang bangga banget jika bisa membeli pesawat tempur, halikatkatnya itu adalah mental konsumen. Apa tidak bangga jika menjadi produsen, walau tak 100%, tentu lebih baik daripada beli dan beli, uang mengalit ke luar terus

    BalasHapus
  14. Malon bisa apa. Wong militer mereka lemah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau di bandinging juga gak level... Wkkwkkkkwkk

      Hapus
  15. Yang perlu diperhatikan adalah mindset nya, ada yang bangga banget jika bisa membeli pesawat tempur, halikatkatnya itu adalah mental konsumen. Apa tidak bangga jika menjadi produsen, walau tak 100%, tentu lebih baik daripada beli dan beli, uang mengalit ke luar terus

    BalasHapus
  16. Hahahhaha.. gagal ke.. hahahahha.. ni ke indon nak klaim buatan mereka nanti.. buat layang2 je la... 😆😆😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon beruk iri hati Wkwkwk

      Hapus
    2. Malon gagal senang kfx jalan terus.. kasian betul kih kih kih

      Hapus
  17. Tuh ape gue bilang. . project ini gak bakalan berhenti baik dipihak kroya maupun Indonesia, project ini sdh berjalan 60% berada pada tahap kedua. Teknologi yg dicari oleh kroya & Indo pasti bisa dicari solusi jalan keluarnya. Dan nantinya pasti ada improvment pada teknologinya pada tahap pengembangan produksi.
    Lanjutkan...!!!

    BalasHapus
  18. pindah sini ahh sklian apdet haha!👍👍👍

    Rangkuman brita seputar kfx/ifx

    -Program KFX, disebut pertama kali tahun 2001.

    -Indonesia masuk dlm Kerjasama kfx/ifx di tahun 2011. Rencana awal, tahun 2023 prototaip pertama terbang.
    http://4.bp.blogspot.com/-IiT20VTmBL0/UEiN2coCwCI/AAAAAAAAQY4/lqN_XtYouAg/s1600/IFX_1.jpg

    -Namun diawal tahun 2013, presiden baru korsel menunda proyek kfx/ifx untuk masa 1 ½ tahun
    penundaan oleh korsel, konon kerna ada situasi tekanan militer dari tetangganya di jaman itu, yg menyebabkan adanya kebutuhan lain

    -ada tiga tahapan dalam program kerja sama proyek KFX/IFX yakni Technology Development Phase (TD Phase), Engineering and Manufacturing Development (EMD Phase) dan Production Development.

    -Fase pertama, Technology Development(TD): disain kfx/ifx resmi diperkenalkan pada adex 2013 , di seoul
    kfx versi mesin tunggal muncul Prototaip C501:
    http://2.bp.blogspot.com/-Nki2_DEH77Q/UnRLGzH34wI/AAAAAAAAbCE/S27LKfuvVqU/s1600/C501_1.jpg

    mesin kembar, prototaip c103:
    http://1.bp.blogspot.com/-Q6BcvATmS5Q/UnRLFP2XaxI/AAAAAAAAbB0/h1fSgvS4BoU/s1600/C501_3.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. bandung
      http://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2015/09/1.jpg

      20 Juni 2016
      (DAPA), mengumumkan di bulan mei telah memilih GE untuk memasok mesin KFX dengan F414-GE-400.

      02 Desember 2016
      Korsel memulai proses pembangunan radar AESA. Prototaip akan dibuat sekitar pertengahan tahun 2020

      13 Juli 2017
      Prototaip radar AESA Hanwa
      https://1.bp.blogspot.com/-JqAq42qk_4s/WWeJeLyxvWI/AAAAAAAA0BU/_8QQgW0nO3wVsurdtRfe615cNj6r_NcAACLcBGAs/s1600/PS17071300493.jpg

      28 Juli 2017
      Jet Tempur KFX/IFX Mengadopsi 4 Teknologi Eropa

      29 Juli 2017
      fase pertama, yaitu pengembangan teknologi pesawat tempur produksi bersama Korsel, sudah dilalui. Setelah selesainya fase kedua tahun 2021, KF-X/IF-X akan dibuatkan prototipe yang terus diuji hingga produksi tahun 2026. Namun, baru pada fase ketiga, tahun 2040, KF-X/IF-X akan diproduksi secara massal oleh PT DI.

      20 Oktober 2017
      DPR Bahas Proyek KFX/IFX dengan Menkeu dan Menhan
      09 Desember 2017
      Lockheed Martin Dukung Indonesia Dalam Pengembangan Pesawat Tempur KFX/IFX
      “Lockheed Martin mendukung penuh kerja sama pembuatan KFX / IFX. Lockhhed Martin memiliki hubungan kerja sama yang sangat dekat dengan perusahaan dirgantara asal Korea Selatan, KAI. Atas nama Indonesia, kita juga akan memberikan masukan kepada Pemerintah Amerika Serikat”, ungkap Direktur Regional Director, Southeast Asia Lockheed Martin.

      26 Januari 2018
      RP. 1.85 trillion (USD140 million) dibutuhkan untuk melanjutkan program KFX/IFX

      12 Maret 2018
      Delay dng amrik maka korsel mencari teknologi ke eropa untuk rudal udara ke udara

      23 Maret 2018
      SAAB Tawarkan radar aesa utk program KFX

      25 Maret 2018
      Martin-Baker mendapat kontrak utk menyediakan kursilontar untuk program KFX

      12 April 2018
      Cobham, memenangkan kontrak pengadaan sistem oksigen pryek KFX

      Hapus
    2. 18 April 2018
      ada rumor/gosip Indonesia mempertimbangkan menarik diri dari proyek KFX/IFX

      Kamis, 19 April 2018
      Bantahan langsung dari dubes Korea Selatan untuk Indonesia.
      Dubes Korsel: Korsel-Indonesia terus lanjutkan proyek pesawat tempur KFX/IFX

      Hapus
    3. proyek KFX/IFX ini adalah proyek nasional INDONESIA dan KOREA SELATAN. G to G
      bukan ambisi politik seseorang misal presiden saja. militer & dpr jg punya andil.

      proyek ini akan memakan waktu sangat lama, dan pemimpin kedua belah pihak akan silih berganti.

      kerna proyek nasional, maka dukungan tidak hanya dari eksekutif melainkan legislatif serta pihak militer kedua belah pihak.

      soal hambatan, dimana2 pasti sama. proyek f35 yg keroyokan itu aja, butuh waktu sangat lama jg, padahal amrik sbgi proyek leader uda pengalaman bangun tidak hanya raptor f22, masih ada bomber b2 & f117. dan mereka sudah punya teknologinya puluhan tahun itu pun tetep mengembangkan teknologi ini.

      jadi jangan harap pesawat generasi kelima & radar aesa milik mereka sama dng yg dipasaran, misal buatan ruski & rrc.
      lah sesama buatan amrik aja pasti beda haha!😆😆😆

      mendapatkan teknologi tidak bisa ditarget dalam masa 5-10 tahun. kcuali beli haha!😊😊😊

      seperti yg perna guwe tulis, rencana proyek ini kita "hanya" kluar 20% ato sekitar 1,6Bilyun dari rencana total $8Bilyun biaya pengembangan ajeh.
      lah f35 makan biaya $1500Bilyun!!!
      tapi mereka targetnya gen 5.

      sebuah tantangan untuk dapatkan teknologi secara instan, korsel melalui imbal beli ato ofset berharap dapat teknologi radar aesa dan 3 lagi dari LM.
      walo mereka sendiri sedang mengembangkan juga. namun apa salahnya dapetin tekno amrik yg emang penguasa langit bbrp dekade ini haha!😊😊😊
      disini korsel mau tot dan lisensi, bkn beli putus.
      kalo beli mah gampang kyk ada tuch pespur di blog sebelah haha!😉😉😉

      yach kalo gak dikasi gpp lah, dimengerti, maklom yg kluar banyak duit tatut nanti kita yg murah bisa ngalahin pasar mereka.
      toh mereka blom balik modal cuy haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. takde yg salah dalam estimasi bangun kfx/ifx sedari awal memang sudah dirancang pada fase ketiga, tahun 2040, KF-X/IF-X akan diproduksi secara massal oleh PT DI.
      artinya...produksi full mandiri 100% di ptdi.

      produksi awal tetap di korsel, namun ada bagian2 pesawat yg yg dibikin di ptdi. seperti sayap, ekor dan lain2.

      knp produksi massal 2040, soalnya ptdi lagi sibuk, proyeknya kan banyak, bikin fuselage & tailboom helikopter h225, ngrakit bell 412 trus bikin nc212, n219, n245, cn235, n295, emangnye nganggur kyk om mahat batuw gitchu haha!😅😅😅

      dan lagi pabrik ptdi akan diperluas di kertajati dan lampung. smua butuh waktu untuk bangun infrastruktur baru.

      khusus untuk proyek KFX/IFX telah dibuat mirroringnya

      PTDI misalnya menyiapkan Design Center Indonesia (DCI) untuk membangun kemampuan teknologi, infrastruktur, dan simulasi. Di tempat ini, seluruh tahap pengerjaan KF-X/IF-X di Korea Selatan akan dikomunikasikan.

      "DCI merupakan mirroring dari gedung Design Center yang juga dibangun di Sacheon, Korea Selatan. Design Center di Sacheon semacam bangunan yang tertutup rapat dan steril. Orang-orang yang memasukinya dilarang membawa flashdisk dan komputer. Di sana ilmuwan Indonesia dan Korsel akan kerja bersama"


      "“Prototipe kelima akan dibuat di sini,” ujar Heri. “Kenapa mesti yang kelima? Karena Indonesia baru pertama kali ini mengembangkan pesawat tempur.
      Untuk prototipe pertama dan kedua, Indonesia belum siap,” imbuh pakar aerodinamika PTDI itu.

      Oleh sebab itu PTDI juga menyiapkan fasilitas hanggar composing, hanggar titanium, hanggar produksi, dan hanggar perakitan akhir pesawat tempur"

      https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160301143420-20-114593/buat-jet-tempur-indonesia-siapkan-sumber-daya-besar-besaran

      jadi yg ketinggalan berita itu om mahat batuw, dan itu fakta haha!😋😋😋

      Hapus
    5. target emang 2035-2040 kuo, situ kemana aja om mahat batuw haha!coba cek RAMnya dikit ato gak moderen yachh 🤣🤣🤣

      Pesawat Tempur RI Korsel Terus Dibangun
      http://defense-studies.blogspot.com/2017/07/pesawat-tempur-ri-korsel-terus-dibangun.html

      Sertifikasi KFX/IFX Diharapkan Tuntas di Tahun 2025/2026
      http://defense-studies.blogspot.com/2017/07/sertifikasi-kfxifx-diharapkan-tuntas-di.html


      berita 28 Juli 2017-
      setelah itu secara bertahap PTDI dapat kebagian Bikin Sayap, Ekor dan Pylon KFX-IFX haha!👍👍👍

      http://arcinc.id/2017/07/28/indonesia-kebagian-bikin-sayap-ekor-dan-pylon-kfx-ifx/

      Pengembangan proyek pesawat tempur generasi 4.5 KFX/IFX akan terus dilanjutkan oleh Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel). Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes) Korsel untuk Indonesia, Kim Chang-beom.
      https://news.okezone.com/read/2018/04/19/18/1888999/korsel-indonesia-lanjutkan-proyek-pengembangan-pesawat-tempur-kfx-ifx

      Kamis, 1 Februari 2018
      'Mesra', Garap Jet Tempur dan Kapal Selam haha!😍😍😍

      https://international.sindonews.com/read/1278565/40/indonesia-dan-korsel-kian-mesra-garap-jet-tempur-dan-kapal-selam-1517475321

      smoga tamat bacanya, jgn kabur om mahat batuw haha!😅😅😅

      Hapus
    6. @PG percuma om di kasih penjelasan panjang2....cuma manusia yg bisa baca...beruk malon nggak bisa...wkkwkkkk

      Hapus
    7. Ompal,percuma di hantar link tuh,bsk2 jg mahairi,Dein,AP,Unknown dll pasti dah cakap IFX nih project gagal

      Hapus
    8. Masak cuma tempel sticker aja gagal...jadi org yg sabar..korea lagi berusaha tuh cari penyumbang technologi nya...lu tinggal tunggu waktu tempel sticker aja kok repotnya mintak ampun...kihkihkih

      Hapus
    9. Tu lah beda belajar buatan tempatan ama proyek pasang stiker malonsial semua butuh proses ga tahu-tahu langsung tempe. Berani taruhan tahun 2025 siapa yang jadi duluan prototype kfx/ifx apa ptm mu?

      Hapus
    10. Jack@ beza PTM n IFX,PTM di bina dgn guna otak tai xixixi...sedangkan IFX di guna dgn otak manusia

      Hapus
    11. gpp om pit, om tupz, yg penting om anak baca kok, langsung nempel di hati tuch, aiichh haha!👍👍👍

      kalo yg laen kan abis baca lgs fanassss haha!🔥🔥🔥

      Hapus
    12. Mantap bro palu gada, buat pencerahannya, moga foromer malaysia, gempur cs, membacanya,,,jgn pura2 tak bace ye....hehehe

      Hapus
    13. sama2 om didi, hanya rangkuman & sdikit pendapat sahaje haha!😅😅😅

      kalo uda jodoh ini pespur gak kemana2, dan yg pasti kagak bakalan masuk SIPRI bkn SUPRI bagian improt okeh oceh👌👌👌 haha!😜😜😜

      harap maklum om didi, banyak negeri/forumer asing yg sirik kita diajak co-join proyek ama k-pop dgn biaya cukup rendah.

      korsel jugak gak sembarangan kale ngajak patneran.
      kalo ama anak kemaren sore biarpon mo ngasi mahar 10x lipet dari kita punya share aja pasti ditolak k-pop haha!😆😆😆
      kcuali bayarin 10xlipet total biaya pengembangan($8bnx10=$80bn)
      nach kebuka dech mata si k-pop, sepupunya jaunya king KJU haha!😳😳😳
      ituw duwit lebihnya biasa buat blanja f35 lagi soalnye haha!🤣🤣🤣

      dan inget ntar py kita beda loh, pengembangan lanjutannye. platform bisa sama, tp disain isiannya beda cink haha!😎😎😎
      ntar mo dikasi wing tip ama fetedei biar beza haha!😆😆😆

      eitt ada ole2 lagi, ini blom lama jg haha!😉😉😉

      9 November 2017
      "di bidang pertahanan, kedua negara akan terus menjaga kerja sama pengembangan jet tempur generasi mendatang. Sebagai catatan, per Juli lalu, pengembangan pesawat tempur KFX/IFX antara Indonesia dan Korea Selatan sudah mencapai 14 persen dan ditargetkan rampung pada 2026."

      https://bisnis.tempo.co/read/1032347/jokowi-dan-presiden-korsel-sepakat-tingkatkan-kerja-sama-ekonomi

      Hapus
  19. ♥♠♣♦ Selamat Datang di KipasQQ ♥♠♣♦
    Ayo segera bergabung bersama kami di kipasqq
    ------------------------------------------------------------------
    AGEN POKER ONLINE TERBAIK DAN TERPERCAYA
    Rasakan sensasi bermain di website kami dengan minimal deposit Rp.10.000 Dan withdraw Rp 20.000
    mainkan 8 games hanya dalam 1 user ID :
    > ADUQ
    > POKER
    > BANDARPOKER
    > BANDARQ
    > CAPSASUSUN
    > DOMINO99
    > SAKONG
    > BANDAR66
    -------------------------------------------------------------------
    Dan dapatkan juga berbagai bonus yang kami berikan :
    > Bonus cashback 0,3% - 0,5 % (Dibagikan setiap hari senin)
    > Bonus refferensi 20%
    > LiveChat 24 jam
    > Proses depo wd tercepat
    > No Robot.
    > 100% Player VS Player
    > Proses Deposit dan Withdraw Tercepat.
    > 24 jam pelayanan Costumer Service yang ramah.
    > Support bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI, DANAMON
    ---------------------------------------------------------------------
    Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hub Cs Kami
    Contact Us :
    BBM : 7ABFA6AB
    Yahoo Mesg : memberkipasqq
    LINE : KIPASQQ
    Whatsapp : +85515 864 136
    Wechat : KIPASQQ
    Segera daftarkan user id anda sekarang juga hanya di kipasqq
    DAN JADILAH PEMENANGNYA !!
    ♣♠♥♦KIPASQQ♣♠♥♦

    BalasHapus
  20. Bung mimin ada org yg ngajak berbuat dosa jgn didiamin dong. Dibanned min
    Goblok nie org suruh main judi

    BalasHapus
  21. Wah jalan trus ternyata, kyakyak ada yg g terimah proyek ni jalan trus..
    G trima krena g da yg ngajak pa g trima krna duit tak da?
    Bilang kri kleweng halimun lg, ntar dah klu gue k bayuwangi tak foto in tu kleweng sekalian biar kepanasan.

    BalasHapus
  22. i told yaa before. its gossip, lol

    BalasHapus