07 April 2018

KSAU: Masih Proses Pengadaan, Banyak Pesawat Baru Akan Lengkapi TNI AU

07 April 2018

Eurofighter Typhoon (photo : AIN)

ANGKASAREVIEW.COM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, masih banyak pesawat baru yang akan dibeli pemerintah guna melengkapi kebutuhan TNI AU.

Menurut perwira tinggi bintang empat ini, ada tiga konsep dalam peremajaan atau pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di TNI AU.

Pertama, untuk alutsista yang sudah “tidak ekonomis” lagi maka TNI AU akan melakukan phase out atau grounded. “Akan kita pensiunkan, kita berhentikan,” ujar KSAU menjawab pertanyaan wartawan di Lanud Halim perdanakusuma, Sabtu (7/4/2018).

Kedua, adalah alutsista yang sudah dimiliki dan masih bisa ditingkatkan lagi kemampuannya (proses upgrade). “Yang masih bisa kita tingkatkan kemampuannya, ya kita akan upgrade,” ujarnya.

Yang ketiga, adalah dengan cara pengadaan baru. Pengadaan baru dilaksanakan sesuai pertimbangan dan kajian yang matang serta untuk memenuhi kebutuhan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dan tentunya, alutsista yang diganti dinilai sudah tidak ekonomis lagi.

“Untuk saat ini TNI AU lebih banyak pada pengadaan yang baru,” ujar KSAU.

Ia mencontohkan, pesawat F-5E/F Tiger II karena sudah tidak ekonomis lagi maka kemudian di-grounded oleh TNI AU.

“Kita berhentikan dan kita adakan penggantian dengan pesawat tempur yang lebih canggih. Yaitu yang sesuai  dengan tuntutan generasi empat setengah,” imbuhnya.

Pesawat-pesawat baru lainnya yang akan melengkapi TNI AU, jabar Yuyu, adalah lima unit pesawat angkut berat yang kemungkinannya adalah C-130J Super Hercules.

F-16V Viper (photo : cool jet)

“Untuk helikopter, kita juga menambah enam unit. Sedang proses. Kemudian CASA 212 sembilan pesawat, lalu pesawat tanpa awak, pesawat amfibi (amphibious aircraft), persenjataan rudal, dan sebagainya. Ini sedang proses semua,” ungkapnya.

Misi saya, tandas Yuyu, adalah mempercepat pengadaan ini. “Khususnya yang anggarannya sudah ada, sehingga bisa cepat memperkuat kekuatan negara (TNI AU).”

Diterangkan lebih lanjut, TNI AU dalam membangun kekuatannya dihadapkan pada kemungkinan ancaman yang berkembang. Pembangunan kekuatan ditempuh dengan perencanaan yang sudah dibuat mulai dari postur, renstra, dan kekuatan pokok minimal (MEF).

“Pembangunan kekuatan kita mengarah ke situ, baik alutsista maupun sumber daya manusianya,” kata KSAU.

Yuyu mengakui, terkait dengan alutsista yang dimiliki, bila dihadapkan pada luas geografi wilayah Indonesia maka jumlahnya masih sangat terbatas.

Saat kunjungan kerja ke Lanud Roesmin Nurjadin pada 29 Maret lalu, KSAU ke-22 ini juga mengatakan, pesawat Hawk 100/200 yang dimiliki TNI AU harus sudah memiliki calon pengganti karena pesawat tersebut akan berusia 30 tahun pada 2025.

Proses penggantian akan dilaksanakan pada Renstra IV periode 2020-2024. Yuyu mengatakan, pesawat pengganti harus dari generasi 4,5 atau di atasnya.

Terkait calon pengganti Hawk 100/200, sumber-sumber Angkasa Review di tempat lain menyebut, beberapa pihak pabrikan mulai menawarkan kembali produknya. Antara lain Lockheed Martin dengan F-16V dan Eurofighter dengan Typhoon.

(Angkasa Review)

213 komentar:

  1. Balasan
    1. Yeah,starting on 2021,just akan project from now πŸ˜‚

      Hapus
    2. Lah negara loh...20 tahun lagi...wakakak

      Hapus
    3. GA nyadar doi....

      Hahahahahahahahaaha
      Gubrak

      Hapus
    4. @unknown yang betul 2019.. 2024 semua skuadron dan 60 pesawat tempur tu dah harus ada semua.. Malon ada Wang tak? Wakikiikikikik

      Hapus
    5. Beli apa mahu kamu Mahu beli, satu aje saya cakap kfc berjaya kalahkan kfx Itu ok

      2020 prototiap baru siap, 2028tahun ujian pesawat baru korean terbang dan produksi, 2030 baru pesawat itu di akan Indonesia akan dapatkanya..

      Dari anasis saya dan baca Dalam atikal atas ramai pakar ketenteran di indonesia dah malas nak fikirkan pesawat kfc itu alasan diberi korean kekurangan dana dan selalu lewatkan projek ,pakar ketenteran di indonesia masih berharap pada pesawat f16 dan Typhoon Beli pada tahun 2025 dan gak lagi mengharap pesawat kfc itu

      Amerika selalu lewat lewat projek bagi tot menjadi harapan Kosel, kosel mahu tot itu dan ini pada akhir kerja pun tak jalan

      Hapus
    6. yang penting ada usaha.
      modal sudah keluar.
      gagal berhasil ya dserahkan sama Tuhan.

      terus program jet pejuang negara kamu apa mahatair.
      ptm generasi 6 itu termasuk jet kertas origami atau jet stereofoam?

      Hapus
    7. Komentarnya ko dengki dan hasad terus yah sudahlah...biarlah kalo sudah hatinya sampah ya susah di recycle...

      Hapus
    8. hanya menutupi aib sendiri maka komentarnya asal saja. yang penting menghina dahulu sebelum kelihatan hina.
      tipikal sebrang itu πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Udah gila itu budak malon, masak kfc dibandingin sama kfx...
      kfx punya kroya lon punya indo ifx..
      kehkehkeh

      Hapus
    10. Kasihan mahatai Malon tak de Wang buat ganti pesawat usang.. ingat Indonesia bakal borong 60 pesawat tak perlu tunggu tahun 2025.. tahun 2019 program itu siap di jalankan.. Malon ada Wang tak? Wakiikikikik

      Hapus
    11. kalo mahatair ini agen umno urusan kfc sama apple.

      Hapus
    12. Unknown@ sebelum 2021 indonesia dah shopping Su35 pengganti F5 di tambah 3 skuadron baru,sementara nak ganti F5 dan Mig29 mesti tunggu masa 2021 Wkwkwk...kl 2021 indonesia dah guna jet pejuang generasi 5 sementara malon masih pikir2 beli jet pejuang kerana tak de wang Wkwkwk

      Hapus
    13. Mahairi@ banyak jalan ke roma lon,indonesia seribu langkah meninggalkan malon dalam bidang teknologi,indonesia dah mulakan belajar bina jet pejuang sementara malon nak buat tayar sahajepun tak boleh kerana otaknya bodoh selalu Wkwkwk

      Hapus
    14. Bro @Maha, tolong bedakan antara membeli dan membuat. Jika anda belum paham perbedaannya sila sekolah lagi.

      Hapus
    15. Kasihan beda beli dan buat ix ix ix Sudah ramai warga kamu gak sekolah ok Kalau sekolah pun bawah pohon ok ,buat apa teknologi aje dapat 20% dapat bikin pesawat kfc itu indonesia ,
      Hanya bodoh angap orang tak tahu beda beli dan buat ok

      Tanya sama kamu kalau kamu sekolah kenapa rata2 kamu melahirkan golongan perkerja maid ok

      Hapus
    16. didikan blog malaysia lebay ya gini. apa yang 20% baca lagi. malas jelasin.
      karena kamu tak ada kuasa hidup jadi nak perlukan bantuan orang.
      kamu kelamaan sekolah di tempat judi inilah hasilnya
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    17. Indonesia sudah mengekspor pesawat dan kapal perang.. Malon hanya terkenal sebagai pengekspor teroris dan dadah.. Malon sekolah hanya dalam tandas sambil melancapπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    18. Ehh malingsial GOBLOK.. kau kira 20% tu tidak berharga ke? KAU SALAH PAHAM.. MESKI INDONESIA DIBERI TOT 20% KE, ATAU 30% KE.. TAK KISAH LAH..

      TOT 20% ATAU 30% ADALAH TEKNOLIGI YANG BELUM KAMI KUASAI SAHAJE LAH..

      Beberapa teknologi Honeywell aerospace seperti IntuVue Weather Radar, TPE 331 engine, dan Bendix/King avionics telah dipergunakan oleh berbagai penerbangan komersial, bisnis dan militer Indonesia seperti Garuda, Lio Air, Dirgantara Indonesia dan TNI.

      “Kami telah menjadi mitra pilihan PT Dirgantara Indonesia untuk penyediaan mesin TPE 331 dan avionik di mana dua teknologi ini menjadi standar di beberapa pesawat terbang yang diproduksi di Indonesia.

      Honeywell Indonesia Kuasai 15% Produk Sistem Teknologi Pesawat di Indonesia

      PTDI (IPTN) bersama CASA (Construcciones AeronΓ‘uticas SA Spanyol) melakukan rekayasa teknik pembuatan sayap pesawat NASA Airfoil menjadi PTDI Airfoil tipe NACA 653-218 yang sampai hari ini dipakai oleh pesawat CN-295 dan telah disertifikasi oleh badan sertifikasi nasional dan internasional seperti Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI, Institut Nasional untuk Teknologi Dirgantara Spanyol (INTA), dan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA).

      Maju pada era 2000, PTDI dipercaya menjadi pemasok tunggal rekayasa manufaktur sayap bagian depan pesawat komersial Airbus A380 dan A320, dengan produksi per bulan sekitar 40 set per tipe. Itu merupakan pesanan Spirit AeroSystems Inggris yang merupakan pemasok Airbus Group –pabrik pesawat terbang sipil yang bermarkas di Perancis.

      Kini PTDI bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan rekayasa teknik dan manufaktur pesawat perintis bermuatan 19 penumpang, yakni N-219.

      Selama ini PTDI memang menjadi subkontraktor untuk industri-industri pesawat terbang besar di dunia. Tak hanya Airbus Eropa, tapi juga Boeing dan General Dynamics asal Amerika Serikat, serta Fokker Belanda.

      Bukan cuma memproduksi dan merakit pesawat, termasuk helikopter, PTDI pun membuat senjata dan menawarkan jasa pemeliharaan mesin-mesin pesawat.

      Sudah paham dek?? MALINGSIAL ADA??? DI BERI TRUST??? KWKWKWKWK

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. Sangat dungu Malon yg 1 ini

      Hapus
    21. Ix ix ix gagal menjawab secara benar ix ix ix

      Hapus
    22. pertanyaanmu gila maha. yang bisa jawab benar orang gila.
      mana link kau cakap tu ada tak?
      pastinya bual je πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      kamu penyokong puak sodom israel

      Hapus
  2. Aq bosanlah min knp indonesia selalu yg diberitakan shopping dan shopping,knp tak tetangga sebelah diberitakan shopping

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro rempit@ bosan pula.
      ini kalau berminat berita lama tapi
      kalau beminat baca untuk refresing masa shoping.

      http://prokimal-online.blogspot.in/2014/11/usv-bonefish-kapal-perang-tanpa-awak.html?m=1

      Hapus
    2. Because when you shopping you just buy small in number plus ompong weapons,so the next shopping list just to completed the ompong weapons..as example at 2014 bought 1 ompong sigma then at 2028 buy ssm missile to put onboard ompong sigma.another example was basic variant sukhoi,after 10 years sukhoi entered TNIs inventory then indons buy the radar and bomb to complete the ompongness of sukhoi.get it.πŸ˜‚

      Hapus
    3. Hahaha...gak baca sipri dia...dasar malon

      Hapus
    4. Malon miskin itu hidup di atas pohon dan dalam gua.. makanya dongo kasian betul.. bahasa Inggris nya ngga membantu sama sekali wakikikikikik

      Hapus
    5. kalau komentar pasti ada kata² ompong dude -- itu untuk umpan.
      selanjutanya. nice job you disolve -- nah itu untuk menunjukkan umpannya berhasil.

      ya sudah hanya itu itu saja.
      kasih umpan.. ada komen salah .. you disolve.

      ya hanya segitu isi otaknya terima saja

      Hapus
    6. Unknown@ baca SIPRI biar ko tak cem dibawah tempurung Wkwkwk...iri ya lon kerana aset militer malon banyak yg ompong Wkwkwk...su30mkm dan mig29 malon tak boleh terbang kerana tiade sparepart,kapal malon hanya Kasturi n lekiu yg ada missile,kapal lainnya ompong semua tak de missile Wkwkwk...ish,ish

      Hapus
    7. @mat rempit

      Jangan suudzon gitulah, tak baik, karena tetangga kitapun "shoping" juga..."so pingsan" liat belanjaan kita, hhh

      Hapus
    8. @unknown Owh indonesia buy only small number...heli MD kecik malon only 6...OMG buy large number right..wkkwkkk

      Hapus
    9. Malaysia Miskin, kami tak ada pengexport jadi export maid utama Seperti Indonesia ok ix ix ix

      Hapus
    10. itu karena permintaan pm kamu. karena malon kayak kamu malas. hanya jual dadah. dan songlap wang negri.
      harap minum aspirin siapa tahu kamu kena keram otak mahatair.
      itu juga hawk dan mig kamu yang takde wang maintenance di ukar saja dngan sepeda angin

      Hapus
    11. Lebih halal dan terhormat exsport maid lon! demi membantu pembangunan negara ko yang rakyat nya pemalasπŸ˜† dari pada malon yang gemar kutip cukai judi legal dan jual dadah.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    12. Lebih halal terhormat ix ix ix Kenapa tak hapuskan aje cukai bir halal dan club malam Secara terhormat di indonesia ix ix ix..

      Masalah pengedar narkoba ada mana2 malah di malaysia pun ada Kami gantung pengedar narkoba dimalaysia, kalau mereka edar dadah tembak aje mati Jika rakyat malaysia lakukan jenayah ok habis cerita ok, kami tak hina seperti indonesia takut kengaroo lepaskan penjenayah pengedar narkobar dari kengaroo itu ok


      https://m.detik.com/finance/bursa-dan-valas/d-2011414/wow-produsen-bir-bintang-setor-cukai-rp-880-miliar-tiap-tahun

      Hapus
    13. eleh jadi berapa pendapatan malaysia dari minuman alkohol. buka dan kamu akan mati kaget.
      berapa cukai malaysia dari tempat kelab malam.. kamu twhu bisa jantungan.
      berapa cukai masuk ke malaysia dari tempat judi genting highland?
      kamu tahu bisa lepas bola mata.
      jangan tuduh negara lain haram kalau kamu pun halalkan yang haram.
      berapa besar nilai dagang malaysia israel?
      ya itulah kamu penyokong puak sodom israel

      Hapus
    14. Malon lebih terhormat ambil cukai judi bir halal, dan dadahπŸ˜†.. Malon juga banyak mengexsport teroris.. Malon Berniaga dengan Israel hingga Israel untung besar πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    15. lah emang knp indonesia tak boleh trima cukai bir, alkohol.
      coba tunjuk dimana salahnya hayoo.

      masa gak tau indonesia negara republik bukan seperti negaramuh cuy haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      om mahat batuw sekolah lagi dech, selain gak ngerti cara buka SIPRI bkn SUPRI, pelajari tehnik pernapasan yoga biar tnang okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ haha!😊😊😊

      Hapus
  3. saya curiga satu skuadron Eurofighter typhoon menggantikan Hawk dipekanbaru karena sama2 buatan BAE.. πŸ˜„πŸ˜„.

    3 skuadron F-16 Blok70/72 Viper tetap dibungkus untuk membuat skuadron baru di timur Indonesia.. uyyyeeeeeeaa...

    BalasHapus
  4. f16v , kandidat paling kuat

    su35 nggak ditawarkan untuk pengadaan 3 skadron

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan SU-35 sudah dapat jatah menggantikan F-5 tiger.

      Hapus
    2. Heavy fighter maah gk usah bnyk" mas. Setidak ny F16 untuk operasional pengamanan aj

      Hapus
  5. f16v , kandidat paling kuat

    su35 nggak ditawarkan untuk pengadaan 3 skadron

    BalasHapus
  6. Berita berita seperti ini yg bikin forumer Melayu meradang.

    Saat tetangga tetangga nya shopping, mereka cuma bisa melihat, mendengar dan ikut komentari. Sambil menghayal negara mereka bisa belanja, bisa produksi sendiri.. tapi cuma sampai khayalan saja.

    Kembali ke kenyataan mereka, didalam negeri mereka menghadapi masalah masalah (politik,ekonomi) yg kembali akan menasehati diri mereka sendiri dan akan berujar tidak mungkin bisa segera terjadi belanja besar dinegara mereka saat ini.

    Negara manakah itu???? ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadis nih om agung wkwkwkw

      Hapus
    2. Ciri ciri negara ini. Yg melatih kemampuan tempur pasukan khusus dengan cara :MAKAN CABE ???

      Wkwkwkwk

      Hapus
    3. Ciri ciri lain nya, saat bertempur pesan makanan cepat saji???

      KFC

      What the fuck???

      Hapus
    4. Ciri ciri selanjutnya negara ini pernah menciptakan senjata hebat dng nama :

      Vita Berapi

      Hahahaha ga banget namanyaa

      Hapus
    5. Masih lanjut ya..

      Ciri ciri negara ini, negara Mayoritas Muslim, tapi makan Cukai dari tempat Perjudian (Genting)

      Astaghfirullah aldzimmm

      Hapus
    6. Ciri ciri negara ini selanjutnya..
      Tentara tangguh mereka sangat terkenal.

      Karena sering pingsan jika sedang Barus berbaris..

      Wkwkwkkwkw (tentara kebiasaan di manja)

      Hapus
    7. Ciri ciri selanjut nya :
      Tentara negara ini sangat sabar, saat kedatangan puluhan kapal kapal nelayan di wilayah yg mereka klaim.. tapi diam saja, dan di provokasi kapal angkatan laut negara lain diam saja.

      Seolah olah mereka tidak lihat (padahal takut hahahahaha)

      Hapus
    8. Silahkan di lanjut teman teman, ciri ciri negara yg katanya haibat dunia akhirat ini..

      Wkwkwkw

      Hapus
    9. Wahhh jgn gt lah broo...tak de mereka take ask lah. Cem mana jika mereka merajuk Kat bilik termenung GA mau nongol d mari lagi?????
      Hayoooo mimin mau tanggung jwb

      Hapus
    10. Malon tuh selalu berkhayal,mimpi dan onani otak teknologi negaranya setaraf USA dan Rusia...apa mau dikata kerana berotak beruk kemampuan otaknya cuma 1 cc jd hanya bermimpi menyaingi teknologi USA dan Rusia,contoh jet pejuang PTM Halimun generasi 6 adalah salah satu contoh malon onani otak dan berkhayal teknologinya boleh setaraf USA Wkwkwk...sadar lon,nanti gila nanti Wkwkwk

      Hapus
    11. Tak salah bermimpi ok, janji kami tak seperti indonesia menipu rakyatnya sendiri ok om Mat lampir.

      Berbohong cakap hawk sebenarnya F16 c/d bakal kubur ke pusara pada 2023 ok

      Hapus
    12. justu umno kamu tuh penipu demi menghamba ke inggris. jilat je elisabet kekal sampe 999 tahun.
      kamu ditipu gowind buatan tempatan. gempita buatan tempatan.. ternyata import dari turkey.

      mental umno menipu rakyata malaysia

      Hapus
    13. Mahataik bodoh bin goblok bin tak de otak F-16A/B yang di beli indonesia tahun 90an saja masih aktif sampai sekarang.. apalagi F-16C/D Indonesia yang datang terakhir 2018.. ko pikirkan lah TUDM yang pesawat nya sedikit dah banyak dah usang itu mau jadi apa tahun 2023 sedangkan Malon tak ada uang buat beli baruπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    14. Betul bro teddy.. PASUKAN TIDAK KHUSUS MEREKA.. SUPAYA MENSYAHKAN JD PRAJURIT DISURUH MAKAN CABE..

      MMG GOBLOK PARA JENDERAL DISANA.. TAH DAPAT INSPIRASI DARI MANA LAH MEREKA.. ILMU KETENTERAAN DARI MANA DIA BELAJAR.. WKKWKWKWKWKWKWWK..

      SAKIT X PERUTKU BNYK KETAWA KLW INGAT MAKAN CABE TENTARA..

      Hapus
  7. Balasan
    1. Parlemen nya bubar bro.. sebentar lagi Sabah dan Serawak memisahkan diri..

      Sakiiittt

      Hapus
    2. Waduh Macam mana nie *_*

      Hapus
    3. Dusta la tu......



      Yuk gan mending gabung kat mari je... 😬😬😬

      Hapus
    4. Sabah belong to philippines,sarawak belong tp china bila SSKM berlaku Wkwkwk

      Hapus
  8. Apakah benar Hawk dan Tiger TNI umurnya sudah kadaluarsa ? Kapan ya terakhir beli keduanya ? Bila jarang dipakai alias disimpan saja dihanggar kira2 bakal ngurangin umur gak ya ? Padahal kalo gak salah TNI punya simulator training lho for Hawk, Leopard Tank dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin hawk dialih fungsikan jadi pesawat latih dan serang ringan bung super seperti T-50. Menurut bung super pesawat apa yg cocok buat gantikan Hawk pekanbaru.?? Mungkinkah typhoon karena sama2 produksi BAE..??

      Hapus
    2. Yapp setuju sma om bagaZz,, untuk latih dan tempur taktis d alihin k golden eagle,,,jdi unutk skod hawk akan d naikan kelas nya jdi intersep..

      Hapus
    3. Hawk beli taun 90an..
      Kalo kalo Hawk ke Typhoon bukan ganti namanya, tapi naik kelas jauh....qiqiqi..

      Typhoon kan calon buat interceptor baru, yang setara Hawk ya F/A-50...
      Tapi kok Kasau maunya gen 4,5 up buat gantiin...
      Berarti fix bakal naek kelas tuuu..mantaf brooh..

      Hihihi

      Hapus
    4. Kamu semua baca secara halus ok pakar ketenteraan indonesia tahu Anasisi pesawat f16 c/d dan hawk kian menjadi tua 2023 jika gak gantikan akan menyebabkan pertahanan udara indonesia menjadi lumpur, pakar ketenteran indonesia gak lagi mengharap kfx itu menjadi sebahagian indonesia, kerana kelewatan projek Kfx yg sedang dijalankan Menjadikan tentera udara indonesia menjadi lumpur 2/3 hawk dan f16c/d akan tanam ke pusara 2023..

      Kamu semua kena tahu kenapa ia sebut hawk sedang pesawat latihan dan serang ringan Ia dah ganti dengan pesawat fa50 dan super tukano, kenapa pakar ketenteraan indonesia tak berani sebut pesawat f16 c/d akan Akan tanam kepusara 2023, memang tak telor punya pakar ketenteraan indonesia ini

      Hapus
    5. analisa kamu seperti perancang ide ptm gen 6.
      apa kamu pula yang merancang ptm gen 6 mahatair?
      itu sama ngawurnya

      Hapus
    6. Mahatai Malon ada Wang tak ganti pesawat usang? Indonesia 60 pesawat siap borong di tahun 2019.. Malon miskin sampai sekarang belum ada program ganti pesawat usang.. Kasian Malon tahun 2020 mungkin hanya guna pesawat kipas karena sisa pesawat jet dah pada jadi besi buruk tapi beli jet pun tak mampu wakikikikiikik

      Hapus
    7. Ramai tak berani jawab apa cakap aku ini ok

      Pesawat f16c/d akan tanam ke pusara 2023 ok
      Jika lihat pesawat hawk dah gantikan pada pesawat fa 50 dan pesawat super tukano itu..

      Jadi apa rancangan indonesia untuk ganti pesawat f16 c/d 2023 jika kfx selalu minta tampoh dan dana

      Hapus
    8. Lepas tahun 2020 Pesawat TNI AU makin banyak tapi pesawat malon miskin makin Ciput dan usang kasian.. Malon ada Wang tak ganti pesawat usang wakikikikiikik

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. mahatair ni lama lama kok tidak tambah pandai.
      ada kah link yang menyatakan itu? kalau hanya perkiraan kamu ya akal kamu belum sampai untuk berfikir sehat.
      mana orang mau percaya
      bentar lagi kau melancap pula kat gubuk gila.
      kehkehkeh maha maha

      Hapus
    11. Mahairi@ setakat nih indonesia dah beli Su35,sebentar lg 3 skuadron baru akan ditubuhkan,kenapa ko risau lon indonesia ada rencana beli F16 Viper,jadi knp pula ko yg risau lon,ko pikirkan lah sama mig29 dan su30mkm ko tuh yg tak boleh terbang tuh,ko pikirkan pula pengganti nuri,f5 dan hawk ko tuh

      Hapus
    12. Pesawat hawk kata mahataik mau di ganti super TucanoπŸ˜….. makin goblok aja Malon seekor ituπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    13. @superstar

      Duluuuuu...f-5 kita pernah latihan dogfight lawan f-18 aussy dan ternyata kualitas pilot2 kita masih jempolan.

      Tapi kekurangan f-5 ada pd daya dorong mesinnya yg kecil kalo diajak "nanjak"...aslinya pake mesin GE j-85, mulane punya singapore&RTAF diganti mesinnya pake GE F-404 !!!

      F-404 ki mesin yg sama yg mentenagai T-50 dan gripen c/d...jd kalo ikut2an ganti mesin kayaknya mubazir, mengingat usia airframenya yg sudah menua, lantaran dipakai matroli wilayah udara kita yg luas

      Hapus
    14. @Malon aka mahairi bloon...dy gak sadar hawk 108/208 nya lebih uzur daripada punya tni au...wkwkkwkk indonesia aja mw ganti hawk malon kapan...? Owh iya lupa F 5 & MIG 29 aja belum di beli penggantinya...hiiihiiii

      Hapus
    15. Mahataik itu setarap otak kerbau! Keadaan TUDM malon sangat parah padahal kalau tak dapat pesawat baru tahun 2020πŸ˜ƒ

      Hapus
    16. Seingat saya, dulu wacana pengganti Hawk ya FA-50. Alasannya sederhana, pesawat latih ya diganti dengan pesawat latih. Tapi dengan yang lebih modern. Dan bisa dijadikan llatihan buat pilot untuk bawa mainan 5th Generation Fighter. Atau mungkin sudah berubah lagikah.

      Hapus
  9. Nggak tanggung-tanggung 60 pesawat tempur lho! (tidak termasuk SU 35) aseeeek.. Tahniah Indonesia \^_^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun yg terjadi Viper tetap percaya diri broh... tuh LM balik nawarin lagi hehehehe

      Ditunggu tawaran sales Grippen, Tornado dan MIG35.

      Btw... kalimat pengadaan alat angkut berat sebanyak 5 unit Herky apa pengganti info awal akuisisi 5 unit A400M ya ? Dan lucunya di daftar SIPRI ada signed, waiting for delivery 20 mesin A400M for sparepart.. πŸ˜€

      Kalau 6 unit helikopter gw masih berharap Chinook lah... biar variatif pake heli kitiran ganda. Rusia nanti kebagian pesawat amphibie, kapal selam dan 50 unit BT3F atau BTR80A. Biar adil kiri kanan.. hehehe

      Hapus
    2. Aduh om.. pelan pelan

      Ada yg terguncang itu..liat kita shoping macam macam, banuak pulak

      Just kissing..

      Lanjutkan!!!

      Hapus
    3. Aduhh pelan pelan Omm..ada yg terguncang.

      Saat negara nya gonjang ganjing parlemen bubar.. disini mau pesta besar belanja besar..

      Just kidding..

      Lanjutkan!!!

      Hapus
    4. Shopping ompong weapons will make all asean country laugh out loud πŸ˜‡

      Ok serious question I need to know.
      When you want to equiped ompong sukhoi and frigate and corvete with missile and radar?ohh,not to forget kcr 40/60 also. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Well malonsial we have money to buy anything Not like poor malonsial.. I know this is very Hurt for poor malonsial..

      I need to know poor malonsial we have everything for armed force Su 35,Apache,Full combat Frigate,Corvette,KCR 40/60 full combat capabily.. missiles, radar along with flatform we can buy.. I know this is very hurt for poor malonsial wakikikikikik



      Hapus
    6. Star@ kalau Viper udah yakin lah kalau itu.. A400 dah fix lah kalau itu kalu heli masih tunggu konfirmasi.. bener kita lagi nunggu yang dari Russia kebagian jatah apa nih wakikikikik

      Hapus
    7. Potong potong bakar

      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    8. Ambil FA50 sekalian lisensi kalo bisa... :)

      Ni orang pke inggris biar dikata pinyer kali yak? Sayang malah diketawain ntr. Kalo org phil baca.

      Hapus
    9. Kalo saya kenapa gak stuju klo tni beli f 16 v karna kalo kita pun jdi mngkin akan jdi pelanggan atau produksi trakhir karna lokeed sendri mw closing produksi f 16 efek nya psti kedepan mya untuk ketersediaan suku cadang pesawat itu sendri..klo sya lebih baik pilih thypoon atau yng lain nya sprti rafael or gripen e/f

      Hapus
    10. Arif apapun yang di beli selama itu terbaik macam F-16, Rafael, grifen, typoon saya sih setuju2 aja

      Hapus
    11. Yng psti klo kita pilih thypoon or gripen akan lebih banyak tot nya yng bnyak bermanfaat buat industri dalam negeri atau mungkin beli dri rusia bisa su 35/mig 35 yng jauh lebih ekonomis krna kita bisa pakai skema sprti su 35,,, ketimbang beli dri amerika yng pelit tot dan bnyak embel"a..kalau menurut kalian! !

      Hapus
    12. @mMD Mudah"n kasau paham dan jelli sbelum buat keputusan.. Congra buat tni ..

      Hapus
    13. Kalau yang saya lihat sih mengarah ke F-16 Viper dan Typoon.. tapi tunggu ajalah perkembangan selanjut nya mudah2an pilihan ente bisa kepilih bro.. kah kah kah

      Hapus
    14. Klo ambil F16V bisa minta lisensi biar kayak kroya. Kan dikita ambil banyak. Sekalian tot jdam nya.

      Hapus
    15. Offset yang di tawarkan F16V ini

      To provide an example of what an F-16V purchase might provide for Indonesia from an industrial standpoint, Lockheed Martin highlights its activities in Korea, where KAI has co-produced the F-16. This work led directly to KAI’s T-50 advanced trainer, which serves with Indonesia, while offset agreements associated with Korea’s F-35 programme have brought Lockheed Martin in as an engineering services and support partner to the KF-X fighter, a project in which Indonesia has a 20 per cent stake.

      http://www.janes.com/article/65244/long-range-and-commonality-indodef16-d3

      Hapus
    16. Unknown@ ko lihatlah list SIPRI tuh lon biar ko tak cem katak di bawah tempurung kerja ko idiot

      Hapus
    17. Padahal malon cuma beli 6 heli Kecik comel udah bikin Formulir Indonesia,singapura,Philipina ketawa guling guling dah itu ambil meriam hibah aja pending karena kurang dana.. cukup bikin forumer militer Asean ketawa sampe pingsan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    18. 6 heli buat tni au..menurut PT.DI pihak tni au sudah order tambahan EC 725 caracal & 9 pesawat NC 212...kalau chinook mungkin TNI AD yg mau beli bukan untuk TNI AU

      Hapus
  10. Indons Hawk will be replace by F16V starting 2021 (Renstra iv)..it is the same timeline as Malaysian MRCA program will start, then Indons said Malaysian MRCA is a long long long long time from now with sacarstic comment,so its mean Indons new fighter program also long long long time from now πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Ohh,dont forget to buy the radar and missiles together. πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit ya.. lihat negara mu berantakan wkwkwkw

      Parlemen bubar broo

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dont show your dumbness,find the reasons why malaysian parlimen dissolved.all country do that before Pemilu.
      Ohh man,I never thought indons education very low like this..even simple formation of gorvenrment your forumer dont know πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. RAKYATKU.COM, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Tun Abdul Razak, resmi membubarkan parlemen Malaysia mulai hari ini, Sabtu (7/4/2018).

      Dilansir kantor berita Malaysia, Bernama, Jumat (6/4/2018), PM Najib mengumumkan pembubaran parlemen Malaysia di kantor PM Malaysia yang ada di Perdana Putra Building di Putrajaya.

      Pengumuman ini sedikit berbeda dari kebiasaan, di mana penyampaian pengumuman dan pembubaran parlemen biasanya dilakukan pada hari yang sama. Untuk kali ini, PM Najib menyatakan pembubaran parlemen akan dilakukan sehari setelah pengumuman.

      "Saya ingin memberitahukan semua warga Malaysia, bahwa saya telah melakukan audiensi dengan Yang di-Pertuan Agong ke-15, Sultan Muhammad V, dan meminta izin dari Yang Mulia untuk membubarkan parlemen ke-13 pada Sabtu, 7 April 2018," ujar PM Najib dalam pengumuman khususnya.

      Dikutip dari media lokal Malaysia, New Straits Times, Jumat (6/4/2018), pembubaran parlemen ini secara efektif mengakhiri masa jabatan seluruh anggota parlemen, baik pusat maupun daerah.

      Rakyat Malaysia nantinya akan memilih anggota Parlemen baru melalui pemilu. Waktu pelaksanaan pemilu akan dimumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Malaysia.

      Menurut pasal 55 ayat 4 Konstitusi Federal Malaysia, pemilu harus digelar setidaknya dalam jangka waktu 60 hari usai parlemen dibubarkan.

      Langkah Najib ini direspons keras lawan politiknya, Mahathir Mohamad. Dilansir Reuter, Sabtu (7/4/2018), eks PM Malaysia itu yang nantinya akan kembali bersaing dengan Najib di pemilu Malaysia, menyebut pesta demokrasi di negeri jiran tersebut akan berlangsung tidak adil.

      "Haruskah Najib memenangkan pemilihan ini melalui trik dan kecurangannya? Sebaiknya kita berikan selamat tinggal kepada demokrasi dalam pemilu yang ke 15, 16, 17," kata Mahathir dalam sebuah konferensi pers.

      Mahathir sudah menduga langkah curang Najib dalam pemilu ke 14 ini adalah saat partai politik Mahatir diperintahkan untuk bubar sementara. Pembubaran itu disebabkan partai Mahathir gagal menyerahkan dokumen yang memadai untuk persyaratan pemilu.

      Mahathir juga menyebut, yang dilakukan Najib adalah langkah tirani. Dia menuduh Najib melakukan kecurangan untuk memenangkan pemilu dengan meneror lawan-lawannya.

      Untuk diketahui, ada 14,9 juta pemilih terdaftar yang memiliki hak suara untuk memilih dalam pemilu mendatang di Malaysia. Pemilu terakhir di Malaysia digelar 5 Mei 2013, setelah parlemen dibubarkan pada 3 April.

      Para pengamat politik setempat memprediksi pemilu paling cepat digelar akhir bulan April ini atau awal bulan Mei. Nantinya akan ada 222 kursi parlemen pusat dan 505 kursi parlemen wilayah yang akan diperebutkan dalam pemilu.

      Ayo, perang lah diantara kalian wkwkwkw

      Hapus
    4. Nice job dude,now you know the reasons of dissolves..thumbs up πŸ‘
      Learn more about politics and nation

      Hapus
    5. @unknown korang tak bangga kah guna bahasa beruk malon?? Kahkahkhakha

      Nak dikira orang pintar kerana cakap english?? Kahkahkahkah

      Or kerana babu british jadi gune english language? Kahkahkahkah

      OMG, MALON STILL BABU BRITISH UNTIL NOW KAHKAHKAHKAH

      Hapus
    6. Ya dan kalian akan saling menjatuhkan.. karena partai Mahatir dilarang ikut pemilu..

      Silahkan gonjang ganjing politik kalian akan membuat perpecahan di negara negara bagian.

      Mulailah Demo lagi kawan. Hahahaha hancurlah negara mu

      Hapus
    7. Langkah Najib ini direspons keras lawan politiknya, Mahathir Mohamad. Dilansir Reuter, Sabtu (7/4/2018), eks PM Malaysia itu yang nantinya akan kembali bersaing dengan Najib di pemilu Malaysia, menyebut pesta demokrasi di negeri jiran tersebut akan berlangsung tidak adil.

      "Haruskah Najib memenangkan pemilihan ini melalui trik dan kecurangannya? Sebaiknya kita berikan selamat tinggal kepada demokrasi dalam pemilu yang ke 15, 16, 17," kata Mahathir dalam sebuah konferensi pers.

      Mahathir sudah menduga langkah curang Najib dalam pemilu ke 14 ini adalah saat partai politik Mahatir diperintahkan untuk bubar sementara. Pembubaran itu disebabkan partai Mahathir gagal menyerahkan dokumen yang memadai untuk persyaratan pemilu.

      Mahathir juga menyebut, yang dilakukan Najib adalah langkah tirani. Dia menuduh Najib melakukan kecurangan untuk memenangkan pemilu dengan meneror lawan-lawannya.

      Hapus
    8. Ayo sudah... Selundupin Sanjata buat askar hentak hentak bumi yuk.....
      Nuklir plasma petasan mercon banting

      Hapus
    9. Kasian Malon kah kah kah

      Hapus
    10. Pak Mahatir sampai turun gunung lagi..salut buat beliau. Semoga sehat selalu & diberi kekuatan...aamiin.

      Hapus
    11. Malon bubar asean damai sejahtera... Aamiin

      Hapus
    12. Unknown@ indonesia dah ganti F5 dgn Su35,hawk dgn jet pejuang gen 4,5 dan ada penambahan 3 skuadron baru sementara malon nak ganti mig29 dan f5 mesti tunggu masa 20 thn lg Wkwkwk...kalo cem nih baguslah mati sahajelah ATM tuh Wkwkwk

      Hapus
    13. Jadi lupa om rempit, kayakbudah lamaaaaa banget wacana mereka milu gaanti.. Wacana mereka nyolong start, tp finishnya kita duluan.. Betapa mereka itu pekok.. Mosok dari jama bahulak, mrca bru mau di realisasikan thn 2021..di samain sma kita, pdhal sukhoi kita dh dateng baru full arm jg... Mosok ngomkng nya english terus tapi pekok... Namanya unknown apa karena tak yakin dg kewarganegaraanya sendiri ya... Harusnya namaya pe a', anak pe'a, maha pe a', dein pe a' dll.. Jadi sedih saiyaπŸ˜‘πŸ˜‚

      Hapus
  11. MRCA starting 2020,same as your F16V to replace Hawk fighter..also akan right πŸ˜‚

    BalasHapus
  12. MRCA malon tak akan pernah start karena wang disonglap Najib and Rosmah mansoor.. kahkahkah.. πŸ˜…πŸ˜… Malon lebih baik jual seluruh johor kepada china agar dapat uang lebih buat beli weapon.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  13. Bagus, bagud NKRI perlu banyak senjata untuk menghadapi ancaman cina komunis. Waspada, waspada bahaya cina komunis dengan anjing-anjing cina di dalam negeri

    BalasHapus
  14. Ok,I've read a lot about 'shopping things' commented by Indons forumer,so lets talk about it.πŸ˜‡

    This is a very hot topic 😯 (but very sensitive for indon πŸ˜‚) since there was also discussed by other Asean military forum esprcially in Malaysia.πŸ˜‚πŸ˜‚

    Indons very love to shopping new weapons,the question is why Indons very like to get only hull and airframe without buying together with radar,sensor,missiles,bom and so on to get a complete package of weapons.It is better the fund that you have to buy new airframe and hull like Su35 and next batch of PKR sigma uses to buy a missiles and pods for donated F16 and old basic Sukhois,buy a new missiles for PKR,ex Brunei corvete and old Dutch corvete that already expired,buy the REAL missile for both KCR40/60 πŸ˜‚πŸ˜‚ and dont forget to upgrade your banci TNIs SDM by set up a real training for you commando so they will not get busted again by Malaysian police next time when they want to be a bajak laut.

    There was some comment by concerns Indons forumer for their belove TNI and ompong things.Like I said,it is a reality not hoax.

    "INDONESIA BELI F-16 JIKA TERJADI PERANG DENGAN SONORA, SONOTAN DAN MALINGSIAL, TNI GA PUNYA TARING.

    1. BAKAL DI EMBARGO
    2. JIKA RUDAL F-16 HABIS TENTU JD OMPONG.
    3. KALAH

    F-16i MAU LAWAN SU-30MKM, F-16SG, F/A-18RAAF, F-15SG DAN F-35RAAF?

    LAWAN PLAAF??

    HANYA SUKHOI YG MAMPU MELAWAN."

    "ini contoh beli senjata yo koyo gino, lengkap selengkap-lengkapnya, jgn ngeteng teng teng teng"

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown korang tak bangga kah guna bahasa beruk malon?? Kahkahkhakha

      Nak dikira orang pintar kerana cakap english?? Kahkahkahkah

      Or kerana babu british jadi gune english language? Kahkahkahkah

      OMG, MALON STILL BABU BRITISH UNTIL NOW KAHKAHKAHKAH

      KESIAN KESIAN KESIAN! KAHKAHKAHKAH

      Hapus
    2. Jgn ladeni anjing sampah satu ini..
      Dia menangis sebetulnya kalo kita kuat hahahahaha

      Hapus
    3. Kenyataan memang menyakitkan buat Malon seekor itu.. coba bayangin TUDM Malon
      8 bijik hornet usang
      15 bijik hawk
      18 bijik su 30 mkm banyak yang ngga terbang karena kurang sparepart

      Apa yang di harapkan? lon malon
      Coba bandingin dengan TNI AU
      Wakikikikikik

      Hapus
    4. Unknown ne orangnya pendek.. Item.. Rambut Ikal... Jerawatan... Hidung besar.. Perut buncit...

      Gigi maaf tonggos digit.

      Ketek parah bgt baunya

      Hidup... Mmmmmmm sebatang Kara. Ini jg online pke hape hadiah orang... Merek...huawei

      Betul g

      Hapus
    5. Hihihi agen umno untuk bulan ini si unknown yak? Si anak perek melipir dulu, bulan besok siapa nih yang bertugas? :v

      Hapus
    6. Tu sdh tak terawang bro... Orangnya ternyata gt... Rak bejaji blas.

      Hapus
    7. kalau komentar pasti ada kata² ompong dude -- itu untuk umpan.
      selanjutanya. nice job you disolve -- nah itu untuk menunjukkan umpannya berhasil.

      ya sudah hanya itu itu saja.
      kasih umpan.. ada komen salah .. you disolve.

      ya hanya segitu isi otaknya terima saja

      Hapus
    8. Situa.. ente hobby mancing maniak yaa...
      Analisanya sampe kemancing... kehkehkeh..
      😁

      Hapus
    9. itu pelajaran troller tingkat dasar gan
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Sumber nya Si unknown di atas pake komen troller juga di trit Jakarta greater..πŸ˜„πŸ˜†πŸ˜† Malon kalo dengki emang udah ga pake otakπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    11. Unknown@ idiot,nak hadapi cina sahaje negara ko tak de yg bantu Wkwkwk...FPDA ko tuh takut sama cina Wkwkwk...singapura berteman erat dgn cina kerana singapura dapat makan dari cina,australia asetnya banyak yg di gadai ke cina jd australia takut kpd cina,tinggallah malon sendiri dgn guna Su30mkm yg tak boleh terbang menghadapi cina yg punya beribu2 jet pejuang Wkwkwk
      Kami tak takut kena embargo kerana negara kami step by step belajar bina weapon cem submarine,frigate,jet pejuang,missile dll,bkn cem malon yg boleh hanya beli dan beli,selagi tak de wang beli weapon matilah malon tuh,nak bina weapon otakpun cuma 1 cc Wkwkwk

      Hapus
    12. Ix ix ix tak kesiahan pun Mat lampir semua senjata bukan buat sendiri pun ok, bettry pun terpaksa beli ok ix ix ix, kapal selam pun tukar kulit pun kena pergi korean ix ix ix ix,Hawk spare part pun dapatkan dari malaysia semasa kena embargo dulu ok..
      Belajar apa benda mat lampir kalau setakat Sediakan dana kfc pun lambat Kes bukan sekali dua kali dan banyak kali pun.
      Cakap malon tapi malon lebih maju dari kamu itu indon, Cakap bangsa indonesia kamu jual diri sendiri harga mati bisa beli dengan rupiah maid, lihat apa terjadi di indonesia maid dia lelong harga mati bisa beli dengan rupiah di arab suadi sebab kegagalan menyediakan perkerjaan di indonesia, Kegagalan menyedia pendidikan pada rakyat kamu sehinggakan ramai jadi maid, data bagi world bank export maid terbesar ialah indonesia

      Hapus
    13. su30mkm hanya dua yang beroperasi karena kesulitan memenuhi spareparts yang bercampur antara barat dan timur.

      tank pendek pendekar pun menghadapi masalah serius karena modifikasi kendaraan dari t72 di pasang rantai traktor sawit.

      apabila hawk pun hanya satu beroperasi karena ketiadaan ahli maintenanse juga issue orang tengah menjual enjin

      vita berapi meraih penghargaan piala nobel perdamaian karena senapan ini tidak pernah menembak kecuali di planet mars

      helikopter antik nuri ditambahkan tenggekan enam supaya kuat membawa sawit

      untuk md 530 guna angkut tok bomoh kelapa super

      Hapus
    14. Jiaaaah, merdeka nggaknya aja gk jelas malah ngajarin hahahaha

      Hapus
    15. ada yang ngerti ngga bahasanya maha mahatair ?

      Hapus
  15. No no no,Johor will no be like freeport,papua,sipadan and ligitan because of the idiots of Indons,opssss πŸ˜‚

    BalasHapus
  16. Opppsss gagal move on dude


    πŸ€‘

    BalasHapus
  17. 60% aset negara Malon di jual Kat China kasian betul wakikikikik

    BalasHapus
  18. "Menhan Setujui Penambahan Alutsista TNI AU

    Yaitu pesawat angkut Hercules tipe J, helikopter dan 12 radar baru.

    Bernard Chaniago , Oke Dwi Atmaja : Sabtu, 07 April 2018 | 15:56 WIB
      
    Suara.com - Personel TNI AU melakukan pemeriksaan pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta , Sabtu (7/4). Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyetujui penambahan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AU yaitu pesawat angkut Hercules tipe J, helikopter dan 12 radar baru. [suara.com/Oke Atmaja]"

    https://m.suara.com/foto/2018/04/07/155613/menhan-setujui-penambahan-alutsista-tni-au

    BalasHapus
  19. kalau komentar pasti ada kata² ompong dude -- itu untuk umpan.
    selanjutanya. nice job you disolve -- nah itu untuk menunjukkan umpannya berhasil.

    ya sudah hanya itu itu saja.
    kasih umpan.. ada komen salah .. you disolve.

    ya hanya segitu isi otaknya terima saja

    BalasHapus
  20. Malasya miskin nya tiada tara lagi mendunia.. semua negara rantau dah tahu malasya miskin teruk kayak beruk.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian betul nasib malon bro.. jiran sekitar nya shoping terus banyak Malon disini jadi kepanasan wakikikikik

      Hapus
    2. boleh buka toko ubat nih bro. aspirin banyak peminat nih nampaknya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Silakan bro soal nya Malon2 BENGAP di sini bosan di forum militernya karena tak ada perkembangan.. tapi malon disini makin sakit kepala karena Jiran nya yang satu ini shoping teruss tak henti henti.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Kahkahkah.. betul kesian nye nasib jiran malon tu.. nasib malon di ujung tanduk.. kritis.. dah mulai delusi halusinasi.. bentar lagi kita pasung malasya biar ga ganggu kegiatan shoping jiran2 nya.. goahahahahaha

      Hapus
    5. Malon sudah miskin,otaknya pun bodoh,claim selalu kerjanya,biar nampak pintar di claim lah gowind,gempita buatan tempatan Wkwkwk...selepas tuh malon cakap akan bina jet PTM halimun generasi 6 Wkwkwk...lon,lon kl mimpi tuh yg realistis aja lon,jgn mabuk cukai judi aja ko selalu lon

      Hapus
    6. Tak apa yg penting pesawat kfc kamu siap uji 2030, tahun 2035 baru kamu terima Pesawat kfc, semua pesawat f16 c/d bakal kuburkan ok Tahun 2023, pesawat berat hanya tinggil 15 sukhoi aje ix ix ix

      Hapus
    7. Wkwkwkwkwk mahatai dungu menjadi peramal macam tok bomoh kelapa..πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      Malon 2023 pesawatnya dah berada di kedai besi burukπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    8. Mahairi@ thn ini aja indonesia tambah SU-35 apalagi thn 2023 makin bertambah jet pejuang indonesia bkn cem malon nak ganti jet pejuang expired pun di mulakan 2020,itu pun kl ada duit Wkwkwk...kl tak de duit mati sahajelah TUDM ko tuh Wkwkwk
      Ko tak pernah baca F16 C/D indonesia semua kena ganti dgn F16 Viper bkn cem malon nak ganti pesawatpun mesti tunggu masa 20 thn lg...ish,ish malunya

      Hapus
    9. Hahaha.. Syem kalo ku baca maha lencung lama lama comel menggemaskan hahahaha

      Hapus
    10. F -16 C/D expired 2023..wkkwkkk malon2...batch terakhir kirim 2018...masa pakai 10 thn..2028 lah malon hitungannya..itupun masih bisa diperpanjang lg masa terbangnya kalau di program SLEP lg..namanya juga F 16 pesawat bandel..wwkkkwkkk yg F 16 A/B lg di upgrade ya expirednya capek deh...Long Life F 16....Bravo...!!!

      Hapus
    11. F 16 A/B tni au lebih uzur dari MIG 29 rmaf....tapi F 16 masih menAngkasa...Mig 29 --> go to muzeum....wkkkwkkk

      Hapus
    12. Lebih uzuran Herky A/B, battle Trikora proven lagi...

      hwihihi.. :)

      Hapus
  21. Unknown@ MRCA ko tuh baru dimulakan thn 2020,itupun bila ada duit Wkwkwk...sementara sebelum 2020 dah ada jet pejuang baru Su35 dan bentuk 3 skuadron baru sementara malon tunggu masa 20 thn lg beli jet pejuang Wkwkwk
    ...kl cem tuh alangkah baiknya ATM tuh mati sahajelah Wkwkwk

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Idiot Malon biarkan 60% aset negara nya di beli China.. idiot Malon takut sama nelayan china.. idiot Malon negara nya di rasuah sampai bangkraps tapi tak berani melawan dan penjara pelaku nya.. idiot makan rela jadi anjing jaga istana penjajah nya.. idiot Malon pulau batu puteh nya di ambil Singapura.. idiot Malon juga rela kutip cukai judi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  24. Pernah makan gado-gado... pasti ia krn ia amat t'kenal. bisa lihat dalam nya...b'mcm jenis bahan2...tapi bahan-bahan nya tidak banyak... itu sedikit.. ini sedikit...semua sedikit.. begitulah... ceritanya sebuat angkatan yang bersifat gado-gado... tapi tetap best...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ye lah sikit sikit macam negara 1 niπŸ˜…
      Hawk 208 =13
      F/A 18 Hornet Clasic=8
      Su 30mkm = 18

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜…

      Hapus
    2. ya malon tuh gado gado

      su 30 mkm di isi peralatan gado gado
      tank pendekar ambil dari t72 di isi peralatan gado gado.

      Hapus
    3. ya malon tuh gado gado

      su 30 mkm di isi peralatan gado gado
      tank pendekar ambil dari t72 di isi peralatan gado gado.

      Hapus
    4. Tp mengenyangkan... Perut yg kosong jadi terisi.. Tenaga jadi bertambah..

      Hapus
    5. Hawk malay only 6 ready operational...Hornet only 4...Su 30 mkm only 4.....what...happened..aya naon...?? No money..no sparepart..no operational...Sabar ya Lon.

      Hapus
  25. 1.Yang pasti dibeli F16 V (sudah ada dikita F16,jadi ini jadi masternya,disamping itu,juga penembak rudal AMRAAM paling murah)jumlah gak tahu saya minim 16 unit lah,
    2.SU 30,pasti nambah ini,varian sukhoi paling murah jumlah 6-12 unit lagi
    3.FA-50 mungkin 6-12 unit lagi,utk master dr TA-50 kita
    4.SAAB gripen E,dulu pernah dibahas karna paketan dia jualnya dg AEW&C,Kalo gak salah jumlahnya 32 unit paketannya..
    5.bisa thypoon/rafale/F15/ minim 24 unit ini,..semua hanya perkiraan saya aja jadi hanya "mungkin"total jet tempur baru 180 unit diluar KFX/ifx,kemungkinan 100 unit made in US,yg 80 unit non US(utk antispasi embargo)..

    BalasHapus
  26. http://militermeter.com/kecanggihan-pesawat-tempur-hawk-100-200/
    link biar si unkow kerbau cap rambut rosmah alien sadar kalo pesawat yang mau nanti di gantiin gax ompong kaya f-5 tudm yang halimun enjin nya.https://www.youtube.com/watch?v=oPKET7b_7aE
    dan https://www.youtube.com/watch?v=PdCxgvdV58Y
    kak rosmah sering sama anak kerokan jalan2x keluar naki jet pribadi untuk ehem2x

    BalasHapus
  27. currently the airforce have lots of shoping list, but what types of amphibious aircraft the airforce would select?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hluuuk...!

      Lha kalo jadinya Jepangan ya ane sujud syukur mas...
      Itu pake di studiin kayak tanker terbang kayaknya, kok pilihannya masuk akal gitu..gak sukur murahnya tok.. :D hihihi...maap.

      Uhuuuiiy... :D

      Aamiin daaah..

      Eeh, ntar dulu..ga ada yg bisikin si amphibi terbesar di dunia itu kan mas..?
      Amit-amit daah, ojok.. :D

      Hapus
    2. Sy kok ngerasa agak kurang "klik" ya sama Beriev kalau memang mau ambil amphibi plane. Rasanya lebih aman buatan jepang yaa ?.. tapi terserah TNI lah... mereka pasti tahu yg terbaik.. kita cuma team cheerleaders ajah.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      # yangpentingbeli # gakpakehoaxcuih

      Hapus
    3. Beriev yg di akuisisi danay dari soft loan yg di berikan rusia 5,7 miliar dollar us, dari jepang jauh amat

      Hapus
  28. Unknown bagaimana kabar pulau batu puteh yg di ambil singapura.. Sudah berhasilkah malaysia mengambilnya dari negara kecil singapura..haha

    BalasHapus
  29. Could it be Japan's Amphibious Aircraft mas Hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mas...kan mesine seragam kambek c-130j.

      Yen tuku be-200...mosok milih kucing dalam karung, hhh (itung wae populasine)

      Hapus
    2. Pokoke no Russian made aircraft...

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Japan punya mehong Shinmaywa...lebih murah Be 200...lagian untuk pemadaman api sudah proven..tekanan semburan airnya kuenceng bisa menembus api yg ada di dalam lahan gambut..untuk ngejar kapal nelayan asing pun lebih cepat daripada yg pake propeler..Cuma kelebihan si shinmaywa tahan mendarat pada saat gelombang tinggi...ya yg cocok pakai Shinmaywa TNI AL..TNI AU ya Be 200 aye.

      Hapus
    5. Lebih mehong mana ama A400M..?

      Xixixixi..

      Hapus
    6. Eeh, ga ada studi ttg bomber thaa?

      Heihihi... :p

      Hapus
    7. BE-200 populasinya dikit ya mas ?

      Gw baru tahu pesawat buatan Jepang tapi masih pake engine Herky πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Mendingan Viper lahh... teuteup..
      Wakakakakaka

      Hapus
  30. Balasan
    1. Ternyata bukan presiden aja yg punya tanda pagarnya / tagar #, zet tempur hawk pun sudah di tandai tagar #, jauh2 hari hahaha V

      Hapus
  31. Ada dalang di defense studies, xixixi..

    BalasHapus
  32. Cakep nih potone

    Rudalnya apaan ya ini Sukhoi TNI ?

    https://www.instagram.com/p/BhS__QxFK4B/

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling bawah perut r77 saingan amram 120 haha!

      trus yg tengah kh 31.
      lalu yg paling kanan kh 73

      kalo mao yg paling lengkap minus kh 59 haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      ini:
      Rudal KH-31, KH-29, R-27, R-77, R-73.
      http://alutsista.net/gambar/rudal-r27-alamo-indonesia.jpg

      mao yg full, ada tp ntar pas ada brita su35 ajah biar keyennn haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
  33. Guys.. AKU DENGAR ORANG ORANG DI PEMERINTAHANNYA MAU NAIK GAJI.. UANG DARI MANA?

    JANGAN JANGAN.. NAJIB DAN ROSMAH DAH JUAL MALAYSIA KE CHINA.. KWKWKKKWKW

    PINTAR NAJIB SUPAYA MENARIK PERHATIAN WARGA MALINGSIAL.. SUPAYA UNTUK BERUSAHA MENCURI PULAU DARI NEGARA LAIN DAN IKAN NEGARA LAIN TUK GANTI UANG CHINA YANG SUDAH DIPINJAMIN..

    MASALAHNYA BUKA DIKASIH TAPI DIPINJAM.. KWKWKWW KASIHAN KASIHAN

    BalasHapus
  34. hawk hibahin aja ke timles kesian, itu juga kalo timles nya ngga gengsi sih

    BalasHapus
  35. Betul bro teddy.. PASUKAN TIDAK KHUSUS MEREKA.. SUPAYA MENSYAHKAN JD PRAJURIT DISURUH MAKAN CABE..

    MMG GOBLOK PARA JENDERAL DISANA.. TAH DAPAT INSPIRASI DARI MANA LAH MEREKA.. ILMU KETENTERAAN DARI MANA DIA BELAJAR.. WKKWKWKWKWKWKWWK..

    SAKIT X PERUTKU BNYK KETAWA KLW INGAT MAKAN CABE TENTARA..

    BalasHapus
  36. Ehh malingsial GOBLOK.. kau kira 20% tu tidak berharga ke? KAU SALAH PAHAM.. MESKI INDONESIA DIBERI TOT 20% KE, ATAU 30% KE.. TAK KISAH LAH..

    TOT 20% ATAU 30% ADALAH TEKNOLIGI YANG BELUM KAMI KUASAI SAHAJE LAH..

    Beberapa teknologi Honeywell aerospace seperti IntuVue Weather Radar, TPE 331 engine, dan Bendix/King avionics telah dipergunakan oleh berbagai penerbangan komersial, bisnis dan militer Indonesia seperti Garuda, Lio Air, Dirgantara Indonesia dan TNI.

    Honeywell telah menjadi mitra pilihan PT Dirgantara Indonesia untuk penyediaan mesin TPE 331 dan avionik di mana dua teknologi ini menjadi standar di beberapa pesawat terbang yang diproduksi di Indonesia.

    Honeywell Indonesia Kuasai 15% Produk Sistem Teknologi Pesawat di Indonesia

    PTDI (IPTN) bersama CASA (Construcciones AeronΓ‘uticas SA Spanyol) melakukan rekayasa teknik pembuatan sayap pesawat NASA Airfoil menjadi PTDI Airfoil tipe NACA 653-218 yang sampai hari ini dipakai oleh pesawat CN-295 dan telah disertifikasi oleh badan sertifikasi nasional dan internasional seperti Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI, Institut Nasional untuk Teknologi Dirgantara Spanyol (INTA), dan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA).

    Maju pada era 2000, PTDI dipercaya menjadi pemasok tunggal rekayasa manufaktur sayap bagian depan pesawat komersial Airbus A380 dan A320, dengan produksi per bulan sekitar 40 set per tipe. Itu merupakan pesanan Spirit AeroSystems Inggris yang merupakan pemasok Airbus Group –pabrik pesawat terbang sipil yang bermarkas di Perancis.

    Kini PTDI bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan rekayasa teknik dan manufaktur pesawat perintis bermuatan 19 penumpang, yakni N-219.

    Selama ini PTDI memang menjadi subkontraktor untuk industri-industri pesawat terbang besar di dunia. Tak hanya Airbus Eropa, tapi juga Boeing dan General Dynamics asal Amerika Serikat, serta Fokker Belanda.

    Bukan cuma memproduksi dan merakit pesawat, termasuk helikopter, PTDI pun membuat senjata dan menawarkan jasa pemeliharaan mesin-mesin pesawat.

    Sudah paham dek?? MALINGSIAL ADA??? DI BERI TRUST??? KWKWKWKWK

    Kita beda kelas lah malingsial.. KAMI HIGH CLASS AND U STILL PLAY GROUP

    BalasHapus
    Balasan
    1. PT DI gagal menjadi Pembuat spare part ke lima terbesar dunia ini ix ix ix industary penebangan malaysia mula lebih lewat berjaya berjaya masuk data pembuat spare part kelima terbesar dunia ini, sebab indonesia kerja main2 gak mahu usaha senang selesa Pasaran indonesia itu..
      Kerana itu jokowi marah2 sama warga kamu gak mahu tingkat export

      Hapus
    2. apa? itu diduniya ape akherat om mahat batuw coba cek lg yg bner, bawa sini link berita & datanya biar smua lihat haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. eleh bual je kau ni maha takde bukti takde kuality lah orang malaysia tu kerana lemah jiwa dan malas seperti kamu

      Hapus
    4. eleh bual je kau ni maha takde bukti takde kuality lah orang malaysia tu kerana lemah jiwa dan malas seperti kamu

      Hapus