26 Februari 2018

Indonesia Acquires Four Wing Loong I UAVs from China

26 Februari 2018


Indonesia has acquired four units of Wing Loong I UAVs with surface strike capabilities. Aircraft will be inducted with the country’s first composite UAV aviation squadron in West Kalimantan (photo : Sina)

The Indonesian government has acquired four strike-capable Wing Loong I medium-altitude, long-endurance unmanned aerial vehicles (MALE UAVs) from Chinese state-owned aerospace and defence company Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

A contract for the aircraft was signed in 2017, and the UAVs will be operated by the Indonesian Air Force’s (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara’s: TNI-AU’s) Aviation Squadron 51 (Skadron Udara 51), multiple sources from within the TNI headquarters in Cilangkap confirmed separately with Jane’s between 22 and 25 February.

Aviation Squadron 51 is based near the city of Pontianak in West Kalimantan, and the unit shares a runway with the Supadio International Airport. The squadron currently operates Israeli-made Aerostar tactical unmanned aircraft system (UAS) equipped with stabilised, gimbal-mounted electro-optic and infrared (EO/IR) sensor for surveillance missions. With the induction of the Wing Loong I, the unit will be Indonesia’s first composite UAV squadron with two different aircraft types.

Wing Loong I UCAV (photo : Military News Update)

The Wing Loong I was developed and manufactured by AVIC’s Chengdu Aircraft Design and Research Institute (CADI) subsidiary. It has a length of 8.7 m, a height of 2.8 m, and features a wingspan of 14 m. The aircraft has a maximum take-off weight (MTOW) of 1,150 kg and a payload capacity of 200 kg.

The UAV is powered by one piston engine, and has a service ceiling of 7,500 m (24,600 ft). It has a maximum range of approximately 108 n miles (200 km), and an endurance of about 20 hours. Payloads that can go on board the Wing Loong I include the DH-3010 search-and-rescue (SAR) radar, and the AVIC Luoyang LE380 EO/IR turret.

(Jane's)

103 komentar:

  1. wow banyaknyer uav and ucav tni....kesian malaysie...jom songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Aerostar,Wulung,Rajawali720,wifanusa,Skelder v 200,scaneagle ehh ada lagi wingloong....banyaknye

      Hapus
  2. Semoga ada ToT nya jadi bisa bikin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai jadi macam Rudai c702 sudah pak kerana Mahu tot tapi china minta dana gak bisa dikasi ok, bila china minta dana tak boleh dikasi, macam mana china mahu kasi tot,lepas syarat tot tambah dana baru kasi totnya

      Hapus
    2. ToT bisa terjadi bukan hanya modal uang, bisa juga karena bersahabat, kesamaan kepentingan dan lobi tingkat tinggi

      Hapus
    3. Bakal ga sampai pak keinginan @mahat agar kami gagal di pembuatan rudal itu, percayalah bangsa Kami selalu menemukan jalan keluar dalam pembangunan alutsistanya, terkadang jalannya lambat dan terkadang cepat, tapi ndak apa apa, yang penting terus melangkah, perusahaan-perusahaan penghasil Alutsista dan ahli ahli pengembangannya, kami selalu bisa membuat kami bangga..kalian mungkin sekarang ini ga bisa merasakan bangganya melihat produk alutsista di beli negara luar...tapi jangan balas bilang kami dah ekspor peluru ya, saya agak malu bacanya,...karena di Indonesia warga sipil perorangan saja banyak yang bisa membuat senjata api..

      Hapus
    4. China pun dulu dibully oleh negara2 lain karena mau coba bikin sendiri.
      Waktu berjalan.. 20 thn kemudian siapa yg menyangka (termasuk pihak yg membully sebelumnya) bahwa militer china malah jadi paling pesat kemajuannya bahkan bisa jual kenegara lainnya, termasuk Indonesia.

      Dari sini negara pembully akan tersadar bahwa sebetulnya lebih baik bisa membuat sendiri meskipun hasilnya tdk sebagus buatan amerika sana. Disaat yg dibully sudah mulai bisa membuat panser, senjata, rantis, kapal, tank, pesawat, helikopter, rudal, kapal selam dll maka saat yg membully mulai berusaha mengejar dgn mencoba mulai membuat sendiri, situasinya berubah... kondisi ekonomi dunia yg tidak pasti menjadi ganjalan besar.

      At the end of the day.. dimana mana di pelem pelem jagoan itu adegan awalnya pasti susah dulu dan kesuksesan dan ketawanya belakangan.

      Tunggu 15 thn lagi bro.. baru kau lihat jadinya negara yg dulu kau bully... sambil berharap kita2 jangan dulu mati biar bisa jd saksi
      😊😊😊😊😊😊

      Hapus
    5. Mahairi,@ ko tuh dengki Wkwkwk

      Hapus
  3. Shoping lagi shoping lagi...baca baik2 ya malay...Don't cry....wwkkwkwkkkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerajaan Malasnya dah bina layang layang dengan kemampuan uav, dengan desain buluh yang kalis radar

      Hapus
  4. sebenarnya dulu wingloon ini cuma mau beli 1 aja...buat curi technology..karenA dalam negeri juga buat prototype male ucav...kerjasama dengan turki..ucav angka...pt di juga buat ucav

    BalasHapus
  5. wahh bisa bawa senjata nich, ucav donk..seklas ama predator/reaper begh

    fintar jugak ambil dari rrc, bebas door dorr kitah haha!🀣🀣🀣

    salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Filipina dan Thailand, Xlalu shoping bersama okeh oceh πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih keren bingit bisa libat apc nich haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      demo rudal
      https://www.youtube.com/watch?v=bTr_zPbvELU

      Hapus
    2. P&G lumayan om wing loong sudah battle proven...

      Hapus
    3. gempita kesiiann jadi sasaran empuk Wing Loong.. xixiixi..

      Hapus
    4. tentu, timur tengah laku keras.
      konon rrc, hanya jual pada negara2 tertentu, huyeea haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      om bagaz, kalo liat cantelan wl-2 ada 12, ngerih2 sedap yak, terbang 25 bijik aja, bisa babat 300 target darat haha!🀣🀣🀣

      moga2 slanzutnya kita akusisi, ingat pesan menhan, kalo ada yg baru lagi baru kita beli, dikit2 aja, yg fenting punya, azieekk nambah showroom kitah haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  6. Pantesan blog militer Malaysie pda tutup wong berita militer terbaru hanya dri jiran2 asean lain, malaysie sendiri stagnan kerana bujet ATM ciput ..wakakakak
    Teringat dulu ada forum militer topix yg isinya menghina dan merendahkn TNI, di kata negara AKAN dan miskin krna tak dapat membeli aset2 baru..
    Tpi sekarg keadaan terbalik krna roda memang berputar, mreka termakan kesombongan dan caci maki mreka sendiri .. wakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kita juga jangan sombong suka menghina... karna nasib negara gak ada yg tau

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Kerajaan Malasnya rajin belanja peralatan terbaru dari luar kalau mau lihat masuk blog rosmah dan najis

      Hapus
    4. hahaha masak sampe tutup oom. habis anggaran kah bagaimana itu hahaha

      Hapus
    5. hahaha masak sampe tutup oom. habis anggaran kah bagaimana itu hahaha

      Hapus
    6. Tak siapa menghina itu kerana kelemahan tni harus diperbaiki ok Semua keluar dari mulut warga indonesia sendiri, jadi indonesia harus perbaikinya ok, contoh perkataan indon siapa ciptanya kalau bukan hasil dari warga indonesia menciptanya dari tahun 50an lagi mereka dah guna perkataan indon merujuk pada indonesia jadi bila malaysia, singapore dan brunie gunakan kamu marah, ciptalah lagi perkataan bukan2 kami gunakan aje warga indonesia sendiri cipta itu ok

      macai Rachman Hakiki provotkasi guna politik Untuk Guna orang indonesia taktik lama seperti telah gagal ok..

      Setiap perkata harus kaji baik dan buruknya, kalau Nak sangkat perkataan Biarlah bermaksud baik tapi kalau cipta perkataan bukan2 disingkat seperti korean utara jadi korup itu lagi menghina negara itu sebagai rasuah, tahukah anda korean utara negara bebas dari rasuah, golongan pemberi rasuah akan kena hukuman tembak sampai mati dan 7 keturunanya akan kem lebor

      Hapus
    7. @mahataik...korea utara disingkat korup ??..korut keles...lu kurang obat lon

      Hapus
    8. Korut aka kurup bilang sebutan cuma ejaan lain bukah maksud rasuah, jadi indonesia pandai Cipta perkataan bukan2 sampaikan kataan indon sendiri cipta oleh warga indonesia sendiri pada tahun 50 Jadi salah warga kamu sendiri cipta perkataan Indon bukan salah warga kamu sendiri ok jadi warga indonesia menghina diri mereka sendiri ok

      Hapus
    9. Mahairi@ perkataan indon tak di cipta orang indonesia,yg cipta kata indon tuh malasnya yg artinya menghina,indon tak de pada bahasa indonesia,yg ada kata INDO atau INA

      Hapus
    10. Mahat, Korut itu singkat kata dari Korea Utara. Sama kaya Korsel singkat kata Korea Selatan. Jadi awak sudah salah ngerti..
      Baik Bro sama-sama moslem, kamu minta maaf, sudah berprasangka buruk....

      Hapus
    11. Ini gimana awalnya sih KoRut jadi Korup ? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Gak apa2 bro @Maha tetep di blog ini saja jangan pergi2.. buat lucu2an... ikut seneng kalo semua hepi πŸ˜πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    12. Makin tidak yakin kamu waras hat mahataik

      Hapus
    13. kira2 om mahat batuw ama om antiembalgo perna satuw sekolah gak yach haha!πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

      Hapus
    14. Kalo mahat sekolahnya di rsj

      Hapus
  7. Indonesia the first ASEAN to fly missile armed UAVs. Congrats

    BalasHapus
  8. wingloon ini sebenarnya longrange ucav...mampu range 4000km...kalau punya satelit sendiri....kalau pakai ground base station mobile...cuma jarak 200 km...mampu terbang hampir 1 hari penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. menumpang satelit Telkom bisa ngk bro..??

      Hapus
  9. Wuikk, Aerostar dijembrengin ama si Jane's..:p
    Padahal user cuma sebut Piliphin..

    Srluphh..nyam..nyam.. :D
    Hweihihihi...

    Wing Loong? Okey, amunisinya beli apaan niih..? :D

    BalasHapus
  10. Nah buat penceroboh pake ini saja, kalo pemceroboh pake tank, Kita pake apache ato mi 35...jangn kayak sebelah bedil lawan pake pespurπŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. MEF 2 mulai kelihatan barangnya. kalau MEF 3 selesai ngeri bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lepas MEF 3 akan lebih ngeri mas.
      Gak mungkin kan hanya mempertahankan status "Minimum", selanjutnya mungkin IEF, Ideal Essential Forces.. :D

      Hapus
    2. dulu lihat beritanya agak sangsi akan datang. ternyata jadi juga. IEF lebih ngeri lagi ya. negara tetangga lebih was was tuh.sekarang jarang lihat berita, teritori kita di acak2 lagi. hihihihi

      Hapus
    3. Lepas MEF 3...Hospital di Malay ICCU full...heeheehee

      Hapus
    4. ngeri om TUPEZ. hihi. kayaknya sekarang aja RSJ sudah maulai penuh

      Hapus
  13. Tahniah Indonesia \^_^/ jom kita belanja .. sesiapa nak ikut wakikikikik

    BalasHapus
  14. wah wah menggerunkan sekali. bisa dipersenjatai smartbomb pula. tahniah TNI..

    BalasHapus
  15. wah wah menggerunkan sekali. bisa dipersenjatai smartbomb pula. tahniah TNI..

    BalasHapus
  16. Kemaren dapat hibaH UAV.....di troll okey no problem...nah nie sekarang UAV beli...apa gak di beri tahniah gitu....??? c'mon malay

    BalasHapus
  17. ada kabar wing loong ini bisa di pasang senjata anti troll pula oom tahniah TNI

    BalasHapus
  18. ada kabar wing loong ini bisa di pasang senjata anti troll pula oom tahniah TNI

    BalasHapus
  19. wooowwww.. woooowww... UCAV ditaruh dipontianak dekat dengan perbatasan dengan Malonsia.. cocok itu jaga2 jika ada beruk2 malonsia berani menggeser patok langung di boomm.. booomm.. boomm.. kahkahkahkah.. Melonsia miskiinn kesiaaaannn..

    BalasHapus
  20. Tahniah...ayuh shoping lagi.. kasi penuh seluruh gudang... nanti bisa di pamer masa perade... Tahniah

    BalasHapus
  21. ini baru lah di bilang MENDUNIA®.. sebut apa sahaja... pasti semua ada... Tahniah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak begitu lah bro...tak de apa2 nya..lebih Mendunia Malay.

      Hapus
    2. cuuuppp.. cuuuuppp..cuuuuppp jangan nangis gitu doong..!!sabar semoga tahun 2035 harga minyak naik lgi, biar ATM bisa belanja lgi. sabaarr yee.. sabaarrr..sabaarrr..!!!!!!! xixixixi..

      Hapus
  22. Yang bilang Indonesia beli UCAV dan akan dapet TOT itu cuma media kamu yang bakul angkat diri sendiri... di berita tempat kami tidak seperti itu beritanya... ini pasti gak jauh dari seputar bakul bakulan... yakin saya..!!
    Saya tuh gak bisa diginiin...!!

    Salam Bakul
    - Mewakili Asosiasi Bakul Menyan

    BalasHapus
  23. sebenarnya ucav seperti ini tak terlalu istimewa.,,indonesia punya ahli drone dan radar..,profesor josaphat..,..kalau tni mau...prof josaphat punya drone super canggih.,,,hale....dengan nama sky scanner garuda...terbang di 20 km diatas bumi...bisa menggantikan satelit

    BalasHapus
  24. Bisa bikin ngerii combo cas super tukano ah 64E wing loong ...mantap

    BalasHapus
  25. Saya tetap suka sama Tucano dan TA50 bro... cost effective berbanding lurus dengan resultnya... buktinya tahun ini USAF lagi ngetest keduanya utk misi tempur yg berbeda... kalau sampai terpilih wah bakalan makin naik pamornya 😁😁😁😁

    BalasHapus
  26. Bicara peralatan dari China, pada tahun 2016 TNI AD pernah ditawari rudal jelajah WS-43. Bahkan perwakilan dari TNI AD saat itu, yg diwakili oleh seorang Brigadir Jenderal menyaksikan test penembakan disuatu tempat di China. Kalau yg pakai TNI AD berarti fungsinya artileri medan seperti astros.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dibeli mas MLRSnya, tapi ngeteng

      Hapus
    2. serius om..berapa biji.??? lumayan tuh 60 km.

      Hapus
    3. 4 biji. lebih yahud yang MLRS 70 VAMPIRE om

      Hapus
    4. Yg namanya produk China biasanya harga lebih murah, gemar kasih TOT tapi jangan berharap kualitasnya sama dgn produk barat atau rusia.

      Pakai produk China kemungkinannya adalah :
      - Budget terbatas
      - Diberikan ilmu baru oleh produsen
      - Bila Loan biasanya loan dengan paket sangat menarik
      - Politic, atau harapan ada hubungan baik dgn China... in case suatu saat butuh hutang
      - Dll

      Untuk kondisi spt skrg ini (ekonomi dan kemudahaan mendapatkan ilmu dibanding yg lain) membeli dari China adalah opsi masuk akal.

      Hapus
    5. nitro gliserin pt dahana sudah produksi belum om super?. lumayan tuh kalau sudah produksi, nggak perlu impor lagi propelan, unruk mkk dan mkb

      Hapus
    6. Wah gak ngerti kalau itu bro.. kalau urusan produk2 dahana biasane bro @Palu yg lebih banyak info nih

      Hapus
    7. Info jumlah pasien rsj di malaysia akibat jarang shoping ada bro ??

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Orang Indon di Jakarta akan tetap menjadi orang berprofil rendah.Tentera mereka menggunakan bahan buatan Cina yang mempunyai kualiti yang paling rendah.Dan ini bermakna orang Indon Jakarta miskin yang tidak sanggup membeli teknologi barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey Stupid asshole monkey
      Saudi arabian purchase This UCAV plane From China do you think Saudis poor country.. πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

      Hapus
    2. Dari pada malonsia tak de wang tuk beli made in china pun hahaha..! Next year kau kirim babu bau malon kat indonesia buat bersihkan tandas ya hahaha

      Hapus
    3. TEMPO.CO, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak berharap rencana produsen mobil Cina, Zhejiang Geely Holding Group untuk mengakuisisi 49 persen saham Proton benar-benar terwujud. Sebab bila kesepakatan dengan DRB Hicom, sebagai induk usaha Proton gagal, maka Proton bakal mengalami kerugian 1 miliar ringgit Malaysia atau sekitar Rp 3,1 triliun.

      Baca: Akuisi 49 Persen Saham Proton oleh Perusahaan Cina ... Menurut pemerintah tidak mungkin lagi menggunakan anggaran negara untuk menyelamatkan Proton yang merupakan produsen mobil nasional."Proton hanya menjual 6.000 unit per bulan, artinya dalam setahun hanya 72.000 unit.Jadi bagaimana bisa untung? Pada tahun lalu Proton merugi RM 500 juta. Kalau tahun ini tidak direstrukturisas, maka akan merugi RM 1 miliar," ucap Najib seperti dilansir dari laman paultan.org, Senin 5 Juni 2017.

      Najib menyebutkan tahun lalu pemerintah menyuntikan pinjaman lunak sebesar 1,5 miliar untuk menyelamatkan Proton dari kebangkrutan. Tahun ini, perusahaan otomotif itu mengajukan lagi pinjaman senilai 1,1 miliar ringgit Malaysia."Ini yang dipakai untuk menyelamatkan Proton adalah uang rakyat," ucapnya.

      Najib menegaskan, penyelamatan Proton bukan semata-mata masalah kebanggaan. "Tentu saja kami tidak bangga dengan program mobil nasional tapi terus merugi hingga miliaran ringgit. Kita baru bangga punya mobil nasional yang menguntungkan dan bermanfaat bagi bangsa," ucapnya.

      Sebelumnya Zhejiang Geely Holding Group, memastikan akuisisi 49 persen saham Proton akan dilakukan pada Juli mendatang. Akuisisi ini sudah mendapat restu dari DRB Hicom, induk usaha Proton. Namun Geely belum bisa menyebutkan berapa nilai transaksi akuisisi ini.

      Hapus
    4. Jangan menghina Indonesia...tapi fakta satu persatu perusahaan yg dibanggakan oleh Malaysia mulai tepuruk.....lihat diri sendiri dari pada melihat kesuburan dari negeri sebrang ya @Gem

      Hapus
    5. Wkwkwk...proton bangkrup bila tak dibantu cina Wkwkwk

      Hapus
    6. Begitulah sifat malasians.. suka menghina negara2 lain. Shame on you M-sian!

      Hapus
    7. kami miskin tapi mentaliti pejuang. tak macam malon ngaku kaya mentaliti di bawah ketiak british

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Mengapa nga cuma tumpu ke ANKA UCAS@UCAV?..produsen Turki bisa lagi dipercaya...BTW congrate TNI for this hot stuff..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Indonesia ingin ambil ilmu dari semua sumber bro @JP. UAV dapat ilmu dari Turkey dan UCAV bisa dapat ilmu lainnya dari sumber yg berbeda.. satu lagi bro JP.. saya gak ngerti rudal yg dibawa UCAV ini.. tetapi melihat Indonesia sudah ada kerjasama pembuatan rudal C705 apakah akan belanjut ke rudal2 lainnya karena UCAV ini. Atau bisa bawa C705 malah ? Gak ngerti juga 😊

      Hapus
    2. Mas Super bercanda nih.. :D
      Drone super banget tuh kalo bisa gotong C705...

      Hweihihi..

      Amunisi terberat buat drone satahu ane Reaper yg bawa Paveway.

      Perkiraan ane Wing Loong AU ntar nenteng bom / roket dulu, buat belajaran.
      Kalo langsung rudal itu quantum leap banget daaah...

      :D

      Hapus
    3. Pak cik JP,
      Ane rasa ada kebutuhan mendesak AU sehingga ambil Wing Loong.

      Operasi pembebasan sandera di Papua kemarin akan lebih cepat kalau pake UCAV,bisa langsung hit target dengan senyap tanpa perlu banyak pasukan darat menerobos hutan dulu berhari-hari.

      Hapus
    4. Hahahahah itu kalimat terakhir sy buat bercanda aka bro @PS πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Tapi make sense jawaban sampiyan karena butuh cepat untuk action dan tentu saja sebetulnya kita bisa beli buatan Amerika tapi apakah boleh dipakai melawan pemberontak ? Lha jangankan UCAV heli serbu aja Philipina ampe kesel diancem gak boleh dipake helinya buat meredam pemberontakan di negaranya.

      Jadi kenapa akhirnya beli buatan China..? Ya itu salah satunya bisa dipakai oleh pembeli buat tugas apa saja tanpa takut ancaman embargo.

      Hapus
    5. Mas Super,
      Ane sependapat, pake Wing Loong bebas mo dipake hunting 'celeng'...hwekekekek..

      Ane salut.

      :)

      Hapus
  31. Ini la dibilang ludah ke langit kena muka sendiri. Hikhik. Bukan main ckp org beli barang china la no quality la. Alih2 die jugakkk. Hakhakhak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih jelas2 bego 😁😁
      Baca dulu sejarahnya bro..

      Siapa pembeli barang China pertama ? Indonesia...dgn rudal C705nya.. !

      Apa yg terjadi selanjutnya ?

      Buset bro.. baca aja komen di web mu sana betapa dibully nya Indonesia karena beli barang China... yg rudalnya mogok, ampe malu ati bener dah.. dibilang miskin lah.. bego lah mau pae produk china dll.. itu di web mu loh brow...

      Eehhh... namanya gusti allah mboten sare.. gak pake lama karena minyak collaps.. lha negara yg mbully tadi malah beli kapal LMS China..?

      What Defuq ?? Apakah ini mimpi ?
      Apa yg sesungguhnya terjadi ?
      Apakah ada bakul angkat jamu lewat sebelumnya ?
      Lalu dimana para pembully yg dulu membully kami ?... ooo lagi pada tiarap dulu boss.. malu katanya... sejak itupun masa ganti nick name menjadi ramai dinegeri pembully...πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Pepatah tuh harusnya buat malasnya pakcik,dulu malasnya bully indonesia beli missile binaan cina,indonesia dikata miskin tak de wang sehingga beli missile cina yg murah,indonesia tak de wang sehingga beli senjata quality burok dari cina,sekarang ko tengok LMV ko tuh di beli dari cina Wkwkwk...proton ko tuh dibantu syarikat cina,cermin diri pakcik Wkwkwk

      Hapus
    3. malon kebanyakan makan pepatah dan ibarat. macam lompat tinggi di dalam bakul

      Hapus
    4. malon kebanyakan makan pepatah dan ibarat. macam lompat tinggi di dalam bakul

      Hapus
  32. project ucav tni sebenarnya bukan wingloon ini....ucav anka juga lebih rendah range jelajahnya..,,makanya turki mengajak pt di membuat ucav baru longrange...,,ucav baru pt di lebih kuat dan power dari wingloon ini.,,,dari dulu sudah ada rencana....wingloon mau dibeli untuk belajar saja

    BalasHapus
  33. Wing Loong I Indonesia --> https://youtu.be/P4pFsWLWA1k

    BalasHapus
  34. satelit militer keknya belum kedengeran khusus buat mainin ni barang...Pake mikro satelit juga boleh klo blm mampu. piss

    BalasHapus
  35. oia cloud shadownya diborong sekalian dunk pakcik

    BalasHapus
  36. Barang dari chino selain murah kadang bonus buat si broker besar junga broo ...makanya jangan heran made in chino di indonesia dari urusan dapur garam sampai pertahanan nasional kian tahun mirip jamur di musim hujan.

    BalasHapus
  37. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus