05 Februari 2018

KSAD: Markas Divisi 3 Kostrad di Makassar

05 Februari 2018

Prajurit Kostrad TNI AD (photo : Anadolu)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu program kerja 100 hari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto adalah menyelesaikan pembentukan markas Divisi Infanteri 3/Kostrad untuk TNI AD, Komando Armada III dan Pasukan Marinir (Pasmar) III untuk TNI AL, dan Komando Operasi TNI AU (Koopsau) III.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono mengatakan, lokasi Markas Komando (Mako) Divisi Infanteri 3/Kostrad sudah ditentukan. Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan kapan pembangunannya dimulai.

"Markasnya nanti di Makassar, itu markas komandonya. Madiv (Markas Divisi)-nya di Makassar, tapi di Papua merupakan penyebaran dari satuan di bawah Divisi 3," ujar Mulyono di sela Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD 2018 di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (5/2).

Saat ini, TNI AD baru memiliki dua Divisi Kostrad, yaitu Divisi Infanteri 1/Kostrad di Cilodong, Depok dan Divisi Infanteri 2/Kostrad di Singosari, Malang. Ke depannya, Kostrad akan memiliki tiga Divisi sebagai bentuk restrukturasi organisasi TNI AD.

Menurut Mulyono, pembangunan markas satuan di bawah Divisi Infanteri 3/Kostrad nantinya tersebar hingga ke Papua, tidak hanya terkonsentrasi di Makassar. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penguatan kekuatan di wilayah terluar NKRI.

Meski tidak menjelaskan secara detail, Mulyono memberi petunjuk, markas yang dibangun di Papua nanti merupakan setingkat Brigade Infanteri (Brigif) yang komandannya berpangkat Kolonel.

"Panglima menyatakan 100 hari, itu mungkin pembentukan markas dulu, kalau (Mako) Divisi dibuat 100 hari mana bisa? Kan ada markasnya, ada brigadenya, ada tiga Brigif, dan sebagainya. Nanti Divisi 3 menjadi embrio yang ada di Makassar," ujar Mulyono.

Pada Jumat (2/2) lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan Wakil KSAL Laksamana Madya Taufiqoerrochman berkunjung ke Biak dan Sorong, Papua Barat.

Mereka meninjau lokasi yang akan dibangun sebagai basis kekuatan TNI di timur Indonesia, yaitu Markas Koopsau III, Markas Divisi Infanteri 3/Kostrad, dan Markas Komando Pasmar 3 Korps Marinir yang berlokasi di Kabupaten Biak. Kemudian, rombongan meninjau Markas Armada III TNI AL dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan.

(Republika)

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Anggaran militer Malon hanya setarap polisi indonesia hahahahaha

      Hapus
    2. Hahahahahaha... malon tertawa tapi hati menangis. Bujet kecik bagi lima kena rasuah rosmah first lady si buruk rupa kah kah kah

      Hapus
    3. Kedah class dari zaman jepun sampe zaman now masih ompong tak de missile

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. hahahaha
    flexing muscles

    berikutnya Tarakan/Malinau dan Singkawang/Sambas kita perkuat ;)

    BalasHapus
  3. Hahaha.. Nanti kita buat di sarawak.. Bagaimana om gem...

    BalasHapus
  4. malaysiapon ado.,,,komando songlap dirajo malaysio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...dgn panglima komandonya adalah Gem athaliah pasco

      Hapus
  5. OOT

    Mas @Palu ini ya beritanya yg case Libanon ?
    http://forum.detik.com/showthread.php?p=11042306

    Kalau baca diforum2 luar banyak penduduk Libanon berharap TNI memihak mereka karena selama ini memang dekat dgn rakyat Libanon yang mayoritas Islam, padahal bukan itu tugas utamanya... tugas pasukan PBB hanya penengah antar negara yg berkonflik.

    BalasHapus
  6. Saatnya indonesia memiliki 6 divisi, yg penempatannya dgn memperhitungkan kondisi dan situasi regional dan internasional yg dapat terpengaruh pada pertahanan dan keamanan Indonesia. Wilayah utk menjadi pertimbangan divisi, antara lain aceh, kalimantan timur, maluku utara, utk bagian utara, utk bagian selatan jakarta, NTT, Papua

    BalasHapus
  7. Kalau mau amankan jawa tengah dan ja]a timur dan bali serta NTB yg berbatas australia bisa ditambahkan 1 divisi di jawa timur dng penempatan di wilayah tengah jawa timur misalnya ditempatkan di madiun atau di kediri atau di malang paling selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoooii, ngapaen namba2 satu pulau jawa aja uda ada 2 divisi kostrad om joko.
      divisi 2 kostrad aje ada di malang, dan blom termasuk 3 kodam di p jawa, gimana sich si om sembung haha!😋😋😋

      Hapus
  8. Hallo sahabat bola
    Dari hasilbola.vip mau memberitahukan ada Tips Terkejut loh..
    Apakah itu? Tips Prediksi Bola ini hanya ada di hasilbola.vip loh
    Jarang jarang sekali Tips Gratis ini bisa di share loh
    Nah Coba saja kunjungi Situs Prediksi Sepakbola kami yang ada dibawah ini,

    Prediksi Bola Cagliari vs Napoli 17 Februari 2020
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/3563/cagliari-vs-napoli-17-februari-2020
    Prediksi Bola Real Madrid vs Celta Vigo 17 Februari 2020
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/3568/real-madrid-vs-celta-vigo-17-februari-2020

    Terima kasih sudah mengizinkan saya berkomentar di sini

    BalasHapus