24 Februari 2018

TNI AU Siapkan Penerbang dan Teknisi untuk Awaki Su-35

24 Februari 2018


Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Vitaly Kuzmin)

ANGKASAREVIEW.COM – Kontrak pengadaan 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia telah ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan. TNI Angkatan Udara pun menyiapkan penerbang dan teknisi untuk mengawakinya.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) menyatakan, TNI AU sudah menyiapkan penerbang dan teknisi yang akan mengawaki Su-35. TNI AU saat ini menunggu koordinasi lebih lanjut untuk pengiriman mereka ke Rusia.

“Penerbang dan teknisi tentunya sudah dipersiapkan oleh TNI AU. Kami menunggu koordinasi lebih lanjut dari pimpinan, misalnya untuk pengiriman mereka ke Rusia guna mengikuti pendidikan di sana. Saat ini belum ada pengiriman personel TNI AU terkait hal itu ke Rusia,” ujar Kadispenau saat dihubungi Angkasa Review, Kamis (22/2/2018).

Jemi menambahkan, perencanaan dan pembahasan untuk mengawaki pesawat pengganti F-5E/F Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, sudah dilakukan jauh-jauh hari sambil menunggu keputusan dari Kementerian Pertahanan perihal pesawat yang akan dibeli.

Berhubung dalam beberapa tahun belakangan ini Skadron Udara 14 sudah tidak memiliki pesawat lagi (F-5E/F sudah dipenisunkan), maka para penerbang dan teknisinya pun dititipkan sementara ke satuan-satuan operasional lainnya. Beberapa penerbang ditempatkan di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar dan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebelumnya mengatakan, penandatanganan kontrak pengadaan Su-35 sudah selesai dilaksanakan.

“Sudah tanda tangan, selesai. Sebelas pesawat. Itu kan dibuat dulu. Bukan langsung-langsung. Dibuatnya satu tahun secara bertahap. Awal tahun depan sudah ada dua,” kata Menhan menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Rabu (21/2/2018), sebagaimana ditayangkan oleh saluran CNNIndonesia tv.

Informasi penandatanganan kontrak pengadaan 11 pesawat Su-35 untuk TNI AU, awalnya disampaikan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskompublik) Kementerian Pertahanan Brgjen TNI Totok Sugiharto saat dikornfirmasi rilis.id. Totok mengatakan, penandatanganan kontrak pengadaan Su-35 telah dilaksanakan pada Rabu (14/2/2018).

(Angkasa Review)

83 komentar:

  1. Padahal penerbangnya udah disono beberapa bulan lalu....

    Bisa aja ini Mr. KadispenAU, merendah mulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro dari tahun kemren malah udah di kirimnya

      Hapus
    2. Saya juga bingung dulu di era sby pilot kita hampir setiap tahun di kirim ke rusia , sebenary ada berapa sukhoi kita ??? Masa cuma 16 biji pengiriman pilot hampir setiap tahun

      Hapus
    3. Menurut ente ada berapa mas?

      :)

      Hapus
    4. Doni sugara mulai mabuk kecubung.. haha

      Hapus
    5. @doni sugara

      alasannya sepele bro...AU belu punya siulator sukhoi, makane mereka dikiri berlatih siulator ke rusia atau cina yg tipe sukhoinya sama dengan milik AU.

      Belakangan india juga juga sempat menawarkan fasilitas simulator sukhoi milik mereka untuk berlatih

      Hapus
    6. Assalamualaikum wr wb. Saya Sangat berterimah kasih kepada KYAI HJ.UMAR berkat semua bantuan yg diberikan saya sdh buka usaha dan memiliki beberapa Restoran ternama di Surabaya mengatakan ”KYAI HJ.UMAR Saya dulu seperti orang gila, bahkan hendak bunuh diri, usaha saya ditipu sahabat karib dan membawa lari semua uang saya. Saya pun harus menanggung hutang supplier dari usaha kontraktor yang dibawa lari teman saya. Kesana kemari minta bantuan gak ada yang nolong. Bahkan saya sudah keliling Indonesia untuk mendapatkan atau mencari pinjaman dan dana gaib, tapi untung di ujung keputus asa’an saya bertemu dgn KYAI HJ.UMAR yang dikenalkan oleh adik ipar saya, akhirnya bliau menawarkan bantuan Dana Gaib tanpa tumbal/resiko diawal ataupun akhir dan dari golongan putih.setelah persyaratanya dilengkapi dan ritual selesai, MENGEJUTKAN !!!, saya mendapatkan dana gaib sebesar 700jt dihadapan saya.jika mau bukti atau KILK DISIINI 2D 3D 4D 5D 6D
      SAYA//

      Hapus
    7. @ bro Doni, Khan pengiriman Pilot ke China/Rusia bukan hanya untuk trainning SU-35. Lha kita punya SU-27/30 series juga toh.

      Hapus



    8. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
  2. Kita tunggu cakap dibawah dari tetangga yg penuh iri dan troll Wkwkwk...86,86,silakan masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu beli apa beli tak ada siapa siapa yg iri hati,kami tak dengar cakap warga indonesia kamu cakap itu sukhoi ompong, apache mendarat dekat sawah Sebab rawak tak cukup latihan, kapal ompong,f16 bekas terbakar.Kapal selam tak ada power down sebab bettry cukup bekal eletik

      Nasihat saya pesawat bukan untuk bikin parade ok .
      jangan berperangai seperti "biar papa miskin asalkan bergaya" Dan masuk bakul angkat diri sendiri ok

      Hapus
    2. Ko blg tidak iri,tpi comentmu byk ngetrol dan merampot,dan blg pesawat Indonesia byk rusak dan tdk standart, oadahal sebaliknya..it namanya org sakit jiwa,,,

      Hapus
    3. Malon yang miskin papa kedana selalu iri hati dan dengki kerana tak mampu beli apache dan Su 35 kasian kasian wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Mahairi# nah ko tu baru sahaje hantar cakap iri dan troll,ada ko punya link su30 ompong,kl aq ada link su30mkm tak boleh terbang kerana tak de sparepart Wkwkwk

      Ada ko punya link apache indonesia rusak kerana mendarat deket sawah,kl aq ada banyak link nuri banyak mendarat di akherat Wkwkwk

      Ada ko punya link nagapasa tak boleh selam,kl aq ada banyak link scorpene tak boleh selam dan mengapung trus cem tai Wkwkwk

      Hapus
    5. biar papa miskin asalkan bergaya itu padahal prinsip beruk malon di tambah iri dan dengki sombong pula.. semua Negara Jiran shoping semua lon nyata nya wkwkwkwkwk

      Hapus
    6. Mat rempit ini videonya apa orang kampung udah bilang rawak gak reti mamdu persawat apache ok Sehinggakan mendarat di sawah ok, orang bandar boleh kamu bohong orang kampung gak boleh kamu bohong ok

      https://youtu.be/fga3Kz7utT8

      Hapus
    7. Iri nya ...iri nya ...iri nya sama negara yang sibuk belanja peralatan militer...pasti sakit hati kali lihat tetangga beli barang baru terus, ciri ciri jiran ga benar

      Hapus
    8. Mendarat lalu bisa terbang lagi.. udah ga ada bahan lagi ya beruk malon miskin.. beli lah Apache wkwkwkwk

      Hapus
    9. @Malon kan uda di bilang Apache di hadang cuaca buruk..jadi safety first mendarat...Lalu terbang lagi..i think pilot it's smart...dasar iri & dengki...beli lah ko Apache..tak de wang ya..wkkwkkk

      Hapus
    10. Mahairi@ hahaha...lon,lon...apache mendarat deket sawah kerana ada cuaca teruk,helinya pun tak de rusak dan boleh terbang lg,cari2 kesalahan orang sahaje kerja ko,ko tuh sama sifatnya dgn blog2 militer MALASNYA selalu cari2 kesalahan indonesia,bila tak ada di dapat maka di reka2,dikarang2 lah cerita hoax yg penuh bual Wkwkwk...MALASNYA IS A LOOSER Wkwkwk

      Hapus
    11. Tak ada heli TNI mendarat di sawah, itu video heli garda nasional US yang mendarat darurat, tidak ada satupun berita di Indonesia heli Apache mendarat di sawah, media Indonesia adalah media yang bebas sensor pemerintah jd tidak mungkin tidak memberitakan, bukan media yg disensor sama pemerintahnya seperti kerajaan malasnya..tp lucunya berita itu muncul di forum militer malasnya, mungkin untuk menenangkan hati warganya karena militer tidak juga ber belanja

      Hapus
    12. Namanya juga helikopter latihan, mu mendarat dimana sajajg bisa.. Yg gk bisa cm eject kat hanggar.. Cmn malon yg bisa

      Hapus
  3. Tahniah.... beginilaj seharusnya sebuah angkatan udara yang hebat... demi keamanan dan kedaulatan negara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Zan.
      Diatas yg hebat, masih ada yang jauh lebih 'Hebat'.

      Salam

      Hapus
    2. beginilah seharusny comment yg betol...Tank U

      Hapus
  4. Prsaan dri taun 2012 2013 sdah ada pngriman pilot ke rusia... D lapak sblah dlu sdah rame pilot tni foto d samping su 35, dealnya bru skrang.. Smua negara pada kepo klo sma sukhoi tni au jumlahnya gag prnah jelas sma yg d publikasi.. Yg tau hanya tni rusia sma Yang Maha Kuasa... Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma pelatihan gan, biar makin mantep pilotnya. Duit kita belom cukup kalo sampai kaya singapura. Nyampe nitip sukhoi di russia or nitip kilo di brunei.. masih jauh. ������

      Hapus
    2. Indonesia pasti beli Su35 lebih dari 11,kl cuma beli ketengan rusia mana mau beri off set 35% ditambah pembuatan pabrik sparepart sukhoi di indonesia,think smart

      Hapus
    3. @ MR 11 bijik dulu bro...cozna biasanya rusky suka upgrade...nah 5 bijik lagi nyusul..yg pasti akan dibeli 16 bijik...su 30 SM aja masih baru sudah mau diupgrade lagi sama rusky

      Hapus
    4. Tupez@ Yoi bro,pembeliannya secara bertahap,bikin panas kawasan sahaje nih pembelian Su35 indonesia bro

      Hapus
    5. Ga ada masalah tentang pembelian su35 bro pit, komentarku tentang 'jumlah sukhoi' kita yang di publish.

      Pointnya adalah, analisis jkgeer udahlah jangan dibawa kemari, duit kita blom cukup kalo sampai dititip segala.

      Hapus
    6. Mungkin mau dibuat skuadron komposit dengan su 57...cmiw...makin sakit kepala si lihat saja

      Hapus
    7. Aqua n iyong @ Yoi bro,next selanjutnya Su-57 Wkwkwk...makin panas sahaje mahairi,lihat saja n the gank Wkwkwk

      Hapus
  5. Balasan
    1. your chinklish transliteration are showing zhang

      Hapus
    2. Tidak punya uang malon

      Hapus
    3. Yg profesional tuh cem eject kat hanggar Wkwkwk

      Hapus
  6. yuhuuuuuu.. Beruk2 malonsia... silaaa masuukkk...!!!!!

    BalasHapus
  7. yuhuuuuuu.. Beruk2 malonsia... silaaa masuukkk...!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahairi sudah masuk tuh bro Wkwkwk

      Hapus
    2. Pada nggak mampu terima kenyataan beruk malon itu wkwkwkwkwk

      Hapus
  8. Malon sampe bila proyek MRCA mu, takde wang ke nak beli..
    Nak ganti MPA pon hnya sembang kencang tak sudah2..
    Baik jual je sabah dan sarawak kat brunai ..xixixi

    BalasHapus
  9. project selanjutnya adalah nego 3 mi 26 dan 5 mi17...juga nego destroyer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Destroyer mungkin Grogorovic/Talwar.. Blm lengkap itu bro, masih ada IL76, Be200, Pantsir M, BMP3F, ATGM Kornet, VSHORAD Igla, Shilka/Tunguska untuk SPAAG.. List belanjanya sih seperti itu.. hhhha..

      Hapus
    2. Destroyer mungkin Grogorovic/Talwar.. Blm lengkap itu bro, masih ada IL76, Be200, Pantsir M, BMP3F, ATGM Kornet, VSHORAD Igla, Shilka/Tunguska untuk SPAAG.. List belanjanya sih seperti itu.. hhhha..

      Hapus
  10. Presiden anda Jokowi gila dan gila. Kerajaan indon masih kekal miskin yang membazir wang untuk apa-apa.Masalah trafik mereka semakin teruk.Jakarta adalah bandar yang paling ramai di Asean.Merajut dalam jenayah dan kemiskinan.Program kesihatan yang buruk.Tiada peningkatan infrastruktur.Membazirkan wang.Yang paling teruk adalah pesawat tentera mereka yang paling tidak selamat terbang di rantau Asean.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Najib botak teruslah berkuasa...sehingga rosmah terus belanja dengan uang negara..alutsista malon gak usah belanja...buat beli perhiasa dan tas buruk sahaja

      Hapus
    2. Hidup najib,tun najib telah miskin kan MALASNYA Wkwkwk

      Hapus
    3. Wakakak...hidup najib botak dan rosmah...berjayalah selamanya

      Hapus
    4. Kasih makan terus pake BRIM biar malas yg penting pada makan, biar duit najib yg kelola, rosmah belanja... Hebatlah tu najib, menteri keuangan plus PM, najib yg hebat, atoamemang rakyatnya yg bodob. hidup najib haha

      Hapus
  11. negosiasi 3 skadron f16 viper juga masih berjalan...amerika meminta 4,5 billion dolar...indonesia masih menawar dengan harga separuhnya...jadi nanti f16 viper lakukan land attack atau maritime attack akan dikawal su35

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2018-2020 kita pesta produk2 Rusia bro.. Tahun 2021 keatas giliran kita pesta produk US.. 3 Skuadron Workhorse(F-16Viper), skuadron gemuk interseptor, 2 skuadron Air Superiority kandidat terkuat F-15 dan Typhoon.

      Hapus
  12. su 35 mempunyai cocpit pesawat pakfa...dengan sistem full digital menggunakan 2 layar besar...mesin pun punya pakfa..su35 mempunyai kecepatan hampir sama dengan f22..tapi unggul membawa beban dan lebih long endurance dibanding f22.,su35 mampu 4500 km...f22...cuma 2000 km....su35 mampu bawa senjata sampai 8 ton....f22 jauh lebih rendah membawa senjata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Su 30 malon lebih unggul..mampu membawa senjata 40 ton...tapi hanya di hanggar sahaja

      Hapus
  13. Angkatan laut indon jauhhhhhh ketinggalan dgn asean lain.kah kah kah


    https://www.google.com/amp/s/nasional.sindonews.com/newsread/511401/14/berbahaya-50-armada-tni-al-uzur-1317827079

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruk malonsia itu berita tahun 2011.. ini tahun 2018 ruk.. beruk....Tengok kapal askar bersarongmu pun hanya tinggal dua yg ada missile..!! kapal yg lain impotent semua karena malon miskin tak guna.. kahkahkahkah..

      Hapus
    2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kapal_perang_TNI-AL . Malon bongok.. sila tengok ini.!! semua kapal TNI siap meratakan semenanjung jika NAJIB ngan Rosmah macam2 di Ambalat.. kahkahkahkah..

      Hapus
    3. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kapal_perang_TNI-AL . Malon bongok.. sila tengok ini.!! semua kapal TNI siap meratakan semenanjung jika NAJIB ngan Rosmah macam2 di Ambalat.. kahkahkahkah..

      Hapus
    4. Kehkehkeh....
      malon ooh malon. .
      salam budget kecik ya loonn....
      kehkehkeh.. .

      Hapus
    5. @ LoSer kasih link tuh yg update lah....keliatan isi otaknya..sekalian bawa link zaman purba..wwkkwkk

      Hapus
    6. Link tahun 2011....ckckck...inilah hasil pendidikan di malaysia

      Hapus
    7. Lon,lon...Iri banget sih lo Wkwkwk

      Hapus
    8. The only missile capable ships currently in the Royal Malaysian Navy are the two Lekiu Class. The Kedah Class for the past RMK are not funded for its SSM & SAM missiles. The missiles on the Laksamana Class have been removed.

      Hapus
    9. malysia, kapal selam canggih mu sudah bisa menyelam belom, masa kapal selam canggih gk bisa menyelam

      Hapus
  14. KORBAN SU-35..

    Suatu pagi di Bilik Gila (RSJ) di KL.
    Seorang dokter Gila (dr jiwa) sedang memeriksa pasien yang datang;
    Dokter ; Selamat pagi Bapak...
    saya periksa dulu ya...
    Pasien ; Ha..ha..ha...
    Dokter ; Nama Bapak...?
    Pasien ; ha..ha...ha.
    Dokter ; Sakit apa Bapak...
    Pasien ; ha...ha..ha...
    Dokter ; Bapak harus bicara. Apa sakitnya...?
    Pasien ; ha...ha...ha...
    Dokter ; Saya harus periksa Bapak. Apa yang terakhir kali bapak ingat..?
    Pasien ; ha...ha...ha...
    Dokter ; Juru rawat...! Masukkan pasien ni ke Bilik Gila...
    Masuk pasien ke 2....
    Dokter ; Selamat pagi Pak.. Nama bapak..?
    Pasien ; Dokter jangan tanya-tanya ok.
    Dokter lihat saja ok. Periksa saja ok.
    Dokter ; Saya harus isi ID Bapak. Nama..?
    Pasien ; Saya tadi lihat Sukhoi ompong ok. Apache membajak sawah ok. Sigma tak de misil ok. Leopard tak bisa lihat malam ok. Dokter dibodoh-bodohi koran ok.
    Dokter ; Pak, apa yang terakhir ingat...?
    Pasien ; Dokter jangan masuk bakul angkat sendiri ok. KCR tak de misil ok. Gun boat ok. Kelewang halimunan ok. 50 % kapal tak jalan ok. Aset tak berbaloi ok. Masuk bakul angkat sendiri ok.
    Dokter ; Juru Rawat...! Masukkan Bilik Gila...

    Demikianlah cerita menyedihkan ini....😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kasihan memang nasib mahataik 😆😆😆😆

      Hapus
    3. Haaahhhhaahaaaaa.....sesuai dengan mentalnya malon pada terganggu..tidak mau menerima realita...wkkwkkkwkkk

      Hapus
    4. Hahaha...Wkwkwk...asli gw ngakak banget nih bro,sesuai dgn karakter orang2 gila tetangga sebelah yg sering main di blog ini bro Wkwkwk....kl karakter Om PAUL kok gk dimainkan bro Wkwkwk.....Wkwkwk....Hahaha....kah kah kah

      Hapus
    5. Malonsia satu ni dah depresi larr.... kahkahkah..

      Hapus
    6. Hahaha lucu banget...memang banyak orang gila malon masuk ke blog Indonesia, ngoceh2 ngga karuan sampai berasap mereka punya kepala...sangat hina dan menderita sekali tampaknya trol malon....salam budget kecik dibagi 5

      Hapus
    7. Hahaha lucu banget...memang banyak orang gila malon masuk ke blog Indonesia, ngoceh2 ngga karuan sampai berasap mereka punya kepala...sangat hina dan menderita sekali tampaknya trol malon....salam budget kecik dibagi 5

      Hapus
    8. Dan beruk beruk malingsial ketawa tapi hatinya menangis...

      Hapus
  15. Wkwkwkkkk,,, malon" kasian kasiab kasian

    BalasHapus
  16. Bagus tu percakapan d atas antra malon gila sama dokter saraf.
    Hahahaha

    Malon g bs mave on

    BalasHapus
  17. design stealth f35 bagus pada posisi horisontal....nyatanya sewaktu berhadapan dengan musuh pesawat pasti akan roling...ini bisa terdeteksi radar...belum lagi saat pesawat lakukan membuka weapon bay...musuh pasti bisa mendeteksi...stealth kalau kekuatan mesin rendah dan endurance pendek malah akan sia2

    BalasHapus
  18. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga seluruh ASIA, nama saya adalah Ibu Nurliana Novi, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini mengenai platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus menolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya menipu dan kehilangan Rp 15.000.000 dengan pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Nyonya Elina, pemilik perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ibu Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Mrs. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan atas pengalihan kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan pinjaman. Transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya sehingga akun saya dikreditkan sebesar Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doaku dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina karena telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, sayalah satu-satunya dengan kesaksian sejati ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta bukti dari pembayaran kepada ibu tersebut, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini baik-baik saja.

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian tentang hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda bisa menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus