19 Februari 2018

Pengamanan Laut Natuna Diperkuat, Satrol Lantamal IV Miliki 4 KRI

19 Februari 2018


KRI Lepu 861 kapal patroli jenis PC-40 (photo : defence.pk)

PANGKAL PINANG - Pangakalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang saat ini memiliki empat Kapal Negara Indonesia (KRI) untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan laut. Keempat KRI adalah KRI Krait-827, KRI Silea-858, KRI Lepu-861, dan KRI Sigurot-864. KRI akan dimaksimalkan dalam menekan segala aksi kejahatan laut dan aksi penyelundupan di wilayah kerja Lantamal IV. 

"Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV saat ini memiliki empat KRI. Empat KRI ini baru dilimpahkan ke Lantamal IV. Nanti pola operasi KRI akan saya dispersikan ke pangkalan-pangkalan jajaran Lantamal IV," kata Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno di Tanjungpinang, Jumat (16/2/2018). 

Lanjut, kata Eko, pengoperasian KRI akan dilaksanakan dengan pola penyebaran ke pangkalan lingkungan Lantamal IV, khususnya Lanal Ranai, Kabupaten Natuna. Menurut dia, Lanal Ranai mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI AL yang melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya serta melaksanakan tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Pangarmabar dan Kepala Staf TNI AL. 

"Karena di sana (Laut Natuna) cukup rawan, di samping itu lautnya cukup menantang terutama pada saat musim utara," jelas dia. 

Selanjutnya Eko menyampaikan wilayah operasi Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Vietnam. 

"Untuk itu, Lanal Ranai diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya," kata dia. 

Menurut dia, penguatan Lanal Ranai harus dimaksimalkan penginderaan dan fungsi pangkalan dan pos labu. Di Natuna telah dibangun Pusat Komando TNI AL (Puskodal) yang dapat memantau situasi ke depan atau situasi Laut Natuna Utara. Dia menyampaikan, TNI sudah membangun pangkalan di sana mulai dari TNI AD dan Marinir. 

"Fungsi pangkalan dimaksimalkan. Kita mengikuti kebijakan pimpinan TNI dan pimpinan TNI AL," ucap dia. 

Dia menjelaskan, sejak tanggal 22 Januari 2018 TNI AL telah melakukan likuidasi Satrol Koarmabar dan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal dan membentuk Satrol Lantamal IV. Lantamal yang sebelumnya hanya memiliki Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Patroli Keamanan Laut (Patkamla), dengan adanya Satrol akan diperkuat kapal-kapal patroli yang canggih. 

Kehadiran Satrol Lantamal IV mampu memproyeksikan unsur-unsur kekuatannya dalam rangka mengamankan wilayah perairan sekaligus merespon berbagai kerawanan yang terjadi. "Sekarang Lantamal telah diperkuat kapal-kapal patroli dengan kemampuan manuver unggul, sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta untuk menjaga kesiapan operasi unsur-unsur dalam penanganan reaksi cepat di wilayah yuridiksi nasional Indonesia," tutup dia. 

Eko menambahkan, Lantamal IV juga terus berupaya menekan adanya penyelundupan barang-barang ilegal ke Indonesia, khususnya Kepri. Tidak hanya itu, Lantamal IV terus memerangi peredaran narkoba terutama penyelundupan narkoba dari luar negeri. Lantamal akan terus bersinergi dengan instansi lain.

"Peran kita sekarang meningkatkan penginderaan dan intelegensi. Pola yang dilaksanakan sekarang dengan efektif dan efesien. Kalau ada informasi pasti baru kita operasi dengan diterjunkan tim khusus," ucap Eko.

(SindoNews)

66 komentar:

  1. Cukup berbahaya di Laut Natuna Utara sebab ada Malon wkwk yang sewaktu-waktu bisa masuk wilayah Indonesia dikarenakan tidak sanggup menahan Agresi Nelayan China.
    Lihat Kapal TNI AL takde Barang Hibah, dan jangan bilang kapalnya kecil sebab itu nak digunakan mengejar kapal Asing, dan kalau tidak salah top speed nya 40Knot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alalala pakcik. Dah makan ubat belom? Kami tidak memusuhi anda kenapa api2 kan kami masuk wilayah anda?

      Hapus
    2. Dan itu kerana anda membuat kapal yang kelihatan seperti lumba-lumba yang hidup.

      Hapus
    3. Wkwkwk...Cem manalah nak halau nelayan cina bila kapal pun hibah rongsokan

      Hapus
    4. Kah kah kah :v
      Ea mengakui ni ye kami membuat sendiri bukan asal claim seperti dikorang mengaku claim tempatan ternyata hanya ganti Striker je! Lebih baik jelek tapi made in sendiri karena lebih bangga.
      Jelas Natuna itu penting sebab natuna utara membelah wilayah malon antara semenanjung dengan Sabah serawak! Hercules RMAF aja melanggar batas wilayah dengan terbang diatas wilayah Natuna dan langsung dikejar Pesawat TNI AU wkwk yang stupid ini pilot malon atau navigasi pesawat Hercules masuk wilayah kami, dan Menhan kau claim memang salah karena tidak minta izin wkwk makanya jangan sok jaguh! Apalagi su30mkm takde spare parts jadi tak bisa terbang kasihanlah malon!
      Dan masalah TKI gue setuju untuk memoratorium TKI ke malon sebab malon itu ibarat Neraka! Takde hati kemanusiaannya! Pantas dijadikan negara pelanggar HAM. Kalau memang merasa kalah bersaing dengan TKI iya wajar pendidikan Malon tertinggal terbukti tak pernah menjuarai berbagai lomba, kalah dengan Indonesia yang memang sering menang di Olimpiade International maklumlah negara Bebal milik najib botak!

      Hapus
    5. Wahai indon bodo.. ancaman natuna china dan vietnam bukan malaysia...dan paling berbahaya kawasan penuh dgn lanun2 kejawen...

      Hapus
    6. Ala indon hanya berani kejar lesawat awam je.. banyak je hornet dan sukhoi malaysia lalu kat natuna tu... tak pernah lagi la sukhoi bansic dan f16 hibah indon dtg pintas.... pesawat c130 tu pun lalu atas ruang udara antarabangsa dan indon hanya minta buat pengenalan visual sahaja dan lepas tu mencirit lari ke natuna... indon duk bangga pasal aarm lagi ke.. udah basi la berita ulangan ni dah macam sinetron buatan indon.. banyak je aset2 indon hanya tampal stiker pastu claim buatan indon... tak malu ke..😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    7. Alah Malon boong aja,ad bukti nya pesawat Malon lewat Natuna TNI AU TDK mengusir?! Buktinya lon bukan cakap doank....hahhaha
      Bkn nya Malon yg sering tempelkan sticker buatan Malon...malu lon,aset di buatan org di aku2in....sampai lagu daerah Indonesia di claim lagu Malon...makanan khas Indonesia di claim Malon...hahaha
      Malon negara tukang claim...hahahhaa

      Hapus
    8. Tak tau nak ckp ape kt sorg mamat atas tu. Mendunia habes. Layan jela bro. Nak kate hebat sgt pun entah la. Baru nak merase hebat kot. Herherher

      Hapus
    9. Ih tak malu siberuk ini cakap seperti tu! Sebutkan asset TNI yang kami claim buatan tempatan? You kalau iri terlihat aura stupid you! Sorry, kami lebih bangga dengan barang made in Indonesia! Tank Harimau Hitam join with Turkey, kau jangan iri makanya sebab negara kau takde yang mau join product military sebab sudah banyak kejadian memalukan setelah dipakai ATM.
      Bagi kami bukan Vietnam & China musuh utama di Natuna sebab mereka selama ini hormat terhadap kami, kamipunn anggap bukan sebagai ancaman! Musuh itu bisa jadi yang me rasa Iri sebab dia pikirannya sudah bebal! Kau tau War History antara Viet & USA ? Siapa yang menjadi pemenang? Vietnam! Siapa yang membantu Viet ? Indonesia! Kami mengajari mereka taktik berperang tentang pengalaman kami berperang dengan Penajajah Koloni demi Kemerdekaan Indonesia! Aku tau otak kau tak Bakal paham sebab negara kau Malon takde sejarah Merdekanya Sampai Saat INI ! Kami mengganti nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara China hanya protests seketika itu, tapi sampai saat ini kami damai! Itulah sebabnya negara kau dan kami beda di mata China ! Kalau kau punya otak Indonesia = China kami sama-sama memiliki kepentingan! Beda dengan kau Malon yang selalu dijadikan Budak(Pembantu) oleh China sebab negara kau takde pentingnya buat China, terlihat dari kasus di Natuna Harga diri malon takde kalian tunduk terhadap China ! Kami melawan, karena kami tau Asset berharga negara kau digadaikan kat China sebab Malon dah bankrupt! Kah kah kah

      Hapus
    10. Unknown...ngomong apa kau...ngomong apa kumur2...hahhaa
      Mau bukti lagu daerah kami yg kau claim...? Dll nya yg kau claim...

      Hapus
    11. Hebat lon bisa beli apache.. Su 35.. malon ada Wang tak buat beli sparepart wakikikikkk

      Hapus
    12. Mana ada F 18 hornet malon terbang di wil natuna...gmana mau terbang di hantam hanud di natuna klu gak di hantam F 16 ma sukhoi katanya ...horor...malin tuh cem otak idiot tapi sombong dan ngaku smart..padahal ya oon oon..

      Hapus
    13. Wow sejak bila kami claim daerah korang ye? Ayuhhh cari lagi wiki nya bgtau daerah mana kami claim? Hikhik

      Owh btw kamu tolong vietnam ye. Tak heran la. Sbb korang sama2 pendukung komunis kan waktu tu. So fair enough. But the fact is the helper still got bloody nose when they tried to confront us upon that time. So sad. Still claim you are the greatest army in the region? You are pulling my leg bro. Hakhakhak

      Yes we had problem for not publishing much when we encountered problem with neighbours. Especially you guys. You know why. Because we are too soft handling problem with you. But to be honest there was a time you also like chicken shit confronting us. Just incident like this we intend to keep it silent cz we are neighbour. There is high and low in our friendship. It is handled professional by our leaders. But looking people like you, making me laugh to die man. Seriously guys, dont get yourself carried away with things like that.

      Owh btw apache dah habes membajak? Btw kongsi la ape spec su35 korang? Too general la article lepas. Nak tau jugak ape detail die. Setakat article agreement deal tak seronok. Nak tau ape package termasuk in detail. Ayuhhh dapatkan maklumat ituuuu

      Hapus
    14. @unknow dengki sangat tak bisa heli Apache...lucu lucu. SU 35 di dengki juga, kalau nak beli ancam si najib tuh,

      Hapus
    15. Pasti Tak payah lah berputar belit laa shed.. kami Apache, Su 35, Nasam 2 malon bisa beli tak.. wakikikikikik

      Tengok Shed aka unknown.. ada perbandingan radar Su 30 mki/mkm & Su 35 di siu jangan dengki ya.. kih kih kih

      Maximum internal fuel - 11,500kgs
      Max Range(without mid-air refueling, without external fuel tanks) - 3600kms
      Max ceiling - 18km
      Max Speed - Mach 2.25
      Canards - No (since radar isn't heavy)
      Crew - 1
      Max Afterburner Thrust - 14500kgf(gives a massive boost to TWR compared to Su-30MKI)
      External Fuel Tanks - Yes (can carry 2 drop tanks of 1400kgs fuel in each of them)
      Composites - Yes. Extensive use of Titanium Alloys.
      Empty Weight - Unknown. Estimated to be around 18800kgs.
      Airframe life - 6,000hrs or 30 years(at 200 hours flight time each year)
      Internal Jammer - Yes
      RCS - unofficial estimate between 1-3m2
      Airbrake - No. Powerful modified rudders act as Airbrakes.
      Supercruise - Yes

      Radar-
      This deserves a separate mention. Because this is where the difference is at its max.
      Su-30MKI has a N-011M BARS Radar
      Transmitter peak power - 5kw
      Transmitter average power - 1.2kw
      Can Track- 15 Targets
      Can Simultaneously Engage - 4 Targets
      Max Detection for 5 sqm RCS - 140 km(Upgraded Radar with upgraded transmitter power, if any in service, its range is unknown.)

      Su-35S has N-035 IRBIS-E. The most powerful Fighter Plane mounted X Band radar in the world. Specs are as follows.
      Transmitter peak power - 20kw
      Transmitter average power - 5kw
      Can Track - 30 Targets
      Can Simultaneously Engage - 8 Targets
      Max Detection for 5 sqm RCS - 426 km
      Max Detection for 3 sqm RCS - 375 km
      Max Detection for 1 sqm RCS - 285 km
      Max Detection for 0.01 sqm RCS - 90 km

      👏👏👏👏👏💪💪💪💪💪


      Hapus
    16. @erik

      Jangan salah sangka dulu om, di natuna emang kita kasih 'jalur khusus' buat malaysia bisa menyebrang dari semenanjung ke sabah. Kasian juga mereka harus memutari natuna juga kan?

      Nah untuk case herky mereka kemarin, emang ga tau pilot mereka baca gps ga, mereka nyebrang ga lewat 'jalur khusus' tersebut, makanya kita cegat.

      Hapus
    17. Sudah dengan papua sudah takluki isreal, indonesia sekarang ketakutan ok ix ix ix ix ix

      Hapus
    18. Israel kapan Israel ke papua? Delusi otak lu terlalu parah mahataik beruk.. Dengki makin membuat lu jadi goblok wkwkwkwkwk

      Hapus
    19. @aQuavit iya meskipun kita sudah kasih jalur khusus tapi sama aja wilayah kita yang dipakai, TAPI aku yang tidak suka malon itu Mulutnya gak ada rasa berterimakasihnya sedikit pun!
      Iya yang bodoh Navigation Hercules Malon, bukan cuman Hercules Yang masuk wilayah kita, kapal TUDM malon sering juga om sampai dibuat video karena sok jaguh baca navigasi malah menabrak karang padahal KRI kita sudah kasih tau! Masalah claim, Adatku BATAK kau claim ruk! Maklum Malon kan punya semboyan, Malaysia Truly Asia. Jadi semua kebudayaan Asia ada di Malon! Bukan cuman Indonesia aja kok, Vietnam juga sama banyak yg di claim. Tapi tourist juga gak bodoh, lebih baik datang kenegara asal daripada kat Malon! Kah kah kah

      Hapus
  2. Kapal yang Direka Yang Kurang Baik.

    BalasHapus
  3. Hari2 pati dr indon ceroboh wilayah malaysia utk cari kerja. Kami tidak bising pun. Mentaliti malon warga indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari2 besepah orang malon jual dadah ke indonesia,kalah bersaing bila nak kerja,jadilah besepah orang malon jual dadah...mentaliti malon nak makan enak tp jual dadah

      Hapus
    2. Tipulah... kalau setakat 1..2 kes sudah di bilang banyak.. yg banyak bek masuk dadah ke indonisia warga autralia.. amerika latin dan afrika..

      Hapus
    3. Malaysia Berharap Indonesia Tak Berlakukan Moratorium Pengiriman TKI

      Minggu 18 Februari 2018 - 19:22 WIB
      Malaysia Berharap Indonesia Tak Berlakukan Moratorium Pengiriman TKI
      Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi berharap Indonesia tidak menerapkan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia. Foto/Istimewa

      KUALA LUMPUR - Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi berharap Indonesia tidak menerapkan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia. Menurutnya, langkah ini hanya akan menimbulkan kerugian bagi kedua negara.

      "Kami sangat menyesalkan jika media melaporkan tentang Indonesia yang berniat untuk menghentikan pengiriman pekerja rumah tangga ke negara kami, karena kasus penyiksaan pembantu yang terisolasi itu benar," ucap Zahid, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (18/2).

      Zahid mengatakan akan bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Muhammad Hanif Dhakiri dalam waktu dekat untuk bernegosiasi dan menemukan solusi terbaik untuk masalah ini.

      Dia menambahkan bahwa kementeriannya akan bekerja sama dengan Kementerian Sumber Daya Manusia untuk terus memantau keluhan tentang penyiksaan pembantu di negara tersebut.

      "Kami akan melihat kembali kesepakatan antara pengusaha dan karyawan, jika ada kekurangan dalam peraturan, kami akan melakukan review, termasuk di SOP," ucapnya.

      Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana menyatakan, ia ingin adanya moratorium pengiriman TKI ke Malaysia. Alasannya, kata Rusdi, untuk mencegah apa yang terjadi pada TKI Adelina terulang kembali.

      Rusdi mengatakan, ide penerapan moratorium pengiriman TKI ke Malaysia bukan hal baru. Perundingan soal moratorium sudah dibicarakan Rusdi kepada Presiden Joko Widodo pada pertemuan tahunan Indonesia-Malaysia pada 2017 lalu.

      ”Untuk moratorium, Presiden juga ingin moratorium. Moratorium harus dijalankan. Kita hentikan pengiriman tenaga kerja. Hentikan pengiriman pembantu rumah tangga. Sudah waktunya kita keras, tidak bisa cuma wacana. Moratorium harus ditegakkan, tata kelola harus kita bereskan,” ucap Rusdi.
      (esn)


      Tuh liat lon...ingat dl waktu Indonesia menerapkan moratorium TKI,gmn negara kau memohon PD bangsa Indonesia agar d cabut moratorium...

      Mudah2an Moratorium jd d laksanakan ...

      Hapus
    4. Bersepah org indon buat jenayah kt mesia. Rompak sane sini. Takde pulak kteorg nk ungkit. Aduiii don don

      Hapus
    5. @Unknown ! Haha stupid ! Itu berita dah post media sekelas CNN ! Kan aku sudah sering bilang kalau media malon tak akan pernah post berita buruk tentang negara kau! Pers di Malon dikekang oleh kerajaan! Kasihan kau di perbodoh negara sendiri ! Sampai-sampai dengan percaya diri berdebat dengan orang Indonesia seakan-akan kau paling benar! Kasihan lah ya, kami di Indonesia bukan seperti kau stupid disini banyak orang pintar yang technology nya kau pakai hasil penemuan orang Indonesia! Lagian malon apa yang dibanggakan? Otak mesum semua ! TKI kau siksa maklum cewek China di Malon pada kagak doyan orang melayu! Wkwk, yang tersedia jadi hanya Creek Ethnic Tamil kah kah kah jadi terpaksa cari orang Indonesia :v Dasar negara neraka!

      Hapus
    6. Maklum bang internet disana ad control jd macam katak dlm tempurung...klo ga salah di sana ad lembaga pengawasan namanya ISA...

      Hapus
    7. Malon pengedar dadah dan teroris di indonesia.. adoiii wihihihihi

      Hapus
    8. Internet di guna orang malaysia nonton porn video je dan bual cakap kosong je.. malaysia product nusantara yg gagal.. hiks

      Hapus
    9. saya sangat setuju jika pengiriman TKI ke Malonsia dihentikan.. sebab apa..?? karena stigma sebagai TKI akan digunakan oleh Malonsia untuk menghina bangsa Indonesia. Indonesia tidak akan rugi tpi malonsialah yg akan rugi. Selain rugi pendapatan dari pajak yg TKI harus bayar, juga dari ras melayu disana yg akan berkurang drastis jika indonesia menghentikan pengiriman TKI. Karena sekarang malonsia kebanjiran imigran dari bangladesh yg sudah mencapai 4juta lebih dan terus bertambah, dan dari Myanmar, China, Vietnam. Makanya petinggi2 mereka sangat mengemis indonesia untuk tidak menghentikan pengiriman TKI, dibannding beruk2 goblok malonsia yg ada diforum ini yg tidak tau apa2. Mereka takut jika raja mereka diganti oleh kaisar dari cina karena ras melayu disana akan kehilngan pengaruh seperti singapura.. kehkehkeh..

      Hapus
    10. saya sangat setuju jika pengiriman TKI ke Malonsia dihentikan.. sebab apa..?? karena stigma sebagai TKI akan digunakan oleh Malonsia untuk menghina bangsa Indonesia. Indonesia tidak akan rugi tpi malonsialah yg akan rugi. Selain rugi pendapatan dari pajak yg TKI harus bayar, juga dari ras melayu disana yg akan berkurang drastis jika indonesia menghentikan pengiriman TKI. Karena sekarang malonsia kebanjiran imigran dari bangladesh yg sudah mencapai 4juta lebih dan terus bertambah, dan dari Myanmar, China, Vietnam. Makanya petinggi2 mereka sangat mengemis indonesia untuk tidak menghentikan pengiriman TKI, dibannding beruk2 goblok malonsia yg ada diforum ini yg tidak tau apa2. Mereka takut jika raja mereka diganti oleh kaisar dari cina karena ras melayu disana akan kehilngan pengaruh seperti singapura.. kehkehkeh..

      Hapus
    11. wah wakil PM AZ Hamidi, tetangganya om smili tuch haha!🙏🙏🙏

      Hapus
    12. @unknow bangsa penakut kaya kalian memang sasaran empuk perompak, maka korea utara gelar operasi rahasia kat malaysia sana..

      Hapus
    13. Lebih banyak malon kali yang buat jenayah, enjin pesawat aja bisa hilang muahahahahaha

      Hapus
    14. @Rachman Hakiki wkwk iyalah om, mereka memang sumber biang kerok di ASEAN ini, padahal sudah aku katakan jika Diplomasi negara itu PENTING! Itu sebab nya Malon stupid ini seakan-akan gak butuh negara lain, mereka sudah cukup bangga untuk dijadikan Budak ( Pembantu ) British! Mari kita lihat di Pertemuan International, malon tidaklah lebih dari seorang pecundang yang hanya bisa duduk tanpa ada negara lain yang terkesan, yang ada PM si Najib botaklah yang mendekati Kepala Negara lainnya, bukan Kepala Negara lainnya yang mendekat terhadap PM Najib Botak. Kita Indonesia setahu Ku memang tidak ada kerjasama dengan Israel, tapi Israel tidak berani bermacam-macam dengan Indonesia, bukan seperti malon malah ditindas dijadikan negara pelabuhan terakhir Kim Jong Nam, beda dengan Israel yang mengetahui Pasukan Khusus Indonesia memang cukup menakutkan makanya Israel gak pernah berulah dengan Indonesia, karena bos Mereka SAS Inggris juga sudah pernah berhadapan langsung dengan KOPASSUS yang diminta Malon untuk menghadapi agresi Indonesia :D Jelas dengan pengalaman itu MOSSAD Israel banyak belajar dari SAS yang bisa dibilang imbang kekuatannya -_-

      Hapus
  4. Sudah sudah... janganlah saling menghina dan berkelahi.. mari diskusi dengan wajar agar menambah ilmu.

    Btw ada yg punya info progress Tank Harimau ? Kalo gak salah bulan February ini akan menjalani test ledak kan ya ?
    Atau masih sibuk dengan pesanan Anoa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ada yang claim Tank Harimau jelek lebih baik Gempita berlendir Hahaha !

      Hapus
    2. Hehehehe.. soalnya masih penasaran dengan hasil test ledaknya bro.

      Kayaknya bakalan sibuk bener Pindad tahun ini.. kewajiban membuat pesanan Anoa plus testing purwarupa Harimau ver 2 pasti butuh efforts lebih banyak.

      Btw ini ada potongan informasi dari Pindad melihat betapa banyaknya pesanan Anoa kepada mereka.

      Ini berita July 2013 atau 5 tahun lampau...

      "Hingga saat ini Panser Anoa sendiri laris dibeli oleh TNI-AD. Kesatuan yang dipimpin Jenderal TNI Moeldoko ini total telah membeli 226 unit dari Pindad. Adapun perinciannya pada 2008, TNI memesan 154 unit, pada 2011 sebanyak 11 unit, dan tahun 2012 memesan 61 unit. Serta  kembali pada tahun 2013 ini PT. Pindad (Persero) mendapatkan pesanan 82 unit kendaraan tempur jenis Panser Anoa dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). TNI-AD saat ini kurang-lebih mempunyai Ratusan unit Panser Anoa dari berbagai jenis yang akan terus ditingkatkan jumlahnya mencapai 400-600 unit  hingga tahun 2014. Kita berharap pada MEF tahap II 2015- 2019 , 1000 unit Panser Anoa akan dapat melengkapi Batalyon Infanteri Mekanis yang ada pada setiap Kodam- Kodam di lingkungan TNI-AD"

      Target akhir 2019 total 1.000 Anoa bro... mantap... 😄😄😄😄

      Hapus
    3. Komposisi kompi mekanis (meniru pola US Striker Brigade Combat Team Infantry Rifle Company) :

      2 komodo (bisa juga anoa command support varian)
      2 kendaraan logistik (bisa truk bisa anoa varian logistik)
      2 anoa apc
      3 badak sebagai peleton MGS (Mini Gun Support)
      2 anoa mortar varian
      1 anoa ambulans varian
      1 anoa fire support team
      12 anoa apc

      Lebih afdol ditambah 3 - 4 SPAAG.

      Itu baru 1 kompi saja.

      Kalau 1 batalyon tinggal dikalikan 3 atau 4.

      Kalau 1 brigade tinggal dikalikan 3 sampai 5 batalion.

      Kalau 1 divisi tinggal dikalikan 3 brigade.

      Jadi 1000 anoa ada berapa divisi ?

      Xixixixixi

      Hapus
    4. Hahahahahha iya juga ya bro woof woof... ngeri dah pokoke... mana infonya 2019 langsung gas pol order 100 Harimau pulak.. edunnn 😁

      Hapus
    5. "Rencana TNI tahun depan sudah ada. Kurang lebih 100 unit, dari 300 yang dibutuhkan," kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose usai menerima sarasehan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di Kantor Pindad, bulan September lalu.

      InsyaAllah AKAN project lagi.

      Hapus
    6. Good Newsnya project Pandur tetep jalan nih bro Woof woof... 😊

      https://m.katadata.co.id/berita/2017/10/10/baru-diluncurkan-tank-buatan-fnss-turki-pindad-dilirik-pasar-global

      Hapus
    7. yang menggerunkan harimo item ditulis "Jointly designed and developed by FNSS and PT PINDAD" dlm AD turki versi wikipedia.

      apakah ada kmungkinan AD turki pesan jugak kita lihat nanti.
      yg pasti, yg satu lagi gak nongol gambarnya disini, mereka lebih suka btr 80 ternyata haha!😆😆😆

      https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_equipment_of_the_Turkish_Land_Forces

      Hapus
    8. Infonya Turki belum ada rencana pesan mas... Turki cuma punya Harimau satu biji yang prototype.. mereka masih fokus produksi Altay..

      Mungkin keduluan Indonesia untuk pengadaan Harimaunya mas tahun depan oleh Pindad.. Turki kayaknya baru ngambil pesanan 3 tahun kedepan setelah project pengadaan Altay selesai semua. Maklum mas.. kalau di daerah gurun sana Tank makin gede makin favorit..hihihihi

      Hapus
    9. om super, kata mas windu hh produksinya 2020 kalo tak ada halangan, setelah sertifikasi, hmmn artinya 2021 baru masuk yak 😉😉😉

      yap, altay uda mayan lama, prototaipnya aja uda 4 bijik, jadi kmungkinan tipis mereka akan pakai HH, tapi sapa tau 10 taon lagi yak, kan tank2 m48patton bakalan kena gusur macam amx kita haha!😋😋😋
      kan hh pake ac, enyak dingin nyaman buat bobo haha!😴😴😴

      Hapus
  5. kesian malaysie tak punya laut lagi..:-)laut sabah sarawak dah dikuasai cina berdasar batas james shoal

    BalasHapus
  6. Iki kok podo ribut karepe dewe tho yooo yooo... opo ora bosen tho ribut terus?

    Yooh mrene lah tak traktir sego kucing karo jahe merah ben podho adhem atine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cozna kalau gak ribut blog ini gak rame om..heehehee

      Hapus
  7. Dgn banyaknya kepulauan dalam wilayah lantamal dan luasnya lautan yang dijaga sehingga masukan saya sebagai warga sipil pemerhati alutsista dan kesejahteraan TNI, minimal dimasing2 lantamal terdapat 20 unit kapal perang yg dapat melakukan pertahanan atau serangan dari permukaan ke udara, permukaan ke permukaan dan permukaan ke bawah permukaan, 12 unit kapal cepat rudal, 2 unit kapal selam dng bobot 3500 ton, 12 unit kapal selam mini sbg berbagai persenjataan dan dapat meluncurkan pasukan khusus, dilengkapi 6 unit heli anti kapal selam, 1 unit pesawat peringatan dini, 12 unit heli serbu pesisir, 14 unit drone eng kemampuan UCAV dan jarak jelajah serta waktu operasi di atas 24 jam

    BalasHapus
  8. Jika indonesia mau kirim TKW atau TKI harus dibekalin ilmu bela diri dan alat komunikasi serta senjata setrum listrik , kemudian sebelum dikirim diadakan MOU, bahwa TKI diperkenankan untuk melakukan pembelaan diri terhadap kekerasan atau ancaman kekerasan tanpa ada proses hukum sbg bentuk perlindungan bagi TKI yang selalu beras dalam keadaan lemah, kemudian bagi pihak yg akan mempekerjakan harus mengikutsertakan TKI ke perusahaan PJTKI yang sah dan memiliki ijin operasional yg sah serta ke perusahaan asuransi dng menyertakan nama keluarga dan nomer keluarga yg bisa dihubungi

    BalasHapus
  9. akhirnya tiap Lantamal diperkuat KRI secara permanen buat nemenin KAL, artinya Satrol ini dimiliki independen oleh tiap Lantamal, seperti Kodam yg punya kaveleri sendiri.
    mantapppp, bidak2 perang di majukan perlahan2 haha!👍👍👍

    BalasHapus
  10. Gak terasa KCR 40an meternya dari no lambung 841 kini sudah 861 berarti sudah 20 an kapal di bina kilang kapal indonesia..luar biasa..Jalasveva Jayamahe

    BalasHapus
    Balasan
    1. targetnya 42 bijik ... wow menggerunkan, kilang kita nonstop geal geol yach haha!👍👍👍

      Hapus
  11. Kalau memoratorium TKI di jalani menjadi pukulan berat terhadap kerajaan malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aja sudah bankrupt, apalagi di moratorium TKI kita, yang ada pemasukan pajak TKI tidak adalagi, hebat President kita memusnahkan Malay pelan-pelan. Makanya WN Malay pada gak suka sama pak jokowi, karena kebijakan kita selalu membuat rugi kerajaan Malay, mereka sekarang hanya berusaha menjaga keseimbangan mata uang mereka Ringgit terhadap Dollar, jika mata uang Ringgit jatuh sudah dipastikan Hutang Malay akan semakin besar, itu yg ditakutkan Malon. Sampai-sampai budget Kementrian disana pada dipangkas. Tahniah Malon.

      Hapus
    2. Waduh kalau malay banyak hutang ..terus malay gak jadi produksi pesawat UFO donk...kan orang malay cerdas cerdas...F35 aj yg buat orang malay loh

      Hapus
  12. sebenarnye malaysia sudah tak perlukan kapal....kerena sudah tak punya laut lagi

    BalasHapus
  13. Perbedaan fakta dan jelas di Kawasan Asean...dari berbagai sumber:
    1. Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Myanmar berlomba-lomba mengembangkan Kapal Perang Permukaan...saat ini Singapura dan Indonesia imbang dlm kemajuan tehnologinya.
    2. Singapura, Malaysia dan Indonesia berlomba-lomba senjata arteleri, tetapi Malaysia tertinggal jauh dalam hal pengembangan Tank dan senapan mesin karena Singapura dan Indonesia sudah punya hasil tank medium dan senapan mesin yg telah di ekspor.
    3. Singapura dan Indonesia mengembangkan teknologi elektronika, Singapura kerjasama dg Israel sedang Indonesia mandiri.
    4. HANYA INDONESIA yg telah mengembangkan sbb:
    a. Pesawat angkut ringan yi N-219, R-80 dan N-245 serta tdk lupa N-250
    b. Pesawat tempur dg Korsel, yaitu IFX
    c. Kapal Selam kerjasama dg Korsel
    d. Roket dan Rudal serta Bom
    e. Satelit

    Ini yg menggoncang kawasan, bahkan Australia sendiri mulai melihat kekuatan tetangga utaranya karena kemajuan yg dicapai..salah satu yg menakutkan bagi negera2 lain yi dg produksi dlm negeri maka susah melihat seberapa kekuatan, jumlah serta penyebaran senjata yg dimiliki krn mereka tdk memiliki data2 ...beda jika Impor, krn negara penjual akan memberikan bocoran jumlah yg dijual dan spesifikasinya...jadi mohon maaf MALAYSIA tdk usah iri dg Indonesia tapi malah harus mencotoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisa yg bagus bro,saya setuju dgn analisa sampean...malaysia dari zaman dulu dah ngiri lihat indonesia,jd dimaklumin aja mereka seperti itu bro

      Hapus
    2. Malay tu gak iri broo...tapi panas hati...
      Ingat waktu tahun 2000 an...teritorial indo di serobot serobot oleh malay...bahkan AL dan askar malay hampir memanas dengan sombongnya kapal TNI AL di tabrak oleh kapal malay..ya waktu ituu....tapi sekarang kebalikannya...jauh bgt kekuatan militer malay dengan indonesia..ini real loh..saya sdah tengok sndiri di malay..pertahanannya Jauh bgt dengan indonesia..nyata ini di bawah jauh...tetapi dengan itu indonesia tidak pernah provokasi militer spserti malay meski saat ini pertahanan indo kuat. Tapi mkin mereka panas hati jadi yaa seperti gak mau kalah padahal realnya sdh kalah..😂😂

      Hapus
    3. jd terharu biruw bacanya haha!😭😭😭

      Hapus