27 Februari 2018

KASAL Luncurkan KRI Kerambit 627 Tipe KCR-60

27 Februari 2018

Kapal ini mampu mengarungi lautan hingga kondisi Sea State 6 dengan Significant Wafe 4 meter, dengan adanya Fin Stabilizer, kapal akan mempunyai stabitas yang prima dengan ketahanan (endurance) selama 5 hari (photo : Detik)

Kekuatan Tempur Kapal Perang TNI AL yang Baru Diluncurkan Hari Ini

TRIBUNNERS - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi menghadiri upacara peluncuran satu unit Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Batch 2 sekaligus pengukuhan kapal yang diberi nama Kerambit, bertempat di Shiplift Divisi Kapal Perang PT PAL Indonesia, Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (27/2/2018).

Acara pemberian nama KCR Kerambit dilaksanakan langsung oleh Ny. Endah Ade Supandi sebagai Mother Ship, yang ditandai dengan pemotongan tali pengikat dan pemecahan kendi ke badan kapal.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi acara peluncuran KCR secara simbolis yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kasal didampingi Kabaranahan Kemhan dan Dirut PT PAL Indonesia Bapak Budiman Saleh.  

Pembangunan KCR 60 Meter Batch kedua ini, dilaksanakan oleh galangan kapal PT. PAL Indonesia (Persero). Kapal ini memiliki panjang 60 M dan lebar 8,1 M serta jarak jelajah 2400 NM.

Dengan kecepatan maksimal 28 knots, kapal ini mampu membawa 55 kru kapal dengan berat muatan penuh 500 ton. Adapun persenjataan yang dimiliki adalah Meriam 57 mm Bofors/Swedia dilengkapi Rudal China C-705. 

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa pemberian nama Kerambit diambil dari salah satu nama senjata tradisional Minangkabau yang mendunia, dan dikategorikan senjata berbahaya karena dapat digunakan untuk menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi.

Kapal Cepat Rudal (FAC-M) KRI Kerambit 627 (photo : SindoNews)

“Kerambit digunakan dalam pertarungan jarak pendek yang lebih mengandalkan keberanian dan keahlian bela diri, diharapkan pengawaknya akan memiliki semangat bertempur yang tinggi dalam menghancurkan kapal musuh dengan kemampuan manuver sigap, cepat dan senyap” ujar Kasal.   

Selain itu pembangunan KCR 60 M ini, merupakan manifestasi penting dari kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju Minimum Essential Force yang ditetapkan.

"Dan diharapkan dengan masuknya kapal ini di jajaran TNI AL, dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai komponen utama pertahanan negara di laut,” tegas Kasal.  

Turut hadir dalam acara peluncuran tersebut, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan  (Kabaranahan Kemhan) Laksamana Muda TNI Agus Setiadji, S.E., Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh, Pejabat Kementerian Pertahanan, Pejabat Utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI AL, Para Kepala Dinas terkait di lingkungan Mabesal, Dansatgas Yekda KCR 60 M Kolonel Laut (P) M. Nursid, serta para tamu undangan dari PT Pal Indonesia.

(TribunNews)

60 komentar:

  1. "...mampu mengarungi lautan hingga kondisi Sea State 6..!"

    Ini basicnya FPB-57 ToT Lursen dulu kan..
    Pantesan tuh kapal berani keluyuran sampek Aussy.. :)

    Good job PT PAL.. !

    BalasHapus
  2. Next : Klewang-2.
    Terus apa ya? LPD masih lama.
    KCR-60 batch-2, #2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. This year other launching could be one of the four Bintuni Class LST currently being built by PT Daya Radar Utama.

      Hapus
    2. Klewang 2 udh 70% paling 2-3bulan kelar

      Hapus
    3. Ada link terkait klewang 2...penasaran banget liatnya

      Hapus
    4. Di pk defence indonesia tuh ada yang posting.. bro

      Hapus
    5. https://defence.pk/pdf/threads/indonesia-defence-forum.229571/page-1249

      Hapus
    6. Wow...belikan obat pusing buat sebelah bro

      Hapus
  3. woooowww.. menggerunkan. Seandainya nih kapal lawan 4 kapal kedah klass kapal paling digeruni sekawasan menang mana ya..??? kahkahkahkah..1 lawan 4 masak kalah..?? xixixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti tak de missile alias ompong...pasti kalah...hanya sebatas kapal patroli dengan meriam...kapal zaman now wajib punya meriam,ciws dan rudal.

      Hapus
    2. Kedah class lembik cuma menang besar body aja bro,ompong tak de missile Wkwkwk...ish,ish,ish

      Hapus
    3. Ala frigate indon pun ompong lagi pakkk.. bukan ke dah lama.beli tu... ngpv tu kapal ronda je...

      Hapus
  4. woooowww.. menggerunkan. Seandainya nih kapal lawan 4 kapal kedah klass kapal paling digeruni sekawasan menang mana ya..??? kahkahkahkah..1 lawan 4 masak kalah..?? xixixixi..

    BalasHapus
  5. Selamat datang KRI kerambit....

    BalasHapus
  6. tahun 2010 2011 2012 2013 2014 kita disebut negara miskin bodoh babu dsb.. alhamdulilah Allah tidak tidur. sedikit demi sedikit menunjukkan kekuatan sabar dan ikhlas... sampai kita nanti tak terhentikan. amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mantap Amin bro.. \^_^/

      Hapus
    2. Salam shopping 20 thn lg bro Wkwkwk

      Hapus
    3. 20 thn lagi. kita bakal ekspor kesono, ngutang juga nggak papa. xoxixixizixixizi

      Hapus
  7. Uji dinamis rudal petir bang

    https://www.kemhan.go.id/balitbang/2018/02/27/uji-dinamis-rudal-petir-i-102-tahap-ii.html

    BalasHapus
  8. Welcome To The SEA.....627 KRI KERAMBIT....Jalasveva Jayamahe..!!!

    BalasHapus
  9. Tetap membumi bro, terlalu berlebihan juga gak baik, dunia ini berputar..

    Apa kaga enek apa tiap hari membully terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipikal malon dikasih hati nginjak kepala. Orang bebal seperti malon jngan dikasihani.. lanjuuuuuutt..!!! hhhh

      Hapus
    2. Bagaz@ betul bro....Salam shopping 20 thn lg bro

      Hapus
    3. Hancurkan bro...malon gak perlu dikasih ati

      Hapus
    4. Sudahlah kita tdk usah merasa jumawa lagi... Biarkan saja mereka.. Mari kita contoh padi semakin berisi semakin menunduk kehidupan itu berputar bro.mari kita doakan semoga TNI semakin jaya

      Hapus
    5. Mereka yang masuk dimari...gak diundang troler disini

      Hapus
    6. Troller tegar indon yg sentap.hahhahhaha

      Hapus
  10. Perlu dibuat KCR ukuran 80 atau 90 m, sehingga persediaan rudal bertambah, dan peluncur rudal juga bertambah, dilengkapi fasilitas peluncur RBS, dan peluncur drone dng kemampuan UCAV, radar, dilengkapi alat anti jammer serta alat jammer, dibagian depan dilengkapi dengan 2 meriam 1 cal 30 mm, 1 lagi sbg meriam cal 75 mm,, dibagian belakang dilengkapi dengan 3 meriam cal 25 mm,

    BalasHapus
  11. Kelas Kedah (NGPV) dlm erti kata bahasa malaysia "kapal peronda generasi baru"... cuba bagi contoh kpd saya KAPAL PERONDA @ OPV yang di pasang dengan pelbagai senjata seperti mana kapal tempur. Kelas Kedah boleh dipasang p'senjataan penuh kerana ia punyai kemudahan untuk dipadang. jangan di bilang MALAYSIA tiada wang.. berjuta tenaga kerja asing mencari rezeki...setakat ini belom ada lagi tenaga buruh dari malaysia keseberang melaikan pergi melancong menghabiskan wang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerana malasnya banyak wang makanya berjuta orang asing bekerja di malasnya...katanya malasnya banyak wang tp OPV kok ompong tak de missile dan shopping tunggu masa 20 thn lg ye Wkwkwk

      Hapus
    2. Nanti akan ada forumer tetangga hantar cakap KCR nih ompong tak de missile,KCRnya downgrade dan basic,designnya tiru kapal cina,bkn binaan PT PAL,missile kapalnya lembik,KCR indonesia angkut bakul sendiri Wkwkwk...monggo forumer tetangga sila masuk...86,86 Wkwkwk

      Hapus
    3. Tunggu sebentar lagi dibuatkan moratorium pengiriman tki...wakil perdana menterimu yang memohon untuk tidak dihentikan...bukan indonesia saja yang butuh pekerjaan...negaramu juga butuh tenaga kerja..jadi jangan sombong...tidak ada pekerja dari kita negaramu kolaps lon...karena tidak ada yang mau mengerjakan sektor informal...pemalas

      Hapus
    4. Ruly# moratorium dah berjalan mas

      Hapus
    5. Mat,
      Moraturium ini tidak stop total kan? Lebih ke pengaturan/pembatasan.

      Sama-sama butuh, solusinya ya harus bekerja sama, kalo bermusuhan akan sama-sama rugi.

      Naah, sekarang pilih untung or rugi?

      Hweihihi... :D

      Hapus
    6. Bro @Ari makanya kau sering2lah baca supaya menambah wawasan ilmu kau yg masih gak pernah paham kenapa justru negaramu yg butuh foreign workers. Di internet banyak sekali ilmu dan sumber berita yang bisa dipelajari jangan browsing untuk hal yang aneh2..

      Ini saya kasih berita terbaru 2018 dan saya ambilkan berita versi media negerimu sendiri (yg mungkin tidak pernah kamu buka) karena kalau saya kasih berita lokal pasti bro @Maha bilang itu berita editan buat jatuhin image negeri jiran dan bakul angkat diri sendiri :

      "Human Resources Minister Datuk Seri Richard Riot Jaem said checks showed about 80 per cent of the workforce in “giant” development and infrastructure projects in West Malaysia were made up of foreign workers.

      “Previously, there were quarters suggesting that we do not need foreign workers at all.

      “If we do not bring in foreign workers (to fill in vacancies), a lot of development projects will be left at a standstill.

      “Most of the giant projects in West Malaysia depend on manpower mostly comprising of foreign workers,” Riot, 

      https://www.nst.com.my/news/nation/2018/01/323365/malaysia-needs-foreign-workers-meet-shortage-manpower

      Malaysia lebih memilih Indonesia karena cuma Indonesia yg typikal nya mau bekerja, mudah diorganisasi dan satu rumpun (seagama). Memilih tenaga kerja dari luar misalnya Myanmar, Kamboja, Philipine dll jelas lebih berdampak besar pada keseimbangan social disana. Karakter orang2 tiap negara itu berbeda dan banyak resiko2nya.

      Belajar lagi ya brow...

      Hapus
    7. Posting yang bagus dari Mas Super. :)

      Hapus
    8. sbb banyaknya pembangunan dan pekembangan ekonomi, maka perlukan ramai tenaga kerja.. mana bisa negara yang tidak bagus ekonominya mahu ramai pekerja.. tapi tenaga profesional ada dr dalam.. yg dibilang jangan dihentkan penghantaran adalah untuk kerja pembantu rumah.. bukan tenaga pakar...

      Hapus
    9. Malaysia butuh tenaga kerja asing karena angkatan kerja dinegaranya tidak ada yg mau atau bisa mengerjakan beberapa type pekerjaan tertentu, Indonesia mengirimkan tenaga asing sebagai sumber pendapatan mereka. Ini namanya simbiosis mutualisme.

      Saat Indonesia cut tenaga kerja ke Malaysia kedua negara sama2 goyah karena harus menyesuaikan diri lagi mencari keseimbangan baru... estimasinya baru stable 1 sampai 3 tahun kedepan effectnya.

      Ekonomi Malaysia ditopang Oil, Palm dan jasa konstruksi (pabrik tempat sy bekerja banyak ksh job ke Malaysia utk pembuatan vessel, tower, chiller dll). Oil sudah mulai goyah harganya efek shale oil Amerika yg jor2an, Palm sedang di banned di pasar Eropa... Malaysia now rely on construction bussiness... bila lagi2 sektor jasa konstruksi ini goyah karena case issue tenaga kerja.. bisa dibayangkan apa yg akan terjadi selanjutnya.

      Intinya Saling menguntungkan dan ketergantungan. Bukan lu kaya lu miskin dan sebaliknya.

      Hapus
    10. Kalau mau liat kapal OPV full senjata,liat salah satunya punya India,saryu class...

      Tipikal Malon...merasa kaya klo org kerja d negara dia,lon asalh tau aja setiap negara itu ada tenaga asing ,sesuai dengan kemampuan tenaga kerja tersebut...
      Patokan pertumbuhan ekonomi suatu negara itu bukan hanya jumlah tenaga kerja asing yg kerja d luar di bilang miskin lon....dan bkn negara yg menerima tenaga asing d bilang kaya...tuh dengerin jabatan dr mas bro super...

      Hapus
    11. Tipikal malon...selalu ngeyel dia lebih tinggi dari kita...orang indonesia yang keluar negeri gak cuman tkw dan tki saja...ada banyak tenaga ahli kita yang diluar negeri...profesor joshapat dll...hemat saya...gak usah kirim lagilah tki dan tkw terutama ke malaysia..pandangan malon cuman buruh aja kita bisanya

      Hapus
    12. Tipikal indon kata..tanpa mereka.malaysia tak akan maju.. tapi yg peliknya kenapa budak2 indon tak.majukan negeri ya dahulu... 😆

      Hapus
  12. Saudara ane jadi tukang las di Korsel, kontraknya ga habis-habis diperpanjang terus.
    Big bos nya malah minta sekeluarga diboyong pindah ke Korsel aja, dan jamin semua.

    Hwekekekek..

    Dikampung hidupnya paling makmur tuh, rumahnya paling mentereng.. :)

    Yup, doi betah kerja keras & dapet hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada pekerjaan begini, rakyat malasya lebih memilih bekerja sebagai penjaga toko toko disana, sebab itu pekerjaan penjaga toko tidak boleh di lakukan orang asing disana.. iya di malasya sana.. begitulah sekilas kondisi tenaga kerja asli malasya

      Hapus
    2. Kerja nak santai duduk duduk.. wang dapat. Walau tak seberape.. sembang nak besar.. tipikal

      Hapus
    3. Saya dulu krj 4 thn dikorsel bro.. Dipeleburan almunium pke mesin injeksi 800ton,pas saat2 trakhir bos mau perpanjang visa ane, ane g maau, bos ane marah2 ngamuk,smp sebulan sblm ane plng kerjaanny mabok gara2 bingung dy susah cari pekerja lagi yg mau krj begitu.

      Hapus
  13. menarik jugak batch II kcr 60m ini, selain posturnya anjungannya yg beda, berat tonasenya naik dari 460T ke 500T.

    dapur pacunya pon ganti:Jika KCR-60 Batch 1 menggunakan mesin pendorong dengan spesifikasi 2 x 2.880 kw, maka KCR-60 Batch 2 akan menggunakan mesin pendorong dengan 2 mesin MTU 20V 4000M73L spesifikasi 2 x 3.800 kw atau 5.100hp powernya lebih gede, kecepepatannya harusnya 30 knot, nanti setelah uji laut selesai baru kita liat lg dech hasilnya haha!😆😆😆

    yg menarik lainnya pake bofors 57 mk3, sedap sekali ini, apalagi kali ciwsnya haha!😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. et lufa,
      salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Filipina dan Thailand, Xlalu shoping bersama okeh oceh 👌👌👌

      Hapus
    2. Mas palu,

      Itu dibawah bridge masih bolong kira2 mo dipasang apaan ya?
      Vls modul?kayaknya terlalu mewah ya..? Hwehehehe..

      Hapus
    3. Mungkin mau ditambah bangunan lagi tuh di depan untuk alas pantsyir-me ATAU RBU-6000 atau senjata gahar lainnya, sedangkan paling depan adalah meriam 57 mm.

      Hapus
    4. ajegile pantsir me..bisa jugak sich om woof2, wanstopshoping ciws+rudal haha!😊😊😊

      pasang 1 didepan jg gpp, jd kcr punyak kemampuan lengkap ashm + sam +ciws haha!top markotop👍👍👍

      om ps, setau guwe, emang disainnya bgt bkn? kan ada pintu kyk di kri 629

      http://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2017/12/IMG-20171228-WA0007.jpg

      ini isiannya yg paten haha!👍👍👍

      https://4.bp.blogspot.com/-flYiTWVWF5k/V9ZzjED8BxI/AAAAAAAAt8U/k9ckRuqG1gsRE47Bqki-MIHoBMGYMGhwwCLcB/s400/kcr60-missile.jpg


      reinstal rudal kcr 60m, pake instalatur asing, uda pasti aseli isinya haha!🤠🤠🤠
      https://scontent-sin6-2.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/26907324_338356306646672_1666619214325130726_n.jpg?oh=04f0460b0124a05dc663f88b50cc13d3&oe=5AFCBC0A

      Hapus
  14. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : 0813 3355 5662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus