16 Februari 2018

KSAU Akan Bentuk Satu Skuadron Jupiter Aerobatic Team

16 Februari 2018


Jupiter Aerobatic Team TNI AU (photo : Antara)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna berencana membentuk satu skadron khusus Jupiter Aerobatic Team (JAT). Tim ini nantinya fokus mengembangkan kemampuanya di bidang Aerobatic. 

"Ke depan saya akan memisah antara JAT dengan tugas-tugas instruktur. Jadi akan dibuat flight tersendiri. Mereka akan kita bina, lebih fokus lagi mengembangkan kemampuan di bidang aerobatic," ujarnya saat pemberian pin kualifikasi dan piagam penghargaan kepada penerbang Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin. 

Yuyu menjelaskan, selama ini para penerbang JAT yang berasal dari Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adi Sutjipto merupakan instruktur penerbang. Selain mengajar siswa sekolah penerbang, mereka juga berlatih sebagai penerbang JAT. 

"Jadi mereka cukup berat tugasnya dengan dua kegiatan tersebut. Konsep saya ke depan JAT ini akan tetap saya pertahankan karena sudah membawa nama baik AU dan bangsa Indonesia di event-event internasional," katanya.


Pesawat KT-1B yang dipakai JAT (photo : Metrotvnews)

Dengan adanya pemisahan ini, sambung Yuyu, mereka tidak dibebani lagi dengan tugas mengajar di sekolah penerbang maupun sekolah instruktur penerbang. Dengan demikian, mantan Wakasau ini menegaskan, mereka akan lebih fokus mengembangkan kemampuannya. 

"Tentunya keselamatan terbang dan kerja akan lebih terjamin. Harapan saya ke depan, ini (JAT) berkembang dan bisa tampil di forum-forum internasional yang lebih besar lagi," kata Yuyu. 

Meski demikian, mantan Pangkohanudnas ini mengaku, masih mengkaji kemungkinan untuk tampil di forum-forum internasional seperti di negara-negara Eropa, Australia dan sebagainya. "Untuk yang lebih jauh, karena pesawat kita propeler masih kita pikirkan ya. Tapi untuk yang ASEAN Insya Allah akan kita hadiri. Seperti di Singapura dan Malaysia akan kita hadiri. Untuk di Australia, karena jauh kita perlu effort sangat besar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya mengatakan, terkait dengan pemisahan dan pembentukan skadron khusus Jupiter Aerobatic Team, banyak hal-hal yang harus dikaji dari berbagai aspek,  Termasuk kesiapan pesawat, para awak penerbang dan sebagainya. 

"Saya belum dapat data-datanya terkait kebijakan beliau yang baru disampaikan dan rencananya akan di dalami oleh tim nantinya dalam sebuah kelompok kerja yang ditunjuk oleh KSAU," ucapnya. 

(SindoNews)

53 komentar:

  1. Luar biasa TNI AU... kita support !

    Baca berita di event singapore kemarin setelah TA50 Korsel kecelakaan panitia event meminta team Jupiter bisa tampil setiap hari karena khawatir sepi pertunjukkan udaranya dan bisa dilaksanakan dengan baik selama seminggu penuh.

    Melakukan aerobatik udara setiap hari menahan tekanan g force jelas butuh fisik, mental dan konsentrasi yg tinggi... ingat.. ini atraksi udara secara berkelompok yg memiliki resiko kecelakaan besar bedakan dengan atraksi single solo flying yg hampir pasti zero accident chance.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bravo..Bravo..Bravo..Good Job Tahniah for Jupiter Aerobatic Team.

      Hapus
    2. Indonesia tergolong "warbyasah" dalam hal tim aerobatik udara...AU yg jumlah pesawatnya tergolong pas-pasan begini saja sampai punya 2 tim aerobatik udara(elang biru dan jupiter).

      Hal ini lebih menunjukkan euforia dibandingkan dg tingkat profesionalitas...bayangkan saja, untuk tim elang biru (T-50i) selain mempunyai tugas sbg skadron latih lanjut (Instruktur) , juga berfungsi sbg bagian dr skadron tempur taktis (saat perang) dan sebagai tim aerobatik.

      Sementara tim jupiter, selain sbg bagian dr skadron latih dasar (instruktur), juga merangkap sng tim aerobatik.

      Padahal baik tim elang biru maupun jupiter, secara periodik personel dari kedua tim aerobatik tsb harus menjalani pendidikan untuk kenaikan tingkat...jadi bisa dibayangkan betapa berat beban kerja yg dipikul oleh kedua tim aerobatik tsb.

      Beruntung, saat ini AU hanya fokus pada 1 tim saja, yaitu tim jupiter.

      Sebagai gambaran ttg tim aerobatik dinegara-negara maju yg populer dg tim aerobatik kebanggannnya, seperti tim Red Arrow milik RAAF...disana keanggotan tim direkrut secara sukarela dan berdinas ditim tersebut selama 2~3 tahun, tanpa dibebani dengan tugas lain seperti menjadi instruktur atau selama periode tersebut dibebaskan dari tugas pendidikan. Sehingga para personal hanya fokus berlatih dan berlatih saja, sehingga kekompakan dan intensitas serta kualitas personal selalu terjaga keseragamannya.

      Pengalaman pada tim jupiter AU ketika masih menggunakan Hawk mk-53..pernah terjadi kecelakaan yg mengakibatkan total loss 2 pesawat, berikut 4 instruktur penerbang dan beberapa personel didarat.

      Hasil penyelidikan menunjukkan, adanya inskonsistensi kualitas akibat intensitas latihan sebagian personel yg tidak seragam (2 personel senior sempat tidak aktif dari tim karena sedang menjalani pendidikan)...sehingga ketika menjalani latihan aerobatik, personal ybs menjadi canggung, apalagi ketika latihan berjalan dengan jarak/spasi antar pesawat yg semakin deket/kecil.

      Faktor lainnya adalah kebiasaan mengajak personel lain yg bukan anggota tim aerobatik mengikuti atraksi udara (kecelakaan dibali ketika tim jupiter mengajak pangdam udayana)atau mengajak personal diluar tim aerobatik yg berpangkat lebih tinggi (kecelakaan jupiter dilangkawi) terbukti menimbilkan tingkat stress tersendiri/tambahan bagi personel tim atraksi udara.


      Hapus
    3. Sori...tim Roulette milik RAAF, bukan Red Arrow

      Hapus
    4. superstar..

      yg solo itu justru gak butuh risk,ketahanan fisik maupun ketabahan hati utk menarik minat pengunjung...yg sabar om super..lagi 2 tahun om Ben bakal panggil new comer datang bikin solo display...mungkin video kisahnya boleh kita tonton Di YouTube lagi 1-2 hari..

      Hapus
    5. Hahahahaha

      Paling ngirim Jupiter lagi bro kalo ada event lagi.... dulu kan dah pernah kirim rombongan F16 buat atraksi di rumah oom ben...πŸ˜€

      Sukhoi35 gak bakalan dibolehin tampil sama mother rusia, di pitch black nanti mungkin Indonesia akan kirim F16 dan Malaysia kirim F18, buat belajar dogfight sama F35 πŸ˜…

      Hapus
    6. masak gak boleh..itukan bagian dari promosi juga..sharusnya biayanya ditanggung om putin..kegembiraan yg ditunggu2 sekian tahunn.jgn Di simpan sdiri om super..harus share...hehehehe

      Hapus
  2. Yaw msti tangguh klo TNI... Cba malingsil sukhoi paling jaguh se asean atraksi cuma ngentut sambil ngeluarin flare... Mncerminkan sdm rendah... Kahkahakah

    BalasHapus
  3. oppsss.lain keranda terbang untuk akrobat?menakjubkan!

    BalasHapus
  4. kita akan tetep py JAT & dynamic pegasus hore haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya om palu ..Dynamic pegasus pernah tampil di event luar negeri kah?,

      Hapus
    2. blom perna om rachman,

      Penampilan Dynamic Pegasus yiipiie haha!😎😎😎

      1.Bandung Air Show Lanud Husein Sastranegara (2010)
      2.Gebyar Dirgantara Lanud Halim Perdanakusuma (2011)
      3.HUT TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma (2011)
      4.Bandung Air Show Lanud Husein Sastranegara (2012)
      5.HUT TNI (2012)
      6.Indo Defence (2012)
      7.HUT TNI AU (2013)
      8.Peringatan 100 Tahun Penerbangan (2014)
      9.Indo Defence (2014)
      10.Atang Sendjaja Air Show (2014)
      11.Wirasaba Air Show (2015)
      12.HUT TNI AU (2016)
      13.HUT TNI AU (2017)
      14.Bulan Dirgantara (2017)

      mungkin nanti kalo uda pake mi 35 ama apache haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. mungkin nanti kalo uda pake mi 35 ama apache haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      dynamic pegasus tni au gabung ama penerbal tni ad bakal show off ke LN yihhaaa haha!🀠🀠🀠

      wet lufa, tentu bawa heli seksi satu2nya se asean neng awewe dunks haha!😍😍😍

      Hapus
    5. Ok makasih atas pencerahannya om

      Hapus
  5. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=172380263543289&id=100023139495940

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru buka facebook dan menwmukan ini berita di malaisya kedatangan ufo.. Hahahaa... Silahkan tanggapi sendiri

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Jangan-jangan itu bagian proyek rahasia pengadaan jetpejuang diorang

      Hapus
    4. Bahkan beritax di siarkan di tv1 malaysia

      Hapus
  6. https://youtu.be/MlXU2Rypk7A
    Mungkin ini yg benar linkx

    BalasHapus
  7. Pemerintah Republik Indonesia nampaknya sangat serius untuk bisa memiliki Airbus A400M, pesawat angkut berat buatan Airbus Defense & Space. Seperti dikutip dari koran Investor Daily (13/2), Pemerintah RI melalui Menteri BUMN sampai rela melakukan perombakan jajaran Direksi Pertamina untuk memungkinkan A400M bisa dioperasikan oleh Pertamina.
    Dahulu, Pertamina memang memiliki Pelita Air Service yang ditugaskan menjadi perusahaan sewa pesawat. Namun begitu, PAS saat ini lebih fokus ke penyediaan angkutan pesawat untuk karyawan Pertamina di tempat-tempat eksplorasi dan kilangnya.
    Menteri BUMN kabarnya akan salah satunya memunculkan Direktorat baru untuk urusan Riset dan Teknologi di Pertamina yang salah satu tujuannya adalah melakukan eksekusi pembelian dua buah pesawat A400M dengan spesifikasi militer, yang nantinya akan digunakan sebagai jembatan udara operasi logistik ke Papua. Biaya pengadaan untuk dua pesawat A400M tersebut itu adalah mencapai US$ 500 Juta.
    A400M sendiri adalah pesawat angkut sedang-berat dengan kapabilitas angkut di atas C-130J Hercules yang diminati oleh TNI AU. A400M punya kemampuan gotong beban sampai 37 ton. Secara teoritis, A400M memiliki volume kargo sampai 340m2. Tinggi ruang kargonya mencapai empat meter, jadi kendaraan taktis bisa leluasa masuk ke dalam perutnya.
    A400M sendiri dapat membawa sampai 2 unit Panser sekelas Anoa, dengan selisih ruang tersisa dapat diisi dengan peralatan atau material logistik. Kalau untuk membawa kendaraan berat dan transportasi bahan bakar ke daerah yang terisolir untuk mendukung kinerja Pertamina, jelas tonase yang bisa dibawa akan lebih besar lagi.
    Namun begitu, A400M sendiri belumlah teruji di wilayah yang bergunung-gunung, dan sejauh ini banyak dioperasikan di daerah yang bergurun-gurun. Apakah A400M bisa menaklukkan wilayah pegunungan Papua yang terkenal tidak ramah pada penerbangan? Kita tunggu saja kiprahnya, pesawat yang begitu dipercaya Pemerintah RI sampai harus merombak Direksi Pertamina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya kalo yang beli bumn, ga ada TOT dong? Kaya kasus heli polisi kemaren.

      Hapus
    2. Kan Airbus dah sohiban lama ama PT DI.
      Mungkin saja ToTnya offset komponenan.

      :)

      Hapus
    3. Denger bocoran AKAN beli 5 unit A400M bro..

      Chinook katanya NIAT dan AKAN beli 8 unit... Ya kita nantikan episode AKAN selanjutnya versi Indonesia 😁

      Hapus
    4. masalah gearboxnya sudah diperbaiki belum ya?????

      Hapus
    5. A 400 kemungkinan yang beli memang dari BUMN tapi yang operasiin dari TNI AU...A 400 juga akan digunakan untuk program pemerintah yaitu Tol Udara...@ Fatkhur pasti sudah diperbaiki lah bro..kalau nggak pihak pabrikan pasti keluarin warning untuk grounded sementara ke negara2 pemakai A 400

      Hapus
  8. pernyataan KSAU
    Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengakui kontrak pembelian 11 jet tempur Su-35 sudah ditandatangani. Dia meyakini jet tempur buatan Rusia ini akan menjadi kekuatan penting bagi Indonesia.

    “Saya senang sekali karena sesuai dengan harapan dan program saya untuk mempercepat proses pengadaan alutsista yang tertunda,” ujar Yuyu Sutrisna kepada SINDOnews, Kamis 15 Februari 2018.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berita oleh Janes.com seperti sudah ditarik....

      http://www.janes.com/article/77928/indonesia-finalises-contract-to-procure-su-35-fighter-aircraft

      Hapus
    2. Asik... ditikung F16 Viper kah ? Horeeeeeeee...😁😁😁😁😁

      Salam
      Viper Pens boys

      Hapus
    3. Masih ada tuh mas Gempur... coba kirim email ke janes mas biar beritanya ditarik. Dan diganti Viper tentu saja... hihihi 😁

      Hapus
    4. sebelum ni boleh masuk link Janes tu sekarang dah tak boleh...

      Hapus
    5. http://www.janes.com/article/77962/update-indonesia-finalises-contract-to-procure-su-35-fighter-aircraft

      Hapus
    6. Iya bro udah gak boleh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Masih ada getu artikelnya...ksau sendiri udah bilang tandatangan...sekelas ksau masak omdo sih

      Hapus
    8. tumben janes paje kontributor dari bangkok. kemenong mister RR haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
    9. om gempur, kalo brita dari ruski:

      https://www.ruaviation.com/news/2018/2/15/10858/?h


      Russia and Indonesia signed contract to supply 11 Su-35 multifunctional fighter jets, Interfax reported with source in Jakarta.

      "The contract for the Su-35 has been signed," the source said.

      Earlier it was reported that Russia and Indonesia had agreed on certain technical aspects of the contract for the supply of 11 fighters.

      According to earlier reports Jakarta would like to purchase ten multirole fighter jets Su-35 that would replace outdated F-5 Tiger planes of US manufacture, which the Indonesian military has used since 1980. Rostec corporation later said a commercial proposal for selling 11 planes was handed over to Indonesia.

      Su-35 is a generation 4++ highly maneuverable multirole fighter jet equipped with an on-board phased array radar and a thrust vector control (TVC) engine. It is capable of developing a speed of up to 2,500 kilometers per hour and has a range of flight of 3,400 kilometers (combat range of about 1,600 kilometers). The fighter is armed with a 30 mm gun and has twelve weapon stations for bombs and rockets.

      tahun 2018, mari bapesta pora bersama SU35 haha!🎭🎭🎭

      Hapus
  9. Adakah mereka kedai kopi Starbucks yang terdapat di Jakarta? Saya ingin melihat bandaraya Jakarta yang indah ini March ini.Di samping itu, saya juga ingin bertanya sama ada mereka adalah jenama bir tinggi di Jakarta yang boleh saya minum seperti Corona, Budweiser, San Miguel Beer and Heineken? Tanya sahaja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yamg ada su 30 malaysia...setara su 35

      Hapus
    2. Kita gak jual minuman mahal seperti itu bro Gem... somethin we cannot afford.

      Kalau kesini paling adanya minuman biasa merk congyang, cap tikus, topi miring, bir pletok, oplosan dan lain sebagainya.

      Hapus
    3. Mungkin si gem ini mau menikmati kopi vietnam jessica.. Monggo kami tggu kedatangannya.. Hehehe

      Hapus
    4. @Superstar..Dalam hal ini, anda harus berhenti bermimpi program IFX anda demi perbelanjaan di negara anda untuk melabur banyak cara untuk meningkatkan ekonomi anda untuk meringankan kemiskinan sehingga pada masa depan rakyat anda juga dapat minum bir mewah.

      Hapus
    5. bialingggg aja dibilang misking yg fenting bajet naik terus
      polisi(polri) kami saja bajetnya naik 2x lipat sejak 3 tahun lalu, dari 45triltun jadi 95 trilyun yang artinya 2x bajet pertahanan negaramuh, kalo betul kaw dari melesia haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      itu artinya naik sekitar 50 trilyun($3,7B)

      bayangken bajet polisi kami bisa buat beli yg banyak maenan tiap tahun tuch, dari sagl nya kalo perlu beli embiti ama pespur f35/rafale/f15 plus awacs ntar trus satelit, assiikk haha!🎯 oiya lupa ama s400 jg bole msk wizliz πŸ—ΌπŸ—ΌπŸ—Ό biar om antiembalgo seneng tuch haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      kalo cuman prog kfx/ifx dari dolo guwe bilang ituw mah kecilllll haha!πŸ”πŸ”πŸ”

      Hapus
    6. jangankan Corona, Budweiser, San Miguel Beer and Heineken? tiger aja ada banyak di PKU haha!🍺🍺🍺
      banyak disini, importir & pabriknya aja ada haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      kita malah punya sendiri dari Bali hai, anker & bintang(binteng) yg dicintai wisatawan osi haha!🍺🍺🍺

      semalem guwe malah mimik radler plus lawless burger enyak πŸ”πŸ”πŸ”, joni rockets jg yahuuutt dulu 100k plus bir di beachwalk bali. ada carls juga, pake kk bisa byk dapetnya haha!πŸ”πŸ”πŸ”, BK, wendys waahh byk dah

      tapi guwe malah lebih suka lokal burger blenger burger & hotdog full caos, murmer euyyπŸ”πŸ”πŸ”

      betewe ente punya paspor gak, masa gak perna ke jakarta...om gem over kalah donk ama tki/tkw haha!🀣🀣🀣

      mereka suka jalan2 ke luar negeri loohh haha!mantafff TKIπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    7. Gem@ budget IFX dah ada dananya lon,multi years budgetnya...tak seperti malon budgetnya kecik,itupun dibagi 5 pula Wkwkwk

      Hapus
  10. Adakan lagi 2 skuadron grob, 2 skuadron yak 130 utk menjadi pesawat latih serang ringan sebelum pilot dipercaya mengoperasionalkan Su 35. Indonesia membutuhkan banyak pilot, kemudian adakan lagi 2 skadron FA 50 utk pesawat latih tingkat lanjut serang ringan

    BalasHapus
  11. Adakan lagi 2 skuadron grob, 2 skuadron yak 130 utk menjadi pesawat latih serang ringan sebelum pilot dipercaya mengoperasionalkan Su 35. Indonesia membutuhkan banyak pilot, kemudian adakan lagi 2 skadron FA 50 utk pesawat latih tingkat lanjut serang ringan

    BalasHapus
  12. Jayalah Jupiter Aerobatic Team...

    BalasHapus