23 Mei 2018

MoU Pembelian A400M Sudah Diteken, Airbus Tunggu Kontrak

23 Mei 2018

Airbus A400M (photo : Ronnie Macdonald)

JAKARTA, KOMPAS.com - Airbus masih menunggu kontrak kesepakatan pembelian dua unit pesawat angkut A400M, dari pemerintah Indonesia. Adapun nota kesepahaman dikatakan sudah ditandatangani.

"MoU-nya sudah ditandatangani, namun kita masih menunggu Indonesia menandatangani kontrak (pembelian)," kata juru bicara Airbus kepada KompasTekno, Senin (21/5/2018) di Jakarta.

"Sebagai wakil dari pemerintah adalah Pelita Air," imbuh juru bicara tersebut.

Untuk diketahui, Memorandum of Understanding (MoU) sifatnya tidak mengikat, hanya menunjukkan niat untuk membeli. Masing-masing pihak masih bisa membatalkan. Berbeda dengan kontrak pembelian yang sifatnya lebih mengikat.

Kabar pembelian 2 unit pesawat angkut berat Airbus A400M sudah berembus sejak Maret 2018 lalu, namun hingga kini belum ada kelanjutannya. Pembelian pesawat akan dilakukan oleh salah satu BUMN, dan pengoperasiannya akan diserahkan kepada TNI AU.

Airbus A400M tersebut kabarnya akan dipakai oleh pemerintah Indonesia, untuk mengangkut logistik dan kebutuhan pokok, ke wilayah Indonesia Timur. Saat ditanya kapan pesawat Airbus A400M tersebut bisa dikirim, perwakilan Airbus mengatakan bisa mengirimkan 2,5 hingga 3 tahun setelah kontrak pembelian resmi ditandatangani.

"Jika kontraknya ditandatangani sekarang, kami bisa mengirimkan dalam waktu 2,5 hingga 3 tahun, namun itu dikembalikan lagi bagaimana permintaan pembeli," ujarnya.

Adapun salah satu permasalahan yang masih menghambat kontrak selesai dibuat adalah skema pembiayaan.

Pembelian 2 unit A400M oleh pemerintah Indonesia ini melibatkan berbagai pihak. Selain Pelita Air, PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) juga disebut terlibat.

"Mereka sedang memikirkan pembiayaannya," kata perwakilan Airbus.

Penurunan kapasitas produksi tak pengaruhi

Airbus sendiri saat ini telah menurunkan kapasitas produksi A400M di pabriknya di Sevilla, Spanyol mulai Maret 2018 lalu. Hal itu dilakukan karena sejumlah A400M yang telah selesai dirakit, belum dikirim ke negara pemesannya.

Sejumlah pesawat pesanan itu masih membutuhkan perbaikan di gearbox dan bilah baling-baling, setelah ditemukan kelemahan usai diinvestigasi.

Namun penurunan tingkat produksi itu dikatakan perwakilan Airbus, tidak bakal mempengaruhi pesanan pesawat dari Indonesia, jika kontrak telah disepakati.

Penurunan kapasitas itu juga dikatakan demi melengkapi kebutuhan berbagai negara pemesan, daripada mengirim pesawat namun dikirim kembali untuk melakukan upgrade.

"Proyek ini adalah multi-nasional, banyak negara terlibat dengan berbagai kebutuhan berbeda, kami berupaya memenuhi semuanya," ujar juru bicara tersebut.

Pengembangan A400M memang melibatkan sejumlah negara di Eropa, seperti Spanyol, Jerman, dan Perancis.

(Kompas)

25 komentar:

  1. Mas Woof Woof pasti seneng banget nih

    Hehehehehehehe :-D

    BalasHapus
    Balasan



    1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
  2. Sejumlah pesawat pesanan itu masih membutuhkan perbaikan di gearbox dan bilah baling-baling, setelah ditemukan kelemahan usai diinvestigasi.

    dan

    Penurunan kapasitas itu juga dikatakan demi melengkapi kebutuhan berbagai negara pemesan, daripada mengirim pesawat namun dikirim kembali untuk melakukan upgrade.

    pernyataan "Fair" dari pihak produsen perlu dicermati

    tidak seperti produsen kelas KW yang dibeli pemerintah, akhirnya peluncuran rudal delay 5 menit atau nyawa prajurit melayang akibat Giant Bow KW meledak sendiri.....

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Padahal pembiayaan kan banyak dimari, tinggal pilih


    => Adira, FIF, BAF, BCA, kalo masih kurang tinggal pilih BPR juga banyak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti BPKB A400M nya nanti "disekolahin" dulu ya mas ? :-D

      Kalau baca tulisan pakar ekonomi sih kredit kendaraan idealnya max 2 atau 3 thn saja, liwat dari itu tidak economic value... beda sama kredit rumah, makin lama makin bagooosss... hehehehe

      Hapus
    2. Aah, siapa bilang mas..?
      Gerobak ane dapet tuh, tanpa uang muka plus cicilan seharga motor tanpa bunga pula...

      Qiqiqiqiqi.. :D

      Hapus
    3. Gw gak punya cicilan kendaraan euy..

      Pengen juga sih biar bisa ngehits kekinian kayak orang2.. wakakakaka

      Hapus
  5. naahh kan guwe blng jg ape, terbukti pesawat2 747 banyak dicari buat kargo freight haha!😍😍😍

    wah artinye dugaan guwe bner slama ini, pesawat jumbo jet 747 si "ratu angkasa" cuco bingit buat pesawat kargo haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ituu jumbo jet garuda (GIA) jgn dijokul, masukin gmf aja dolo, "D check" cuman $3jt, trus konversi ke pesawat kargo $30jt(eh bujet mehong juge haha!😱😱😱)...jeng jenggg jadi dech pesawat kargo "antar benua" $33jt, tp kalo ppi mo beli kudu kirim mahar tambahan, tp pelita yg kluar duwit haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    https://www.angkasareview.com/2018/05/18/ramai-ramai-dipensiunkan-jumbojet-747-bekas-kini-malah-dicari/
    Hapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Palu,
      Kalo tuh jumbo jet dah bisa landing di lapangan rumput baru dah 'dipikirken akan' dibeli.. :D

      Qiqiqiqi..

      Dibilangin barang yurep itu kebeli karena ada yg 'kesengsem berat' kok, namanya kesengsem gebetan itu bisa bikin buta atas kekurangannya mas..:D

      Ntar kalo dah dipinang, sah ijab, baru dah ngeluh... :D

      Hwekekekekek..

      #dinikmati saja, bagus lho buat backgroud selfie

      :D

      Hapus
    2. daya angkutnya bisa 120T bok..ato kalo mao di modif semi angkut & VVIP
      jet antar benua ini jgn disia2ken slagi bisa haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    3. eiit jgn salah duga om pedang, di papua gak ada landasan perintis yg bisa didaratin ama a400m ini.
      kalo ada, tolong a400m ini dicoba dulu, disana langsung, jgn disini haha!🀠🀠🀠

      cekidot, ada bbrp serial seruw pasukan bule kanjeng mamih susih haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      https://www.youtube.com/watch?v=SJDKAx_kRak

      dan kita smua tau ada bandara baru dibangun disana uhuyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      1.Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong
      2.Bandara MOPAH Merauke
      3.Bandara WAMENA
      4.Bandara Marinda RAJA AMPAT
      5.Bandara NOP GOLIAT DEKAI
      6.Bandara TOREA FAKFAK
      7.Bandara WERUR
      8.Bandara SEGUN-SORONG

      Lihat semua gabong disini” Merangkai Menyatukan Indonesia :
      https://www.youtube.com/watch?v=MxNcqzx9jmA


      pandangan guwe begini, gak mungkin pesawat segambot a400m mampu turun di pegunungan papua, pesawat jenis pilatus porter aja ribet & banyak cilaka.
      ditambah disana blom ada aturan terbang, nonton aja penjelasan pilot2 ituw. bbrp pesawat tak punya transponder, jd kalo kesamber pesawat lain kmungkinan besar bisa haha!😎😎😎

      Hapus
    4. jadi tetap ppi perlu pesawat feeder kecil, cem n219 & pilatus porter dll.
      buat anter smua logistik ke spot2 yg terpencil.

      bulog sana jg gak hanya trima pasokan lewat udara kan, tentu kapal2 tol laut yg uda selesai bisa dipake utk daya angkut ribuan ton.
      nah yg guwe khawatirin, ketikan kapal2 ini uda mampu mengangkut smua kbutuhan logistik buat daerah kyk kalimantan & papua sekitarnya. pesawat2 angkut besar mungkin akan pensiun lho, kerna mrk hanya butuh pesawat kecil2 yg banyak..haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    5. yg kesemsem kalo ditawari osprey lebih ngiler lagi om pedang haha!🀣🀣🀣


      kabooorrrrr ke serang dolo aaahhh...

      Hapus
    6. Jadi apa urgency nya beli A400M ya mas ? kalau alasan buat angkut sembako ke Papua sepertinya tidak sesuai dgn realita medan yg dihadapi ? Apakah resikonya sangat besar nantinya baik dari segi keselamatan penerbangan, pilot dan terutama uang yg dikeluarkan ?

      Tapi memang kalau buat image, prestige dan glamour memang A400M berasa kaum "The Have" kalau sampai punya mas... soale mahal bener euy. Meski nantinya takutnya cuma dipakai background Selfie kalau kata mas @PS.. hehehehe

      Solusinya : Beli Herky aja sih... *teuteup* :-D

      Hapus
    7. Qiqiqi...

      Mas palu,
      Ane bilang '..landing di lapangan rumput.." itu kan counter'an mereka yg paling gampang kalo ada yg bandingin ama A400 sang gebetan... :D

      Betul, meskipun trans Papua dah jadi dan misal pakai Herky pun, tetep butuh feeder terbang..

      :)

      Hapus
    8. Wuaaaoow..!
      Osprey buat patroli KKP..bener juga mas Pal, ibu Itu kan kesengsem juga..

      Hwekekekek.. :D

      #sadis bo'

      Hapus
    9. @superstar

      Ini cuma otak/ik gathuk saja mas...

      Saat ini poros maritim belum optimal krn kesenjangan muatan saat tolak vs balik, krn di wilayah timur belum banyak industri yg terbangun.

      Dan jadwal pemberangkatannya pun belum bisa diandalkan.

      Ibarat duluan mana telur vs ayam...nunggu industrinya ada baru shippingnya jalan, atau shipping dulu utk memicu tumbuhnya industri di kawasan timur?

      Angkutan udara berkapasitas besar agaknya muncul sbg terobosan utk mengatasi stagnasi diatas.

      Ketika angkutan udara dioperasikan dg prinsip komersial tentu ada perhitungan2 ekonomisnya, misalnya jumlah volum/bobot minimal untuk tiap kali penerbangan.

      Ketika bicara ttg penerbangan di papua, ada 2 hal yg muncul: kondisi cuaca dan jenis pesawat yg sesuai.

      Cuaca di papua terkenal ekstrim yg dapat berubah dg cepat...seringkali visual ke landas pacu sama sekali nol, atau hanya kelihatan penggalan runwaynya saja.

      Daratan papua juga dibelah dataran tinggi yg melintang diagonal dari sisi barat kearah tenggara, jd kalo dr sorong ke wamena atau dr jayapura ke timika harus melompai pegunungan tengah dulu yg tinggi.

      Semakin tinggi terbang pesawat/heli maka muatan yg diangkut tidak bisa maksimal krn "fraksi air yg terkandung dalam udara" cukup besar sbg kerja mesin kurang optimal, begitu juga berlaku dg pesawat yg terbang melompati pegunungan tengah papua.

      Nyambung dg perhitungan optimal utk operasi penerbangan diatas..herky yg akan terbang ke wamena atau lokasi lain yg ada didataran tinggi tidak bisa membawa muatan maksimal...misalnya, hitungan ekonomis 20 ton sekali terbang, kalo ke dataran tinggi herky hanya sanggup membawa 15 ton muatan (tiap tipe pesawat punya tabel perhitungan untuk tiap2 lokasi tujuan yg akan diterbangi). Maka supaya terpenuhi skala perekonomian butuh pesawat yg memiliki daya angkut dan kapasitas yg lebih besar .

      Pesawat bermesin propeler lebih direkomendit krn sesuai kondisi cuaca dan kontur dataran papua dia bisa melakukan approach dengan kecepatan yg cukup rendah dg aman...atau melakukan Touch and go ketika sudut approach yg diambilnya tidak tepat.

      Kita bisa gugling : "bandara wamena", maka akan tampil foto2 berbagai jenis pesawat yg gelosoran dirunway mulai dr boeing 727, bae 125, transall sampai private jet.

      C 17 sebenarnya juga punya kemampuan approach yg baik tapi saat ini status produksinya masih dihentikan

      Hapus
    10. Wuihhh gileee bener, detil dan masuk nalar, tumben mas Smili pinter...

      Xixixixixi

      Hapus
  6. Negara BESAR INDON AKAN beli 2 unit sahaja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh ada malon gtu dong komen wkwk tem2x nya mana... rencana nya 5 unit tapi masih di kaji soalnya ini pesawat juga banyak masalah ya kaya punya jerman banyak masalah

      Hapus
    2. iyah dikit2 ajah yg fenting funya ling ling haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  7. AKAN beli 2 unit, ada minta TOT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau, kepo bingit sich ompol alias bang ipul dom2 haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      yg pasti "AKAN" dikasi diskon banyak, punya lebih murah.

      pokonya lebih banyak punya ompol dech biarpun kleian beli MAHAL & lebih banyak, ambil sanaah haha!😬😬😬

      Hapus

  8. KABAR BAIK!!!

    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tanpa biaya transfer,
    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Tanpa biaya pendaftaran,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus