06 Mei 2018

Pindad Cetak Laba Rp 92 Miliar di 2017

06 Mei 2018


Pembuatan panser Anoa di PT Pindad (photo : picmix)

Merdeka.com - PT Pindad (Persero) mencatatkan laba perusahaan mencapai Rp 92 miliar, meningkat signifikan jika dibandingkan pencapaian 2016 yang saat itu hanya di kisaran Rp 50 miliar. Angka ini juga melebihi target perusahaan yang ada di kisaran Rp 70 miliar.

"Kinerja 2017, baru terjadi sepanjang sejarah Pindad membukukan laba Rp 92 miliar dengan pendapatan Rp 2,4 triliun. Jadi ini cukup membanggakan," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (4/5).

Selain itu, peningkatan laba ini juga dicapai setelah mendapatkan pesanan 24 kendaraan tempur jenis Anoa dari MINUSCA untuk operasi pasukan perdamaian di Sudan. MINUSCA merupakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang saat ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga perdamaian.

"Itu kontrak di luar perkiraan kita, dan itu dilakukan pada akhir 2017 dan pembayaran lunas langsung, kami kirim ke Sudan," ujar Abraham.

Dengan adanya pencapaian ini, Abraham menargetkan pendapatan di tahun 2018 mencapai Rp 3 triliun dengan laba sekitar Rp 85 miliar.

(Merdeka)

91 komentar:

  1. Balasan
    1. Bagaimanapun sy ucapkan alhamdulillah.
      Walaupun ada yg skeptis dgn perusahaan ini.
      Ada yg sirik dgn kemampuan bangsa ini, ada yg ngehina perusahaan ini.
      Diluar besar kecilnya laba yg didapat perusahaan ini, perusaan inI mampu membuktikan bahwa bangsa ini mampu.
      semoga ditahun tahun yg akan datang bisa lebih mampu utk berkreasi menciptakan dan membuat teknologi asli indonesia dan mendapatkan laba yg lebih besar. AMIN
      OPTIMIS

      Hapus
    2. Bener bro 👍👍

      Hapus
    3. Kalo mulut comberan kayak punya ratna sarungkampret mesti lgs komen pt pindad sudah dibeli aseng makanya untung xixixixi

      Hapus
    4. Unknown7 Mei 2018 09.52
      Nah berita terbaru.miris sgt.rupanya dlm indon seronok dan mendunia senaraikan aset dia yg beratus ratus kononnya tp yg operasi hanya sikit je.malah ada yg tak layak beroperasi.jd mcm ni la kot nasib sesetengah kri,sukhoi,f16,amx tank,dan lain lain ranpur.di blog dan wiki indon senaraikan ratusan tp hakikatnya yg tinggal hanya sikit je.maybe puluhan je😂😂😂😂

      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak Akan Diganti
      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak
      Akan Diganti

      Salah satu tank AMX Marinrir yang jarang di gunakan dan berusia tua [Marinir]

      Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendatangi Markas Korps Marinir TNI AL di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (3/5). Selain memberikan pembekalan terhadap ratusan prajurit Marinir, Ryamizard juga memeriksa kesiapan dan kesiagaan pasukan serta alutsista.

      "Saya melakukan kunjungan kerja ke Mako Korps Marinir untuk mengecek kesiapan, baik personel, alutsista dan asramanya. Kalau ada yang kurang, kami usahakan akan dipenuhi," ujar Ryamizard yang memakai seragam Marinir dengan baret ungu didampingi Dankormar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono.

      Ryamizard mengungkapkan, hasil inspeksi yang dilakukannya menemukan adanya alutsista yang sudah berusia puluhan tahun dan perlu diremajakan. Pihaknya akan menampung usulan penggantian itu. "Di Marinir banyak tank yang sudah tua dan tak layak untuk digunakan. Tank-tank ini akan diganti," ujar Ryamizard tidak merinci tank jenis apa yang akan diganti.

      Sebelumnya, Ryamizard juga menyinggung tentang tugas Kemenhan yang mengurus pertahanan negara. Dia menuturkan, ada dua hal bagaimana postur TNI dibutuhkan dalam hakikat pertahanan negara. Kondisi itu tentu salah satunya harus didukung alutsista yang mumpuni dan bisa digunakan oleh prajurit.

      "Alutsista kita beli bukan aur-auran. Apalagi rekanan mengatur. Tidak boleh rekanan mengatur pembelian alustsista. Yang menentukan pembelian alutsista adalah Menhan dan tugas Menhan," kata Ryamizard.

      ✈ Republika

      Hapus
    5. Beruk malons goblok turunann bangla.. lebih baik kau tengok ini..

      http://www.malaysiandefence.com/broken-record/

      Ternyata merajalela tak ada CMS dan Missile ompong sampai 2020..kahkahkahkahkah.. nak gelak aku tengok askar pondan bersarong malons.. 😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😆😆😆😅

      Hapus
    6. Alhamdulillah untung....itu termasuk yg order 50 bijik badak atau blm ya.....tapi lumayan lah...apalagi di traktir makan baso sama pindad...btw HBD buat pindad kemarin di pameran ultah truk canon air buat hara huru Orderan sabhara polisi sudah pakai truknya Tata sadis...kerjasama pindad dengan tata berarti berjalan....Panser 8x8 nya terus lagi di kembangkan ada yg bilang namanya Banteng...wkwkkwkk nama hewan lagi ya...Kirain namanya Via Vallen...hhahhhahahaa

      Hapus
    7. Unknown@ pt76,btr50 diganti anoa,badak dan harimau hitam,kl Malon nak ganti sibmas,condor tua dan nuri tua dgn taik kerana Malon tak de wang dan kepakaran bina weapon wkwkwk

      Hapus
    8. halaa ganti pesawat jadul mpa 1991 gak bisa, mao cakap besar dia om pit haha!😆😆😆

      Hapus
    9. Tank indo itu Tua2 Keladi...Makin tua makin jadi...Chasing tua tapi Jeroannya muda...heeheee VS class aka Ahmad yani class juga sama chasing tua mesinnya sama dengan sigma class..wikweeww..nyoss

      Hapus
  2. Net profit or gross nich, btw untungnya kok tipis kali Om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya net profi om kalo segitu. Kan udah dipotong pengeluaran & biaya2 macem. Belum lagi kalo dipake buat penempatan modal usaha : beli mesin potong baja misalnya atau beli lahan baru buat perluasan pabrik. Yg penting sehat aja dulu. Profit bertambah jika omset juga bertambah. Belum lg industri pendukung nya kan juga hidup krn dpt sub kontrak dr pt pindad. Keuntungan ekonominya bisa melebar

      Hapus
  3. Pendapatan 3 triliun rupiah , tapi laba y cuma RP. 85 miliar kecil amat ya , jauh laba dari pendapatan kotornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja krn investasi barang modalnya gedhe saat ini. Masak ama pedagang senjata gelap beti-beti aja, jgn sampai kalah ama penyelundup senjata malu donk. Bisa bisa BPK masuk dah.#kaburduluah

      Hapus
    2. @doni wowo lover, pendapatan itu omset goblok. Kalo keuntungan ngitungnya pendapatan - pengeluaran = keuntungan bersih. Makane sekolah nyuk ben pinter. Doni ki sekelas karo ratna sarungkampret ketoke hihihi

      Hapus
    3. memang bener bro.. doni anteknya si DUDA cuma masih malu2 mengakui dia.. kahkahkah.. kemarin juga dia menghina profesi TKI, langsung tak skak mat.. meneng langsung lungo. 😅😅😅. Dimatanya pekerjaan sebagai TKI itu hina.. padahal dia blm tau setiap tahun TKI menyumbang devisa kepada RI sebanyak kurang lebih $ 8-10 miliyar dollar..😅😅

      Hapus
    4. Sri Mulyani Gagal bagi berkerja baik pada warga mu itu gagal bagi berkerjaan baik pada warga mu itu

      Berikut peringkat 10 besar penyumbang devisa terbesar di Indonesia berdasar data terakhir (data didapat dari BPS dan Kementerian Perindustrian).

      1. Devisa Hasil Ekspor Kelapa Sawit – Rp 239 triliun
      2. Jasa Parisiwasata (Turis Asing) – Rp 190 triliun
      3. Eskpor Tekstil – Rp 159 triliun
      4. Ekspor Migas – Rp 170 triliun
      5. Ekspor Batubara – Rp 150 triliun
      6. Jasa TKI – Rp 140 triliun
      7. Ekspor Elektronik – Rp Rp 80 triliun
      8. Ekspor Hasil Kayu Hutan – Rp 70 triliun
      9. Ekspor Karet – Rp 65 triliun
      10. Ekspor Sepatu dan Sandal – Rp 60 triliun.

      Apa bodoh tki Tangga ke 6 dianggap sebagai berdapatan negara, tak ada industary canggah dan model anggap pendapatan negara

      Hapus
    5. kok gagal..??? kahkahkah.. pasti mahataik bodoh ini tertinggal berita. Makanya ruk.. beruk malons turunan bangla.. jngan hanya baca media UMNO otakmu yg low IQ itu tidak bisa berkembang malah tambah bodoh.. 😄😄😄😄😄😄

      Menkeu sri Mulyani itu menteri keungan terbaik di Asia pasifik lho.. penghargaan dibagikan di Dubai, UEA bulan maret kemarin. Bahkan menteri keuangan malonsia tidak ada dlm senarai.. kahakhkahkah.. kau tau sebab apa.?? sebab menteri keuangan Malonsia gagal mengatasi krisis, bahkan telah menjual proton ke china,menjual perusahaan elektric negara kepada china, menjual tanah2 malonsia kepada china, ditambah hutang yg mencapai $ 50 miliyar dollar kepada china. ckckckck.. gagal total..!!!

      Btw, kau masih blm paham degan TKI ya..?? xixixixi..mudahnya gini.. mereka itu orang2 indonesia yg menjajah negaramu karena sebanyak 2 juta lebih lapangan kerja kami kuasai. Dan pemerintah indonesia pun mendapatkan untung dari mereka karena mengirim devisa. Blm merasa juga ke mahataik bodoh setaraf bangladesh.??? Bayangkan jika lapangan kerja sebanyak itu dikerjakan sendiri oleh rakyat malonsia pastilah seronok.. xixixiixii.. kalau mahataik blm paham juga berarti benar kalau orang malons kebanyakan low IQ.. 😁😁😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    6. Mahairi@ najib dan menterinya gagal membangun malon kerana Malon sekarang banyak utang dan telah dikuasai cina,tunggu sahaje nasib Malon cem srilanka,vanuatu,djibouti yg telah dikuasai cina,sebentar lg cina buat pangkalan militer di sabah dan sarawak kerana Malon dah banyak berutang ke cina wkwkwk

      Hapus
    7. Unknown7 Mei 2018 09.52
      Nah berita terbaru.miris sgt.rupanya dlm indon seronok dan mendunia senaraikan aset dia yg beratus ratus kononnya tp yg operasi hanya sikit je.malah ada yg tak layak beroperasi.jd mcm ni la kot nasib sesetengah kri,sukhoi,f16,amx tank,dan lain lain ranpur.di blog dan wiki indon senaraikan ratusan tp hakikatnya yg tinggal hanya sikit je.maybe puluhan je😂😂😂😂

      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak Akan Diganti
      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak
      Akan Diganti

      Salah satu tank AMX Marinrir yang jarang di gunakan dan berusia tua [Marinir]

      Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendatangi Markas Korps Marinir TNI AL di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (3/5). Selain memberikan pembekalan terhadap ratusan prajurit Marinir, Ryamizard juga memeriksa kesiapan dan kesiagaan pasukan serta alutsista.

      "Saya melakukan kunjungan kerja ke Mako Korps Marinir untuk mengecek kesiapan, baik personel, alutsista dan asramanya. Kalau ada yang kurang, kami usahakan akan dipenuhi," ujar Ryamizard yang memakai seragam Marinir dengan baret ungu didampingi Dankormar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono.

      Ryamizard mengungkapkan, hasil inspeksi yang dilakukannya menemukan adanya alutsista yang sudah berusia puluhan tahun dan perlu diremajakan. Pihaknya akan menampung usulan penggantian itu. "Di Marinir banyak tank yang sudah tua dan tak layak untuk digunakan. Tank-tank ini akan diganti," ujar Ryamizard tidak merinci tank jenis apa yang akan diganti.

      Sebelumnya, Ryamizard juga menyinggung tentang tugas Kemenhan yang mengurus pertahanan negara. Dia menuturkan, ada dua hal bagaimana postur TNI dibutuhkan dalam hakikat pertahanan negara. Kondisi itu tentu salah satunya harus didukung alutsista yang mumpuni dan bisa digunakan oleh prajurit.

      "Alutsista kita beli bukan aur-auran. Apalagi rekanan mengatur. Tidak boleh rekanan mengatur pembelian alustsista. Yang menentukan pembelian alutsista adalah Menhan dan tugas Menhan," kata Ryamizard.

      ✈ Republika

      Hapus
    8. Beruk malons goblok turunann bangla.. lebih baik kau tengok ini..

      http://www.malaysiandefence.com/broken-record/

      Ternyata merajalela tak ada CMS dan Missile ompong sampai 2020..kahkahkahkahkah.. nak gelak aku tengok askar pondan bersarong malons.. 😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😆😆😆😅

      Hapus
    9. Tu data salah...prnyumbang deviza tertinggi di yindon tuh industri pertahanan nya...maklum yindon kan termasuk eksportir babu terbesar..oppsss maksud saya weapon terbesar asean....jgn memain tau...

      Hapus
    10. AP@ eleh Malon babu cina,arab saudi dan babu britishpun cakap sombong wkwkwk

      Hapus
    11. Penyumbang devisa tertinggi Malon adalah judi dan dadah.. malon negara sangat bermaruah 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    12. yg fenting lakuw & punya paspor bisa ke luarnegeri cem scan-tut haha!😆😆😆

      coba ituw mahat batu diekspor ke VANuatuw, laku gak haha!😉😉😉
      jangan2 kudu disubsidi dolo biar bisa bertahan hidup di negeri horang haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  4. mungkin laba yang kecil karena uangnya di pergunakan untuk kesejahteraaan karyawanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang hitungan laba bersih perusahaan manufaktur seperti itu setelah hasil penjualan di potong biaya bahan baku,biaya tenaga kerja dan biaya produksi serta biaya angkut kirim , amerika dan rusiapun penjualan alutsista sampai ratusan triliun / tahun paling laba bersihnya Paling cuma 10 triliunan

      Hapus



    2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
  5. Kihkih

    Rp 95 miliar itu kira2 berapa usd ya..ada gak usd 10mil ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebegitu pun Malon pun tak mampu tak mampu kejar 😆😆😆😆😆

      Hapus
    2. Cium basah french kiss dr rosmah mansor dulu nih

      Hapus
    3. Perusahaan Malon cetak laba-laba se gudang

      Hapus
    4. Kesian Deftech Malon looser tak de untung kerana kepakarannya cuma bisa welding,painting dan stempel stiker buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    5. Unknown7 Mei 2018 09.52
      Nah berita terbaru.miris sgt.rupanya dlm indon seronok dan mendunia senaraikan aset dia yg beratus ratus kononnya tp yg operasi hanya sikit je.malah ada yg tak layak beroperasi.jd mcm ni la kot nasib sesetengah kri,sukhoi,f16,amx tank,dan lain lain ranpur.di blog dan wiki indon senaraikan ratusan tp hakikatnya yg tinggal hanya sikit je.maybe puluhan je😂😂😂😂

      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak Akan Diganti
      Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak
      Akan Diganti

      Salah satu tank AMX Marinrir yang jarang di gunakan dan berusia tua [Marinir]

      Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendatangi Markas Korps Marinir TNI AL di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (3/5). Selain memberikan pembekalan terhadap ratusan prajurit Marinir, Ryamizard juga memeriksa kesiapan dan kesiagaan pasukan serta alutsista.

      "Saya melakukan kunjungan kerja ke Mako Korps Marinir untuk mengecek kesiapan, baik personel, alutsista dan asramanya. Kalau ada yang kurang, kami usahakan akan dipenuhi," ujar Ryamizard yang memakai seragam Marinir dengan baret ungu didampingi Dankormar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono.

      Ryamizard mengungkapkan, hasil inspeksi yang dilakukannya menemukan adanya alutsista yang sudah berusia puluhan tahun dan perlu diremajakan. Pihaknya akan menampung usulan penggantian itu. "Di Marinir banyak tank yang sudah tua dan tak layak untuk digunakan. Tank-tank ini akan diganti," ujar Ryamizard tidak merinci tank jenis apa yang akan diganti.

      Sebelumnya, Ryamizard juga menyinggung tentang tugas Kemenhan yang mengurus pertahanan negara. Dia menuturkan, ada dua hal bagaimana postur TNI dibutuhkan dalam hakikat pertahanan negara. Kondisi itu tentu salah satunya harus didukung alutsista yang mumpuni dan bisa digunakan oleh prajurit.

      "Alutsista kita beli bukan aur-auran. Apalagi rekanan mengatur. Tidak boleh rekanan mengatur pembelian alustsista. Yang menentukan pembelian alutsista adalah Menhan dan tugas Menhan," kata Ryamizard.

      ✈ Republika

      Hapus
    6. Beruk malons goblok turunann bangla.. lebih baik kau tengok ini..

      http://www.malaysiandefence.com/broken-record/

      Ternyata merajalela tak ada CMS dan Missile ompong sampai 2020..kahkahkahkahkah.. nak gelak aku tengok askar pondan bersarong malons.. 😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😄😆😆😆😅

      Hapus
    7. ehh malon bego yaa negara mundur wkwkwk bagus lah tank marinir berarti mau di ganti saa yang baru wkwkwk makanya negara lo punya marinir gax wkwkwk kalo su,f16 dan kri mana link nya dan infonya kalo yang oprasi suma sedikit wkwkwk ngebual lagi kan lo karena sakit hati liat industri indonesia menguntungkan, gax kaya industri malon cuma buat songlap aja wkwkw https://www.youtube.com/watch?v=c7OYOTPQbLA inhhh kalo ada yang punya quota bisa liat atm tentara anjungan tunai mandiri latihan tauuu nembakin apan laihan nya

      Hapus
    8. Malon gembel marinir aja ngga punya 😆😆😆😆😆

      Hapus
  6. at least they get over profit target.
    good job pindad, keep up the spirit

    BalasHapus
    Balasan
    1. its definitely net profit.
      Pindad has many branches of business and of coz project.

      for tank project with FNSS Savunma Sistemleri, medium-weight tank development would need USD 30 mio (400milyar).

      others project, badak, tank boat, factory expansion etc. and last time i heard pindad replace & upgrade their tools with brand new machine. these all, means big expenses.
      in order to have more profits, pindad need big bucks project and improve their capabilities.

      and the most important thing they've achieved profit target this year and pay all the bills lol

      Hapus
    2. oiya tentu om bob terbaik haha!👍👍👍,

      pindad kan investasi terus kemana2, ampe eskavator juga ditekuni. diversifikasi, kyk perusahaan jepang hore haha!👍👍👍

      minggu lalu guwe sempet nulis jugak, pindad ini yg terbanyak proyeknya dari tni khususnya ad.
      divisi kendaraan lapis baja, tdk hanya panser 6x6 amfibi,
      panser 8x8 -bersama tata india
      tank medium- bareng fnss
      komodo
      sanca
      panser badak-dalam konstruksi bareng timo
      tank bot-bareng lundin
      dan masi byk rantis pindad laennya

      masi ada kerjaan
      pandur2, 3 varian

      divisi persenjataan,
      ss-1 varian
      ss-2 varian
      ss-3 varian
      ss-4 varian
      spr-1 & 2 varian
      meriam 105mm

      blom lagi bisnis bom berpatner dgn tni au.
      bom berpandu-lig korea
      bom biasa
      bom peledak utk umum

      mereka masi punya divisi lain, pluru..itu jugak dibagi 2,
      MKK-5.56 & 7.62
      MKB-105mm

      kalo liat investasi baru punya mereka, habis ratusan milyar buat invest alat2 & bahan baku.

      bentar lagi mau gelar cabang di lampung.

      kebayang kan duit investasinya kemana ajah nyebar untuk masing2 divisi haha!😂😂😂
      contoh seperti diatas, tank medium habis $30jt bagi ama fnss turki.

      yang penting neracanya gak minus. tau ndiri kan klo minus..bakalan dilego ampe ke rrc yg py duwit banyak haha!😅😅😅
      tapi dikita kan gak bisa buat BUMN strategis kyk gini haha!😆😆😆

      nach dari semua ini, guwe rasa yg disebelah punya gak proyek sebanyak ini yg dikerjakan 1 saja institusi milik negara mereka. titik...haha!🤠🤠🤠
      tp bkn negerinya om ben, kita kan sama2 tim elit shoping soping haha!👍👍👍

      Hapus
    3. setelah proyek2 itu jalan smua, prototaip2 itu akan brubah jadi duwitt witt...apalagi kalo laku keras, ber bilyun2 lah, so pasti haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    4. kihkihkih...om palui nyindir proton yah?? hahahaha..betul proton tuh mmg minus terus...kihkih...lah wong dana r&d pertahunnya aja segede pendapatan pindad rp2 triliun...klu tahun ini malah 2x lipatnya...belum biaya produksi..tapi yah itukan namanya produksi karya anak bangsa..klu di banding sekelas japan,uang segitu gak ada apa2nya..japan kan udah menguasai pasar...klu jualannya byk,harga jadi kompetetif...ya mampus lah perusahaan sekelas proton...

      lain klu PTipu Pindead...pasti surplus lah..harga produknya murah banget...perusahan malaysia harus belajar nih sama pindad...gimana cara ngebangun perusahan karya abak bangsa yg tiap tahun bikin model baru..tapi akaunnya surplus terus...luarbiasa nih...pasti ada rahasianya...tempel stiker kali ya...kahakahkahakahkahkah

      Hapus
    5. achh engga dech, ge'er aza dech om anakerokan haha!🤣🤣🤣

      ouchh ituw dua penjelasan yg berbeda arah sebenernya.
      soalnya disini rame lagi, soal huks fetedei dijual ke pemerintah rrc oleh seorang emak2 yg disebut om joni diatas haha!😅😅😅

      padahal ituw brita dari tahun laluw uda muncul.
      tahun lalu disaat fetedei barusan beli mesin honeywell malah, orang no 2 amrik, wapres mike pence datang buat tanda tangan bisnis pemerintah indonesia dianteranya sperti alutsista targeting pod, rudal dan industri laennya termasuk pesanan fetedei haha!😎😎😎

      makanya guwe sindir, uda bagus neracanya plus, jd gak ada beban buat stakeholder.

      mao banyak2 laba tapi kalo gak di investasi balik buat apaan, toh pemegang sahamnya hanya pemerintah daonk.
      itu artinya bisa diambil balik mereka smua laba, jika pt pindad tak melakukan investasi bukan?

      jadi pilih mana, laba berkurang kerna di investasi balik, ato banyak laba tapi disikat stakeholder haha!😎😎😎

      nah bagian kedua: mang tentangga kita luh doank om, percayalah...ituw VANuatu haha!😋😋😋

      Hapus
    6. eh disini jd ada anekdot, kalo perusahaan merugi, lego aja ke rrc, aman haha!🤣🤣🤣

      jd pengen tanya, itu ciyus proton merugi terus, sapa bayar om? haha!😉😉😉.

      bedalah r&d mobil komersil, dibanding militer.

      beda lainnya:
      *kendaraan militer paling dibikin ratusan per model, kalo laku keras cuman cmn ribuan. permodel bisa tahan puluhan tahun

      *klo kendaraan komersil, bisa puluhan sampe ratusan ribu per model/tahun.
      1 model sedan bisa produksi 5 tahun. abis ituw ganti model lagi.

      kalo setahun 50.000 x 5 tahun=250.000

      trus harganya. harga tentu dibawah kendaraan spek militer.

      panser anoa aja $1 juta.

      komersil :$ 10.000-30.000

      kebayang kalo anoa laku keras kayak mobil komersil, itu VANuatuw kami beli haha!😋😋😋

      masing2 tentu keuntungan/kerugiaannya beda2.
      tapi lebih aman di militerlah. pabriknya tak sebesar kendaraan komersil, trus vendornya gak banyak.

      Hapus
    7. kebayang kalo anoa laku keras kayak mobil komersil, itu VANuatuw kami beli haha!😋😋😋

      masing2 tentu keuntungan/kerugiaannya beda2.
      tapi lebih aman di militerlah. pabriknya tak sebesar kendaraan komersil, trus vendornya gak banyak.

      kendaraan komersil emang menguntungkan, tapi sekali jatuh, mengerikan haha!😱😱😱
      pabriknya pasti lebih besar, vendor2 nya lebih rumit. secara item2 yg dipake lebih banyak.

      makanya utk bisnis massal gini, pemerintah kami tak ambil sendiri, diserahkan ke swasta non pemerintah.

      guwe perna baca, knp kami memiliki ptdi, simpel..kerna kami negara kepulauan, suatu saat kami butuh pesawat utk kemana2 dibanding mobil yg terbatas pergerakannya.

      sebab kami punya 17.000 pulau.
      jadi jelas kami butuh pesawat(ptdi) dan kapal laut(pt.pal & pt dok kodja)sahaje. begitchu haha!👍👍👍

      tapi bukan tidak mungkin kami memiliki pabrik otomotif sendiri, tunggu tanggal maennya aza haha!😉😉😉

      Hapus
    8. bisa swasta, bisa bumn.
      tapi guwe lebih suka bila bukan bumn yg turun ke bidang otomotif. jadi gak bebanin rapbn haha!🤣🤣🤣

      kalo bumnis kendaraan militer gpp, soalnya bisa membantu inhan(industri pertahanan) kami agar gak targantung asing yg pasti ada embel2 embargo haha!😛😛😛

      Hapus
    9. yg jadi pertanyaan lagi,

      apakah proton perna bikin kendaraan mrap atao rantis(kendaraan taktis) buat atm yang berbasis casis kendaraan komersil? mungkin pake pajero, TLC dll gitchu?
      kan bisa patneran, co join ama deftech lah haha!😊😊😊

      guwe juga masih bertanya2 Weststar ituw perusahaan apaan yach? IAG bisa masuk situw, kok gak langsung atm ajah.

      oiya, kalo soal IAG-Guardian, guwe mengertilah knp impor dari sana dibanding pake lipan bara, standar UN tinggi soalnya haha!😉😉😉

      Hapus
    10. kihkihkihkih..kerna pindad itu perusahan base militer yg bikin bingung...kok mudah amat surplus...produk nya tiap tahun keluar baru..hasil karya anak bangsa...gimana ya caranya...r&d beneran apa tempel stiker doang...berapa tuh dana r&d pindad pertahun?? ada link gak om palui??

      Hapus
    11. Lha om..om pertanyaanku malah gak dijawab bijimaneh sech haha! 🙄🙄🙄
      penting tuch, tatut yach kena serangan balik haha!🤣🤣🤣
      kagaklah om, guwe kan mo blajar...tp klo ketauan om pit, yach bocoorr ..bocoorr..boccooorr haha!🤣🤣🤣

      Yup, Pindad emang basis militer bikin bingung, kerna uda ada sejak dahulu kala malah alias, jaman kolonial haha! 🤓🤓🤓
      Mudah surplus, engga juga. Tapi pindad itu bisa mandiri kerna punya lini bisnis diluar militer.
      om anakerokan, uda guwe kasi tau jugak kan, maenan pindad cem eskavator ntu.
      Nich lini bisnis pindad.
      Produk & Layanan: militer servis
      *Senjata
      *Munisi
      *Kendaraan Khusus
      Diluar militer:
      *Tempa Cor & Alat Perkeretaapian
      * Alat Berat
      *Bahan Peledak Komersial
      *Cyber Security

      Hapus
    12. Divisi alat berat pindad adalah
      divisi industri konstruksi, pertambangan, perkapalan, kelistrikan, dan pertanian antara lain :

      Alat Berat
      Mesin Listrik
      Alat & Peralatan Kapal Laut (APKL)
      Alat & Mesin Pertanian (Alsintan)
      Jasa Permesinan

      Contoh: Alat berat: escavator, buldozer, alat berat pertanian
      eskavator
      https://photo.kontan.co.id/photo/2017/08/07/2100254853p.jpg

      https://images2.tempo.co/data/2015/09/10/id_435840/435840_620.jpg
      buldozer

      https://www.pindad.com/uploads/images/article/full/9394.jpg
      alat pertanian

      http://menatapaceh.com/images/2017/05/06/10569-presiden-joko-widodo-buka-penas-di-stadion-harapan-bangsa-banda-aceh/
      traktor

      https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/03/18/34/978456/pindad-siap-produksi-alat-berat-untuk-proyek-infrastruktur-s5b.jpg

      rotatanam
      https://www.pindad.com/uploads/images/product/full/rotatanam_FIX.jpg
      http://bumn.go.id/data/uploads/content/51/5912783b6fd8e.jpeg

      ntar...lanjut lagi haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    13. bahan peledak

      sejak tahun 1991, pindad telah memulai memproduksi bahan peledak komerisial seperti :

      Booster ( RenEx T)
      Booster ( RenEx P)
      Seismic Explosive (geoPENTOSEIS)
      Seismic Detonator (geoDETOSEIS)
      Detonator Listrik (SUPERdet)

      Bahan peledak dipergunakan di bidang pertambangan umum dan migas,

      Tempa Cor & Alat Perkeretaapian

      Divisi Tempa dan Cor bagian bisnis pindad bidang jasa pengecoran logam dan jasa tempa, serta mendukung pembangunan infrastruktur perkeretaapian Indonesia melalui produk-produk prasarana kereta api. Pindad mengawali bisnis dalam bidang Sarana dan Prasarana Kereta Api pada tahun 1983 dan mulai berproduksi pada tahun 1984, wah uda lama jugak yach haha!👍👍👍

      Hapus
    14. nach klo soal dana r&d.
      tentu bisa sendiri ato dapat balabantuan dari pemerintah,
      seperti yg guwe uda tulis, ini pt paling banyak proyek, kerna usernya lintas departemen jugak loh, walo kemhan adalah kastamer utama, oke oceh 👌👌👌

      tapi jalur duwit r&d gak tau guwe. meski pindad dibawah naungan tni ad.
      struktrur organisasi pindad dibawah kementerian bumn, makanya bos2nya yg pilih sang menteri tersebut.

      sedangkan penggunanya bisa dari kemhan(kementrian pertahanan) ato pun kemhub(kementrian perhubungan) dan lain2 jugak haha!👍👍👍

      begitchuuuuwww

      Hapus
  7. Kihkihkih

    95 mil cukup lah buat biaya r&d tahun 2018..
    Bikin rifle baru,Ranpur baru,medium tank baru,excavator baru..yg penting karya anak bangsa..pastikan ada purwarupa ok..kihkihkihkih...cukup gak sih ?? Klu gak,lu bikin stiker aja deh..pasti cukup lah...kihkihkih

    Amit amit...kihkihkihkihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaaaahh.. lgi2 beruk malons turunan bangla menunjukkan kegoblokannya.. patutlah di malonsia bumiputera malons kalah bersaing dengan cina . Ternyata kapasitas otaknya cuma segini.. kahkahkahkah.. Ok aku terangkan singkat saja..

      Kau bisa bedakan laba/untung dengan pendapatan ngk ruk.. beruk malons goblok.?? Disitu kan ditulis dengan jelas pendapatan Rp 2,4 triliun rupiah sedangkan laba Rp 92 miliar rupiah. 2,4 triliun = 2400 miliar, jadi 2400-92 = 2308 miliar

      Naahh.. jadi masih ada modal Rp2308 miliar = Rp 2,3 triliun atau sekitar $165 juta dollar. Duit inilah yg akan diputar kembali untuk biaya produksi dan lain2. Kalau laba/untung Rp 92 miliar itu sudah pasti masuk ke tabungan atau deposito. Dan ingat itu tahun 2017, kalau tahun 2018 pendapatan ditarget lebih tinggi lagi.

      Makanya ruk.. beruk malons turunan bangla belajar yg bener.. jngan suka merempat IQ-mu jadi bodoh sperti itu..xixixixii..😅😅😅😅


      Hapus
    2. bagaz donZz

      iya ok fine..mau jd tukang ngitung juga dia nih..

      ok rp 2.4 triliun utk r&d + produksi..cukup??

      pastikan pilih stiker yg paling cantik,berkilau,dan indah..jgn asal2 bisa di tempel aja..biar jadi attraction pada yg memandang...kihkihkih



      Hapus
    3. Mas bro,
      Emang buat R&D itu idealnya berapa % dari laba sih?
      Atau, bukannya biaya R&D itu bagian dari invest?

      Ane awam soal itungan itu nih, sama awamnya ane dengan soal politik...

      qiqiqiqiqi.. :D

      Hapus
    4. kahakahkahkah.. makanya ruk.. beruk malons turunan bangla kalau bodoh jngan sok tau.. terlihat sekali kapasitas otakmu yg low..

      Di indonesia ada namanya Balitbang dibawah kemenhan, kalau diluar negeri sperti DAPA korsel, DARPA Amerika serikat. Itu badan yg khusus bergerak dibidang R&D..

      Aku tebak di malons pasti tidak ada badan seperti ini..?? patutlah cipta senapang malons pun tak mampu, malah ditertawakan dunia karena bentuknya yg aneh..kahkahkah.. cipta sebutir peluru pun tak mampu, kalau ganti sticker dan distempel buatan tempatan agar dikata jaguh dimata dunia malonsia lah juaranya.. 😅😅😅😅😅😅😅😅😆😆😆😆.

      Dari sini saja sudah terlihat qulity otak para maloners.. beda jauh sekali dengan orang2 indonesia. Kalau boleh dibandingkan mungkin malons sudah tertinggal 30 tahun dari indonesia. wkakakakakaa.. 😄😄😄😄😄😄😄. Salahkan sultan goblok kalian dan Organisasi rasis UMNO yg telah membodohkan rakyatnya sendiri selama puluhan tahun..xixixiixii..

      Hapus
    5. AP@ Kesian deftech malon tak de untung dalam bisnis kerana kepakarannya cuma boleh welding,painting n ganti stiker buatan tempatan wkwkwk...Kl kepakaran cuma boleh cem tuh somalia dan ethiopia pun bisa wkwkwk

      Hapus
    6. Bagaz@ di Malon tak de Balitbang,BPPT,Malon cuma ada BPWR (Badan Penyedot Wang Rasuah) wkwkwk

      Hapus
    7. Adanya BTST ( Badan Tempel Stiker Tempatan)

      Hapus
    8. setan....

      santai om..dari mana dana r&d kan gak penting2 amat..di situ kan ada tertulis pendapatan & labanya..selagi ada laba biarpun cuma 1 rupiah,itu sudah boleh di acung jempol lah..maklum survive di induastri pertahanan lokal tak mudah kerna biaya nya gak murah...

      sy cuman bingung..apa benar datanya tuh..pendapatan sebesar rp 2.4 triliun & laba rp 95 milyar...kayanya gak pas sama Pindad yg di klaim perusahan membangun produk militer karya anak bangsa...

      mohon di jelaskan om setan...

      Hapus
    9. AP@ itulah beza indonesia dgn Malon,kl cost R&D di indonesia dibantu pemerintah,contoh R&D N219 pemerintah bantu dgn cost 400 milyar rupiah,beza dgn malon R&D pun tak de,yg ada hanya welding,painting dan stiker buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    10. mat don...rp400 milyar itu klu N219...klu Anoa berapa tuh r&d nya...kahkahkahkahkah

      Hapus
    11. Bagus Rp 400 milyar.. 1juta rupiah aja belum tentu malon mampu 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    12. AP@ anoa tuh ada prototaip APS I dan II baru di sempurnakan dgn anoa kl gempita tuh prototipenya milik turkey wkwkwk

      Hapus
  8. berapa total income deftech? MINUS KAH?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minus di tambah songlap n wang kopi makin minus sahajelah wkwkwk

      Hapus
  9. masih kalah ngan malaysie.,,,untung gila songlap duit kopi

    BalasHapus
  10. Dan Malingsialpun hanya bisa iri hati
    Coba malingsial bisa ap hayoo..?
    Klo cuma ngetrol doang itu hanya utk menutupi malu saja sbb tdk ada kemampuan.
    Makanya dukung najib seumur hidup.
    Kah kah kah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah hasil didikan propaganda UMNO bro rakyat Malon di berikan propaganda kesuksesan kerajaan padahal praktek rasuah dan penjualan aset kerajaan ke cina ditutupi kerajaan

      Hapus
  11. Sebetulnya ada keuntungan domino disini bukan cuma Pindad tetapi perusahaan2 lokal yang ikut mendukung Pindad.

    https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20141105170826-92-9875/krakatau-steel-pasok-98-persen-baja-militer

    98 persen baja Panser Pindad disupply oleh Krakatau Steel salah satu pabrik baja terbesar dan tertua di asteng, perusahaan ini pun dapat untung milyaran. Meski baru level Stanag 3 tapi tetap percaya suatu saat perusahaan lokal ini bisa membuat level yg lebih tinggi.

    Gak perlulah import body panser Anoa atau Komodo atau Badak (ini mungkin menjelaskan kenapa tidak ada import body di SIPRI) semua sudah bisa dicover KS kecuali bila naik spek mungkin perlu modal pembelian mesin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn cem malon hull gempitapun dibuat turkey wkwkwk

      Hapus
    2. Mas super emang super..:)
      Yup, yang untung bukan hanya Pindad.
      Vendor yg dapet job bikin jok Anoa pun untung, belum lagi vendor AC, cat, alkom, kamera, lcd monitor, part suspensi, seal-seal karet, tutup pentil...qiqiqiqi. :D

      Hapus
    3. Hehehehe ya mas..

      Tinggal Engine, Powertrain dan Kubah tembak masih belum bisa buat mas.

      Ban juga saya lihat masih buatan Continental (biasa dipakai alat berat kalau dipabrik saya), Continental seinget saya buatan Germany, harusnya mulai tuh bikin buatan lokal macam Accel*ra, Achill*s, GT Radi*al dll

      :-D

      Hapus
    4. Ada sedikit beda case mas @Rempit antara Anoa dan Gempita.

      Ini saya sadurkan tulisan dari MalaysianDefense, salah satu rujukan web militer terbaik menurut saya :

      "The land warfare sector accounts for Turkey’s largest defense export deal: a $600 million sale of 257 Pars eight-wheel-drive armored personnel carriers and combat vehicles from FNSS to Malaysia, signed in February."

      See dat words "Export" ?

      Hapus
    5. Ini mas hasil copy paste dari media resmi Turkey sendiri invest.gov.tr :

      Turkish defense industry firm FNSS signed a deal in Ankara on Tuesday with Malaysia's DEFTECH to sell armored combat vehicle frames to the Malaysian armed forces. Under the deal, FNSS will sell 257 armored carrier frames for the Pars 8x8 to Malaysia.

      Kata "FRAMES" sepertinya menjelaskan mengapa ada di SIPRI, frame2 yg sudah terbentuk dengan pola yang sudah jadi di export langsung dari Turkey dan akan dirangkai diassembly di negara tujuannya. Makanya di web Malaysian Defence pernah dibahas bila 50 persen PARS didatangkan secara utuh dan sisa 50 persen nya akan dirangkai di local factory.

      IMHO dan CMIIW

      Hapus
    6. See that,fact n proven,DEFTECH LOOSER cuma ada kepakaran welding,painting n ganti stiker buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    7. Kl gembira ria 50:50 bikinnya trus sudah jd 118 dr 257. Pertanyaannya 118 produk siapa? Kl murni turky berarti deftaik belum welding donk. Ayo jawab yang bisa....pakai otak dikepala ya...jangan otak di dubur kebiasaan orang sebelah

      Hapus
  12. Berita 5 tahun lalu.. kok saya baru tahu yaa Pindad sudah punya prototype Light Tank dan mau dikembangkan setelah Medium Tank Project selesai ?
    Any Clue ?

    --------------

    “Kalau light tank kita sudah punya prototype awal.  Kalau medium kita masih tahapan konsep disain atau mematangkan desainnya seperti apa sih,” tutur Hery.

    Untuk konsep tank versi light,  Pindad mengadopsi tenologi dan disain tank jenis Scorpion buatan Inggris.  Nantinya,  tank ini,  akan dikendalikan oleh tiga orang yakni bertindak sebagai commander,  gunner, dan driver.

    “Kalau light tank itu skala scorpion,  kalau medium itu skala dengan marder yang akan kita kembangkan.  Kalau kelas heavy seperti leopard sepertinya kita belum.  Itu terlalu berat.  Kita lebih cocok di medium tapi persenjentaan kita bisa pakai misil anti tank atau pakai 105 kaliber besar,” tambahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu prototype light tank y yang SBS mas bro

      Hapus
    2. klo liat insta punya om windu yg linknya sering guwe edarin, ada satu sketsa...om super baca dech komeng om windu..soalnya ada bicara soal otokarnya, bkn fnss haha!😎😎😎

      Hapus
  13. Terbaik PT PINDAD,Deftech Malon semakin jauh di belakang wkwkwk....Deftech Malon cuma ada kepakaran welding,painting dan ganti stiker buatan tempatan wkwkwk

    BalasHapus
  14. Masa pernyataan gua di bilang skeptis , lucu juga, hitungan akuntansi biaya di industri manufaktur gua faham betul , kalo yg pernah belajar neraca lajur dan buku besar ,meskipun penjualan besar tapi setelah di hitung di buku laporan keuangan R/L , penjualan di potong biaya2, biaya bahan baku,biaya tenaga kerja,biaya produksi , dan biaya angkut pengiriman , pastinya laba bersih dari perusahaan tersebut pasti jauh selisih dari nilai penjualan dengan hasil laba bersih itu sendiri , penjualan senjata amerika dan rusia tembus ratusan triliun / tahun , kalo dihitung laba bersihnya pasti jauh dari yg di kira paling laba bersih y 10 -20 triliun dari hasil penjualan

    BalasHapus
    Balasan
    1. om doni yen...lu bicara soal R/L perusahan kerupuk apa?

      Ni soal Pindad om...perusahan alat perang paling jos di asean...

      Hapus
    2. Ye lah Jauh Lebih jos dari pada Malon yang ngga mampu buat apa2.. Malon Joss kutip cukai judi 😆😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    3. Begini loh brur @donisugara

      Semua yg disampaikan bung doni itu benar dan saya tidak meragukan bung doni sebagai ahli akuntansi.

      Tapi jangan melupakan juga bahwa perusahan2 baik swasta maupun BUMN untuk menjalankan roda produksi seperti yg disampaikan bung doni itu mendapatkan suntikan modal bank.
      Untuk menjalankan roda produksi pesanan/order, Pindad dalam memenuhi pesanan tergantung pada pinjaman bank karena untuk melaksanakan order itu pasti butuh modal yang besar.
      Nah.... kredit pinjaman modal bank itu yang harus dibayarkan pindad beserta suku bunganya sebelum jatuh tempo.

      Tapi saya bukan seorang ahli ekonomi.
      Mungkin link dibawah ini bisa menjelaskannya.

      Nuhun

      https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://bisnis.tempo.co/amp/1040737/pindad-terbitkan-surat-utang-rp-1-triliun-untuk-danai-proyek-tni&ved=2ahUKEwiR66mP5vTaAhUMx7wKHWJdCOIQFjAAegQIBxAB&usg=AOvVaw20FUtm1MoR9m4yvZKFFGkX&ampcf=1

      Hapus
  15. Karyawan sudah dapat bonus produksi gak nih

    BalasHapus
  16. Halo,
    Ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Jane Alison, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  17. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus