24 Juni 2021

Bappenas Anggarkan Rp 298 T (USD 20,7 B) untuk Belanja Militer 2020-2024

24 Juni 2021

Fregat kelas FREMM dan Maestrale (photos : Marina Militare)

Bappenas Ungkap Belanja Militer 2020-2024 Hampir Rp 300 T

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa buka-bukaan pemerintah menganggarkan belanja militer sebesar US$ 20,7 miliar atau Rp 298,08 triliun (kurs Rp14.400). Anggaran ini berlaku untuk 2020-2024 mendatang.

Suharso mengatakan angka itu dihitung dari umur teknologi militer yang akan dibeli selama 15 tahun. Selain itu, pemerintah juga memperhitungkan pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto (PDB) selama jangka waktu tersebut.

"Untuk 5 tahun yang akan datang 2020-2024 kami memberikan angka sekitar US$ 20,7 miliar. Dari mana angka itu? Kami tidak petik dari langit begitu.. benggg... gitu, tidak. Kami melihat, kami ambil waktu sekitar 15 tahun itu berapa kira-kira rata-rata pertumbuhan ekonomi dan berapa total PDB kita selama 15 tahun," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Rabu (23/6/2021).


Suharso menjelaskan yang menjadi faktor paling besar dalam pinjaman luar negeri itu untuk belanja militer. Selama ini dalam belanja untuk sektor tersebut Indonesia dinilai masih di bawah 1% dari PDB.

"Rata-rata belanja untuk militer itu kira-kira kalau negara-negara maju di atas 2% dari PDB, ada yang 1-1,5% di atas PDB. Hanya kira-kira 30-an negara di bawah 1%, Indonesia masuk dalam kelompok negara di bawah 1% jadi termasuk di negara-negara sebagian besar di Afrika, Amerika latin, negara-negara kecil," sebutnya.

Hal itu membuat kekuatan militer Indonesia masih kalah dengan negara lain. Jumlah batalyon di Indonesia pun disebut tak cukup untuk menjaga 514 kabupaten/kota.

"Kita baru tahu misalnya jumlah batalyon kita tidak cukup untuk seluruh 514 kabupaten/kota di indonesia, kita hanya punya 300-an batalyon," ungkap Suharso.

Suharso meminta Kementerian Pertahanan untuk membeli alat militer yang memiliki teknologi mumpuni. Artinya, bisa bertahan hingga beberapa tahun mendatang.

"Jangan sampai seperti kita beli maaf (Sukhoi) Su-27 sebelum kita lengkap dengan dia punya segala macam, sudah muncul Su-30 generasi berikutnya. Lalu Su-30 sudah dalam kita mau mencukupi, Su-35 muncul. Kita bicara mengenai Sukhoi 35 eh muncul Sukhoi 57 dan seterusnya. Jadi kalau kita mau kejar-kejaran seperti itu nggak mampu kita, nggak mungkin itu kita lakukan," tandasnya.

251 komentar:

  1. Menhan Pak Purnomo dulu malah bilang kita tidak perlu menambah personil tni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. smua tergantung sikon dan ancaman jk pendek & panjang okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      jaman bp Presiden Sukarno, RENSTRA pertahanan kabinet djuanda berubah, kerna ada dwikora, trikora dan konfrontasi.
      maka pnumpukan alutsista sgt banyak saat ituw.

      jaman bp Presiden Suharto, RENSTRA 25 tahunnya pon berubah, terjadi perubahan struktur.
      yg namanya kodam bbrp dilikuidasi & kogabwilhan dibubarkan.
      namun RENSTRA 25 tahun yg dibuat tahun 80-an tak selesai, kburu bubar di masa repormasi, begithcu oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      lanjut ke masa bp.Presiden ESBEYE, ada KPM 2024

      setelah 2024, lanjut RENSTRA 100 tahun kemerdekaan
      75 Tahun TNI: Sebuah Refleksi Untuk Para Garda Terdepan NKRI (Dialog Bersama Andi Widjajanto)
      https://www.youtube.com/watch?v=LHj5AWKWKOA

      Hapus
  2. Hahahaaa dpt pertalite...

    BalasHapus
  3. Pasti MALON semakin iri dengki

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak lah... kan mereka juga akan beli f18 bekas

      Hapus
  4. Lha trus kemarin prabowo ngapain mengarang indah mau membelanjakan PLN 1760 T selama 2,5 tahun, harus
    keserap semua πŸ€”..........πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚"

    #simbol manajemen yg lemah dan komunikasi yg burok πŸ‘Ž

    https://m.kumparan.com/kumparanbisnis/bappenas-belanja-militer-ri-rp-300-t-hingga-2024-sama-seperti-negara-kecil-1vzzcyDGDIZ/full

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣 tapi ya misalkan borong rafale 200 unit mungkin selsainya 2040-an🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. palu gada23 Juni 2021 20.29

      duch makanya baca lagi dokumennya donk..
      Dari $125 bilyun/ milyar dolar pln,
      $20milyar dolar emang buat 2021-2024 kok haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
    3. palu gada23 Juni 2021 20.32

      2021-2024 disebut renstra khusus, utk percepatan mef, begitchu.
      Makanya nonton donk dr berbagai sumber, anak2 sini aja uda pada tau haha! πŸ€©πŸ€©πŸ˜›

      Hapus
    4. Apalagi borng 40 Fregate dan Kapal Selam 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 kelar 2050-an

      Hapus
    5. palu gada23 Juni 2021 21.42

      uda disebut mantan menseskab $ 20 milyar dolar uda kluar di bappenas.

      dan soal proyeksi masa anggaran depan, ituw hal yg biasa.
      mantan menseskab, bukan menhan lho sperti yg om smilikity sebut wkt ntuw

      ikut terlibat dlm rancangan KPM/RENSTRA 20 tahun, yg mulai 2004-2024 dijaman bapak Presiden ESBEYE.
      beliau sebut, dulu rencana anggaran belanja senjata saja bkn termasuk pengeluaran dan cicilan lain2 ituw sudah mencapai-> $88 bilyun/milyar dolar utk RENSTRA 1-4(3 renstra disebut MEF)

      nah yg 'akan'' dibuat opa menhan wowo ini adalah KPM/RENSTRA lanjutan 20 tahun juga. 2024-2044.
      jadi hal ini sama persis sperti sperti jaman pak Presiden ESBEYE.
      malah skrg untuk beli senjata saja di RPERPRES nanti ituw nilainya turun jadi $ 79 bilyun dolar.

      jadi dimana yg salah om smilikity cs. haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      silakan disimak dibawah dech...

      πŸ”΄ LIVE: TERNYATA ANGGARAN ALUTSISTA BUTUH HINGGA 3,47 KUADRILIUN BUKAN CUMA 1.760 T | AFU FT. ANDI W
      https://www.youtube.com/watch?v=NW_wbPin4Yk

      Hapus
    6. palu gada23 Juni 2021 21.57

      cek dari menit 16:00

      klo dulu estimasi SHOPPIN SOPING alutsista ajah $ 88 bilyun dolar
      dijaman opa wowo estimasi jadi $ 79 bilyun dolar...artinya penurunan.

      mnurut om mantan menteri sebut, mungkin tim prancang melihat keadaan skrg dlm masa pandemi dan ekonomi buruk.

      skali lagi gaesz estimasi 1760 T ituw hanya salah satu pilihan model belanja pertahan.
      setingannya bisa diubah tentuwnya. soalnya masa depan siapa yg tao sich..
      sperti skrg tiba2 ada kovid.

      kalo di masa depan gak ada kovid, dan ekonomi normal, kaliaja alokasi belanja pertahanan kita 10 taon lagi $ 20 milyar dolar pertahun haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘


      Hapus
    7. Francis pesan 180 rafale dari 2001 aja belum selesai sampai sekarang🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    8. cieee om smilikity gak berkutik kutikk tuch..gak bisa jawab..KL:kalah lagi haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    9. Itu benar semua @palugada kalo sampai 2040 RI butuh bujet 3500 T. ........angka itu sudah dihitung jauh-jauh hari sebelum mentri prabiwo ☝️

      Bahkan bu konie pun, sudah menulis dibukunya ketika Jokowi menetapkan visi poros maritim tentang nilai 3500 T ini

      Tapi angka itu bisa dan hanya bisa terealisasi jika "pertumbuhan ekonomi konsisten di angka 7%" ☝️

      Revisi oleh prabowo menjadi 1760 T pun rasional........tapi jangan lupa, isyu yg dibawa oleh prabowo tidak hanya ttg nilai 1760 T, tapi satu paket dg kemauan untuk membelanjakan 1760 T tsb dalam 2,5 tahun kedepan.......dalam kondisi pandemi yg penuh ketidakpastian πŸ€—

      Tapi kalo elu bahasnya sepotong-sepotong aka terpisah-pisah......maka artinya pun akan melebar, tergantung gimana elu mau menarik-nariknya 😏

      Hapus
    10. jaman bp Presiden Sukarno,
      RENSTRA pertahanan kabinet djuanda berubah, kerna ada dwikora, trikora dan konfrontasi.
      maka pnumpukan alutsista sgt banyak saat ituw.

      jaman bp Presiden Suharto, RENSTRA 25 tahunnya pon berubah, terjadi perubahan struktur.
      yg namanya kodam bbrp dilikuidasi & kogabwilhan dibubarkan.
      namun RENSTRA 25 tahun yg dibuat tahun 80-an tak selesai, kburu bubar di masa repormasi, begithcu oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      lanjut ke masa bp.Presiden ESBEYE, ada KPM 2024

      setelah 2024, lanjut RENSTRA 100 tahun kemerdekaan KPM 2044-45
      dan ini adalah tugas menhan dari Presiden utk masa depan.

      buat referensi
      75 Tahun TNI: Sebuah Refleksi Untuk Para Garda Terdepan NKRI (Dialog Bersama Andi Widjajanto)
      https://www.youtube.com/watch?v=LHj5AWKWKOA

      Hapus
    11. eittt bukan sepotong2..
      namun RPERPRES ituw blum disetujui menurut menhan dlm pembicaraan di podkes om DEDI KOHBUSYET haha!🀭🀭🀭
      baruw draft..jadi apa masalah?

      klo proyeksi masa depan sperti
      sperti guwe tulis diatas, estimasi 1760T ituw tak masalah ada angkanya toh itu bisa jadi SIMULASI, jd terdapat berbagai pilihan model okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      jgn kwatir om, pihak istana pon punya penasihat presiden dlm bidang pertahanan.

      dan ingat sama seperti jaman presiden2 seblomnya, proyeksi ituw slaluw ada angkanya, ttg kebutuhan masa depan ituw tergantung pemerintahan dimasa tersebut, bisa direvisi kok, gt aja kok repot haha!😎😎😎

      contoh renstra 25 masa 80-an, itu gagal ditengah jalan.
      dinegeri ini, sangat fleksibel..jadi apa masalah???

      Hapus
    12. APA MASALAHNYA ????

      Justru karena draft yg terbongkar itulah letak masalahnya......seandainya tidak dibongkar oleh bu Koni dan menjadi jebakan batman bagi presiden yg harus memikul tanggung jawab Perpres ☝️

      Hapus
    13. lha knp apa2 harus opa menhan wowo mlolo yg dibawa2, beliau kan punya tim dikemhan, dan tentuw dr berbagai kalangan.

      jgn terlaluw su'udjon lah om haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“
      tentuw susah memprediksi masa depan sperti yg beliau sebut di podkes KOHBUSET

      beliau dapat MANDAT dari Presiden di tanah air ini, utk menyelesaikan KPM 2044,
      hasil yg dari tim harus dihargai.
      sama seperti menhan2 pendahulunya yg mengkoordinasi formula renstra.

      dan tiap masa tentuw py problem sendiri.
      pasti ada proyeksi jk pendek & panjang.

      terpenting kontinyuitas renstra berjalan lancar utk pembangunan pertahanan tni.

      salah satuw hambatan adalah, faktor pembiayaan.
      kan cape dong tiap tahun setelah tender, baruw dicari2 sumber pembiayaannya, apalagi KE(kredit ekspor).
      dari jaman menhan opa PURNOMO pun beliau menyebut dlm tulisannya di KEMHAN: PLN(KE) ini makan waktuw lama bisa bertahun2.

      ituw sebab, proyek PKR SIGMA tanda tangan taon berapa tuch, 2011..trus efektif tahun 2014.
      ini blom yg laennya, apalagi FMS dari amrik. APACHE, JAVELIN, F-16 smuanya kredit, dan cicilannya sperti ini

      javelin cicilan
      https://scontent-sin6-4.xx.fbcdn.net/v/t1.6435-9/199515876_3724459640995685_2947784159687582905_n.jpg?_nc_cat=101&ccb=1-3&_nc_sid=730e14&_nc_ohc=Gu8NCnNZ3qgAX8ScOmX&_nc_ht=scontent-sin6-4.xx&oh=b80221df64d73e0d3f4e4f5c76b317d4&oe=60D99989

      apache cicilan
      https://scontent-sin6-3.xx.fbcdn.net/v/t1.6435-9/196758305_3724446254330357_7214112225754186937_n.jpg?_nc_cat=110&ccb=1-3&_nc_sid=730e14&_nc_ohc=93azBLnScQkAX-OWFkG&_nc_ht=scontent-sin6-3.xx&oh=7f802f29382b4d8c381a6aa281057e42&oe=60D8F8D3

      Hapus
    14. ituw baruw proyek jk pendek yg cicilannya tau dech selese kapan?

      gimana dgn pembiayaan proyek JK panjang,
      yg konon buat kemandirian?
      contoh kita punya
      -proyek KFX/IFX
      -kasel CBG

      dari 2 proyek ini aja, kita butuh 20-30 tahun masa pembiayaan.
      pertanyaannya gimana cara urus biayanya?
      masa pemerintahaan gak ada yg selama ituw di jaman now haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      oleh sebab ituw, dicari terobosan/formula baruw utk mengatasi problematika tersebut.

      maka proyeksi pembiayaan dan hutang jangka panjang ituw dibikin sekaligus dlm 1 bundel.
      gunanya utk mengatasi keterlambatan pembiayaan utk hal2 sperti proyek jangka panjang seperti IFX dan KASEL.

      liat sendiri kan, kita ditagih2 mlolo utk IFX, sedangkan dananya dicicil2.

      KASEL batch II uda kontrak tp masa tunggu efektif uda lebih 2 tahun.

      ini baru 2 contoh, gimana cara mengatasi 2 pembiayaan proyek MEF yg dibikin dari jaman menhan opa JUWONO sang penggagas MEF dan opa PURNOMO Y, okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
    15. Karena melekat pada jabatan mentri adalah fungsi manajerial......berati itu menunjukkan lemah nya kemampuan analitis dan manajerial ☝️


      Dibandingkan dg Ahok atau Jonan........jauh bro πŸ€—

      Yaaaaaaa, kira-kira padanannya dg anies yg bergantung pada TGUPP πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
    16. Percuma saja jadi pemimpin kalo kemampuan analisisnya lemah dan kesalahan yg terjadi dilempar ke anak buah.......kasus Ratna Sarungkampret adalah contoh nya bgmn seorang pemimpin sangat mudah dikelabui oleh orang terdekatnya

      Hapus
  5. Bappenas Ungkap Belanja Militer 2020-2024 Hampir Rp 300 T.
    "Untuk 5 tahun yang akan datang 2020-2024 kami memberikan angka sekitar US$ 20,7 miliar.

    ---------------------

    $ 20 biliun...JOM SHOPPING SOPING gaesz haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
  6. TNI AD auto girang2 lihat ini 🀣🀣🀣🀣🀣 apalagi mereka mau beli Blackhawk dan Osprey yang sudah lama diidamkan🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  7. Eeehh...di paragraf terakhir mak jleb banget tuuh..

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Suharso melek military stuff rupanya..

      Jangan - jangan formiler pula..😁

      Hapus
    2. Nanti 2025 ada lagi Mig-41 dan Su-XX 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Doi kan pernah mau beli sukhoi.......dan nyaris menjadi korban nya kalo ga mutusin batal terbang setelah melihat ada instrumen dan kabel pating klewer dikabin sukhoi yg nabrak gunung salak ☝️


      Percuma deh nawarin sukhoi ke sini selama kepala bapenasnya belum.ganti πŸ™„

      Hapus
    4. Byuuuhhhh....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  8. "..kalau kita mau kejar-kejaran seperti itu nggak mampu kita, nggak mungkin itu kita lakukan,"

    ===

    Saatnya quantum leap..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      1700T-3000T
      Benar2 akan bikin lompatan besar!

      Hapus
  9. 300 triliun 4 sampai 5 tahun sangat sikit, tak banyak dapat buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting belanja drpd malon cuman cari brosur, dasar kutu kupret malon

      Hapus
    2. Sikitlah apalagi yg kurang dari itu

      Hapus
    3. kalau dibelikan F18 busuk dan bekas mungkin dapat banyak ya

      Hapus
  10. Pasti habis nak buat kenaikan gaji, shopping alatan Militer sangat sikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOLOL kamu bedakan anggaran pertahanan dengan angggaran untuk belanja Militer Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Judulnya gak dibaca drun 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣 jelas2 belanja militer 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  11. Rp 298 itu khusus beli alutsista saja kan lalu gaji/tunjangan prajurit TNI dan perawatan/perbaikan serta Upgrade alutsista menggunakan anggaran pertahanan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diambil dari anggaran tahunan sekitar 100-an Triliun

      Hapus
  12. 1700 triliun pon nak kata ideal juga tak, tapi lumayan nak dapat bergerak sikit dapat hal berbaloi, tapi kena cut cuma dapat 300 triliun untuk hal alutsista yg harga sangat mahal adalah perolehan yang sangat kesian

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 yang penting bisa belanja dan TOT yang terpenting 🀣🀣🀣🀣 kadrun otak dangkal mana paham.🀣🀣🀣

      Hapus
  13. Osprey mahal choy, dah black hawk sama chinook aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tu om Osprey lagipula tidak terlalu dibutuhkan oleh TNI AD kalau untuk sekedar buat gaya-gayaan untuk apa... mending Chinook saja kapasitas angkutnya lebih besar dari Osprey

      Hapus
    2. Tapi Chinook kemarin tidak ada di listπŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    3. Ade chinook print gambar warnet... Wkwkwkw

      Hapus
    4. Kadrun otak dangkal mana paham🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  14. Kira-kira cukup atau tidak untuk beli Rafale dan FREMM serta Iver...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak cukup, kembali jer dalam tahap halu dan kesian

      Hapus
    2. Rafale sekitar 5 milyar USD bocoran kemarin

      Hapus
    3. Iver sudah dibayar di PT PAL

      Hapus
    4. Wkwkwkwkw kata siapa dah bayar... Halu

      Hapus
    5. Iver kalau tak salah baru DP-NYA saja...

      Hapus
    6. DPnya sudah ada sejak menteri RR bro,tapi memang masih menunggu pesanan lain do PT PAl seperti BRS dan KCR

      Hapus
    7. DP apa.. Cuma ade persetujuan awal... Sign awal, tak de step resmi lain

      Hapus
    8. kadrun tak baca berita formil ya makanya otak dangkal itu diam aja🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  15. ....
    Jangan sampai seperti kita beli maaf (Sukhoi) Su-27 sebelum kita lengkap dengan dia punya segala macam, sudah muncul Su-30 generasi berikutnya. Lalu Su-30 sudah dalam kita mau mencukupi, Su-35 muncul.
    ....
    Su27 dan Su30 itu bukan beda teknologi. Keduanya sama, hanya beda di kursi tunggal dan kursi ganda.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  16. Akhirnya indon dapat mainan yg kecil kecil jer dengan budget macam tu, kesian

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 yang penting bisa belanja dan TOT yang terpenting 🀣🀣🀣🀣 kadrun otak dangkal mana paham🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Titit lu kali nyet yg kecil...

      Wkkwwkwkkwkwkkkwkwkkwkwkwkwwkkwkwwkkwkwkkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwwkkwkwkkwkwkwkkwkwwkkwk

      Hapus
    3. Uang segitu udah bisa meratakan malon

      Hapus
  17. Jakarta bersiap nak buat aturan parkir per jam 60.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🀣🀣🀣🀣🀣 gurbernur jakarta juga siap cat jalan tol 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Kenapa?
      Lu tak kuat bayar?

      Kere...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Gubernur jakarta juga siap cat rumah terus dipuja dan dishare ke petambhran 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Makanya kerja drun..
      Jangan ngeluh-nyocot...ngeluh-nyocot...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Alhamdulillah uang segitu cetek nyet...makanya lu musti banyak duit nyet,supya g ngeluh terus..


      Wkwkwkwkwkwkwkwkkkkkwkkkkkkwwkkwkkwkwkwkkwkkwwkwkwkkwkkwkkkwkkwk

      Hapus
    6. Nah jakarta tu kat mana? Malaysia ke? Yg penting gondolin rakyat kecik... Wkwkwkw

      Hapus
    7. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 malaysia mana ada kata halu drun ente ni gimana 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    8. Ko kira Malaysia tu dalam gua ke tak dapat baca slang indon... Wkwkwkwk

      Hapus
    9. Oowh malon ngekor terus indo yaa..


      Wkwkkwkwkwkwkkwkkwkkwkwkkkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkkwkkwkkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    10. 🀣🀣🀣🀣🀣 kata ko??? Kata ko cuma ada di jakarta🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  18. Hot ni... Kemenkeu coret 56 program kegiatan kemenhan... Kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus ngaruh g sma hidup lu nyet??



      Wkkw2kkwwkkkwkwkkkwwkkkkwkwkkkkwkwkkwkkkwkkwkwkwkkkwkkwkkwkwkwkk

      Hapus
  19. Ni cakap prediksi ekonom indon... Rancangan ekonomi kuartal ini bisa surplus seperti akan balik lagi ke kondisi minus... Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomongin ekonomi..ekonomi lu aja morat marit nyet...


      Wkwkwkwkwwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkkkwkwkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣sejak kapan kuartal ekonomi bisa surplus 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  20. CNBC Indonesia... 3 gubernur jawa akui tak berani lock down kerena sudah tak de anggaran lagi... Tak de wang guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gubernur anies baswedan ??????

      Hapus
    2. Ngopi nyet spya otak lu g makin sengklek..

      Wkwkwkkwkwkkwkkwkkwkkwkwkkkwkwkwkkwkwkkwkkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwk

      Hapus
    3. otaklu gak jelas... bahasnya ngalor ngidul... mirip org lagi beler...

      Hapus
  21. nah gitu dong belanja... jangan seperti malingsial, miskin tad ada anggaran

    BalasHapus
  22. semoga bukan F18 bekas yg busuk atau JF yg dibeli... cukup negara sebelah aja yg beli

    BalasHapus


  23. https://kumparan.com/kumparanbisnis/prabowo-ajukan-utang-luar-negeri-rp-296-triliun-untuk-beli-jet-tempur-dan-kapal-1u9G5HvrWcN

    BalasHapus
  24. Sikit nye bapenas bagi budget, habislah indon meraung tak dapat halu tulis sana sini... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini sudah jelas kalo ini kadrun otak dangkal
      Mana ada kata sana,sini di malon 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Budget segitu besarlah nyet,d bandingin budget malon..

      Wkwkkwwkkwkwkwkwkkwkkwkkwkwkwkwkkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkkwwkkkkwkkwkkwwkwwkkkwk

      Hapus
    3. kalau dibeliin nasi bungkus karet 1 bisa ngempanin berapa ekor kadrun ya

      Hapus
    4. Besar apanye.. Berapa harga alutsista kat pasaran tercanggih saat ni? Kapal selam pon yg canggih around 50 triliun.. Yg murahan 7-12 triliun.. Kapal destroyer berapa? Sikit lar tu

      Hapus
    5. mana ada kapal seharga 50 Triliun itumah kapal induk 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Hayal ko, tak up date mainan orang kaya... Sejak bila kapal induk harga cuma 50 triliun.. Kapal induk kuno ke.. Kah kah

      Hapus
    7. 50 Triliun mah 6 Milyar USD 🀣🀣🀣🀣🀣,itu cukup buat beli 1 kapal induk 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    8. USS Gerald Ford.. Harga 180 triliun, itupun dulu... Now sudah 250 triliun

      Hapus
    9. Orang gila kaga bisa ngitung, taunya nyocot je ketemu di priuk gw belah pala lu suwandaru

      Hapus
    10. 🀣🀣🀣🀣🀣180 Triliun dari mana woy

      Hapus
  25. MANTAB BUDGET 20B US...yang budget kecik makin koyak..

    Wkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkkwkwwwwkwkkwwkwkkwkwkkwkkwkkwkkwkkwkwkwkkwkwkkkwkkwkwkwkkkwkwkwkkwwkkwkwkkwkwkkkwwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  26. Kesian indon terus menerus kuno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muka lu kali nyet yang kuno...

      Wkwkwkkwwkkwkwkwwkkkwwkkkwkkwkwkwkkkwkkwkkkwwkkwkkwwkwkwkkwkwk

      Hapus
    2. lah ente otak kuno banget plus otak dangkal 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 dibayar sama nasi kotak aja mau 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Nyet operasi plastik segera mukamu yg kuno tu...biar kaya SINWON...

      Wkwkwkkwkwkkwwkkwkkwkwkkwkwkkwkkkwkkkwkwkwkwkwkwkwkkkwkkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Jangan macam tu, biarlah tetap kuno.. Asal dapat nikmati kenaikan pajak sana sini tahniah

      Hapus
    5. Eh ko d nasehatin gitu nyet,gw kasihan aja liat muka lu yang kuno,kesian banyak yg ejek..

      Wkwwwkwkkwwkkkkwkkwwkkwkwwkwkwkkkkkwkkkwkkwkwkkwkkkwkwkkwkwkwkwk

      Hapus
    6. oh tentu pajak membantu perusahaan sehingga menyediakan lapangan kerja bagi saudara sebangsa saya,sehingga saudara saya punya pekerjaan aamiin

      Hapus
    7. Kah kah Depresi kena cut cuma dapat 300 triliun

      Hapus
    8. depresi 300 Trilun sudah alhamdulillah,Tuhan sudah membantu indonesia menjadi lebih baik🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    9. Lebih baik kena songlap partai

      Hapus
    10. Kadrun suka songlap,istighfar Drun

      Hapus
  27. Mampus. Tender LCA Malaysia udah keluar. LCA TA 50 golden eagle atau light Gripen E / D siap meraja di langit nusantara! pesawat usang f 16 sila mundur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAnguuuuun nyeeeeeeeeeeett....

      Wkwkwwkkwkwwkwwkwkwkkwkkwkwkkkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkkwkkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. Adduuuuhhh...LCA

      Aduuhh

      Se asia akan takuuuut..

      😌

      Hapus
    3. Malon koar-koar lagi neehh..

      Padahal masih open tender..

      Yup! OPEN TENDER

      LoL

      Hapus
    4. F-16?

      Punya SG juga doong?

      Wuiihh..hebat ya tender LCA

      LoL

      Hapus
    5. Masih halu punya FA 50
      Indo, pinoy & Thai pun tertawa... Wkkkkkkkwkkk

      Hapus
  28. Detik. Com.. Presiden jokowi perintahkan kemenhan tanam singkong 30.000 hektar... Kihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana beritanya 🀣🀣🀣🀣🀣 kutip la kalo berani 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Baguslah nyet..kreatif,d bandingin malon cari alternatif beras rajanya malah suruh rakyatnya makan dedak..


      Wkkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkkkkwkwkwkwkwwkkwkkwkwkwkkkwkkkkwkkwkkwkwkk

      Hapus
  29. INDO SUDAH KONTRAK AWAL RAFALE INI BARU TENDER...LUCUNYA BARU TENDER SAJA SUDAH SEMBANG..GUOBLOK

    WKWKWKWKKWKWKKWKWKWKWKWWKKWKWKWKWKWWKWKWWKWKWKWKWKKWKWKWKWWKKWKKWKWKKWKWKKWWK

    BalasHapus
  30. Hallo indon... 1700 triliun... Ups hayal... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah cair 20B nyet..dana lain menyusul


      Wkwkkwkwkwkkkwkwkkwkwkwkkkwkwkkkwkkwkwkwkkwwkwkkwkkwkwwkkkwkkwkw

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣 tenang masih ada sisa belum cair

      Hapus
    3. Dana ape cair.. Dana hutang bank dunia.., wkwkwkw

      Hapus
    4. Hutang bisa dibayar kapanpun terutama dibayar saat saham rupiah naik drun 🀣🀣🀣🀣 kalo gak paham tanya ahli ekonomi sana

      Hapus
    5. Hutang beras d warung bayar nyet,yang punya warung marah tu..


      Wkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkkkkwwkkkkwkwkkwkwwkwkkkwk

      Hapus
  31. Ni asli indon budget pertahanan tanam 30.000 hektar singkong. Kah kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni orang otaknya dimana sih jangan2 sudah dibawa ke petamburan untuk ditumbalkan🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Banyak bersyukur nyet...pantas hidup lu susah,lu ngeluh terus nyet


      Wkwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkkwkwkkwkwkwkkkwwkkkwkwkkwkkwkwkkwkkwkwkwk

      Hapus
  32. Kompas.. Ekonom indon kritik menteri sri mulyani yg bayar bunga hutang dengan hutang tempat lain... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang musti gw kritik tu lu nyet..utang d warung udah numpuk tu..


      Wkwkwwqkwkwkwkkkkkkwwkwkwwkwkkkkwwkkwkwwkkwkwkwkkwkwkkkwkkwkkwk

      Hapus
    2. Abu Lahab :Muehehheheh🀣🀣🀣🀣🀣 akhirnya punya cucu
      Abu Jahal : Terwariskan juga sifat pembawa kayu bakar kita muehehehhe🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Jangan sampe ko gadai istri lu buat bayar utang..hati2 tar d gilir orang...


      Wkwwkkwwkwkkwkwkkwkkkwkwkkwkwwkkwkwkwkwkwkkkwkkwwkwkkwkwkkwkwkkkwkwkkwwkkwkwkwkwkkwkwkkkwkwkwk

      Hapus
  33. Sekitar 200-300T dari 1700T sudah disetujui.
    *bertahap

    BalasHapus
  34. Orang gila di DS suwandaru nyocot je kerja lu, paham militer juga engga
    Ketemu di priuk gw berakin muka lu suwandaru

    BalasHapus
  35. wkwkwkwkwkwkkw..... Kasihan dari berita ini pun tak lari dari menyebut HUTANG....HUTANG....HUTANG......

    HEBAT ya guys.....wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebata dong berbanding.puluhan tahun menyebut TENDER....TENDER...TENDER

      Miskin ternyata guys

      Hapus
    2. Lah kerajaan hutang 35 Billion dalam 3 bulan tu apa???🀣🀣🀣🀣🀣 lebih besar dari 20 Billion

      Hapus
    3. Kapal kecik pun dari wuhan, kasihan 5x πŸ₯΄πŸ₯΄

      Hapus
  36. Kenaikan anggaran pertahanan/militer bukan tuk gagah2an, atau tuk kepentingan politik.

    Anggaran Pertahanan/Militer RI yg hanya 1% itu:
    - secara proporsinal saja sudah kecil/kurang.
    - Apalagi dikurangi lagi jadi hanya 0,8% krn alasan ekonomi.
    - kata2, "kita lebih mengedepan pembangunan ekonomi" (tapi akibatnya mengorbankan pertahanan) adalah sangat tidak tepat!
    - oleh krn itu, jika kita tidak bisa membuatnya jadi 2%, sejatinya yg 1% wajib dipenuhi (apapun alasannya).

    ☝️☝️☝️

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah masih mampu shopping tak cuma kaji mengkaji sampai tahun berganti,,nawaitu dan modal sdh lengkap tinggal eksekusi dan jadi beli,,TNI JAYA 3X 😎

    BalasHapus
  38. Kesian jiran budget kecik semakin koyak...

    Wkwkwkwkwkwkkwwwkwkwkkwkwkwkkkwwkwwkwkkwkkwkwkkwkwkkwkkwkwkwkkkwwkwkkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  39. Lawak geng sebelah.. NGUTANG je BANGGA....wkwkwkwkwkwkwkwkw

    ANEH.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAkin koyak..asyiiiiiik

      Wkwwkkwkwwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwwkwkkwwkwkkwkwkkwkwkkkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. Lah kerajaan hutang 35 Billion dalam 3 bulan tu apa???🀣🀣🀣🀣 lebih besar dari 20 Billion

      Hapus
  40. Yang tak shoping harap minggir sikit,harap tonton saja jirannya yg shopping2,tak lupa siapkan ubi rebus dan secangkir kopi,supaya jangan terlalu sedih..

    Wkwkkwkkwkwkwwkwkwkwwkwkwkkwkkkwkkwkkkwkkwkkkwkkwkwkwkkkwkkwkkwkwkkwkwwkwkkwk

    BalasHapus
  41. Seru ni..alatan perang hebat bisa bully malon...


    Wkwkkwkwkkkwkwwkkkkwkkwwkkkkkwkwkwkkwwkwwkkwkkwkwkkkwkkwkkwkwkwkkkkkwwkkwkwkwk

    BalasHapus
  42. Wkwkwkwkwkwk...... HUTANG...HUTANG...HUTANG....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah diceroboh 16 pesawat Chino kat BTA & pesawat isroil kat putrajaya pon masih kaji, kaji , dan kaji..

      Semakin terdesak.. semakin mengulur-ngulur..



      until it’s too late.. πŸ‘ŒπŸ˜‚

      Hapus
    2. HUTANG...HUTANG..HUTANG

      Wkwkwkwkwkkkkkwkkkwkwkkkkwkkkwkkkkwkwwkkwkkkwkwkkkwkwkkkkwwkkwwk

      Hapus
    3. Lah kerajaan hutang 35 Billion dalam 3 bulan tu apa???🀣🀣🀣🀣🀣lebih besar dari 20 Billion

      Hapus
  43. Malon berhutang buat bayar utang,indo berhutang buat beli alatan perang..MANTAB SEBELAH MAKIN IRI..asyiiiiiiiik


    Wkwkwkwkwkkkkkwkkwwkwkwkkkkkwkkkkkkkwkwkkwkkwkkwkwkkwkkwkkkwkkwkkkwkkkwkkkwkkwkwwkwkkkwkwkwkkwkkkwkkwkkwkwkkwkkwkkwk

    BalasHapus
  44. HUTANG..HUTANG..HUTANG

    Wkkwkwkkwkwkwkkkwkwkwkkwkwwwkkkwkwkkwkwwkkkwwkkwkwkwkkwwkwkkwkwkwmelaksanakan

    https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4135626/cek-fakta-pm-malaysia-mahathir-mohamad-tolak-bayar-utang-4500-triliun-ke-china

    BalasHapus
  45. Memang kenapa kalau hutang? Kan tetap itu akan dibayar. Jangan lupa banyak negara di dunia juga menggunakan hutang untuk belanja militer. Lagipula ini sudah dipertimbangkan dengan matang.

    Suharso mengatakan angka itu dihitung dari umur teknologi militer yang akan dibeli selama 15 tahun. Selain itu, pemerintah juga memperhitungkan pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto (PDB) selama jangka waktu tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ye ke....??? SEWA NUNGGAK terpaksa bayar kerana didenda, Program KFX NUNGGAK hingga kini belum dibayar penuh....


      SEMBANG BIKIN SERAM

      Hapus
    2. Memang diakui kita ada masalah tentang itu, tapi hanya karena itu memangnya tidak boleh hutang?

      Hapus
  46. Malah HUTANGnya MELAMPAUI BATAS IMF ya guys...tapi geng INDON klaim hutang mereka sikit je....wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemerintah mengakui bahwa rasio utang Indonesia sudah melebihi batas ketentuan International Debt Relief (IDR) atau seperti yang direkomendasikan International Monetary Fund (IMF). Namun, hal ini terjadi bukan hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain.
      "Pengelolaan utang kita dari tahun ke tahun tetap terjaga. Meskipun memang ada rasio-rasio yang kita ikutkan dari IDR, IMF, World Bank. Tapi, kalau kita lihat negara lain, saya kira hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi baik standar IMF ataupun standarnya IDR," jelas Suharso.

      Hapus
    2. Hutang malaysia 64% dari GDP gaezzz..hiiiy ngeriiih...

      Wkwkwwkkkwwkwkkwwkkwkwwkkwwkwkkwwkwkkkkkwkkkkwkkkwkkwkwkkkkwkkwk

      Hapus
    3. Tapi, kalau kita lihat negara lain, saya kira hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi baik standar IMF ataupun standarnya IDR," jelas Suharso.

      Hapus
  47. HUTANG..HUTANG..HUTANG


    WKWKWKWKWKWKWKKWKWWKWKKWKWKWKWKWKKKWKWKWWKWKKWKWKWKWKKWKKWKWKWKKWKKWWWKWKWKWK

    https://amp.kompas.com/internasional/read/2018/06/13/15243691/pemerintah-malaysia-ajukan-pinjaman-lunak-kepada-jepang

    BalasHapus
  48. kalau terjaga masa boleh melebihi BATAS standard IMF...apa kamu ni.....???? wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  49. lagi satu kalau terkawal masa keluar cadangan mau kenakan PAJAK sebanyak 12% menampung pendapatan negara....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. UTANG INDO 41% DARI GDP

      UTANG MALON 64% DARI GDP


      Wkwkwkkwkwkwkkkwkwkkwkkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkkwkkwkwkkwwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkkkwk

      Hapus
  50. UTANG INDO 41% DARI GDP

    UTANG MALON 64% DARI GDP


    JANGAN BILANG UTANG 64% DARI GDP LEBIH BAGUS YA FUUUUUUURR..GUOBLOK

    WKKKWKWWKKWKKWKWKWKKKWKKWKKWKKWKKWKWKKWKWKWKWKKWKKWKWKKWKWKWKKWKKWKWKKWWKKWKWKWKWWKKWKWKKWKKWKKWKWKWKKWKKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  51. MANTAP siap-siap Shoping besar-besaran ni Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  52. Tapi, kalau kita lihat negara lain, saya kira hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi baik standar IMF ataupun standarnya IDR," jelas Suharso.

    BalasHapus
  53. BPK Khawatir RI 'Gak Kuat' Bayar Utang Rp6.000 T


    Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI khawatir pemerintah Indonesia tidak bisa membayar utang. Pasalnya, rasio utang Indonesia terhadap penerimaan sudah tembus 369 persen atau jauh di atas rekomendasi International Debt Relief (IDR) sebesar 92-176 persen dan rekomendasi Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 90-150 persen.
    "Tren penambahan utang pemerintah dan biaya bunga melampaui pertumbuhan PDB dan penerimaan negara yang memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar," tulis BPK dalam ringkasan eksekutif LHP LKPP 2020 dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (23/6).

    Sebagai catatan, per April 2021, Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah mencapai Rp6.527,29 triliun atau 41,18 persen terhadap PDB.

    BPK juga memberikan catatan terhadap indikator kesinambungan fiskal 2020 sebesar 4,27 persen yang telah melampaui batas yang direkomendasikan The International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI) 5441- debt indicator yakni di bawah 0 persen.

    "Pandemi Covid-19 meningkatkan defisit, utang dan SILPA yang berdampak pada peningkatan risiko pengelolaan fiskal," jelas BPK.

    Selain itu, hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) 2020 menunjukkan rasio debt service terhadap penerimaan telah mencapai 46,77 persen.

    "Melampaui rekomendasi IMF sebesar 25-35 persen," papar BPK. Selain itu, rasio pembayaran bunga terhadap penerimaan telah mencapai 19,06 persen, melampaui rekomendasi IDR sebesar 7-10 persen.




    link
    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210623140703-532-658304/bpk-khawatir-ri-gak-kuat-bayar-utang-rp6000-t?utm_source=facebook&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed&fbclid=IwAR2WutXD7L8sRDFsH91x-PYBCjv4ATxKvzmSszryU9la1E3-10iiAj0X2Cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari utang buat bayar utang..

      Wkwwkwkkwwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkkwwkwkwkkwkwwkkkwkkqkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkkwkwkwkkwkwkwkwk
      https://amp.kompas.com/internasional/read/2018/06/13/15243691/pemerintah-malaysia-ajukan-pinjaman-lunak-kepada-jepang

      Hapus
  54. EKonomi indo rank 16 dunia..malon rank berapa fuuuuuurr??

    MANTAB INDO MASUK NEGARA G20..MALON SILA MINGGIR SIKIT..

    Wkwkwkkwkkwwwkkwkwkwkkwkkwkkwkwkwkwkkwkkkkkkwkwkkkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkkwkkwkwk

    BalasHapus
  55. kalau terkawal hutangnya masa terpaksa buat hutang untuk bayar hutang...??? masa semudah itu di PRANK...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dibawah standar eropa lho🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  56. 93,2% Aset Malon adalah Hutang 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

    BalasHapus
  57. malah mau beli aset pun sembang HUTANG...HUTANG...HUTANG.....

    BalasHapus
  58. BPK: Utang RI Melampaui Batas IMF


    Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mewanti-wanti pemerintah terkait peningkatan utang selama masa pandemi covid-19. Pasalnya, kerentanan utang Indonesia pada 2020 telah melampaui batas yang direkomendasikan Dana Moneter Internasional (IMF) dan/atau International Debt Relief (IDR).
    Hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) 2020 menunjukkan rasio debt service terhadap penerimaan telah mencapai 46,77persen.

    "Melampaui rekomendasi IMF sebesar 25-35 persen," tulis BPK dalam ringkasan eksekutif LHP LKPP 2020 dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (23/6).

    Selain itu, rasio pembayaran bunga terhadap penerimaan telah mencapai 19,06 persen, melampaui rekomendasi IDR sebesar 7-10 persen.

    Sementara rasio utang Indonesia terhadap penerimaan sudah tembus 369 persen atau jauh di atas rekomendasi IDR sebesar 92-176 persen dan rekomendasi IMF sebesar 90-150 persen.

    "Tren penambahan utang pemerintah dan biaya bunga melampaui pertumbuhan PDB dan penerimaan negara yang memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar," tulis BPK.

    BPK juga memberikan catatan terhadap indikator kesinambungan fiskal 2020 sebesar 4,27 persen yang telah melampaui batas yang direkomendasikan The International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI) 5441- debt indicator yakni di bawah 0 persen.

    "Pandemi covid-19 meningkatkan defisit, utang dan SILPA yang berdampak pada peningkatan risiko pengelolaan fiskal," jelas BPK.



    link
    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210623135609-532-658296/bpk-utang-ri-melampaui-batas-imf?utm_source=facebook&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed&fbclid=IwAR2xaA2RP99QGNYErV8RH0Amd24oFr9Dus-J3no1OzyRqPOkUJzkSnKUGCI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jual aset gaess..

      Wkwkwkkwwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkkwkwkkwkkkwwkwkkwkkkwkkwk

      https://bisnis.tempo.co/amp/1249262/malaysia-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

      Hapus
  59. Bayar utang dengan jual aset gaes..kesian


    Wkwkwkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkkwwkwkkwkkkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkkkkmenjelekkan

    https://bisnis.tempo.co/amp/1249262/malaysia-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

    BalasHapus
  60. Memang hutang kita meningkat, tapi cukup wajar jika melihat kondisi saat ini Pandemi Covid-19 yang memukul keras termasuk bidang ekonomi. Dan jangan lupa bukan cuma Indonesia yang mengalami hal ini, namun berbagai negara di dunia juga mengalaminya.

    Tapi, kalau kita lihat negara lain, saya kira hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi baik standar IMF ataupun standarnya IDR," jelas Suharso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi baik standar IMF ataupun standarnya IDR," jelas Suharso.

      Hapus
  61. Utang malon 64% dari GDP. Harap harakiri berjamaah


    Wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwwkwwkkwkwkkwkwkkkwwkkkwkwkwwkwkkwkwkkwwkwkwkwwkkwkkwk

    BalasHapus
  62. malah dengarnya masih mau menambah hutang lagi....wkwkwkwkwkkwwkwk

    aneh... kata ada 11,000 trilion...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang malaysia sudah 93,2% lampaui batas eropa🀣🀣🀣🀣

      One of the Euro convergence criteria was that government debt-to-GDP should be below 60%.

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

      Hapus
  63. Hutang malaysia sudah 93,2% lampaui batas eropa 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    One of the Euro convergence criteria was that government debt-to-GDP should be below 60%.

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

    BalasHapus
  64. Balasan
    1. WKwkwkkwkwwkkwkwkwkkwk..HEBAT Y FUUUR

      Hapus
    2. Ini lagi hebat

      Hutang malaysia sudah 93,2% lampaui batas eropa 🀣🀣🀣🀣

      One of the Euro convergence criteria was that government debt-to-GDP should be below 60%.

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari

      Hapus
  65. Takut tak bisa bayar gaez..

    Wkwkkwkkwkwkkwkkwkkwkkkwkkwkkwkwkwkwkwkkkkwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkmelaksanakan


    https://turnbackhoax.id/2019/04/04/salah-mahatir-mohammad-minta-china-membongkar-semua-jalan-tol/

    BalasHapus
  66. @Gempurwira,
    Mungkin kamu lebih paham, coba jelaskan tentang hutang Indonesia mulai dari latar belakang Indonesia berhutang, penyebab Indonesia berhutang, dan dampak / pengaruh hutang Indonesia.
    Mungkin kamu lebih paham.

    BalasHapus
  67. HUTANG...... wkwkwkwkwkwkwk


    Suharso menjelaskan yang menjadi faktor paling besar dalam pinjaman luar negeri itu untuk belanja militer. Selama ini dalam belanja untuk sektor tersebut Indonesia dinilai masih di bawah 1% dari PDB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang malaysia sudah 93,2% lampaui batas eropa 😭😭😭😭😭😭

      One of the Euro convergence criteria was that government debt-to-GDP should be below 60%.

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari

      Hapus
  68. wkwkwkwkwkw....HEBAT...


    https://www.cnbcindonesia.com/market/20201005143155-17-191974/alamak-utang-malaysia-mau-meledak-ini-penyebabnya

    BalasHapus
  69. Baca guys..... Parahhhh



    LAPORAN Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hanya melegitimasi kekhawatiran publik atas kebijakan pemerintah yang terus-menerus memperbesar utang.

    Masyarakat sudah gelisah atas penanganan yang acak-acakan dalam mengelola negara. Negara dibawa ke arah kebangkrutan sehingga yang terdengar utang dan utang saja.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani sibuk mencari pinjaman. Ironinya adalah pinjam untuk sekedar membayar bunga. Ratusan trilun lagi.

    Menurut BPK rasio pembayaran bunga terhadap penerimaan sebesar 19,06 persen melampau rekomendasi IDR sebesar 4,6 persen-6,8 persen dan rekomendasi IMF 7 persen-19 persen, serta rasio utang terhadap penerimaan sebesar 369 persen melampau rekomendasi IDR 92 persen-167 persen dan rekomendasi IMF 90 persen-150 persen.

    Hingga akhir Desember 2020 utang pemerintah mencapai Rp. 6,074,56 triliun. Naik tajam dari akhir Desember 2019 Rp. 4.778 triliun. Dalam setahun utang bertambah Rp. 1.296,56 triliun.

    Ketua BPK Agung Firman menyatakan "memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar utang dan bunga utang".

    Sibuk mencari pinjaman untuk bunga itu sangat ironi. Jika dapat pinjaman tentu menambah beban, jika tidak dapat, maka segera masuk IGD.

    Masalah utang pemerintah ini menjadi persoalan serius. Menyangkut kelangsungan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang konon digadang-gadang untuk memperpanjang jabatan hingga tiga periode. Jangankan tiga periode, dua periode saja rakyat dan bangsa Indonesia sudah sesak nafas. Tak ada kemajuan, tak ada prestasi, yang ada hanya frustrasi.

    Persoalan utang pemerintah hanyalah satu masalah dari pengelolaan negara yang belepotan. Sudah mengorbankan kedaulatan ekonomi dengan memeluk negara komunis RRC, masih juga investasi macet. Alih-alih maju, justru banjir TKA Cina. Publik mereaksi atas mengalirnya TKA yang tak jelas jumlah dan kualifikasinya itu.

    Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan sang protektor harus loncat sana loncat sini demi investasi. Lucunya, sampai harus menghadap Dubes Saudi segala sambil mengurus kuota haji katanya.

    Ketika pemerintah tak mampu membayar utang maka negara menjadi negara gagal bayar (default) yang berimpilikasi luas pada banyak sektor. Hilang kepercayaan dari investor sudahlah pasti dan ini membuat anjlok atau kacaunya pasar saham.

    BalasHapus
  70. @Gempurwira,
    Karena jika dilihat dari komenmu yang selalu membahas tentang hutang Indonesia, bisa kamu jelaskan tentang hutang Indonesia? Mungkin kamu lebih mengerti tentang hal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan hanya tahu komen tentang hutang, tapi tidak mengerti tentang hutang itu sendiri.

      Hapus
    2. lah mau bahas apa itu berita dan maklumat dari INDON sendiri ya...wkwkwkwkwkwkwkw

      tak dapat terima ya kenyataan tu

      Hapus
  71. HUTANG...HUTANG....HUTANG...... MEROKET

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkkwkkwkwkwwwkkwkkwkwkwkwk


      https://turnbackhoax.id/2019/04/04/salah-mahatir-mohammad-minta-china-membongkar-semua-jalan-tol/

      Hapus
  72. Hutang malaysia sudah 93,2% lampaui batas eropa 😭😭😭😭😭😭😭

    Sedih guys malon harus jual aset 😭😭😭😭😭😭😭

    One of the Euro convergence criteria was that government debt-to-GDP should be below 60%.

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari

    BalasHapus
  73. wkwkwkwkwkw....HEBAT...

    -mahatir-mohammad-minta-china-membongkar-semua-jalan-tol/

    BalasHapus