09 Juni 2021

Transfer of Japanese Radar Systems to Philippines Progressing Smoothly

09 Juni 2021

A scale model of the FPS-3ME radar displayed by Mitsubishi Electric at LIMA 2019 defense exhibition in Langkawi, Malaysia (photo : APDJ)

National Defense Secretary Delfin N. Lorenzana and Japanese Defense Minister Nobuo Kishi met via video teleconference on June 2 to discuss bilateral defense relations between the two countries and regional security concerns, the Department of National Defense (DND) said.

“Minister Kishi noted that the transfer of radar systems to the Philippines is progressing smoothly,” the DND said.

It also noted that Secretary Lorenzana expressed appreciation for Japan’s continuous support to the capability-upgrade program of the Armed Forces of the Philippines (AFP) and highlighted that the TC-90 from Japan is being highly utilized for the AFP’s reconnaissance missions.

“Both officials noted the increasing activities between the two (2) countries’ militaries across all major services and agreed that the Philippines and Japan should further deepen cooperation in all areas. Along this line, the two Ministers reaffirmed commitment to support the upcoming activities between Philippine and Japanese defense establishments,” DND said.

They also discussed various regional security issues, including the situation in Southeast Asia, Korean Peninsula, and the South China Sea/West Philippine Sea (SCS)/WPS) and East China Sea (ECS).

“Expressing grave concern over unilateral actions in the SCS/WPS and ECS, both Ministers underscored the need for all parties to uphold the principles of freedom of navigation and to exercise self-restraint in accordance with universally recognized principles of international law, specifically the United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS),” DND said.

214 komentar:

  1. MALON dah bisa buat radar...?? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Indonesia dah bisa buat radar Pasif Wkwkwkwkw



    http://defense-studies.blogspot.com/2021/03/melihat-tanpa-terlihat-radar-pasif.html?m=1

    BalasHapus
  4. Filipina terdesak China bahkan kabar terbaru ada pinjaman lunak dari korea untuk Changbogo Classs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terdesak tapi MELAWAN ! daripada yang di sebelahnya, di injak injak kepalanyapun hanya diam, tidak melawan sedikitpun, tak punya harga diri, pelacur yang selalu melacurkan diri hanya karena rasa TAKUT ! ... Menyedihkan !!!!

      Hapus
    2. Namanya juga negara sewa 999 tahun 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Namanya jg negara LEMAH banyak bacot πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  5. . Assalamualaikum...Embun Pagi
    Dimanapun kau berada,

    *" Jika hati mu kosong dan Galau.....Cepatlah ambil air wudhu dan sholat....Dekatkanlah diri mu dengan Allah bukan dekat dengan manusia. Sebab manusia hanya memberi harapan.....Sedangkan Allah akan mengabulkan Harapan itu....(sketsa dakwah)../...... ."*

    Selamat pagi kawan...
    Terus bersyukur dan tetap semangat tanpo sambat..πŸ’ͺ🏼πŸ’ͺ🏼

    BalasHapus
  6. Hot NEWS

    Siap-siap Admin Defense Studies dan Warga DS Pensiun dari Forum dan Blog2 Militer, apabila Draf RKUHP disetujui dan dijadikan Undang-Undang.

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Draf RKUHP: Simpan Foto-Video Pertahanan Negara Terancam Bui

    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210604162844-12-650485/draf-rkuhp-simpan-foto-video-pertahanan-negara-terancam-bui/amp?utm_source=twitter&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed&__twitter_impression=true

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih Rancangan.
      Sementara G4S keun dulu... Heheee

      Berarti media2 nanti gak boleh tayangin.. Haahaaay
      Kembali ke ORBA semua kena sensor.. Wkkwkkwkk.

      Zmn sudah terbuka kalau mau matiin platformnya youtube Dll sebagainya.
      Paling tinggal di demo rakyatnya.

      Akibat dari draft 1760 T bocor2 ya.
      Wkkwkkwkk

      Hapus
    2. Kalo yang begitu disensor dan dihukum maka peluang korupsi alpalhankam akan terbuka lebar sebab tidak ada transparansi lagi, tidak ada kontrol lagi dari para pembayar pajak.

      Kepada rakyat akan tertutup tetapi kepada asing akan terbuka lebar.

      Mengapa kepada asing terbuka lebar?

      Tidak susah bagi pihak asing untuk melihat dari satelit pesawat apa saja, kapal apa saja, berapa jumlah tank, berapa markas, asrama, gudang dan dideploy ke mana saja alutsista itu.

      Para perancang uu tersebut rupanya masih kuno, terkungkung dalam tempurung dan antik cara berpikirnya ala perang dunia kedua.

      Negara2 lain seperti Australia transparan banget mau pengadaan alutsista apa saja, jumlahnya berapa, dan nilai pengadaan serta biaya pemeliharaannya berapa.

      Yang seperti Australia itu sebenarnya adalah nilai gentar tersendiri bagi pihak lawan Australia sebab alutsista yang dibeli oleh Australia bukanlah yang ecek2 dan jumlahnya pun tidak main2.

      Apa yang Australia lakukan juga memberi ketentraman bagi rakyatnya sebab rakyatnya tahu pajak yang mereka bayar digunakan dengan benar untuk melindungi mereka.

      Hapus
    3. Rancangan hukum seperti itu hanya akan menggebuk rakyat sendiri yang justru melemahkan sistem pertahanan rakyat semesta. Sementara itu pihak asing akan tertawa lebar saat hukum kita menggebuk rakyat sendiri sementara kontrol penggunaan anggaran pertahanan dilemahkan.

      Artinya yang tadinya dirancang untuk memperkuat pertahanan akan jadi bumerang yang menghancurkan pondasi pertahanan itu sendiri yaitu rakyat.

      Hapus
  7. Tangkap segera pembocor rahasia negara....!!!

    BalasHapus
  8. Merdeka.com - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila tidak bertentangan dengan Alquran. Karena itu, siapa pun seharusnya tidak boleh mempertentangkan Pancasila dengan Alquran.

    "Kita tidak boleh mempertentangkan Pancasila dan agama, atau perintah memilih Pancasila atau Alquran," katanya dalam acara Bedah Buku Darul Mitsaq: Indonesia Negara Kesepakatan, Senin (7/6).

    Betul setuju dengan pak wakil presiden, kitab suci agama di inIndones sejalan dengan Pancasila, tidak bertentangan, baik itu Al Qur'an, Injil, Wedha, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju
      Tapi Iskandar beserta gank monaslimin lainnya itu anti Pancasila yg jg artinya mereka anti Al-Qur'an

      Hapus
  9. US Army,USMC dan USAF kok latihan ke indonesia berbarengan πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”,apa mungkin ini strategi US untuk melawan ChinaπŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan aja waktunya berdekatan πŸ˜‚

      Hapus
    2. Sepertinya Kebetulan yang disengaja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  10. 1,760 T...200% dukung, bodo amat mau lagi susah apa ngak yang penting dukung, kapan lagi kaya gini, yg penting satu kawal terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya 1.700 T itu diambil dari hutang biar tidak mengganggu pembangunan nasional sperti jalan tol,pelabuhan,bandar udara,kereta dan ibukota. Jadinya Kemajuan ekonomi dan militer bareng.

      Hapus
    2. Setuju... Asal dikawal dari para koruptor...

      Hapus
    3. wkwkwkwkwkw.... bila si TOLOL kata OK la tu NGUTANg tak ganggu pembangunan Nasional... Tolol....wkwkwkwkw

      Bro siapa kata tak ganggu...??? bila NGUTANG kena di bayar memang disebekah banyak wang mau bayar HUTANG dan BUNGAN HUTANG... secara sendirinya wang INDON kena dikeluarkan buat bayar HUTANG...

      BUAT HUTANG BAYAR HUTANG...wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Gempur gimana sok paham🀣🀣🀣🀣🀣🀣, 1700 T itu bisa dibayar sampai tahun 2045,Tahun 2045 Sudah banyak project yang jadi 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 bahkan ibukota pun sudah pindah ke kalimantan. GDP 2045 Indonesia itu terbesar keempat dunia 🀣🀣🀣🀣🀣 jelas uang segitu mudah dibayar waktu itu 🀣🀣🀣🀣.

      Hapus
  11. @Gempurwaria

    Negara malon tidak punya maruah...BTA akan di buat pangkalan militer oleh ElderBro πŸ˜‚πŸ€£

    Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM) telah mengesahkan pencerobohan sebuah kapal pengawal pantai China di Beting Patinggi Ali, yang terletak kira-kira 84 batu nautika daripada Miri.

    Kejadian pencerobohan itu berlaku seminggu selepas 16 buah pesawat tentera China dilaporkan menceroboh ruang udara di Beting Patinggi Ali, yang juga dipanggil Luconia Shoals, yang diketahui sebagai amat kaya dengan sumber minyak dan gas asli.

    https://defencesecurityasia.com/apmm-sahkan-pencerobohan-kapal-china-di-beting-patinggi-ali-pada-4-jun-lepas/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapal CHINA pusing pusing di NATUNA rileks je...wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Natuna masih di ZEE berbanding CCG dah sampai beting patinggi ali wkwkwk

      Hapus
  12. Bro NGUTANG tak salah yang salah bila keadaan ekonomi hancur akibat Covid rakyat merana bantuan tak merata...masih mau NGUTANG sebesar gunung hanya dalam masa yang singkat 2021 hingga 2024....??? Utamakan Kebajikan rakyat dulu bantuan merata ya....

    OTAK MANA OTAK...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga minyak malon naik RM 2 ,makin susah ekonomi malon wkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣 1700 T itu dihabiskan sebelum tahun 2024 tapi pembayaran hutangnya jangka panjang bisa sampai 2045 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  13. Bantuan ke rakyat saja tak merata dia sudah sembang mau NGUTANG beli aset...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang LCS,hutang LMS,hutang MD-530,hutang KD TEGUH SAMUDERA tuh dah lunas keh wkwkwk

      Hapus
    2. udahlah pur... jangan omong ttg ekonomi. otak lu belom sampe. nanti keliatan begonya lu. mending kita ngopi pur

      Hapus
  14. Kesal Data Bansos Amburadul, Jokowi: Nggak Akurat, Tumpang Tindih!


    Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal akurasi data kelolaan pemerintah masih sangat buruk. Salah satu yang disebutkannya adalah tidak akuratnya data bansos.
    Jokowi menilai data bansos banyak yang tumpang tindih. Menurutnya akurasi data yang buruk ini dapat membuat penyaluran bantuan dari pemerintah ke masyarakat jadi lambat dan tidak tepat.

    "Perihal akurasi data, ini masih jadi persoalan sampai hari ini, dampaknya ini ke mana-mana. Contohnya, data bansos nggak akurat, tumpang tindih. Penyalurannya jadi nggak cepat, lambat, dan nggak tepat sasaran. Begitu juga data penyaluran bantuan pemerintah lainnya," kata Jokowi dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah 2021, Kamis (27/5/2021).

    Bukan cuma data bansos, Jokowi juga menyinggung seringnya data pemerintah pusat dan daerah tidak sinkron. Dia meminta masalah yang tak kunjung selesai ini bisa diselesaikan.

    Jokowi pun berpesan kepada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk membantu mengawal peningkatan kualitas data yang dikawal pemerintah. Dengan begitu keandalan data dapat dicapai dan memudahkan semua program pemerintah.

    "BPKP ini harus membantu mengawal peningkatan kualitas data yang dikelola pemerintah, kawal integrasi dan sinkronisasi basis data antar program untuk meningkatkan keandalan data," tegas Jokowi.




    link
    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5583990/kesal-data-bansosamburadul-jokowi-nggak-akurat-tumpang-tindih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha negara mu babak belur dihancurkan covid-19 sehingga lockdown wkwkwk

      Hapus
    2. ngomong kok ngalor ngidul pur.... mbok ya omong itu yg fokus

      Hapus
  15. Negara siapa babak belur dihantam covid-19 sehingga lockdown nasional,kl lockdown nasional ekonomi pun merudum wkwkwk

    BalasHapus
  16. Gempur gimana sok paham🀣🀣🀣🀣🀣🀣, 1700 T itu bisa dibayar sampai tahun 2045,Tahun 2045 Sudah banyak project yang jadi 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 bahkan ibukota pun sudah pindah ke kalimantan. GDP Indonesia 2045 itu terbesar keempat dunia 🀣🀣🀣🀣🀣 jelas uang segitu mudah dibayar waktu itu 🀣🀣🀣🀣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya saya bilang gempur, jangan cakap ekonomi. otaknya belom sampe kesana. nanti kelihatan begonya

      Hapus
    2. Gempur ternyata kosong otaknya🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣,pantas dia bicara takda dasar 🀣🀣🀣

      Hapus
  17. Baru 30 Mei lepas 19 pesawat pejuang cina ceroboh udara malon,sekarang CCG ceroboh laut malon...kmn MKM dan scorpene... LEMAH guys wkwkwk

    BalasHapus
  18. Di udara di ceroboh pesawat perisik israel,jet pejuang Singapore dan jet pejuang cina
    Di laut di ceroboh pengganas sulu,Rohingya,CCG,nelayan cina,nelayan nguyen dan KKP Indonesia
    Di darat diceroboh PATI dan penyelundup


    LEMAH guys wkwkwk

    BalasHapus
  19. wkwkwkwkwk.... aneh geng INDON ni...mereka buta atau buat buat BUTA yang ramai lagi warga INDON yang belum dapat Bantuan malah ekonomi warga hancur.... malah di paksa bayar yuran, cukai segala yang menekan rakyat....

    tapi masih BANGGA MINTA SUPAYA NGUTANG...wkwkwkwkwkwk

    aneh atau TOLOL....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan Hutang Negara ditanggung Rakyat pur🀣🀣🀣🀣🀣🀣,Hutang Rumah Tangga yang ditanggung rakyat pur 🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Keterlaluan Rakyat Malaysia Suka Hutang 93% ternyata🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Hutang malon dah cekik leher 93% PDB wkwkwk

      Hapus
    4. Ko yg makin TOLOL pur wkwkwk wkwkwk

      Hapus
  20. Hutang Rakyat Malaysia Naik 93% GDP kok tidak dibayar malah dikurung macam hewan🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Kerajaan Malaysia suka hutang dan Rakyat Malaysia pun suka Hutang bergunung-gunung rupanya 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

    Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 67.6 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 62.6 % untuk 2019. Data Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 64.1 % dari 2009 sampai 2020, dengan 12 observasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ye ke tapi dari LAPORAN BANK DUNIA INDON RANKING ke7 PENGUTANG TERBESAR DIDUNIA.....wkwkwkwkwkkwkw

      Masa begitu mudah di PRANK....wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Ranking 7 berbanding malon hutangnya cecah 93% PDB lebih besar dari Indonesia wkwkwk

      Hapus
    3. Itu Hutang Negara tidak dibandingin ama Aset Negara 🀣🀣🀣🀣 pur 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hutang Indonesia itu 30% dari Aset Indonesia 🀣🀣🀣🀣 bukan macam sebelah sudah 70% 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    4. dari awal...si Gempur ini ngga paham tentang masalah hutang piutang bro..... kayak ngomong sama tembok dengan dia.....begao nya ngga ketulungan....

      ==== Pur...Belajar Akutansi lagi ya....

      Hapus
  21. 1700 T itu bisa dibayar sampai tahun 2045.... ini lagi LAWAK...

    INDON... kamu rasa 1700 Trilion itu saja HUtang yang perlu dibayar...?? HUTANG lain perlu dibayar juga ya ...kerana itu INDON terpaksa BUAT HUTANG BUAT BAYAR HUTANG....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi malon 1700 itu besar kerana malon miskin wkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣 Hutang itu dipakai Militer buat belanja,bayar Hutang tu pakai GDP 🀣🀣🀣🀣,mana ada negara yang mau dibayar pakai dana hutang 🀣🀣🀣

      Hapus
    3. memang orang kaya 1700 pun mau di HUTANG....???

      MENGUTANG tu orang kaya ke bro...??? wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. Bagi Indonesia 1700 triliun itu kecik lon wkwkwk

      Hapus
    5. Itulah otak kau tidak dipakai pur 🀣🀣🀣🀣🀣

      APBN negara indonesia itu 3000 Triliun dan itu mayoritas untuk Pembangunan Negara, kalo dipakai militer 1700 Triliun itu sama aja pembangunan Negara bakal batal semua bahkan Ibukota baru bisa batal 🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  22. wkwkwkwkwkw.... aneh bantuan ke rakyat saja Amburadul malah BANSOS saja dari DANA HUTANG ya.... wwkwkwkwkwkwk

    masa BANTAUN KE rakyat pun dari HUTANG...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 bansos dari APBN pur 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Mau tak hantar linknya bantuan covid-19 malon di rasuah wkwkwk

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  23. serius BANSOS dari APBN....??? reka reka cerita lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko paham tak apa tuh APBN lon wkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  24. Jiran kesayangan kaget ANggaran TNI 1760 T...malon makin KOYAK..


    Wkwkwkkwkwkkwwkkwwkkkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkkwkwkwkkwkwkwkwkwwkwkwkkwwkwkwkkwk

    BalasHapus
  25. Hutang Indonesia 6000 triliun dgn penduduk 270 juta
    Hutang malon 5000 triliun dgn penduduk 30 juta

    Jadi hutang siapa yg paling besar wkwkwk

    BalasHapus
  26. YAng budget kecik cukup jadi penonton saje..

    Wkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkkkkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  27. Dana Bansos Covid-19 dari Utang, Masih Dikorupsi. Publik: Biadab!


    Penetapan tersangka Menteri Sosial Juliari Batubara dan jajarannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat publik murka. Pasalnya, dugaan korupsi yang dilakukan dengan mengutip dana bantuan sosial (bansos) untuk warga miskin terdampak Covid-19. Dana bansos bagi warga miskin terdampak Covid-19 itu sendiri bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. APBN itu berasal dari utang yang digali pemerintah untuk menambal defisit anggaran tahun ini. Defisit anggaran pemerintah pada tahun ini membengkak sebesar Rp1.039 triliun atau 6,34 % dari total produk domestik bruto (PDB). Defisit anggaran ini akan membebani keuangan negara hingga 10 tahun mendatang. Defisit tersebut dibiayai dengan menerbitkan utang. Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia berbagi beban dalam menerbitkan surat utang. Salah satu kebutuhan utama penerbitan surat utang itu untuk perlindungan sosial, seperti bansos warga miskin terdampak Covid-19.



    Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Dana Bansos Covid-19 dari Utang, Masih Dikorupsi. Publik: Biadab!", Klik selengkapnya di sini: https://kabar24.bisnis.com/read/20201206/15/1326987/dana-bansos-covid-19-dari-utang-masih-dikorupsi-publik-biadab.
    Author: Hendri Tri Widi Asworo
    Editor : Hendri Tri Widi Asworo

    Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
    Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
    iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang dalam negeri bkn hutang dari luar wkwkwk

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  28. Jadi kl ada yg bilang hutang Indonesia lebih besar berbanding hutang malon berarti diorang idiot wkwkwk

    BalasHapus
  29. nah BANTUAN BANSOS dari HUTANG....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  30. Penduduk ciput tapi hutang setaraf gergasi cecah 93% wkwkwk... malunya jer wkwkwk

    BalasHapus
  31. Indonesia itu negara Demokrasi dimana rakyat menjadi kepentingan Negara

    APBN Negara itu untuk mayoritas untuk pembangunan nasional seperti jalan tol,kereta,pelabuhan dan bandar udara. Untuk militer sangat kecil makanya militer biasa pake Hutang. Biar tidak mengancam pembangunan 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  32. INdonesia tim elite ekonomi dunia,utang 6000 T kecik bagi indo,kalo malon maaf..tak masuk best 20 ekonomi dunia,utang 4500 T tak mau BAYAR,kedekut duit..

    Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwwkkwwkwwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkkwkwwkwkwwk

    BalasHapus
  33. Said Didu: Dana Bansos dari Utang, Tega Kalian Korupsi


    Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu mengeluhkan kasus dugaan mega korupsi dana bantuan sosial (bansos) yang melibatkan mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

    Melalui akun Twitter @msaid_didu, tokoh yang selama ini dikenal cukup kritis terhadap pemerintah ini mengeluhkan betapa pemerintah bersama dengan DPR menaikkan APBN 2020 dengan rencana tambahan utang lebih dari Rp1.000 triliun dengan dalih untuk penanganan COVID-19, namun ujung-ujungnya dikorupsi.

    "Coba renungkan kelakuan klean. Klean naikkan APBN 2020 dg rencana tambahan utang lbh Rp 1.000 trilyun lwt UU No 2/2020 dg alasan utk tangani Covid-19, tmsk dana bansos dari utang. Tapi klean tega korupsi bansos tsb bhkn kantongnyapun mnrt berita klean atur. Dana lain gimana?" cuitnya dikutip SINDOnews, Senin (21/12/2020).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link tahun lepas mana berlaku lg wkwkwk

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  34. 1.700 Triliun itu untuk hutang jangka panjang TOLOL Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. Bangla gelak lihat hutang malon cecah 93% wkwkwk

    BalasHapus
  36. nah sudah dana BANSOS asal dari HUTANG...masa untuk rakyat pun NGUTANG...

    MEMANG NGUTANG tu GENG INDON klaim Orang KAYA....??? Aneh geng sebelah ni guys...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penduduk ciput tapi hutang setaraf gergasi cecah 93% wkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 pembangunan nasional tetap jalan 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  37. 1700 geng INDON kata HUTANG jangka panjang...mau tanya memang itu saja hutang jangka panjang yang perlu dibayar oelh pemerintah INDON...??? tanya je... malah bunga je 2 kali lipat ya...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qatar negara islam bunga dua kalia lipat ??????🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. 1700 tuh kecil bagi Indonesia wkwkwk

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  38. Patutlah banyak project infrastruktur di malon di cancel kerana malon banyak hutang wkwkwk

    BalasHapus
  39. https://www.beritasatu.com/amp/dunia/495174/malaysia-minta-rakyatnya-patungan-bayar-utang-negara


    BUAT BAYAR UTANG NEGARA YANG BANGKRUT,RAKYAT MALON DI MINTA PATUNGAN BAYAR UTANG...

    Wkwkwkkwkwkwkwkwkkkkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkwwwkkkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkkwkkwkwkkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  40. Qatar bukan negara yang suka kasih bunga besar pur 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  41. Gelak penduduk ciput only 30 juta tapi hutang dah setaraf gergasi cecah 93% wkwkwk

    BalasHapus
  42. Dana Bansos Corona yang Dikorupsi Mensos Bersumber dari Utang


    Menteri Sosial Juliari Batubara kini menyandang status sebagai tersangka KPK. Dugaan penilapan dana bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak pandemi COVID-19, membuatnya mesti menyerahkan diri ke KPK pada Minggu dini hari (6/12).
    Mensos Juliari diduga menerima suap hingga Rp 17 miliar. Suap itu diduga berasal dari para vendor bansos corona.
    Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA) mengecam upaya Kemensos menjadikan dana bansos ini sebagai bancakan korupsi. Sekretaris Jenderal FITRA, Misbah Hasan, menilai kasus korupsi ini merugikan masyarakat dua kali lipat.

    Selain di tengah kondisi banyaknya masyarakat membutuhkan bansos, kasus ini semakin menjadi beban lantaran sumber pendanaan bansos berasal dari utang.
    "Rakyat Indonesia rugi dua kali, bansosnya dikorupsi dan masih harus menanggung utang dalam jangka panjang," ujar Misbah kepada kumparan, Minggu (6/12).
    "Ini jelas melukai hati rakyat. Di tengah masyarakat miskin Indonesia yang sangat membutuhkan bansos karena tidak bisa bekerja atau di-PHK, ternyata dana bansos dikorupsi, dipakai bancakan," sambungnya.
    Ia menjelaskan, total belanja PEN bidang perlindungan sosial mencapai 203,90 triliun. Pendapatan PEN itu paling besar berasal dari penambahan utang negara.
    Misbah menjelaskan, dari total tersebut, sebesar 53 persen atau Rp 107,80 triliun dialokasikan untuk bansos sembako. Dengan upaya penilapan Rp 10 ribu untuk tiap paket senilai Rp 300 ribu, potensi korupsi kasus tersebut menurutnya bisa mencapai Rp 3,59 triliun.
    "Jadi kalau satu paket bansos berharga Rp 300 ribu, artinya ada 359,3 juta paket bansos. Kalau tiap paket nilai korupsinya Rp 10 ribu, potensi dana bansos yang bisa dikorupsi bisa hingga Rp 3,59 triliun," pungkasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus malon ekonomi gk merudum saat covid-19 wkwkwk

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poor����������������������������

      Hapus
  43. Kami hutang ke Qatar bukan ke China seperti MALON Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkw.... kalau ada duit masa hingga jual Gedung buat bayar denda...??? atau NGUTANG ke Korea sebanyak US200 juta...wkwkwkwkwkkwwkwk

      Hapus
    2. Malon jual Proton untuk bayar hutang ke cina wkwkwk

      Hapus
    3. Bayar gedung??? Jerman mau pakai apa itu gedung pur,mau dibikin rudal???? 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Kalau ada duit masa hingga gadai aset negara untuk bayar hutang.....?? Wkwkwkwkw

      Hapus
  44. nah HUTANG bantuan BANSOSnya....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kumpul koin fuuuuuurrr,ingat 4500 TRILYUN harus d BAYAR..

      Wkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkqkwkwkwwkkwkqkkqkwwkkqkkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkkwkwk

      Hapus
    2. Hutang tak membengkak 93% karena sudah dibayar 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Penduduk ciput only 30 juta tapi hutang setaraf gergasi cecah 93% wkwkwkπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  45. DImana mana negara bantu rakyatnya,cuman malon saja rakyatnya suruh PATUNGAN bayar UTANG..


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwwkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkkkwwk1kwkwkkwkwkwwkkwkwwkwkwkwwkkwk

    BalasHapus
  46. Kesian...www.okezone.com/Mahathir jual aset negara untuk bayar hutang malaysia/11-10-2018

    BalasHapus
  47. masa BANSOS pun NGUTANG...jadi ini yang dipersoalkan dalam BANTUAN ke rakyat pun kesusahan bagaimana boleh NGUTANG sebesar gunung untuk beli aset pertahanan hanya dalam masa yang singkat dari 2021 hingga 2024...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang Negara ya ditanggung Negara 🀣🀣🀣🀣 kok ditanggung rakyat 🀣🀣

      Hapus
    2. Hutang Naik 93% GDP kok tidak dibayar pur 🀣🀣🀣🀣

      Kerajaan Malaysia suka hutang dan Rakyat Malaysia pun suka Hutang bergunung-gunung rupanya 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

      Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 67.6 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 62.6 % untuk 2019. Data Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 64.1 % dari 2009 sampai 2020, dengan 12 observasi.

      Hapus
    3. Itu untuk membeli alutsista baru dan alutsista itu berfungsi untuk menjaga Negara Wkwkwkwkw

      Hapus
  48. DPR: Pemerintah Cari Utang Cuma Bisa Buat Bayar Bunga Utang


    Pemerintah menganggarkan penarikan utang baru di 2020 sebesar Rp 351 triliun. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan jumlah pembiayaan tahun ini sebesar Rp 373 triliun.

    Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Sumarjati Arjoso mengatakan, penarikan utang tahun depan tidak produktif karena hanya mampu membayar bunga utang yang terus bengkak.

    "Utang tahun depan hanya Rp 351 triliun untuk membayar bunga utang Rp 300 triliun. Berarti kita utang hanya untuk membayar bunga utang," ujar Sumarjati di Gedung DPR, Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Tun M dedahkan malon jual aset negara guna bayar hutang wkwkwk

      Hapus
    3. https://bisnis.tempo.co/amp/1249262/malaysia-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang


      JOM JUAL ASET BUAT BAYAR UTANG...



      Wkwwkwkwwkkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwwkwkkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkkwkwkwwkwkkwwkwk

      Hapus
  49. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  50. https://dunia.tempo.co/amp/1467846/pns-di-malaysia-sumbang-gaji-mereka-selama-3-bulan-untuk-dana-bantuan-covid-19


    TAK KASIHAN KERAJAAN SAMA RAKYATNYA,PEGAWAI PEMERINTAHAN SURUH SUMBANG,BUAT BELI VAKSIN..wkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwwkwkwkkwkkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwwkkwkkwkwkkwkwkwkkwkwwkkwkwwkwkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkkwkwkwwkkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  51. nah buat HUTANG untuk bayar HUTANG.... ini yang dikata mau MENAMBAH HUTANG lagi...??? wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Tun M dedahkan malon jual aset negara guna bayar hutang wkwkwk

      Hapus
  52. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  53. Patutlah Proton,petronas,syarikat electric,tanah dan gedung kerajaan dijual guna bayar hutang wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🀣🀣🀣🀣 ya karena sudah tinggi hutangnya

      Hapus
  54. MASpun dijual guna bayar hutang wkwkwk

    BalasHapus
  55. Indonesia Bayar Cicilan Utang dari Utang Luar Negeri Lagi?


    Dalam beberapa diskusi tentang utang Indonesia, tema tentang gali lobang tutup lobang selalu mengemuka.

    Artinya, Indonesia pinjam duit lagi untuk menutup cicilan bunga dan pokok utang. Yang dikhawatirkan, pinjaman bersumber utang luar negeri dipakai untuk menutup kewajiban utang itu.

    Pada RAPBN 2021, tampak jelas pembiayaan utang memberikan porsi besar pada aktivitas ekonomi Indonesia.

    Pemerintah berencana mencari utang baru sebesar Rp 1.142 triliun untuk menutup defisit anggaran sebesar Rp 971,2 triliun setara 5,5% dari produk domestik bruto (PDB).

    Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menyebut utang berlebihan yang dilakukan pemerintah Indonesia ternyata tetap tak mampu menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi.

    "Idealnya, dengan utang yang besar dapat menggerakkan seluruh sektor perekonomian agar tidak terpuruk. Namun faktanya, ekonomi tidak menggeliat seperti yang diharapkan," kata Heri dalam penjelasan pers beberapa waktu lalu.

    Heri menilai penambahan utang dalam jumlah signifikan ini tidak sepenuhnya untuk program pemulihan ekonomi.

    Tahun ini, kata dia, setidaknya pemerintah harus menyiapkan uang lebih dari Rp 300 triliun hanya untuk membayar bunga utang.

    Pada 2021, pemerintah menganggarkan Rp 373,3 triliun untuk pembayaran bunga utang. Pembayaran bunga utang meningkat 10,2% dibanding tahun ini.

    Dalam periode 2016-2019, pembayaran bunga utang meningkat dari Rp 182,8 triliun menjadi Rp 275,5 triliun. Pada 2020, perkiraan pembayaran bunga utang Rp 338,8 triliun.

    Berdasarkan Perpres 72/2020 porsi belanja Pemerintah untuk membayar bunga utang telah melonjak dari 12 persen naik menjadi 17 persen dari PDB.

    Besaran bunga utang juga sepadan dengan 25 persen dari penerimaan perpajakan (pajak ditambah bea dan cukai).

    "Indonesia terjebak dalam sistem gali lubang tutup lubang. Berutang untuk membayar utang," Heri menegaskan.

    Pemerintah mempunyai sisi lain atas masalah gali lobang tutup lobang utang ini. Pemerintah menyatakan pembiayaan utang pemerintah sebagian besar bersumber dari pendapatan dalam negeri.

    Hal ini menepis adanya anggapan bahwa utang yang dibayarkan pemerintah bersumber dari dana atau utang luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Reka2 ceritalah tuh wkwkwk

      Hapus
  56. Hutang Rakyat Naik 93% GDP kok tidak dibayar pur 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Kerajaan Malaysia suka hutang dan Rakyat Malaysia pun suka Hutang bergunung-gunung rupanya 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

    Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 67.6 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 62.6 % untuk 2019. Data Utang Luar Negeri:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 64.1 % dari 2009 sampai 2020, dengan 12 observasi.

    BalasHapus
  57. BUAT HUTANG UNTUK BAYAR HUTANG.... lagi mau tambah HUTANG....???? wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malonlah tuh tak sedar diri wkwkwk

      Hapus
    2. Hutang kita Gk sampai 90%🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  58. Kerajaan malon yg berhutang tapi rakyat yg bayar,hutang malon digunakan untuk beli tas Hermes Rosmah,condo Najib,jet pribadi Najib tapi yg bayar rakyat malon...miris euy bodohnya rakyat malon wkwkwk

    BalasHapus
  59. JOm jual aset buat bayar UTANG..


    Wkqmwkwkwkkwkwwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwwwkwkkwkkwwkwkwkwkwkkwkwwkkwkkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwwkwkwkkkwwkkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asetnya sudah lenyap 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  60. bukan saya yang kata ya..... wkwkwkwkwkwkk


    "Indonesia terjebak dalam sistem gali lubang tutup lubang. Berutang untuk membayar utang," Heri menegaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Tun M dedahkan malon jual aset negara guna bayar hutang wkwkwk

      Hapus
  61. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  62. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh tuhhh masih tak paham juga xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa hutang 1700t utk alutsista ya pembayaran lewat dana APBN utk kemenhan poor, coba d hitung 1700:25=68t+bunga=70( genapin saja), sedangkan dana kemenhan pertahun 100++t xaxaxaxaxaxaxaxa cuman 70t per tahun selama 25 tahun poor xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa sedangkan dana APBN utk kemenhan tiap tahun naik terus lho xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nahhh kalau d kasih itung2 an simple kayak gini g paham juga yahhhh........wasalam xaxaxaxaxacaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  63. Hutang di Indonesia jadi lebuh raya,jalan,jembatan dan gedung2 beza dgn malon hutang di malon jadi tas HERMES ROSMAH,jadi condo Najib,jadi jet pribadi Najib wkwkwk

    BalasHapus
  64. Ckckck.. 2021 Pemerintah Bayar Bunga Utang Sampai Rp 373 T


    Dalam nota keuangan dan RAPBN tahun anggaran 2021, pemerintah menganggarkan Rp 373,3 triliun untuk pembayaran bunga utang tahun depan. Pembayaran bunga utang meningkat 10,2% dibanding tahun ini.
    Dalam periode tahun 2016-2019, pembayaran bunga utang meningkat dari Rp182,8 triliun menjadi Rp275,5 triliun. Sedangkan pada tahun 2020, outlook pembayaran bunga utang sebesar Rp338,8 triliun.

    "Hal itu sejalan dengan penambahan stok utang, termasuk penambahan utang baru dalam menangani dampak Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dalam periode dimaksud, realisasi pembayaran bunga utang didominasi oleh bunga utang dalam negeri, seiring dengan meningkatnya porsi instrumen SBN dalam portofolio utang." tulis nota keuangan & RAPBN TA 2021 tersebut.


    Anggaran Program Pengelolaan Utang Negara untuk pembayaran bunga utang dalam RAPBN tahun 2021 dialokasikan sebesar Rp373.2 triliun atau meningkat 10,2% dari outlook APBN tahun 2020.

    Mengacu pada nota keuangan, jumlah tersebut terdiri atas pembayaran bunga utang dalam negeri sebesar Rp355,1 trilun dan pembayaran bunga utang luar negeri sebesar Rp18,2 triliun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah dibayar 🀣🀣🀣🀣daripada jual aset untuk dibayar

      Hapus
    2. Salam hutang cecah 93% wkwkwk

      Hapus
  65. baru BUNGA HUTANG nah meningkat guys... apa tidak kalau 2 kali lipat...wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang malon jadi tas HERMES ROSMAH wkwkwk

      Hapus
    2. https://amp.kompas.com/internasional/read/2018/06/13/15243691/pemerintah-malaysia-ajukan-pinjaman-lunak-kepada-jepang

      MINTA HUTANG KE JEPANG BUAT BAYAR HUTANG KE CHINA..MEMALUKAN

      WKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKKKKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWWKKWKWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKKWKWKWKKKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWWK

      Hapus
  66. Hutang Indonesia jadi infrastruktur beza di malon hutang jadi tas HERMES ROSMAH wkwkwk

    BalasHapus
  67. https://amp.kompas.com/internasional/read/2018/06/13/15243691/pemerintah-malaysia-ajukan-pinjaman-lunak-kepada-jepang

    MINTA HUTANG KE JEPANG BUAT BAYAR HUTANG KE CHINA..MEMALUKAN

    WKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKKKKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWWKKWKWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKKWKWKWKKKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWWK

    BalasHapus
  68. geng INDON kata 1700 T tu sikit je pasal Hutang jangka panjang..tapi mereka Lupa yang INDON sudah terlalu banyak NGUTANG ye....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://amp.kompas.com/internasional/read/2018/06/13/15243691/pemerintah-malaysia-ajukan-pinjaman-lunak-kepada-jepang

      MINTA HUTANG KE JEPANG BUAT BAYAR HUTANG KE CHINA..MEMALUKAN

      WKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKKKKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWWKKWKWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKKWKWKWKKKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWWK

      Hapus
    2. Mana lebih banyak yg hutangnya 93% wkwkwk

      Hapus
    3. 4500 Triliun tinggal tambah 1700 Triliun pur tapi 1700 bisa dibayar 25 tahun lagi 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  69. Hutang Indonesia jadi HRS Jakarta-Bandung beza dgn malon hutang jadi tas HERMES ROSMAH wkwkwk

    BalasHapus
  70. Pemerintah dinilai sulit bayar beban utang dan bebani generasi mendatang


    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memperlebar defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 menjadi 6,27% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

    Defisit APBN tahun ini pun melebar dari rencana defisit semula di level 5,07% yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020.

    Secara nominal, defisit APBN tahun ini melebar menjadi Rp 1.028,5 triliun dari proyeksi defisit sebelumnya yang sebesar Rp 852,9 triliun.

    Adapun dengan defisit yang melebar, maka pembiayaan APBN akan dilakukan melalui beberapa cara. Beberapa diantaranya adalah, pemerintah berencana melakukan penerbitan surat berharga negara (SBN) domestik dan valuta asing (valas) senilai US$ 10 miliar - US$ 14 miliar.

    Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pinjaman program dari development partners, baik bilateral maupun multilateral dengan nilai antara US$ 6 miliar - US$ 8 miliar.

    Menanggapi hal tersebut, Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Riza Annisa Pujarama mengatakan, akan cukup berat bagi pemerintah dalam membayar beban utang pasca pandemi Covid-19 selesai.

    "Hal ini akan berdampak setidaknya pada kemampuan fiskal pemerintah dan beban utang lintas generasi. Recovery ekonomi ke keadaan semula sebelum wabah Covid-19 akan membutuhkan waktu.

    Sementara itu, perubahan perilaku ekonomi akan berubah sehingga cara-cara lama dalam mengelola utang setidaknya akan ikut berubah," ujar Riza kepada Kontan.co.id, Senin (1/6).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana lebih banyak berbanding hutang malon 93% wkwkwk

      Hapus
    2. https://dunia.tempo.co/amp/1467846/pns-di-malaysia-sumbang-gaji-mereka-selama-3-bulan-untuk-dana-bantuan-covid-19

      Kerajaan sulit bayar utang,pegawai pemerintah wajib bantu kerajaan buat bayar utang..


      Wkwkwkwkwkwkwwkwkwwkwkkwkwkwkkwwkkwkwkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwk

      Hapus
  71. 1700 Triliun dibayar 2045 kok dipikirin mending pikirin pembangunan dulu

    BalasHapus
  72. Hutang Indonesia 6000 triliun dgn penduduk 270 juta,hutang malon 5000 triliun dgn penduduk 30 juta,jadi hutang siapa yang paling banyak guys πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  73. Hati2 buat jepun,jangan kasih pinjam negara yang tolak bayar HUTANG..



    Wkwkwkwwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  74. Ekonom Sebut Indonesia Sudah Terperangkap Jeratan Utang


    Ekonom Senior Indef Didik J. Rachbini mengatakan Indonesia sudah masuk dalam perangkap utang. Pasalnya, pemerintah menambah utang untuk membayar utang maupun bunga utang.
    "Sekarang kita ini sudah masuk dalam perangkap utang, harus utang untuk bayar utang, ini sudah relatif berat," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (2/9).

    Berdasarkan data yang dikantonginya, penerbitan utang pemerintah selalu bertambah tiap tahunnya selama periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Pada 2016, penerbitan utang sebesar Rp660,8 triliun, kemudian bertambah menjadi Rp726,3 triliun pada 2017. Setahun kemudian, utang penerbitan utang pemerintah menjadi Rp782,3 triliun dan Rp921,5 triliun pada 2019 lalu.

    Tahun ini, karena pandemi covid-19, pemerintah berencana menambah utang hingga Rp1.530,8 triliun. Utang tersebut memiliki konsekuensi pembayaran pokok utang jatuh tempo maupun bunga utang setiap tahunnya.

    "Indonesia membayar utang pokok Rp475 triliun, kemudian bayar bunga Rp275 triliun, jadi Rp750 triliun. Jadi, setiap tahun pemerintah Jokowi bayar utang Rp750 triliun. Ini beberapa tahun kemudian setiap tahun akan bayar utang Rp1.000 triliun lebih," ujarnya.

    Ia menilai langkah pemerintah menarik utang tersebut terlalu ugal-ugalan. Menurutnya, masih terdapat sumber-sumber pendanaan yang bisa digali dari APBN yang serapnya kurang maksimal alih-alih menambah utang.

    "Saya kritisi, ugalan-ugalan ini utangnya, utang menggunung dan covid-nya terus meningkat," imbuhnya.

    Ia melanjutkan jika utang pemerintah pusat tersebut ditambah dengan utang pemerintah daerah dan utang BUMN, maka totalnya menjadi Rp7.428 triliun. Kumpulan utang ini disebut sebagai utang publik.

    Selain itu, jika menghitung utang perbankan BUMN, maka totalnya menjadi Rp10.732 triliun.

    "Selain utang ini, ada beban pemerintah yaitu BUMN bank pemerintah, itu dinilai sebagai utang, kenapa? Kalau itu bank gagal bayar, maka yang akan bayar negara dan dalam kategori sistem moneter itu dianggap sebagai utang," katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana lebih banyak dari hutang malon 93% wkwkwk

      Hapus
  75. masa orang ada wang terpaksa NGUTANG BUAT BAYAR HUTANG kan.....??? wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4500 Triliun tinggal tambah 1700 Triliun pur tapi 1700 bisa dibayar 25 tahun lagi 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. bayar je kan ada 11,000 trilion rupiah....wkwkwkwkwkw Tapi PRANK

      Hapus
    3. Penduduk ciput only 30 juta tapi hutang setaraf gergasi wkwkwk

      Hapus
    4. 11000 triliun tu aset buat apa kami tiru malon pakai aset untuk bayar hutang 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  76. Malon gali lobang tutup lobang,berhutang ke Jepun guna bayar hutang ke cina wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud kamu BON SAMURAI...??? INDON lagi awal buat Bon Samurai dan sudah banyak kali ya berbanding MALAYSIA....wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. 93% tu jual aset lagi kah pur 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Malon dah lama gunakan Bond samurai dan lebih banyak,nanti uncle palu gada dedahkan wkwkwk

      Hapus
  77. kerana itu saya selalu kata jangan selalu baca berita dari BUZZER BERBAYAR ya.....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko tuh tak buzzer parti UMNO keh wkwkwk

      Hapus
    2. 🀣🀣🀣🀣🀣 hutang indonesia baru 30% pur tak seganas 93% 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. 30%...??? kamu serius la bro wkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    4. Utang malon 93%??

      Wkwkkkwkwkkwwkwkkwkwkwkkwkwkkwkkwkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkw

      Hapus
  78. Masa hutang 93% merasa hutangnya lebih sikit berbanding hutangnya cuma 30%....TOLOL πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kan Aset Mereka dibanggain padahal mau dijual 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Aset mereka bkn mau dijual lg bro tapi memang dah dijual seperti Proton,petronas, perusahaan listriknya mereka dah dilego ke cina wkwkwk

      Hapus
  79. sek kerjone gur pencitraan soyo ketinggalan

    BalasHapus
  80. geng sebelah kata hutang mereka hanya 30%...??? wkwkwkwk

    serius la kalau kamu kata hutang hanya 30% mana mungkin sebelah NGUTANG terus buat hutang untuk bayar Hutang kan....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting tak cecah 93% wkwkwk

      Hapus
    2. Utang dibayar hutang bukan aset pur 🀣🀣🀣🀣, aset nambah tapi tidak dijual, sebab tu militer mau 1700 triliun karena aset itu tidak mungkin dijual🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  81. Masa negara jual aset kerajaan guna bayar hutang wkwkwk

    BalasHapus
  82. https://m.bisnis.com/amp/read/20210223/9/1359955/rasio-utang-ri-38,5-persen-sri-mulyani-beberkan-perbandingan-dengan-negara-lain



    MALON EKONOMI -5,6%...BANGKRUT gaez..

    Wkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  83. China mau tarik Hutang tapi tak mau bayar malah pakai aset sebab tu jadi 93%🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  84. Top 5 university ASEAN konon tapi cakap hutang 93% dgn penduduk only 30 juta itu lebih kecil berbanding berhutang 30% dgn penduduk 270 juta...gelak guys wkwkwk

    BalasHapus
  85. aneh dikata Hutangnya hanya 30% pastinya kalau hutang sikit wangnya pasti banyak...

    Yang LAWAKnya beli aset Pun NGUTANG sama LENDER... malah BANSOS ke rakyat pun NGUTANG...bagaimana kamu kata hutang kamu masih sikit...??? wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha LMS,LCS tak ngutang sama lendernya wkwkwk

      Hapus
    2. Tiap hari ko mana TOLOL wkwkwk wkwkwk

      Hapus